MAKALAH SEJARAH PERADABAN ISLAM ‘’BIOGRAFI NABI MUHAMMAD SAW’’

Disusun Oleh : DEFI FINARTI

DOSEN PEMBIMBING
NYAYU SORAYA

TARBIYAH (PAI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU 2013

semoga makalah yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk kita semua.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberi kami kesempatan dan kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini Sholawat beriring salam tak lupa kita sampaikan kepada nabi muhammad SAW yang telah memberi kami motifasi agar bisa menyelesaikan makalah ini dengan judul BIOGRAFI NABI MUHAMMAD SAW Pada makalah ini akan kita bagaimana tentang kehidupan NABI MUHAMMAD SAW. i .

............ Prang perang yang dipimpin nabi Muhammad saw…………………................................... 1 B........................................................................................... Diangkat menjadi rasul .......... Hijrah ke madinah ...................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR ........................................................... 4 E.................. Wafatnya nabi Muhammad saw………………………………………. 3 D............... 2 C.......... Pernikahan nabi Muhammad saw ...................5 F................................................ ii BAB I PENDAHULUAN BAB II PEMBAHASAN A...................... Kelahiran nabi Muhammad saw ................... Kesimpulan ...............8 BAB III PENUTUP A........................................................ i DAFTAR ISI........................11 ii .............................................................. 10 DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………….....

tidak akan menguramgi kemuliaan beliau. Walupun sesungguhnya nabi Muhammad saw tidak butuh pada kecintan kita padanya.tidak akan menambah kedudukannya yang mulia dan tidak ada kecintaan ini pula .begitu lembut dan kasih saying kepada mereka.kepribadian .sifat dan zatnya. Degan adanya kecintaan ini . .BAB I PENDAHULUAN Latar belakang Makalah ini kami buat dan kami susun atas dasar penghormatan dan refleksi rasa cinta dan pengharapan atas baginda nabi Muhammad saw adalah manusia yang paling luar biasa dan sempurna dalam akhlak . Diantara sifat beliau adalah begitu perhatian pada umatnya. baramgsiapa yang menngikuti beliau maka allah akan mencintai dan mengampuni dosa dosanya. Karena beliau adalah orang yagng paling dicintai disisi allah . Kiranya dengan makalah ini kami yang meyusun dan siapapun yang membaca makalah ini mendapatkan faidah yang akan diperoleh.

meninggal dalam perjalanan dagang di Madinah. Di kalanganSyi'ah. Abdullah.Kelahiran nabi Muhammad SAW Para penulis sirah (biografi) Muhammad pada umumnya sepakat bahwa ia lahir pada Tahun Gajah. dan dikuburkan di sana.BAB II PEMBAHASAN A. Abu Thalib. maupun ilmu pengetahuan. ibunya Aminah binti Wahab mengajaknya ke Yatsrib (sekarang Madinah) untuk mengunjungi keluarganya serta mengunjungi makam ayahnya. 'Abd al-Muththalib. sedangkan kalangan Sunni percaya bahwa ia lahir pada hari Senin. sekawanan biri-biri dan seorang budak perempuan bernama Ummu Aiman yang kemudian mengasuh Nabi. di bagian Selatan Jazirah Arab. Ia meninggalkan harta lima ekor unta. ia dijaga oleh pamannya. Setelah ibunya meninggal. Ayahnya. seni. Muhammad lahir di kota Mekkah. jauh dari pusat perdagangan. 17 Rabiulawal. Aminah meninggal dunia di Abwa' yang terletak tidak jauh dari Yatsrib. Hampir semua ahli hadits dan sejarawan sepakat bahwa Muhammad lahir di bulan Rabiulawal. meyakini bahwa ia lahir pada hari Jumat. Pada saat Muhammad berusia enam tahun. Setelah kakeknya meninggal. ketika Muhammad masih dalam kandungan. Lebanon. 12 Rabiulawal (2 Agustus 570 M) 1 . Muhammad dijaga oleh kakeknya. ibunya jatuh sakit. kendati mereka berbeda pendapat tentang tanggalnya. Setelah beberapa hari. suatu tempat yang ketika itu merupakan daerah paling terbelakang di dunia. yang ketika itu bernama Yastrib. yang merupakan tahun gagalnya Abrahah menyerang Mekkah. sesuai dengan arahan para Imam yang merupakan keturunan langsung Muhammad. Ketika inilah ia diminta pamannya menggembala dalam kambing-kambingnya urusan dagangnya di ke sekitar Mekkah dan kerap menemani negeri Syam (Suriah. dan Palestina). yaitu tahun 570 M. Namun dalam perjalanan pulang.

walaupun pada saat itu suku Quraisy memiliki budaya yang lebih menekankan kepada perkawinan dengan seorang gadis ketimbang janda. Saat itu Khadijah telah berusia mendekati umur 40 tahun. Salah seseorang yang mendengar tentang kabar adanya anak muda yang bersifat jujur dan dapat dipercaya dalam berdagang dengan adalah seorang janda yang bernama Khadijah. sehingga saat meninggalnya Khadijah (yang bersamaan dengan tahun meninggalnya Abu Thalib pamannya) disebut sebagai tahun kesedihan. Perbedaan umur yang jauh dan status janda yang dimiliki oleh Khadijah tidak menjadi halangan bagi mereka. Reputasi Muhammad membuat Khadijah memercayakannya untuk mengatur barang dagangan Khadijah. ia juga sering mengirim barang dagangan ke berbagai pelosok daerah di tanah Arab. Pada umur 25 Tahun ia menikah dengan Khadijah. begitupula dengan ilmu untuk menambah keterampilannya dalam berdagang. Ia adalah seseorang yang memiliki status tinggi di kalangan suku Arab. Muhammad sering menemani pamannya berdagang ke arah Utara dan kabar tentang kejujuran dan sifatnya yang dapat dipercaya menyebar luas dengan cepat. namun ia masih memiliki kecantikan yang dapat menawan Muhammad. Pernikahan ini digambarkan sangat bahagia. 2 . mereka menikah pada saat Muhammad berusia 25 tahun. Seiring waktu akhirnya Muhammad pun jatuh cinta kepada Khadijah. ia lebih memilih untuk menggunakan hartanya untuk hal-hal yang lebih penting. Sebagai seorang pedagang.B Pernikahan Nabi Muhammad SAW Ketika Muhammad mencapai usia remaja dan berkembang menjadi seorang yang dewasa. Muhammad tetap hidup sebagai orang yang sederhana. Muhammad dijanjikan olehnya akan dibayar dua kali lipat dan Khadijah sangat terkesan ketika sekembalinya Muhammad membawakan hasil berdagang yang lebih dari biasanya. yang berlangsung selama 25 tahun hingga Khadijah wafat. ia mulai mempelajari ilmu bela diri dan memanah. Selama hidupnya Muhammad menikah dengan 11 atau 13 orang wanita (terdapat perbedaan pendapat mengenai hal ini). membuatnya banyak dipercaya sebagai agen penjual perantara barang dagangan penduduk Mekkah. Meskipun kekayaan mereka semakin bertambah. Perdagangan menjadi hal yang umum dilakukan dan dianggap sebagai salah satu pendapatan yang stabil.

ia ikut bersama kaum Quraisy dalam perbaikan Ka'bah. Diriwayatkan pula bahwa Muhammad adalah orang yang percaya sepenuhnya dengan keesaan Tuhan. janda-janda tak mampu dan anak-anak yatim serta berbagi penderitaan dengan berusaha menolong mereka. dimana sembilan di antaranya masih hidup sepeninggal Muhammad. Ia dikenal menyayangi orang-orang miskin. dimana Muhammad akhirnya menikahi keduanya. Pada saat pemimpin-pemimpin suku Quraisy berdebat tentang siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad. Khawla binti Hakim menyarankan kepadanyauntuk menikahi Sawda binti Zama (seorang janda) atau Aisyah (putri Abu Bakar. Kemudian setelah itu Muhammad tercatat menikahi beberapa orang wanita lagi hingga jumlah seluruhnya sekitar 11 orang. berkelakuan kasar dan lain-lain. 3 . Muhammad dapat menyelesaikan masalah tersebut dan memberikan penyelesaian adil. hingga akhirnya ia memperoleh gelar Al-Amin yang artinya "orang yang dapat dipercaya". Para ahli sejarah antara lain Watt dan Esposito berpendapat bahwa sebagian besar perkawinan itu dimaksudkan untuk memperkuat ikatan politik (sesuai dengan budaya Arab). Ia hidup dengan cara amat sederhana dan membenci sifat-sifat tamak.Sepeninggal Khadijah. sehingga ia dikenal sebagai As-Saadiq yang berarti "yang benar". Ia juga menghindari semua kejahatan yang sudah membudaya di kalangan bangsa Arab pada masa itu seperti berjudi. Kaumnya sangat mencintainya. angkuh dan sombong yang lazim di kalangan bangsa Arab saat itu. meminum minuman keras. atau memberikan penghidupan bagi para janda (saat itu janda lebih susah untuk menikah karena budaya yang menekankan perkawinan dengan perawan) C Diangkat Menjadi Rasul Ketika Muhammad berumur 35 tahun. Saat itu ia dikenal di kalangan suku-suku Arab karena sifat-sifatnya yang terpuji.

masyarakat jahiliyah Mekkah berusaha mengcegahnya. mereka menjalankan berbagai tradisi keagamaan dalam kunjungan tersebut. sekumpulan masyarakat Islam dari Yatsrib datang lagi ke Mekkah.D . mereka menemui Muhammad di tempat mereka bertemu sebelumnya. ancaman pembunuhan dan peperangan yang ia terima dari penguasa Mekkah. akhirnya masyarakat Muslim pindah dari Mekkah ke Yastrib. akan tetapi semuanya dapat teratasi lebih mudah dengan umat Islam yang saat itu telah bersatu di Madinah. Tahun berikutnya. mereka beranggapan bahwa bila dibiarkan berhijrah ke Yastrib. Muhammad akan mendapat peluang untuk mengembangkan agama Islam ke daerah-daerah yang jauh lebih luas. Mereka mengundang orangorang Islam Mekkah untuk berhijrah ke Yastrib dikarenakan situasi di Mekkah yang tidak kondusif bagi keamanan para pemeluk Islam. Umat Islam bebas beribadah (salat) dan bermasyarakat di Madinah. 4 . Mereka menemui Muhammad dan beberapa orang yang telah terlebih dahulu memeluk Islam dari Mekkah di suatu tempat bernama Aqabah secara sembunyisembunyi. Abbas bin Abdul Muthalib. Muhammad melihat ini sebagai peluang untuk menyebarluaskan ajaran Islam. mereka lalu bersumpah untuk melindungi para pemeluk Islam dan Muhammad dari kekejaman penduduk Mekkah. yang kemudian setelah kedatangan rombongan dari Makkah pada tahun 622 dikenal sebagai Madinah atau Madinatun Nabi (kota Nabi). Setelah selama kurang lebih dua bulan ia dan pemeluk Islam terlibat dalam peperangan dan serangkaian perjanjian.Hijrah Ke Madinah Masyarakat Arab dari berbagai suku setiap tahunnya datang ke Mekkah untuk beziarah ke Bait Allah atau Ka'bah. Di antara mereka yang tertarik dengan ajarannya ialah sekumpulan orang dari Yatsrib. Di Madinah. yaitu pamannya yang saat itu belum menganut Islam. Muhammad sering mendapat serangkaian serangan. Muhammad akhirnya menerima ajakan tersebut dan memutuskan berhijrah ke Yastrib pada tahun 622 M Mengetahui bahwa banyak pemeluk Islam berniat meninggalkan Mekkah. turut hadir dalam pertemuan tersebut. begitupun kaum minoritas Kristen dan Yahudi. Setelah menganut Islam. teror. pemerintahan (kekhalifahan) Islam diwujudkan di bawah pimpinan Muhammad. Dalam periode setelah hijrah ke Madinah.

Tentara Islam menjadi terjepit dan porak-poranda. Dalam peperangan ini kaum muslim memenangkan pertempuran dengan gemilang.Perang-perang yang Dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW 1 Perang Badar (17 Ramadan 2 H) Perang Badar terjadi di Lembah Badar. Ubaidah bin Haris dan Hamzah bin Abdul Muthalib. Perang Uhud dilatarbelakangi kekalahan kaum Quraisy pada Perang Badar sehingga timbul keinginan untuk membalas dendam kepada kaum muslim. Dalam perang ini. Tihamah. Pasukan Quraisy yang dipimpin Khalid bin Walid mendapat bantuan dari kabilah Saqib. Ketiganya tewas di tangan tokoh muslim seperti Ali bin Abi Thalib. Pasukan Quraisy kemudian mengakhiri pertempuran setelah mengira Nabi SAW terbunuh. Perang Badar merupakan puncak pertikaian antara kaum muslim Madinah dan musyrikin Quraisy Mekah. Abdullah bin Ubay membelot dan membawa 300 orang Yahudi kembali pulang. al-Walid dan Syaibah. Pasukan Khalid bin Walid memanfaatkan keadaan ini dan menyerang balik tentara Islam. Akan tetapi. Dengan membawa 700 orang yang tersisa. Peperangan ini disebabkan oleh tindakan pengusiran dan perampasan harta kaum muslim yang dilakukan oleh musyrikin Quraisy. adapun di pihak muslim Ubaidah bin Haris meninggal karena terluka. Nabi Muhammad SAW segera mengadakan musyawarah untuk mencari strategi perang yang tepat dalam menghadapi musuh. Nabi SAW melanjutkan perjalanan sampai ke Bukit Uhud. Selanjutnya kaum Quraisy terus menerus berupaya menghancurkan kaum muslim agar perniagaan dan sesembahan mereka terjamin. Hamzah bin Abdul Muthalib (paman Nabi SAW) meninggal terbunuh.E . 5 . dan Kinanah. yakni prajurit Islam sibut memungut harta rampasan. Tiga tokoh Quraisy yang terlibat dalam Perang Badar adalah Utbah bin Rabi'ah. Kaum Quraisy akan disongsong di luar Madinah. Perang Uhud dimulai dengan perang tanding yang dimenangkan tentara Islam tetapi kemenangan tersebut digagalkan oleh godaan harta. sedangkan Nabi SAW sendiri terkena serangan musuh. 125 km selatan Madinah. 2 Perang Uhud (Syakban 3 H) Perang Uhud terjadi di Bukit Uhud.

Perang ini juga dikenal sebagai Perang Ahzab (Perang Gabungan). Asyja'. Ia menyarankan agar menggali parit di perbatasan kota Madinah. Pihak pasukan muslim mendapat kesulitan menghadapi pasukan al-Ghassani yang dibantu pasukan Kekaisaran Romawi. Abs. mengusulkan untuk membangun sistem pertahanan parit (Khandaq). Berita penyerangan itu didengar oleh Nabi Muhammad SAW. Asyja'. Pasukannya berangkat ke Madinah untuk menyerang kaum muslim. Taktik itu ternyata berhasil dan akhirnya pasukan muslim memenangkan pertempuran serta menguasai daerah Khaibar. Akhirnya Khalid bin Walid mengambil alih komando dan menarik pasukan muslim kembali ke Madinah. Bani Sulaim. Perang Khaibar merupakan perang untuk menaklukkan Yahudi. 5 Perang Mu'tah (8 H) Perang ini terjadi karena Haris al-Ghassani raja Hirah. Banyak kabilah Nejd. Sulaim. Di samping itu. Bani Sa'ad dan Ka'ab bin Asad. Penolakan ini disampaikan dengan cara membunuh utusan Nabi SAW. Usaha pemimpin Yahudi. Huyay bin Akhtab. menolak penyampaian wahyu dan ajakan masuk Islam yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. mereka berjanji tidak lagi memusuhi Madinah dan menyerahkan hasil panen kepada kaum muslim. bagian utara Semenanjung Arabia. Masyarakat Yahudi Khaibar paling sering mengancam pihak Madinah melalui persekutuan Quraisy atau Gatafan. Pasukan muslimin yang dipimpin Nabi Muhammad SAW menyerang benteng pertahanan Yahudi di Khaibar. Gatafan. sahabat Nabi SAW yang mempunyai banyak pengalaman tentang seluk beluk perang. Bani Fazara. dengan demikian gerakan pasukman musuh akan terhambat oleh parit tersebut. Nabi SAW kemudian mengirimkan pasukan perang di bawah pimpinan Zaid bin Harisah. membuahkan hasil. Perang Khandaq melibatkan kabilah Arab dan Yahudi yang tidak senang kepada Nabi Muhammad SAW. Zubyan dan Fazara masuk Islam karena melihat keberhasilan dakwah Islam. 4 Perang Khaibar (7 H) Lokasi perang ini adalah di daerah Khaibar. Beberapa sahabat gugur dalam pertempuran tersebut. antara lain Zaid bin Harisah sendiri. Kaum muslim segera menyiapkan strategi perang yang tepat untuk menghasapo pasukan musuh. 6 . Kemampuan Khalin bin Walid menarik pasukan muslimin dari kepungan musuh membuat kagum masyarakat wilayah tersebut.3 Perang Khandaq (Syawal 5 H) Lokasi Perang Khandaq adalah di sekitar kota Madinah bagian utara. orang Yahudi juga mencari dukungan kabilah Gatafan yang terdiri dari Qais Ailan. Mereka bekerjasama melawan Nabi SAW. Salman al-Farisi. Usaha ini ternyata berhasil menghambat pasukan musuh. Pihak Yahudi meminta Nabi SAW untuk tidak mengusir mereka dari Khaibar. Perang ini dinamakan Perang Mu'tah karena terjadi di desa Mu'tah. Pasukan muslim mengepung dan memutuskan aliran air ke benteng Yahudi. Sebagai imbalannya.

Pada awalnya pasukan musuh berhasil mengacaubalaukan pasukan Islam sehingga banyak pasukan Islam yang gugur. Bani Saqif. 8 Perang Ta'if (8 H) Pasukan muslim mengejar sisa pasukan Quraisy. Kaum Quraisy beranggapan Perjanjian Hudaibiyah (6 H) tidak penting lagi. Pasukan muslimin kemudian membakar ladang anggur yang merupakan sumber daya alam utama penduduk Ta'if. Penduduk Ta'if pada akhirnya menyerah dan menyatakan bergabung dengan pasukan Islam. 9 Perang Tabuk (9 H) Lokasi perang ini adalah kota Tabuk. Perang Hunain merupakan balas dendam kaum Quraisy karena peristiwa Fath al-Makkah. kecuali dari kaum Quraisy yang dipimpin Ikrimah dan Safwan. sampai di kota Ta'if. maka mereka mengingkarinya dan menyerang Bani Khuza'ah yang berada dibawa perlindungan kaum muslim. Pasukan muslim akhirnya dapat memenangkan pertempuran tersebut. Nabi SAW kemudian menyemangati pasukannya dan memimpin langsung peperangan. penguasa Romawi Timur. Heraklius. Perang ini terjadi di Lembah Hunain. 7 Perang Hunain ( 8 Safar 8 H) Perang Hunain berlangsung antara kaum muslim melawan kaum Quraisy yang terdiri dari Bani Hawazin. Pasukan Quraisy bersembunyi dalam benteng kota yang kokoh sehingga pasukan muslimin tidak dapat menembus benteng. Nabi Muhammad SAW segera memerintahkan pasukan muslimin untuk menghukum kaum Quraisy. Pasukan muslimin kemudian menyiapkan diri dengan menghimpun kekuatan yang besar karena pada masa itu banyak pahlawan Islam yang menyediakan diri untuk berperang bersama Nabi SAW. Latar belakang peristiwa ini adalah adanya anggapan kaum Quraisy bahwa kekuatan kaum muslim telah hancur akibat kalah perang di Mu'tah. perbatasan antara Semenanjung Arabia dan Syam (Suriah). 7 . Berhala di kota Mekah dihancurkan dan akhirnya banyak kaum Quraisy masuk Islam. menyusun pasukan besar untuk menyerang kaum muslim. yang melarikan diri dari Hunain. Nabi Muhammad SAW mengubah taktik perangnya dengan memblokade seluruh wilayah Ta'if.6 Penaklukan Kota Mekah/Fath al-Makkah (8 H) Fath al-Makkah terjadi di sekitar kota Mekah. Bani Nasr dan Bani Jusyam. sekitar 70 km dari Mekah. Pasukan muslimin tidak mendapat perlawanan yang berarti. Melihat kenyataan itu. Adanya peristiwa penaklukan kota Mekah membuat seluruh Semenanjung Arabia berada di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

” Maka Nabi Shalallahu „Alaihi Wassalam bersabda:” Bahkan aku memilih Ar-Rafiqul A‟la (Teman yg tertinggi). ketika beliau bersandar pada dadanya. sebuah desa antara Mekah dan Madinah. beliau berdo‟a: “ 8 . Dan mereka itulah rafiq (teman) yg sebaik-baiknya. dan dia tidak pernah meminta izin kepada seorangpun sebelummu. orang-orang yg mati syahid dan orang-orang saleh. Pertempuran fisik tidak terjadi karena kafilah Quraisy lewat di daerah tersebut.” Maka beliau berkata kepadanya:” Izinkan untuknya wahai Jibril. bahkan aku memilih Ar-Rafiqul A‟la. Nabi SAW tidak melakukan pengejaran tetapi berkemah di Tabuk. meminta izin untuk menemuimu. Rasulullah SAW memimpin pasukan muslimin menghadang kafilah Quraisy. bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah yaitu = para nabi. Di sini Nabi SAW membuat perjanjian dengan penduduk setempat sehingga daerah perbatasan tersebut dapat dirangkul dalam barisan Islam. Rasulullah SAW selanjutnya mengadakan perjanjian kerjasama dengan Bani Damrah yang tinggal di rute perdagangan kafilah Quraisy di Widan. Allah telah mengutusku untuk memberikan pilihan kepadamu antara tetap tinggal di dunia atau bertemu dengan Allah di Akhirat. dan dia mendengarkan beliau secara seksama. para shiddiqiin.Pasukan Romawi mundur menarik diri setelah melihat besarnya jumlah pasukan Islam.” „Aisyah ra menuturkan bahwa sebelum Rasulullah Shalallahu „Alaihi Wassalam wafat. Kesepakatan tersebut berisi kesanggupan Bani Damrah untuk membantu kaum muslim apabila dibutuhkan. F.Wafatnya nabi Muhammad SAW Kemudian masuklah malaikat Jibril as menemui Nabi Shalallahu „Alaihi Wassalam seraya berkata:” Malaikat maut ada di pintu. 10 Perang Widan (12 Rabiulawal 2 H) Perang ini terjadi di Widan.” Masuklah malaikat Maut seraya berkata:” Assalamu‟alaika wahai Rasulullah.

Rasulullah telah wafat. Ya Allah (aku minta) ar-rafiq al-a‟la.dan berkata:” Wahai roh yg bagus. keluarlah menuju keridhaan Allah. Rasulullah telah wafat.” Maka mengalirlah tangisan di dalam masjid.” Sayyidah „Aisyah ra berkata:”Maka jatuhlah tangan Nabi Shalallahu „Alaihi Wassalam.” Dia ra berkata:”Aku tidak tahu apa yg harus aku lakukan. „Ustman bin Affan ra seperti anak kecil menggerakkan tangannya ke kanan dan kekiri. akan kupotong kepalanya dg pedangku. maka Muhammad sekarang telah wafat. dia masuk kpd Rasulullah Shalallahu „Alaihi Wassalam. dan menuju Rabb yg ridha dan tidak murka. dan kepala beliau menjadi berat di atas dadaku. Adapun Umar bin al-Khaththab ra berkata:” Jika ada seseorang yang mengatakan bahwa Rasulullah Shalallahu „Alaihi Wassalam telah meninggal. dan sungguh aku telah tahu bahwa beliau telah wafat.Ya Allah. memeluk beliau dan berkata:”Wahai sahabatku. aku mencari tempat untuk menyendiri dan aku menangis sendiri.sebagaimana dia berdiri di sisi kepala salah seorang diantara kita. wahai kekasihku. ampunilah aku. telah berpulang ke rahmat Allah orang yg paling mulia. beliau hanya pergi untuk menemui Rabb-Nya sebagaimana Musa as pergi untuk menemui Rabb-Nya. Ya Allah (aku minta) ar-rafiq al-a‟la. Ali bin Abi Thalib ra terduduk karena beratnya kabar tersebut.” Adapun orang yg paling tegar adalah Abu Bakar ra.” Keluarlah Abu Bakar ra menemui manusia dan berkata:” Barangsiapa menyembah Muhammad. dan tidak akan mati. dan barangsiapa yang menyembah Allah. hidup. dan kukatakan:” Rasulullah telah wafat.” Berdirilah malaikat Maut disisi kepala Nabi Shalallahu „Alaihi Wassalam.” Kemudian dia mencium Nabi Shalallahu „Alaihi Wassalam dan berkata : ”Anda mulia dalam hidup dan dalam keadaan mati. yg disana ada para sahabat.” Inna lillahi wainna ilaihi raji‟un. rahmatilah aku dan susulkan aku pada ar-rafiq al-a‟la. maka sesungguhnya Allah kekal. orang yg paling kita cintai pada waktu dhuha ketika memanas di hari Senin 12 Rabiul Awal 11 H tepat pada usia 63 tahun lebih 4 hari. tidak ada yg kuperbuat selain keluar dari kamarku menuju masjid. wahai bapakku.” Maka akupun keluar dan menangis. roh Muhammad ibn Abdillah. semoga shalawat dan salam selalu tercurah untuk Nabi kiat tercinta Muhammad S 9 .

10 .walaupun seorang yatim piatu.namun nabi tetap semangat menjalani kehidupan . buktinya ketika berusia 12 tahun dia sudah ikut pamanya abu thaliab berniga ke siam. Banyak perubahan yang dibawa nabi melalui ajaran islam dan hal ini terjadi di segi kehidupan.akhirnya kami dapat mengambil poin poin kesimpulannya. Diantaranya segi keagamaan. kemasyarakatan dan politik.BAB III PENUTUP Kesimpulan Dari makalah yang kami susun ini.yaitu:terjadi beberapa hal aneh sewaktu nabi akan dilahirkan salah satunya api sesembahan majusi yang tidak pernah padam selama 10 abad tiba tiba padam pada malam akan dilahirkanya nabi Muhammad.

bulan bintang .DAFTAR PUSTAKA AL-QURAN dan terjemahnya.a. prof. PT. Jakarta. dirasah islamiah II. 11 . jakarata. dr. sejarah peradaban islam . dr badri.sejarah umat islam. 1975(cetakan kelima jilid 1) Yatim. Rajawali grafindo persada.khadim al-kharamain asy-syalifain. m. Hamka.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful