Media Komunikasi Dan Media Penyimpana Dalam Ilmu Komputer A.

Media Penyimpanan

Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Contoh dari memori eksternal adalah Floppy Disk, Harddisk, CD-ROM, DVD, dan lain-lain Hampir semua memori eksternal yang banyak dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan tersebut. Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, waktu akses pun semakin cepat,namu makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan. Untuk media berkapasitas besar dikenal beberapa sitem yang ukuran RPM nya sebagai berikut : · · · · · 3600 RPM Pre-IDE 5200 RPM IDE 5400 RPM IDE/SCSI 7200 RPM IDE/SCSI 10000 RPM SCSI

Setiap memori eksternal memiliki alat baca dan tulis yang disebut head (pada harddisk) dan side (pada floppy). Tiap piringan memiliki dua sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Setiap head/side dibagi menjadi lingkaran lingkaran konsentris yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari seluruh head yang ada disebut cylinder. Suatu track dibagi lagi menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector.

1.

FLOOPY DISK

Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD) dan ntuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar.

Fungsi dan cara kerja floopy disk :

Untuk menggunakannya. Sistem operasi komputer mencatat sektor berdasarkan cluster-nya. Sistem operasi Windows memberi nomor unik pada setiap cluster dan mencatat alamat file di . Jika koneksi drive menggunakan port USB 1.47 inchi. dan cluster.Floppy Disk terbuat dari plastik yang fleksibel yang dilindungi oleh sampul luar yang terbuat dari plastik keras sebagai pelindungnya. proses lainnya tidak bisa dilakukan. pemindahan data 200MB dilakukan kurang dari 4 menit. 3. ia akan terletak di tempat yang dapat membolehkannya untuk berputar (di dalam Floppy Drive). Cara Kerja ZIP drive : Kemampuannya mampu melakukan proses 50X/50X/50X (baca/tulis/tulis ulang) dengan standarisasi kecepatan yang mirip dengan CD-ROM di mana 1 X = 150KB/detik. Ketika Floppy Disk betul-betul masuk. Pada Zip 100MB hanya proses pembacaan yang dapat dilakukan. Fungsi baca setiap Zip Drive mundur-kompatibel dengan teknologi yang lebih tua. 2. ZIP drive ZIP drive berasal dari lomega. yang mapu menampung sampai 100MB data. ZIP drive berukuran kecil 1. hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track. kecepatan transfer datanya hanya mencapai 1MB/detik. Hardisk Sebagaimana disket. Pada pengujian yang dilakukan dengan disk 250Mb. Fungsi ZIP drive : Fungsi ZIP Drive yaitu membaca dari atau menulis ke media penyimpanan lainnya. Untuk disk Zip ukuran 250MB dan 750MB proses baca. Ketika Floppy Disk berputar. kemudian “read/write head” yang ada di dalam Floppy Drive akan membaca data yang ada di dalam Floppy Disk tersebut. sektor. Kinerja optimal hanya cocok bila memakai disk 750MB. tetapi tidak untuk disk Zip ukuran 100MB. dan format berlangsung sangat baik. kamu sebelumnya harus memasukkanya kedalam Floppy Drive. ZIP drive ini memperbaiki keterbatasan kapasitas yang dimiliki oleh floopy disk. tulis. Perangkat ini terdiri dari floopy drive dan cartridge floopy khusus.1.

Ø Hard Drive Portabel (Hardisk Eksternal dan Removable) Terdapat dua jenis hardisk portabel.400 sampai 7. sedangkan file video dan suara biasanya berukuran 10 megabyte atau lebih. Seluruh komponen ini terlindung dalam pembungkus antiudara sehingga bisa terbebas dari kotoran-kotoran semacam debu. Kecepatan putaran disket hanya 360 rpm.000 halaman. meskipun pada saat itu cluster tersebut tidak berisi file apapun. Terkadang sistem operasi menganggap sebuah cluster sebagai cluster yang sedang dipakai. antara lain : . Hal ini dinamakan lost cluster. Head baca/tulis yang terletak di setiap sisi piringan.5 inci). sehingga data/program pada hardisk dapat diakses lebih cepat. Satu gigabyte kira-kira setara dengan tulisan sepanjang 20. Hardisk jenis ini terdiri dari beberapa piringan logam atau kaca (glass) berdiameter 1 sampai 5.200 rpm. Kecepatan hardisk dinyatakan dengan satuan revolusi per detik (rpm) yang berkisar antara 5.200 rpm (kira-kira setara dengan kecepatan 300 mil per jam). diatur oleh lengan penggerak yang bergerak maju mundur untuk mencari lokasi yang tepat pada piringan. Putaran piringan hardisk jauh lebih cepat dibandingkan disket. Virtual File Allocation Table). sedangkan hard drive sebesar 7. tersusun dalam bentuk kumparan dan berisi data pada kedua sisi piringannya. Bahkan ada pula hardisk yang sudah mencapai satuan terabyte yang setara dengan ribuan gigabyte. dan pengguna dapat membebaskan cluster tersebut (yang berarti dapat menambah ruang hardisk) dengan memakai utilitas ScanDisk di Windows. VFAT merupakan salah satu metode untuk menyimpan dan mengetahui alamat file sesuai cluster yang digunakan. VFAT berisi setiap nilai pada setiap cluster yang menjelaskan lokasi disk tempat cluster berada.25 inci (umumnya 3. Oleh sebab itu. Ø Hardisk Nonremovable (Hardisk Internal) Hardisk nonremovable internal adalah hardisk yang tetap berada di dalam unit sistem komputer dan digunakan untuk menyimpan hampir semua program dan sebagian besar file data.hardisk menggunakan tabel alokasi file virtual (VFAT. Kapasitas hardisk nonremovable bervariasi antara 40 sampai 300 gigabyte.

Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar.000RPM. Kapasitas minimalnya 250 gigabyte. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle. sehingga heads bisa membaca data/informasi yang tersimpan pada pelat dan merekam informasi ke dalam pelat tersebut. biasanya dipakai untuk mem-backup dan memindahkan file-file data berukuran besar. makin bagus kualitas harddisk tersebut. Perputaran ini diukur dalam satuan rotation per minute (RPM). terlindung dalam pembungkus kaku serta dapat dimasukkan ke drive catridge pada unit sistem mikrokomputer. Ukuran yang lazim kita dengar adalah 5400. Catridge. sedangkan bila berukuran 30GB. Sebuah peranti baca-tulis elektromagnetik yang disebut dengan heads ditempatkan pada kedua permukaan pelat.Hardisk Eksternal. Heads berukuran kecil ini ditempatkan pada sebuah slider. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. ia memiliki dua buah pelat berukuran 10 dan 20GB atau tiga buah pelat berukuran 10GB. atau 10. USB atau port lain. Hardisk eksternal adalah hardisk yang bisa ditempatkan di luar unit sistem dan tetap berpembungkus anti udara. dengan kapasitas 80 gigabyte atau lebih. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan. Prinsip Kerja Hardisk Spindle memiliki sebuah penggerak yang disebut spindle motor. . Sebuah harddisk yang berkapasitas total 40GB berarti memiliki 2 pelat. kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. 7200. Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Fungsi Hardisk : Fungsi harddisk adalah Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. CD-ROM. Hardisk Removable. setiap data dan informasi disimpan. 4. hardisk dihubungkan ke unit sistem komputer ke port FireWire. sehingga memungkinkan pengaksesan informasi yang lebih cepat dan mudah. Melalui kabel. Hardisk removable atau hard-drive catridge terdiri dari satu atau dua piringan dilengkapi head baca/tulisnya. Data-data ini dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok yang lebih besar. Sebuah pelat harddisk pada umumnya memiliki daya tampung antara 10 atau 20gigabyte (GB). misalnya file spreadsheet atau desktop-publishing yang berukuran besar. Masing-masing pelat harddisk mampu menangani/menampung puluhan juta bit data. yang berfungsi untuk memutar pelat harddisk dalam kecepatan tinggi. Makin cepat putaran tiap menitnya.

Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Pada disk terdapat daerah yang memantulkan sinar laser dengan intensitas yang cukup tinggi dan juga daerah yang memantulkan sinar laser dengan intensitas yang tidak begitu tinggi. Prinsip Kerja CD R : Pada CD data tersusun secara spiral yang ditulis/dibaca dengan mengombinasikan gerak linear dalam arah radial dari laser head dan gerakan rotasi dari disk. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar. Kemudian Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Fungsi CD-R : Fungsi CD – R adalah menyimpan data dari computer tetapi hanya bias ditulisi satu kali menggunakan sebuah perangkat drive khusus. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. hanya sekali penulisan DVD-R for Authoring. yaitu mencapai 9 Gbytes. 5. dan memiliki macam-macam versi. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Pada saat pembacaan data. dapat ditulis berulang kali DVD+R. sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. dapat ditulis berulang kali DVD-RW. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. sinar laser pembacaan diarahkan ke disk. Intensitas sinar laser yang tinggi atau rendah ini diterima oleh reseptor optik dan diinterpretasikan sebagai data biner 1 atau 0 yang kemudian diolah lebih lanjut. hanya sekali penulisan DVD-RAM. DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih. . yaitu : DVD-R for General. DVD (Digital Versatile Disc) DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. yang disebut dengan Recordable DVD. hanya sekali penulisan Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc.CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium.

6. Alat ini lebih cepat.74 mikrometer. sedangkan pada DVD 0. ringan. juga bisa dibaca dan ditulis. Ukuran pit pada DVD lebih sempit daripada pit pada CD sehingga DVD mampu menyimpan data lebih banyak dibandingkan CD. Prinsip Kerja DVD R : Prinsip kerja DVD relatif hampir sama dengan CD. jarak antar pit pada CD 1. Sementara. USB flash drive USB Flash Drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.4 mikrometer. dengan kapasitas lebih besar.834 – 0.7 Gb (giga byte) atau tujuh kali lebih banyak daripada sekeping CD-ROM. sedangkan pada DVD 0. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan. Panjang minimum pit pada CD ialah 0. serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Flash drive berukuran kecil. Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya.6 mikrometer. khususnya cakram flopi atau cakram padat.97 mikrometer. Prinsip Kerja Flashdisk : . Data diukir pada permukaan kepingan yang membentuk pit (alur) tertentu dan dapat dibaca dengan menggunakan tembakan sinar laser. serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.Fungsi DVD-R : Fungsi DVD R adalah sama halnya dengan CD R cumin DVD R mampu menampung data hingga 4. ringan. Per November2006. Fungsi flashdisk : Fungsi Flashdisk adalah sebagai piranti penyimpanan data memori flash dengan tipe NAND yang mempunyai alat penghubung antara USB yang terintegrasi. kecil. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil. kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512gigabita.

· . Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Modem mengubah sinyal menjadi bentuk yang bisa dikirimkan melalui saluran telepon. Sedangkan analog itu adalah sinyal yang nilainya kontinyu. atau dalam bahasa listriknya on atau off. yang merupakan jenis sinyal yang bisa dikirimkan melelui saluran telepon. dan merupakan salah satu perangkat penting dalam dunia Internet. Alat ini akan memodulasi (istilah modulasi ini bisa kamu bayangkan seperti membungkus atau mengubah) sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog. laptop.Demodulator”. Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Modem akan mengubah atau (melakukan demodulasi) sinyal tersebut kembali ke bentuk digital agar bisa dibaca oleh komputer.Tips buat anda penggunaan flashdisk pada system operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). ada tegangan dan tidak ada tegangan. Komputer yang terhubung dengan saluran telepon hampir bisa dipastikan memerlukan modem. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah B. Media Komunikasi Modem Modem merupakan perangkat yang umum digunakan saat ini. handphone atau gadget kamu lainnya untuk bisa terhubung ke Internet. Modem inilah sebenarnya yang menjadi jembatan dari komputer. misalnya sinyal suara yang melalui kabel ke speaker atau earphone mp3. Apaani tuh digital dan analog ??? Digital itu adalah sinyal yang hanya memiliki 2 nilai yaitu 1 atu 0 aja. 1. Nah berikut penjelasan tentang cara kerja modem secara sederhana. Nama “modem” sendiri merupakan kependekan dari “Modeluator .

pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet. secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular. Scientific dan Medical).000 di Amerika Serikat dan satu juta di negara-negara Asia. yang bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz. Konsekuensinya. dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.Wireless Dari arti dapat dikatakan bahwa wireless adalah tanpa kabel. atau meningkat sebesar 33 milyar dollar Amerika dari tahun 2002.4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial. 802.11b. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN. telah mendorong Internet service providers (ISP) membangun hotspot yang di kota-kota besar dunia. Tingginya animo masyarakat —khususnya di kalangan komunitas Internet— menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor. Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis teknologi Wi-Fi yang semakin menggejala di berbagai belahan dunia. Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut —yang dibangun oleh operator telekomunikasi. penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan— dipicu faktor kedua. para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel. tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN). cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot. Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLANs (wireless local area network). Dengan kata lain. 530.11a dan 802. Artinya. Pertama. .11a dan 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2.16.000 di negara-negara Eropa. akan terdapat hotspot sebanyak 800. yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 300 dollar Amerika Serikat.4 trilliun dollar Amerika. Wi-Fi adalah nama dagang (certification) yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (In ternet) yang bekerja di jaringan WLANs dan sudah memenuhi kualitas interoperability yang dipersyaratkan. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat. kemudahan akses. Sedang untuk perangkat yang berstandar teknis 802.16 diperuntukkan bagi perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max. Karena perangkat dengan standar teknis 802. Keseluruhan jumlah penghasilan yang diperoleh Amerika Serikat dan negara-negara Eropa dari bisnis Internet berbasis teknologi Wi-Fi hingga akhir tahun 2003 diperkirakan berjumlah 5. Teknologi Internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802. Beberapa pengamat bahkan telah memprediksi pada tahun 2006.

Wi-Fi sebenarnya merek dagang wireless LAN yang diperkenalkan dan distandarisasi oleh Wi-Fi Alliance. pabrikan akan diberikan hak untuk menempatan logo sertifikasi Wi-Fi . Wi-Fi Alliance juga memprakarsai standar keamanan pada 802. Sertifikasi ini juga digunakan untuk interoperabilitas beberapa produk Wi-Fi. Setifikasi Wi-Fi adalah proses untuk memastikan interoperabilitas antar peralatan wireless LAN 802. Setelah produk melalui tes standarisasi yang teruji. Perusahaanperusahaan tersebut memerlukan sertifikasi Wi-Fi untuk menjaga kualitas produk. termasuk access point dan kartu-kartu jaringan wireless yang biasanya mempunyai beberapa form factor yang sangat beragam.11.11. user akan mendapatkan beberapa kemudahan dalam hal standarisasi dan interoperabilitas.11i yang disebut Wi-Fi Protected Accses ( WPA). Wi-Fi Alliance pertama kali membentuk wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA). sebuah organisasi nonprofit yang mempunyai fokus pada pemasaran serta mengurusi interoperabilitas pada produk wireless LAN 802. Standar Wi-Fi didasarkan pada standar 802. .11. Perusahaan-perusahaan produsen peralatan wireless harus menjadi anggota Wi-Fi Alliance. Setelah produk tersebut telah melalui beberapa tes. sehingga user mudah untuk mengenalinya.