PROPOSAL

PENGEMBANGAN BUDIDAYA SAPI POTONG
A. Latar Belakang Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah didirikan pada tanggal 1 September 2005 didirikan oleh Tuan Haji Moha di Kp. Kateu, Desa Swakarsa Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Saat ini Yayasan Ar Raudhah ini mengelola Raudhotul Anfal dan Madrasah Diniyah serta majelis taklim yang tersebar di beberapa kecamatan Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah saat ini mempunyai santri yang Meliputi Raudhotul Anfal sebanyak 60 orang, Madrasah Diniyah sebanyak 250 orang, Majlis Ta’lim 300 orang. Semua kegiatan pendidikan dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar yang dilakukan di Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah di semua jenjangnya hanya dikenakan pungutan biaya yang murah yang dibebankan kepada santrinya. Untuk menjaga kelangsungan kegiatan di Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah tersebut, maka saat ini sedang dikembangkan peningkatan penguatan ekonomi dengan mengembangkan Program Usaha Agribisnis. Program tersebut menggunakan dan memanfaatkan sumber daya pertanian yang dimiliki oleh Yayasan maupun potensi yang dimiliki oleh masyarakat lingkungan sekitar pondok pesantren. Program Agribisnis yang dikembangkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah mendapat dukungan dari masyarakat lingkungan sekitar, dan akses terhadap teknologi untuk mengembangkan program ini cukup mudah dan menggunakan tenaga kerja masyarakat sekitar yayasan. Untuk mengembangkan Program Usaha Agribisnis di Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah, digunakan lahan seluas 1236 M2. Saat ini Yayasan sedang mengembangkan usaha agribisnis yang meliputi usaha peternakan ayam dan peternakan domba. Rencana usaha agribisnis yang akan dimulai adalah ternak sapi potong

mempunyai prospek yang sangat baik untuk dikembangkan dalam rangka menguatkan program ekonomi yayasan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar yayasan. C. Memperkuat ekonomi Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah Memperkuat ekonomi dan memberdayakan masyarakat di sekitar Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah terutama keluarga yang mempunyai anak yatim dan keluarga yang kurang mampu. 2. Salah satu Program Usaha Agribisnis Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah yang sekarang akan dikembangkan adalah Peternakan sapi potong. Tujuan Program ini bertujuan : 1. Nama Kegiatan ini bernama Program Pengembangan budidaya sapi potong di Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah D. Kateu. Tempat Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah : Kp. Panitia Penasehat / Pengarah 1.Pengembangan usaha agribisnis yang saat ini sedang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Islam Ar Raudhah. salah satunya adalah Program pemberdayaan dan Pengembangan Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat (LM3) Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Departemen Pertanian Republik Indonesia. Desa Swakarsa Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi E. Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi . Untuk melaksanakan program ini diperlukan keterlibatan berbagai pihak guna mendukung program tersebut baik itu pemerintah maupun pihak swasta. B.

umumnya berada di perdesaan. Ibad 4..000 300. Iwan Sutiawan Penanggungjawab Program Ketua Pelaksana Sekretaris Bendahara Anggota : Ust.000 Total Jumlah Biaya Tiga RatusJuta Rupiah 300. Peran Pemerintah dalam hal ini Departemen Pertanian harus lebih . Asep Sholihin 3.000. tentu cukup besar. LM3/Pondok Pesantren yang merupakan Lembaga yang cukup potensial. Sedikitnya kami membutuhkan dana sekitar Rp 300 000 000. Endas Suwanda 2.(Tiga Ratus juta rupiah). PENUTUP Upaya meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai salah satu indikasi meningkatnya indek prestasi sumberdaya manusia adalah tanggungjawab semua pihak. No I 1 URAIAN Usaha Peternakan Sapi Potong Pengadaan Sapi Bakalan VOLUME 50 HARGA SUB TOTAL TOTAL 6.Si : 1.000. S.2. ANGGARAN Kebutuhan biaya untuk merintis dan mengembangkan berbagai usaha.000. Adapun peruntukannya untuk pembelian 50 ekor sapi. Dayat Syarif Hidayat : Endi Saputra : Iman. perlu lebih diperankan. Waluyo F. H.000 G.

H.fokus terutama dalam meningkatkan peranserta masyarakat mempertahankan ketersediaan pangan di perdesaan. 12 Maret 2007 Penanggung Jawab Program Iwan Sutiawan Ust. khususnya dalam upaya Yayasan Ar Raudhah Pimpinan Sukabumi. Dayat Syarif Hidayat STRUKTUR ORGANISASI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AR RAUDHAH Ketua Wakil Ketua I : : .

Wakil Ketua II Sekretaris I Sekretaris II Bendahara I Bendahara II : : : : : : : : 1. Kepala Madrasah Diniyah Kepala TPA/TKA : Kepala Pondok Pesantren Dewan Guru F. s Penasehat / Pengarah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful