P. 1
SKALA PRIORITAS

SKALA PRIORITAS

|Views: 422|Likes:
Published by Poetra Ggj

More info:

Published by: Poetra Ggj on Jan 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2014

pdf

text

original

SKALA PRIORITAS

Oleh : Ismira Dewi, MPsi, Psi

dan berdampak secara psikologis. . ekonomis.PENTINGNYA SKALA PRIORITAS  Kebanyakan orang gagal dalam mengidentifikasi skala prioritas kebutuhan bagi dirinya  Sehingga dorongan terhadap kepemilikan akan sesuatu menjadi beban berat hidupnya. bahkan bisa berkepanjangan tiada habisnya. sehingga manusia menjadi budak dari kebutuhannya.

 Orang yang sukses dalam hidup ini. . Tapi adalah orang yang bisa merealisasikan hasil-hasil tersebut sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia. tidak sekadar orang yang bisa menyelesaikan pekerjaanpekerjaannya.

Kebutuhan yang akan datang 3. Kebutuhan individu PRIORITAS KETIGA Terpenuhi Terpenuhi dengan baik Kebutuhan tersier PRIORITAS KEDUA 1.Skala prioritas manusia dalam memenuhi kebutuhannya: PRIORITAS PERTAMA 1. Kebutuhan primer 2. Kebutuhan sekarang 3. Kebutuhan kelompok Pengetahuan Lingkungan © 2004 Departemen Biologi ITB (dnc/rre) (Ilustrasi : Art Explosion® 1998) . Kebutuhan sekunder 2.

2. Pilih Strategi sesuai tujuan awal Menentukan rencana tindakan Buat faktor yang mendukung & tidak mendukung . 3.HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN : 1.

5.IDENTIFIKASI SKALA KEBUTUHAN 1. Kebutuhan Fisiologi Kebutuhan Keselamatan Kebutuhan Kasih-sayang Kebutuhan Penghargaan diri Kebutuhan Aktualisasi diri . 3. 2. 4.

HIERARKI MASLOW .

KEBUTUHAN FISIOLOGI  Teori Maslow.  Kebutuhan asas ini merangkum apa yang diperlukan untuk diri atau fisik seseorang seperti kebutuhan makanan. peringkat ini merupakan Kebutuhan yang paling asas. . apalagi manusia. Kebutuhan ini adalah penting bagi kehidupan sesuatu organisme. minuman dan tempat tinggal.

aspek keselamatan sangat penting dalam hidup.KEBUTUHAN KESELAMATAN  Setiap yang bernyawa.  Demikianlah tiap-tiap individu memerlukan Kebutuhan ini tetapi dengan kekuatan yang berbeda-beda .

seseorang akan merasakan diterima.KEBUTUHAN KASIH-SAYANG  Berdasarkan Teori Maslow.  Melalui cara ini. dihormati. dan perasaan diri. serta dihargai oleh orang lain . turut diperlukan Kebutuhan ini untuk mendapatkan hubungan yang harmonis. kasih-sayang.

seseorang akan menghargai keberadaan dirinya dan belajar menerima diri mereka sendiri.KEBUTUHAN PENGHARGAAN DIRI  Konsep diri yang tinggi digambarkan bila individu tsbt mampu menerima dan menghargai dirinya  Satu unsur besar dalam pembinaan konsep diri adalah penerimaan.  Melalui penerimaan diri. pengetahuan dan kemahiran.  Penerimaan bermaksud menghargai sifat-sifat istimewa individu sebagai manusia unik dari segi sikap. . teman dan oranglain sangatlah penting. Penerimaan oleh keluarga.

KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI  Aktualisasi diri adalah proses menjadi diri sendiri dan mengembangkan sifat-sifat serta potensi psikologis yang unik.  Aktualisasi diri akan berubah sejalan dengan perkembangan hidup seseorang. .  Aktualisasi diri akan dibantu atau dihalangi oleh belajar pengalaman (khususnya dalam masa kanak-kanak).

orang tidak akan beranjak atau beralih dari suatu tuntutan kebutuhan lain .Pada umumnya.. .Sebelum tuntutan yang ada pada dirinya telah berhasil diraih atau dicapainya atau ia menjadi jenuh karena kegagalannya dalam upaya pencapaian tersebut.

QUADRAN PRIORITAS  Quadrant 1 Important and urgent  Quadrant 2 Not Important but urgent  Quadrant 3 Important but not urgent  Quadrant 4 Not Important and not urgent .

dan pekerjaan berurutan dari yang terpenting.PENUTUP  Bahwasannya akan lebih baik jika kita menertibkan tujuan. sehingga seseorang bisa mencapai tujuan-tujuannya sesuai dengan alokasi waktu yang ada . tugas.

2. Saya Tuhan Keluarga Pekerjaan Uang Peraturan . 5. 4. 3.BAGAIMANAKAH SUSUNANNYA MENURUT SKALA PRIORITASMU & JELASKAN ALASANNYA  1. 6.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->