P. 1
RPP FISIKA SMP KELAS 9 -

RPP FISIKA SMP KELAS 9 -

|Views: 846|Likes:
Published by jidin
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMP keals 9 -Energi dan daya listrik
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMP keals 9 -Energi dan daya listrik

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: jidin on Jan 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH MAPEL KELAS WAKTU

A.

: : : :

SMP Negeri 1 Bancar Fisika IX (Sembilan)/Semester 1 6 x JP

STANDAR KOMPETENSI 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. KOMPETENSI DASAR 3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan energi listrik. 2. Mengamati hubungan antara kalor dengan beda potensial. 3. Mengamati hubungan antara kalor dengan kuat arus listrik. 4. Mengamati hubungan antara kalor dengan lama aliran arus listrik. 5. Menjelaskan rumusan energi listrik. 6. Menyebutkan asas Black. 7. Menjelaskan penerapan asas Black dalam kehidupan sehari-hari. 8. Menyebutkan alat pengubah energi listrik. 9. Menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja beberapa alat pengubah energi listrik. 10. Menjelaskan pengertian daya listrik. 11. Menjelaskan hubungan antara daya listrik dan energi listrik. 12. Menjelaskan langkah-langkah untuk menentukan energi listrik dalam satuan kWh. 13. Menyebutkan kesetaraan nilai antara kWh dan joule. 14. Menjelaskan cara melakukan penghematan dalam menggunakan energi. 15. Siswa diharapkan memiliki karakter:  Disiplin ( Discipline )  Rasa hormat dan perhatian ( respect )  Tekun ( diligence )  Tanggung jawab ( responsibility )  Ketelitian ( carefulness)

D.

MATERI BELAJAR Energi dan Daya Listrik. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN 1. Metode : - Direct Instruction (DI). - Cooperative Learning. 2. Model Pembelajaran : - Diskusi kelompok. - Ceramah. - Eksperimen. - Observasi. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan 1 : No. 1.

E.

F.

Kegiatan

Waktu 15 Menit

Pendahuluan:  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapian kelas.  Memberikan motifasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.  Apersepsi (Prasyarat pengetahuan) dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, semisal: - Bagaimana cara menentukan besarnya energi listrik? - Apa yang dimaksud dengan daya listrik?

2.

Kegiatan Inti: a. Eksplorasi  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang topik yang akan di pelajari.  Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya.  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. b. Elaborasi  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor-faktor yang menentukan energi listrik.  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kawat nikelin sepanjang 1 m, lima buah baterai, sebuah hambatan geser, sebuah ammeter, sebuah saklar, sebuah voltmeter, sebuah stopwatch, sebuah termometer dan kabel secukupnya.  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati hubungan antara kalor dengan beda potensial, kuat arus listrik, dan lama aliran arus  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan

50 Menit

Kelas 9

1

FISIKA SMPNegeri 1 Bancar

No.

Kegiatan

Waktu

      

langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru. Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari hasil eksperimen yang telah dilakukan. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan rumusan energi listrik. Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi listrik yang disampaikan oleh guru. Guru memberikan beberapa soal menentukan energi listrik untuk dikerjakan oleh peserta didik. Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Konfirmasi  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.  Guru memberikan motivasi yang kurang atau yang belum berpartisipasi aktif agar lebih aktif lagi. 3. Penutup :  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. 15 Menit

Pertemuan 2 : No. 1.

Kegiatan

Waktu 15 Menit

Pendahuluan:  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapian kelas.  Memberikan motifasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.  Apersepsi (Prasyarat pengetahuan) dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, semisal: - Mengapa elemen pemanas listrik umumnya berupa lilitan? - Sebutkan lat-alat pengubah energi listrik! Kegiatan Inti: a. Eksplorasi  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang topik yang akan di pelajari.  Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya.  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. b. Elaborasi  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan asas Black.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan asas Black dalam kehidupan sehari-hari.  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan alat-alat pengubah energi listrik.  Guru membagi tugas kelompok:  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja setrika listrik.  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja kompor listrik.  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja solder listrik.  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja kipas angin.  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja bel listrik.  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

2.

50 Menit

Kelas 9

2

FISIKA SMPNegeri 1 Bancar

No.

Kegiatan c. Konfirmasi  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyaratmaupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.  Guru memberikan motifasi yang kurang atau yang belum berpartisipasi aktif agar lebih aktif lagi.

Waktu

3.

Penutup :  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

15 Menit

Pertemuan 3 : No. 1.

Kegiatan

Waktu 15 Menit

Pendahuluan:  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapian kelas.  Memberikan motifasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.  Apersepsi (Prasyarat pengetahuan) dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, semisal: - Bagaimana langkah-langkah menentukan energi listrik dalam satuan KWH? - Bagaimana cara melakukan penghematan dalam menggunakan energi listrik? Kegiatan Inti: a. Eksplorasi  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang topik yang akan di pelajari.  Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya.  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. b. Elaborasi  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian daya listrik.  Peserta didik memperhatikan hubungan antara daya listrik dan energi listrik yang disampaikan oleh guru.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan rumusan daya listrik.  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan langkah-langkah untuk menentukan energi listrik dalam satuan kWh.  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan kesetaraan nilai antara kWh dan joule.  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan daya listrik yang disampaikan oleh guru.  Guru memberikan beberapa soal menentukan daya listrik untuk dikerjakan oleh peserta didik.  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara melakukan penghematan dalam menggunakan energi listrik.  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. c. Konfirmasi  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyaratmaupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan. Penutup :  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

2.

50 Menit

3.

15 Menit

G.

SUMBER BELAJAR a. Buku IPA Terpadu 9 b. Buku referensi yang relevan c. Lingkungan d. Alat dan bahan praktikum

Kelas 9

3

FISIKA SMPNegeri 1 Bancar

H.

PENILAIAN HASIL BELAJAR Indikator Pencapaian Kompetensi   Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan. Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik, dan satuannya (kWh dan Joule) Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya. Teknik Penilaian  Tes tertulis Bentuk Instrumen  Uraian Instrumen/ Soal  Tentukan energi listrik yang digunakan bila tegangan dan kuat arus diketahui!  Tentukan energi listrik dalam satuan KWh bila daya listrik diketahui dalam satuan joule!  Lihatlah KWh meter yang ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai selama 1 bulan!  Lakukan percobaan tentang energi listrik, kemudian amati perubahan energi listrik yang terjadi!  Ceritakan bagaimana cara menghemat energi listrik dalam kehidupan seharihari?

 Tes tertulis

 Uraian

 Penugasan

 Tugas rumah

 

 Penugasan

 Proyek

 Tes unjuk kerja

 Uji petik kerja prosedur

Mengetahui, Kepala SMP Negeri 1 Bancar

Bancar, Juli 2012 Guru Mata pelajaran

( Drs. Sutrisno, M.Si ) NIP : 196104 13198803 1 013

( Sajidin , S.Pd ) NIP : 19660102 199001 1 001

Kelas 9

4

FISIKA SMPNegeri 1 Bancar

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->