P. 1
ringkasan jurnal

ringkasan jurnal

|Views: 15|Likes:
.,
.,

More info:

Published by: Muhammad Ihsan Rizqi Lubis on Jan 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2014

pdf

text

original

Nama : Muhammad Ihsan R.

L Nim : 1005105010059

PENGARUH PENAMBAHAN ASAM DOKOSAHEKSAENOAT (DHA) TERHADAP KETAHANAN SUSU PASTEURISASI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asam dokosaheksaenoat (DHA) terhadap ketahanan susus pasteurisasi. DHA yang digunakan berupa Diphorm® HiDHA® 50 yang ditambahkan ke dalam susu pasteurisasi dengan konsentrasi yang berbeda-beda, yaitu 0,5% ; 1% ; 1,5% dan sebagai pembanding/kontrol digunakan susu pasteurisasi yang tidak ditambahkan DHA. Sampel disimpan di dalam refrigerator (6-8 C) dan setiap hari selama 3 hari penyimpanan diuji ketahanannya dengan uji pH dan untuk mengetahui jumlah bakteri totalnya dilakukan uji alkohol dan uji Toatal plate countI (TPC) sedangkan analisa data menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Berdasarkan pengujian ketahanan susu, penambahan DHA ke dalam susu pasteurisasi tidak berpengaruh langsung terhadap penurunan pH tetapi berpengaruh terhadap jumlah bakteri total setiap sampel. Semakin besar konsentrasi DHA yang ditambahkan, jumlahnya bakteri totalnya semakin banyak sehingga penambahan DHA menurunkan ketahanan susu pasteurisasi.

dan konsistensi mutu.5 dan 5 menit) terhadap mutu lada hitam. Dari hasil percobaan tersebut diduga perbandingan berat buah lada lada dengan air berpengaruh terhadap rendemen. Untuk mendapatkan kondisi proses blanching yang tepat telah dilaksanakan percobaan untuk melihat pengaruh perbandingan berat buah lada dengan air ( 1:5. perlu dilakukan perbaikan cara pengolahan di tingkat petani sehingga dihasilkan lada dengan mutu sesuai standar ekspor.L Nim : 1005105010059 PENGARUH PERBANDINGAN BERAT BUAH LADA DENGAN AIR DAN WAKTU PEMBLANSIRAN TERHADAP MUTU LADA HITAM YANG DIHASILKAN Pengolahan lada hitam di tingkat petani masih dilakukan secara tradisional yang umumnya belum memperhatikan efisiensi pengolahan. . dan kadar minyak atsiri lada yang dihasilkan. Temperatur air panas yang dipakai pada proses blanching adalah 80 C.5 menit pada suhu 80°C untuk semua perbandingan berat buah lada dan air nampaknya sudah cuku efisien dan efektif untuk menghasilkan lada hitam dengan karakteristik mutu yang cukup baik. 2:5. 3:5) dan waktu pencelupan dalam air panas (2. Dengan demikian. segi kebersihan. mengingat bahan yang akan digunakan berbeda jenis dan karakterisistiknya. mutu lada yang dihasilkan cenderung rendah atau bahkan tidak memenuhi mutu yang diisyaratkan negara importir.Nama : Muhammad Ihsan R. rasio rehidrasi. Karena itu untuk memperoleh mutu lada hitam yang baik faktor tersebut diatas perlu diperhatikan berat. Untuk meningkatkan mutu lada hitam telah tersedia paket teknologi pengolahan lada hitam secara maksimal yang dilengkapi dengan proses blanching. Lama waktu blanching 2. Namun demikian untuk penggunaan berat buah yang lebih besar perlu diversifikasi kembali untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif. Untuk meningkatkan mutu dan daya saing lada Indonesia di pasar dunia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->