P. 1
Proposal Pengajuan Judul Skripsi (Kedua)

Proposal Pengajuan Judul Skripsi (Kedua)

|Views: 39|Likes:
Published by Leo Nardo

More info:

Published by: Leo Nardo on Jan 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2013

pdf

text

original

Proposal Pengajuan Judul Skripsi

Rancang Bangun Aplikasi Tes Minat dan Bakat Menggunakan VB.6.0 Pada SMA Negeri 7 Cirebon

Iik Pariz Mubarok 14506470

Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Poltek Cirebon

I.

Judul
RANCANG BANGUN APLIKASI TES MINAT MENGGUNAKAN VB.6.0 PADA SMA NEGERI 7 CIREBON DAN BAKAT

II.

Latar Belakang Masalah
Banyak diantara kita yang memilih sekolah atau pekerjaan berdasarkan keinginan semata bukan berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Cara demikian lebih banyak mengandalkan keberuntungan atau nasib. Setiap manusia mempunyai kemampuan atau potensi yang berbeda, masing-masing potensi ini dapat digali dan diubah menjadi kreativitas dengan cara banyak berlatih memperluas wawasan dengan banyak membaca dan mengembangkan sikap positif, maju dan berhasil. Tes-tes psikotes dapat digunakan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan, minat, bakat dan kepribadian. Maksud dan tujuan tes psikotes untuk membantu para pemakai yang hendak memilih jurusan sekolah di sekolah menengah umum. Psikotes ini memberikan gambaran bagaimana memandang suatu masalah atau cara pemecahannya yang paling praktis. Akan tetapi dalam menyikapi hal ini terkadang orang enggan untuk melaksanakan tes psikotes ini, mungkin dikarenakan tidak adanya waktu atau tempat tes yang menjadi hambatan. Permasalahan yang terpenting adalah hal ini bagaimana peserta tes psikotes dapat melaksanakan tes dimanapun dan kapanpun ia berada sehingga dapat mempermudah dan berjalan dengan baik. Saat ini telah berkembang sebuah teknologi berupa komputer yang dapat membantu mempermudah peserta tes untuk melaksanakan tes psikotes. Untuk itu penyusun mengambil topic pembahasan mengenai perancangan system tes psikotes terkomputerisasi.

III. Identifikasi Masalah
a. Rumusan Masalah Berdasarkan pada latar belakang masalah penelitian yang telah disampaikan, maka penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut:
1. Tes psikotes masih dalam bentuk kertas soal. 2. Penentuan jurusan belum terfokuskan dengan tes psikotes. 3. Peserta tes masih belum bisa mengetahui hasil tes psikotes secara langsung.

b. Batasan Masalah Dalam penelitian ini, penulis akan membatasi masalah yang akan dibahas sebagai berikut: 1. 2. Penulis hanya membangun aplikasi psikotes penentuan jurusan. Penulis mengharapkan dengan adanya aplikasi psikotes, siswa peserta tes bisa mengetahui hasil dari tes secara langsung.

IV. Tujuan dan Manfaat Penelitian
a. Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini : 1. 2. Untuk mengetahui bagaimana karakter siswa yang akan menentukan kelas jurusan, untuk membantu dalam menyajikan soal-soal tes. Untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan tes psikotes dengan menggunakan aplikasi komputer.

b. Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang penulis harapkan dari penelitian ini adalah tidak terjadinya kesalahan dalam menentukan jurusan, dan dengan bantuan tes psikotes ini diharapkan siswa mengetahui tingkat intelegensinya.

V.

Kesimpulan
Aplikasi psikotes ini merupakan sebuah kemajuan dari tes psikotes secara manual, yang diharapkan dengan adanya Aplikasi psikotes ini menjadikan daya tarik siswa dalam melaksanakan tes lebih tinggi, dan biaya yang dikeluarkan akan lebih minim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->