RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

I.

IDENTITAS Satuan Pendidikan Kelas / Semester Mata Pelajaran Jumlah Pertemuan

: SMP Negeri 36 Samarinda : VIII/Ganjil : Ilmu Pengetahuan Alam : 2 kali pertemuan (4 x 40 menit)

II.

STANDAR KOMPETENSI (SK) Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia. KOMPETENSI DASAR (KD) 1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 1. Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya 2. Menyebutkan fungsi dari makanan 3. Menjelaskan organ-organ yang berperan dalam sistem pencernaan 4. Menjelaskan macam-macam enzim dalam sistem pencernaan pada manusia 5. Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi 6. Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari- hari dan upaya mengatasinya TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Siswa dapat mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya 2. Siswa dapat menyebutkan fungsi dari makanan 3. Siswa dapat menyebutkan kandungan nutrisi pada makanan 4. Siswa dapat melakukan dan melaporkan kegiatan uji makanan (protein, mineral, gula dan lemak) 5. Siswa dapat menjelaskan organ-organ yang berperan dalam sistem pencernaan pada manusia 6. Siswa dapat menjelaskan macam-macam hormon pada kelenjar lambung 7. Siswa dapat membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi 8. Siswa dapat menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya. KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN  Religius  Jujur  Kerja Keras  Kreatif  Demokratis  Rasa Ingin Tahu

III.

IV.

V.

VI.

       VII.

Komunikatif Senang Membaca Disiplin Rasa hormat dan Perhatian Tekun Tanggung Jawab Ketelitian

Materi Pembelajaran A. Makanan dan Kesehatan

Fungsi Makanan : - Sebagai sumber energi Zat-zat makanan yang dioksidasi dalam tubuh akan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk aktifitas tubuh - Sebagai pembangun tubuh Makanan diperlukan sebagai komponen penyusun protoplasma yang berfungsi dalam proses pertumbuhan, perkembangan dan penggantian sel-sel tubuh yang rusak - Sebagai pelindung dan pertahanan tubuh Zat makanan berperan dalam mengatur tekanan osmosis sehingga tubuh terjaga dalam keseimbangan (homeostasis), berperan pada oksidasi biologis, dan menjadi penyusun antibodi. Zat-zat makanan yang diperlukan dalam tubuh : a. Karbohidrat Fungsi : Sebagai sumber energi Contoh : Nasi, roti, jagung, gandum, singkong, ubi jalar, talas, kentang dan sagu.

Contoh : kelapa. alpukat dan minyak kedelai 2. pelindung tubuh terhadap suhu yang rendah. Lemak nabati : Lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. susu. kacang-kacangan. kacang kapri dan kacang merah Contoh : .E dan K 3. Pelindung organ tubuh yang penting. ikan basah. Protein Fungsi : -Pertumbuhan sel dan mengganti sel-sel yang rusak atau mati -Mengatur proses di dalam tubuh : Kacang tanah. kemiri. kedelai. telur dan minyak ikan c. lemak dibedakan menjadi dua. yaitu : 1. ginjal. D. mentega. lemak daging. misalnya mata. tempe. kecap. Sebagai sumber energy 2. Pelarut vitamin A. dan jantung 4. tahu. Lemak Fungsi : 1.Tumbuhan . Lemak hewani : Lemak yang berasal dari hewan Contoh : Keju.b. yaitu sebagai isolator dibawah kulit untuk menghindari hilangnya panas tubuh Berdasarkan asalnya.

. minyak ikan. kedelai dan sayuran 3.Hewan : Cumi. telur. tomat. ikan . Vitamin Macam-macam Vitamin 1. Vitamin C Fungsi : .Pembentukan sel pembuatan trombosit . kacang hijau.Mampu menghentikan pendarahan pada gusi . dan buah-buahan yang berwarna kuning dan merah 2. terutama reaksi pembakaran atau oksidasi Contoh : Kulit ari beras. Vitamin B Fungsi : Melancarkan reaksi metabolism tubuh. Vitamin A Fungsi : Menjaga kesehatan mata Contoh : Wortel. susu dan keju d.daging.

kubis.Pembentukan protrombin Contoh : Kangkung.Menjaga keremajaan sel Contoh : Kecambah. mangga. bayam dan daging . anggur 4. apel. Vitamin D Fungsi : Proses pembentukan tulang Contoh : Susu.Pembekuan darah . daging dan sayuran 5. Vitamin E Fungsi : . hati. stroberi.Contoh : Jeruk. Vitamin K Fungsi : . minyak tumbuhan dan tumbuhan hijau 6.Menjaga struktur sel darah merah .

Mempercepat reaksi .Mempercepat reaksi . ikan. kacang buncis dan sawi 4. makanan yang kita makan seharihari dapat kita kelompokkan ke dalam makanan empat sehat lima sempurna sebagai berikut : 1. tomat. dan udang 3. apel dan jeruk. Makanan pokok : Sebagai sumber karbohidrat Contoh : Beras. Lauk pauk : Sebagai sumber protein dan lemak Contoh : Daging. papaya.Melarutkan zat makanan . Buah-buahan : Sebagai sumber vitamin Contoh : Pisang. wortel. mangga. kentang.Zat penyusun tubuh .Mengatur panas tubuh . Sayuran : Sebagaisumber vitamin dan mineral Contoh : Bayam.Mengangkut zat sisa kea lat pembuangan Contoh : Makanan yang mengandung air dan minuman Berdasarkan zat gizi yang dikandungnya.e. telur. dan ubi 2. sayuran. .Menjaga proses fisiologi tubuh Contoh : Daging. Mineral Fungsi : .Membentuk cairan . jagung. Air Fungsi : . sagu. susu dan keju f. buah-buahan.

Kelenjar lambung c. Jika ditambah dengan minum susu. Kelenjar ludah b. Lambung d. Kelenjar pencernaan a. B. Susu merupakan sumber protein. Saluran pencernaan a. vitamin dan mineral. Organ-organ Sistem Pencernaan Manusia Sistem pencernaan makanan pada manusia terdiri atas : 1. Usus besar f. maka makanan itu menjadi lima sempurna. Kerongkongan c. Kelenjar hati d. Usus halus e. Kelenjar pancreas . Rongga mulut b. Anus (dubur) 2.Keempat kelompok makanan itu harus ada dalam makanan kita.

bentuknya besar dan permukaannya tidak rata dengan tonjolan-tonjolan yang cocok untuk mengunyah makanan. Akar Gigi : Bagian gigi yang tertanam didalam tulang rahang Bila kita amati gambar penampang gigi. yaitu dengan memotong. dan mengunyah makanan. yaitu : a. Gigi Gigi berfungsi mencernakan makanan secara mekanik. gigi dapat dibedakan atas : 1. Gigi Seri. Gigi Taring. berfungsi mengunyah makanan. makanan mengalami pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Berdasarkan bentuk dan fungsinya. yaitu gigi. berfungsi memotong makanan. Struktur Gigi : 1. Bagian-bagian gigi . Gigi geraham. Leher Gigi : Bagian gigi yang terbungkus gigi 3. Di dalam mulut terdapat alat-alat yang membantu dalam proses pencernaan. mengoyak. berfungsi merobek dan mengonyak dan mengunyah makanan. Mahkota Gigi : Bagian yang tampak di luar gusi 2. bentuknya tipis. lidah. Di dalam rongga mulut. maka akan tampak bagian-bagian seperti pada gambar berikut ini. Beberapa organ di dalam mulut. dan kelenjar ludah (air liur). lebar seperti kapak 2. Rongga Mulut Proses pencernaan dimulai sejak makanan masuk ke dalam mulut.1. bentuknya rucing seperti tombak 3.

. Membantu menelan makanan 3. Sumsum gigi (pulpa). Tunas pengecap terdiri atas sekelompok sel sensori yang mempunyai tonjolan seperti rambut yang disebut papila. Kelenjar sublingualis. tersusun atas zat dentin. terletak di bawah lidah. dapat dilihat seperti pada gambar berikut ini. Lidah merupakan organ yang tersusun dari otot. Sebagai alat bantu bersuara (berbicara) Untuk lebih jelasnya. Kelenjar submandibularis. dan reseptor pengecap berupa tunas pengecap. Permukaan lidah dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir. 2. c. yaitu : 1. Membantu membersihkan rongga mulut 4.Email gigi merupakan lapisan keras berwarna putih yang menutupi mahkota gigi. Kelenjar ludah dalam rongga mulut ada tiga pasang. Itulah sebabnya bila gigi kita berlubang akan terasa sakit. terletak di bawah telinga. Mengatur letak makanan didalam rongga mulut 2. Gbr. Kelenjar Ludah Kelenjar ludah menghasilkan ludah atau air liur (saliva). Letak kepekaan lidah terhadap rasa Lidah mempunyai reseptor khusus yang berkaitan dengan rangsangan kimia. Tulang gigi. 3. Kelenjar parotis. terletak di rahang bawah. karena pada sumsum gigi terdapat saraf. b. Lidah Fungsi : 1. merupakan rongga gigi yang di dalamnya terdapat serabut saraf dan pembuluh-pembuluh darah.

yaitu : a. 3. Gerakan meremas seperti ini disebut gerak peristaltic. Jadi. Enzim amilase berfungsi mengubah makanan dalam mulut yang mengandung zat tepung (amilum) menjadi senyawa gula. Pencernaan mekanik : Pencernaan yang terjadi sewaktu makanan dihancurkan atau dikunyah oleh gigi b. Pencernaan kimiawi : Pencernaan yang terjadi sewaktu sebagian zat tepung diubah oleh enzim ptialin menjadi gula 2. Kerongkongan Kerongkongan : Saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung Dinding kerongkongan dapat mengadakan gerakan meremas sehingga makanan masuk ke dalam lambung.Di dalam ludah terdapat enzim ptialin atau enzim amilase. didalam rongga mulut terjadi dua pencernaan. Lambung Struktur lambung .

Hal ini menyebabkan makanan di dalam lambung berbentuk seperti bubur. Usus kosong (jejenum) 3. 4. makanan kan teraduk. Mungkin kita pernah merasakan perut terasa sakit dan berbunyi karena perut kita sedang kosong. a. Usus penyerapan (ileum) . Pada dinding lambung terdapat kelenjar lambung yang menghasilkan zat pepsin. Usus halus terdiri dari : 1. Gerak mengaduk terjadi terus menerus baik pada saat lambung berisi makanan maupun pada saat lambung kosong. Gerakan mengaduk pada lambung. Apabila otot-otot tersebut berkontraksi. Gerakan mengaduk dimulai dari kardiak sampai di daerah pilorus. Asam Klorida Fungsi :  Mengasamkan makanan di dalam lambung  Membunuh kuman-kuman yang masuk bersamaan dengan makanan  Mengaktifkan pepsinogen menjadi peptin yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton c. Renin Fungsi : Mengendapkan protein susu (kasein) dari air susu. gerak mengaduk lebih giat dibanding saat lambung dalam keadaan kosong. Hal itu disebabkan gerak mengaduk saat lambung kosong. Usus Halus Usus halus : Tempat penyerapan sari makanan dan tempat terjadinya proses pencernaan yang paling panjang.Dinding lambung terdiri dari otot yang berlapis-lapis. asam klorida dan rennin yang penting bagi pencernaan. Pepsin Fungsi : mengubah protein menjadi molekul-molekul yang lebih kecil yang disebut dengan pepton b. Usus dua belas jari (duodenum) 2. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar berikut. Jika lambung berisi makanan.

dapat dilihat pada gambar berikut. Jadi. 2. Pankreas menghasilkan getah pankreas yang mengandung enzim-enzim sebagai berikut : 1. 3. yaitu enzim yang mengubah protein dan pepton menjadi dipeptida dan asam amino yang siap diserap oleh usus halus. empedu dialirkan melalui saluran empedu ke usus dua belas jari. Zat warna empedu memberikan ciri warna cokelat pada feses. Laktase. serta protein dicerna menjadi asam amino. Selain enzim dari pankreas. Empedu dihasilkan oleh hati dan ditampung di dalam kantung empedu. berfungsi mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. berfungsi mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin. Karbohidrat dicerna menjadi glukosa. Lemak dicerna menjadi asam lemak dan gliserol. maka akan diaktifkan menjadi tripsin. 2. seluruh proses pencernaan karbohidrat. berfungsi mengubah pepton menjadi asam amino. Enterokinase. Maltase. berfungsi mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Tripsin. dan protein diselesaikan. Garam empedu berfungsi mengemulsikan lemak. Tripsinogen Jika belum aktif. 4. Steapsin (lipase pankreas) Yaitu enzim yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Karbohidrat diserap dalam bentuk glukosa. Amilopsin (amilase pankreas) Yaitu enzim yang mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula lebih sederhana (maltosa). pada usus dua belas jari. proses penyerapan (absorbsi) akan berlangsung di usus kosong dan sebagian besar di usus penyerap. Untuk lebih jelasnya. Sukrase. dan protein diserap dalam bentuk asam . lemak diserap dalam bentuk asam lemak dan gliserol.Pada usus dua belas jari bermuara saluran getah pankreas dan saluran empedu. 3. Empedu mengandung garam-garam empedu dan zat warna empedu (bilirubin). lemak. Zat warna empedu berwarna kecoklatan. 5. berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa. Di dalam usus halus terjadi proses pencernaan kimiawi dengan melibatkan berbagai enzim pencernaan. dinding usus halus juga menghasilkan getah usus halus yang mengandung enzim-enzim sebagai berikut : 1. dan dihasilkan dengan cara merombak sel darah merah yang telah tua di hati. Selanjutnya. Selanjutnya.

bersama dengan lendir akan menuju ke usus besar menjadi feses. dan K) diserap oleh usus halus dan diangkat melalui pembuluh getah bening. Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. Selain membusukkan sisa makanan.amino. Penampang Usus Halus Manusia Pada dinding usus penyerap terdapat jonjot-jonjot usus yang disebut vili (Lihat gambar diatas). melalui kapiler darah akan dibawa oleh darah melalui pembuluh vena porta hepar ke hati. misalnya selulosa. coli juga menghasilkan vitamin K. Selanjutnya. Vili berfungsi memperluas daerah penyerapan usus halus sehingga sari-sari makanan dapat terserap lebih banyak dan cepat. Sedangkan garam empedu yang telah masuk ke darah menuju ke hati untuk dibuat empedu kembali. sari-sari makanan harus menembus sel dinding usus halus yang selanjutnya masuk pembuluh darah atau pembuluh limfe. dan mineral setelah diserap oleh usus halus. dan akhirnya masuk ke dalam peredaran darah. secara perlahan-lahan bergerak menuju usus besar. Bakteri ini membantu dalam proses pembusukan sisa makanan menjadi feses. vitamin. Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli. dari hati ke jantung kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Karena tubuh memerlukan air. maka sebagian besar air diserap kembali ke usus besar. Asam lemak dan gliserol bersama empedu membentuk suatu larutan yang disebut misel. Pada saat bersentuhan dengan sel vili usus halus. D. Penyerapan kembali air merupakan fungsi penting dari usus besar. 5. Selanjutnya. Agar dapat mencapai darah. Selanjutnya asam lemak dan gliserol dibawa oleh pembuluh getah bening usus (pembuluh kil). asam amino. Vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A. Dinding vili banyak mengandung kapiler darah dan kapiler limfe (pembuluh getah bening usus). Sisa makanan dalam usus besar masuk banyak mengandung air. bakteri E. Glukosa. E. Sisa makanan yang tidak diserap. Vitamin dan mineral tidak mengalami pencernaan dan dapat langsung diserap oleh usus halus. Struktur usus halus dapat dilihat pada gambar berikut ini. vitaminvitamin tersebut masuk ke sistem peredaran darah. . gliserol dan asam lemak akan terserap. Umumnya sari makanan diserap saat mencapai akhir usus halus. Usus Besar Makanan yang tidak dicerna di usus halus.

yaitu otot polos dan otot lurik. Sebelum dibuang lewat anus. feses ditampung terlebih dahulu pada bagian rectum. Struktur usus besar Perjalanan makanan sampai di usus besar dapat mencapai antara empat sampai lima jam. Akibatnya feses dapat terdorong ke luar anus.Usus besar terdiri dari bagian yang naik. bagian mendatar. dan berakhir pada anus. dapat dilihat pada gambar berikut ini. yaitu mulai dari usus buntu (apendiks). proses defekasi (buang air besar) dilakukan dengan sadar. Otot spinkter yang menyusun rektum ada 2. Di dalam usus besar. Namun. feses di dorong secara teratur dan lambat oleh gerakan peristalsis menuju ke rektum (poros usus). Struktur anus . Untuk lebih jelasnya. bagian menurun. 6. Anus Merupakan lubang tempat pembuangan feses dari tubuh. Untuk lebih jelasnya. Jadi. Gerakan peristalsis ini dikendalikan oleh otot polos (otot tak sadar). Apabila feses sudah siap dibuang maka otot spinkter rectum mengatur pembukaan dan penutupan anus. dapat dilihat pada gambar berikut ini. di usus besar makanan dapat disimpan sampai 24 jam. yaitu dengan adanya kontraksi otot dinding perut yang diikuti dengan mengendurnya otot sfingter anus dan kontraksi kolon serta rektum.

ALOKASI WAKTU Pertemuan Pertama Pertemuan Kedua : Untuk Mencapai Indikator 1 dan 2 : Untuk mencapai Indikator 3. Diskusi. Metode Pembelajaran : Ceramah. Apersepsi Guru bertanya pada siswa:  Apa akibatnya kalau mobil kehabisan bensin? Mengapa demikian ?  Dan bagaimanakah dengan manusia. dapatkah beraktivitas dengan aktif kalu tidak makan ?  Berupa zat apakah zat makanan yang dibutuhkan tubuh manusia ? dan apa saja manfaatnya  Menuliskan topik pelajaran  Menjelaskan Indikator yang akan dicapai Kegiatan Inti (60 Eksplorasi menit) Guru :  Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang materi jenis makanan berdasarkan zat nutrisi makan dan fungsi dari makanan melalui power point  Membagikan lembar praktikum  Memfasilitasi dalam persiapan praktikum atau percobaan di Laboratorium atau lapangan Elaborasi Guru :  Membagi siswa menjadi kelompokkelompok kecil dengan anggota 4-5 X. Eksperimen d. Strategi Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif b. Tanya Jawab. Motivasi Pendahuluan (10  Guru mengucapkan salam menit)  Guru membimbing siswa untuk berdo’a bersama  Guru bertanya tentang kehadiran siswa 2. Model Pembelajaran : Problem Based Introduction (PBI) dan Talking Stick c. 4. METODE PEMBELAJARAN a. 5 dan 6 IX.VIII. Media : LCD dalam bentuk Power Point KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan I Kegiatan Kegiatan Guru Pembelajaran Kegiatan Awal atau 1. Karakter Religius Religius Disiplin Ketelitian Ketelitian Ketelitian Tekun Tekun Tekun .

Motivasi Pendahuluan (10  Guru mengucapkan salam menit)  Guru membimbing siswa untuk berdo’a bersama  Guru bertanya tentang kehadiran siswa 2.Kegiatan Penutup (10 menit) orang  Memberi kesempatan setiap kelompok melaksanakan percobaan atau eksperimen dan guru membantu mengarahkannya  Memfasiltasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif  Memfasilitasi siswa membuat laporan secara diskusi dan secara berkelompok  Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja kelompok Konfirmasi  Guru memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan. tulisan dan isyarat serta tahap keberhasilan peserta didik  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber  Guru membimbing siswa membuat kesimpulan dari hasil diskusi  Guru memberi tugas mandiri kepada siswa  Guru mengarahkan siswa untuk mempelajari materi pelajaran selanjutnya  Guru menutup kegiatan belajar dengan berdoa dan salam Disiplin Ketelitian Tekun Tekun Tekun Tekun Disiplin Disiplin Religius Pertemuan II Kegiatan Kegiatan Guru Pembelajaran Kegiatan Awal atau 1. Apersepsi  Apa bedanya pencernaan mekanik dengan pencernaan kimia ?  Pada organ apa saja terjadinya?  Guru menulis topik yang akan disampaikan  Guru menyampaikan Indikator Kegiatan Inti (60 Eksplorasi menit)  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang materi organ-organ penyusun system Karakter Religius Religius Disiplin Ketelitian Ketelitian Tekun .

penyusun system pencernaan manusia serta kelainan dan penyakit pada system pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya yang akan dipelajari dengan menrapkan prinsip alam takambang jadi guru  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran.  Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya. tulisan dan isyarat serta tahap keberhasilan peserta didik  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber  Guru membimbing siswa membuat kesimpulan dari hasil diskusi  Guru memberi tugas mandiri kepada siswa Displin . media pembelajaran dan sumber belajar lain  Memfasilitasi terjadinya interaksi antapeserta didik serta natra pesera didik dengan guru. lingkungan dan sumber belajar lainnya  Melibatkan peserta didik melakukan percobaan di laboratorium atau lapangan Elaborasi  Guru menyiapkan sebuah tongkat  Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari.Kegiatan Penutup (10 menit) pencernaan. saluran dan kelenjar pencernaan. siswa menutup bukunya. kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.  Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa. setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya. demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru Konfirmasi  Guru memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan.

hari dan upaya mengatasinya Religius Pengalaman Belajar 1.5 : Siswa dapat membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi 1.4.1 : Mendeskripsikan sistem pencernaan jenis makanan pada manusia dan berdasarkan hubungannya dengan kandungan zat kesehatan yang ada di dalamnya 1.5 : Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi 1.1 : Siswa dapat mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya 1.4.4.4.2 : Menyebutkan fungsi dari makanan 1.4.4 Mendeskripsikan 1.6 : Siswa dapat menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada system pencernaan yang .Tes kinerja b.4 : Menjelaskan macam-macam hormon pada kelenjar lambung dalam system pencernaan pada manusia 1.4. Jenis tagihan : .Tes tertulis .3 : Menjelaskan organ-organ yang berperan dalam sistem pencernaan pada manusia 1.2 : Siswa dapat menyebutkan fungsi dari makanan 1. Guru mengarahkan siswa untuk mempelajari materi pelajaran selanjutnya Guru menutup kegiatan belajar dengan berdoa dan salam XI.4 : Siswa dapat menjelaskan macam-macam hormone pada kelenjar lambung dalam sistem pencernaan pada manusia 1. PENILAIAN PEMBELAJARAN a.6 : Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada system pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari.4.5.4.4. Bentuk Instrumen : Tes Uraian dan penugasan c.4. Soal atau instrumen : Soal Essay Kisi-kisi Kompetensi Dasar Indikator 1.4.3 : Siswa dapat menjelaskan organ-organ yang berperan dalam pencernaan pada manusia 1.

Lemak. Lambung 4. Mulut pencernaan manusia secara urut ! 2. Contoh: Kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi. Contoh : Vitamin C pada jeruk 5. Sebutkan fungsi dari makanan ! 1. contoh : beras. Jelaskan ogan-organ pada sistem 1. Sebagai pembangun tubuh 3. daging dan telur 4. Sebutkan 5 zat yang terkandung 1. daging dan susu 3. Karbohidrat.hari dan upaya mengatasinya Soal Kunci Jawaban 1. Contoh : kacangankacangan. besi untuk pembentukan hemoglobin 2. Vitamin.biasa dijumpai dalam kehidupan sehari. Pepsin yang terdapat pada kelenjar Fungsi : mengubah protein lambung ! menjadi molekul-molekul yang lebih kecil yang disebut dengan pepton 2. Jelaskan macam-macam hormon 1. Usus Besar 6. Asam Klorida Fungsi : . dalam makanan beserta singkong. Renin Fungsi : Mengendapkan protein susu .Membunuh kuman-kuman yang masuk bersamaan dengan makanan Mengaktifkan pepsinogen menjadi peptin yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton 3.Sebagai pelindung dan pertahanan tubuh 3. Usus Halus (duodenum. Sebagai sumber energi 2. Mineral. Anus 4. roti.Mengasamkan makanan di dalam lambung . jejunum dan ilium) 5. Contoh : kacangankacangan. Protein. minyak goring. Kerongkongan 3. tepung contohnya? 2.

a. Jika lembar jawaban kosong b. bahasa baik dan benar SKOR 0 7 15 17 20 0 5 8 12 15 0 7 15 17 20 3. bahasa kurang baik e. a. bahasa baik dan benar a. Proses ini dilakukan dengan menggunakan gigi di dalam mulut. Diare. adalah proses perubahan makanan dari zat yang kompleks menjadi zatzat yang lebih sederhana dengan enzim. Jika lembar jawaban kosong 0 3 6 8 10 0 . Jika jawaban kurang lengkap. bahasa kurang baik e. Jika jawaban salah. 4. Apakah perbedaan antara Pencernaan mekanik. bahasa kurang baik e. lambung. Maag.(kasein) dari air susu. bahasa baik d. Jika lembar jawaban kosong b. Jelaskan 3 kelainan dan gangguan 1. bahasa baik d. Jika jawaban benar. sedangkan Pencernaan kimiawi. bahasa kurang baik e. Jika lembar jawaban kosong b. bahasa baik dan benar c. gangguan ini dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia karena produksi asam lambung berlebih 2. Jika jawaban benar. bahasa baik dan benar c. bahasa baik d. adalah proses pencernaan kimia dan pencernaan pengubahan makanan dari bentuk mekanik ? kasar menjadi bentuk kecil atau halus. Sembelit. Jika jawaban benar. gangguan ini terjadi karena terganggunya penyerapan air pada usus besar yang disebabkan oleh bakteri 3. yang terjadi mulai dari mulut. Jika jawaban salah. Jika jawaban kurang lengkap. 4. dan usus. bahasa baik dan benar a. Jika jawaban benar. Jika jawaban salah. a. bahasa baik dan benar c. yaitu gangguan yang terjadi akibat penyerapan air di usus besar secara berlebihan  Rubrik penilaian No URAIAN 1. 5. Jika jawaban benar. Jika jawaban kurang lengkap. 5. bahasa baik d. Jika lembar jawaban kosong b. Jika jawaban kurang lengkap. Jika jawaban benar. Jika jawaban benar. Jika jawaban salah. Jika jawaban benar. bahasa baik dan benar c. bahasa baik dan benar 2.

Jika lembar jawaban kosong b. Jakarta b. bahasa baik dan benar a. Intan Pariwara. Saeful. bahasa baik dan benar 7 15 17 20 0 5 8 12 15  Penilaian Kinerja : Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu persatu kemudian dicatat dimasukkan ke dalam tabel. LCD dalam bentuk Power Point . Jika jawaban kurang lengkap. Biologi SMP Kelas 2. 4321 Dst 4321 Keterangan : 4 : Sangat Baik 3 : Baik 2 : Cukup 1 : Kurang XII. bahasa baik dan benar c. Klaten c. Jika jawaban kurang lengkap. bahasa kurang baik e. Belajar IPA. Departemen Pendidikan Nasional. Nama Aspek Penilaian Skor Jumlah Keaktifan Kerjasama Keterampilan Menganalisa 1. bahasa baik d. Format penilaian sebagai berikut : Hari / tanggal : Kelas / semester : No. bahasa baik dan benar c. Jika jawaban benar. 4321 2. Karim. 2008. Jika jawaban benar. LKS IPA Kelas VIII d. bahasa baik d. Jika jawaban salah. bahasa kurang baik e. 2004. 4321 3. Tim Penyusun. SUMBER BELAJAR a. b.6. Membuka Cakrawala Alam Sekitar 2. Jika jawaban benar. Jika jawaban benar. Jika jawaban salah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful