SALES BUDGETING

FIXED ASSETS NIRWANDA PRIMAYOGA (KETUA) MAHARANI PRIYAMBADA ASHIF ALFIAN HALIM FAHRIZAL SHOFWATUR ROHMANIYAH RANNI HAYUNDA 041013145 041013067 041013239 041013242 041013254 041013283

waktu penjualan serta tempat (daerah) penjualannya .ANGGARAN PENJUALAN (SALES BUDGETING)  Pengertian Anggaran penjualan (Sales Budget) adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang penjualan perusahan selama periode yang akan datang. jumlah (kuantitas) barang yang akan dijual. harga barang yang akan dijual. yang di dalamnya meliputi rencana tentang jenis (kualitas) barang yang akan dijual. .

budget penjualan harus disusun paling awal daripada semua budget yang lain yang ada dalam perusahaan. sebagai alat pengkoordinasian kerja dan sebagai alat pengawasan kerja yang menbantu menajeman dalan memimpin jalannya perusahaan. budget penjualan berguna sebagai dasar penyusunan semua budget-budget dalam perusahaan.KEGUNAAN ANGGARAN PENJUALAN Secara umum. Sedangkan secara khusus. semua budget termasuk budget penjualan mempunyai tiga kegunaan pokok yaitu sebagai pedoman kerja. sebab bagi perusahaan yang menghadapi pasar bersaing. .

FAKTOR.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGGARAN PENJUALAN Faktor Intern Faktor Ekstern .

yaitu:  Penaksiran yang bersifat kuantitatif  Penaksiran yang bersifat kualitatif .  Menurut sifatnya cara untuk melakukan penaksiranpenaksiran tersebut dapat dibedakan menjadi dua. yang masing-masing dikaitkan dengan jenis produk yang akan dijual.CARA – CARA MELAKUKAN PENAKSIRAN PENJUALAN  Untuk menyusun budget penjualan diperlukan penaksiran-penaksiran (forecasting) khususnya penaksiran tentang jumlah produk yang diperkirakan akan mampu dijual beserta harga jualnya. dengan waktu serta tempat penjualannya.

Persaingan dalam industry . Jumlah pesanan penjualan yang belum terpenuhi 4.FAKTOR-FAKTOR YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMPREDIKSI PENJUALAN YANG AKAN DATANG ADALAH : 1. Kondisi ekonomi secara umum 6. Pengalaman masa lalu (volume penjualan) 2. Studi penelitian pasar 5. Promosi 7. Prospektif kebijaksanaan harga jual 3.

Dari permasalahan ini terdapat dua alternatif hubungan timbal balik antara anggaran penjualan dan anggaran produksi. . Dan lebih baik menggunakan trend garis lengkung untuk semua produk agar dapat melihat metode mana yang lebih baik bagi produk tertentu dengan melihat standar kesalahan prediksi masingmasing produk dengan kedua metode. yaitu permasalahan yang berhubungan dengan penjualan dan permasalahan yang berhubungan dengan produksi. Sedangkan alternatif kedua adalah besar kecilnya penjualan dipengaruhi oleh besar kecilnya produksi. Alternatif pertama adalah besar kecilnya perusahaan dipengaruhi oleh besar kecilnya penjualan.KESIMPULAN Pada umumnya dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya suatu perusahaan akan menghadapi dua permasalahan utama yang mempunyai hubungan timbal balik sangat erat.