P. 1
Analisa Bakteri Escherichia Coli Di Kolam Renang Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh

Analisa Bakteri Escherichia Coli Di Kolam Renang Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh

|Views: 619|Likes:
Published by Rafsan

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Rafsan on Jan 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $9.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

05/09/2015

$9.99

USD

www.laboratorium-analisys-rafsan.blogspot.

com

ANALISA BAKTERI Escherichia coli DI KOLAM RENANG WATERBOOM ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH

ABSTRAK

Air memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan jasad-jasad lain. Air yang kita perlukan adalah air yang memenuhi persyaratan kesehatan baik persyaratan fisik, kimia, bakteriologis dan radioaktif. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah bakteri pada air Kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Aceh dan secara khusus untuk mengetahui bakteri Escherichia coli dalam air kolam renang yang telah diberi Chlorin sebelum digunakan oleh pengunjung. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode Most Probable Number (MPN). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh air kolam renang yang berjumlah 3 kolam, yaitu : kolam anak-anak, kolam dewasa,dan kolam anak-anak diawasi dewasa. Sedangkan sampel berupa air kolam tersebut masing-masing 250 ml yang diambil pada pagi hari sebelum digunakan oleh pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa air yang ada di kolam tersebut sesuai dengan yang diperbolehkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 416/MENKES/PER/IX/1990 Tanggal : 3 September 1990, yaitu 200 / 100 ml air. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini jumlah bakteri Escherichia Coli dalam kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Aceh masih dalam nilai normal dan aman untuk digunakan. Kepustakaan : 11 buku dan 6 website Tahun : 1990 - 2011

Dibeberapa Negara yang sedang berkembang. danau. dan air permukaan. ataupun terjadi pada saat pengaliran air olahan dari pusat pengolahan ke konsumen. sungai. termasuk di Indonesia. dan lain sebagainya (Etnize. kolam dan kanal sering digunakan . tumbuhan dan jasad-jasad lain. dapat terjadi pada sumber air bakunya. diantaranya ialah. air hampir menutupi 71% permukaan bumi. rawa. 2001).jenis air di kategorikan menjadi dua bagian. Air tanah adalah air yang berada di bawah permukaan tanah. kali. Air yang kita perlukan adalah air yang memenuhi persyaratan kesehatan baik persyaratan fisik. Pencemaran air oleh virus. Air merupakan sumber utama bagi kelangsungan kehidupan di muka bumi ini. diharapkan dampak negatif penularan penyakit melalui air bisa diturunkan (Sunu. Pembagian jenis . sungai. Sedangkan Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. dan parasit lainnya ataupun oleh zat kimia. Air yang tidak tercemar didefinisikan sebagai air yang tidak mengandung bahanbahan asing tertentu dalam jumlah melebihi batas yang ditetapkan sehingga air tersebut dapat dipergunakan secara normal. danau. Air tanah.www. bakteri patogen.laboratorium-analisys-rafsan. kolam. Air yang memenuhi syarat. bakteriologis dan radioaktif. Contoh air permukaan seperti laut. Latar Belakang Air memegang peranan penting bagi kehidupan manusia.blogspot. 2009).com BAB I PENDAHULUAN A. hewan. kimia.

Berenang di kolam renang adalah kegiatan olah raga atau rekreasi yang banyak digemari oleh masyarakat termasuk anak-anak. sanitasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Escherichia coli merupakan bakteri yang berasal dari kotoran hewan atau manusia. dikenal juga dengan istilah koli tinja. maka air kolam renang khususnya harus memenuhi syarat kesehatan. Oleh karena itu.www.blogspot. olah raga atau kegiatan lainnya. . sehingga badan air menjadi tercemar berat oleh virus. Dalam mempertahankan jaminan dan mutu akan tempat-tempat yang menjadi objek wisata. 2008). 1990). Salah satu syarat tersebut adalah adanya kadar sisa khlor dalam air kolam renang serta terbebas dari bakteri indikator pencemar seperti Escherichia coli . Menurut WHO sanitasi adalah upaya pengawasan terhadap faktor-faktor lingkungan fisik yang dapat menimbulkan atau mungkin menimbulkan pengaruh yang merugikan perkembangan jasmani. bakteri patogen serta parasit lainnya (Dwidjoseputro. Kolam renang Waterboom Ulee Lheue sebagai salah satu tempat wisata adalah merupakan tempat umum dimana masyarakat dapat berkunjung di tempat tersebut baik untuk maksud rekreasi.laboratorium-analisys-rafsan. Bakteri Eschericia coli merupakan bakteri yang sangat identik dengan pencemaran tinja. Untuk mewujudkan kondisi tempattempat umum memenuhi syarat kesehatan agar pengunjung terhindar dari kemungkinan bahaya penularan penyakit sehingga tidak menimbulkan gangguan terhadap kesehatan masyarakat.com untuk berbagai kegunaan misalnya untuk mandi. untuk pembuangan limbah kotoran (tinja). mencuci pakaian. kesehatan dan ketahanan hidup (WHO.

baik sehat maupun sakit. maka ingin dilakukan penelitian terhadap kualitas air kolam renang Waterboom Ulee Lheue yang digunakan sebagai salah satu objek wisata umum di Kota Banda Aceh dari pencemaran air yang telah diberi desinfektan terhadap bakteri Escherichia coli sebelum dan sesudah penggunaan kolam renang. 2005). Tujuan Penelitian 1.blogspot.laboratorium-analisys-rafsan. dkk. hidupnya komensal dalam kolon manusia dan diduga berperan dalam pembentukan vitamin K yang berperan penting untuk pembekuan darah (Jawert. dari proses pengolahan sampai dengan penggunaannya telah melewati kondisi yang berpeluang terhadap pencemaran mikroorganisme. Bakteri Escherichia coli merupakan organisme penghuni utama di usus besar. maka dari itu ingin diketahui jumlah kuman Escherichia coli pada air kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Aceh sebelum digunakan oleh pengunjung. C. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas. Perumusan Masalah Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan pada kolam renang Waterboom Ulee Lheue yang menggunakan air laut sebagai sumber air pada kolam tersebut. Dalam satu gram kotoran manusia terdapat sekitar seratus juta bakteri Escherichia coli .com Bakteri Escherechia coli merupakan mikroorganisme normal yang terdapat dalam kotoran manusia. B.www. Tujuan Umum .

Tujuan Khusus Tujuan khusus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah bakteri Escherichia coli pada air kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Asceh yang telah diberi Chlorin sebelum digunakan oleh pengunjung.blogspot. Pertanyaan Penelitian Berapakah jumlah bakteri Escherichia coli pada air kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Aceh yang telah diberi Chlorin sebelum digunakan oleh pengunjung. 4. Memberikan masukan bagi pengguna air kolam renang Waterboom Ulee Lheue untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya dampak negatif dari penggunaan air kolam yang belum terjamin kualitasnya. D. . Memberikan masukan bagi Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh tentang pengaruh kualitas air kolam renang Waterboom Ulee Lheue sehingga dapat diambil kebijakan dan langkah strategis untuk penyehatan air di tempat-tempat umum 2. 3. Dapat dijadikan sebagai referensi bagi mahasiswa/i analis dan bahan bacaan pada pustaka Akademi Analis Kesehatan. E.www.laboratorium-analisys-rafsan. Menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya. 2.com Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah bakteri pada air kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Aceh. Manfaat Penelitian 1.

Supaya air yang masuk ketubuh manusia baik berupa makanan dan minuman tidak menyebabkan penyakit. 82 tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air bahwa yang dimaksud dengan air adalah semua air yang terdapat pada. Mikroorganisme itu dapat dibagi dalam empat group. Air 1. termasuk dalam pengertian ini air permukaan. air tanah.laboratorium-analisys-rafsan. diatas. ataupun di bawah permukaan tanah. bakteri. 2. yakni parasit. dan air laut yang berada di darat. Dari keempat jenis mikroorganisme tersebut umumnya yang menjadi parameter kualitas air adalah bakteri seperti Eschericia coli. Kualitas Air a) Kualitas Bakteriologis Persyaratan biologis berarti air bersih itu tidak mengandung mikroorganisme yang nantinya menjadi infiltran tubuh manusia. jaringan transmisi atau distribusi adalah mutlak diperlukan untuk mencegah terjadinya kontak antara kotoran sebagai sumber penyakit dengan air yang diperlukan (Sutrisno. Air tidak boleh mengandung . 2004).www.com BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN A. Pengertian Air Menurut Peraturan Pemerintah No. virus dan jamur. Air adalah salah satu diantara pembawa penyakit yang berasal dari tinja untuk sampai kepada manusia.blogspot. maka pengolahan air baik berasal dari sumber. air hujan.

Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum setelah dimasak. Tidak mengandung bahan kimia beracun. Air yang berkualitas baik tidak mengandung bahan kimia beracun seperti Sianida Sulfida. atau air tanah dalam (Kusnaedi. Cr. b) Kualitas Kimia Kualitas air tergolong baik bila memenuhi persyaratan kimia sebagai berikut : 1).www.laboratorium-analisys-rafsan. Tidak mengandung garam-garam atau ion-ion logam. 2004) 3). 4). Kesadahan rendah. 2). Air yang mengandung golongan Coli dianggap telah terkontaminasi dengan kotoran manusia (Sutrisno. . K. sumur. Mg.com bakteri Escherichia Coli. Zn. pH adalah merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan intensitas keadaan asam atau basa sesuatu larutan (Sutrisno. air tanah dangkal. 2004). dan lain-lain (Kusnaedi. Air yang berkualitas baik tidak mengandung garam atau ion-ion logam seperti Fe. pH netral. Fenolik (Kusnaedi. Skala pH diukur dengan pH meter atau lakmus. Cl. 2004). Hg.blogspot. 2004). Ca. Apabila pH di bawah 7 berarti air bersifat asam. 2004). Air murni mempunyai pH 7. 2004). Air bersih didapat dari sumber mata air yaitu air tanah. sedangkan bila di atas 7 bersifat basa atau rasanya pahit (Kusnaedi. Menurut Permenkes Republik Indonesia Nomor 907/Menkes/SK/VII/ 2002.

tenggorokan dan saluran pencernaan.ion (kation) logam valensi dua (Sutrisno. Juga harus senantiasa diadakan pengawasan terhadap proses desinfeksi agar kadar desinfektan chlor ada dalam batas persyaratan (Staf Pengajar FKUI. karena itu adalah keharusan untuk senantiasa menjaga kualitas kebersihan air tersebut. 2004). terutama di kolam-kolam umum dapat membahayakan kesehatan. 3. b) Kolam Renang Waterboom Ulee Lheue (Bappeda.com Kesadahan adalah merupakan sifat air yang disebabkan oleh adanya ion. Tingginya kesadahan berhubungan dengan garam-garam yang terlarut di dalam air terutama garam Ca dan Mg (Kusnaedi. Kolam Renang a) Air Kolam Renang Menurut Peraturan Menteri kesehatan Nomor : 416/Men. dimana sarana utamanya adalah air. 1993).Kes/Per/IX/1990 yang dimaksud dengan air kolam renang adalah air di dalam kolam renang yang digunakan untuk olah raga renang dan kualitasnya memenuhi syarat kesehatan. hidung. 2009) Definisi Objek Waterboom merupakan tempat bermain dan rekreasi outdor yang luas untuk anak dan juga orang dewasa. 2004). selain itu juga dapat menyebabkan penyakit impetigo. Air di tempattempat berenang. dan fasilitas rekreasi lainnya yang berkaitan dengan air. . sebuah taman hiburan dimana atraksi-atraksinya meliputi seluncuran/slides.blogspot.laboratorium-analisys-rafsan. Waterboom adalah sebuah taman hiburan yang menampilkan wilayah waterplay.www. serta penyakit kulit lainnya. air mancur. Kolam renang dan daerah sekitarnya dapat menularkan infeksi mata.

Pelabuhan Lama Ulee Lheue Gambar 1 : Peta Lokasi Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh Sumber : Bappeda Kota Banda Aceh Tahun 2009 .blogspot. Dengan batas-batas sebagai berikut : Letak lokasi Waterboom adalah di desa Ulee Lheue dengan luas tanah 2. 2008). splash (bantalan air). Lokasi Waterboom ini berada di Kecamatan Meuraxa. Batas Selatan : Perairan Ulee Lheue 4.laboratorium-analisys-rafsan.8 Ha dan batasbatas sebagai berikut : 1. Batas Timur : Perairan Ulee Lheue dan Permukiman Deah Glumpang 3.8 m dpl (di atas permukaan laut). spraygrounds (bermain air) atau mandi rekreasi lainnya. dan dilengkapi dengan beberapa jenis area selancar buatan atau Bodyboarding seperti kolam gelombang atau Flowrider (Wikipedia.www. Batas Utara : Selat Malaka 2.com seperti slide air (seluncuran air). kota Banda Aceh dengan luas wilayah 7. berenang.258 km2 dan berada dengan ketinggian 0. Batas Barat : Jl.

berolahraga. wisata air. suku bangsa dan tujuannya. menikmati panorama alam.blogspot. . menikmati makanan dan minuman di restoran dan kafe-kafe tepi air yang terdapat di dalam Waterboom Ulee Lheue. jenis pekerjaan.com Gambar 2 : Desain Lokasi Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh Sumber : Bappeda Kota Banda Aceh Tahun 2009 Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh ini dibuka untuk umum. baik dari tingkatan umur. Kegiatan pengunjung meliputi kegiatan rekreasi. Dari hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti tahun 2012 diketahui rata-rata pengunjung setiap harinya adalah 150-350 orang setiap harinya yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.www.laboratorium-analisys-rafsan. jadi pemakai/pengunjung bervariasi.

065 mm.blogspot. Proses mengolah air asin menjadi air tawar atau sering dikenal dengan istilah . Waterboom Ulee Lheue menggunakan air laut sebagai sumber air kolam renang setelah dilakukan penyulingan (destilasi) dengan penambahan zat chlorine dengan menggunakan alat chloronator.com Gambar 3 : Denah Lokasi Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh Sumber : Bappeda Kota Banda Aceh Tahun 2009 Lokasi beriklim tropis dengan curah hujan rata-rata per tahun 1. yaitu alat pembubuh khusus zat chlor dalam bentuk gas (C12).laboratorium-analisys-rafsan. Membran (selaput) semipermeabel adalah suatu selaput penyaring skala molekul yang dapat ditembus oleh molekul air dengan mudah. Dengan pola penataan baik secara arsitektural maupun teknologi pada situasi pantai.4 °C. Untuk memenuhi kebutuhan akan air kolam.www. Memiliki air tanah yang asin dan merupakan daerah pasang surut. suhu udara rata-rata 26. akan tetapi tidak dapat atau sulit sekali dilalui oleh molekul lain yang lebih besar dari molekul air. saat ini telah dikembangkan sistem pengolahan air asin dengan menggunakan teknologi membran semipermeabel.

Evapotrator untuk mengolah air laut dirancangan untuk mengumpulkan uap yang terjadi di dalam proses penguapan (Wahyudi. inti prokariot (primitif yang terbuka dan tidak terbungkus dalam suatu selaput atau membran dan terdiri dari DNA ).www. 2011).com desalinasi dilakukan dengan menggunakan proses destilasi (penyulingan). air bersih akan diproduksi. bacterion = tongkat atau batang) adalah mikroorganisme bersel satu. Bakteri 1) Pengertian Bakteri Bakteri (Yunani. dan dapat hidup sendiri atau berkoloni (Sutio. dengan menghilangkan garam dari air laut. dapat bergerak dengan menggunakan flagel. Pengelompokan bakteri didasarkan pada berbagai macam aspek. Uap air tersebut selanjutnya didinginkan menjadi titik-titik air dan hasil ditampung sebagai air bersih yang tawar. Mesin yang digunakan dalam pengolahan air asin menjadi air tawar adalah Evaporator. B. ada juga dengan serabut poros (spirochete). 2) Pengelompokan Bakteri Makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup. Evaporator adalah sistem utama untuk mengolah air laut menjadi air tawar melalui proses penguapan air laut. Sebaliknya. mempunyai dinding yang kuat dan bentuk yang tetap. 2008). misalnya bentuk tubuh atau fungsi alat tubuhnya.laboratorium-analisys-rafsan. berkembang biak dengan cara memperbanyak diri dengan pembelahan biner. yaitu : . Makhluk hidup yang memliliki ciri yang sama dikelompokkan dalam satu golongan. Proses destilasi memanfaatkan energi panas untuk menguapkan air asin.blogspot.

Spiroseta. Diplobasil. 4) Alat Gerak Bakteri Alat gerak pada bakteri berupa flagellum atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Vibrio. Bentuk Basil Bakteri berbentuk basil meliputi: Monobasil.com 3) Bentuk Bakteri Bentuk dasar bakteri terdiri atas bentuk bulat (kokus). dan spiral (spirilia) serta terdapat bentuk antara kokus dan basil yang disebut kokobasil. Lofotrik : bila banyak flagellum disatu sisi c. batang (basil). Streptococcus. Stapilococcus b. Sarkina.www. Tetracoccus. Bentuk Spirilia Bakteri berbentuk Spirilia meliputi: Spiral. Bentuk Coccus Bakteri berbentuk coccus meliputi : Monococcus. Peritrik : bila tersebar diseluruh permukaan sel bakteri . Monotrik : bila hanya berjumlah satu b. Amfitrik : bila banyak flagellum dikedua ujung d.laboratorium-analisys-rafsan. Streptobasil c. Diplococcus. Flagellum memungkinkan bakteri bergerak menuju kondisi lingkungan yang menguntungkan dan menghindar dari lingkungan yang merugikan bagi kehidupannya. Berbagai macam bentuk bakteri : a.blogspot. Flagellum memiliki berbeda-beda pada bakteri dan letak yang berbeda-beda pula yaitu: jumlah yang a.

Bakteri saprofit dan bakteri parasit tergolong bakteri heterotrof. . lingkungan lembab dan tingginya kadar air sangat menguntungkan untuk pertumbuhan bakteri c. 7) Pertumbuhan Bakteri Pertumbuhan bakteri dipengaruhi oleh beberapa faktor. b. antara lain adalah sebagai berikut : a. Bakteri anaerob : tidak memerlukan O2 bebas untuk kegiatan respirasinya. bakteri dapat dibedakan menjadi dua: a. umumnya bakteri tumbuh baik pada suhu antara 25 .www. Bakteri heterotrof : bakteri yang tidak dapat mensintesis makanannya sendiri. Sinar Matahari. Bakteri autotrof bakteri yagn dapat mensistesis makannya sendiri.laboratorium-analisys-rafsan. sinar ultraviolet yang terkandung dalam sinar matahari dapat mematikan bakteri. 6) Kebutuhan Akan Oksigen Bebas Dengan dasar kebutuhan akan oksigen bebas untuk kegiatan respirasi.35 oC. yaitu: a. Bakteri aerob: memerlukan O2 bebas untuk kegiatan respirasinya b. Kelembaban.blogspot.com 5) Nutrisi Bakteri Dengan dasar cara memperoleh makanan. Kebutuhan makanan tergantung dari mahluk lain. bakteri dibagi menjadi 2. b. Temperatur.

Klasifikasi Escherichia coli Berdasarkan taksonomi ilmiah.blogspot. Sejak 1940 di Amerika Serikat telah ditemukan strain-strain Escherichia coli yang tidak merupakan flora normal saluran pencernaan.com d. seperti juga kemampuannya menimbulkan infeksi pada jaringan tubuh lain diluar usus (Staf pengajar FKUI. Escherichia coli Escherichia coli umumnya merupakan flora normal saluran pencernaan manusia dan hewan.www. logam berat dan senyawa-senyawa kimia tertentu dapat menghambat bahkan mematikan bakteri (Hidayat. klasifikasi Escherichia coli adalah sebagai berikut: Ordo Famili : Eubacteriales : Enterobacteriaceae Tribe coli : Escherichiae Genus : Escherichia Spesies : Escherichia . o o Strain tersebut dapat 1. yang dapat meragikan laktosa dengan pembentukan asam dan gas pada suhu 37 C dan 44 C dalam waktu kurang dari 48 jam (Purnomo. 2005) C. Sifatnya unik karena dapat menyebabkan infeksi primer pada usus misalnya diare pada anak dan travelers diarrhea. 1999). Escherichia coli merupakan kuman oportunis yang banyak ditemukan didalam usus besar manusia sebagai flora normal. menyebabkan diare pada bayi (Sukamto. Escherichia coli tidak membentuk spora.laboratorium-analisys-rafsan. Zat kimia. 1997). antibiotik. 1993).

1999). Jenis-jenis Escherichia coli .0 dan maksimum adalah 9.0 – 7.www. Sifat-sifat Escherichia coli Escherichia coli dalam jumlah yang banyak bersama-sama tinja.5. pH optimum untuk pertumbuhannya adalah pada 7. sedang pH minimum adalah 4. Escherichia coli merupakan bakteri Gram negatif. Escherichia coli tumbuh pada suhu antara 10-40 o C.com (Staf pengajar FKUI. 1999). 2.Concey dan EMB membentuk koloni merah muda sampai tua dengan kilat logam yang spesifik. tidak berkapsul. Sel Escherichia coli mempunyai ukuran panjang 2. Kemampuan untuk melakukan adesi ini diduga disebabkan oleh adanya fibria atau pili yang dapat menyebabkan adesi dan kolonisasi strain ETEC pada hewan dan manusia terdiri dari beberapa tipe antigenik (Sukamto.1-1. Salah satu faktor yang mempengaruhi sifat patogenik Escherichia coli adalah kemampuan untuk melakukan adesi pada sel-sel hewan dan manusia.0-6.5 oC dan merupakan indikator pencemaran air dan makanan oleh tinja.0 mikron dan lebar 1. tersusun tunggal. Escherichia coli thermotoleran adalah strain Escherichia coli yang telah dapat hidup pada suhu biakan 44.0. umumnya mempunyai fibria dan bersifat motile.5 mikron.laboratorium-analisys-rafsan. akan mencemari lingkungan. dan permukaan halus (Sukamto. 3. Bakteri ini mampu meragi laktosa dengan cepat sehingga pada agar Mc.blogspot. berpasangan dengan flagella peritrik. 1999). dengan suhu optimum37 oC.

EPEC (Enteropatogenik Escherichia coli) dapat menyebabkan penyakit perut. Frekuensi penyakit diare yang disebabkan oleh strain kuman ini sudah jauh berkurang dalam 20 tahun terakhir (Staf pengajar FKUI.blogspot.com Adapun jenis-jenis Escherichia coli yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari yang dapat mengganggu kesehatan adalah sebagai berikut : a.laboratorium-analisys-rafsan. EHEC (Enterohemoragik Escherichia coli) kuman ini mengeluarkan toksin yang disebabkan edema dan pendarahan difus di kolon. EIEC (Enteroinvasif Escherichia coli) dapat menimbulkan demam.www. Patogenisitas Escherichia coli Escherichia coli dihubungkan dengan tipe penyakit usus (diare) pada manusia. terutama pada bayi dan anakanak di negara sedang berkembang dengan mekanisme yang belum jelas diketahui. dkk. radang empedu dan infeksi pada luka bakar. c. 2005). peritonitis. Gastroenterritis akut yang menyerang terutama anak-anak dibawah 2 tahun b. 4. Infeksi di luar saluran pencernaan yaitu: infeksi saluran kemih. d. ETEC (Enterotoksigenik Escherichia coli) dapat menimbulkan diare seperti yang disebabkan oleh Vibrio cholera. Enteropatogenic Escherichia coli menyebabkan diare. abses usus buntu. tinja berlendir dan berdarah seperti dysentri. . Dapat menimbulkan sindroma hemolitik yang ditandai dengan kejang yang akut dan diare cair yang cepat menjadi berdarah (Jawert. 1993) Escherichia coli patogen menimbulkan sindroma klinik yaitu : a. perut keram. b.

Beberapa ciri penting suatu mikroorganisme indikator ialah : 1. Terdapat dalam air tercemar dan tidak ada dalam air yang tidak tercemar. Bayi yang baru lahir rentan sekali terhadap sepsis Escherichia coli karena mereka kekurangan antibody IgM. Ketika host dalam keadaan normal. Sepsis dapat terjadi setelah infeksi saluran kencing (Jawert. Mikroorganisme Indikator Pencemaran Air Istilah mikroorganisme indikator sebagaimana digunakan dalam analisa air mengacu pada sejenis mikroorganisme yang kehadirannya di dalam air merupakan bukti bahwa air tersebut terpolusi oleh bahan tinja dari manusia atau hewan.blogspot.laboratorium-analisys-rafsan. D. . E. Kontaminasi non tertentu dalam setiap kategori ini dapat mempunyai pengaruh nyata terhadap kualitas air.www. 2005). 1993). dkk. Pencemaran Air Kontaminasi yang mencemari air digolongkan ke dalam tiga kategori yaitu. kimia. Artinya terdapat peluang bagi berbagai macam mikroorganisme patogenik yang secara berkala terdapat dalam saluran pencernaan untuk masuk ke air tersebut. Organisme penyebab penyakit-penyakit ini terdapat dalam tinja atau air seni pada orang yang menderita infeksi dan ketika dibuang dapat memasuki kumpulan air yang pada akhirnya berfungsi sebagai sumber air minum (Staf Pengajar FKUI. Kategori hayati karena mempunyai potensi untuk berlaku sebagai pembawa mikroorganisme patogenik. fisik dan biologis. Escherichia coli dapat mencapai aliran darah dan menyebabkan sepsis.com Kemudian patogenitas dari kuman Escherichia coli juga dapat menyebabkan sepsis.

6.blogspot. Populasi . 1997). BAB III METODELOGI PENELITIAN A. 4.com 2. Mempunyai kemampuan bertahan hidup yang lebih besar dan pada patogen. Jumlah mikroorganisme indikator berkorelasi dengan kadar polusi. 5. 1993). Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 7 s/d 11 Mei 2012. Terdapat dalam air bila ada patogen 3. C. Metode Penelitian Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu mendeskripsikan hasil yang diperoleh dari penelitian dengan menguraikan sejelas mungkin (Notoadmodjo. Tidak berbahaya bagi manusia dan hewan. Dalam hal ini berupa gambaran Esherichia coli dalam kolam renang Waterboom Ulee Lheue. B. Mudah dideteksi dengan teknik-teknik laboratorium yang sederhana (Staf Pengajar FKUI. Akademi Analis Kesehatan Banda Aceh.laboratorium-analisys-rafsan. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan di laboratorium Mikrobiologi. 7.www. Terdapat dalam jumlah yang lebih banyak dari pada patogen (hal ini membuatnya mudah dideteksi).

aquadest. 2. . bunsen. D. sendok/ tangkai pengaduk. Media Lactosa Broth (LB) dan Brilliant Green Lactosa Broth (BGLB). sebanyak lebih kurang 250 ml dari 3 kolam pemandian waterboom dan diambil pada pagi hari sebelum digunakan oleh pengunjung dengan nilai ambang batas maksimal jumlah bakteri Escherichia coli 200 bakteri / 100 ml air. pipet ukur 10 ml. Alat dan Bahan a.laboratorium-analisys-rafsan. kolam dewasa. Instrumen Penelitian 1. tabung durham. korek api. Bahan-bahan Bahan-bahan yang digunakan adalah alkohol 96%. oven. ose bulat. kertas pembungkus. E. erlenmeyer 250 ml. rak tabung. tali pengikat. dan kolam anak-anak diawasi dewasa. b.com Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kolam renang yang berjumlah 3 kolam.www. yaitu : kolam anak-anak. autoclave. Alat-alat Alat-alat yang digunakan dalam penelitian adalah: tabung reaksi steril. incubator.blogspot. Sampel Sampelnya adalah air kolam renang Waterboom Ulee Lheue. Media Adapun media yang digunakan pada saat penelitian yaitu . timbangan.

Ke dalam lima tabung pertama diisi media LB 5 ml (3x kuat). Persiapan Alat Alat-alat dari gelas yang akan dipakai pada saat penelitian harus terlebih dahulu disterilkan dalam oven pada suhu 180 oC selama 15 menit.laboratorium-analisys-rafsan. 2). Kemudian diamati terbentuknya gas yang dapat dilihat pada tabung durham.com F. . Terlebih dahulu disediakan tujuh tabung reaksi steril yang di dalamnya berisi tabung durham dan bertutup kapas. Prosedur Kerja 1). 3.blogspot. Perlakuan Sampel Sebelum diperiksa sampel diambil sebanyak 250 ml dengan menggunakan botol timba pada waktu pagi hari sebelum digunakan oleh pengunjung lalu segera diperiksa di laboratorium. 5. Ke dalam tabung ke enam berikutnya diisi media LB 10 ml (1x kuat) dan ditambahkan sampel kedalamnya sebanyak 1 ml. 6. Semua tabung tersebut diinkubasi pada suhu 37oC selama 2 x 24 jam. 2. bila hasilnya positif dan tidak terbentuknya gas bila hasilnya negatif. dan ke dalam masingmasing tabung dimasukkan sampel sebanyak 10 ml. Cara melakukan pemeriksaan a.www. Ke dalam tabung ke tujuh diisi media LB 10 ml (1x kuat) dan ditambahkan sampel kedalamnya sebanyak 0.1 ml. Tes Perkiraan (Presumtive Test) 1. 4.

416 tahun 1990). Disediakan tabung reaksi steril yang telah dimasukkan tabung durham ke dalamnya.blogspot. maka dilanjutkan tanam ke media BGLB sebanyak satu ose bulat dan diinkubasi pada suhu 44 oC selama 1 x 24 jam. Analisa dan Penyajian Data 1. Kemudian dimasukkan media BGLB sebanyak 5 ml untuk 2 jenis seri media yang akan dibuat 4. Dari hasil tes perkiraan yang hasilnya positif.laboratorium-analisys-rafsan. Tes Penegasan (confirmative Test) 1.com b. Adapun rumus yang digunakan adalah : Dengan menggunakan rumus formola Thomas. Setelah itu tabung ditutup dengan menggunakan kapas. Analisa Data Hasil yang dianalisa adalah rata-rata Escherichia coli pada air kolam renang . 3. Pengolahan data Data yang diperoleh dari hasil penelitian di laboratorium diolah secara manual. Teknik Pengumpulan Data dan Pengolahan Data 1.www. G. H. 2. Kadar maksimum jumlah bakteri Escherichia coli dalam air kolam renang adalah 200 bakteri / 100 ml air (permenkes no. Teknik Pengumpulan data Data diperoleh dari hasil pemeriksaan secara Most Probable Number (MPN) seri tujuh tabung di laboratorium terhadap bakteri Escherichia coli yang terdapat pada kolam renang Waterboom Ulee Lheue 2.

Tabel yang digunakan yaitu dalam bentuk tabel MPN 5:1:1.blogspot.laboratorium-analisys-rafsan.www. Penyajian Data Data yang telah diolah akan disajikan dalam bentuk tabel. MPN Escherichia Coli (seri 5 1 1) menurut Formula Thomas. 2.com Waterboom Ulee Lheue dengan menggunakan metode Most Probable Number (MPN). Jumlah tabung No Sampel (+) gas pada penanaman media LB Jumlah tabung (+) Indeks gas pada MPN per penanaman media 100 ml BGLB suhu 44oC (Most Probable Number) metode 7 tabung . BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian Adapun hasil penelitian pada analisa bakteri Escherichia coli di kolam renang Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh adalah sebagai berikut : Dengan menggunaan tabel MPN adalah Tabel 1.

com 1 2 3 Kolam anak-anak Kolam dewasa Kolam anak-anak diawasi dewasa Kontrol 4 4 0 1 1 1 3 4 0 0 1 0 12 17 5 5 1 1 0 1 5 5 0 1 0 1 67 700 4 Sumber : Formula Thomas B.laboratorium-analisys-rafsan. Pembahasan Escherichia coli umumnya merupakan flora normal saluran pencernaan manusia dan hewan. Sejak 1940 di Amerika Serikat telah ditemukan strain-strain Escherichia coli yang tidak merupakan flora normal saluran pencernaan. Lokasi waterboom ini berada di Kecamatan Meuraxa. Kota Banda Aceh dengan luas wilayah 7. 1999).258 km2 dan berada dengan ketinggian 0. Strain tersebut dapat menyebabkan diare pada bayi (Sukamto. seperti slide air (seluncuran air). 2008). splash (bantalan air). baik dari tingkatan umur. Definisi objek Waterboom adalah sebuah taman hiburan yang menampilkan wilayah waterplay. spraygrounds (bermain air) atau mandi rekreasi lainnya. Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh ini dibuka untuk umum.blogspot. berenang dan dilengkapi dengan beberapa jenis area selancar buatan atau bodyboarding seperti kolam gelombang atau flowrider (Wikipedia.www.8 m dpl (di permukaan laut). suku bangsa dan . jadi pemakai/pengunjung bervariasi. jenis pekerjaan.

hal ini disebabkan karena air yang digunakan adalah air laut yang telah disuling dan pemberian clor yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang menjernihkan air. Hal ini disebabkan karena kolam tersebut sebelumnya digunakan oleh pengunjung dan berpeluang terkontaminasi oleh Escherichia Coli. Pada “control” diperoleh hasil jumlah bakteri melebihi ambang batas adalah (700 / 100 ml air).blogspot. juga (dilakukan pengujian air kolam renang) sebagai “Kontrol” penelitian yang diambil pada hari minggu sore tepatnya dalam kolam renang anak-anak diawasi orang dewasa.www. selain perlakuan sampel. Pemeriksaan dengan menggunakan MPN adalah untuk menentukan bakteri Escherichia coli dengan melewati tes perkiraan dan penegasan seri 44 oC adalah uji untuk menentukan jumlah bakteri Escherichia coli karena adanya zat Brilliant Green dan diinkubasi pada suhu 44 o C dapat menghambat pertumbuhan bakteri lain kecuali . Dari hasil pemeriksaan diketahui jumlah bakteri yang terdapat tiap-tiap kolam tersebut masih normal. Kegiatan pengunjung meliputi rekreasi. berolahraga.com tujuannya. wisata air. menikmati makanan dan minuman di restoran dan café-café tepi air yang terdapat di dalam waterboom Ulee Lheue. Sedangkan untuk pengujian sampel air pada kolam renang untuk anak.laboratorium-analisys-rafsan. dewasa dan kolam anak-anak diawasi orang dewasa diambil pada pagi hari sebelum digunakan. Pada penelitian ini.anak. Dari hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti tahun 2012 diketahui rata-rata pengunjung setiap harinya adalah 150-350 orang setiap harinya yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa. menikmati panorama alam.

Kesimpulan Berdasarkan dari hasil penelitian dan pemeriksaan terhadap jumlah Escherichia coli pada air kolam renang Waterboom Ulee Lheue Kota Banda Aceh maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Pada air kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Aceh terdapat bakteri Escherichia coli index MPN Escherichia coli 12 bakteri / 100 ml air (untuk kolam pemandian anakanak). 17 bakteri / 100 ml air (untuk kolam pemandian orang dewasa).www. 2. Untuk sampel yang dijadikan control adalah air yang diambil pada kolam anak-anak diawasi dewasa yang telah digunakan oleh pengunjung dan telah tercemar oleh Escherichia coli (index MPN Escherichia coli 700 bakteri / 100 ml air). maka air di kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Aceh layak untuk digunakan. dan 67 bakteri / B.laboratorium-analisys-rafsan.blogspot. 100 ml air (untuk kolam pemandian anak.anak diawasi dewasa). Saran . Berdasarkan hasil penelitian. 3.com Escherichia coli. 4. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Jumlah bakteri Escherichia coli yang terdapat pada kolam renang Waterboom Ulee Lheue Banda Aceh pada pengambilan pagi hari adalah normal (< 200 bakteri / 100 ml air).

Departemen Kesehatan RI. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Diterjemahkan oleh Hari Purnomo dan Adiono. 1990.html. R. Universitas Indonesia. Wotton. DAFTAR PUSTAKA Anonim. Tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air. Ilmu Pangan. Jenis-jenis Air Di Bumi.jenis-air.escherichia-coli. http://1n1nt1. K. Disarakan kepada pengelola Waterboom Ulee Lheue agar lebih menjaga ketertiban pengguna.media.com-/2010/12/selektif-dan-diferensial-media. Edwards. Jakarta Anonim. 1987.www. Diakses tanggal 22 Februari 2012 . http://1n1nt1. 4. kebersihan lingkungan serta kualitas air yang digunakan. serta mengetahui dampak negative dari infeksi bakteri pencemaran air. 1990 Nomor : 416 tahun 1990.wordpress. Disarankan kepada pengguna Waterboom Ulee Lheue.blogspot. Gleet dan M.A. Djambatan. http://etnize.laboratorium-analisys-rafsan. Pemeriksaan Index MPN Escherichia Coli. supaya lebih menjaga kesehatan dan kebersihan. Disarankan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh dan Dinas Kesehatan agar lebih menjaga dan mensosialisasikan tentang pentingnya kesehatan pada tempat umum dan objek wisata (Waterboom Ulee Lheue) pada khususnya.A.H.blogspot. Diakses 27 Februari 2012 2011. Food Science.com-/2011/08/pemeriksaan-index-mpn. 2009. Dwidjoseputro. Selektif dan Diferensial Media-media. 2. 1987.blogspot. 3. Etnize. 2010.G. Agar dilakukan penelitian terhadap kualitas air baik kimiawi maupun biologis. Depkes RI.com Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat dikemukakan saran sebagai berikut : 1.com/tag/jenis. Diakses 27 Februari 2012 Buckle.html.html.

Pengolahan dan Keamanan Pangan. Reski.html.swab-test. Cara membuat media Lactosa Broth 1x Kuat 1. Jakarta Sunu. Jakarta Sutrisno. Rhineka Cipta. Diakses tanggal 27 Februari 2012 LAMPIRAN I : SKEMA KERJA LAMPIRAN II : CARA PEMBUATAN MEDIA A.www.blogspot. Mengolah Air Gambut dan Air Kotor Untuk Air Minum. 1993. Mikrobiologi. Diakses 27 Februari 2012 Noetoadmodjo. Teknologi Penyediaan Air Bersih.com/2010/10/escherichiacoli. Cetakan Kelima. Swadaya. Adelberg.blogspot. 2011. Buku Penuntun Kuliah Mikrobilogi Dasar. Alat-alat : . http://maiimut.html. 2008. Jakarta Mikrobiologi Kedokteran (Medical Kusnaedi. P. 2004.laboratorium-analisys-rafsan. 2001. Jakarta Sutio.1997. 2005. http://wirasanthi. Wahyudi. Melnick. Microbiology). Bina Rupa Aksara. Escherichia coli. Pengolahan Air Laut Menjadi Air Bersih/Minum. Jakarta. PT. T. 2004. Rineka Cipta.com Jawert.blogspot. Supardi dan Sukamto. Jakarta. Maiimut. Jakarta. 1999. http://udinreskiwahyudi. Metodologi Penelitian Kesehatan. Salemba Medika. Soekidjo. Banda Aceh Staf pengajar FK UI. Pemeriksaan Mikrobiologi Swap Test. 2011. Grasindo.com/2011/12/pemeriksaan-mikrobiologi. 2010. Melindungi Lingkungan Dengan Menerapkan ISO 14001.blogspot. Mikrobiologi Kedokteran.com/2011/09/pengolahan-air-lautmenjadi-air. Diakses tanggal 18 Juni 2012 Wirasanthi.

0.blogspot. dan piler. tabung reaksi.3% ekstrak beef.5% laktosa. rak tabung.04 gr dalam piring timbang b) Dimasukkan kedalam beacker gelas lalu dilarutkan dengan air aquades c) Setelah larut dimasukkan ke dalam erlenmeyer 80 ml lalu add kan sampai tanda batas dengan menggunakan air aquades d) Dipanaskan dengan kompor hingga mendidih.com Timbangan analitik. pipet ukur. tangkai pengaduk. Bahan : Media Lactosa Broth Komposisi : 0. tabung reaksi. autoclave. kompor. piring timbang. 3. 2. beacker gelas. tangkai pengaduk. dan 0. pipet ukur. erlenmeyer. kompor. autoclave. Rumus perhitungan 4. aduk perlahan-lahan e) Kemudian dimasukkan ke dalam masing-masing tabung reaksi sebanyak 10 ml lalu ditutup diberi etiket pada setiap tabung tersebut f) Selanjutnya media tersebut dibungkus dengan kertas dan disterilkan ke dalam autoclave selama 15 menit suhu 121oC g) Media siap untuk digunakan Timbangan analitik. piring timbang.laboratorium-analisys-rafsan. 2.5% pepton. beacker gelas. Cara Kerja a) Ditimbang media Lactosa Broth sebanyak 1. erlenmeyer. Bahan : Media Lactosa Broth . rak tabung.www. dan piler.

Cara Kerja a) Ditimbang media Lactosa Broth sebanyak 3. rak tabung. Oxbile 20 g.9 gr dalam piring timbang b) Dimasukkan kedalam beacker gelas lalu dilarutkan dengan air aquades c) Setelah larut dimasukkan ke dalam erlenmeyer 100 ml lalu add kan sampai tanda batas dengan menggunakan air aquades d) Dipanaskan dengan kompor hingga mendidih.2 pada 25 ° C 3. 2. Rumus perhitungan .2. Alat-alat : 3. pH akhir : 7. pipet ukur. tangkai pengaduk. Cara membuat media Lactosa Broth 3x Kuat Komposisi : 0. beacker glass. 0.3% ekstrak beef. tabung reaksi. dan piler. 1.5% laktosa. Brilliant Hijau 0.2 ± 0. aduk perlahan-lahan e) Kemudian dimasukkan ke dalam masing-masing tabung reaksi sebanyak 5 ml lalu ditutup. autoclave. kompor. piring timbang.0133 g. Rumus perhitungan 4. dan 0. Laktosa 10 g. erlenmeyer. Bahan : Media Brilliant Green Lactosa Broth Komposisi : Intisari dari Gelatin enzimatik 10 g.5% pepton. diberi etiket pada setiap tabung tersebut f) Selanjutnya media tersebut dibungkus dengan kertas dan disterilkan ke dalam autoclave selama 15 menit suhu 121oC g) Media siap untuk digunakan Timbangan analitik.

3. Alat-alat : 4. Cara membuat media Brilliant Green Lactosa Broth 1.6 gr dalam piring timbang b) Dimasukkan kedalam beacker gelas lalu dilarutkan dengan air aquades c) Setelah larut dimasukkan ke dalam erlenmeyer 1000 ml lalu add kan sampai tanda batas dengan menggunakan air aquades d) Dipanaskan dengan kompor hingga mendidih. aduk perlahan-lahan e) Kemudian dimasukkan ke dalam masing-masing tabung reaksi sebanyak 5 ml lalu ditutup. Cara Kerja a) Ditimbang media Brilliant Green Lactosa Broth sebanyak 5. diberi etiket pada setiap tabung tersebut f) Selanjutnya media tersebut dibungkus dengan kertas dan disterilkan ke dalam autoclave selama 15 menit suhu 121oC g) Media siap untuk digunakan Gambar 4 : Kolam renang untuk Anak-anak .

LAMPIRAN III : FOTO LOKASI WATERBOOM ULEE LHEUE Gambar 5 : Kolam renang untuk umum ( Anak-anak dalam pengawasan orang tua) Gambar 6 : Kolam renang untuk orang dewasa Gambar 7 : Tanki penampungan air yang telah diberi zat Clorin .

www.laboratorium-analisys-rafsan.com Gambar 8 : Pipa saluran pengambilan air dan Alat untuk membuang air Gambar 9 : Pengunjung di Waterboom Ulee lheue Gambar 10 : Botol sampel sebelum dan akan disterilkan .blogspot.

laboratorium-analisys-rafsan.www.com LAMPIRAN IV : FOTO PRA ANALITIK Gambar 11 : Pembuatan Media : i t s Gambar 12 Med arilli ot a B o h dan Med ra B r t i Lac r t s t an G een Lac o a B oo h Gambar 13 : Sampel pada Kolam Anak-anak Pertumbuhan Bakteri Pada Media LB ( 4 0 1 ) dan BGLB ( 3 0 1 ) .blogspot.

com LAMPIRAN V : FOTO HASIL PENELITIAN : rt t e i ( ) ) Pe umbuhan Bak ri Pada Med a LB 4 1 1 dan BGLB( 4 0 0 Gambar 15 Sampe Pada Ko am Anak anak d awa o si r dewa : l l i ang Pe umbuhan Bak e Pada Med a LB i 5 1 (0 dan) BGLB 5 0 (0 rt t ri sa ) Gambar 16 : Control positif ( Air Kolam renang Anak-anak diawasi orang dewasa ) Pertumbuhan Bakteri Pada Media LB ( 5 1 1 ) dan BGLB ( 5 1 1 ) .www.blogspot.laboratorium-analisys-rafsan.

com Gambar 17.www.blogspot.id/imgres?imgurl Gambar 18 : Bakteri Esherichia coli secara Mikroskopis (Sumber : http://wirasanthipremaandri.com. Koloni Bakteri Escherichia coli pada media MCA Sumber : http://www.co.blogspot. 2010) .laboratorium-analisys-rafsan.google.

com LAMPIRAN VI : RANCANGAN JADWAL PENELITIAN No 1 2 3 4 5 6 7 Bulan Kegiatan/Minggu Pengumpulan Data Penulisan Proposal Seminar Proposal Permohonan Penelitian Penelitian Penulisan KTI Sidang KTI Januari I II III IV Februari I II III IV I II Maret III IV I II Mei III IV I II Juni III IV .blogspot.www.laboratorium-analisys-rafsan.

Glukosa Fermintatif 2. Laktosa 4. Indol 6. SIM = Positif (+) = Negatif (-) = Positif (+) = Negatif (-) = a. Urea = Negatif (-) = Positif/ negative (+/-) = Negative (-) = Positif (+) = Positif (+) = Negatif (-) = Positif/Positif (+/+) = Positif (+) = Negatif (-) . Glukosa Oksidatif 3.laboratorium-analisys-rafsan. Gas c. Motility b.Vp 8.blogspot. H2S c. Gas 7. Reaksi b. Mr.www. T S I = a. Cimon Citrat 9. LIA 5.com 41 41 LAMPIRAN VII : REAKSI BIOKIMIA PADA Escherichia coli 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->