LKS Pengukuran Besaran Panjang

I. TUJUAN

1. Siswa mampu menggunakan mistar dengan tepat berdasarkan demonstrasi yang dilakukan oleh guru . 2. Siswa mampu menggunakan jangka sorong dengan tepat berdasarkan demonstrasi yang dilakukan oleh guru . 3. Siswa mampu menggunakan mikrometer sekrup dengan tepat berdasarkan demonstrasi yang dilakukan oleh guru . 4. 5. Siswa mampu membedakan ketelitian masing-masing alat-alat ukur panjang yang digunakan dengan tepat. 6. Siswa mengenal apa yang dimaksud dengan skala nonius. 7. Siswa mampu mengukur panjang suatu benda dengan menggunakan alat ukur 8. Siswa mampu mengukur luas suatu benda dengan menggunakan alat ukur 9. Siswa mampu mengukur volume suatu benda dengan menggunakan alat ukur 10.Siswa mampu mengamati hasil pengukuan suatu benda II. ALAT DAN BAHAN Seng 5 . Jangka sorong Kelereng 6. Pengaris Buku 7. Mikrometer Skrup Balok
III. TEORI RINGKAS

1. 2. 3. 4.

a. Mistar Mistar mempunyai ketelitian 1 mm atau 0,1 cm. Bagian skala terkecil mistar adalah 1mm. Untuk menghindari kesalahan pembacaan hasil pengukuran akibat paralaks (beda kemiringan dalam melihat ), maka ketika membaca mata harus melihat tegak lurus terhadap skala.
Gambar 1. Mistar/penggaris

Contoh mengukur panjang dengan mistar. Tentukan panjang karet penghapus

01 mm. b.1mm. . Jangka Sorong Jangka sorong merupakan alat ukur panjang yang mempunyai ketelitian 0. dengan ketelitian 0. Bagian-bagian skala mikrometer sekrup : • • • Skala utama Skala terkecil dari skala utama adalah 0. c.01 mm atau 0.3 cm. Skala putar Skala terkecil dari skala putar 0. Mikrometer sekrup dapat digunakan untuk mengukur ketebalan plat alumunium.1 mm atau 0. Jangka sorong mempunyai 2 bagian penting. Pada rahang geser ini dilengkapi skala nonius. diameter kawat yang kecil dan benda yang mempunyai ukuran kecil dan tipis. Contoh Pengukuran dengan jangka sorong.01 cm. • • Bagian tetap (rahang tetap). Mikrometer Sekrup Mikrometer sekrup merupakan alat ukur panjang yang paling teliti disbanding dengan jangka sorong dan mistar. Bagian yang dapat digeser (rahang geser). Skala tetap dan nonius mempunyai selisih 0. skala tetap terkecil 1mm atau 0.50 mm Contoh Pengukuran panjang dengan mikrometer sekrup. Jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur diameter kelereng dan diameter bagian dalam pipa.1 cm.1 mm.001 cm. Jadi panjangnya 2. dengan batas ukur dari 0.01 mm – 0.* Panjang karet penghapus A Ujung depan dititik 0 dan ujung belakang di 2 cm lebih 3mm.

Dari ketiga alat tersebut. b.IV. Untuk mengukur diameter dalam sebuah pipa digunakan … V. Tentukan hasil pengukuran panjang dari alat ukur berikut ini ? a. Alat ukur yang mempunyai ketelitian 0. Kesimpulan . Mikrometer sekrup B. alat manakah yang hasil pengamatannya paling teliti? Berikan alasan? 3. Apa yang dimaksud dengan skala nonius ? 2. 4. Jangka Sorong A.01mm yaitu… 5. A. Data Percobaan dan Perhitungan No Alat Ukur 1 Mistar 2 Jangka sorong 3 Mikrometer sekrup Sisi (mm) Luas (m2) Volume (m3) Nama Benda : Nama Benda : No Alat Ukur 1 Mistar 2 Jangka sorong 3 Mikrometer sekrup Nama Benda : Sisi (mm) Luas (m2) Volume (m3) No Alat Ukur 1 Mistar 2 Jangka sorong 3 Mikrometer sekrup Sisi (mm) Luas (m2) Volume (m3) Pertanyaan : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful