SKALA PRIORITAS

Oleh : Ismira Dewi, MPsi, Psi

.PENTINGNYA SKALA PRIORITAS  Kebanyakan orang gagal dalam mengidentifikasi skala prioritas kebutuhan bagi dirinya  Sehingga dorongan terhadap kepemilikan akan sesuatu menjadi beban berat hidupnya. bahkan bisa berkepanjangan tiada habisnya. dan berdampak secara psikologis. sehingga manusia menjadi budak dari kebutuhannya. ekonomis.

 Orang yang sukses dalam hidup ini. tidak sekadar orang yang bisa menyelesaikan pekerjaanpekerjaannya. Tapi adalah orang yang bisa merealisasikan hasil-hasil tersebut sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia. .

Kebutuhan yang akan datang 3. Kebutuhan primer 2. Kebutuhan individu PRIORITAS KETIGA Terpenuhi Terpenuhi dengan baik Kebutuhan tersier PRIORITAS KEDUA 1.Skala prioritas manusia dalam memenuhi kebutuhannya: PRIORITAS PERTAMA 1. Kebutuhan sekunder 2. Kebutuhan kelompok Pengetahuan Lingkungan © 2004 Departemen Biologi ITB (dnc/rre) (Ilustrasi : Art Explosion® 1998) . Kebutuhan sekarang 3.

3. 2.HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN : 1. Pilih Strategi sesuai tujuan awal Menentukan rencana tindakan Buat faktor yang mendukung & tidak mendukung .

IDENTIFIKASI SKALA KEBUTUHAN 1. 2. Kebutuhan Fisiologi Kebutuhan Keselamatan Kebutuhan Kasih-sayang Kebutuhan Penghargaan diri Kebutuhan Aktualisasi diri . 3. 5. 4.

HIERARKI MASLOW .

apalagi manusia. minuman dan tempat tinggal. peringkat ini merupakan Kebutuhan yang paling asas.  Kebutuhan asas ini merangkum apa yang diperlukan untuk diri atau fisik seseorang seperti kebutuhan makanan. . Kebutuhan ini adalah penting bagi kehidupan sesuatu organisme.KEBUTUHAN FISIOLOGI  Teori Maslow.

 Demikianlah tiap-tiap individu memerlukan Kebutuhan ini tetapi dengan kekuatan yang berbeda-beda . aspek keselamatan sangat penting dalam hidup.KEBUTUHAN KESELAMATAN  Setiap yang bernyawa.

kasih-sayang. seseorang akan merasakan diterima. serta dihargai oleh orang lain .  Melalui cara ini. turut diperlukan Kebutuhan ini untuk mendapatkan hubungan yang harmonis. dan perasaan diri.KEBUTUHAN KASIH-SAYANG  Berdasarkan Teori Maslow. dihormati.

teman dan oranglain sangatlah penting.  Melalui penerimaan diri.KEBUTUHAN PENGHARGAAN DIRI  Konsep diri yang tinggi digambarkan bila individu tsbt mampu menerima dan menghargai dirinya  Satu unsur besar dalam pembinaan konsep diri adalah penerimaan.  Penerimaan bermaksud menghargai sifat-sifat istimewa individu sebagai manusia unik dari segi sikap. seseorang akan menghargai keberadaan dirinya dan belajar menerima diri mereka sendiri. . pengetahuan dan kemahiran. Penerimaan oleh keluarga.

KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI  Aktualisasi diri adalah proses menjadi diri sendiri dan mengembangkan sifat-sifat serta potensi psikologis yang unik.  Aktualisasi diri akan dibantu atau dihalangi oleh belajar pengalaman (khususnya dalam masa kanak-kanak). .  Aktualisasi diri akan berubah sejalan dengan perkembangan hidup seseorang.

Pada umumnya.. orang tidak akan beranjak atau beralih dari suatu tuntutan kebutuhan lain . .Sebelum tuntutan yang ada pada dirinya telah berhasil diraih atau dicapainya atau ia menjadi jenuh karena kegagalannya dalam upaya pencapaian tersebut.

QUADRAN PRIORITAS  Quadrant 1 Important and urgent  Quadrant 2 Not Important but urgent  Quadrant 3 Important but not urgent  Quadrant 4 Not Important and not urgent .

tugas. sehingga seseorang bisa mencapai tujuan-tujuannya sesuai dengan alokasi waktu yang ada .PENUTUP  Bahwasannya akan lebih baik jika kita menertibkan tujuan. dan pekerjaan berurutan dari yang terpenting.

6. 4. Saya Tuhan Keluarga Pekerjaan Uang Peraturan . 5.BAGAIMANAKAH SUSUNANNYA MENURUT SKALA PRIORITASMU & JELASKAN ALASANNYA  1. 2. 3.

TERIMA KASIH .