P. 1
INTEGUMEN

INTEGUMEN

|Views: 19|Likes:

More info:

Published by: Sisrini Rahayu Sammarian on Jan 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2013

pdf

text

original

INTEGUMEN

Oleh : Putri Sauma Ramadhani

Pengertian Integumen • Kata integumen ini berasal dari bahasa Latin"integumentum". dimana orang dewasa luasnya mencapai lebih dari 19. yang berarti"penutup".000 cm . dan menginformasikan manusia terhadap lingkungan sekitarnya dan merupakan organ yang paling luas. Sistem integumen atau biasa disebut kulit adalah sistem organ yang membedakan. 1). memisahkan. melindungi.

sisik.bulu. kendur. Sistem integumen meliputi kulit dan derivatnya. kelenjar keringat dan produknya (keringat atau lendir).• 2. Stuktur-struktur tersebut mencakup kulit.. . Sedangkan derivat integumen meliputi struktur-struktur tertentu yang secara ontogeni berasal dari salah satu dari kedua lapisan utamapada kulit yang sesungguhnya yaitu epidermis dan dermis. Kulit yang sebenarnya adalah lapisan penutup yang umumnya terdiri atas dua lapisan utama yang letaknya disebelah luar jaringan ikat. rambut..

.

misalnya rasa sakit.gatal. penarikan. . • 2. dingin. panas.Eksterosepsi atau penerimaan stimuli dari lingkungan luar.Pelindung atau proteksi terhadap mikroorganisme. atau kehilangan cairan dan zat iritan kimia maupun mekanik.Fungsi Integumen • Integumen dan derivatnya mempunyai fungsi yang sangat luas di dalam tubuh meliputi : • 1.

• 6. misalnya kelenjarkeringat pada mamalia • .Tempat sintesis vitamin D.Homeostatis atau mengatur kadar garam dan cairan tubuh (osmoregulasi). .Ekskresi atau pembuangan sisa metabolisme melalui kelenjar.5.Tempat menyimpan cadangan makanan seperti lemak di bawah kulit.• 3. • 7.Thermoregulasi atau mengatur panas tubuh pada hewan hewan endoterm danhomoiterm ( mamalia dan aves) dibantu oleh adanya rambut dan bulu • .4.

Beratnya ± 4.Komponen Integumen 1) Kulit • Kulit adalah bagian terluar tubuh. Dilihat dari strukturnya.Hipodermis .Epidermis .5 kg menutupi area seluas 18kaki persegi dengan BB 75 kg.paling luar disebut : . kulit terdiri dari dua lapis.

2.Dasar kuku(nail bed):merupakan bagian kulit yang ditutupi kuku .Matriks kuku: merupakan pembentuk jaringan kuku yang baru.Dinding kuku(nail wall): merupakan lipatanlipatan kulit yang menutupi bagianpinggir dan atas 3. Kuku terdiri daribagian akar dan bagian badan Bagian-bagian kuku adalah: 1.2) Kuku Kuku merupakan derivat epidermis yang berupa lempeng-lempeng zat tanduk terdapat pada permukaan dorsal ujung jari tangan dan jari kaki.

sering tertutup oleh kulit.Hiponikium : merupakan dasar kuku.4.Eponikium :merupakan dinding kuku bagian proksimal.Akar kuku(nail root):merupakan bagian tengah kuku yang dikelilingi dindingkuku.Lempeng kuku(nail plate) : merupakan bagian tengah kuku yang dikelilingidinding kuku. 8.Alur kuku(nail groove) : merupakan celah antara dinding dan dasar kuku.Lunula : merupakan bagian lempeng kuku berwarna putih dekat akar kukuberbentuk bulan sabit. 7. 5. kulit arinya menutupibagian permukaan lempeng kuku 9. 6. . kulit ari di bawah kuku yang bebas(freeedge)menebal.

Gambar bagian-bagian pada kuku .

.Gangguan pada kulit dan kuku antara lain:  jerawat  impetigo Dermatitis  Onikomikosis.

THANKS…… .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->