SATUAN ACARA PENYULUHAN OBAT TRADISIONAL UNTUK HIPERTENSI

MATA AJAR POKOK BAHASAN WAKTU HARI/TANGGAL TEMPAT SASARAN TARGET PENYULUH

: Penyakit Hipertensi : Obat Tradisional untuk Hipertensi : 30 menit : Rabu, 24 Desember 2008 : Rumah Ny. H : Ny.H : Ny. H : Eri Yanuar, S.Kep

I. LATARBELAKANG Hipertensi merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi di masyarakat, oleh karena itu pengetahuan mengenai penyakit hipertensi dan perawatannya dirumah merupakan informasi yang sudah selayaknya diketahui oleh masyarakat. Insiden hipertensi tinggi dan terus meningkat di masyarakat, selain itu komplikasi akibat penyakit hipertensi dapat berakibat fatal bagi penderita jika tidak mendapatkan pengobatan dan perawatan yang adekuat. Dari hasil pendataan didapatkan Ny. H mempunyai riwayat menderita tekanan darah tinggi sudah sejak lama. Selama ini Ny. H belum mengetahui secara mendalam apa saja yang harus dilakukan untuk penderita hipertensi, dan selama menderitannya Ny.H tidak merasakan keluhan apa-apa. Untuk itulah perawat berusaha memberikan informasi tentang pengobatan tradisiomal untuk hipertensi. II TUJUAN PENYULUHAN UMUM Setelah selesai mengikuti penyuluhan tentang Hipertensi selama 1 x 30 menit Ny. H mampu melakukan perawatan dirinya yang menderita hipertensi

Ceramah b. Tanya jawab c. Ny. Efek samping IV MATERI terlampir V METODE a.H dapat menjelaskan: 1. Cara penggunaan 3. Dosis pemberian 4.III TUJUAN PENYULUHAN KHUSUS Setelah diberikan penyuluhan. Diskusi dengan klien VI MEDIA DAN ALAT Leaflet Alat peraga . Macam obat tradisional 2.

www. PESERTA - Menjawab salam Berpartisipasi aktif Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat penjelasan penyuluh dengan cermat Menanyakan hal-hal yang belum jelas. Pikiran rakyat minggu. Apa macam obat tradisional untuk hipertensi ? b. Co. KEGIATAN WAKTU 5 Menit PENYULUH Pembukaan a. Menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh penyuluh. memperhatikan jawaban dari penyuluh. minggu 13 april 2003 IX EVALUASI Pertanyaan: a. b. 20 Menit - 5 Menit - - - Memperhatikan keterangan kesimpulan dari materi penyuluhan yang telah disampaikan.Cara Penggunaan . c. Menjawab salam VIII SUMBER. Memberikan kesempatan kepada Klien untuk bertanya c. Penutup a. Salam pembukaan b.id. 2. Menyimpulkan materi yang telah disampaikan. Berapa dosis yang dianjurkan ? d. Menjelaskan dan menguraikan materi tentang: .Dosis Pemberian . Apersepsi c. Apa efek sampingnya ? Lampiran Materi . Mengakhiri kegiatan penyuluhan. Mengkomunikasikan tujuan Kegiatan inti penyuluhan a.Efek samping b. Bagaimana cara penggunaan obat tersebut ? c. Melakukan evaluasi penyuluhan dengan pertanyaan secara lisan. Menjawab pertanyaan klien yang berkaitan dengan materi yang belum jelas.VII KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR N O 1.Mavam obat tradisional .

Kini hipertensi telah melanda berbagai kalangan di hampir seluruh dunia dan penyeab kematian nomor empat.Kurangi konsumsi alkohol . Hipertensi merupakan penyakit yang bisa menjadi pemicu datangnya serangan jantung dan stroke. juga tidak ada efek lainnya yaitu boros.Hindari penggunan obat-obatan yang bisa menyebabkan tekanan darah naik.Diet sayuran berserat tinggi . mau mengerjakannya.Kendalikan diabetes . juga jantung bisa berdebaran. Beberapa hal lain yang dapat membantu mengurangi atau mengendalikan tekanan darah. Yang paling penting. wortel. adalah: . Selain itu disarankan agar lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti tomat. dan jeruk. sebenarnya ada beberapa cara tradisional yang bisa dilakukan dengan sangat mudah untuk mengontrol tekanan darah masingmasing. Di bawah ini ada beberapa ramuan atau buah-buahan yang merupakan resep tradisional ”karuhun” kita yang bisa Anda coba. tubuh terasa gemetar. Cara tradisional adalah cara terbaik karena di samping tidak ada efek negatifnya seperti obat-obatan kimiawi. . melon. meningkatnya insidensi penyakit ini karena adanya perubahan gaya hidup dan pola hidup dari pola-pola tradisional ke pola modern yang kurang mengindahkan kaidah-kaidah kesehatan.Kurangi berat badan . Dalam konsensus itu disebutkan seseorang haruslah mengurangi konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram per hari (sekira satu sendok teh). mata kunang-kunang. Memang sangat tersiksa bagi mereka yang terserang tekanan darah tinggi karena selain kepala pusing tujuh keliling. Third Brazilian Consensus on Arterial Hypertension yang diikrarkan tahun lalu oleh para pakar penyakit dalam.Berhenti merokok . bit. telah mencanangkan perubahanperubahan gaya hidup yang selama ini dituding sebagai penyebab tekanan darah itu. Untuk orang Indonesia. dan sulit tidur.Memerangi Hipertensi dengan Cara Tradisional Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu contoh penyakit yang sering menimpa golongan usia di atas 40 itu. Para pakar menduga. pisang.

Khasiat daun seledri ini sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti di Universitas Kentucky. Kelompok pertama terdiri dari 20 orang yang tidak diberi apa-apa dan kelompok kedua diberi minum air perasan seledri selama 1 bulan setiap pagi dan sore hari. sebaiknya menggunakan buah belmbing yang besar sehingga air perasannya lebih banyak. BAWANG PUTIH Bumbu dapur yang berbau khas ini. 2. Anda bisa menguranginya dua hari sekali saja meminumnya. BUAH BELIMBING Buah ini bisa mengontrol tekanan darah dalam keadaan normal dan juga bisa menurunkan tekanan darah bagi mereka yang sudah mengalaminya. sedangkan pada kelompok kedua fluktuasinya kecil. ternyata juga bisa menstabilkan tekanan darah seseorang. Disimpulkan. Caranya: Buah belimbing yang cukup besar dan sudah agak matang. kemudian diminum pagi dan sore dengan sedikit ampasnya yang ada di dasar gelas. James Elliot dan koleganya melakukan percobaan terhadap 45 orang yang berusia sekisar 45-50 tahun. Air saringan usahakan satu gelas. sebaiknya ditambah menjadi 8-9 siung sekali makan. Pada percobaan itu. air parutan diperas sebanyak satu gelas. namun karena banyak zatzat berkhasiatnya yang ikut larut dalam air rebusan. saring. Setelah diadakan evaluasi pada bulan berikutnya. tekanan darah mereka yang rajin mengonsumsi daun seledri. pengukuran tekanan darahnya dilakukan setiap saat pada setiap anggota kelompok tadi. Lakukan selama 3 minggu sampai satu bulan. Air perasan ini diminum setiap pagi. Jika tidak ”kuasa” untuk memakannya dalam keadan mentah. . setiap pagi dan sore hari. Prof. diparut halus. Kemudian. dan peras dengan memakai kain halus. ternyata pada kelompok pertama fluktuasi kenaikan tekanan darahnya sangat lebar. Amerika Serikat. Setelah satu bulan.1. Tidak perlu menambahkan gula pasir atau sirup pada air perasannya. bisa direbus atau dikukus dulu. DAUN SELEDRI Caranya : dengan menumbuk segenggam daun seledri sampai halus. lebih stabil. Diamkan selama lebih kurang 1 jam. 3. Bagi mereka yang sudah telanjur menderita hipertensi. Caranya : dengan memakan langsung tiga siung bawang putih mentah. Pilihlah bawang putih yang kulitnya berwarna coklat kehitaman karena mutunya lebih baik.

rata-rata penderita menurut para peneliti itu bisa merasakan khasiatnya setelah mengonsumsi selama 4-8 minggu terus-menerus. satu gelas Selamat mencoba. Jumlahnya dalam tubuh sangat sedikit sehingga dengan mengonsumsi proxeronine. Kini. Satu gelas diminum pagi hari. kemudian direbus dengan 4 gelas air putih. Union College of London di Inggris dan Universitas Meets di Prancis yang semuanya menyebutkan bahwa buah pace dapat menurunkan tekanan darah. Untuk menekan hipertensi pun ternyata buah ini sudah dibuktikan sebagai salah satu alternatifnya. di pasaran sudah ada mengkudu dalam bentuk sirup dan kapsul. Caranya : hampir sama dengan cara untuk buah belimbing. Sebagai alternatif pengobatan. diambil airnya.. kemudian diperas pakai kain kasa yang bersih.D. 5. Minum pagi/sore hari secara teratur. Selain itu. telah menemukan bahwa buah ini kaya akan proxeronine suatu bahan aktif pembuat xeronine yang berfungsi mengaktifkan enzim-enzim dalam tubuh agar bisa berfungsi lebih sempurna. saring. Tunggu air rebusan hingga menjaadi 2 gelas. jadi akan lebih mudah lagi untuk mengonsumsinya dengan teratur. mengatakan. mudah-mudahan tekanan darah Anda tidak fluktuatif lagi karena memang itu sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup kita. sangat bijak sekali untuk membantu pembentukan xeronine yang sangat diperlukan tubuh. M. yaitu dengan memarut halus.4. Ralph Heinecke yang melakukannya di Hawaii. ternyata berhasil baik sampai 87%. (Tonny Sumarsono/dari berbagai sumber)*** . Ph. pace juga mengandung scopoletin yang diduga bisa melebarkan pembuluh darah dan penemuan ini juga diperkuat oleh para peneliti dari Universitas Stanford di Amerika Serikat.D. AVOKAD Caranya : lima daun avokad dicuci bersih. Menurut penelitian Dr. BUAH MENGKUDU/PACE Buah ini sekarang sedang ngetren sebagai jenis buah yang sudah terbukti banyak sekali khasiatnya. dari 721 penderita tekanan darah tinggi. Sebuah riset lain yang ditulis oleh Nature’s Amazing Healer dari Neil Solomon.