P. 1
makalah korupsi di indonesia

makalah korupsi di indonesia

5.0

|Views: 843|Likes:
Published by mzlathan_ibrhakhim
makalah korupsi di indonesia
makalah korupsi di indonesia

More info:

Published by: mzlathan_ibrhakhim on Jan 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

04/12/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

MAKALAH PENDIDIKAN PANCASILA “KORUPSI”

Diajukan sebagai tugas mata kuliah Pendidikan pancasila

Disusun oleh: Maulana haris hidayat / TAB 0420120061

POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA
JL.GAYA MOTOR RAYA NO.8 SUNTER II JAKARTA UTARA

KATA PENGANTAR

Puja dan Puji Syukur hanya milik Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kasih sayang-Nya dan meluangkan waktu kepada penulis untuk menyelesaikan makalah berjudul "korupsi". Penulis juga ucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Makalah tentang Pancasila ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah pendidikan pancasila. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih jauh tentang korupsi di indonesia serta cara untuk mengatasinya. Penulis sangat menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun, baik secara tertulis ataupun secara lisan.

............. D.......2.............................................. G........................ 1............... jenis korupsi berdasarkan tujuannya..................................1............ Kronologi Kasus Pajak Gayus Versi Kejaksaan.............................. BAB III PENUTUP I........................2.............................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR................... jenis Korupsi berdasarkan bentuknya.... Ciri – ciri korupsi........................................................................................ Contoh kasus korupsi di indonesia........................ DAFTAR ISI............. E.... B............ Tujuan ............................... Peengertian umum korupsi............................................................ H....................... Latar Belakang............. 2................................................................................................................................1....................................................................... a) Sila ke 2......................................................................... Macam – macam korupsi............................. Korupsi publik...................................................................................... Korupsi privat. C........................................................................ Rumusan Masalah.................... E......................................... E........... Cara mengatasi korupsi di indonesia................................................................................ B......................... C........... BAB II PEMBAHASAN A....... C........................... BAB I PENDAHULUAN A...................................................... C.................................................................................................................................... Korupsi di indonesia...............................................................3.................. II............................ F..................... Penyebab berkembangnya korupsi di indonesia................................................................................ Jenis korupsi berdasarkan sifatnya.................................... b) Sila ke 5........................................................ SEJUMLAH ORANG YANG TERLIBAT............ KESIMPULAN SARAN .............................................................................................................................................. C................................................................................................ Kasus Korupsi di Indonesia Menurut Pandangan Pancasila....

Diantara dua faktor tersebut yang paling dominan adalah faktor manusianya. . yaitu sumber daya manusia. Efektifitas dan keberhasilan pembangunan terutama ditentukan oleh dua faktor. Latar Belakang Kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan dan keberhasilannya dalam melaksanakan pembangunan. THR.adalah korupsi harus diberantas. Karena korupsi membawa dampak negatif yang cukup luas dan dapat membawa negara ke jurang kehancuran. sehingga yang menonjol adalah sikap kerakusan dan aji mumpung. Rapuhnya moral dan rendahnya tingkat kejujuran dari aparat penyelenggara negara menyebabkan terjadinya korupsi. Indonesia merupakan salah satu negara terkaya di Asia dilihat dari keanekaragaman kekayaan sumber daya alamnya. Persoalannya adalah dapatkah korupsi diberantas? Tidak ada jawaban lain kalau kita ingin maju.BAB I PENDAHULUAN A. Namun yang lebih memprihatinkan lagi adalah terjadinya perampasan dan pengurasan keuangan negara yang dilakukan secara kolektif oleh kalangan anggota legislatif dengan dalih studi banding. yakni (orang-orang yang terlibat sejak dari perencanaan samapai pada pelaksanaan) dan pembiayaan. berbangsa dan bernegara. Jika kita tidak berhasil memberantas korupsi. Negara tercinta ini dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia bukanlah merupakan sebuah negara yang kaya melainkan termasuk negara yang miskin. Bentuk perampasan dan pengurasan keuangan negara demikian terjadi hampir di seluruh wilayah tanah air. Hal itu merupakan cerminan rendahnya moralitas dan rasa malu. Tetapi ironisnya. Korupsi telah mengakibatkan kerugian materiil keuangan negara yang sangat besar. uang pesangon dan lain sebagainya di luar batas kewajaran.atau paling tidak mengurangi sampai pada titik nadir yang paling rendah maka jangan harap Negara ini akan mampu mengejar ketertinggalannya dibandingkan negara lain untuk menjadi sebuah negara yang maju. Kualitas tersebut bukan hanya dari segi pengetahuan atau intelektualnya tetapi juga menyangkut kualitas moral dan kepribadiannya. Korupsi di Indonesia sudah merupakan patologi social (penyakit social) yang sangat berbahaya yang mengancam semua aspek kehidupan bermasyarakat. Mengapa demikian? Salah satu penyebabnya adalah rendahnya kualitas sumber daya manusianya. Pembangunan sebagai suatu proses perubahan yang direncanakan mencakup semua aspek kehidupan masyarakat.

Tujuan 1. 2. . Untuk mengetahui macam-macam dari korupsi. Apakah pengertian dari korupsi? 2. 4. Apakah macam-macam dari korupsi? 4. Apa yang dapat dilakukan untuk memberantas korupsi? C. Untuk mengetahui pengertian korupsi. Untuk mengetahui penyebab atau latar belakang terjadinya korupsi.B. Untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memberantas korupsi. Rumusan Masalah 1. 3. Apa yang melatar belakangi terjadinya korupsi? 3.

Meski dilakukan bersama-sama. Subekti. antara lain: 1. waktu. pada perkembangannya acapkali dilakukan secara bersama-sama untuk menyulitkan pengusutan. Disitu ada istilah penyuapan. melalui tindakan tersebut si penyuap berharap mendapat perlakuan khusus dari pihak yang disuap. Serba kerahasiaan. Masing-masing pihak yang terlibat akan berusaha semaksimal mungkin menutupi apa yang telah dilakukan. pasti melibatkan lebih dari satu orang. Bahkan. Seseorang yang menyuap izin agar lebih mudah menyuap pejabat pembuat perizinan. Korupsi dapat berupa penyuapan (bribery). Sementara itu. Melibatkan lebih dari satu orang. Melibat elemen perizinan dan keuntungan timbal balik. Menyuap dosen agar memperoleh nilai baik. 3. dan tenaga dari pihak lain. Syed Hussen Alatas memberi batasan bahwa korupsi merupakan suatu transaksi yang tidak jujur yang dapat menimbulkan kerugian uang. yang bertujuan untuk kepentingan keluarga dalam bentuk kolaborasi dalam merugikan keuangan negara. korupsi adalah suatu tindak perdana yang memperkaya diri yang secara langsung merugikan negara atau perekonomian negara.BAB II PEMBAHASAN A. pemerasan (extortion) dan nepotisme. Agar mudah mengurus KTP menyuap bagian tata pemerintahan. korupsi di lakukan dalam koridor kerahasiaan yang sangat ketat. Jadi. Selain korupsi juga ada kolusi dan nepotisme. Pengertian Umum Korupsi Menurut Prof. yaitu suatu tindakan melanggar hukum. Aspek yang memperkaya diri dengan menggunakan kedudukannya dan aspek penggunaan uang negara untuk kepentingannya. Setiap perbuatan korupsi tidak mungkin dilakukan sendiri. kolusi merupakan sikap dan perbuatan tidak jujur dengan membuat kesepakatan secara tersembunyi dalam melakukan kesepakatan perjanjian yang diwarnai dengan pemberian uang atau fasilitas tertentu sebagai pelicin agar segala urusannya menjadi lancar Sedangkan nepotisme adalah bentuk kerjasama yang dilakukan atas dasar kekerabatan. Yang dimaksud elemen perizinan adalah bidang strategis yang dikuasai oleh Negara . unsur dalam perbuatan korupsi meliputi dua aspek. 2. Ciri – ciri korupsi Adapun ciri-ciri korupsi. B.

Namun. 5.000. karena tergoda untuk mendapatkan keuntungan besar proyek yang nilainya Rp 1. yaitu bentuk. Setiap tindak korupsi adalah pengkhianatan kepercayaan.dan lain-lain. Jenis korupsi berdasarkan bentuknya Bentuk korupsi terdiri atas dua macam. sifat. dia pasti berjanji akan melakukan hal yang terbaik untuk kepentingan semua pihak. Ketika seseorang berjuang meraih kedudukan tertentu. tugas. bila diklasifikasikan ada tiga jenis atau macamnya. izin perusahaan. Macam-Macam Korupsi Tindak pidana korupsi yang dilakukan cukup beragam bentuk dan jenisnya.000.menyangkut pengembangan usaha tertentu. Begitu juga dengan mereka yang secara sengaja memanfaatkan kedudukan atau tanggung jawab yang dimiliki untuk mengeruk keuntungan pribadi. Misalnya izin mendirikan bangunan.pelayanan yang seharusnya dilakukan negara akhirnya terhambat. Tidak disiplin kerja adalah salah satu bentuk korupsi immaterial. C. Sedangkan yang immaterial adalah korupsi yang berkaitan dengan pengkhianatan kepercayaan. dan tanggung jawab.Keterlambatan pelayanan inilah kerugian immaterial yang harus ditanggung negara atau lembaga swasta. yaitu materiil dan immaterial. Tetapi setelah mendapat kepercayaan kedudukan tidak pernah melakukan apa yang telah dijanjikan. bentuknya jelas penggelembungan nilai proyek yang terkait dengan keuntungan uang.000.00. akibat perbuatan itu. Korupsi yang berkaitan dengan uang termasuk jenis korupsi materiil. Contohnya seorang pejabat yang dipercaya atasan untuk melaksanakan proyek pembangunan. 6. Mengutamakan kepentingannya dan melindungi segala apa yang diinginkan. 4. Tetapi. dan tujuan. Jadi korupsi tidak selamanya berkaitan dengan penyalah gunaan uang negara. Memang negara tidak dirugikan secara langsung dalam praktik ini. C.000.1. Senantiasa berusaha mempengaruhi pengambil kebijakan agar berpihak padanya. Selalu berusaha menyembunyikan perbuatan / maksud tertentu dibalik kebenaran. Koruptor menginginkan keputusan-keputusan yang tegas dan memiliki pengaruh.00 dimark-up (dinaikkan) menjadi Rp2. .

lebih tertuju pada out put (hasil kerja).artinya pemberian upeti pada orang yang diharapkan dapat memberikan perlindungan atau pertolongan bagi kemudahan usahanya. korupsi tidak hanya di lembaga-lembaga institusi negara. Namun. Birokrasi tidak diciptakan untuk kepentingan masyarakat.Tanpa ada interaksi antar swasta dengan pemerintah tidak akan terjadi. 2.3. yang dimaksud privat ada dua. yakni korupsi yang dilakukan oleh orang dalam. berusaha mempertahankan posisinya daripengaruh luar. Jenis Korupsi Berdasarkan Tujuannya Pada umumnya tujuan korupsi. karena ada interaksi. bribery. sebaliknya. Tetapi. Jadi. sifat interaksi yang terjadi adalah timbal balik. antara masyarakatdengan birokrasi. Birokrasi juga bagian tak terpisahkan dari praktik korupsi. justru berubah menjadi kendala pelayanan. Ada dua model korupsi. untuk memperoleh keuntungan pribadi. Praktik korupsi terjadi dibadan umum privat dan masyarakat terjadi karena adanya interaksiantara badan hukum privat dengan birokrasi. adik-kakak. Berbagai cara dilakukan untuk kepentingan ini.yaitu badan hukum privat dan masyarakat. Korupsi Privat Sisi lain korupsi ditinjau dari privat.Interaksi tersebut menghasilkan deal-deal tertentu yang saling menguntungkan. yaitu: pertama internal.artinya.C. Nepotisme itu terkait dengan kerabat terdekat. Segala peluang dan kesempatan yang ada sebesar-besarnya digunakan untuk kemenangan kerabat dekat. Jadi. Jenis Korupsi Berdasarkan Sifatnya 1. dan birokrasi. Orang yang datang meminta pelayanan pada birokrat seharusnya mendapat peta yang jelas dari pintu mana diamemulai usahanya.tetapi secara spesifik meliputi empat tujuan sebagai berikut: . tetapi dengan swasta bergulir. sasarannya. Kedua internal-eksternal. C. Bribery. Semua dilakukan agar posisi yang telah dicapai/diduduki tidak diambil pihak lain atau direbut orang lain. yakni kolaborasi antara sektok privat dengan publik. Bribery juga memiliki dampak yang cukup signifikan bagi kemajuan usaha. fraus. nenek atau kroni.2. tetapi kepentingan birokrat. orang langsung melihat ketidak jelasan terhadap apa yang diharapkan. Korupsi Publik Dari segi publik menyangkut nepotisme. Kerabat dekat bisa keponakan. Birokrasi yang seharusnya berfungsi mempermudah memberikan pelayanan pada masyarakat. Fraus.

Monopoli adalah bentuk kongkret permainan korupsi di bidang ekonomi. dilakukan pun untuk kesuksesan bisnisnya. Di bidang ekonomi. Dan dapat mengurangi korupsi di negeri ini. sasarannya adalah pemegang kekuasaan. Segala cara telah di pakai oleh segelintir orang yang perduli dengan nasib bangsa kita. praktik korupsi disini juga dilakukandengan segala cara. Tetapi. Kita sebagai warga negara yang baik jangan hanya diam. kita sebagai warga negara yang baik. Politik.a. b. Di bidang hukum. tempat menggodok para calon penerus bangsa. telah berusaha menjaga keutuhan negara kita. yaitu: pertama. . Korupsi di Indonesia Korupsi di negeri ini benar-benar sulit untuk di berantas. Kita harus berani tegas terhadap pelaku-pelaku korupsi yang ada di negeri ini. dengan begitu. Praktik korupsi dilakukan bersamaan dengan kegiatan politik praktis. Di bidang pendidikan. setidaknya itu lebih baik dari pada kita hanya berdiam diri. Tujuan utama korupsi jenis ini untuk mencapai kedudukan. Kedua. Bicara soal korupsi berarti bicara tentang menghancurkan negeri ini perlahan demi perlahan. untuk memperoleh akses pasar. Sedangkan. Kurang lebih wujudnya sama. Sangat sulit untuk memerangi dan memberantas korupsi. d. Fenomena jual beli gelar dan nilai adalah bukti kuat bahwa di lembaga ini juga terjangkit korupsi. melihat negeri kita di hancurkan oleh para pelaku korupsi di dalam pemerintahan di negeri ini. Di negara ini telah banyak menggunakan cara untuk memerangi dan memberantas korupsi. perlindungan hukum menyangkut upaya dari si koruptor memainkan hukum hingga bisa terbebas dari segala ancaman hukum pidana. Kita harus berani memprotes apa yang telah di lakukan para pemimpin kita. Tetapi semua cara tesebut gagal. Fasilitas disini berupa kepastian hukum terhadap bisnis atau usaha koruptor. Benar-benar sangat disayangkan. praktik korupsi ditujukan untuk memperoleh fasilitas dan perlindungan hukum. c. Tidak ada satu pun yang berhasil untuk memerangi dan memberantas korupsi. orang melakukan korupsi karena bertujuan politik. Tetapi cara-cara itu selalu saja gagal. ternyata juga bisa menjadi lahan yang subur untuk praktik korupsi. D. Bicara soal korupsi berarti kita bicara tentang cara memberantas korupsi itu sendiri. Lembaga yang seharusnya sebagai kawah candradimuka.Tujuannya ada dua. mendapat kemudahan di bidang perizinan dan pengembangan usaha.

9 juta rupiah saja. dan sisanya sebesar Rp 24. Gayus terindikasi melakukan pidana korupsi. dari uang total Rp 25 miliar. Gayus dijerat 3 pasal sekaligus. Gayus dijadikan tersangka oleh Polri pada November 2009 terkait kepemilikan uang yang mencurigakan di rekeningnya mencapai Rp 25 miliar. hukuman sangat ringan pun ia dapatkan.6-1. sehingga ia dituduh bermain sebagai makelar kasus (markus). Posisi yang sangat strategis.6 miliar. jaksa hanya menjerat pasal penggelapan saja. dengan alasan uang yang diduga hasil korupsi telah dikembalikan. Namun di persidangan. Pengelapan Uang dan Pencucian Uang. blokirnya dibuka. Gayus pun malah dibebaskan. Dalam kasus ini. Lelaki yang memiliki nama lengkap Gayus Halomoan Tambunan ini bekerja di kantor pusat pajak dengan menjabat bagian Penelaah Keberatan Direktorat Jenderal Pajak. yaitu 1 tahun. Dikarenakan ada penghapusan pasal yang dilakukan . yakni Korupsi. dan penggelapan senilai Rp 395 juta.6 miliar pun hilang entah kemana dan tidak ada pembahasan lanjut mengenai uang sebesar itu.E. uang sejumlah Rp 395 juta disita. Setelah dilakukan pemeriksaan. Contoh Kasus Korupsi di Indonesia KASUS GAYUS TAMBUNAN Nama yang akhir-akhir ini mencuat karena namanya disebut oleh mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji memiliki uang sebesar Rp 25 miliar dalam rekening pribadinya. atas perintah jaksa. pencucian uang. Alhasil. Hal tersebut sangat mencuri perhatian karena Gayus Tambunan hanyalah seorang PNS golongan III A yang mempunyai gaji berkisar antara 1. Tetapi. Kasus pun berlanjut karena di duga banyak pejabat tinggi Polri yang terlibat dalam kasus Gayus. Sisa uang Rp 24. tak lama kemudian. Hakim pun memutuskan Gayus divonis 6 bulan penjara dan masa percobaan setahun. Tetapi pada persidangan ia hanya didakwa kasus Penggelapan Uang saja.

Dan Andi menggunakan jasa pihak kedua untuk melakukan pengadaan tanah. E.jaksa. Menurut Jaksa Cyrus Sinaga. SEJUMLAH ORANG YANG TERLIBAT Seperti yang kita tahu bahwa dalam kasus pajak ini bukan hanya gayus saja yang bekeja sendiri tetapi ia juga mempunyai jaringan. 10 November 2008 sebesar 200. seorang pengusaha asal Batam. tuntutan berubah menjadi 1 tahun penjara dengan masa percobaan 1 tahun. Cyrus Sinaga membeberkan kronologi kasus tersebut. uang Rp 25 miliar milik Andi Kosasih. 10 Desember 2008 sebesar 500. Berita terakhir menyebutkan bahwa Gayus Tambunan sudah tertangkap. Biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan tanah tersebut sebesar US$ 6 juta. pencucian uang.000 US dolar. E. 15 September 2008 sebesar 650. saat naik di Kejaksaan Negeri. pada 1 juni 2008 dibayarkan sebesar 900.000 US dolar. Bahkan jaksa Cyrus Sinaga mengungkapkan alasan mengapa pada awalnya Gayus dijerat tiga pasal tersebut.000 US dolar.1. Gayus di vonis hanya 6 bulan dengan masa percobaan 1 tahun. Gayus Tambunan (GT) ternyata telah dijatuhi hukuman melalui vonis di Pengadilan Negeri Tangerang hanya selama 6 bulan dengan masa percobaan 1 tahun.810. setelah diteliti jaksa menyatakan berkas tersebut belum lengkap. Total yang sudah diserahkan sebesar 2. dan penggelapan. Jaksa peneliti.Proses hukumnya berlangsung 23 Februari 2010 dimana Gayus tambunan dituntut hukuman 6 bulan dengan percobaan hukuman 1 tahun oleh JPU.000 US dolar. Vonis itu lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum 1 tahun penjara dengan masa percobaan 1 tahun.Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Komisaris Jenderal Susno Duadji membongkar makelar kasus di intitusinya. Andi membayarkan uang tersebut sebanyak enam kali secara tunai. Kronologi Kasus Pajak Gayus Versi Kejaksaan Dalam berkas Gayus dijerat 3 pasal yakni pasal korupsi. 16 Februari 2009 sebesar 300. Rinciannya.sebelum Gayus Tambunan pergi ke Singapura ia pernah memberi pengakuan ke Satgas . Jaksa menjelaskan antara Gayus dan Andi terjalin perjanjian bisnis. 27 Oktober 2008 dibayarkan 260.000 US dolar.000 US dolar. Dikarenakan Gayus seorang pegawai negeri dan memiliki dana Rp 25 miliar di Bank Panin.2. yakni menghilangkan pasal korupsi dan pencucian uang dan hanya mengenakan pasal penggelapan.000 US dolar.Dia menjelaskan kasus ini awalnya jaksa menerima berkas perkara pada 7 Oktober 2009.

Namun.masuk ke rekening Gayus Rp 10 miliar dan tabungan Gayus Rp 1 miliar. Hamzah Tadja mencurigai adanya itikad tidak baik dari Cirus Sinaga selaku jaksa peneliti berkas perkara Gayus Tambunan. hasil pemeriksaan jajaran Pengawasan Kejagung menilai ada itikad tidak baik dari jaksa Cirus dalam menangani perkara Gayus Tambunan. Keduanya dikenai sanksi pembebasan dari jabatan struktural.Andi kosasih juga menerima dana dari Gayus tambunan Sebesar Rp 1. semestinya SPDP masuk dari Mabes Polri langsung ke Kabbag TU Jampidum.Pemberantasan Mafia Hukum bahwa bukan hanya dirinya yang bertugas tetapi ada orang lain. Selain sejumlah petinggi negara yang terlibat istri Gayus (Milana Anggraeni) juga ditetapkan sebagai tersangka karena ia diketahui menerima dana dari suaminya (Gayus Tambunan) sebesar 3.9 miliar. Diketahui bahwa pengiriman Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus Gayus ternyata tidak sesuai prosedur yang ada. F. pihaknya belum bisa memastikan kebenarannya karena masih harus mengkonfirmasikan dengan pihak Mabes. Oleh karena itu. dalam roman-roman Pramoedya Ananta Toer (Di Tepi Kali Bekasi) dan Mochtar Lubis (Maut dan Cinta) tertulis sesuai dengan fenomena yang ia ketahui di lingkungan sekitar terdapat orang-orang yang mengambil keuntungan dari kekayaan negara . Poltak Manullang. Cirus sendirilah yang mengantarkan SPDP tersebut langsung kepada Direktur Prapenuntutan Jampidum saat itu. Memang pada masa itu tak terdengar ada orang yang terseret ke pengadilan karena kasus korupsi. jaksa Cirus Sinaga dan mantan Direktur Prapenuntutan Jampidum Poltak Manullang terbukti tidak cermat dalam menangani kasus Gayus. Sebelumnya. Setelah itu diproses untuk diberikan kepada Jampidum supaya ditunjuk jaksanya. yang seharusnya masuk terlebih dahulu ke Jampidum. Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas). “SPDP tidak melalui prosedur. Itu sebabnya ia dihukum karena ada itikad tidak baik. Penyebab Berkembangnya Korupsi di Indonesia Secara rinci beberapa faktor yang menyebabkan berkembangnya korupsi di Indonesia yaitu:  Korupsi sudah terjadi sejak jaman dahulu (sejak awal mula berdirinya bangsa Indonesia tahun 1945an) dan sepertinya sudah menjadi tradisi di negara Indonesia ini. Namun. memang ada informasi bahwa SPDP tersebut diambil sendiri oleh Cirus ke Mabes Polri.6 miliar . tapi diantar masuk melalui inspektur.

. seorang pegawai negeri yang diseret ke pengadilan dan dijatuhi hukuman karena kasus korupsi  Korupsi berjalan sebagai suatu sistem yang dikerjakan secara berjama’ah dan sangat rapi. M.  Kampanye-kampanye politik yang mahal. ditempat yang relatif jauh . seperti yang sering terlihat di rezim-rezim yang bukan demokratik dan juga kurangnya transparansi dalam pengambilan keputusan pemerintah yang biasanya dengan kebijakan tersebut memungkikan para penguasa mudah dalam melakukan tindakan korupsi dan menutupi kesalahannya. Sekarang ini banyak sekali proyek-proyek pembangunan baik infrastuktur maupun sumber daya manusia yang menggunakan uang rakyat tidak sebagaimana mestinya. Hal ini dapat diketahui misalnya dalam hal pembangunan SDM pada acara seminar/workshop-workshop yang mengeluarkan biaya tidak sedikit. saling mendukung dan saling menutupi satu sama lain dalam suatu sitem yang rapi dan saling bekerjasama.untuk dirinya sendiri ketika yang lain berjuang mempertaruhkan jiwa dan raga untuk merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. Akibatnya dalam menangani kasus ini sangat rumit dan susah terungkap. Kampanye yang begitu mahal dalam mencalonkan diri menjadi kepala-kepala pemerintahan baik pada tingkat pusat maupun daerah merupakan salah satu faktor penyebab maraknya kasus korupsi di Indonesia. korupsi kian marak dilakukan secara berjama’ah.. Mereka biasanya melakukan workshop di hotel berbintang. sehingga kasus korupsi sulit sekali terbongkar dan diselidiki. Sejak jaman pemerintahan Soeharto. Kemudian di sebutkan Mr. dengan pengeluaran lebih besar dari pendanaan politik yang normal. Selain mengembalikan modal tentunya mereka juga berharap mendapatkan keuntungan yang lebih dari modal yang telah mereka keluarkan.  Konsentrasi kekuasan. pada pengambil keputusan yang tidak bertanggung jawab langsung kepada rakyat. Setelah tahun 1950an Pramoedya Ananta Toer kembali menulis roman yang berjudul “Korupsi” yang mengisahkan pegawai negeri yang melakukan korupsi secara kecilkecilan. Hal ini terjadi karena mereka ingin mengembalikan modal dari uang yang telah mereka kaluarkan untuk mencalonkan diri dan mengikuti kampanya. hal tersebut dikarenakan para pelaku korupsi merupakan orang-orang yang memiliki intelegensi tinggi (orang-orang pintar) yang bisa memutar balikkan fakta serta menutup rapat tindakan yang mereka lakukan.  Proyek yang melibatkan uang rakyat dalam jumlah besar.

 Lingkungan tertutup yang mementingkan diri sendiri dan jaringan “teman lama”. baik itu presiden. Ia akan sangat tegas menghukum masyarakat bawah ketika melakukan tindakan kejahatan seperti mencuri sandal jepit. dll. Kemudian pembangunan infrastruktur yang tidak semestinya seperti pembangunan toilet DPR yang menghabiskan uang puluhan juta rupiah. padahal kebanyakan mereka disana tidak fokus untuk mengikuti workshop dalam rangka meningkatkan pengetahuan mereka. melainkan mereka banyak menghabiskan banyak waktu untuk berjalan-jalan. mencuri ayam.  Lemahnya prosesi hukum. Ketertiban hukum di Indonesia ini dapat diibaratkan seperti pisau. Selain itu banyak kasus pejabat-pejabat negara yang terlibat kasus korupsi mendapat perlakuan khusus ketika di dalam penjara. dapat menyogok aparat penegak hukum agar bisa jalan-jalan keluar tahanan bahkan sampai keluar negeri. Mereka akan mau memilih calon tersebut apabila mereka diberi imbalan uang (money politic).  Rakyat mudah dibohongi oleh para pejabat. sepertinya kasusnya sangat berbelt-belit dan sulit sekali diungkap. dan sebagainya. Namun untuk kelas atas yang mencuri uang rakyat sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah hukum sulit sekali ditindak. dll. bupati. Mereka tidak takut terlibat kasus korupsi karena mereka beranggapan bahwa kasus yang akan mereka lakukan bakal sulit terungkap atau bahkan tidak terungkap. DPR.  Lemahnya ketertiban hukum. seperti halnya pada saat pencalonan seorang pejabat. Lingkungan yang tertutup sangat memungkinkan terjadinya kasus korupsi karena mereka akan dapat dengan mudah melakukan tindakan korupsi secara berjama’ah dalam lingkungannya sehingga orang lain yang berada diluar jaringan sulit untuk mengontrol dan mengetahui tindakantindakan yang mereka lakukan termasuk tindakan korupsi. Prosesi hukum yang sangat berbelit belit dan sulit sekali untuk mengungkap kasus korupsi merupakan salah satu penyebab para aparat negara untuk melakukan korupsi.dan dengan alasan refreshing sehingga menguras dana rakyat sangat besar. seperti pemberian fasilitas yang mewah. . shoping. Selain itu aparat penegak hukum dalam melakukan tugasnya masih dapat disogok dengan sejumlah uang agar menutupi kasusnya dan membenarkan pihak terdakwa kasus korupsi.

harta. Lemah dan rendahnya tingkat keimanan (religius). menipisnya etika dan moral seseorang juga dapat menjadi faktor menyebabkan seseorang mudah tergiur dengan uang. Lagi-lagi karena pengaruh budaya korupsi yang sudah cukup kronis menjangkiti Indonesia. kekayaan. Ditugaskan menjadi petugas pemberantas korupsi malah menggadaikan diri menjadi koruptor. Indonesia banyak memiliki undang-undang dan peraturanperaturan yang mengatur tentang pelarangan tindak korupsi. sehingga mereka tidak bisa membentengi diri mereka dari godaan-godaan yang mendorong mereka untuk melakukan tindakan korupsi. Dengan melihat beberapa kondisi di atas maka memang sudah sewajarnya perilaku korupsi itu mudah timbul. Penyebab utama dari tindakan korupsi tersebut dikarenakan lemahnya penegak hukum di Indonesia. Para petugas hukum yang ditugaskan untuk mengadili para koruptor alih-alih malah menerima amplop dari para koruptor. Yang menjadi persoalan sekarang ini adalah para penegak hukum itu sendiri. mereka tidak tegas dalam mengusut dan memberantas tindakan korupsi di Indonesis. Tidak adannya kontrol yang cukup untuk mencegah penyuapan atau “sumbangan kampanye”. Lemahnya tingkat keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME merupakan salah satu faktor utama maraknya kasus korupsi di negeri ini. jika mereka takut terhadap dosa dan ancaman yang diberikan akibat perbuatan mereka pasti para pemimpin dan borokrat negara ini tidak akan melakukan perbuatan korupsi walaupun tidak ada pengawasan. Mereka tidak takut terhadap dosa dari perilaku yang telah mereka lakukan. berkembang dan tumbuh pesat di Indonesia. akan tetapi peraturan-peraturan tersebut tidak di tegakkan dan dijalankan secara optimal. bahkan pihak kontrol sendiri banyak yang terlibat kasus suap sehinga mereka dapat dengan mudah membiarkan kasus-kasus kampanye dengan uang. Munculnya istilah mafia hukum merupakan bukti kerendahan mental para penegak hukum di Indonesia. Sebab mereka dengan sendirinya akan merasa diawasi oleh Tuhan YHE dan takut terhdap ancaman dosa yang dapat menyeret mereka dalam lembah kesengsaraan yaitu neraka. Dan bisa dibilang mereka membiarkn kasus suap karena mereka sendiri telah disuap. Pihak kontrol di Indonesia ini sangatlah lemah.  Kurangnya keimanan dan ketakwaan para pemimpin dan birokrat negara kepada Tuhan YME. Inilah hal miris yang kerap dialami disetiap .

Kesadaran rakyat dalam memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani yang dianggap paling baik dan tidak menerima suap merupakan salah satu langkah untuk menghindari adanya kasus korupsi. kita harus ikut andil paling tidak dapat menekan jumlah tindakan korupsi di Indonesia. Bagaimana mungkin seorang petugas hukum akan tegas memberikan hukuman pada koruptor. contohnya: sebagai seorang mahasiswa kita harus disiplin dalam mengikuti mata kuliah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah korupsi di Indonesia yaitu: 1. Adanya kesadaran rakyat untuk ikut memikul tanggung jawab guna melakukan partisipasi politik dan kontrol sosial. Para pemimpin saat ini haruslah menjadi teladan yang baik bagi generasi penerus bangsa. adil. G. di berbagai media massa baik media elektronik maupun media cetak fokus berita utamanya kebanyakan mengenai tindakan korupsi di kalangan pejabat. yang memikirkan bangsa Indonesia diatas . serta berupaya keras dalam membongkar dan memberikan sanksi yang tegas kepada para pelaku korupsi. Menanamkan aspirasi nasional yang positif. berarti itu sama saja kita telah melatih diri kita untuk menjadi seorang koruptor.penanganan kasus-kasus korupsi di Indonesia. Apabila dalam hal disiplin yang terkecil itu saja kita tidak bisa menerapkan dalam diri kita sebagai seorang mahasiswa. generasi muda. Kita sebagai warga negara Indonesia. 2. Penanaman nasionalisme sejak dini pada generasi penerus bangsa juga sangat diperlukan agar mereka mencintai bangsa dan negara indonesia diatas kepentingannya sendiri sehingga kelak jika menjadi pemimpin ia akan menjadi sesosok pemimpin kepentingan pribadinya. Cara Mengatasi Kasus Korupsi di Indonesia Pada saat ini tindakan korupsi di Indonesia semakin hari semakin berkembang pesat. dengan tidak bersifat acuh tak acuh. tidak jujur dalam mengerjakan ujian dll. disiplin dalam mengerjakan tugas. 3. yaitu disiplin dan jujur dalam segala hal. dan anti korupsi. Virus korupsi di Indonesia sudah menyerang seluruh kalangan pejabat dari level tertinggi tingkat negara sampai dengan tingkat RT/ RW. kalau dirinya sendiri ternyata juga seorang koruptor. yaitu sesosok pemimpin yang jujur. Para pemimpin dan pejabat memberikan teladan. memberantas dan menindak korupsi. bukan malah sebaliknya. yaitu mengutamakan kepentingan nasional. penerus perjuangan bangsa. Di mulai dari hal yang terkecil.

Bila ditambah dengan teladan pemimpin. Bila terdapat kenaikan yang tidak wajar. Tapi anehnya cara ini justru ditentang oleh para anggota DPR untuk dimasukkan dalam perundang-undangan. Pengawasan masyarakat. memberantas dan menghukum tindak korupsi. tentu jumlah kekayaannya akan bertambah dengan cepat. 7. beserta jawatan dibawahnya. pembuktian terbalik dan gaji yang mencukupi. 8. dibarengi sistem kontrol yang efisien. Tapi perhitungan kekayaan dan pembuktian terbalik sebagaimana telah dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab menjadi cara yang tepat untuk mencegah korupsi. Adanya sanksi dan kekuatan untuk menindak. Dengan pengawasan masyarakat. korupsi menjadi sangat sulit dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan dana rakyat yang seharusnya dapat digunakan seefisien mungkin. Perhitungan kekayaan. Sanksi yang tegas dan tidak memihak memang sangat diperlukan dalam menangani kasus korupsi di Indonesia. Cara inilah yang sekarang dikenal dengan istilah pembuktian terbalik yang sebenarnya sangat efektif mencegah aparat berbuat curang.4. Para pelaku korupsi harus dijatuhi hukuman setimpal yang dirasa dapat memberikan efek jera dan takut baik bagi pelaku maupun orang lain yang akan melakukan tindakan korupsi. Umar menghitung kekayaan para pejabat di awal dan di akhir jabatannya. Sementara masyarakat yang mulia akan turut mengawasi jalannya pemerintahan dan menolak aparat yang mengajaknya berbuat menyimpang. larangan pemberian suap dan hadiah. Reorganisasi dan rasionalisasi dari organisasi pemerintah. 6. Semasa menjadi Khalifah. Bisa saja ia mendapatkan semua kekayaannya itu dari warisan. Meski tidak selalu orang yang cepat kaya pasti karena telah melakukan korupsi. 9. melalui penyederhanaan jumlah departemen. Serta untuk membentuk sistem baru yang terorganisir dengan adil dan jauh dari korupsi. Masyarakat dapat berperan menyuburkan atau menghilangkan korupsi. Pentingnya ajaran agama Kasus korupsi seperti ini sebenarnya tidak akan terjadi apabila semua pemimpin atau birokrasi pemerintahan mempunyai landasan agama yang kuat. insya Allah korupsi dapat diatasi dengan tuntas. yang bersangkutan diminta membuktikan bahwa kekayaan yang dimilikinya itu didapat dengan cara yang halal. . hukuman yang setimpal. keberhasilan bisnis atau cara lain yang halal. Orang yang melakukan korupsi. Masyarakat yang bermental instan akan cenderung menempuh jalan pintas dalam berurusan dengan aparat dengan tak segan memberi suap dan hadiah. 5. Sistem budget dikelola oleh pejabat-pejabat yang mempunyai tanggung jawab etis tinggi.

kepribadian. Pendidikan merupakan upaya normatif yang mengacu pada nilai-nilai mulia yang menjadi bagian dari kehidupan bangsa.Dalam semua ajaran agama pastinya melarang perbuatan korupsi. Darah dan tubuh dari pelaku korupsi beserta anggota keluarga yang menikmati harta hasil korupsi tersebut telah tercemari oleh makanan haram hasil korupsi yang tidak akan berkah dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Pentingnya peran pendidikan Terlepas dari masalah korupsi itu sebagai budaya atau bukan yang jelas peran pendidikan akan dapat membantu meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi dan memberantas korupsi Pendidikan merupakan instrumen penting dalam pembangunan bangsa baik sebagai pengembang dan peningkat produktivitas nasional maupun sebagai pembentuk karakter bangsa.. karena pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. dalam konteks ini pendidikan merupakan pemelihara budaya. serta keterampilan yang diperlukan dirinya. bangsa dan negara. mencuri uang rankyat dan menyengsarakan mereka. Maka dari itu pendidikan agama dan penanaman Iman dan Takwa sangat diperlukan guna mengurangi atau bahkan menghilangkan terjadinya kasus korupsi yang sekarang ini kian merajalela di Indonesia. kecerdasan. akhlak mulia. mereka pasti tahu dan akan takut melakukan perbuatan korupsi sehingga secara otomatis mereka akan menjahui perilaku ini dengan sendirinya tanpa perlu adanya paksaan dan pengawasan khusus. Namun demikian dalam konteks perubahan yang cepat dewasa ini pendidikan tidak cukup berperan seperti itu namun juga harus mampu melakukan transformasi nilai dalam tataran instrumental sesuai dengan tuntutan perubahan dengan tetap menjadikan nilai dasar sebagai fondasi. . Buruknya manusia dapat ditranformasikan ke dalam hal yang positif melalui pendidikan. Korupsi sama saja dengan mencuri. Hal tersebut merupakan perbuatan dosa yang dapat membawa kita kelembah kesengsaraan yaitu neraka. 10. Jika seseorang memiliki landasan agama yang kuat. pengendalian diri. Pendidikan membimbing manusia menjadi manusia manusiawi yang makin dewasa secara intelektual. sebab mereka telah merasa diawasi oleh Tuhan YMK. moral dan sosial. Kita sebagai mahasiswa (tidak semua orang bisa menuntut ilmu di perguruan tinggi) harus bersyukur dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu kita. yang dengannya nilai tersebut dapat dilanjutkan melalui peran transfer pendidikan baik aspek kognitif. sikap maupun ketrampilan. masyarakat.

di fungsikan untuk memberikan sangsi setiap warga Negara yang melanggar. di sini di harapkan setiap warga Negara bisa menjalani pancasila dalam kehidupan sehari-hari . pemerintah seakan masa bodoh dengan masalah yang terjadi dalam negeri kita. Pancasila adalah peraturan tingkah laku yang baik atau penting. Agar setiap warga Negara dapat memiliki tingkah laku yang baik. H. Semua seakan lupa dengan dasar Negara yang kita banggakan. Dari skala yang kecil samapi ke skala yang besar. Pancasila yang seharus nya dapat mengatur setiap warga Negara nya ke arah yang . dan Negara kitadapat mengambil pelajaran dari yang apa yang kita dapatkan dari masalah korupsi ini. untuk di arahkan ke jalan yang benar. Tapi apa daya. Indonesia yang memiliki dasar Negara pancasila. “Pancasila adalah Dasar Negara yang dipergunakan sebagai dasar mengatur-menyelenggarakan pemerintahan negara. bisa di katakan Negara kita akan menjadi Negara yang makmur. Kasus Korupsi di Indonesia Menurut Pandangan Pancasila Pemerintahan di negeri ini sudah dirasuki dengan hal-hal yang berhubungan dengan korupsi. artinya setiap warga negara Indonesia harus tunduk-taat kepadanya. Siapa saja yang melanggar Pancasila sebagai Dasar Negara. Semoga saja yang kita ingin kan ini dapat tercapai. Akibat nya korupsi di Indonesia semakin merajalela. ia harus ditindak menurut hukum. maka mengamalkan dan mengamankan Pancasila sebagai Dasar Negara mempunyai sifat imperatif/ memaksa. yaitu pancasila. karena dengan pancasila negeri ini akan berjalan dengan sangat damai. jika semua itu bisa di lakukan oleh setiap warga Negara kita.” Darji Darmodihardjo (1984). Peran pancasila di negeri ini benar-benar sangat di butuhkan. apakah menjadi negara yang menempati pringkat tertinggi di dunia dalam prestasi atau malah menjadikan negara ini lebih korup dari yang sekarang ini. Rata-rata para pemimpin kita pernah melakukan perbutan haram ini. Korupsi di Indonesia bisa di bilang adalah masalah yang sangat merusak citra Indonesia di internasional. Menurut Darji Darmodihardjo. Semua hanya dapat mengabaikan pancasila. dan penuh dengan kemakmuran. … Mengingat bahwa Pancasila adalah Dasar Negara. Peraturan di sini. Negeri ini sudah melupakan dasar Negara yang kita banggakan.karena ditangan kitalah nasib negara ini mau dibawa ke arah mana. yaitu korupsi. tidak mampu menjalankan dasar negaranya dengan baik. Berarti di sini pancasila berfungsi sebagai peraturan yang di patuhi oleh seluruh rakyat Indonesia. Jadi. yakni hukum yang berlaku di Negara Indonesia.

dan adil. Pancasila sila kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab di dasari dan di jiwai oleh sila sebelumnya yaitu sila ketuhanan yang maha esa. warga Negara di tuntut bersikap jujur. sehingga menciptakan manusia yang adil dan juga di harapkan menjadi manusia yang beradab. Yang dimaksud di sini adalah semua warga Negara di harapkan mampu bersikap adil. Pancasila di Negara ini hanya di jadikan symbol Negara. dalam artian Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan meningkat. sehingga Negara kita dapat mengalahkan Negara-negara maju lain nya. Dan bebas dari utang-utang luar negeri. sampai-sampai utang luar negeri kita bertambah akibat ketamakan para koruptor. Nilai sila-sila kemanusiaan yang adil dan beradab adalah sebagai dasar dalam kehidupan kenegaraan.benar seakan tidak ada guna nya. Sila ke Lima Pancasila sila ke lima adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada pancasila sila yang kedua ini. membuat Negara kita bebas akan koruptor. tidak ada nya pilih kasih. sehingga tercipta lah masyarakat yang adil dan juga diharapkan menjadi manusia yang beradab. Bagaimana korupsi bisa di basmi. kebangsaan. sehingga mampu untuk menjalani hidup yang beradab. seluruh warga Negara di harapkan saling adil. Para petinggi Negara / pemimpin Negara di harapkan mampu membuat / menjadikan setiap warganya menjadi orang-orang yang baik dan berbudi luhur. Berikut adalah pandangan pancasila terhadap korupsi sesuai dengan sila ke2 dan sila ke-5 pancasila. Artinya. serta mendasari dan menjiwai ketiga sila berikutnya. B. atau eluruh kekayaan alam dan sebagainya dipergunakan bagi kebahagiaan bersama menurut potensi masing-masing. semua warga . Smoga dengan kembali nya kita kepada pancasila. bukan dalam arti yang bersifat pribadi. tidak membedakan satu sama lain. dan Negara kita menjadi Negara yang maju. sila kedua. Pancasila tidak dapat berjalan baik di Negara ini. tidak adanya perbedaan baik dari ras suku dan agama. A. dengan ke adilan para pemimpin kita. Sila ke Dua Pancasila sila ke dua adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. smua uang rakyat di makan oleh para koruptor. dan kemasyarakatan. transfaran dalam arti umum. Jadi. sehingga akhir nya Negara kita mengalami kerugian yang sangat besar. jika smua pelaku korupsi tidak transparan.

semenjak korupsi merajalela di negeri ini. Semua hanyalah mimpi. kebutuhan. di sini.masing. Tapi semua itu seakan sirna. Korupsi bisa di katakan jauh dari kata adil. dan juga mengambil keuntungan dari jabatan nya. Sehingga warga dan Negara kita menjadi makmur dengan adanya keadilan. keamanan. semua warga Negara dapat hidup makmur. Sehingga. sesuai dengan potensi masing .Negara dapat andil / bagian masing-masing dalam hal pekerjaan. korupsi menyebarkan ancaman yang sangat luar biasa bagi Negara kita. Sulit untuk terkabulnya Negara yang seperti itu. SDA. Jika korupsi di hentikan. Jadi. hal kesadaran lah yang menjadi peran penting dalam menghentikan korupsi. maka sikap adil di sini dapat kembali di laksanakan dalam kehidupan seharihari. penuh dengan ke adilan. Korupsi hanya lah mementingkan hal yang bersifat pribadi. .

kerugian yang di derita negara kita. sampai bertriliun uang untuk kerugian kita. Jika trus di biarkan. Pancasila merupakan peraturan yang di rancang untuk seluruh warga negara. Jadi. Para pelaku korupsi bertujuan untuk mengumpulkan harta dari uang negara sehingga merugikan negara. Tetapi menguntungkanbagi para pelaku korupsi. . II. Dengan maksud pancasila dapat memerangi dan membasmi korupsi di Indonesia. Kita sebagai penerus bangsa harus membasmi yang nama nya korupsi. SARAN Kita sebagai penerus bangsa harus berjiwa besar dan baik. kita harus benar-benar serius untuk memerangi dan memberantas korupsi. KESIMPULAN Koruspi di Indonesia sudah sangat merajalela. maka negara kita akan hancur secara perlahan.BAB III PENUTUP I. Hancrunya negara kita berasal dari rakyat negara kita. Dan Indonesia akan bebas dari korupsi. Dengan sarat para pelaku korupsi dapat kembali kepada pancasila. yang bertujuan untuk merubah setiap warga negara menjadi lebih baik. tidak tanggung-tanggung. Jadi.kita harus memiliki cara dan strategi untuk memerangi dan basmi korupsi. tetapi untuk di jadikan peraturan. Korupsi sangat merugikan negara kita. dengan pancasila di harapkan para pelaku korupsi bisa kembali ke jalan yang benar. dengan begitu korupsi akan terbasmi secara perlahan. Jika tidak di berantas dengan cepat. pancasila sebagai dasar negara haus berpedoman kepadanya. Para pelaku korupsi biasanya berasal dari pemerintahan. bukan maksud untuk menduakan tuhan. Pancasila sebagai dasar negara kita harus berperan penting di sini. maka sedikit demi sedikit negara kita akan hancur. dan harus di taati oleh setiap warga negaranya. Kita harus bertindak cepat untuk memerangi dan membasmi korupsi. semoga saja suatu saat kita semua bisa lepas dari korupsi. Itulah cara dan strategi yang tepat untuk memerangi korupsi di negeri ini. Yaitu dengan cara kembalinya kita semua kepada pancasila. Sehingga negara kita menjadi negara yang makmur dan maju.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->