P. 1
Organisasi Yang Berkembang

Organisasi Yang Berkembang

|Views: 409|Likes:
Published by Rifqy Bawazier

More info:

Published by: Rifqy Bawazier on Jan 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

Disusun Oleh : Nama : Muhammad Rifqy NPM : 14111957 Kelas : 2KA32

Falkutas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi UNIVERSITAS GUNADARMA PTA 2012/2013

KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmanirrohim. Syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala kenikmatan, berkah dan hidayah-Nya, kepada penulis hingga terselesaikannya Tugas Tulisan Teori Organisasi Umum yang berjudul Organisasi yang berkembang. Tugas ini disusun untuk dapat mengetahui mata kuliah Teori Organisasi Umum dan juga supaya dapat mengetahui pentingnya Menciptakan Tata nilai dalam masyarakat bagi Individu maupun Keluarga dan yang harus dilestarikan agar tidak terpengaruh budaya dari luar Laporan ini memang jauh dari sempurna sehingga penulis berharap agar para pembaca dapat memberikan kritik dan saran tentang laporan ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pembaca dan Mohon Maaf apabila ada kesalahan kata yang saya tidak sadari karena manusia tidak ada yang Sempurna. Semoga Allah selalu memberikan jalan yang terbaik untuk kita semua. Amiiin

Jakarta, Januari 2013 Penyusun

Muhammad Rifqy

A. Organisasi Yang Berkembang Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Dalam berorganisasi semua berpikir bagaimana cara memperbesar organisasi kita. Organisasi itu sendiri bisa dikembangkan dengan tiga cara seperti Kerjasama, Membuat Anak Perusahaan, dan Go Publik. Tiga cara diatas biasanya digunakan oleh Organisasi niaga atau Perusahaan. Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak (pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang.

B. Contoh Perusahaan Berkembang Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (“TELKOM”, ”Perseroan”, “Perusahaan”, atau “Kami”) merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon kabel tidak bergerak (fixed wireline) dan telepon nirkabel tidak bergerak (fixed wireless), layangan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan. Untuk menjawab tantangan yang terus berkembang di industri telekomunikasi dalam negeri maupun di tingkat global, kami bertekad melakukan transformasi secara fundamental dan menyeluruh di seluruh lini bisnis yang mencakup transformasi bisnis dan portofolio, transformasi infrastruktur dan sistem, transformasi organisasi dan sumber daya manusia serta transformasi budaya. Pelaksanaan transformasi ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya diversifikasi bisnis TELKOM dari ketergantungan pada portofolio bisnis Legacy yang terkait dengan telekomunikasi, yakni layanan telepon tidak bergerak (Fixed), layanan telepon seluler (Mobile), dan Multimedia (FMM), menjadi portofolio TIME (Telecommunication, Information, Media and Edutainment). Konsistensi kami dalam berinovasi telah berhasil memposisikan Perusahaan sebagai salah satu perusahaan yang berdaya saing tinggi dan unggul dalam bisnis New Wave.

Komitmen kami untuk mendukung mobilitas dan konektivitas tanpa batas diyakini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan ritel maupun korporasi terhadap kualitas, kecepatan, dan kehandalan layanan serta produk yang kami tawarkan. Hal itu terbukti dengan kontinuitas peningkatan di sisi jumlah pelanggan kami, yakni mencapai 120,5 juta pelanggan per 31 Desember 2010, atau meningkat sebesar 14,6%. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8,3 juta pelanggan merupakan pelanggan telepon kabel tidak bergerak, 18,2 juta pelanggan telepon nirkabel tidak bergerak, dan 94,0 juta pelanggan telepon seluler.

PERUSAHAAN GO PUBLIC Go Public berarti menjual saham perusahaan ke para investor dan membiarkan saham tersebut diperdagangkan di pasar saham. Sebagai contoh, PT. Telkomunikasi indonesia, PT Axiata XL, Indosat, dan banyak perusahaan lainnya yang sudah menjadi Go Public. Adapun keuntungan dari Perusahaan yang Go Public adalah sebagai berikut:
1. Perusahaan yang dapat meningkatkan Likuiditas dan memungkinkan para pendiri

perusahaan untuk menikmati hasil yang mereka capai. Dan semakin memperbanyak investor yang membeli saham tersebut, maka semakin banyak modal yang diterima perusahaan dari investor luar.
2. Para pendiri perusahaan dapat melakukan diversifikasi untuk mengurangi resiko portofolio

mereka.
3. Memberi nilai suatu perusahaan. Suatu perusahaan dapat dinilai dari harga saham

dikalikan dengan jumlah lembar saham yang dijual dipasaran.
4. Perusahaan dapat melakukan merger ataupun negosiasi dengan perusahaan lainnya dengan

hanya menggunakan saham.
5. Meningkatkan potensi pasar. Banyak perusahaan yang merasa lebih mudah untuk

memasarkan produk dan jasa mereka setelah menjadi perusahaan Go Public atau Tbk. Tapi harus kita ketahui juga bahwa ada kerugian dari Perusahaan yang Go Public, yaitu:
1. Laporan Rutin : Setiap perusahaan yang go public secara periodik harus membuat

laporan kepada Bursa Efek Indonesia, bisa saja per kuartal atau tahunan, tentu saja untuk membuat laporan tersebut diperlukan biaya.
2. Terbuka : Semua perusahaan go public pasti transparan dan sangat mudah untuk

diketahui oleh para kompetitornya dari segi data dan managementnya.

3. Keterbatasan kekuasaan Pemilik : Para pemilik perusahaan harus memperhatikan

kepentingan bersama para pemegang saham, tidak bisa lagi melakukan praktek nepotisme, kecurangan dalam pengambilan keputusan dan lainnya, karena perusahaan tersebut milik publik.
4. Hubungan antar Investor : Perusahaan terbuka harus menjaga hubungan antara

perusahaan dengan para investornya dan di informasikan mengenai perkembangan dari perusahaan tersebut. PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN KERJASAMA Dua perusahaan raksasa kelas dunia melakukan kerjasana strategi lebih luas. Samsung akan menggabungkan operasional Hard Disk Drive ke Seagate, sedangkan Seagate akan memberikan Kepemilikan Ekuitas yang Signifikan ke Samsung. Kedua perusahaan menjajaki kesepakatan pengadaan besar dan pertukaran lisensi. Seagate Technology plc, perusahaan yang fokus pada hard disk drive atau penyimpanan data dan Samsung Electronics Co., Ltd., perusahaan elektronik memperluas dan memperkuat hubungan strategis dengan memadukan lebih jauh lagi seperti nilai kepemilikan, investasiinvestasi dan teknologi-teknologi utama mereka. Beberapa elemen kerjasama yang disepakati antara lain hard disk drive (HDD), paten lisensi, NAND flash memori, solid state hybrid drive, notebook, penyimpanan data enterprise, dan kepemilikan ekuitas. Nilai gabungan dari transaksi dan kesepakatan sebesar US$ 1.375 miliar, Seagate akan membayar ke Samsung dalam bentuk 50% saham dan 50% tunai. Kedua perusahaan ini akan memadukan pengembangan produk dan peta produk mereka saat ini dan masa mendatang dalam hal komputasi mobile, komputasi awan dan penyimpan data solid state.“Kami berharap kerjasama strategis ini akan menciptakan produk teknologi yang lebih baik,” ucap Steve Luczo, Chairman, Presiden dan CEO dari Seagate dalam release yang kami terima (20/4/2011). Steve menambahkan bahwa kesepakatan ini akan mampu mencapai skala yang lebih besar dalam hal produk dan solusi penyimpanan data ke konsumen. Sementara Samsung berharap, “ikatan strategis ini dapat memberikan solusi-solusi teknologi kreatif bagi konsumen yang kaya ragam, dunia usaha dan aplikasi-aplikasi industrial,” ucap Oh-hyun, Kwon, President dari Bisnis Semikonduktor Samsung Electronics.

Adanya kerjasama ini secara signifikan akan memperluas akses Seagate pada pelanggan di Cina dan Asia Tenggara.Seagate and Samsung Announce Broad Strategic Alignment.Ini adalah contoh dari 2 belah pihak perusahaan yang melakukan kerjasama.

Faktor - faktor yang membuat organisasi harus berkembang agar bisa bertahan. Kekuatan eksternal - Kompetisi yang semakin tajam antar organisasi. - Perkembangan IPTEK. - Perubahan lingkungan baik lingkungan fisik maupun sosial yang membuat organisasi berfikir bagaimana mendapatkan sumber diluar organisasi untuk masa depan organisasi. Kekuatan internal - Struktur. - Sistem dan prosedur. - Perlengkapan dan fasilitas. - Proses dan sasaran. - Bila tidak cocok akan membuat organisasi melakukan perbaikan. Perubahan organisasi dilakukan untuk mencocokkan dengan kebutuhan yang ada.

C. Kesimpulan

Jadi kesimpulannya bila kita berada dalam sebuah organisasi dan ingin organisasi atau perusahaan kita maju dan berkembang kita bisa saja mengikuti perusahaan perusahaan yang sudah lebih dahulu berkembang dengan cara memperbanyak kerjasama demi tujuan bersama, memperluas wilayah organisasi dengan membuat anak-anak perusahaan dari perusahaan yang kita buat dan berusaha menjadi organisasi perusahaan yang go publik yang dapat menerima masyarakat luas baik berupa investasi atau pinjaman modal.

Referensi http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi http://gandangarbingan.blogspot.com/2011/12/contoh-perusahaan-yangberkembang.html http://adiberry.blogspot.com/2011/11/tulisan-2-organisasi-perusahaanyang.html http://arhaadesin.blogspot.com/2012/10/perusahaanorganisasi-yangberkembang.html

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->