P. 1
Power Point PTK

Power Point PTK

|Views: 833|Likes:
Published by busianto
PTK
PTK

More info:

Published by: busianto on Jan 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2013

pdf

text

original

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGSARI MELALUI MEDIA

SEDOTAN

Devi Andriana VIIB/09141044

LATAR BELAKANG
Mata pelajaran Matematika termasuk mata pelajaran yang cukup sulit dan cenderung membosankan bagi siswa. Hal ini terbukti dengan hasil perolehan nilai matematika siswa yang sebagian besar cenderung masih di bawah KKM. Oleh karena itu, saya disini mencoba menggunakan media yang cukup menyenangkan yaitu dengan menggunakan sedotan agar siswa tidak merasa bosan dan bisa belajar sambil bermain sehingga materi tentang penjumlahan bilangan bulat mampu diterima dan dipahami dengan baik oleh siswa.

FOKUS MASALAH
 Apakah Media “Sedotan” Dapat Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN Gunungsari?

PEMECAHAN MASALAH
Untuk meningkatkan kemampuan dalam penjumlahan bilangan bulat saya disini menggunakan media sedotan yaitu dengan cara membagikan beberapa buah sedotan kepada masingmasing siswa yang kemudian akan dilakukan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan sedotan tersebut sehingga dengan langsung melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran diharapkan siswa akan merasa senang dan tidak bosan selama mengikuti kegiatan pembelajaran dan materi yang diberikan akan mampu dipahami dengan baik oleh siswa.

TUJUAN PENELITIAN Untuk mengetahui apakah media “Sedotan” mampu meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Gunungsari.

MANFAAT PENELITIAN

Hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi siswa karena mereka menjadi senang dan tidak bosan saat mengikuti pelajaran matematika. Bagi guru, penelitian ini dimungkinkan dapat terus diterapkan kepada para siswa supaya siswa menjadi senang dan tidak bosan dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan untuk melakukan penelitian sejenis.

KAJIAN PUSTAKA  Kemampuan penjumlahan bilangan bulat Definisi, faktor-faktor yang mempengaruhi  Media pembejaran “Sedotan” Definisi, langkah-langkah

HIPOTESIS TINDAKAN

Jika Media “Sedotan ” diterapkan pada siswa kelas IV SDN Gunungsari pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat, maka kemampuan siswa akan meningkat.

METODE PENELITIAN SIKLUS I  Perencanaan : Peneliti mengamati kondisi siswa saat kegiatan pembelajaran Matematika di kelas IV berlangsung. Pelaksanaan : Penerapan media “Sedotan” pada siswa kelas IV dilakukan 4x selama 2 bulan pada mata pelajaran matematika. Siswa diberikan masing-masing beberapa buah sedotan yang kemudian akan dilakukan untuk penjumlahan bilangan bulat.

 Observasi : peneliti mengamati pelaksanaan “pembelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat dengan media “Sedotan” dan melakukan dokumentasi pada kegiatan siswa.  Refleksi : melihat apakah hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penjumlahan bilangan bulat pada siswa atau tidak. Jika tidak, perlu dibuat SIKLUS II.

TEKNIK PENGUMPULAN DATA Observasi : melihat respon siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan media “Sedotan” mata pelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat. Dokumentasi : mengamati kemampuan penjumlahan bilangan bulat siswa di kelas selama pembelajaran matematika berlangsung dan dokumentasi.

TEKNIK ANALISIS DATA Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data berupa catatan hasil observasi dan foto akan dikelompokkan dan dianalisa untuk mendapatkan kesimpulan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->