Remaja berasal dari kata latin adolesence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa.

Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1990) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. Borring E.G. ( dalam Hurlock, 1990 ) mengatakan bahwa masa remaja merupakan suatu periode atau masa tumbuhnya seseorang dalam masa transisi dari anak-anak kemasa dewasa, yang meliputi semua perkembangan yang dialami sebagai persiapan memasuki masa dewasa. Sedangkan Monks, dkk ( dalam Hurlock, 1990 ) menyatakan bahwa masa remaja suatu masa disaat individu berkembang dari pertama kali menunjukkan tanda-tanda seksual, mengalami perkembangan psikologis dan pola identifikasi dari anak menjadi dewasa, serta terjadi peralihan dari ketergantungan sosial ekonomi yang penuh pada keadaan yang mandiri. Neidahart (dalam Hurlock, 1990 ) menyatakan bahwa masa remaja merupakan masa peralihan dan ketergantungan pada masa anak-anak kemasa dewasa, dan pada masa ini remaja dituntut untuk mandiri. Pendapat ini hampir sama dengan yang dikemukakan oleh Ottorank (dalam Hurlock, 1990 ) bahwa masa remaja merupakan masa perubahan yang drastis dari keadaan tergantung menjadi keadaan mandiri, bahkan Daradjat (dalam Hurlock, 1990 ) mengatakan masa remaja adalah masa dimana munculnya berbagai kebutuhan dan emosi serta tumbuhnya kekuatan dan kemampuan fisik yang lebih jelas dan daya fikir yang matang. Erikson (dalam Hurlock, 1990 ) menyatakan bahwa masa remaja adalah masa kritis identitas atau masalah identitas – ego remaja. Identitas diri yang dicari remaja berupa usaha untuk menjelaskan siapa dirinya dan apa perannya dalam masyarakat, serta usaha mencari perasaan kesinambungan dan kesamaan baru para remaja harus memperjuangkan kembali dan seseorang akan siap menempatkan idola dan ideal seseorang sebagai pembimbing dalam mencapai identitas akhir. Berdasarkan beberapa pengertian remaja yang telah dikemukakan para ahli, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa remaja adalah individu yang sedang berada pada masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa dan ditandai dengan perkembangan yang sangat cepat dari aspek fisik, psikis dan sosial.

Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Pasa masa ini sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua.

Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Dalam pengertian lain.Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks. maka pengetahuan berkemampuan untuk mengarahkan tindakan. pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan atas suatu pola.com Pengetahuan Dari Wikipedia bahasa Indonesia. prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna. Pada umumnya. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Daftar isi  1 Jenis Pengetahuan o 1. rasa. Sedangkan pengertian remaja menurut Zakiah Darajat (1990: 23) adalah: Read more: Pengertian Remaja Menurut Para Ahli | belajarpsikologi. dan aroma masakan tersebut. teori. yang lantas melekat di benak seseorang. dkk 1994) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. Pengetahuan termasuk.1 Pengetahuan Implisit . Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki. Manakala informasi dan data sekedar berkemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan. konsep. cari Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya. ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk. Ini lah yang disebut potensi untuk menindaki. Menurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 53) masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek/ fungsi untuk memasuki masa dewasa. tetapi tidak dibatasi pada deskripsi. hipotesis. pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal.

namun tidak lantas dalam bentuk-bentuk yang tertulis. terdapat dua jenis utama pengetahuan bila dilihat dari perihal eksplisitasnya: Pengetahuan Implisit Pengetahuan implisit adalah pengetahuan yang masih tertanam dalam bentuk pengalaman seseorang dan berisi faktor-faktor yang tidak bersifat nyata seperti keyakinan pribadi. atau mengoperasikan mesin atau alat yang rumit membutuhkan pengetahuan yang tidak selalu bisa tampak secara eksplisit. dan prinsip. . Tapi mengetahui itu saja tidak cukup bagi seorang pemula untuk bisa menyetir sepeda. memang dibutuhkan pembelajaran dan keterampilan. Contoh sederhana dari pengetahuan implisit adalah kemampuan mengendara sepeda. perspektif. Pengetahuan Eksplisit Pengetahuan eksplisit adalah pengetahuan yang telah didokumentasikan atau disimpan dalam wujud nyata berupa media atau semacamnya. Untuk mendapatkannya. Seseorang yang memiliki pengetahuan implisit biasanya tidak menyadari bahwa dia sebenarnya memilikinya dan juga bagaimana pengetahuan itu bisa menguntungkan orang lain. mendesain. Dia telah diartikulasikan ke dalam bahasa formal dan bisa dengan relatif mudah disebarkan secara luas. lalu ketika sepeda sudah condong ke kenan. Pengetahuan diam seseorang biasanya sulit untuk ditransfer ke orang lain baik secara tertulis ataupun lesan.     o 1. pertama belokkan dulu setir ke kiri sedikit. belokkan setir ke kanan. Kemampuan berbahasa.2 Pengetahuan Eksplisit 2 Pengetahuan empiris 3 Pengetahuan rasionalisme 4 Faktor-faktor yang memengaruhi pengetahuan o 4.2 Media o 4. Untuk berbelok ke kanan. Informasi yang tersimpan di ensiklopedia (termasuk Wikipedia) adalah contoh yang bagus dari pengetahuan eksplisit. bila sepeda oleh ke kiri. Pengetahuan implisit seringkali berisi kebiasaan dan budaya yang bahkan kita tidak menyadarinya. Pengetahuan umum dari bagaimana mengendara sepeda adalah bahwa agar bisa seimbang. dan juga tidak sebegitu mudahnya untuk mentransferkannya ke orang lain secara eksplisit.1 Pendidikan o 4.3 Informasi 5 Referensi 6 Lihat pula Jenis Pengetahuan Khususnya dalam pokok bahasan Manajemen Pengetahuan. maka arahkan setir ke kanan.

Media Media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. dan majalah. Faktor-faktor yang memengaruhi pengetahuan Pengetahuan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. dan gejala yang ada pada objek empiris tersebut. Pengetahuan empiris juga bisa didapatkan melalui pengalaman pribadi manusia yang terjadi berulangkali. Informasi . koran. JBJBJBJBKJLKLLBBBJBJBBBJB hasil 1 + 1 = 2 bukan didapatkan melalui pengalaman atau pengamatan empiris. Rasionalisme lebih menekankan pengetahuan yang bersifat apriori. maka jelas dapat kita kerucutkan sebuah visi pendidikan yaitu mencerdaskan manusia. motif dan pengetahuan manusia. Pengetahuan empiris Pengetahuan yang lebih menekankan pengamatan dan pengalaman inderawi dikenal sebagai pengetahuan empiris atau pengetahuan aposteriori. Bagaimana membuat pengetahuan implisit menjadi eksplisit merupakan fungsi utama dari strategi Manajemen Pengetahuan. Jadi contoh dari media massa ini adalah televisi. melainkan melalui sebuah pemikiran logis akal budi.Bentuk paling umum dari pengetahuan eksplisit adalah petunjuk penggunaan. Hasil kerja seni dan desain produk juga bisa dipandang sebagai suatu bentuk pengetahuan eksplisit yang merupakan eksternalisasi dari keterampilan. Misalnya. di antaranya: Pendidikan Pendidikan adalah sebuah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dan juga usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pengetahuan juga bisa termediakan secara audio-visual. Dalam matematika. Pengetahuan ini bisa didapatkan dengan melakukan pengamatan yang dilakukan secara empiris dan rasional. Pengetahuan rasionalisme Pengetahuan rasionalisme adalah pengetahuan yang diperoleh melalui akal budi. tidak menekankan pada pengalaman. radio. prosedur. sifat. dan video how-to. Misalnya pengetahuan tentang matematika. seseorang yang sering dipilih untuk memimpin organisasi dengan sendirinya akan mendapatkan pengetahuan tentang manajemen organisasi. Pengetahuan empiris tersebut juga dapat berkembang menjadi pengetahuan deskriptif bila seseorang dapat melukiskan dan menggambarkan segala ciri.

namun ada pula yang menekankan informasi sebagai transfer pengetahuan. bungkusanbungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok. sedangkan informasi itu dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. news". efek buruk bagi kelahiran. di samping menyebabkan banyak tipe kanker. Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah.Pengertian informasi menurut Oxford English Dictionary. gambar. MPKT Modul 1. penyakit pencernaan. dan menyebarkan informasi dengan tujuan tertentu. teks. menyimpan. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual. program komputer. penyakit pernapasan. basis data. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. dan emfisema. jarang sekali dipatuhi). Pada abad 16. penyakit jantung. menyiapkan. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan. 2007. Jakarta: Lembaga Penerbitan FEUI. Referensi  Meliono. memanipulasi. adalah "that of which one is apprised or told: intelligence. Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan. Kamus lain menyatakan bahwa informasi adalah sesuatu yang dapat diketahui. yang diperoleh dari data dan pengamatan terhadap dunia sekitar kita serta diteruskan melalui komunikasi. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negaranegara Islam. menganalisa. Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika. kode.[1][2] Daftar isi    1 Jenis rokok 2 Bahan kimia yang terkandung dalam rokok 3 Lihat pula . Sedangkan informasi sendiri mencakup data. Sejak beberapa tahun terakhir. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Selain itu istilah informasi juga memiliki arti yang lain sebagaimana diartikan oleh RUU teknologi informasi yang mengartikannya sebagai suatu teknik untuk mengumpulkan. Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika. Adanya perbedaan definisi informasi dikarenakan pada hakekatnya informasi tidak dapat diuraikan (intangible). suara. dkk. mengumumkan. sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Irmayanti.

satu pres berisi 10 pak. Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau. lingkar pangkal rokok dan lingkar ujung rokok sama besar. biasanya. material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. dan penggunaan filter pada rokok. Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau. Ada pula mesin pembungkus rokok yang mampu menghasilkan keluaran berupa rokok dalam pres. cengkeh. Pada SKM. Mesin pembuat rokok.  4 Referensi 5 Pranala luar Jenis rokok Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis.   Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana. Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren. proses pembuatan rokok. Sigaret Kretek Mesin sendiri dapat dikategorikan kedalam 2 bagian : . dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun telah dalam bentuk pak. belum ditemukan mesin yang mampu menghasilkan SKT karena terdapat perbedaan diameter pangkal dengan diameter ujung SKT. Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas. bahan baku atau isi rokok. Rokok berdasarkan bahan baku atau isi. Rokok berdasarkan proses pembuatannya.     Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung. dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Sayangnya. Sederhananya. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit. Rokok berdasarkan bahan pembungkus.    Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok. Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin.

merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana. digulung dengan daun tembakau. 5.1. 2. Clas Mild. Metanol (alkohol kayu). Di Indonesia. Benzene.Tar dan karbon monoksidanya lebih tinggi daripada rokok buatan pabrik. dan beberapa tempat di Asia. Bahkan 56 persen perempuan India menggunakan jenis kunyah. Biasaditemukan di Asia Tenggara dan India. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas. Jenis ini paling berkembang dan banyak di Indonesia. shisha sedang menjamur seperti dikafe-kafe Bahan kimia yang terkandung dalam rokok Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok:[3]        Nikotin. dan tembakau kering yang diisap denganhidung atau mulut. juga dikenal sebagai bensol. Tar. TimurTengah. Sianida. 2. 3. Djarum Super dan lain-lain. Dilihat dari komposisinya : 1. sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif. Kuba. senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna. Star Mild. Adalagi jenis yang diletakkan antara pipi dan gusi. alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol. Adaberbagai jenis yang berbeda di tiap negara.A. Kretek: Campuran tembakau dengan cengkeh atau aroma cengkeh berefek mati rasa dan sakit saluran pernapasan. Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM): rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF): rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. Rokok berdasarkan penggunaan filter.   Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus. Cadmium. yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik. Contoh: Gudang Garam International. U Mild. Tembakau langsung ke mulut atau tembakau kunyah juga biasa digunakan di AsiaTenggara dan India. 4. L. Lights. Asetilena. Surya Slims dan lainlain. Yang terkenal dari Havana. senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano. . kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks. Bidis: Tembakau yang digulung dengan daun temburni kering dan diikat dengan benang. Biasanya digunakan di Afrika Utara. Shisha atau hubbly bubbly: Jenis tembakau dari buah-buahan atau rasa buah-buahanyang disedot dengan pipa dari tabung. Contoh: A Mild. Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus. Cigar: Dari fermentasi tembakau yang diasapi.

Ada tiga jenis tembakau yang bisa digunakan untuk menhisap shisha. cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat. bahan yang terdapat dalam racun tikus. Arab Saudi. Tunisia. shisha atau hookah memiliki rasa yang beraneka ragam. seperti buah-buahan. Berbeda dengan rokok. 3. dapat ditemukan di mana-mana. Palestina. shisha adalah sejenis alat yang digunakkan untuk mengeluarkan asap dengan air sebagai penyaring. ^ Anonim. 2. 2. Untuk menghisapnya diperlukan alat yang disebut Bong. arang yang terbakar akan mengeluarkan asap dengan aroma buah-buahan bila dihisap dari selang yang tersambung dari Bong. Kandungan Rokok. Arsenik. Yunani.com.rokok cengkeh Cerutu Jenis rokok Puntung Referensi 1.Tumbak atau Ajami. Yordania. tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu. Hidrogen sianida. serta Somalia. mint.     Amonia. Kemudian. Toe Deformities". ^ "Smoking While Pregnant Causes Finger. Shisha yang Membahayakan 3. Pengertian Shisha Secara etimologi. bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil. 2. Masyarakat di Turki. yaitu tembakau dengan berbagai rasa buah-buahan yang dipanasi oleh arang bakar. Bahan bakunya sama seperti rokok. BahayaMerokok. yaitu tembakau yang dicampur dengan madu atau sirup.Jurak atau jenis tembakau yang mengandung tumbuh-tumbuhan dan minyak. Sedangkan shisha merupakan penyebutan lazim dipakai orang Mesir. yaitu tembakau murni. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida. sedangkan Pakistan dan India melafazkan huqqa. Maroko. Shisha atau Syisya berasal dari bahasa Parsi yang bermakna gelas. semua menjadi sensasi dan daya tarikbagi yang menghisapnya. Diakses pada: 7 September 2011. Science Daily. Karbon monoksida. ^ List of health effects by CDC 3. Diakses pada 6 Maret 2007. . kopi. racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Lihat pula     Kretek .Maasel. Formaldehida. 1. Libanon. Orang Arab menyebutnya Hookah. Irak. hingga Romania menyebutnya Narghile. Israel.

.15-1 liter asap sekali hisapan. Aroma buah-buahan segar. membuat banyak orang berfikir bahwa merokok shisha tidak berbahaya. Laboratoire National d'Eddais (LNE). saat ini menjadi trend gaya hidup masyarakat di perkotaan. Dibalik Kenikmatannya terdapat Bahaya yang Besar. Jumlah asap yang dihirup oleh si perokok shisha pun jelas lebih banyak dibanding rokok biasa. Ini disebabkan karena durasi dan jumlah tembakau yang ada pada satu tabung shisha lebih banyak dibanding dengan durasi dan jumlah tembakau yang ada pada rokok biasa. pedagang tembakau di Mesir mencoba mencampurkan sari buah untuk memberi cita rasa manis dan segar pada shisha. Ini terlihat dari banyaknya kedai shisha yang buka di mall. atau juga kafe tempat berkumpulnya anak muda. dibalik itu semua tradisi yang berasal dari Timur Tengah ini mengandung nikotin yang membahayakan bagi pemakainya. Sedangkan rokok biasa tidak sebesar itu. atau biasa dikenal di Indonesia dengan nama Shisha. Dan akhirnya menghasilkan rasa asap shisha lebih menyegarkan. satu hisapan shisha sama artinya menhisap 15 sampai 52 batang rokok karena untuk kandungan tar 1 shisha setara dengan 27 hingga 102 batang rokok. Besarnya bahkan mencapai 0. Shisha Ternyata Lebih Bahaya daripada Rokok Biasa Rokok Arab. bahkan juga bunga yang sengaja dicampurkan pada tembakau yang dihisap pada pipa shisha yang panjang. sebab bentuk pipa shisha yang besar.Pada akhir tahun 1980. para peminat shisha kebanyakan adalah kaum perempuan. mengandung zat berbahaya yang sama dengan 70 kali menghisap rokok biasa. Yang menakutkan lagi menurut penelitian laboratorium Nasional Perancis. Padahal satu kali hisapan shisha. Ternyata. Banyak orang yang beranggapan bahwa menghisap shisha lebih aman daripada menghisap rokok. Namun. Dalam penelitian Journal of The American Medical Association membuktikan bahwa kandungan nikotin shisha lebih banyak dibandingkan pada rokok.

Ketergantungan Omong kosong bila ada yang mengatakan shisha lebih baik dari rokok tembakau. Resiko penularan penyakit paru seperti TBC dan hepatitis juga lebih besar terjadi. Jika Anda terserang sakit kepala.com . direktur studi tembakau di University College London. Sayangnya. maka itu beberapa gejala Anda kecanduan shisha. Jika seseorang duduk dan menghisap shisha 1 jam. kelelahan atau depresi saat tidak merokok shisha. Bahkan. Namun saat menghisap shisha. Menurut WHO. shisha memberikan lebih banyak efek samping bagi kesehatan karena durasi merokoknya lebih lama. Berikut ini beberapa bahaya merokok shisha dilansir melalui Boldsky (21/6). Sakit kepala Setiap perokok shisha akan mengalami sakit kepala setelah menikmati shisha.Menghisap shisha merupakan kebiasaan yang berasal dari Timu Tengah yang sudah menjadi tren di beberapa kafe. “Berkembangnya kekhawatiran pada shisha karena orang tidak sadar akan risikonya yang sama dengan merokok tembakau. sehingga hal ini membedakanya dengan merokok biasa. bahayanya jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan merokok tembakau. kadar karbon monoksida yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan otak yang memicu rasa sakit di kepala dan hilangnya kesadaran.” ungkap Profesor Robert West. seperti dilansir Dailymail. Menghisap shisha selama 45 menit setara dengan merokok tembakau 45 batang.Kandungan tar. Selain itu. Anda akan menikmatinya lebih dari 30 menit. maka bahayanya sama seperti orang yang menghabiskan 100 batang rokok. Anda cenderung akan mengalami kecanduan. Menghisap shisha memerlukan pipa khusus. Karbon monoksida dari hisapan shisha dapat menyebabkan sakit kepala dan mual. Beberapa penelitian justru menunjukkan bahaya yang mengancam dari kebiasaan ini. . nikotin dan karbon monoksida yang dihasilkan shisha pun amat berlimpah. Lebih berbahaya dari rokok tembakau Sebuah rokok dapat dinikmati selama 3-4 menit. sebab pemakaian satu tabung shisha yang bersama-sama membuat kuman dan bakteri mudah berpindah. Kamis (15/3/2012). menghisap shisha memicu kekhawatiran. Atau sama dengan tar dari 20 batang rokok. Ghiboo. Ketika Anda menghirup nikotin selama berjam-jam.

besi dan logam beracun lainnya yang memberikan efek buruk bagi tubuh. paru-paru atau bibir. maka Anda menghirup logam berat. seperti karbon monoksida. tenggorokan.Kanker Shisha dihisap melalui pipa logam. Bahan kimia ini dapat menjadi karsinogenik (penyebab kanker) bagi tubuh. TBC Tradisi menghisap shisha biasanya dilakukan secara berkelompok. shisha bisa menularkan kuman-kuman berbahaya termasuk TBC yang menular lewat becak dahak. Ketika Anda menghisap melalui pipa logam. Nah. tar. Merokok shisha tidak sehat karena meningkatkan kemungkinan menderita kanker terutama kanker mulut. Salah satunya memicu kanker. . karena sering bergantian merokok melalui satu pipa yang sama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful