MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK ONLINE

(NILAI MATA KULIAH MAHASISWA)

A. Master Nilai
Acuan penilaian yang digunakan dalam Siakad-Online adalah Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan berlaku untuk sem,ua Jurusan/Program Studi. Untuk mengedit acuan penilaian ini arahkan pointer mouse ke menu Master selanjutnya sorot dan klik Master Nilai (gambar 1). Dengan meng-klik submenu ini akan ditampilkan window master nilai seperti pada gambar 2.

Gambar 1. Menu Master dengan submenu Master Nilai

Gambar 2. Window Master Nilai
Manual Siakad-Online

1

ujian tengah semester (MID). dan ujian akhir semester (Ujian). peserta mata kuliah dinilai atas empat komponen yaitu kehadiran. Dengan meng-klik submenu Nilai Mahasiswa. Nilai Mahasiswa Dalam proses kegiatan belajar-mengajar. Jurusan klik Refresh dan selanjutnya memilih mata kuliah akan ditampilkan komponen penilaian seperti pada gambar 6. arahkan pointer mouse pada menu Dosen selanjutnya sorot dan klik submenu Nilai Mahasiswa (gambar 4). Untuk menambah nilai klik Tambah Nilai dan untuk m. hasilnya ditampilkan pada gambar 3. Sistem Siakad-Online ini memberikan hak untuk setiap dosen mengimput nilai mata kuliah setiap saat. Manual Siakad-Online 2 . akan ditampilkan window Nilai Mahasiswa (gambar 5). Gambar 3. Edit master nilai Khusus untuk master nilai ini tidak semua user dalam siakad online ini berhak mengaksesnya kecuali Administrator Super User B.enghapus nilai klik del. tugas-tugas. Untuk mengimput nilai. Sedangkan untuk mengedit nilai klik nilai A/B/C/D/E. Pada window ini dengan memasukan tahun akademik.Pada window Master ada 3 pilihan yaitu menambah menghapus dan mengedit nilai.

Gambar 4. Window Nilai Mahasiswa Gambar 6. Menu Dosen dengan submenu Nilai Mahasiswa Gambar 5. Komponen Penilaian Mata Kuliah Mahasiswa Manual Siakad-Online 3 .

Gambar 8. Untuk memproses nilai sorot dan klik Proses Nilai dan untuk melihat konversi nilai berdasarkan master nilai sorot dan klik Nilai akhir dan hasilnya disajikan pada gambar 8. selanjutnya proses penghitungan nilai akhir. Nilai Akhir dengan Grade Nilai Manual Siakad-Online 4 .Hal-hal yang perlu dilakukan dalam pemberian nilai mahasiswa yaitu terlebih dahulu mendefinisikan persentase komponen penilaian dengan cara meng-klik Persentase Nilai seperti yang ditunjukan pada gambar 6. Bila semua nilai mahasiswa telah diinput. Untuk memasukan komponen nilai setiap mahasiswa klik Detil Nilai (gambar 7) Gambar 7. Detil Nilai Peserta Mata Kuliah Seelanjutnya mengimput komponen nilai setiap mahasiswa dan klik tombol simpan.

Window Cetak: Kartu Hasil Studi Manual Siakad-Online 5 . Menu Akademik dengan submenu Cetak Kartu Hasil Studi Selanjutnya dengan meng-klik submenu Cetak Kartu Hasil Studi. Cetak KHS Hasil studi mahasiswa dalam bentuk KHS dapat dicetak (hardcopy) dengan menggunakan menu Akademik dengan submenu Cetak Kartu Hasil Studi (gam. Langkah-langkah pencetakan KHS adalah mengisi Tahun akademik dan NIM mahasiswa yang akan dicetak KHS-nya dan selanjutnya klik tombol Cetak. Gambar 9. akan ditampilkan window Cetak: Kartu Hasil Studi (gambar 10).C.bar 9). Gambar 10. Format KHS yang siap dicetak disajikan pada gambar 11.

Di dalam window ini. Format KHS yang siap dicetak D. NIM mahasiswa dan klik Refresh. Prosedur untuk melihat hasil studi oleh mahasiswa dilakukan dengan menyorot menu Mahasiswa dengan submenu Kartu Hasil Studi (KHS) seperti yang ditunjukan pada gambar 12.Gambar 11. Manual Siakad-Online 6 . user menginput Tahun akademik. hasilnya akan ditampilkan gambar 14. Dengan mengklik submenu ini selanjutnya ditampilkan window Kartu Hasil Studi (gambar 13). Akses KHS Oleh Mahasiswa Hasil studi mahasiswa dapat diakses oleh user mahasiswa namun mahasiswa hanya mempunyai hak membaca (read only).

Hasil Studi Mahasiswa (Read Only) Manual Siakad-Online 7 . Menu Mahasiswa dengan Submenu kartu Hasil Studi (KHS) Gambar 13. Window Kartu Hasil Studi Gambar 14.Gambar 12.

Edit Nilai Mata Kuliah Edit nilai mata kuliah hanya dapat dilakukan oleh administrator fakultas dan pusat. Gambar 15. Dengan meng-klik submenu ini selanjutnya ditampilkan window Edit Nilai Mahasiswa seperti pada gambar 16. dilakukan pada menu KaAkademik dengan submenu Edit MK Mahasiswa (gambar 15).E. Untuk mengedit nilai mata kuliah. Window Edit Nilai Mahasiswa Manual Siakad-Online 8 . Selanjutnya masukan NIM mahasiswa dan klik Cari. Menu KaAkademik dengan Submenu Edit MK Mahasiswa Gambar 16.

Dengan meng-klik submenu Penyetaraan akan ditampilkan window Penyetaraan seperti yang disajikan pada gambar 18. Gambar 17. Untuk menyetarakan mata kuliah dilakukan pada menu KaAkademik dengan submenu Penyetaraan. Tahun Akademik dan Semester. Pada window ini masukan NIM mahasiswa dan klik Cari.Pada window Edit Nilai Mahasiswa. disiapkan beberapa fasilitas diantaranya. Nama Mata Kuliah. Penyetaraan Mata Kuliah Penyetaraan mata kuliah digunakan untuk mahasiswa pindahan untuk menyetarakan matakuliah program studi asal dengan mata kuliah program studi barunya atau perubahan struktur kurikulum. Tampilan Tambah/Edit Nilai Mahasiswa F. Manual Siakad-Online 9 . Selanjutnya untuk menambah mata kuliah yang belum ada dalam daftar klik Tambah Mata Kuliah sedangkan untuk mengedit nilai mata kuliah klik kode mata kuliah yang akan diedit hasilnya disajikan pada gambar 18. Selanjutnya untuk proses penyetaraan sorot dan klik Tambah MK Penyetaraan dan hasilnya seperti pada gambar 19. mengurut mata kuliah berdasarkan : Kode Mata Kuliah.

Window Proses penyetaraan Mata Kuliah. hasil studi mahasiswa juga dapat ditampilkan dalam bentuk transkrip. Cetak Transkrip Mahasiswa Selain KHS. Untuk mencetak transkrip lengkap mahasiswa dilakukan pada menu Akademik dengan submenu Cetak Transkrip Nilai dan untuk mencetak transkrip sementara pada menu Akademik dengan submenu Cetak Transkrip Sementara.Gambar 18. Manual Siakad-Online 10 . Window Penyetaraan Gambar 19. G. Sebagai contoh mencetak Transkrip Lengkap yaitu dengan cara meng-klik submenu Cetak Transkrip Nilai akan ditampilkan window Cetak: Cetak Transkrip Nilai (gambar 20).

Format Transkrip Nilai Mahasiswa Manual Siakad-Online 11 . Gambar 20. Window Cetak: Cetak Transkrip Nilai Gambar 21.Selanjutnya dengan mengisi NIM dan meng-klik tombol Cetak maka akan ditampilkan Format Daftar Prestasi Akademik Mahasiswa seperti pada gambar 21.