P. 1
bagian bagian mobil

bagian bagian mobil

|Views: 490|Likes:
Published by Marzuki Imron
bagian bagian mobil
bagian bagian mobil

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Marzuki Imron on Jan 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2014

pdf

text

original

Gambar bagian - bagian mobil Mesin Mobil : Komponen mesin

Komponen Mesin merupakan bagian-bagian utama dari mesin khususnya yang dibahas disini adalah mesin bensin/premium. Dimana komponen utama ini merupakan suatu bentuk rangkaian mesin yang difungsikan sebagai pembuat tenaga. Adapun yang utama dengan berurutan adalah sebagai berikut :

1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston, sedangkan ujung piston yang lain berhubungan langsung dengan poros engkol/crank shaft, maka dengan demikian gerak naik turunnya piston dapat menggerakan poros engkol. Sedangkan dibagian atas kepala silinder pada bagian dalamnya berbentuk sebuah ruang bakar dan dilengkapi dengan katup-katup hisap dan buang.

Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi. Beberapa silinder disusun pada blok silinder, bagian atasnya ditutup dengan kepala silinder sedangkan bagian bawah blok silinder membentuk ruang engkol untuk penempatan dan pemasangan kelengkapan, seperti dinamo starter (untuk start awal gerak poros engkol, alternator, pompa bensin serta distributor. 2. Silinder, merupakan bagian yang memindahkan tenaga panas ke tenaga mekanik dan untuk tujuan ini piston bergerak naik memadatkan gas. Untuk

memperoleh tenaga maksimum ataupun optimum diusahakan tidak terdapat kebocoran-kebocoran pada gas-gas yang dibakar diantara piston dan silinder. Gesekan dan keausan diusahakan seminim mungkin yang diakibatkan oleh gerakan-gerakan meluncur dari piston. Untuk memperkecil hal ini, dinding silinder diperkeras dengan besi tuang/cor, atau dengan diberikan khrom pada dindingdinding silinder untuk membatasi keausan tadi. Jika dinding silinder telah aus .. maka perbaikan yang dilakukan adalah dengan mengebor kembali dinding silinder dengan bore tune, sehingga silinder ruang menjadi lebih besar maka membutuhkan piston/torak juga lebih besar karena bertambahnya diameter ukuran silinder (berhubungan dengan kecepatan pada saat dragrace, dimana ruang silinder dan piston semakin besar dibutuhkan suplay bahan bakar lebih besar sehingga digunakan karburator minimal 2 barrel atau 4 barrel) Untuk menghindari semakin tipisnya dinding dalam dan dinding luar silinder (ketebalan silinder) maka sebaiknya dinding dalam diberikan pelapis khrom sehingga permanen karena meminimalisasi keausan .. dan piston bisa dipertahankan tidak memerlukan penggantian piston yang lebih besar.

3. Bak engkol (karter), terletak dibawah blok silinder digunakan sebagai penampung oli mesin yang terbuat dari baja press. Pada karter ini juga dilengkapi ventilasi untuk menghubungkan ruang dalam dengan udara luar. Karter dibaut dibawah bak engkol dan diantaranya diberikan gasket (pelapis karet) untuk menghindari kebocoran pada sambungan tersebut sehingga oli mesin tidak bocor merembes keluar.

4. Kepala Silinder, dibaut dengan blok silinder dibagian atas dan diantaranya juga diberikan gasket, terdapat lubang-lubang untuk pemasangan busi dan mekanik katup yang dilengkapi pada mesin. Kepala silinder pada umunya dibuat dari besi tuang campuran almunium untuk membatasi pemuaian. Juga dilengkapi mantel

5. komponen ini wajib mempunyai sifat tahan terhadap tekanan dan suhu tinggi dan dapat bekerja dengan kecepatan tinggi. Paduan yang tidak seimbang akan berakibat buruk dimana pada suhu yang sangat tinggi akan membuat piston memuai dan berubah bentuk. dimanadalam keadaan suhu tinggi maka bagian atas dan bawah akan menjadi sama besar. . Bisa dilihat/dibuktikan jika asap kenalpot (gas buang) terdapat asap putih . Bahan dasar piston adalah campuran besi tuang dan aluminium karena ringan dan mempunyai penghantar panas yang baik. Oleh sebab itu dijumpai diameter bagian atas torak agak lebih kecil dari bagian bawahnya. .Antara piston dan dinding harus diberikan kerenggangan tertentu karena adanya pemuaian pada waktu mesin bekerja yang mana disebut renggang piston/torak. Bila terlalu kecil akan menimbulkan gesekan yang akan lebih besar sehingga pelumasan tidak sempurna. Pada bagian atas torak terdapat 2-3 celah untuk pemasangan pegas-pegas piston.pendingin yang berhubungan denga blok silinder untuk memberikan pendinginan pada katup-katup dan busi-busi. berarti kemungkinan oli mesin ikut terbakar karena terlalu besar keranggangan ini.. Bila terlalu besar maka akan terjadi kebocoran gas yang keluar dan minyak oli mesin akan masuk ke ruang piston dan silinder. Torak/piston.. sehingga suara piston berisik. Kepala piston umumnya mempunyai permukaan yang datar tetapi ada pula yang cembung atau cekung.

Poros engkol terdiri dari pusat putaran dimana pada pena engkol dipasangkan batang piston. Poros engkol/crankshaft. terbuat dari baja spesial. berguna untuk menghubungkan piston dengan ujung batang piston. Diameternya sedikit lebih besar dari diameter piston. 8.Pena piston. Bagian ujung depan poros engkol dibuat sedemikian rupa sehingga memungkinkan pemasangan gigi pengatur (timing gear) yang berfungsi untuk menggerakan sumbu nok dan puli untuk menggerakan pompa air/alternator (waterpump). 6. agar supaya dapat bekerja pada langkah yang lainnya maka poros engkol harus dapat menyimpan day putaran .. . Batang piston. Sedangkan bagian ujung belakang dipasangkan dengan flens untuk pemasangan roda penerus (roda gila).Pegas piston. mencegah oli masuk ke ruang bakar. Dimana poros engkol hanya mendapatkan tenaga putaran dari langkah kerja saja. adalah komponen/part yang menghubungkan piston dengan poros engkol/crankshaft dibuat dengan bentuk "I" . merupakan piringan yang terbuat dari besi tuang dan dibaut pada ujung belakang poros engkol. Roda penerus/flywheel. berguna untuk perapat dan menjaga agar gas-gas tidak keluar selama langkah kompresi dan langkah kerja dalam ruang bakar. berbentuk pipa untuk mengurangi berat dan pada kedua sisinya disangga oleh bosbos yang terdapat pada piston. 7. mempunyai tugas penting yaitu mengubah gerakan lurus piston yang berada dalam silinder pada gerak kerja menjadi gerak putar dengan melalui batang-batang piston serta menjaga pergerakan piston dalam lengkah-langkah selanjutnya. Dan juga untuk mengikis oli pelumas dari dinding silinder. Umumnya terbuat dari besi cor khusus dan diberi potongan untuk memudahkan pemasangan ke dalam alur pegas yang terdapat pada piston. dan setelah terpasang maka kekenyalan pegas piston ini menekan dinding silinder.

tuas yang diperlukan pun lebih sederhana. Automatic Transmission memiliki beberapa mode. terasa lebih sukar untuk dimainkan daripada menggunakan mode AT. biasanya dapat ditambah beberapa mode lagi. sedangkan pada bidang Mekanik atau Otomatif. Pada kendaraan transmisi otomatis. transmisi dapat diartikan ‘menyalurkan gaya’. 2009 by alonberhia Transmisi Otomatis. Bagian yang menyimpan tenaga putaran ini adalah roda penerus yang juga dilengkapi dengan gigi ring yang dipasangkan di bagian luar untuk perkatian dengan starter pinion. kita harus memikirkan untuk mengganti gigi transmisi untuk mendapat kecepatan yang efektif. mode ini di gunakan untuk membatasi kecepatan kendaraan terhadap perputaran mesin. Misalkan kendaraan digunakan untuk menanjak yang panjang atau untuk menembus genangan air yang tinggi. Walaupun secara logika. Dalam mode Parking ini. Bagi yang belum pernah mengendarai mobil. Mode Neutral (N). setelah itu tinggal berpikir bagaimana berbelok menyusuri arena balap tanpa banyak menabrak. tapi lain halnya jika sudah terbiasa dengan transmisi manual. Cukup tekan tuas gas dan kendaraan pun langsung berjalan dengan lancar. Ketiadaan tuas kopling. sama halnya dengan game-game driving AT. transmisi otomatis sangat mudah untuk digunakan. yang terus terang aku kurang mengerti apa makna dari kode itu. Reflex untuk menginjak tuas kopling saat kendaraan melambat. mode R ini digunakan untuk mundur. Transmisi Otomatis Posted on July 15. membuat tuas rem menjadi terinjak di saat yang belum tepat. Selain empat mode yang sudah di sebutkan tadi. kita cukup menekan tombol gas. atau Automatic Transmission merupakan istilah yang umum digunakan di dunia otomotif. mode transmasi ini cocok karena perputaran mesin dapat diset dengan perputaran yang tinggi dan kendaraan tidak melaju terlalu kencang. Mode Drive (D). atau pada saat mobil akan dinyalakan. Mode ini dapat dinamai dengan berbagai macam kode. yaitu gas dan rem. Istilah Automatic Transmission dan Manual Transmission ini pertama kali kudengar dari game-game driving. mungkin solusi Automatic Transmission. Jika pada bidang telekomunikasi istilah transmisi dapat diartikan ‘menyalurkan informasi’.yang diperolehnya. Pada kendaraan sebenarnya. mode ini digunakan jika kendaraan berhenti sejenak seperti saat menunggu lampu merah di persimpangan jalan. Sedang pada mode AT. Tulisan ini dibuat dalam rangka terkaget-kaget dalam menggunakan KIA Carnival matic Gambar diambil dari: . Penyebutannya pun disingkat menjadi AT dan MT. seperti umumnya mode transmisi. Kendaraan pun jadi tersendat-sendat tidak nyaman. mode Neutral sama halnya dengan transmisi manual. mobil akan susah didorong karena roda akan terkunci untuk berputar. Mode Reverse (R). Transmisi disinipun beda halnya dengan transmisi dalam bidang telekomunikasi. Mode Parking (P) digunakan jika kendaraan berhenti lama. Pada mode MT. Balapan yang menggunakan mode MT. Walaupun pada hakikatnya memiliki pemahaman yang sama. seringkali cukup mengganggu dalam proses mengendara. terutama saat kendaraan berjalan dari satu lampu merah ke lampu merah yang lain. yang jelas. bisa menjadi solusi terbaik. Pada mode Neutral ini tidak perlu khawatir kendaraan akan melompat jika tuas throttle terinjak. Dalam mode ini kendaraan cukup ditekan tuas throttle. yaitu “menyalurkan”. misalkan mode S dan L1. maka kendaraan pun akan meluncur hingga kecepatan maximum yang kita inginkan. merupakan mode yang paling sering digunakan di kendaraan automatic transmission.

Kestabilan yang sangat tinggi selama pengemudian 3. Keduanya sama – sama bertujuan untuk membangkitkan tekanan hidraulis yang dipakai untuk menggerakkan torak pada power cylinder dan memberikkan tambahan tenaga pada pinion dan rack. dan yang lainnya menggunakan motor listrik atau biasa di sebut Electric Power Steering (EPS). beberapa sistem memasukan pertimbangan khusus untuk mengurangi steering effort selama pengoperasian kecepatan rendah dan meningkatkan steering effort selama pengoperasian kecepatan tinggi. Penggunaan power steering memberikan beberapa keuntungan seperti : 1. Mengurangi guncangan dari ketidak rataan permukaan jalan yang di salurkan pada steering wheel. Pada power steering yang menggunakan tenaga mesin .jpg Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » Power Steering Posted on July 15.org/wikipedia/commons/e/e0/Torque-converter-cutbox-model. sedangkan pada jenis yang menggunakan motor listrik. Daya pengemudian (steering effort) umumnya 20 N sampai 39 N.wikimedia.http://upload. Syarat sebuah power steering harus sesuai dengan gaya pengemudian dimana pada saat kecepatan rendah usaha pengemudian harus lebih rendah (ringan) dan semakin tinggi . pompa digerakkan oleh motor listrik. tenaga mesin di pakai untuk menggerakkan pompa. Power steering mempunyai dua tipe peralatan yaitu tipe hidraulis yang menggunakan tenaga mesin. mengurangi steering effort 2. 2009 by alonberhia Power steering merupakan salah satu pengembangan dari sistem kemudi yang fungsinya untuk mengurangi daya pengemudian. sehingga dapat memperingan operasi steering wheel.

maka usaha yang diperlukan untuk pengemudian harus semakin kecil. Rotary valve type dan Spool valve type (untuk tipe rack n pinion). Untuk memperoleh gaya kemudi yang sesuai. Power steering yang menggunakan sensor yang terpasang pada gear housing merupakan tipe power steering dengan sensor kecepatan kendaraan. 2. control valve ini di atur oleh main shaft yang digerakkan oleh steering wheel. Power steering yang menggunakan sensor yang terpasang pada vane pump merupakan tipe pwer steering dengan sensor putaran mesin (RPM). Peralatan power steering hidraulis terdiri dari : 1. 3. di atas kecepatan tertentu volume aliran fluida diturunkan sehingga tekanan yang bekerja pada pompa akan berkurang. pump reservoir. Vane pump yang berfungsi untuk membangkitkan tekanan hidraulis dan di gerakkan oleh mesin atau motor listrik. Pada tipe pengindera rpm mesin. Jenis control valve ada tiga jenis yaitu Flapper valve type (untuk tipe recirculating ball). beberapa mobil memiliki power steering dengan peralatan khusus yang dipasang pada pompa (vane pump) atau gear housing. . Pada bagian vane pump terdiri dari pump body. Power cylinder berfungsi untuk mengubah tekanan hidraulis menjadi gerakan mekanis dengan cara meneruskan tekanan hidraulis dari control valve ke rack end (steering lingkage). dimana kecepatan kendaraan dideteksi dengan speed sensor dan tekanan fluida yang bekerja pada pompa akan berubah ubah berdasarkan sensor kecepatan. flow control valve dan Idle up mechanism. Control Valve yang ditempatkan pada gear housing dan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol tekanan hidraulis yang akan di salurkan ke power cylinder.kecepatan kendaraan.

Untuk mengurangi kecepatan sampai menghentikan kendaraan. Mengontrol kecepatan selama berkendara. tidak berfungsinya rem dapat menimbulkan bahaya.Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » Sistem Rem Posted on July 15. menyetel dan memperbaiki serta merakitnya dengan secermat mungkin. Untuk menahan kendaraan pada saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak. 2. 2009 by alonberhia Sistem rem pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting keamanan dalam berkendara. 3. Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara . memeriksa. Adapun fungsi dari sistem rem itu sendiri adalah : 1. dan ini penting sekali dalam pekerjaan membongkar.

brake pipe. Disk brakes Mekanisme : Mechanikal types. Komponen utama dari sistem rem hidraulis terdiri dari Brake pedal. Hydraulic types. Sistem rem mobil diklasifikasikan berdasar : • • • • Lokasi pemasangan : pada roda (wheel brake) dan Propeller shaft (center brake) prosedur operasi : Manual type (parking brakes) dan foot pressure brakes (servis brakes) Kontruksi : Internal expansion (drum brakes). master cylinder. Oleh sebab itu komponen rem yang bergesekan ini harus tahan terhadap gesekan (tidak mudah aus). external expansion. Pneumatic Types. . wheel cylinder (tipe drum brake). caliper(tipe disk brake).menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat. brake booster. Brake booster Pada mobil untuk melakukan pengereman pada keempat roda hanya dilakukan pada satu brake pedal. Sistem rem hidraulis Sistem rem hidraulis adalah sistem rem yang mekanisme pemindahan tenaga dari pengemudi menggunakan media fluida (cairan/minyak) untuk melakukan pengereman pada roda. Exhaust brakes. proportioning valve. sehingga dapat anda bayangkan betapa beratnya kerja brake pedal untuk memperbesar tekanan dari pengemudi. Oleh sebab itu dibutuhkan komponen tambahan yaitu brake booster yang berfungsi untuk memperingan kerja pedal dengan meningkatkan tenaga pengemudi empat sampai lima kali lipat memanfaatkan kevakuman intake manifold pada saat mesin hidup. Vacuum types. tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi.

to be continued dulu yah Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » Cara Robot Bekerja Posted on July 15. terdapat 2 chamber (vacuum chamber dan Variable pressure chamber) pada booster yang masingmasing dipisahkan oleh diaphragm. Seperti yang terdapat pada gambar diatas. Secara sederhana kerja brake booster yaitu…pada saat mesin hidup vacuum chamber akan terjadi kevakuman karena vacuum chamber dan variable pressure chamber tidak terbuka maka diapragm tidak akan mendorong fulcrum plate. 2009 by alonberhia . Kemudian Vacuum connection berhubungan dengan selang vacuum ke intake manifold.Prinsip kerja brake booster memanfaatkan tenaga kevakuman yang di hasilkan oleh intake manifold pada saat mesin hidup. Input shaft(operating rod) berhubungan dengan brake pedal dan mengatur buka tutupnya atmospheric vacuum port yang berhubungan dengan variable pressure chamber. Fulcrum plate menempel pada diaphragm ditahan oleh spring dan berhubungan dengan master cylinder push rod.

. Baterai untuk menggerakan motor. Untuk menggerakan komponen ini digunakan aktuator. Robot memiliki daya atau baterai Otak untuk mengontrol seluruh sistem tubuh. Robot memiliki sensor Energi atau maknan untuk metabolisme tubuh. hidrolik dan pneumatik. Aktuator di hubungkan ke sirkuit elektrik. Sirkuit dihubungkan ke motor atau selenoid. Robot memiliki aktuator untuk penggerak Panca indra untuk berkomonikasi dengan lingkungan. Robot memiliki komputer untuk mengontrol seluruh sistem. Motor dan selenoid akan mengatur gerakan dari sistem hidrolik atau pneumatik dengan jalan memanipulasi sistem katup. Robot terdiri dari berbagai komponen yang bisa digerakan mirip rangka pada tubuh kita. Aktuator dapat berupa motor. selenoid. Untuk menggerakan aktuator ini dibutuh daya.Pada dasarnya robot dibuat meniru dari system tubuh kita seperti: Rangka pada manusia merupkan struktur pada robot Otot untuk menggerakkan rangka. pompa untuk mengerkan hidrolik dan angin untuk menggerakan pneumatik.

Semua perintah diatas di kontrol oleh komputer yang berfungsi sebagai otak dari robot. sehingga pengguna dapat mengatur berbagai pergerakan yang baru untuk robot dengan cara memasukan program baru ke komputer.Contoh : Sebuah robot untuk menggerakan tangannya dipasang aktuator dengan sistem hidrolik. Katup terbuka maka fluida yang bertekanan akan mendorong piston dalam aktuator dan menggerakan lengan keatas. Pesawat ruang angkasa ini bertugas untuk membawa berbagai misi ke ruang angkasa seperti membuat stasiun ruang angkasa. sumber : gambar robot. 2009 by alonberhia Pesawat ruang angkasa atau lebih di kenal dengan pesawat ulang-alik di luncurkan ke ruang angkasa sejak tahun 1981. Untuk menggerakan tangan keatas maka sirkuit elektrik akan mengirim sinyal ke motor atau selenoid untuk membuka katup yang akan menggerakan lengan robot. lengan robot Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » Pesawat Ruang Angkasa Posted on July 15. . Biasanya setiap komputer ini dapat diprogram ulang.

Saat dua roket padat (Solid Rocket Boosters) di pisahkan dari pesawat pada ketinggian 45 km.650. bandingkan dengan roket yang hanya bisa sekali pakai. Tangki luar yang berisi 526. didalamnya terdapat dek tempat astronot tinggal dan peralatan navigasi. sistem pendorong. tempat tidur. Roket ini kemudian di lepaskan dari pesawat ruang angkasa dan jatuh kelaut.000 pons berfungsi sebagai pendorong pesawat ulang-alik saat di luncurkan sampai ketinggian 45 km dari permukaan bumi.istem pengendali lingkungan di tempatkan pada dek yang ketiga.300. dan sebagainya.Pesawat ruang angkasa memiliki kelebihan dari wahana lainnya karena mampu melakukan misi berulangkali dengan pesawat sejenis. Di bagian bawah merupakan area tempat tinggal astronot yang berisi dapur. Roket padat seberat 1. sistem kemudi. tangki luar untuk menyuplai mesin utama. dan badan pesawat tempat astronot bekerja. Mesin utama pun di tempatkan dibelakang orbiter. Orbiter merupakan bagian inti dari pesawat ulang-alik. Bedanya pesawat ulang-alik ini lebih komplit baik badan maupun mesin yang menggerakannya. Bagian-bagian pesawat ruang angkasa Mirip dengan pesawat terbang. Orbiter inilah yang kembali ke Bumi jika misi telah selesai. Tangki luar ini pun akan di lepas dari pesawat ulang alik pada ketinggian 113 km dan jatuh kelautan. Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » cara kincir angin bekerja . Orbiter mirip pesawat terbang. mesin utama di hidupkan dengan bahan bakar dari tangki luar (external tank). Secara garis besarnya pesawat ruang angkasa terdiri dari tiga sistem dasar yaitu dua buah roket padat sebagai tenaga pendorong awal dari pusat peluncuran. pesawat ulang alik ini dilengkapi dengan sayap. dan orbiter dimana tiga macam dek ditempatkan sebagai tempat astronot tinggal dan bekerja selama dalam perjalanan.126 gallons bahan bakar berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke mesin utama.000 pons inisanggup menghasilkan daya dorong sebesar 2. Pesawat ulang alik di kendalikan dari dek penerbangan di bagian atas.

diperkirakan ada sekitar 600. generator merubah energi mekanik menjadi energi listrik dari generator energi listrik menuju transformer untuk menaikan tegangannya kemudian baru didistribusikan ke konsumen Lihat animasi disini Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » Meningkatkan Daya Mesin Posted on July 15. Saat ini kapasitas daya yang dihasilkan kincir angin skala industri antara 1 – 4 mw.000 buah kincir angin untuk berbagai keperluan. Awal mulanya kincir angin digunakan pada zaman babilonia untuk penggilingan padi. 2009 by alonberhia Kincir angin merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.Posted on July 15. di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox gearbox dihubungkan ke generator. Penggunaan teknologi modern dimulai sekitar tahun 1930. Cara kincir angin bekerja sangat sederhana yaitu: • • • • • Angin akan meniup bilah kincir angin sehingga bilah bergerak bilah kincir angin akan memutar poros didalam nacelle Poros dihubungkan ke gearbox. 2009 by alonberhia .

Banyak nya energi yang terbuang percuma pada mesin – mesin mobil dalam bentuk energi panas. Pemasok energi utama adalah sirkuti temperatur tinggi yang menggunakan panas dari gas buang (exhaust) dari mesin pembakaran dalam( internal combustion engine) melaui alat penukar kalor(heat exchanger). 2009 by alonberhia . Tambahan daya dan torsi ini semata-mata didapat dari pemanfaatan panas exhaust gas dan water cooling yang selama ini terbuang percuma. Uap yang dihasilkan kemudian diarahkan langsung ke expansion unit yang di dihubungkan ke crankshaft mesin. Fluida dipanaskan hingga berbentuk uap dalam dua sirkuit dan ini digunakan untuk menggerakkan mesin. lebih dari 80% energi panas yang dibuang pada knalpot di daur ulang sehingga polusi pun berkurang. 20Nm torsi lagi berhasil digali. yang bertindak sebagai pemasok energi kedua untuk Turbosteamer Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » Cara kerja mesin 4 tak Posted on July 15. BMW Group Research and Engineering berhasil memanfaatkan energi panas itu untuk meningkatkan daya mesin sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar. Dengan teknologi ini. terobosan itu bisa meningkatkan efisiensi 15% dan meningkatkan daya hingga 10kW. Disaat yang sama. Sebagian besar dari panas yang terbuang diserap sirkuit pendingin mesin.8 liter empat silinder. Proyek ini diberi nama Turbosteamer dan berdasarkan prinsip kerja mesin uap. Dengan menggunakan mesin 1.

langkah kompresi. Campuran udara dan bahan bakar dihisap masuk (melalui katup hisap) Langkah kompresi. Udara dan bahan bakar dimampatkan . katup hisap terbuka dan katup buang menutup. Piston bergerak keatas kedua katup menutup. Piston bergerak kebawah (gambar 1). langkah pembakaran dan langkah buang. Langkah hisap.Cara kerja mesin 4 langkah (4 tak) ada empat macam yaitu : langkah hisap.

Setelah piston mencapai akhir dari langkah. Sesaat sebelum piston mencapai puncak busi memercikan bunga api dan membaka campuran oksigen dan udara. Daya mekanik inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakan mesin. Komponen-komponen mesin 4 tak adalah: Busi berfungsi untuk memercikaan api. katup berfungsi untuk menutup menutup lubang silinder. katup buang membuka piston bergerak keatas mendorong sisa pembakaran keluar menuju knolpot. crankshaft merubah gerakan naik turun piston (vertikal) menjadi gerakan memutar Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » Alat-alat menggambar dengan pencil . Siklus ini terus berulang (piston bergerak keatas dan kebawah).Langkah pembakaran. batang penghubung berfungsi untuk menghubungkan piston dengan crankshaft. Gerakan piston keatas dan kebawah ini dimanfaatkan dengan cara merubahnya menjadi gerakan memutar dan dihubungkan ke gear box. Langkah buang. piston berfungsi untuk mengatur volume ruang pembakaran. Tekanan meningkat dan mendorong piston kebawah (kedua katup menutup).

saya banyak menggunakan masking tape saat menggambar. Memiliki berbagai ukuran untuk berbagai fungsi akan lebih sempurna. Saya sangat menganjurkan alat-alat ini kepada siapapun yang senang menggambar dengan pensil. Saya sendiri hanya menggunakan beberapa jenis pensil berbeda (3B. pisau adalah sesuatu yang setiap Penggambar butuhkan.dan membentuk ujung pencil. Penghapus liat. Pensil tersedia dalam berbagai nada mulai dari 9b ke 9H. 2009 by alonberhia Ini adalah daftar penting alat-alat menggambar. cotton buds bekerja dengan hasil yang sangat baik. tidak perlu untuk raut. 9. 1. efek yang di hasilkan sangat lembut. berguna sekali menggunakannya untuk memotong penghapus. 5. Sapu tangan atau kertas Tissue. Pencil mekanic. Pisau Menurut pendapat saya. 6. saya biasa menggunakan kertas tisu untuk tambahan efek. hanya jika Anda mengunakan teknik blend atau dusell ( meratakan dengan mengulas ). Penghapus karet ini adalah suatu alat yang harus anda miliki untuk Mencari tonal terang dan gelap juga untuk membentuk goresan rambut. Jika Anda perlu tekstur bintik-bintik kecil. sempurna untuk menyesuaikan nada dan untuk menonjolkan highlights. Ada berbagai merek yang dapat dipilih. saya sangat menyukainya karena dapat di bentuk dalam bentuk apapun yang Anda inginkan. Saya gunakan di sekitar sudut dari gambar untuk membuat garis tepi yang merata di ujung kertas gambar. 2. mereka dapat dengan mudah diasah lagi dengan mnggunakan amplas. 2009 by alonberhia untuk anda yang punya masalah dengan sistem kelistrikan mobil ada baiknya membaca artikel berikut ini.Cotton buds. 9b untuk yang sangat gelap dan 9H untuk yang sangat terang. Saya rasa anda tidak perlu punya semua cukup 5H. maka alat ini adalah sebuah keharusan untuk di punyai. Saya menyukai hasil goresan grafitnya yang sangat konsisten. Saya menggunakan 2 jenis berbeda pencil mekanik. 4. pastinya akan berpengaruh pada hasil ahir karya anda Pastikan Anda menggunakan tissue yang bebas aloe Filed under: Uncategorized | Leave a Comment » Cek Alternator sebelum Ganti Accu Posted on July 15. ini sangat bagus karena mereka selalu tajam.Posted on July 15. tips ini saya berikan agar mudah bagi para pemula untuk mengecek sendiri sistem kelistrikannya . 2H. Walupun harganya murah. Pensil. saya pribadi sangat suka menggunakan Pensil Derwent Grafis. B. Saya menggunakannya untuk rincian renyah seperti di sekitar mata. Satu telah 3B grafit di dalamnya (yang taped) dan yang lainnya telah 2H grafit. 5H). Masking Tape. 8. Saya menggunakan satu kecil untuk di dalam dan di sekitar mata dan satu yang lebih besar untuk latar. Bila menjadi kusam. Blu-Tak-Tak Blu adalah Perekat yang dirancang untuk melekatkan poster ke tembok tetapi bila di gunakan untuk sebuah alat menggambar sangat luar biasa. H. 10. blending stik. 3. 7.

saya akan mencoba menjelaskan kenapa mesin mobil kita bisa overheat. biarkan menyala beberapa saat agar idle 2. buka kap mesin mobil anda dan lihat letak accu anda 3. ring piston. yang wajib anda ketahui Pernah mogok dijalan karena mesin mobil anda kepanasan alias overheat? menyebalkan bukan? Nah. namun perlu dicatat juga bila indikator CHG anda masih menyala berarti alternator mengalami “overcharging” kelebihan arus listrik. ganti klo putus. klo udah begini coba anda periksa sekringnya biasanya ada rumah sekring yang bertuliskan CHG atau ALT. semakin efisien kerjanya. Akibat overheat Saat mesin mengalamai overheat. kemungkinan yang lain adalah kullbrush abis. dan mulai kehilangan tenaga hal ini disebabkan oleh kombinasi panas dan tekanan ruang mesin yang melebihi batas octane BBM kita. Kombinasi tadi dapat menyebabkan kerusakan parah pada piston. hidupkan mesin mobil anda. kondisi panas ideal yang akan menghasilkan performa maksimal dan konsumsi BBM yang ideal. kemungkinan kumparan rusak. Kebanyakan mesin-mesin saat ini di desain untuk bekerja maksimal pada temperature kerja normal sekitar 195-2200F. panas dan tekanan berlebih dapat membengkokan head. akan tetapi panas yang ada dibatasi dengan ketahanan panas dari piston dan head yang biasanya terbuat dai alumunium atau cast iron. . hal tersebut bisa dicegah hanya dengan pemeriksaan rutin. Selain itu.masalah alternator biasanya berhubungan dengan sistem pengisian accu. Semakin panas mesin. dan rod bearing. System pembakaran dalam mesin kendaraan bekerja dengan kondisi panas. atau regulator rusak selalu cek dari yang paling terdekat yaitu sekring !! demikian info ini semoga bermanfaat buat rekan-rekan sekalian Cara mencegah mesin mobil overheat. ditandai dengan lampu CHG menyala merah. segera periksakan alternator anda pada ahlinya bila mesin mobil anda mati berarti alternator anda tidak melakukan pengisian ke accu. lepas terminal negatif (-) kemudian lihat apa yang terjadi berikut catatannya bila mesin masih hidup berarti alternator anda melakukan pengisian ke accu. Hasil pembakaran bensin dalam ruang bakar menghasilkan panas yang akan menghasilkan enerji mekanis untuk menggerakan piston dan memutar cruck as (crank shaft) untuk kemudian disalurkan ke roda. bila sekring dalam keadaan baik. atau ada indikator di dashboard dengan gambar battery yang menyala “pada saat mesin hidup” nah untuk mengetahui apakah benar alternator anda bermasalah berikut caranya : 1. hal yang pertama terjadi adalah mesin terasa ngelitik atau batuk-batuk. Karena.

Jadi dia akan membuka dan mengalirkan air agar dapat bersirkulasi dari mesin menuju radiator pendingin sehingga suhu mesin terjaga optimal. atau tidak terbuka samasekali. * Kondisi thermostat yang tidak mebuka tutup maksimal. Yang harus di periksa Thermostat Prinsip kerja thermostat adalah mengalirkan air pada suhu ideal. dan akan menyalakan extra fan untuk mendinginkan radiator. Ukur tahanan nya dengan Multimeter angka yang dihasilkan harus 0 (nol) yang berarti bekerja dengan baik. apabila membuka. Thermoswitch Biasanya terpasang diradiator. apabila membuka sebagian. * Extra Fan Mati. berarti normal. Extra Fan Periksa apakah extra fan bekerja dengan baik. 80-90C. sensor ini akan bekerja pada suhu 80-900C. Cara chek : Rebus thermostat sampai mencapai suhu 80-90C. silakan ganti dengan yang baru. * Water pump tidak bekerja maksimal. jika perlu ganti extra fan dengan bilah yang lebih banyak utuk mendapatkan efek pendinginan yang lebih baik .terutama yang terbuat dari alumunium. Cara Check : Rebus dengan air mencapai suhu 80-900C. Penyebab Overheat * Isi radiator kurang * Kebocoran pada radiator dan selang radiator * Water jacket (saluran air pendingin dalam mesin) dipenuhi kotoran. * Tutup radiator yang sudah jelek.

biasanya bilah-bilah pada water pump lama kelamaan terkikis. Gunakan radiator flush untuk membersihkan kerak yang menumpuk dalam water jacket. * Perhatikan Lampu tanda overheat. bisa 50/50 atau 70/30 campuran maksimal. Water Pump Water pump bekerja untuk men sirkulasikan air dari mesin ke radiator. * Stop kendaraan.Tutup Radiator (Radiator Cap) Periksa apakah tutup radiator masih dalam kondisi yang baik. hingga kerjanya tidak maksimal. TIPS * Campurkan Air dengan radiator coolant. karena tekanan yang berkurang akibat dari radiator cap yang buruk akan menekan titik didih air pendingin. bisa dibawa ke servis radiator untuk dikorek/dibersihkan. parkir sampai kondisi normal kembali * Jangan paksakan menjalankan kendaraan jika lampu overheat menyala * Jangan pernah melepas thermostat. . pastikan bahwa radiator tidak mampet. Water Jacket Water Jacket adalah saluran air dalam mesin yang befungsi untuk mengalirkan air yang akan mendinginkan mesin. Radiator Kisi-kisi radiator yang terbuat dari alumunium berfungsi sebagai pendingin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->