1

Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

2 Peta konsep Peta Konsep Koperasi dalam Perekonomian Indonesia Pengertian Koperasi Tujuan dan Manfaat Koperasi Macam-macam Koperasi Makna Lambang Koperasi Pentingnya Usaha Bersama dalam Koperasi Kelebihan dan Kelemahan Koperasi .

3 A. Menurut Undang-undang Koperasi No. Co berarti bersama-sama. Operation berarti bekerja.25 Tahun 1992. Kata cooperation itu kemudian diserap dalam bahasa Indonesia yaitu koperasi. Koperasi berasal dari kata cooperation (bahasa Inggris). koperasi . Untuk itu diperlukan rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam mencapai tujuan demi kesejahteraan bersama. Jadi cooperation berarti bekerja sama atau berusaha bersama. Tujuan koperasi di antaranya adalah kesejahteraan para anggota. Pengertian Dasar Koperasi Koperasi merupakan suatu bentuk kerja sama dari beberapa orang untuk satu tujuan yang sama.

Pada waktu itu beliau menjabat sebagai Wakil Presiden. Beliau memang ahli ekonomi. Moh. Drs. Atas jasanya di bidang koperasi. Moh. Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia. Koperasi Indonesia didirikan pada tanggal 12 Juli 1960 oleh Drs. . Menurut beliau ekonomi kerakyatanlah yang bisa mensejahterakan rakyat Indonesia. Tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi.4 adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan landasan kegiatan berdasar prinsip koperasi dan merupakan gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan. Hatta.

Sumatera Barat pada tanggal 12 Agustus 1902. Pernah menjadi Wakil Presiden pertama RI. Soekarno. Nama kesayangannya adalah Khatta. Waktu lahir beliau diberi nama Mohammad Chattar. Mohammad Hatta aktif di bidang politik dan berjuang keras bagi kemerdekaan Indonesia. yang pada waktu kepemimpinannya lahir Koperasi Indonesia B.5 ` Mohammad Hatta lahir di Bukit Tinggi. Lamalama dia dipanggil dengan nama Hatta. Orang tuanya adalah pedagang dan ulama terkenal di Bukit Tinggi. Makna Lambang Koperasi . Bersama Ir. beliau dikenal sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia.

melambangkan persahabatan dan persatuan yang kuat. Timbangan. melambangkan sifat nasional koperasi. Rantai. melambangkan kerja atau usaha yang terus-menerus.6 Simbol apa saja yang kamu temukan dalam gambar lambang koperasi di atas? Tahukah kamu makna simbol-simbol itu. melambangkan kemakmuran yang hendak dicapai. melambangkan Pancasila sebagai landasan idiil.  Gerigi roda. Padi dan kapas. Warna merah dan putih. melambangkan sifat kemasyarakatan dan persatuan yang kokoh. . Mari kita bahas simbol-simbol dalam lambang kopersi beserta maknanya!  Pohon beringin.  Bintang dan perisai. melambangkan sifat adil.

Badan usaha yang didirikan bersama ini disesuaikan dengan kebutuhan para anggotanya. 1. koperasi mempunyai tujuan dan manfaat sebagai berikut. Meningkatkan kesejahteraan anggota. rakyat secara bersama atau berkelompok membentuk suatu badan usaha. 2. Artinya. Menghindarkan anggota koperasi dari praktek rentenir atau lintah darat. Dengan demikian. Mempermudah anggota koperasi untuk memperoleh modal usaha 4. diharapkan koperasi akan lebih maju dibandingkan dengan badan usaha lainnya.7  Tulisan “Koperasi Indonesia. Koperasi dibangun dengan modal bersama.” melambangkan kepribadian koperasi rakyat Indonesia. dalam menjalankan perekonomian. Mengembangkan usaha para anggota koperasi. 3. Caranya dengan mengelola modal bersama. Usaha koperasi dilakukan atau dijalankan secara bersama. Dalam koperasi kebutuhan pokok para anggota koperasi dapat dengan mudah . Tujuan dan Manfaat Koperasi Apa tujuan koperasi? Sebagai lembaga ekonomi yang berazaskan kekeluargaan. Menyediakan kebutuhan anggota. yakni kekeluargaan dan gotong royong. 5. C. Koperasi dijalankan secara bersama sesuai dengan asas koperasi.

Anggota koperasi mengumpulkan modal bersama. Modal yang terkumpul dipinjamkan kepada anggota. dan koperasi produksi. b. gula. kopi. dan sebagainya. Caranya anggota mengajukan permohonan pinjaman ke koperasi. D. Contoh kebutuhan pokok yang disediakan adalah beras. . Koperasi konsumsi Koperasi konsumsi adalah koperasi yang menyediakan kebutuhan pokok para anggota. koperasi dapat dibedakan menjadi tiga. Bunga uang pinjaman sangat ringan. Barang-barang yang disediakan harganya lebih murah dibandingkan toko lainnya. tepung. koperasi kredit. Mereka dapat berbelanja di warung usaha milik koperasi.8 diperoleh. Anggota koperasi tidak lagi berbelanja ke tempat lain. yakni koperasi konsumsi. a. 2. Macam-macam Koperasi Macam-macam koperasi berdasarkan jenis usaha Dilihat dari jenis usahanya. 1. Pengembalian pinjaman dilakukan dengan mengangsur. Koperasi simpan pinjam membantu para anggota untuk memperoleh kredit atau pinjaman uang.Koperasi kredit Koperasi kredit disebut juga koperasi simpan pinjam. Apa keuntungan meminjam modal ke koperasi? Keuntungannya antara lain sebagai berikut.

anggota koperasi mencari jalan keluar dari permasalah secara bersama sama. dan sebagainya. Macam-macam koperasi berdasarkan keanggotaan Dilihat dari keanggotaannya dikenal beberapa bentuk koperasi. anggota tidak mengalami kesulitan menjual hasil usahanya. Misalnya koperasi membantu menyediakan bahan baku untuk kerajinan. Misalnya koperasi produksi para petani. Dengan demikian. Koperasi produksi membantu anggota menghadapi kesulitan kesulitan dalam berusaha. Demikian juga para peternak dan pengrajin. c. Bisa juga koperasilah yang melakukan suatu jenis usaha bersama-sama. jagung. Ada bermacam-macam koperasi produksi. Anggota koperasi produksi dalam bidang pertanian dapat menjual hasil bumi padi. Selain itu. dan lain-lain ke koperasi. kedelai. koperasi produksi pengrajin.9 3. dan lain-lain. kacang. Koperasi produksi Koperasi produksi membantu usaha anggota koperasi. menyediakan bibit dan pupuk untuk petani. koperasi produksi peternak sapi. Bunga pinjaman akan dinikmati bersama dalam bentuk pembagian hasil usaha. Koperasi produksi juga menampung hasil usaha anggotanya. antara lain koperasi .

Koperasi sekolah Koperasi ini beranggotakan para warga suatu sekolah. penyediaan pupuk. misalnya buku tulis. dan Koperasi Unit Desa. Koperasi pertanian melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pertanian. latihan bertanggung jawab. dan lain-lain. e.10 petani. Koperasi sekolah menyediakan kebutuhan warga sekolah. koperasi pegawai negeri. dan latihan mengenal lingkungan. Koperasi pegawai negeri Koperasi ini beranggotakan para pegawai negeri. pensil. b. Koperasi pensiunan Koperasi pensiunan beranggotakan para pensiunan pegawai negeri. pengadaan bibit unggul. koperasi sekolah. Koperasi unit desa . Koperasi pertanian Koperasi ini beranggotakan para petani. buruh tani. koperasi pensiunan. Koperasi ini didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan para pegawai negeri. pena. a. Di samping menyediakan kebutuhan sekolah. latihan bekerja sama. obat-obatan. d. dan orangorang yang terlibat dalam usaha pertanian. c. koperasi sekolah juga merupakan tempat untuk latihan berorganisasi. Koperasi sekolah diusahakan dan diurus oleh siswa. Koperasi ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pensiunan dan menyediakan kebutuhan para pensiunan. dan lainlain. penggaris. misalnya penyuluhan pertanian.

E. Beberapa usaha KUD. KUD melakukan kegiatan usaha di bidang ekonomi. misalnya: .Memberikan penyuluhan teknis bersama dengan petugas penyuluh lapangan kepada para petani. Persaingan dalam dunia usaha saat ini sangat kuat. terutama dari golongan yang tidak mempunyai modal yang kuat. obatobatan. .11 Koperasi unit desa beranggotakan masyarakat pedesaan. tidak akan dapat bertahan dalam persaingan dalam bidang usaha kalau kita tidak bersatu menggalang kekuatan dan bahumembahu menjalankan usaha. alat-alat pertanian. . Pentingnya Usaha Bersama dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mengembangkan usaha melalui koperasi sangat penting saat ini.Menyalurkan sarana produksi pertanian seperti pupuk. dan lain-lain. Kita.

12 Selain dari segi keuntungan secara ekonomis. Bila salah seorang anggota ingin membangun rumah. dia dapat meminta bantuan tenaga dari anggota lain untuk turut bergotong. usaha bersama juga penting dalam menggalang dan meningkatkan aspek sosial yang akan sangat membantu para anggota koperasi. Misalnya. .royong membangun rumahnya. adanya semangat gotongroyong di antara para anggota koperasi.

Setiap anggota memiliki hak suara yang sama. Koperasi sulit berkembang karena modal terbatas. 3. Kelebihan dan Kelemahan Koperasi Kita perlu mengetahui kelebihan dan kelemahan koperasi di Indonesia. Kurang cakapnya pengurus koperasi dalam mengelola usaha. Dengan mengetahui hal tersebut. bukan berdasar besarnya modal. 1. 4. Pengurus kadang-kadang tidak jujur. Bersifat terbuka dan sukarela. 4. Hal-hal yang menjadi kelebihan koperasi adalah sebagai berikut. Hal-hal yang menjadi kelemahan koperasi di Indonesia adalah sebagai berikut. pengawas. 3. kita dapat belajar bagaimana memanfaatkan kelebihannya. Besarnya simpanan pokok dan simpanan wajib tidak memberatkan anggota. Kurangnya kerja sama antara pengurus.13 F. Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan bukan semata-mata mencari keuntungan. . dan anggota. 2. Hal itu bertujuan agar koperasi benar-benar menjadi badan usaha yang melindungi dan mengayomi masyarakat. 1. 2. dan bagaimana mengatasi kelemahannya.

Melalui koperasi kita juga bisa mengembangkan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan. dan menghindari praktik renternir. menyediakan kebutuhan anggota. dan KUD. Sementara berdasarkan siapa yang menjadi anggotanya kita mengenal koperasi petani. Menurut para ahli ekonomi. koperasi kredit. timbangan. dan koperasi produksi. Dalam lambang koperasi terdapat simbol pohon beringin. Mohammad Hatta pada tanggal 12 Juli 1960. koperasi sekolah. bintang. Koperasi didirikan atas dasar kekeluargaan dan gotongroyong. serta warna merah dan putih. Tujuan dan manfaat koperasi antara lain meningkatkan kesejahteraan anggota. koperasi menjadi lembaga perekonomian yang paling cocok dengan maksud Pasal 33 ayat (1) UUD 1945.14 Koperasi adalah bentuk usaha bersama. Dengan sarana koperasi kita bisa memajukan usaha bersama. koperasi pegawai negeri. Berdasarkan jenis usahanya. mengembangkan usaha. koperasi dibedakan menjadi koperasi konsumsi. gerigi roda. mempermudah anggota mendapatkan modal. dapat kita lihat dalam lambang koperasi. koperasi pensiunan. rantai. . Semangat dasar koperasi Indonesia. pada dan kapas. perisai. Koperasi di Indonesia didirikan oleh Drs.

menjual barang kebutuhan 4. memperoleh keuntungan besar c. iuran anggota 5. Badan usaha yang paling sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia adalah …. a. . a. kekeluargaan d. pinjaman bank d. toko c. bagi hasil b. . simpanan sukarela b. keuntungan 3. pabrik b. penjualan saham . simpanan wajib d. kebersamaan c. meningkatkan kesejahteraan pengurus b. koperasi 2. a. Tujuan dibentuknya koperasi adalah …. simpanan permanen c. Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas . Iuran anggota koperasi yang dibayarkan pada saat awal menjadi anggota koperasi disebut …. Modal koperasi diperoleh dari ….15 Evaluasi 1. . meningkatkan kesejahteraan anggota d. simpanan pokok c. pasar d. a. a. bantuan pemerintah b.

. a. konsumsi b... serba usaha 7. Gambar timbangan pada lambang koperasi memiliki arti …. timbangan d. SHU d. gerigi roda c. a.16 6. keadilan sosial d.. koperasi simpan pinjam c. koperasi produksi d... pohon beringin b. usaha yang terus-menerus c. padi dan kapas 12. Keuntungan koperasi yang dibagikan kepada anggota pada akhir tahun disebut …. koperasi distribusi 8. produksi c. a. bintang dan perisai d. persahabatan yang kokoh b. 12 Juli 11. koperasi konsumsi b. pohon beringin b.. simpan pinjam d.. Pancasila sebagai landasan idiil koperasi pada gambar lambang koperasi dilambangkan oleh . Koperasi yang bergerak di bidang usaha pembuatan barang disebut …. saham c. laba . timbangan c. Kerja atau usaha terus-menerus adalah makna dari simbol gambar. padi dan kapas 9. a. a. Hari koperasi diperingati setiap tanggal . Koperasi yang menyediakan kebutuhan sehari-hari anggota disebut koperasi …. a. 1 Juni b.. deviden b. 13 Juli d. 14 Juni c. kemakmuran rakyat 10. a.

koperasi sekolah 17. a.. kejujuran dan kekeluargaan 19. a. jasanya b. pemerintah d.. Salah satu kelemahan koperasi adalah terbatasnya …. Koperasi yang anggotanya adalah para warga dalam suatu sekolah termasuk . modalnya d. karyawan d.. Modal . Kemajuan koperasi menjadi tanggung jawab . 12 tahun 1982 b. pengurus koperasi b.. koperasi lingkungan d. UU No. 25 tahun 1992 d. a. 20 tahun 1992 c.Anggota c. setia kawan dan kesadaran berpribadi d. koperasi pensiunan c. UU No. anggota dan pengurus 15. Keuntungan b. Landasan mental koperasi adalah …. kegotongroyongan c. Undang-undang yang mengatur perkoperasian di Indonesia adalah …. UU No. badan pengawas c. UU No. anggota b. a. a. kekeluargaan b. a. usia keanggotaannya 14. Pengurus koperasi dipilih oleh …. jabatannya c. Pembagian keuntungan koperasi berdasarkan …. koperasi unit desa b. 25 tahun 1990 18. Simpanan pokok d. badan pengawas c. pengurus lama 16.17 13. a...

18 20. Rendah b. Cukup d.Tinggi c. Koperasi memberikan pinjaman kepada anggotanya dengan bunga yang cukup … yang menyebabkan anggotanya terbebas dari lintah darat. Sedang Selamat Bekerja . a.

Sosiologi Kontemporer Bali. 2003. Mudzakir. Perjalanan dari Masa ke Masa. 2005. Tuk.19 Daftar Pustaka Anonim. Suku Bangsa dan Hubungan Antarsuku Bangsa. Mulyono. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara. Jakarta: Widyadara. Ensiklopedia Geografi. 2004. . Jakarta: Grasindo. 2005. Parsudi. dkk (Penj). Edlina. Setyohadi. (Penj). Slamet. Susiloningtyas. 2006. Ricklef. Sejarah Indonesia Modern 1200 2004.C. Oxford Ensiklopedi Pelajar. . Jakarta: Lentera Abadi. Bekasi: Delta Pamungkas. Margaret M. Bandung: Rajawali Corporation. Jakarta: Rajawali Press. Ensiklopedi Nasional Indonesia. Arief. Suparlan. Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Indonesia. 2007. 2005. Semarang: Aneka Ilmu. Ploma. 2003. Hafmini Eddin. M. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. Dewi dkk. 2003. RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful