MENEJEMEN HALAQAH PENGAJARAN MATERI TSAQOFIYAH GERAKAN PANDU HIDAYATULLAH A.

TA’RIF Secara lughawi, halaqah bermakna segala sesuatu yang melingkar (kullu syai’in istidaara). Sedangkan secara istilah, halaqah adalah sebuah sistem pengkaderan terstruktur dan berkelanjutan, yang terdiri dari beberapa orang anggota (10-15 santri) dan dibimbing oleh seorang murabbi. B. LATAR BELAKANG Halaqah merupakan sistem pendidikan Islam tertua, yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah sejak awal turunnya al-Islam. Sebagaimana dicatat dalam sejarah, diawal da’wah Islam proses penanaman nilai-nilai ajaran Islam dilakukan oleh Rasulullah di rumah Al-Arqam. Sistem halaqah ini juga telah diwariskan dari generasi ke generasi dan telah terbukti efektifitasnya dalam dalam membentuk kepribadian ummat Islam, meluruskan pemahaman serta aqidah mereka. Bahkan juga transformai Ilmu pengetahuan. C. TUJUAN HALAQAH Tujuan utama pembinaan halaqah pandu Hidayatullah antara lain: 1. 2. 3. D. Menjadikan santri binaan yang memiliki kepribadian muslim (syakhsyiyah Islamiyah) yang kuat. Melahirkan kader-kader yang siap memikul amanah da’wah Merajut anggota dalam satu shaf untuk beramal dan berorganisasi secara kolektif (berjamaah)

KEDUDUKAN HALAQOH Halaqah pandu Hidayatullah merupakan wadah pembinaan santri Hidayatullah yang dibentuk dan dikoordinasikan oleh Pesantren, sekolah, madrasah dan amal usaha pendidikan Hidayatullah.

E.

FUNGSI HALAQOH 1. Muakhhoh Halaqah pandu Hidayatullah berfungsi sebagai sarana muakhhoh (mempersaudarakan). Dalam halaqah ini antara anggota halaqoh yang satu dengan anggota yang lainnya merupakan sebuah keluarga, dimana terjadi hubungan yang intensif untuk saling mengenali (ta’aruf), saling memahami (tafahum), saling membantu (ta’awun), dan saling menanggung (takaflul). Segala persoalan yang terjadi pada anggota halaqah secara dini dapat diketahui oleh anggota yang lain dalam halaqah, demikian pula penyelesaiannya.

1

2. b. memimpin. yang bertanggungjawab mengarahkan serta mengevaluasi anggotanya dari waktu ke waktu. tetapi dapat menegakkannnya secara kaffah dengan cara hidup berjama’ah. seperti: usia. b. Ini penting. Adapun peran dan fungsi murabi halaqah meliputi: a. agar santri tidak hanya memahami ajaran Islam dan melaksanakannya secara individual. Memiliki kemampuan menterjemah Al-Qur'an dengan baik. senioritas. tingkat pemahaman Islam. Tandzim . Anggota halaqah adalah setiap anak yang telah terdaftar sebagai santri Hidayatullah. (mutaba’ah) perkembangan c. F. Muallim. yang dipilih dari para kader guru/pengasuh/karyawan yang memiliki kriteria sebagai berikut: a. Setiap halaqah beranggotakan antara 10-15 santri. Kader yang telah terbukti loyalitasnya. Tarbiyah Halaqah pandu Hidayatullah berfungsi sebagai sarana tarbiyah. Peranan murabbi sangat menentukan kesuksesan sebuah halaqah. Mas’ul. MENEJEMEN HALAQAH 1. Qudwah hasanah. Halaqah pandu Hidayatullah juga berfungsi sebagai sarana tandzim (pengorganisasian). domisili. yang mencakup kegiatan tilawah (pemahaman) ayat-ayat Allah dalam kehidupan nyata. yang dituntut untuk memberikan contoh dan tauladan yang baik dalam kehidupan sebagai seorang mukmin. mengkoordinir. Proses pembentukan halaqah seyogyanya mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi efektifitas halaqah. d. Murabbi halaqah. dsb. Murabbi adalah seorang pemimpin dan pembimbing dalam halaqah. Keanggotaan halaqah ditentukan oleh bagian kesantrian/kesiswaan dan bisa juga dikoordinasikan oleh bagian pengkaderan PD/PW Hidayatullah setempat. 3. yang bertanggungjawab untuk mendidik anggotanya agar dapat memahami dan melakanakan ajaran Islam secara benar. tingkat pendidikan. Telah mengikuti program sosialisasi dan pelatihan menjadi Murabbi pandu Hidayatullah. Anggota yang berpindah 2 .2. Mampu berperan sebagai pembimbing dan menjadi teladan bagi santri . Perpindahan anggota halaqah ke halaqah lainnya dimungkinkan jika memang terdapat suatu pertimbangan tertentu. Anggota halaqah. tazkiyatun (pensucian hati) dan ta’limatul kitab wa as-sunnah (pengajaran) nilai-nilai al-Qur’an dan As-Sunnah (Al-Jumu’ah: 2). c. Murabbi halaqah pandu Hidayatullah ditunjuk oleh bagian kesantrian/kesiswaan dan bisa juga dikoordinasikan oleh bagian pengkaderan PD/PW Hidayatullah setempat.

Apabila terdapat bacaan yang kurang sesuai dengan hukum-hukum bacaan. Setiap pertemuan halaqah memerlukan waktu kurang lebih sekitar 60 – 90 menit. . maka murabbi/anggota yang dianggap lebih fasih bertugas meluruskannya. diperlukan beberapa sarana penunjang. Sarana pendukung halaqah Agar halaqah dapat berjalan secara optimal. seperti: gambar. Pertemuan mingguan Pertemuan halaqah pandu Hidayatullah idealnya dilakukan sekali dalam seminggu. skema. taman-taman sekolah/pesantren. Tarjamah & tafhimul Qur’an Seluruh anggota halaqah dipimpin oleh murabbi membaca satu halaman ayat-ayat Al-Qur’an dengan bacaan tartil secara bersamaan. papan tulis. Alat-alat peraga. terdiri dari: Pembukaan oleh murabbi halaqah atau yang ditunjuk. c. b. Tadarrus Al-Qur’an. Tempat pertemuan halaqah sebaiknya dilakukan secara tetap atau pun bisa berpindah-pindah asalkan tidak mengurangi efektifitas pelaksanaannya. kantor atau di tempat-tempat lain yang memungkinkan. 4. kapur. Materi halaqah. program kerja. Silabus materi pembinaan halaqah dapat dilihat pada lampiran. Tempat pertemuan halaqah. Setelah itu hendaknya murabbi memilih salah satu anggota halaqoh untuk membaca 3 s/d 5 ayat (tergantung panjang pendeknya ayat). panduan halaqah pandu Hidayatullah. buku muhasabah yaumiyah. sesekali tempat pertemuan dapat dilakukan ditempat-tempat lain. di mushalla/ majid. di taman. Materi halaqah merupakan bahan-bahan yang diperlukan untuk proses pembinaan anggota secara terstruktur dan berkelanjutan. kamar asrama. Kegiatan halaqah a. dll. yang biasanya dilakukan di ruang kelas. Jadwal waktu pertemuan halaqah ditentukan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh yang berwenang. dsb. spidol. antara lain: a. dan buku penunjang lainnya. yang terdiri dari: data anggota. Buku panduan kaderisasi santri. Administrasi halaqah. Untuk menghindari terjadinya kejenuhan. Selanjutnya membaca dan menterjemahkannya secara lafdziyah ataupun per3 5. Agenda kegiatan dalam pertemuan halaqah. seperti di masjid. kebun raya atau di tempat-tempat yang memungkinkan dilakukan halaqah. yang terdiri dari kurikulum dan buku-buku panduan. 3.murabbi harus diampaikan kepada bagian kesantrian/kesiswaan dan bisa juga kepada bagian pengkaderan PD/PW Hidayatullah setempat. diktat modul kaderisasi santri. d.

Ar-Rasul ( Sa’id Hawwa). Pembebanan tugas Diluar kegiatan pertemuan halaqah mingguan. Dalam memberikan materi kajian ini sebaiknya disisihkan waktu untuk tanya jawab antar anggota untuk lebih mendapatkan pendalaman.ayat. dalam bentuk lisan. sahat-shalat sunnah. Muhasabah. Mizanul Muslim (Abu Amar) dll Selalu menujukkan akhlaqul karimah dalam pergaulan sehari-hari. dzikrullah. dan sesama muslim. atau sesuai dengan referensi yang disarankan dalam modul kaderisasi. halaqah Dalam memulai kajian inti sebaiknya murabbi memulainya dengan memberikan apersepsi (mengamati kondisi psikologis anggota dan memberikan pendasaran agar materi mudah diterima). b. Saat dibacakan terjemahan.Panduan Berislam paket 1-6 (Departemen dakwah. dsb. Fiqhus Sunnah (Sayid Sabiq). anggota memperhatikan dan menyimak bacaan dengan baik. seluruh anggota halaqoh diajak untuk senantiasa terbiasa berinfaq secara materi. Fauzan bin Ali fauzan). Infaq fi sabilillah. dsb. Kajian inti diberikan oleh murabbi dengan materi yang sudah tercantum dalam paket modul kaderisasi pandu Hidayatullah. amal ma’ruf nahyu munkar terhadap saudara. Munawar Kholil). shalat lail. Melaksanakan da’wah fardiyah. Manhaj Haroki (Munir Ghodban). Penutup Penutup halaqah dilakukan dengan pembacaan do’a oleh murabbi atau salah seorang yang ditunjuk. setiap anggota halaqah memiliki beban tugas yang wajib dilakukannya di luar pertemuan halaqah. teman se-asrama. seperti: membaca AlQur’an. Evaluasi terhadap amal-amal yaumiyah dan tugas-tugas yang telah diberikan oleh murabbi. Kajian inti ini dapat juga mengambil referensi kitab-kitab tertentu yang sesuai dengan target dan sasaran halaqah. Menghidupkan ibadah nawafil (sunnah). seperti: Tafsir Hadits (Syaikh Izzah Darwazah). Kajian inti. 4 - - - . Karakteristik 60 Sahabat (Khalid bin Mohammad khalid). seperti: shalat berjama’ah di masjid Hidayatullah atau masjid terdekat. Membaca buku-buku wajib. Adapun tuga-tugas tersebut meliputi: Menunaikan kewajiban yang bersifat fardlu ain dengan penuh kedisiplinan.Siroh Nabawiyah (Ramadhan al-Bauti) Riyadhus Shalihin (Imam Nawawi). puasa Ramadhan. Kitabut Tauhid (DR.DPP Hidayatullah) Kelengkapan Tarih Nabi (KH. Sebaiknya dalam halaqoh mingguan. dengan cara menghidupkan silaturrahim.

Adapun administrasi halaqah terdiri dari: a. b. --o-- 7. c. diperlukan proses pengadministraian. Administrasi halaqah Untuk terwujudnya tujuan halaqah. kendala serta penyebabnya. b. Evaluasi halaqah a. Buku jurnal halaqah Buku catatan kegiatan halaqah . 6. dengan cara mencermati lembar muhasabah dan menanyakan secara lisan. dilakukan dalam Rakor murobbi halaqah pandu Hidayatullah untuk mengetahui realiasi program halaqah secara umum. terutama bekal sebagai seorang mukmin dan seorang da’i yang menyeru orang lain ke jalan Allah. Tata tertib halaqah Evaluasi mingguan. 5 . dilakukan untuk mengetahui perkembangan pribadi anggota halaqah.- Mengikuti majlis ilmu atau program-program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman. Evaluasi Semester.

وق وتنا ما أحي يت نا. والمد َلل رب‬ ‫العالمي.‬ ‫اللهم إنك ت علم أن ىذه القلوب قد اجتمعت على مبتك.‬ ‫ر‬ ‫وجيل الت كل عليك وأحيها بعرفتك وأمت ها على الشهادة ف سبيلك إنك نعم‬ ‫و‬ ‫المول ونعم النصي‬ ‫رب نا آتنا ف الدن يا حسنة وف اآلخرة حسنة وقنا عذاب النار. ول تسلط علي نا من ل يافك ول ي رحنا. ووثق اللهم رابطت ها و أدم‬ ‫ودىا واىدىا سب لها واملىا بن ورك الذى ل يب و واش ح صدورىا بفيض اليان بك. ومن طاعتك ما ت ب لغنا‬ ‫بو جنتك.‬ ‫رب نا إنك رءوف رحيم.‬ ‫أَعوذ بالل من الشيطان الرجيم. بسم الل الرحن الرََحيم‬ ‫ّّ‬ ‫اللهم اغفر لنا ولوالدي نا ولميع المسلمي والمسلمات. ول تعل ف ق لوبنا غلا للذين آمن وا. والصلة والسلم على ممد وعلى آلو وصحبو اجعي. وانصرنا‬ ‫على من عادانا. ويا قاضي الاجات.‬ ‫سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلم على المرسلي. ول تعل الدن يا أكب ر هنا ول مب لغ‬ ‫علمنا.‫‪Lampiran‬‬ ‫‪DO’A PENUTUP PERTEMUAN HALAQAH‬‬ ‫المد َلل رب العالمي. إنك سيع قريب ميب الدعوات.‬ ‫اللهم اغفر لنا ولخواننا الذين سب قونا باليان. اللهم مت عنا بأساعنا.‬ ‫6‬ . وت عاىدت على نصرة شري عتك .‬ ‫وت وحدت على دعوتك. و الت قت على طاعتك. ول تعل مصيبت نا ف ديننا. واجعل ثأرنا على من ظلمنا.‬ ‫وأبصارنا. ومن اليقي ما ت هون بو علي نا مصائب الدن يا. والمؤمني والمؤمنات الحياء‬ ‫من هم والموات. واجعلو الوارث منا.‬ ‫اللهم اقسم لنا من خشيتك ما تول بو ب ي ن نا وب ي معاصيك.

Lampiran TATA TERTIB ANGGOTA HALAQAH 1. 4. 2. melingkar dan rapat antar lutut Membawa mushaf al-Qur’an Mendengarkan pencerahan dengan baik Bersikap tenang. 6. tidak ramai Membawa buku catatan dan mencatat materi halaqah 7 . 3. Datang tepat waktu Duduk dengan bersila. 5.

4. kesabaran serta kesungguhan dalam mewujudkan program-program halaqah. dsb. saling memahami. Oleh karenanya. Ikhlas. dan menghindari hal-hal yang meruntuhkan ukhuwah. 3. Akhlaqul Karimah. Serta menjauhi akhlak tercela yang dilakukan oleh syetan dan teman-temannya.ADAB-ADAB ANGGOTA HALAQAH PANDU HIDAYATULLAH 1. baik murabbi maupun anggota harus senantiaa menjaga keistiqamahan ini. 2. ghibah. Itiqamah (konsistensi) merupakan kunci kesuksean halaqah. Memelihara ukhuwah Kekuatan halaqah dan perkembangannya ditentukan oleh sejauh mana seluruh anggota dapat memelihara ukhuwah dalam anggota halaqahnya. saling menghargai dan saling membantu bila ada yang kesulitan. Keistiqamahan tersebut dapat dilihat dari aspek kedisiplinan. Semua anggota halaqah harus senantiasa menjaga akhlak karimah yang dicontohkan oleh Rasulullah. mengingat berhalaqah merupakan bagian dari sarana meningkatkan ilmu. saling merendahkan. Terbangunnya ukhuwah dapat diraih apabila setiap anggota beruaha untuk menyuburkan hal-hal yang menguatkan. Itiqamah. Adapun hal-hal yang dapat menyuburkan ukhuwah itu antara lain: saling mengenal. Sebab dalam kegiatan yang berifat tetap serta rutin umumnya menimbulkan perasaan jenuh. mencari-cari kesalahan. 8 . membuka aib saudaranya. Sedangkan hal-hal yang dapat merusak ukhuwah seperti. Setiap anggota halaqah harus senantiasa menata niat untuk ikhlas semata-mata mencari keridhaan Allah SWT. beramal jama’i serta merupakan bagian dari sebuah proses menegakkan dinul Islam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful