AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH I Tahun Akademik 2007/2008

MODUL 1 (Tatap Muka ke-1)

Oleh : FITRI INDRIAWATI, SE., M.Si.

Program Perkuliahan Kelas Karyawan Fakultas Ekonomi-Universitas Mercu Buana Jakarta

AKUNTANSI KEUANGAN DAN STANDAR AKUNTANSI ( Financial Accounting & Accounting Standard )

Akuntansi memiliki kerangka teori konseptual yang menjadi dasar pelaksanaan teknik-tekniknya. Kerangka dasar konseptual terdiri dari standar (teknik, prinsip) dan praktik yang sudah diterima oleh umum karena kegunaannya dan kelogisannya. Standar itu disebut standar akuntansi. Di Indonesia berlaku Prinsip Akuntansi Indonesia kemudian diganti menjadi SAK Indonesia. SAK merupakan pedoman bagi siapa saja dalam menyusun laporan keuangan yang akan diterima oleh umum. Sedangkan di USA berlaku General Accepted Accounting Principle (GAAP) yang kemudian diganti Accounting Principle Board Statement dan terakhir menjadi Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB FITRI INDRIAWATI, SE., M.Si. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1

FASB Statement. Standar akuntansi mencakup konvensi, peraturan dan prosedur yang sudah disusun dan disahkan oleh lembaga resmi (Standar Setting Body) pada saat tertentu. Standar ini merupakan konsensus pada kala itu tentang pencatatan sumber-sumber ekonomi, kewajiban, modal, hasil, biaya dan perubahannya dalam bentuk laporan keuangan. Dalam standar ini dijelaskan transaksi apa yang harus dicatat, bagaimana mencatatnya dan bagaimana mengungkapkannya dalam laporan keuangan yang disajikan. Standar akuntansi ini merupakan masalah penting dalam profesi dan semua pemakai laporan yang memiliki kepentingan terhadapnya. Oleh karena itu, mekanisme penyusunan standar akuntansi harus diatur sedemikian rupa sehingga dapat memberikan kepuasaan kepada semua pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan. Standar akuntansi ini akan terus menerus berubah dan berkembangan. Standar akuntansi saat ini umumnya disusun oleh lembaga resmi diakui pemerintah, profesi dan umum. Bila di Indonesia yang berwenang menyusun ini adalah Komite Standar Akuntansi Keuangan yang berada dibawah naungan Ikatan Akuntan Indonesian (IAI). Komite Standar Akuntansi menyerahkan hasil kerjanya pada Komite Pengesahan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia dan akhirnya akan ditetapkan dan disahkan dalam kongres IAI.

LINGKUNGAN AKUNTANSI
Akuntansi sering disebut bahasa dunia usaha (business language) karena akuntansi merupakan alat komunikasi perusahaan dalam menginformasikan peristiwa ekonomi kepada yang memerlukan. Dengan melalui laporan akuntansi perusahaan dapat menyampaikan pesan kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui posisi keuangan, tingkat keuntungan dan perspektif perusahaan yang berguna untuk mengambil keputusan. Lingkungan akuntansi terdiri dari kondisi sosial, ekonomi, politik, hukum, pembatasan-pembatasan dan pengaruh yang bervariasi dari waktu ke waktu. Teori akuntansi telah berevolusi untuk memenuhi kebutuhan dan pengaruh yang terus berubah.

keuangan tentang. tepatnya akuntansi adalah: 1) Pengidentifikasian. pengukuran. manajer. penggolongan dengan kategori tertentu dan pengikhtisaran data yang telah digolong-golongkan menjadi suatu bentuk informasi atau laporan yang diinginkan para pemakai. serikat pekerja. Laporan ini menampilkan sejarah perusahaan yang dikuantitasikan dalam nilai moneter.Akuntansi dapat didefinisikan dengan tiga karakteristik penting dari akuntansi. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . penganalisisan dan pengkomunikasian informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen untuk merencanakan. dan badan-badan pemerintah. SE. Akuntansi manajerial (managerial accounting) adalah proses pengidentifikasian. Laporan keuangan merupakan sarana pengkomunikasian informasi keuangan utama pada pihak-pihak di luar korporasi (pihak eksternal). 3) Pemakai yang berkepentingan. dan mengendalikan operasi sebuah organisasi. mengevaluasi. Kegiatan proses data akuntansi mencakup pencatatan data secara kronologis dengan cara-cara tertentu. 2) Entitas ekonomi kepada. pengukuran. kreditor. Kegiatan laporan dan mengkomunikasian mencakup penyusunan laporan keuangan dan penganalisisan untuk membantu mengambil keputusan. M.Si. Laporan Keuangan dan Pelaporan Keuangan Akuntansi keuangan (financial accounting) adalah sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan baik oleh pihak-pihak internal maupun eksternal meliputi investor. dan pengkomunikasian informasi Dalam kegiatan mengidentifikasi dan mengukur dilakukan pembuatan identitas peristiwa ekonomi (transaksi dan kejadian) yang diukur atau dinyatakan dengan uang..UMB FITRI INDRIAWATI. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 . Suatu peristiwa yang tidak bersifat ekonomi atau tidak dapat diukur dengan uang tidak dapat diproses dalam akuntansi.

Akuntansi dan Alokasi Modal Sumber daya yang terbatas. mendorong inovasi. perkiraan manajemen dan deskripsi mengenai dampak sosial atau lingkungan perusahaan. dan menyediakan pasar sekuritan serta pasar kredit yang efisien dan likuid. prospektus. laporan yang dikeluarkan kepada badan-badan pemerintah. Informasi keuangan hanya dapat atau lebih baik disajikan melalui pelaporan keuangan (financial reporting). Proses Alokasi Modal Pelaporan Keuangan Informasi keuangan yang disediakan sebuah perusahaan untuk membantu pemakaiannya membuat keputusankeputusan alokasi secara efektif dan mengidentifikasi serta dapat mendukung memanfaatkan sumber daya secara efisien yang dapat meningkatkan standar .Laporan keuangan (financial statements) yang sering disajikan adalah: a) Neraca b) Laporan laba-rugi c) Laporan arus kas d) Laporan ekuitas pemilik atau pemegang saham e) Catatan atas laporan keuangan atau pengungkapan yang merupakan integral dari setiap laporan. dan hal ini akan menyebabkan dan berdampak negative terhadap pasar sekuritas. siaran berita. menyebabkan manusia berusaha mengawetkan. Informasi yang tidak dapat diandalkan dan tidak relevan akan menimbulkan alokasi modal yang buruk. yang dapat merangsang produktivitas. menggunakan kehidupan kita. Contohnya meliputi surat presiden direktur atau skedul tambahan dalam laporan tahunan korporasi. Proses alokasi modal yang efektif sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan sebuah perekonomian.

Pengukuran nonkeuangan. Akibatnya mereka bisa menilai pengembalian serta risiko relatif yang berhubungan dengan peluang investasi yang dapat menyalurkan sumber daya secara efektif. aman dan efisien dibanding negara manapun dalam sepanjang sejarah. dalam. Tantangan yang Dihadapi Akuntansi Keuangan Pelaporan keuangan di A. Sebelum tahun 1993. Karena pelaporan keuangan dan pengungkapan yang berhubungan mampu serta mengorganisir informasi keuangan dalam bentuk yang bermanfaat dan handal. agar para manajer dan perusahaan yang tepat mampu menarik modal investasi. sekuritas biasanya dicatat pada biaya historis di neraca. M. industri savings and loan (S&L) melaporkan ekuitas pemegang saham yang positif sekitar $38 miliar.Si.. Proses alokasi modal yang sangat efektif penting bagi kesehatan sebuah perekonomian. mungkin kita baca: 1. Menurut standar ini. Jika kongres telah mengetahui. kemungkinan besar industri S&L tidak akan dideregulasi dan para wajib pajak tidak harus membayar dana penalangan atau bailout sebesar $200 miliar untuk menyelamatkan industri S&L. Laporan keuangan tahun 1990-an tidak menyajikan sejumlah ukuran kinerja penting yang biasa dipakai oleh manajemen.S saat ini memiki pasar modal publik yang paling likuid. dan tepat waktu. SE. wajar. Jika industri S&L melaporkan sekuritas investasi. Pelaporan keuangan yang ada pada saat ini. maka estimasi ekuitas pemegang saham bisa mencapai -$118 miliar. inovasi dan menyediakan pasar sekuritas serta pasar kredit yang efisien dan likuid. Contoh ukuran nonkeuangan seperti indeks kepuasaan Pusat Pengembangan Bahan Ajar .Pemakai (Saat ini dan Potensial) Alokasi Modal modal Investor dan kreditor menggunakan laporan keuangan untuk membuat keputusankeputusan alokasi modal Proses penentuan bagaimana dan berapa uang yang dialokasikan ke dalam alternatifalternatif yang saling bersaing Fakta ini menjadi beban berat pada profesi akuntansi untuk mengukur kinerja secara akurat.UMB FITRI INDRIAWATI. Pada nilai pasar. yang merangsang produktivitas. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 .

serta identitas dan pengaruh masa lalu dari kecenderungan pribadi. termasuk yang berasal dari kecenderungan penting. Rencana manajemen. operasi dan data yang berhubungan dengan kinerja. 3. Informasi yang berorientasi ke depan. informasi tentang pesanan yang belum diproses. 2. Analisis manajemen  Alasan-alasan perubahan dalam data keuangan. Sebuah komite yang terdiri dari individu-individu terpandang mengusulkan agar laporan keuangan di masa depan mencakup hal-hal: Data keuangan dan nonkeuangan   Laporan keuangan dan pengungkapan yang berhubungan. termasuk critical success factors (factor keberhasilan yang penting). Tidak banyak laporan keuangan real-time yang tersedia. Data operasi tingkat tinggi dan ukuran kinerja yang digunakan manajemen untuk mengelola perusahaan. Informasi yang berorientasi ke masa depan   Peluang dan risiko. seperti keahlian (pengetahuan) dan dominasi pasar Microsoft. Laporan keuangan hanya disajikan secara kuartalan dan laporan keuangan yang diaudit hanya sekali setahun. 4. Laporan keuangan tidak menyajikan banyak informasi tentang aktiva lunak (tak berwujud). Yang semuanya sekarang digunakan untuk mengevaluasi stabilitas jangka panjang perusahaan. Laporan keuangan tidak menyajikan informasi yang berorientasi ke depan yang dibutuhkan oleh para investor dan kreditor saat ini maupun potensial. Aktiva lunak. Ketepatan waktu. Informasi tentang manajemen dan pemegang saham . Contoh aktiva yang terbaik seringkali tak berwujud. sistem pemasaran yang unik serta karyawan yang terlatih baik Dell dan citra merek GAP.  Perbandingan kinerja bisnis aktual dengan informasi berorientasi ke depan yang telah dikeluarkan sebelumnya.konsumen.

b. Tujuan utama dari pelaporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi kepada investor. Berguna bagi investor serta kreditor saat ini atau potensial dan para pemakai untuk membuat keputusan investasi. Direktur. tujuan utama akuntansi di banyak negara eropa daratan dan jepang adalah ketaatan kepada hukum.UMB FITRI INDRIAWATI. penetapan waktu dan ketidakpastian penerimaan kas prospektif dari deviden atau bunga dan hasil penjualan. Tujuan dari akuntansi dasar akrual (accrual basis accounting) adalah untuk Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Pelaporan keuangan harus menyediakan informasi: a. M. penebusan atau jatuh tempo sekuritas atau pinjaman. SE. Tentang sumber daya ekonomi dari sebuah perusahaan.Si. kredit dan keputusan serupa secara rasional. Dalam upaya membangun pondasi bagi akuntansi dan pelaporan keuangan. pemegang saham utama dan transaksi serta hubungan diantara pihak-pihak yang terkait. profesi akuntansi telah mengindetifikasi sekelompok tujuan dari pelaporan keuangan (objective of financial reporting) oleh perusahaan bisnis. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 . klaim terhadap sumber daya tersebut dan perubahan didalamnya. Dampak struktur industri terhadap perusahaan. manajemen. c. Secara tradisional. Tujuan Pelaporan Keuangan Tujuan dari pelaporan keuangan berbeda di antara berbagai negara. kompensasi. Latar belakang perusahaan    Tujuan dan strategi yang luas. Informasi yang didasarkan atas akuntansi akrual umumnya menyediakan indikasi yang lebih baik tentang kemampuan saat ini dan masa depan perusahaan untuk menghasilkan arus kas yang menguntungkan dibanding informasi yang didasarkan atas penerimaan dan pengeluaran kas. Membantu investor serta kreditor-kreditor saat ini atau potensial dan para pemakai dalam menilai jumlah.. Lingkup dan deskripsi bisnis serta properti.

Securities and Exchange Commission (SEC) 2. Securities and Exchange Commission (SEC) International Organization of Securities Commissions (IOSCO) beranggotakan lebih dari 100 badan pengawas pasar sekuritas dari seluruh dunia. Istilah “diterima umum” berarti bahwa sebuah badan pembuat aturan akuntansi yang berwenang telah menetapkan prinsip pelaporan di bidang tertentu atau dari waktu ke waktu suatu praktek tertentu telah dipandang tepat karena dapat diterapkan secara universal. disajikan laporan keuangan bertujuan umum (general purpose financial statement). secara kolektif para anggotanya mewakili porsi yang substansial dari pasar modal global.menjamin agar kejadian-kejadian yang mengubah laporan keuangan sebuah entitas dicatat pada periode terjadinya. jelas dan lengkap operasi keuangan perusahaan. Laporan ini diharapkan akan menyajikan secara wajar. PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PENETAPAN STANDAR Sejumlah organisasi yang berperan besar dalam pengembangan standar akuntansi keuangan (GAAP) di A. Financial Accounting Standards Board (FASB) 4. IOSCO didirikan pada tahun 1987. American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) 3. Akibatnya profesi akuntansi berupaya mengembangkan seperangkat standar yang dapat diterima umum dan dipraktekkan secara universal.S. Seperangkat standard dan prosedurr umum ini dinamakan dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum (generally accepted accounting principles-GAAP). SEC adalah anggota IOSCO. Organisasi-organisasi penting lainnya 1. . Governmental Accounting Standards Board (GASB) 5. serta mengakui beban pada saat terjadi. Penggunaan dasar akrual untuk menentukan laba bersih berarti mengakui pendapatan ketika dihasilkan. adalah sebagai berikut: 1. Kebutuhan untuk Membuat Standar Untuk memenuhi kebutuhan dalam penetapan standar akuntansi dan untuk memenuhi tanggung jawab pelaporan fidusiari.

SEC bergantung pada AICPA dan FASB untuk meregulasi profesi akuntansi dan mengembangkan serta menerapkan standar akuntansi. Pengawasan SEC SEC terlibat secara tidak langsung dalam proses penetapan standar. sektor swasta merupakan pembuat dan pihak yang menerapkan standar. Sebagian perusahaan yang menerbitkan sekuritas kepada publik atau diperdagangkan pada saham bursa wajib menyampaikan laporan keuangan yang telah diaudit kepada SEC. Secara umum. Persekutuan Publik/Swasta SEC mendorong pendirian badan penetapan standar swasta karena sector swasta memiliki sumber daya dan bakat yang dibutuhkan untuk mengembangkan standar akuntansi yang tepat. SEC memiliki mandat untuk menetapkan prinsip-prinsip akuntansi. keterlibatan SEC dalam penetapan standar akuntansi bervariasi. sektor swasta harus mendengar secara baik pandangan-pandangan dari SEC. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 .000 perusahaan yang terdaftar pada bursa utama. SEC mewajibkan perusahaan yang menyampaikan laporan registrasi untuk memenuhi GAAP. M. SEC mengkomunikasikan masalah-masalah akuntansi kepada FASB. memberi tanggapan terhadap exposure draft FASB dan menyediakan rekomendasi serta usulan kepada FASB. Artinya. Sepanjang sejarah.Si. Persyaratan registrasi dan pendapat akuntansi SEC dipublikasikan dalam Financial Reporting Releases (FRRs). serta keputusan tentang kasus-kasus yang diajukan kepada SEC..UMB FITRI INDRIAWATI. SEC melakukan pengawasan lebih dari 12.SEC bertujuan untuk membantu mengembangkan dan menstandardisasi informasi keuangan yang disajikan kepada pemegang saham. SEC merupakan badan federal. Akibatnya standar akuntansi secara umum terbentuk dalam sector swasta. Selain itu. SEC juga mengindikasikan dalam laporannya bahwa “SEC percaya bahwa inisiatif penetapan dan perbaikan standar akuntansi harus tetap berada pada sector swasta yang berada dibawah pengawasan SEC”. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Karena itu. regulasi yang berisi instruksi dan formulir pengisian laporan keuangan. baik melalui AICPA ataupun FASB. Praktek dan standar akuntansi yang harus dipakai oleh perusahaan yang berada dibawah yuridisnya. SEC memiliki kekuasaan luas untuk menentukan dengan tingkat rincian yang diinginkan. SE.

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) AICPA adalah organisasi profesi nasional dari Certified Public Accountant (CPA). menerbitkan Accounting research Bulletins yang menangani berbagai masalah akuntansi sepanjang tahun 1939 sampai 1959. Segala transaksi dan kejadian yang sedikitnya bersifat keuangan. SEC memiliki kekuasaan untuk mengeluarkan “perintah penghentian” yang melarang perusahaan pelaku registrasi menerbitkan atau memperdagangkan sekuritas pada bursa. 2. Mengajukan rekomendasi prinsip akuntansi secara tertulis. memiliki peran penting dalam pengembangan GAAP. dan pengikhtisaran menurut cara yang berarti dan dinyatakan dalam nilai uang. pendekatan masalah per masalah gagal memberikan kerangka prinsip akuntansi yang berstruktur yang dibutuhkan dan diinginkan. Committee on Accounting Procedure AICPA membentuk Committee on Accounting Procedure pada tahun 1939. . misi APB adalah mengembangkan kerangka kerja konseptual secara keseluruhan untuk membantu pemecahan masalah yang muncul dan melakukan riset substantif atas isu-isu individual sebelum mengeluarkan ketetapan. mempersempit area perbedaan serta ketidakkonsistenan dalam praktek. 3. Jika SEC yakin bahwa bentuk atau isi laporan keuangan mengandung ketidaksesuaian akuntansi atau pengungkapan. Program SEC.Penerapan Perusahaan yang terdaftar pada bursa saham wajib untuk menyampaikan laporan keuangan mereka kepada SEC. AICPA mengemukakan bahwa akuntansi adalah seni pencatatan. Menentukan praktek akuntansi yang tepat. 2. Accounting Principles Board Tujuan utama dari Accounting Principles Board (APB) adalah 1. CPA beranggotakan akuntan atau CPA-CPA praktisi. Untuk mencapai tujuan itu. pengelompokan. serta litigasi perdata dan pidana akan menjamin integritas pelaporan keuangan perusahaan publik. maka SEC akan mengirimkan surat pernyataan tentang defisiensi kepada perusahaan. inisiatif sector swasta.

sementara FASB bukan merupakan organ dari organisasi profesi manapun. 2. Representasi yang lebih luas. auditor serta pemakai laporan keuangan. bernama APB Opinions. Sementara anggota FASB tidak harus seorang CPA.. Ukuran yang lebih kecil. secara umum didasarkan atas studi-studi riset dan didukung oleh berbagai alasan serta analisis anggota APB berjumlah 18 hingga 21 orang yang sebagian besar merupakan akuntan publik. Anggota APB tetap memegang jabatan lama mereka pada kantor akuntan. bergaji. SE. bukan hanya profesi akuntan publik dan FASB harus beroperasi secara transparan di depan publik Pusat Pengembangan Bahan Ajar . 3. Sementara anggota FASB diharuskan memutuskan semua ikatan semacam itu. Keanggotaan penuh waktu. FASB juga mengandalkan keahlian dari berbagai tugas yang dibentuk untuk beragam proyek serta Financial Accounting Standards Advisory Council (FASAC). FASAC bertanggung jawab memberi nasehat kepada FASB menyangkut kebijakan dan isu-isu teknis serta membantu memilih anggota-anggota tugas.Ketetapan resmi APB. 4. anggota APB tidak dibayar dan bersifat paruh waktu. wakil-wakil dari industri dan komunitas akademik. M. FASB terdiri dari 7 anggota. Otonomi yang lebih besar. 3. APB merupakan komite senior dari AICPA. Financial Accounting Standards Board (FASB) Misi FASB adalah membentuk dan memperbaiki standar-standar akuntansi serta pelaporan keuangan dalam rangka membimbing dan mendidik public. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 . Semua anggota APB harus merupakan CPA dan anggota AICPA.UMB FITRI INDRIAWATI.Si. Perbedaan antara FASB dengan APB: 1. Sementara. sementara keanggotaan APB relative besar. Anggota FASB diangkat dan hanya bertanggung jawab kepada Financial Accounting Foundation. Anggota FASB mendapat gaji dan bersifat penuh waktu yang diangkat untuk masa tugas 5 tahun serta dapat diperpanjang. Proses yang memuaskan Dalam menetapkan standar akuntansi keuangan FASB harus responsif terhadap kebutuhan dan sudut pandang dari seluruh komunitas ekonomi. Independensi yang lebih tinggi. yang meliputi emiten. 5. yaitu 18 anggota. perusahaan atau institusi.

Topik-topik diidentifikasi dan dimasukkan ke dalam agenda FASB. Sebagai bagian dari upaya jangka panjang untuk menyingkir dari pendekatan masalah per masalah. Buletin teknis hanya diterbitkan jika diperkirakan tidak akan menimbulkan perubahan yang signifikan dalam praktek akuntansi banyak perusahaan.melalui sistem “proses yang memuaskan (due process)” dalam rangka menyediakan peluang yang memadai bagi seluruh pihak yang berkepentingan untuk mengungkapkan pendapat. Standar akuntansi keuangan yang diterbitkan oleh FASB dipandang sebagai prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum. 4. Untuk memastikan pencapaian tujuan ini. Buletin Teknis FASB. Jika perlu. Jenis-jenis Ketetapan yang Dikeluarkan FASB 1. FASB mengeluarkan buletin teknis yang mengharuskan penurunan pajak dilaporkan sebagai pengurangan beban pajak penghasilan periode berjalan. 2. Standard dan interpretasi. Untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi mengenai istilah “prinsip”. standar final diterbitkan. FASB mengevaluasi riset serta reaksi publik dan menerbitkan exposure draft. Konsep Akuntansi Keuangan. biaya implementasinya rendah dan pedoman yang disediakan oleh buletin tidak bertentangan dengan setiap . FASB menggunakan istilah standar akuntansi keuangan (financial accounting standards) dalam ketetapannya. FASB mengevaluasi reaksi dan mengubah exposure draft. Riset dan analisis dilakukan serta memorandum diskusi mengenai kelebihan dan kelemahan dikeluarkan. FASB menetapkan tujuan dan konsep fundamental yang akan digunakan dalam mengembangkan standar akuntansi dan pelaporan keuangan di masa depan. Mendengar pendapat publik terhadap standar yang diusulkan. exposure draft). interpretasi tidak mengharuskan FASB melakukan pendapat publik melalui ssstem ‘ proses yang memuaskan’ sebagai mana standar. 5. 3. 2. mendengar pendapat publik. Statement of Financial Accounting Concepts harus melewati proses yang memuaskan yang sama (memorandum diskusi. Akan tetapi. Interpretasi memiliki otoritas yang setara dengan standard dan memerlukan suara yang sama dengan suara yang dibutuhkan untuk menerbitkan sebuah standar. 3. ada beberapa langkah-langkah secara umum mewakili evolusi dari Statement of Financial Accounting Standards FASB: 1.

SE. universitas. EITF juga mengidentifikasi masalah-masalah akuntansi yang kontroversial pada saat muncul dan menentukan apakah masalah tersebut dapat dipecahkan secara langsung atau tidak. Struktur operasional GASB serupa dengan FASB. Accounting Standards Executive Committee (AcSEC) dibentuk sebagai komite teknis senior yang berwenang dibidang akuntansi serta pelaporan keuangan. AICPA juga meregulasi profesi akuntan serta membentuk dan menerapkan praktekpraktek akuntansi lebih dari organisasi manapun. GASB hanya berkepentingan dengan laporan keuangan yang disiapkan oleh organisasi pencari laba yang berfokus pada standar-standar yang dikeluarkan oleh FASB. 4. EITF membantu FASB dalam banyak hal.. bank dan perusahaan asuransi.prinsip akuntansi fundamental. Metode komunikasi tertulis AcSEC: # Audit and Accounting Guidelines mengikhtisarkan praktek-praktek akuntansi dari industri tertentu dan menyediakan tuntunan khusus menyangkut masalahmasalah yang tidak ditangani oleh FASB. Perubahan Peranan AICPA AICPA telah memimpin pengembangan prinsip-prinsip dan peraturan akuntansi. FASB diharapkan mampu menangani masalah-masalah jangka panjang. sekolah. Pernyataan EITF. Tujuannya adalah untuk menciptakan konsensus tentang bagaimana memperlakukan transaksi keuangan baru dan tidak biasa yang berpotensi menimbulkan praktek-praktek pelaporan keuangan yang berbeda. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 .UMB FITRI INDRIAWATI. Governmental Accounting Standards Board (GASB) GASB didirikan pada tahun 1984 di bawah pengawasan Financial accounting Foundation yang bertujuan untuk menanggulangi masalah atau isu-isu pelaporan pemerintah lokal dan Negara bagian. Contohnya akuntansi untuk kasino. 4. # Statements of position (SOP) menyediakan tuntunan atas topik-topik Pusat Pengembangan Bahan Ajar . AICPA membentuk Divisi Standar Akuntansi yang akan bertindak sebagai juru bicara resmi mengenai isu-isu akuntansi dan pelaporan. Yaitu GASB memiliki dewan penasehat yang bernama Governmental Accounting Standards Advisory Council (GASAC) dan membantu oleh staf-staf teknis tugasnya sendiri. M. Sementara EITF menangani masalah-masalah jangka pendek.Si. maskapai penerbangan.

American Accounting association (AAA). Tujuannya adalah melakukan riset dan menyediakan input tentang masalah biaya dan akuntansi manajerial. meregulasi praktek auditing. Anggotanya sebagian besar adalah eksekutif keuangan korporasi besar (bendahara. Institute of Management Accountants (IMA). 5. Menurut standar ini. Prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum merupakan prinsip-prinsip yang memiliki “dukungan otoritatif yang substansial”. Tujuannya adalah membantu pengembangan teori akuntansi dengan mendorong dan mensponsori riset-riset akuntansi. merevisi atau mengklarifikasi pedomanpedoman audit dan akuntansi atau menyediakan independen. 2. chief financial officer).pelaporan keuangan sampai FASB atau GASB menetapkan standar untuk topik tersebut. Maksudnya badan-badan profesional yang sah menerbitkan setelah memberikan kesempatan kepada pihakpihak yang berkepentingan untuk menanggapi exposure draft dan terlibat dalam pendapat publik. APB Opinions dan Accounting Research Bulletins AICPA. AICPA tetap merupakan pemimpin dalam pengembangan standar auditing melalui Auditing Standards Board. Anggotanya sebagian besar adalah akademis akuntansi. Tujuannya adalah melakukan riset dan membuat rekomendasi mengenai dampak pelaporan keuangan pada tingkat korporasi. SOP bisa memperbaharui. PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI YANG DITERIMA UMUM Makna dari prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum didefinisikan oleh Statement on Auditing Standards. Financial Executive Institute (FEI). yang tidak ditangani oleh FASB atau GASB. wakil-wakil direktur keuangan. 3. mengembangkan dan menerapkan etika professional serta menyediakan program-program pendidikan profesi berkelanjutan. . # Practice Bulletins mengindikasikan pandangan AcSEC menyangkut masalah pelaporan keuangan yang lebih sempit. Anggotanya sebagian besar adalah akuntan internal. prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum adalah standar dan interpretasi FASB. Organisasi-Organisasi Berpengaruh Lainnya 1.

M. Selain memperhatikan para pemilihnya. pedoman auditing dan Akuntansi Industri AICPA dan Statements of position yang telah “diklarifikasi” oleh FASB. Kesenjangan Ekspektasi (Harapan) Semua profesi mendapat pengawasan yang ketat dari pemerintah. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 . yang terdiri dari pihak-pihak yang sangat berkepentingan atau dipengaruhi oleh standar. peraturan dan prosedur akuntansi. Karena beberapa kasus penipuan korporasi yang menghebohkan. Standar akuntansi selain merupakan penemuan dari proses yang teliti dan empiris. FASB mengatakan bahwa politik dalam penetapan standar adalah tidak baik.Si. Contoh isu konsekuensi ekonomi adalah kekacauan yang ditimbulkan oleh standar FASB yang mewajibkan opsi saham yang diberikan kepada para eksekutif dicatat sebagai beban dalam laporan laba-rugi. program pensiun yang didanai sangat rendah (underfunded) dan kebangkrutan.Akan tetapi. juga merupakan produk dari tindakan politik. FASB berpendapat bahwa opsi tersebut merupakan suatu kompensasi. penyuapan domestic dan luar negeri. Jika mempertimbangkan konsekuensi-konsekuensi ekonomi dari banyak standar akuntansi. Contohnya Buletin Teknis FASB. ISU-ISU DALAM PELAPORAN KEUANGAN Penetapan Standar dalam Lingkungan Politik Kekuatan paling besar yang mempengaruhi pengembangan standar akuntansi adalah kelompok pemakai. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . FASB harus memperhitungkan semua konsekuensi-konsekuensi ekonomi dari tindakannya. yaitu biaya yang harus dicatat. Cara yang paling efektif untuk mempengaruhi standar yang menentukan praktek akuntansi adalah dengan partisipasi dalam proses penetapan standar atau mencoba mempengaruhi standar. FASB juga harus mendasarkan standarnya pada riset yang komprehensif dan kerangka konseptual yang berlandaskan realita ekonomi. Ditambah masyarakat yang menginginkan tanggung gugat dari semua institusi.. seringkali suatu transaksi akuntansi tertentu yang terjadi belum tercakup dalam salah satu dokumen. SE.UMB FITRI INDRIAWATI. Hal yang tidak boleh dilakukan FASB adalah menerbitkan ketetapan yang hanya bermotif politik. Salah satunya adalah profesi akuntansi yang mendapat pengawasan dan kecaman.

AICPA membentuk Accounting Firms Division yang memiliki dua bagian. Perusahaan kecil mengeluh bahwa pelaporan terinci yang diwajibkan oleh GAAP terlalu mahal dan . terutama muncul mengenai integritas manajemen. Satu untuk perusahaan besar dan satu untuk perusahaan-perusahaan kecil.Profesi akuntansi menyadari bahwa mereka harus memainkan peranan penting dalam memerangi kejahatan “kerah putih” dan langsung menanggapi kecamankecaman. a) AICPA AICPA menerbitkan pernyataan pandangan (Statement of Position-SOP) karena percaya bahwa diperlukan tuntunan yang lebih tepat waktu untuk memecahkan masalah pelaporan tertentu. Untuk membantu menyakinkan publik bahwa SEC Practice Section memenuhi tanggung jawabnya. AICPA terus berupaya menciptakan laporan keuangan yang tepat waktu. Dewan ini yang beranggotakan individuindividu terpandang. AICPA juga mendukung dua jenis GAAP. Kesenjangan ekspektasi (expectations gap) menurut public harus dilakukan oleh akuntan dan apa yang dilakukan menurut akuntan bisa mereka lakukan sulit dihilangkan. Satu untuk perusahaan yang mengaudit klien SEC (SEC Practice Section) dan satu untuk perusahaan yang mengaudit klien non-SEC (SEC Private Section). Kasus-kasus pelaporan yang curang selalu menimbulkan apakah profesi akuntansi sudah berbuat apa yang semestinya dilakukan. Private Companies Section juga memiliki standar pengendali mutunya sendiri dan persyaratan peer review. memiliki staf sendiri dan bebas melakukan penyelidikan serta memberi laporan kepada public. AICPA mendirikan sebagai bagian dari struktur. Public Oversight Board yang independent. Profesi akuntansi juga sedang mengembangkan pedoman-pedoman yang berkaitan dengan pengungkapan alasan auditor mundur dari penugasan audit. Persaingan Badan-badan Penetapan Standar FASB secara harfiah adalah unik. tindakan penipuan dan illegal serta komunikasi auditor. FASB adalah institusi sektor swasta yang melakukan fungsi publik yang ditentukan dalam peraturan-peraturan federal. Dan profesi akuntansi harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu. Sebagai contoh. Profesi akuntansi telah mengeluarkan standar auditing baru mengenai pengendalian internal.

Standar Akuntansi Internasional Sebagian besar Negara menyadari kebutuhan akan standar yang lebih standar. Kedua organisasi ini terus berdebat mengenai siapa yang berhak menentukan standar dalam bidang akuntansi nirlaba tertentu. mereka hanya sebagai target regulasi.tidak mereka butuhkan. SE. Perkembangan ini dinilai sangat membahayakan oleh sebagian pihak. c) Kongres Dari waktu ke waktu. Dengan mayoritas super diharapkan bahwa standar yang dikeluarkan tidak akan kontroversial dan hanya dikeluarkan jika benar-benar “diterima secara umum”.. maka dibentuklah Internasional Accounting Standards Committee Pusat Pengembangan Bahan Ajar . AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 . Kelompok ini melakukan lobi yang keras dan menang untuk mengubah aturan voting FASB dari mayoritas sederhana menjadi mayoritas super. GASB memiliki struktur yang sama dengan FASB. kongres semakin aktif terlibat dalam proses penetapan standar.UMB FITRI INDRIAWATI.Si. Bahwa standar FASB terlalu kompleks dan mahal untuk diterapkan dan sebagian mengakibatkan gejolak dalam angka-angka laba yang dilaporkan. Karena hal itu. b) GASB GASB merupakan badan penetapan standar terpisah yang didirikan untuk mengatur pelaporan pemerintah local dan Negara bagian. Reaksi politik semacam ini sangat disayangkan dan memunculkan isu yang serius mengenai siapa yang pantas menetapkan standar akuntansi. d) Komunitas Bisnis Anggota-anggota komunitas bisnis telah mengajukan sejumlah keluhan mengenai standar akuntansi. Masalah ini kadang-kadang disebut juga GAAP BESARGAAP KECIL. akan memiliki terlalu banyak pengaruh terhadap perubahan regulasi (yaitu memunculkan situasi “musang dalam kandang ayam”) dan akan menurunkan kredibilitas laporan keuangan. M. Mereka percaya bahwa mayoritas super ini hanya akan memperlambat penerbitan standard dan jika komunitas bisnis mendominasi proses penetapan standar. terutama pada saat isu yang terlibat menjadi sangat politis.

tetapi IASC telah membuat kemajuan yang signifikan. 3. Standar-standar yang dimaksud harus diinterpretasikan dan diterapkan secara ketat. Standar inti harus merupakan dasar akuntansi komprehensif yang diterima umum. Kemungkinan besar SEC akan menerima standar-standar IASC dalam waktu yang tidak lama lagi. jika memenuhi tiga kondisi berikut: 1. diantaranya kompleks dan tidak mudah. seperti bidang bisnis lainnya. Ketiga kondisi ini akan sulit dipenuhi.” telah persaingan. Mereka berpandapat bahwa untuk tujuan persaingan. Tujuan IASC dalam penetapan standar adalah untuk memperbaiki dan menyeragamkan secara umum regulasi. 2.” menempatkan akuntan dalam lingkungan yang berisi konflik dan tekanan. Standar-standarnya harus berkualitas tinggi. Dalam akuntansi.” bisa sangat berat. akan mengajukan petisi untuk memakai standar-standar internasional menggantikan standar A. Etika dalam Lingkungan Akuntansi Keuangan Pengamatan relevan bagi semua orang yang ingin memasuki dunia bisnis.” “untuk memainkan permainan. Konsentrasi “menghadapi perusahaan tantangan yang ditujukan dan pada “kenerja “memaksimumkan jangka pendek” laba. . SEC mendukung jerih payah IASC dan menyatakan akan mempertimbangkan untuk memperbolehkan perusahaan asing memakai standar internasional ketika melakukan penawaran sekuritas. sering ditemukan dilemma etika. Melakukan hal yang benar dan membuat keputusan yang benar tidak selalu mudah.S. Namun.(IASC) pada tahun 1973 bersamaan dengan tahun kelahiran FASB yang bertujuan menyeragamkan standar-standar akuntansi di antara negara. Kebenaran tidak selalu terlihat jelas dan tekanan “untuk membengkokkan aturan. IASC baru-baru ini telah merampungkan sekelompok standar internasional inti untuk dipakai dalam penawaran sekuritas lintas negara. maka banyak perusahaan A. standar serta prosedur akuntansi yang berhubungan dengan penyajian laporan keuangan.S. lebih baik semua perusahaan memakai perusahaan yang sama.” “untuk mengabaikannya begitu saja. Jika itu terjadi. Sebagian dilema ini adalah sederhana dan mudah dipecahkan.

4 Interpretasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (IPSAK). revisi ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan dunia usaha dan akuntansi. dapat dibandingkan dan dapat menciptakan transparansi bagi perusahaan. tekanan klien. M. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . IAI melakukan revisi total terhadap PAI 1984 dan mengkodifikasikannya dalam buku Standar Akuntansi Keuangan (SAK). diaktifkannya pasar modal di Indonesia.Si. Kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan (Framework for the Preparation and Presentation of Financial Statements). 2. per 1 Oktober 1994. yang berguna. tekanan kerja. komite PAI melakukan revisi mendasar atas PAI 1973 dan kemudian mengkodifikasikannya dalam buku Prinsip Akuntansi Indonesia 1984.Kesulitan ini muncul karena belum adanya konsensus publik tentang bagaimana membentuk sistem etika komprehensif yang bisa dijadikan pedoman. Tahun 1994. merupakan pertama kalinya IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) mengkodifikasi prinsip dan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia dalam suatu buku Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI). dapat dimengerti. Tahun 1984. 3. 3. Tahun 1973. tekanan pribadi dan tekanan rekan kerja. revisi ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan profesi akuntansi dalam mengikuti dan mengantisipasi perkembangan yang terjadi di Indonesia dan dunia Internasional. 2. Buku Standar Akuntansi Keuangan yang terbit terakhir 1 Juni 1999. Sensitivitas etika dan proses pemilihan alternatif ini bisa dipersulit oleh tekanantekanan yang mungkin berbentuk tekanan waktu. IAI juga melakukan harmonisasi dengan standar akuntansi internasional. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 . SE. secara garis besar berisikan hal-hal berikut: 1. dengan mengadopsi International Accounting Standard (IAS). Dalam perkembangannya..UMB FITRI INDRIAWATI. Standar Akuntansi Keuangan Standar akuntansi keuangan merupakan pedoman pokok penyusunan dan penyajian laporan keuangan bagi perusahaan dan unit ekonomi lainnya. Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia dimulai sebagai berikut: 1. 55 pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

c. perubahan penyajian akan menghasilkan penyajian yang lebih tepat. Jika timbul keinginan tersebut maka laporan harus disusun dengan dasar yang berbeda dan dasarnya diungkapkan dengan jelas. bahkan komite SAK masih terus menggodok beberapa interpretasi dan PSAK baru untuk segera dikeluarkan. d. . Dasar Akrual Transaksi dan peristiwa ekonomi lain diakui pada saat kejadian. perusahaan harus mengungkapkan. Konsistensi Penyajian Penyajian dan klasifikasi pos-pos dalam laporan keuangan antarperiode harus konsisten. perubahan tersebut diperkenankan oleh PSAK. Materialitas dan Agregasi Pos-pos yang material disajikan terpisah dalam laporan keuangan. Kelangsungan Usaha Perusahaan diasumsikan tidak bermaksud melikuidasi atau mengurangi secara material skala usahanya. Periode Pelaporan Laporan keuangan setidaknya disajikan secara tahunan. Sejak tahun 1994. IAI terus merevisi secara berkesinambungan baik penyempurnaan standar. kecuali terjadi perubahan yang signifikan (berarti) terhadap sifat operasi perusahaan.4. 1 Juni 1996 dan terakhir 1 Juni 1999. penambahan standar baru dan interpretasi pernyataan standar akuntansi. e. Apabila tahun buku perusahaan berubah. Proses revisi ini telah dilakukan tiga kali. b. bukan pada saat pembayaran atau penerimaan pembayaran dan dicatat serta dilaporkan pada periode yang bersangkutan. yaitu 1 Oktober 1995. Asumsi–asumsi Dasar Akuntansi Penyusunan dan penyajian laporan keuangan suatu perusahaan berpedoman kepada asumsi dasar berikut: a. Sedangkan yang tidak material digabungkan dengan jumlah yang memiliki sifat atau fungsi sejenis.

Si. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Perusahaan sebaiknya mengeluarkan laporan keuangan paling lama 4 bulan setelah tanggal Neraca. SE.. Tepat Waktu Manfaat laporan keuangan akan berkurang jika laporan tidak tersedia tepat waktu. AKUTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 . M.f.UMB FITRI INDRIAWATI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful