MANFAAT BUAH SIWALAN

23:24 solokuro 1 comment

Buah siwalan/ental banyak terdapat di daerah-daerah pegunungan dan daerah-daerah yang berdekatan dengan laut (di Solokuro juga banyak walaupun tak sebanyak di paciran). Biasanya orang mengambil buah ini untuk di makan langsung atau campuran minuman segar. Rasanya cukup enak seperti buah kolang-kaling. Kebanyakan orang tidak tahu, apa manfaat lain buah aren atau ental ini. Disini dapat di sebutkan beberapa khasiatnya, antara lain : 1. Untuk memperbanyak air mani. 2. Untuk mempertajam pendengaran. Adapun cara mempergunakan adalah harus di campur dengan garam dapur dan gula aren (gula merah) secukupnya terlebih dahulu. Caranya:
  

Ambil kira-kira 9 butir buah ental. Ambil daging buahnya, dan iris-irislah menjadi beberapa potongan kecil. Rebuslah irisan buah ental tersebut di atas perapian dengan menggunakan air secukupnya sampai mendidih. Bila sudah mendidih, campurlah dengan garam dapur dan gula aren secukupnya. Setelah itu angkat dari perapian dan gula aren secukupnya. Setelah itu angkat dari perapian; lalu dinginkan. Minumlah air rebusan tersebut beserta entalnya setiap hari 3.

liver. Madura. Posted in: Kesehatan Air siwalan obat kecing manis Air siwalan obat kecing manis Buah siwalan memiliki nama latin borassus. Tangkai daun mecapai panjang 1 meter. Daunnya dikenal dengan nama daun lontar.Insya AlIah dengan cara ini air mani (sperma) akan bertambah dan pendengaran Andapun menjadi lebih tajam. kanker dan kencing manis. Bagi masyarakat tuban dan sekitarnya. sisi tangkai dengan deretan duri berujung dua. Bagian utama yang diambil manfaatnya bagi masyarakat adalah buahnya. pohon siwalan masih tergolong tumbuhan palma yang banyak tumbuh di asia tenggara dan asia selatan. Di Indonesia. Sedangkan cairan kekuningan darinya diambil pula untuk dijadikan campuran bahan kue atau dibuat menjadi selai. legen juga manpu menyembuhkan beragam penyakit organ dalam seperti stroke. Daging buah yang tua kekuningan dan berserat dapat dimakan segar ataupun dimasak terlebih dahulu. siwalan memiliki daun besar. bali. . caranya hanya dengan meminumnya di kala penyakit panas dalam menyerang. Masyarakat menyebutnya dengan air legen. Tidak hanya itu. Siwalan memiliki karangan bunga dalam tongkol 20-30 cm dengan tangkai sekitar 50 cm. NTB dan NTT. Air ini manpu menyembuhkan penyakit sariawan. air inilah yang banyak digunakan sebagai air pengobatan. terkumpul di ujung batang membentuk tajuk yang membulat. buahnya hitam kecokelatan kulitnya dan kuning daging buahnya bila tua. buahnya bergerombol dalam tandan bisa mencapai 20 butir dengan bentuk bulat peluru berdiameter 7 – 20 cm.5 meter. dengan pekepah yang lebar dan hitam di bagian atasnya. pohon ini tumbuh subur di bagian timur pulau jawa. cukup minun segelas air legen pagi dan sore semua penyakit rontok. Pohon siwalan sangat kuat dan kokoh dengan tinggi mencapai 15 – 30 meter. Dengan diameter batang sekitar 60 cm. Helaian daun berupa kipas bundar berdiameter hingga 1.

Cara ini sudah dikenal luas oleh masyarakat tuban. .Air legen biasa pula dibuat tuak dengan cara difermentasi. Bahan bakunya diambil dari nira pohon siwalan kemudian diolah selama 10 hari dengan proses fermentasi. tuak dipercaya sebagai obat penambah vitalitas bagi pria dewasa. Buah siwalan juga dikenal untuk memperkuat sperma. Meminun tuak untuk memulihkan keperkasaannya. maka terbentuklah tuak. Cukup dimakan biasa buahnya atau dicampur dengan es campur atau sirup. Bagi masyarakat tuban.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful