TUGAS FIQIH

MODEL - MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF MATA PELAJARAN FIKIH
KELOMPOK 10 AZWANTO RAHMANISA SYAHRIANTO

namun demikian makna tersebut meluas tidak hanya ada pada dunia militer atau olahraga saja akan tetapi bidang ekonomi. Model Pembelajaran adalah sebagai suatu disain yang menggambakan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri siswa (Didang : 2005) . pendekatan dan metode pembelajaran. Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas daripada suatu strategi.Pengertian Model Pembelajaran Istilah model pembelajaran amat dekat dengan pengertian strategi pembelajaran dan dibedakan dari istilah strategi. metode. sosial. Sedangkan istilah “strategi “ awal mulanya dikenal dalam dunia militer terutama terkait dengan perang atau dunia olah raga. pendidikan. dan teknik.

• tujuan pembelajaran yang akan dicapai. • Berbedanya pengertian antara model.Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode tertentu yaitu : • rasional teoritik yang logis disusun oleh perancangnya. . • tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan secara berhasil dan • lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai. pendekatan dan metode serta teknik diharapkan guru mata pelajaran umumnya dan khususnya matematika mampu memilih model dan mempunyai strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan standar kompetensi serta kompetensi dasar dalam standar isi. strategi.

Disebut demikian karena pembelajaran ini dirancang agar mengaktifkan anak.  Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya. Menyenangkan adalah suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya tinggi. dan mengemukakan gagasan Kreatif juga dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa.   . Hal yang paling penting dalam model PAKEM adalah siswa dengan senang hati melaksanakan kegiatan pembelajaran. sehingga siswa dan guru aktif memerankan perannya dengan kreatif sehingga menghasilkan tujuan secara efektif tanpa merasakan terbebani oleh berbagai kegiatan tersebut.Model Pembelajaran PAKEM Pada hakikatnya model PAKEM adalah model pembelajaran yang berusaha mencip-takan interaksi secara optimal antara semua komponen pembelajaran. mengembangkan kreativitas sehingga efektif namun tetap menyenangkan. mempertanyakan.

kreatif.Yang Harus Diperhatikan Dalam Melaksanakan PAKEM  Memahami sifat yang dimiliki anak  Mengenal anak secara perorangan  Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar  Mengembangkan kemampuan berpikir kritis. dan kemampuan memecahkan masalah  Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik  Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar  Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar  Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental .

mendorong kreativitas siswa dan guru. dan kegiatan pembelajaran. Jika ketiga unsur tersebut dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada maka kegiatan belajar megajar akan berjalan dengan lancar. . dan pembelajarannya menyenangkan utamanya bagi siswa. guru sebagai fasilitator dan motivator.Ciri . Siswa berperan sebagai subjek. guru. pembelajarannya efektif. Prinsip PAKEM pada dasarnya prinsip pelaksanaan pende-katan PAKEM selalu mengarah kepada tiga hal yaitu siswa. dan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diinginkan. serta kegiatan pembelajaran yang mengaktifkan siswa.Ciri PAKEM pem-belajarannya mengaktifkan siswa.

menyebutkan paling tidak ada 12 aspek dari sebuah pembelajaran kreatif. Biggs and Ross Telfer. yang harus dipahami dan dilakukan oleh seorang guru yang baik dalam proses pembelajaran terhadap siswa: Memahami potensi siswa yang tersembunyi dan mendorongnya untuk berkembang sesuai dengan kecenderungan bakat dan minat mereka. Menghargai potensi siswa yang lemah/lamban dan memperlihatkan entuisme terhadap ide serta gagasan mereka. John B.Peran Guru Dalam Pembelajaran PAKEM Agar pelaksanaan Pakem berjalan sebagaimana diharapkan. Mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses dalam bidang yang diminati dan penghargaan atas prestasi mereka. 1987. dalam bukunya “The Process of Learning”. Mengakui pekerjaan siswa dalam satu bidang untuk memberikan semangat pada pekerjaan lain berikutnya. edisi kedua. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar meningkatkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan bantuan jika mereka membutuhkan.      .

 Mendorong terjadinya proses pembelajaran interaktif.  Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan bebas dari tekanan dan intimidasi dalam usaha meyakinkan minat belajar siswa.  Memuji keindahan perbedaan potensi. inkuiri dan diskaveri agar terbentuk budaya belajar yang bermakna (meaningful learning) pada siswa.  Mendorong dan menghargai keterlibatan individu siswa secara penuh dalam proyek-proyek pembelajaran mandiri.  Memberikan tes/ujian yang bisa mendorong terjadinya umpan balik dan semangat/gairah pada siswa untuk ingin mempelajari materi lebih dalam. . kolaboratif. bakat dan minat serta modalitas gaya belajar individu siswa. karakter.  Menyatakan kapada para siswa bahwa guru-guru merupakan mitra mereka dan perannya sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa. Menggunakan kemampuan fantasi dalam proses pembelajaran untuk membangun hubungan dengan realitas dan kehidupan nyata.

motivasi prestasi (siswa belajar karena ingin . yaitu motivasi intrinsik (siswa belajar karena tertarik dengan tugas-tugas yang diberikan). Ada empat katagori yang perlu diketahui oleh seorang guru yang baik terkait dengan motivasi “mengapa siswa belajar”. motivasi sosial (siswa belajar karena ide dan gagasannya ingin dihargai).Seorang guru harus mengetahui secara pasti mengapa seorang siswa memiliki berbagai macam motif dalam belajar. motivasi instrumental (siswa belajar karena akan menerima konsekuensi: reward atau punishment).

Alhamdulillah. Sukses. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Luar Biasa. Luar Biasa. Yess…. Allahuakbar . Tetap Semangat.Membuat Design Pembelajaran dengan MGMP 3. Luar Biasa.! .      ALA ALAY ALSA ALDA ALTSA . Allahuakbar.Tidak hanya menerapkan satu model pembelajaran 2. Allahuakbar .Diselingi dengan tanya kabar. Dahsyat. Luar Biasa. Allahuakbar . Alhamdulillah. Alhamdulillah. Allahuakbar . Luar Biasa.Model PAKEM Dalam Pembelajaran Fiqih 1.

Satu jam tatap muka = 45 menit …. Agar ada waktu jeda supaya tidak jenuh/capek 5.Strategi PAKEM 4..Konsentrasi  Tepuk Angka  Menggambar Angka tanpa pensil dan kertas  Pengaturan nafas  Dengan Yel-yel • Go…go….go……!!!  Menyanyikan Lagu-lagu tertentu .

Tomat (Tobat-Maksiat) by Wali Band ……………. Ingat mati ingat sholat Ingatlah saat kau sakit Ingat-ingat hidup Cuma satu kali Berapa dosa kau buat Berapa kali maksiat Ingat-ingat sobat.. ingatlah akherat ………… .

Terimakasih! L/O/G/O Sekolah tinggi agama islam Tembilaha 2012/2013 .