P. 1
Pengelolaan kelas

Pengelolaan kelas

|Views: 112|Likes:
Published by Risky Noorwiyadi

More info:

Published by: Risky Noorwiyadi on Jan 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

PENGELOLAAN KELAS

1. Apa yang Anda ketahui tentang pengelolaan kelas? 2. Bagaimana mempersiapkan pengelolaan kelas yang efektif? 3. Bagaimana mengembangkan tanggung jawab siswa? 4. Bagaimana merespon perilaku siswa yang menyimpang?

1. Pengelolaan kelas preventatif  merencanakan pembelajaran dengan baik  melaksanakan pembelajaran yang efektif b. 2007) a. Pengelolaan kelas dengan perspektif penguatan o memberikan reward (hadiah) o memberikan hukuman dan sangsi c. Perspektif pengelolaan kelas (Arend. Pengelolaan kelas yang berpusat pada siswa (student centered) o memperlakukan siswa secara manusiawi .

Pengelolaan kelas yang efektif 1. memberi bimbingan. memeriksa. overlapping (tumpang tindih)) 4. Respon kekerasan (roughness)) . Mengembangkan tanggung jawab siswa (mengkomunikasikan. Merespon perilaku siswa yang menyimpang (Respon kejelasan (clarity). memberikan umpan balik) 3. Menegakkan aturan dan menerapkan prosedur (konsisten) 2. Menangani perilaku yang tidak semestinya dan mengganggu (keterampilan whit-it (cepat dan akurat). Respon ketegasan (firmness).

Model untuk Menangani Perilaku Buruk Siswa .

.

.

.

Program-program Pengelolaan Kelas  Apa saja program-program pengelolaan kelas?  Apa saja pengorganisasian atau susunan kelas yang dapat diimplementasikan di kelas matematika? .

Program-program tradisional berdasar pada perspektif penguatan  Disiplin tegas adalah salah satu pendekatan pengelolaan kelas yang menekankan bahwa guru meminta dengan tegas agar siswa berperilaku baik dan guru merespon setiap pelanggaran secara tegas. .  Respon tegas adalah respon guru terhadap perilaku buruk siswa dengan gaya tegas dan bukan dengan merespon secara pasif atau memusuhi.1.

dan gaya tegas  Gaya pasif tidak mengkomunikasikan dengan jelas. Misalnya guru merespon perilaku buruk siswa dengan menanyakan pada anak tersebut: “Mengapa kamu melakukannya?”  Gaya bermusuhan sering menghasilkan ancaman. bermusuhan. .  Gaya tegas menuntut guru benar-benar jelas dalam mengungkapkan harapannya dan merespon perilaku buruk siswa dengan tegas dan penuh percaya diri.gaya pasif. Misalnya guru merespon perilaku buruk siswa dengan mengatakan pada anak tersebut: “Kamu akan menyesal”.

. Program-program berdasar perspektif konstrutivis dan berpusat pada siswa  Salah satu program yang didasarkan pada perspektif konstruktivis dan berpusat pada siswa yaitu guru menyelenggarakan pertemuan kelas secara reguler dengan tujuan membantu siswa mengidentifikasi dan mengatasi berbagai situasi yang bermasalah (Arend.2. 2007).

3. Pengorganisasian kelas .

3. Pengorganisasian kelas .

Pengorganisasian kelas .3.

Pengorganisasian kelas .3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->