P. 1
MAKALAH GENETIKA

MAKALAH GENETIKA

|Views: 48|Likes:
Published by Manuet Wess

More info:

Published by: Manuet Wess on Jan 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

MAKALAH GENETIKA DASAR

PENDAHULUAN Genetika disebut juga ilmu keturunan, berasal dari kata genos (bahasa latin), artinya suku bangsa-bangsa atau asal-usul. Secara “Etimologi”kata genetika berasal dari kata genos dalam bahasa latin, yang berarti asal mula kejadian. Namun, genetika bukanlah ilmu tentang asal mula kejadian meskipun pada batas-batas tertentu memang ada kaitannya dengan hal itu juga. Genitika adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk alih informasi hayati dari generasi kegenerasi. Oleh karena cara berlangsungnya alih informasi hayati tersebut mendasari adanya perbedaan dan persamaan sifat diantara individu organisme, maka dengan singkat dapat pula dikatakan bahwa genetika adalah ilmu tentang pewarisan sifat .Dalam ilmu ini dipelajari bagaimana sifat keturunan (hereditas) itu diwariskan kepada anak cucu, serta variasi yang mungkin timbul didalamnya.

Kesehatan Salah satu contoh klasik kontrubusi genetika di bidang kesehatan adalah diagnosis dan perawatan penyakit fenilketonurani (PKU). Penyakit ini merupakan penyakit menurun yang disebabkan oleh mutasi gen pengatur katabolisme fenilalanin sehingga timbunan kelebihan fenilalanin akan dijumpai di dalam aliran darah sebagai derivat-derivat yang meracuni sistem syaraaf pusat. Dengan diet fenilalanin yang sangat ketat, bayai tersebut dapat terhindar dari penyakit PKU meskipun gen mutan penyebabnya sendiri sebenarnya tidak diperbaiki. Beberapa penyakit genetika lainnya telah dapat diatasi dampaknya dengan cara seperti itu. Meskipun demikia, hingga sekarang masih banyak penyakit yang menjadi tantangan para peneliti dari kalangan kedokteran dan genetika untuk menanganinya seperti perkembangannya resistensi bakteri patogen terhadap antibiotok, penyakit-penyakit kanker, dan sindrom hilangnya kekebalan bawaan atau acquired

immunodeficiency syndrome (AIDS).
Contoh lain dari perkembangan ilmu genetika dibidang kesehatan adalah proyek genom manusia yang dipelopori oleh amerika serikat dimana proyek ini akan menguraikan 100.000 gen manusia. Diperkirakan pada abad XXI mendatang akan muncul bidang kedokteran baru yang disebut ilmu kedokteran prediktif (predictive medicine). Munculnya ilmu kedokteran tersebut di mungkinkan karena pada abad XXI mendatang, diperkirakan seluruh informasi dari genom manusia yang mengandung 100.000 gen akan teridentifikasi. Dengan diketahuinya genom manusia dapat digunakan memprediksi berbagai penyakit, artinya dengan ilmu kedoktran prediktif dapat diketahui kemungkinan seseorang mengalami kanker payudara atau kanker calon rental dengan melakukan analisa terhadap kombinasi gen-gen yang dipunyai orang tersebut.

Sulitnya mendapatkan data statistik tentang sifat genetis yang sama dalam karakter yangdiselidiki.Pewarisan sifat tersebut dapat terjadi melalui proses seksual. Sulitnya mengumpulkan data karena jarang sekali orang yang mau diketahui memilikicacat atau kelainan suatu karakter pada tubuhnya atau keluarganya.3. MANFAAT MEMPELAJARI GENETIKA M a n f a a t d a r i me mp e l a ja r i g e n e t i k a a d a l a h a g a r k i t a d a p a t me n g e t a h u i s i f a t .4. Perkembangan Penerapan Bioteknologi dan Rekayasa Genetika Dalam Kesehatan. Lain halnya dengan tanaman atau hewan renik yangdapat memiliki keturunan yang banyak. sehingga lebih mudah mempelajari hukum-hukumnya lewat sifatmenurun yang terkandung dalam tubuh tumbuhan dan hewan sekitar. Erman. di akses pada 10 Maret 2009 ILMU GENETIKA PENGERTIAN GENETIKA G e n e t i k a d i s e b u t ju g a i l mu k e t u r u n a n .bioteknologi untuk indonesia abad 21.portalkable/files/cdk/html. kawin lagi dengan seseorang yangakan mengacaukan penyelidikan semula. Moeljopawiro. www.diakses pada tanggal 12 Maret 2009. dan bagaimana informasi terse but dipindahkan dari satuindividu ke individu yang lain (pewarisan genetik). Sulitnya menjajaki secara langsung sifat genetis yang dijumpai pada seseorang karenatidak dapat dipilih dan ditentukan dengan siapa orang (obyek penelitian) ter-sebut akankawin.Aminullah. 2001. diantaranya:1. Sulitnya mengamati pertumbuhan karakter yang sesuai dengan kemampuan atau harapan peneliti. hal ini dikarenakan data yang didapat dari perbandingan -perbandingankarakter tertentu sangat sedikit. Sugiono.Manusia jarang digunakan sebagai objek atau barang percobaan genetis karena sulitnyamempelajari gen manusia. I l mu i n i me mp e l a ja r i b e r b a g a i a s p e k ya n g menyangkut pewarisan sifat. .2. bagaimana informasi tersebutdiekspresikan (ekspresi genetik). www. 20009.s i f a t keturunan kita sendiri atau setiap makluk yang berada di sekitar lingkungan kita. serta variasi-variasi yang mungkin timbul di dalamnya atau yang menyertainya. bagaimana sifat keturunan (hereditas) itu diwariskan dari generasike generasi. Ada beberapa kesukarandalam mempelajari manusia sebagai obyek genetika. Paradigma Baru Pemanfaatkan Sumberdaya Genetika Untuk Pembangunan Genetika Pertaniaan. Hal ini disebabkan pindahnya sang objek.5. Genetika berusaha menjelaskanmaterial pembawa informasi untuk diwariskan (bahan genetik).

Kedokteran Dalam dunia kedokteran ilmu yang paling populer yaitu tantang genetika manusia.bangsa hubungan kerabatnya serta pengaruh sifat genetis seseorang dalam kehidupan sehari-haridi tengah masyarakat.seperti kimia.Seperti bioseluler. juga dapat untuk mendapat turunan atau strain unggul.6. KEDUDUKAN GENETIKA DALAM ILMU PENGETAHUAN Genetika bisa sebagai ilmu pengetahuan murni. . biokimia. juga ilmu pangetahuan dasar dalam bidang biologi sendiri. fisiologi.menelusuri sifat keturunan seseorang (seperti golong an darah) yang perlu untuk penelitianwarisan harta dan kriminalitas.Sebagai ilmu pengetahuan murni genetika harus ditunjang oleh ilmu pengetahuan dasar lain. Le wa t i l mu i n i d i p e l a j a r i bagaimana mncari bibbit unggul suatu tanaman produksi. Sulitnya mengatur dan mengontrol suasana lingkungan obyek yang diteliti sesuai denganharapan peneliti. anatomi.Sebagai ilmu terapan.Umur si peneliti lebih pendek dari pada umur obyek yang diteliti. histologi. taksonomi dan evolusi. ilmu ini dipakai untuk bidang-bidang sebagai berikut:1. Kedokteran hewan dan peternakanDa l a m b i d a n g i n i b e r t u ju a n u n t u k me n g e t a h u i k e l a i n a n k e t u r u n a n s e r t a p e n ja j a k a n s i f a t keturunan untuk mengetahui asalusul suatu hewan atau ternak.S e b a g a i i l mu t e r a p a n g e n e t i k a me n u n ja n g b a n ya k b i d a n g k e g i a t a n i l mi a h d a n p e l a ya n a n masyarakat. PertanianDa l a m b i d a n g i n i b a n ya k se k a l i d i t u n ja n g o l e h i l mu g e n i t i k a . bisa pula sebagai ilmu pengetahuan terapan.4. Psikologi dan AntropologiDalam bidang ini bertujuan tentang mempelajari masalah psikologi manusia asal-usul suku. embriologi.2. fisika dan matematika.3. Genetika perlu untuk mengetahui kelainan atau penyakit keturunan serta usaha untuk menanggulanginya. karena daur hidupobyek yang diteliti lebih panjang dari daur hidup si peneliti.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->