P. 1
Power Point PTK

Power Point PTK

|Views: 28|Likes:
Published by busianto
PTK
PTK

More info:

Published by: busianto on Jan 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2013

pdf

text

original

ERWIN DESI LESTARI / PGSD VIIB 09.141.

075

 Siswa Kelas III SD Negeri

Gunungsari kurang memiliki motivasi belajar dikarenakan guru kurang kreatif menemukan triktrik bagaimana cara agar siswa menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Gunungsari pada pembelajaran tematik melalui metode talking stick?

Penelitian ini bertujuan untuk :
Agar

siswa lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran. Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III Negeri Gunungsari pada pembelajaran tematik melalui metode talking stick.

Manfaat Penelitian
Bagi Guru
 Guru mendapat ilmu baru sebagai masukan

dalam mengajar agar memotivasi siswa berupa penerapan metode talking stick.  Guru akan merasa lega dan puas jika siswa SD Negeri Gunungsari bisa senang dengan penerapan metode talking stick saat pembelajaran.  Guru pun juga akan bangga jika metode talking stick itu membuat siswa SD Negeri Gunungsari menjadi termotivasi dalam belajar dan mendapatkan nilai yang bagus.

Bagi Siswa
 Siswa akan lebih semangat untuk belajar dan

berkompetisi dengan siswa yang lain.  Siswa akan lebih maksimal mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk bersaing dengan teman yang lain.  Siswa akan lebih fokus (konsentrasi) dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung.
 Bagi peneliti lain, dapat dijadikan acuan pada

penelitian sejenis

Penelitian dikatakan berhasil jika:  Siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran  Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan

A.
B. C.

Pengertian Motivasi Belajar Pengertian Pembelajaran Tematik Definisi Metode Talking stick

Jika siswa kelas III SD Negeri Gunungsari menerapkan metode talking stick pada pembelajaran tematik maka motivasi belajarnya akan meningkat.

Metode penelitian
 Siklus 1 Perencanaan

Peneliti melakukan wawancara terhadap siswa kelas 3 untuk mengungkapkan masalah apa saja yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar. Pelaksanaan Tindakan dan Observasi Pada tahap ini peneliti mempraktikkan metode talking stick pada pembelajaran tematik untuk memotivasi belajar siswa kelas 3.

Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan di atas, kemudian peneliti melakukan refleksi atas proses dan hasil pembelajaran yang dicapai pada proses tindakan ini. Jikalau siklus 1 belum berhasil, akan dilakukan siklus 2.

Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah :
Observasi, yakni mengamati gejala-gejala yang
tampak dalam proses pembelajaran tentang kesungguhan atau tidak siswa dalam mengikuti pembelajaran. wawancara, tentang kesan-kesan siswa dan pengungkapan perasaan siswa ketika melakukan metode talking stick saat pembelajaran. Refleksi, melihat hasil penelitian apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa atau tidak. Jika tidak, perlu dilakukan siklus II

Teknik Analisis Data
Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara diskriptif kualitatif.

Data kualitatif berupa catatan pengamatan, rekaman wawancara dan laporan observasi penelitian.

Sekian dan terima kasih!!!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->