P. 1
kutipan - tata cara mengutip dalam penelitian / proposal / makalah

kutipan - tata cara mengutip dalam penelitian / proposal / makalah

|Views: 2,517|Likes:
Published by Alifia Desy
tata cara mengutip dalam proposal/penelitian/laporan
tata cara mengutip dalam proposal/penelitian/laporan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Alifia Desy on Jan 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/25/2013

pdf

text

original

1. 2.

Penulisan Kutipan Langsung Penulisan Kutipan Tak Langsung

 Kutipan dari sumber pustaka scr langsung sesuai dgn

aslinya  Cara penulisan : a. kutipan pendek b. kutipan panjang

 Panjang Kutipan krg dari 40 kata atau krg dari 5 baris  Ditulis di antara tanda kutip “……….”  Sumber kutipan dapat ditulis di awal kutipan atau akhir kutipan  Sumber kutipan yang ditulis nama pengarang (nama belakang jika lbh dari satu kata. tahun terbit dari sumber kutipan. nomor halaman dari sumber kutipan .

. warga masyarakat.  Di dalam kutipan terdapat tanda kutip Dalam penjelasannya. warga masyarakat. Dardjowidjoyo (1992:4) menjelaskan “Kota Leiden di Negeri Belanda merupakan ‘kota suci’ berkembangnya pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing”. Sucipto (1990:123) menjelaskan “dalam memperlancar proses pembangunan di wilayah pedesaan diperlukan partisipasi tokoh masyarakat.  Sesuai dengan uraian di atas. dan aparat pemerintah desa” Sucipto (1990:123). dan aparat pemerintah desa”. dijelaskan “dalam memperlancar proses pembangunan di wilayah pedesaan diperlukan partisipasi tokoh masyarakat.

dengan lima ketukan lagi dari tepi garis teks kutipan. were never exhibited again. The “placebo effect” which had been verified in previos studies.  Jika dalam kutipan terdapat paragraf baru lagi. dimulai setelah ketukan ke 5 dari garis tepi sebelah kiri.      Kutipan yang berisi 40 kata atau lebih atau 5 baris atau lebih terpisah dari teks yang mendahului. even when real drugs were administered. garis barunya dimulai . Contoh: Smith (1990:276) menarik kesimpulan sebagai berikut. disappeared when behaviors. the behaviors. diketik dengan spasi tinggal dituliskan juga sumber kutipannya seperti pada kutipan pendek. Furthermore. were studied in this manner. Earlier studies were clearly premature in attributing the results to a placebo effect.

.  Cara penulisannya adalah sebagai berikut. Nomor halaman tidak harus disebutkan.  Termasuk dalam kutipan tidak langsung tersebut kutipan terjemahan. Tanda kutip tidak dituliskan. Kutipan tak langsung: kutipan yang dituliskan secara tak langsung atau dikemukakan dengan menggunakan bahasa penulis sendiri. kutipan saduran. kutipan ringkasan. dan kutipan parafrase. Nama pengarang dari sumber kutipan dapat ditulis di awal atau di akhir kutipan. Penulisannya terpadu dengan teks.

b) Nama pengarang disebutkan di akhir kutipan Sejalan dengan uraian di atas dapat dikemukakan bahwa tidak semua pengajar BIPA di Malang memiliki pendidikan dan pengalaman dalam mengajarkan BIPA (Sarina. 1990).a) Nama pengarang disebut di awal kutipan Sarina (1990) mengemukakan bahwa tidak semua pengajar BIPA di Indonesia memiliki pendidikan dan pengalaman dalam mengajarkan BIPA. .

 Kutipan yang diambil dari naskah yang merupakan kutipan dari suatu sumber lain. dan harus dianggap sebagai keadaan darurat. dirujuk dengan cara menyebutkan nama penulis asli dan nama pengutip pertama serta tahun kutipnya. baik secara langsung maupun tidak langsung. Cara merujuk semacam ini hanya dibolehkan jika sumber asli benar-benar tidak didapatkan. .

1995:3) menjelaskan bahwa perkembang-an pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing di Indonesia sangat strategis.Mapisameng (dalam Suyitno. . terutama jika dikaitkan dengan perkembangan negara Indonesia.

Kutipan sebagai penguat atau pendukung gagasan ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………….1. . Sehubungan dengan itu. Sarina (1990) menjelaskan …. Atau ………………………………………………………………………………… …………………………………………. Hal ini sejalan dengan pendapat Sarina (1990) yang menyatakan bahwa ….

Pernyataan tersebut menggambarkan bahwa … .. Atau Pengajar BIPA di Indonesia belum semuanya memiliki pendidikan dan pengalaman dalam mengajarkan BIPA (Sarina.Sarina (1990) mengemukakan bahwa tidak semua pengajar BIPA di Indonesia memiliki pendidikan dan pengalaman dalam mengajarkan BIPA. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa …. 1990).

Suminto (1995:15) menyatakan bahwa ………………………………… Dalam hal ini. 1998:20). pengajar hendaknya ……………………………………………… bukan sekedar tahu apa yang hendak diajarkan (Sugino. 2001). Beberapa kutipan sebagai unsur utama dalam pembuatan simpulan Sarina (1990) menjelaskan bahwa ………………………………. Sehubungan dengan itu... . Lebih lanjut. Berdasarkan pendapat tersebut dapat dikemukakan bahwa ………………. Sarina (1990) menjelaskan ………………………………………………………… Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ……. Kutipan berupa ide yang disadur langsung oleh penulis ………………… bahasan dari penulis …………………………………… ………………………… bahasan penulis ……………………….………………………………………………………………………………………………………………… ……………………….………………. …………………………bahasan penulis ………………………………………… ……………………………………………… (Suminto.

 Unsur-unsur tersebut dapat bervariasi tergantung jenis sumber pustakanya.  tempat penerbitan. termasuk sub-judul.  tahun penerbitan. dan  nama penerbit. (Dalam daftar rujukan. urutan penulisan sumber rujukan mengikuti urutan alfabetis). tanpa gelar akademik.  judul. nama awal. dan nama tengah.Hal-hal yang harus dituliskan dalam daftar rujukan adalah  nama pengarang ditulis dengan urutan: nama akhir. .

dengan huruf besar pada awal setiap kata. Yogyakarta: Andi Offset. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. N.  Tahun penerbitan ditulis setelah nama pengarang.  Nama pengarang yang terdiri dari dua bagian ditulis dengan urutan: nama akhir diikuti koma.  Tempat penerbitan dan nama penerbit dipisahkan dengan titik dua (:). nama awal (disingkat atau tidak disingkat) diakhiri titik. Contoh: Ramlan. Dekker. Malang: FPIPS IKIP Malang. M.Sumber pustaka yang berasal dari buku.  Judul buku digaris-bawahi atau ditulis dengan huruf miring. kecuali kata hubung. 1992. 1993. . diakhiri dengan titik. Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa: Dari Pilihan Satusatunya ke satu-satunya Azas. penulisannya sebagai berikut.

.Contoh: Cornet. GA: Career Ladder Clearing House. L. Career Ladder Plans: Trends and Emerging Issues-1985. dan Weeks. K. 1985a. Atlanta.

) jika satu editor dan (Eds. di antara nama pengarang dan tahun penerbitan. Billingual Education: Teaching English as a Second Language. Seperti menulis sumber dari buku ditambah dengan tulisan (Ed.R. . (Eds). Contoh: Letheridge. dan Cannon. New York: Praeger. S.) jika editornya lebih dari satu. C. 1980.

Judul artikel ditulis dengan huruf kecil. Contoh: Hasan. Penulisan Daftar Pustaka untuk sumber yang berasal dari artikel dalam buku       kumpulan artikel (yang ada editornya) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. 1990. Judul buku kumpulannya digarisbawahi atau ditulis dengan huruf miring.) bila lebih dari satu editor. 12-25).). dan nomor halamannya disebutkan dalam kurung. Judul buku ditulis dengan huruf besar dan kecil. diberi keterangan (Ed. Nama pengarang artikel ditulis di depan diikuti dengan tahun penerbitan. Malang: HISKI Komisariat Malang dan YA3. Karakteristik penelitian kualitatif. dan (Eds. Nama editor ditulis seperti nama biasa. kecuali huruf pertama kata pertama. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra (hlm. Dalam Aminuddin (Ed. Judul artikel ditulis tanpa garis bawah. M.Z.) bila hanya satu editor. .

 Bagian akhir berturut-turut ditulis jurnal tahun ke berapa. Partisipasi dalam siaran pedesaan dan pengadopsian inovasi. 1 (1): 33--47.  Nama jurnal (majalah ilmiah) ditulis dengan garis bawah.Daftar Pustaka yang bersumber dari artikel dalam jurnal dituliskan sebagai berikut. Forum Penelitian. Contoh: Hanafi. . dan nomor halaman artikel tersebut. A.  Huruf awal dari setiap katanya ditulis dengan huruf besar kecuali kata hubung. 1989.

Contoh: Huda. M.  Nama majalah ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama setiap kata. Jawa Pos. dan ditulis dengan huruf kecil semua kecuali pada huruf awal kata pertama. dan diberi garis bawah.  Nomor halaman disebut pada bagian akhir. tanggal dan bulan (jika ada). .Sumber dari artikel dalam majalah atau koran dituliskan sebagai berikut. 1991. 13 November.6.  Nama pengarang ditulis paling depan. Menyiasati krisis listrik musim kering. hlm.  Judul artikel ditulis tanpa garis bawah. diikuti oleh tahun.

hlm.Sumber dari koran atau majalah rtanpa pengarang dituliskan sebagai berikut.  Nama koran ditulis dengan garis bawah atau huruf miring. Contoh: Kompas. Mandor Pasar Tewas Ditikam Anak Buahnya. tanggal dan bulan ditulis setelah judul. 21 Juni 1991. . 7.  Judul ditulis di bagian awal.  Tahun.  Nomor halaman ditulis terakhir.

diikuti tahun penerbitan dokumen. Jakarta: PT Armas Duta Jaya. kota penerbit dan nama penerbit.1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Contoh: Undang-undang Republik Indonesia No. Judul atau nama dokumen ditulis di bagian awal dengan garis bawah. .2 Th.

. diikuti dengan tahun. dan nama lembaga tertinggi yang bertanggung jawab atas penerbitan karangan tersebut. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Nama lembaga penanggung jawab labngsung ditulis paling depan. nama tempat penerbitan. judul karangan. Contoh: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. 1978.

diikuti tahun penerbitan karya asli. nama penerjemah. tahun terjemahan. Nama pengarang asli ditulis paling depan. judul terjemahan. dan A. Terjemahan oleh Arief Furchan. ditulis dengan kata “Tanpa tahun”. Pengantar Penelitian Pendidikan. . Razavieh. 1982. Tanpa tahun. L. Surabaya: Usaha Nasional. Contoh: Ary.C. D.. Apabila tahun penerbitan buku asli tidak dicantumkan. nama tempat penerbitan dan nama penerbit terjemahan. Jacobs.

Tagor. Contoh: Pangaribuan. Malang: Program Pascasarjana IKIP Malang. 1992. Disertasi tidak diterbitkan. Perkembangan Kompetensi Kewacanaan Pembelajaran Bahasa Inggris di LPTK. judul skripsi. . Tesis. tesis atau disertasi ditulis dengan garis bawah diikuti dengan pernyataan Skripsi. dan nama fakultas serta nama perguruan tinggi. Nama penyusun ditulis paling depan. nama kota tempat perguruan tinggi. diikuti tahun yang tercantum pada sampul. atau Disertasi tidak diterbitkan.

Pusat Penelitian IKIP Malang. judul makalah. kemudian diikuti pernyataan Makalah disajikan dalam …. . lembaga penyelenggara. Contoh: Huda. Nama penyusun ditulis paling depan. dilanjutkan dengan tahun penyajian. N. Penulisan laporan penelitian untuk jurnal. 1991. dan tanggal penyelenggaraan.. tempat. Malang. 15 Januari 1991. nama pertemuan yang ditulis dengan garis bawah. Makalah disajikan dalam Lokakarya Penelitian Tingkat Dasar bagi Dosen PTN dan PTS di Malang Angkatan XIV.

(http://journal.ac. dan diakhiri dengan alamat sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses. (Online). 1996.html. A Survey of STM Online Journals. diikuti secara berturut-turut oleh judul karya tersebut (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (online). 1990— 95: The Calm before the Storm.uk/survey/ survey. S. di antara tanda kurung. Contoh: Hitchcock. diakses 12 Juni 1996). Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak. .ecs.soton.

(http://www. di antara tanda kurung. volume dan nomor. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. dan diakhiri dengan alamat sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses. diakses 20 Januari 2000). Jurnal Ilmu Pendidikan. judul artikel.malang. No.id. Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak. diikuti secara berturut-turut oleh tahun. Jilid 5. (Online). ac. Contoh: Kumaidi. 1998. . nama jurnal (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (online). 4.

20 November 1995. diakses 22 November 1995). Nama rujukan ditulis seperti rujukan dari bahan cetak. tahun. diikuti secara berturut-turut oleh tanggal.buffalo. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List (Online). topik bahan diskusi (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (Online). Contoh: Wilson. .cc. di antara tanda kurung. bulan. (NETTRAIN@ubvm. D.edu. dan diakhiri dengan alamat e-mail sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses.

(ikip-jkt@indo.id). bulan. Dali S. diikuti secara berturut-turut oleh tanggal. tahun. nama yang dikirim disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail yang dikirim). E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg. Contoh: Naga. . Nama pengirim (jika ada) dan disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail pengirim).ywcn. 1 oktober 1997. Artikel untuk JIP.or.net.id). topik isi bahan (dicetak miring).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->