Gulma Teki Cyperus rotundus

Klasifikasi Kingdom : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi Kelas Sub Kelas Ordo Famili Genus Spesies Nama lokal : Rumput teki, Teki (Jawa Tengah), Mota (Madura), Karecha wae (Sumba), Rukut teki (Minahasa), Bulili manggasa buai (Buol) : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) : Liliopsida (berkeping satu / monokotil) : Commelinidae : Cyperales : Cyperaceae : Cyperus : Cyperus rotundus L.

Nama umum: Indonesia Inggris Filipina Cina : Teki : Nut grass, Purple nut sedge : Mutha : Xiang fu zi Teki ladang atau Cyperus rotundus adalah gulma pertanian yang biasa dijumpai di lahan terbuka. Apabila orang menyebut "teki", biasanya yang dimaksud adalah jenis ini, walaupun ada banyak jenis Cyperus lainnya yang berpenampilan mirip. Teki sangat adaptif dan karena itu menjadi gulma yang sangat sulit dikendalikan. Ia membentuk umbi (sebenarnya adalah tuber, modifikasi dari batang) dan geragih (stolon) yang mampu mencapai kedalaman satu meter, sehingga mampu menghindar dari kedalaman olah tanah (30 cm). Teki menyebar di seluruh penjuru dunia, tumbuh baik bila tersedia air cukup, toleran terhadap genangan, mampu bertahan pada kondisi kekeringan.

Morfologi
Herba menahun, tinggi 0.1 – 0.8 m ( 1m )  Akar Akar serabut, berwarna putih kotor.  Batang Batang tumpul sampai persegitiga tajam, lunak , membentuk umbi , hijau pucat.

 Daun Daun berjumlah 4–10 helai dan letaknya berjejal pada pangkal batang, dengan pelepah daun yang tertutup tanah, helaian daun bentuk garis, dari atas hijau tua mengkilat, 10–60 kali 0.2–0.6 cm.

 Bunga Bunga majemuk, di ujung batang, bentuk bulir, panjang 1-3 cm, lebar 2 mm, benang sari tiga, kepala sari merah, putik panjang ± 1,5 cm, coklat.

 Buah Buah berbentuk bulat telur, panjang ± 1,5 cm, coklat.  Biji
Biji berbentuk elips, dengan 2-3 sisi.

Habitat Dapat tumbuh pada bermacam-macam keadaan tanah dengan ketinggian 1– 1000 m. Gulma ini termasuk gulma tahunan yang berkembang biak terutama dengan umbinya. Umbi gulma ini dapat tumbuh pada suhu sekitar 13–14°C dan suhu optimum untuk pertumbuhan teki berkisar antara 30–35°C. Berdasarkan habitatnya

gulma Cyperus rotundus termasuk gulma sawah tanaman palawija. Gulma ini sering ditemukan bersamaan dengan gulma rerumputan pada habitat yang sama.

Foto diambil dari 4 lokasi yang berbeda

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful