Makalah Kiamat

TANDA – TANDA KIAMAT YANG SEMAKIN BANYAK TERLIHAT

Makalah Ini di Tulis Guna Memenuhi Tugas Pendidikan Agama Islam

Disusun oleh:
Nama Prodi : Wachid Nur Nahananto : Informatika

MANAJEMENT INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA 2012

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji syukur penulis haturkan kepada Allah SWT yang masih memberikan nafas kehidupan, sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah dengan judul “Tanda- tanda kiamat yang semakin banyak terlihat”. Tidak lupa shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan inspirator terbesar dalam segala keteladanannya. Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah pendidikan agama islam. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai 3 sub pokok yaitu:    Tanda-tanda kiamat Bukti tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi
Beberapa hal yang akan terjadi sebelum kiamat

Makalah ini dianjurkan untuk dibaca khususnya oleh mahasiswa muslim untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Akhirnya penulis sampaikan terima kasih atas perhatiannya terhadap makalah ini, dan penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca yang budiman pada umumnya. Tak ada gading yang tak retak, begitulah adanya makalah ini. Dengan segala kerendahan hati, saran-saran dan kritik yang konstruktif sangat penulis harapkan dari para pembaca guna peningkatan pembuatan makalah pada tugas yang lain dan pada waktu mendatang.

Yogyakarta,29 Maret 2012

Penulis

PENDAHULUAN BAB II.DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I. PENUTUP  KESIMPULAN DAFTAR PUSTAKA . PEMBAHASAN   Tanda-tanda kiamat Bukti tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi BAB III.

Tapi kiamat itu mempunyai tanda-tanda dan apakah tanda-tanda itu benarbenar terbukti ? hal tersebut akan di jelaskan dalam2 sub bab berikut    Tanda-tanda kiamat Bukti tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi Beberapa hal yang akan terjadi sebelum kiamat Demikianlah sedikit gambaran mengenai isi makalah ini yang penulis buat dengan metode literatur kaji pustaka terhadap informasi di internet dan fakta-fakta yang berhubungan dengan tema makalah yang penulis buat. .BAB I PENDAHULUAN Kiamat adalah salah satu rukun iman Islam yang harus diyakini kedatangannya. Kapan datangnya kiamat hanya Allah SWT yang mengetahui bahkan Nabi Muhammad pun tidak tahu kapan.

Maka dari itulah. dan lain-lain. . selagi kita masih di beri kesempatan hidup di dunia fana ini.Para ulama berbeda pendapat tentang permulaan yang muncul dari tanda kiamat besar. seperti muncul Dajjal. Terkadang sebagiannya muncul menyertai tanda kiamat besar atau bahkan sesudahnya. Setelah semua makhuk yang hidup mati maka Allah SWT akan kembali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk yang kedua kali guna membangunkan orang semua yang telah mati untuk bangkit kembali mulai dari manusia pertama zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat tiba untuk melaksanakan hari pembalasan. berlomba-lomba dalam membangun. karena sesungguhnya apa yang kita perbuat selama ini. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikat Israfil atas perintah dari Allah SWT.BAB II PEMBAHASAN A. Nabi Isa a. dan lain-lain. gunakanlah kehidupan ini dengan sebaik-baiknya dengan menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. Tanda-tanda hari kiamat Hari kiamat besar dan kecil. Tentunya kitas ering mendengar istilah hari kiamat. Kedua. dominannya kebodohan. nanti setelah hari kiamat semuanya itu akan di mintai pertanggung jawaban atas apa yang telah kita perbuat. minum khamr. Ya’juj dan Ma’juj. Pada hari itu dunia atau alam semesta beserta isinya akan hancur lebur dan semua makhluk yang ada akan mati tanpa terkecuali. terbit matahari dari Barat. seperti dicabutnya ilmu. Tanda kiamat ada dua yaitu: Tanda kiamat kecil : adalah tanda yang datang sebelum kiamat dengan waktu yang relatif lama.. dan kejadiannya biasa. Tidak bisa terbayangkan betapa dahsyatnya hari kiamat yang sangat mengerikan. Tanda kiamat besar : adalah perkara yang besar yang muncul mendekati kiamat yang kemunculannya tidak biasa terjadi.s.

maka tunggulah kiamat.a. Berkata. “Rasul saw.” Berkata sebagian yang lain..” Setelah Rasulullah saw. maka tunggulah kiamat. terus melanjutkan pembicaraannya.5245) 2. ”Barangkali akulah yang selamat. Dan setiap orang dari mereka berkata. Diutusnya Rasulullah saw Hadis riwayat Anas bin Malik ra. seperti diutusnya Rasulullah saw. “Tidak akan terjadi kiamat sampai Sungai Eufrat menghasilkan gunung emas. telanjang. terbunuhnya Utsman bin ‘Affan. beliau bertanya. terangkatnya ilmu.” Bertanya. “Jika amanah disia-siakan. Di antara tanda-tanda kiamat kecil adalah: 1. maka datanglah orang Arab Badui dan berkata.” Rasulullah saw. berkata.” (Muttafaqun ‘alaihi) . Kedua.” (HR Muslim) 4.” (HR Bukhari) 3. Disia-siakannya amanat Jabir r. “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya. bahwa Rasulullah saw. dan miskin. bersabda. “Rasulullah saw. Dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. “Mana yang bertanya tentang Kiamat?” Berkata lelaki Badui itu. kejadiannya sudah muncul tetapi belum selesai bahkan semakin bertambah.Berikut adalah Tanda-Tanda Kiamat Kecil Tanda-tanda kiamat kecil terbagi menjadi dua: Pertama.. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda kiamat. Sebagian sahabat berkata. dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki. “Bagaimana menyia-nyiakannya?” Rasulullah saw. tatkala Nabi saw. manusia berebutan tentangnya. seperti tersia-siakannya amanah. penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan. tidak mendengar. wahai Rasulullah saw. ia berkata: Rasulullah saw. “Seorang budak melahirkan majikannya. kejadian sudah muncul dan sudah selesai. merebaknya perzinahan dan pembunuhan. bersabda: Waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti jarak antara kedua jari ini. berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat. “Kapan terjadi Kiamat ?” Rasulullah saw. menyelesaikan perkataannya. ”Saya. Penggembala menjadi kaya Rasulullah saw. lalu beliau menjawab. (Shahih Muslim No. banyaknya wanita dan lain-lain. mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya. Menjawab. Sungai Efrat berubah menjadi emas Dari Abu Hurairah ra. terjadinya fitnah besar antara dua kelompok orang beriman.

Baitul Maqdis dikuasai umat Islam ”Ada enam dari tanda-tanda kiamat: kematianku (Rasulullah saw. bersabda. sampai 80 poin. bersabda.’ Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi. Sahabat bertanya apa itu haraj. maka bunuhlah mereka. Keimanan mereka hanya sampai di tenggorokan mereka.” (HR Bukhari). berkata. ‘Wahai muslim. 6. pembunuhan.. “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Siapa yang membunuhnya akan mendapat pahala di hari Kiamat. bahwa Rasulullah saw. Dominannya Fitnah Dari Abu Hurairah r. Munculnya kaum Khawarij Dari Ali ra. Menjawab. banyaknya dusta dan berdekatannya pasar.” (HR Muslim 10. Sedikitnya ilmu 12. 11. dibukanya Baitul Maqdis. bersabda. saya mendengar Rasulullah saw. bahwa Rasulullah saw. Dan berkatalah batu dan pohon.” (HR At-Tabrani) 9. “Akan keluar di akhir zaman kelompok orang yang masih muda.a.” (HR Ahmad dan AtTabrani dari Muadz). seorang lelaki diberi 1000 dinar. sampai dominannya fitnah. Perang antara Yahudi dan Umat Islam Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. Banyak terjadi pembunuhan Dari Abu Hurairah r.” (HR Ahmad). “Tidak akan terjadi kiamat. “Haraj adalah pembunuhan. Banyak polisi dan pembela kezhaliman “Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah.a. Di mana saja kamu jumpai. Merebaknya perzinahan . bodoh.000. bersabda. fitnah yang panasnya masuk pada setiap rumah uslimm. ya Rasulullah?” Rasulullah saw. 8. tapi dia membencinya. Mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya.” (HR Muslim) 7.). Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan.5. dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. mereka mengatakan sesuatu dari firman Allah. kematian menjemput manusia seperti kematian pada kambing dan khianatnya bangsa Romawi. ini yahudi di belakangku. kemari dan bunuhlah ia. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka. dan setiap poin 12. sehingga banyak terjadi haraj. “Tiada akan terjadi kiamat. wahai hamba Allah.

Daripada Huzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. terbit matahari dari tempat tenggelamnya. “Akan datang pada manusia suatu saat di mana seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat. banyaknya orang yang minum khamr. sekali di timur.” (HR Bukhari) 14. Nabi Isa. bahwa Rasulullah saw. bersabda. sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki. banyaknya perzinahan. "Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegahan dalam mendirikan masjid" . tiga kali gempa bumi. Ya’juj dan Ma’juj. turunnya Isa bin Maryam alaihissalam. Ya’juj dan Ma’juj. berkata. Banyaknya kaum wanita Dari Anas bin Malik ra. Bermewah-mewah dalam membangun masjid Menghias masjid & membanggakannya. binatang. sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita. Dajjal. sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia kepada Padang Mahsyar mereka”. apakah dari yang halal atau yang haram. 15. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. “Sesungguhnya di antara tandatanda kiamat adalah ilmu diangkat. Lalu Nabi saw. akan terjadi di saat hampir tibanya hari qiamat.” (HR Ahmad dan Bukhari) Itulah beberpa tanda-tanda kiamat yang bersumber dari hadist maupun yang shahih kebenaranya dan berikutnya adalah tanda-tanda kiamat besar Tanda-Tanda Kiamat Besar Sedangkan tanda-tanda kiamat besar yaitu kejadian sangat besar dimana kiamat sudah sangat dekat dan mayoritasnya belum muncul. bersabda. (H.R Muslimi) Sepuluh tanda-tanda qiamat yang disebutkan Rasulullah saw. banyaknya kebodohan. berkata: “Datang kepada kami Rasulullah saw. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Rasulullah saw. Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari qiamat”. Kemudian beliau menyebutkannya: “Asap. Sepuluh tanda itu ialah: . Dajjal.Riwayat -Nasai. seperti munculnya Imam Mahdi. Menyebarnya riba dan harta haram Dari Abu Hurairah ra. dalam hadis ini adalah tandatanda qiamat yang besar-besar. bersabda: “Tidak akan terjadi hari qiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”.13.

Bisa jadi ini akan terjadi di daerah Mexico. 4. 8. Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti selsema di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.1. 3. tidak lagi menerima iman orang kafir dan tidak menerima taubat daripada orang yang berdosa. Bisa jadi ini mengacu kepada gempa di China. Api besar yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar. Api itu akan bermula dari arah negeri Yaman. Gempa bumi di Semenanjung Arab. Brazilia dan negara-negara Amerika Latin 9. Dajjal yang akan membawa fitnah besar yang akan meragut keimanan. hinggakan ramai orang yang akan terpedaya dengan seruannya. 7. Argentina. Gempa bumi di Barat. Dabbah-Binatang besar yang keluar berhampiran Bukit Shafa di Mekah yang akan bercakap bahawa manusia tidak beriman lagi kepada Allah swt. Turunnya Nabi Isa alaihissalam ke permukaan bumi ini. Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahadi yang berdaulat pada masa itu dan beliau akan mematahkan segala salib yang dibuat oleb orang-orang Kristian dan beliau juga yang akan membunuh Dajjal. 5. Matahari akan terbit dari tempat tenggelamnya.. Maka pada saat itu Allah swt. Gempa bumi di Timur. 10. 6. Kemungkinan kasus longsor di Mesir sebagai pembukanya. Tsunami di Aceh.. iaitu apabila mereka berjaya menghancurkan dinding yang dibuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu. 2. Keluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang akan membuat kerusakan dipermukaan bumi ini. (Apa ini bahaya Nuklir?) .

Bukti tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi Ada tiga tanda fenomenal dari tanda-tanda Kiamat yang perlu diantisipasi dewasa ini oleh umat manusia pada umumnya dan umat Islam pada khususnya. Imam Mahdi merupakan tanda Kiamat yang menghubungkan antara tanda-tanda kecil Kiamat dengan tanda-tanda besar Kiamat karena datang pada saat dunia sudah menyaksikan munculnya seluruh tanda-tanda kecil Kiamat yang mendahului tanda-tanda besar Kiamat.. Laa haula wa laa quwwata illa billah.. Allah tidak akan mengizinkan tanda-tanda besar Kiamat datang sebelum berbagai tanda kecil Kiamat telah tuntas kemunculannya. yang ini sudah. Satu lagi kadang dimasukkan ke dalam tanda besar. Tanda penghubung antara tanda-tanda kecil Kiamat dengan tanda-tanda besar Kiamat ialah diutusnya Imam Mahdi. Supermarket) Berdekatan ‫األ سْاق ج ح قاسب‬ Penumpahan darah dianggap ringan ‫ب ال ذم ا س حخ فاف‬ Makan riba ‫ال شب ا أك ل‬ Jadi kalau kita perhatikan. Bahkan bila kita buka kitab para Ulama yang menghimpun hadits-hadits mengenai tanda-tanda kecil Kiamat. namun ada pula yang menyebutnya sebagai tanda penghubung antara tanda. Dua di antara ketiga tanda itu masuk dalam kategori tanda-tanda besar Kiamat. Coba perhatikan beberapa contoh tanda-tanda kecil Kiamat berikut ini:               Dan perceraian banyak terjadi ‫ال ط الق ّي ك ثش‬ Dan banyak terjadi kematian mendadak (tiba-tiba) ّ ‫ال فجاء ال وْت‬ Dan banyak mushaf diberi hiasan (ornamen) ّ ‫ال و صاحف ح ل ية‬ Dan masjid-masjid dibangun megah-megah ّ ‫ال و ساجذ صخشف ث‬ Dan berbagai perjanjian dan transaksi dilanggar sepihak ّ ‫ال عِْد ً ق ضث‬ Dan berbagai peralatan musik dimainkan ّ ‫ال وأصف ا س ح عو لث‬ Dan berbagai jenis khamr diminum manusia ّ ‫ال خوْس ششب ث‬ Dan perzinaan dilakukan terang-terangan ّ ‫ال ضً ا ف خش‬ Dan para pengkhianat dipercaya (diberi jabatan kepemimpinan) ّ ‫ال خائ ي اؤج وي‬ Dan orang yang amanah dianggap pengkhianat (penjahat/teroris) ّ ‫األه يي خْى‬ Tersebarnya Pena (banyak buku diterbitkan) ‫ال ق لن ظِْس‬ Pasar-pasar (Mall. lalu kita baca satu per satu hadits-hadits tersebut hampir pasti setiap satu hadits selesai kita baca kita akan segera bergumam di dalam hati: “Wah.tanda-tanda kecil Kiamat dengan tanda-tanda besar Kiamat. Banyak orang barangkali belum menyadari bahwa kondisi dunia dewasa ini ialah dalam kondisi dimana hampir segenap tanda-tanda kecil Kiamat yang diprediksikan oleh Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam telah bermunculan semua.!” Hal ini akan selalu terjadi setiap habis kita baca satu hadits. contoh-contoh di atas jelas sudah kita jumpai di zaman kita dewasa ini.B. Plaza.. ..

Demikian pula dengan fenomena gempa sudah sangat tinggi frekuensi berlangsungnya belakangan ini. yaitu diutusnya Imam Mahdi ke tengah ummat Islam. Jika kita amati kondisi dunia saat ini sudah sangat sarat dengan perselisihan antar-manusia. baik yang bersifat antar-pribadi maupun antar-kelompok. Kedua prakondisi tersebut ialah pertama.” (HR Ahmad) Nabi shollallahu ’alaih wa sallam mengisyaratkan adanya dua prakondisi menjelang diutusnya Imam Mahdi ke tengah ummat Islam. Dan bila asumsi ini benar.C.” (HR Ibnu Majah) . banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan kedua. Subhaanallah. ‫ل ح ْا ّلْ ف ايعٍْ سأيحوٍْ ف را‬ ‫خليفة ف ًَ الثل‬ ‫الوِذ‬ “Ketika kalian melihatnya (Imam Mahdi) maka ber-bai’at-lah dengannya walaupun harus merangkak-rangkak di atas salju karena sesungguhnya dia adalah Khalifatullah Al-Mahdi. ‫الٌاط هي اخحالف ل أهح ف ي ع بالوِذ أب شكن‬ ‫فيو ّص ص‬ ‫سطا األس‬ ‫ّظلوا جْسا هل ث كوا ّ ذ‬ “Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Berarti kedatangan Imam Mahdi merupakan tanda Akhir Zaman yang jelas-jelas harus kita antisipasi dalam waktu dekat ini. berarti dalam waktu dekat kita semua sudah harus bersiap-siap untuk menyambut datangnya tanda penghubung antara tanda-tanda kecil Kiamat dengan tandatanda besar Kiamat. Ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman. Dan jika sudah terjadi berarti kitapun harus segera mempersiapkan diri untuk mematuhi perintah Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam yang berkaitan dengan kemunculan Imam Mahdi. terjadinya gempa-gempa. Kita diperintahkan untuk segera berbai’at dan bergabung ke dalam barisannya sebab episode-episode berikutnya merupakan rangkaian perang yang dipimpin Imam Mahdi untuk menaklukkan negeri-negeri yang dipimpin oleh para Mulkan Jabriyyan (Para penguasa yang memaksakan kehendak dan mengabaikan kehendak Allah dan RasulNya). Hal ini menjadi selaras dengan isyarat yang diungkapakan Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam mengenai dua pra-kondisi menjelang diutusnya Imam Mahdi.Beberapa hal yang akan terjadi sebelum kiamat Jika tanda-tanda kecil Kiamat sudah hampir muncul seluruhnya berarti kondisi dunia dewasa ini berada di ambang menyambut kedatangan tanda-tanda besar Kiamat.

Ghazawaat (perang-perang) tersebut akan dimulai dari jazirah Arab kemudian Persia (Iran) kemudian Ruum (Eropa dan Amerika) kemudian terakhir melawan pasukan Yahudi yang dipimpin langsung oleh puncak fitnah. ‫فيفح ِا العشب جضيش ج ضّى‬ ‫ِافيفح الشّم ج ضّى ن‬ ‫فيفح ِا فاسط ن‬ ‫فيفح َ الذجا ج ضّى ن‬ “Kalian akan perangi jazirah Arab dan Allah akan beri kemenangan kalian atasnya. Penguasa Tunggal dan Sejati langit dan bumi. kemudian kalian akan perangi Dajjal dan Allah akan beri kemenangan kalian atasnya. kemudian kalian akan menghadapi Persia dan Allah akan beri kemenangan kalian atasnya.Beliau akan mengawali suatu proyek besar membebaskan dunia dari penghambaan manusia kepada sesama manusia untuk hanya menghamba kepada Allah semata. Beliau akan memastikan bahwa dunia diisi dengan sistem dan peradaban yang mencerminkan kalimatthoyyibah Laa ilaha illAllah Muhammadur Rasulullahdari ujung paling timur hingga ujung paling barat. Dan uniknya pasukan Imam Mahdi Insya Allah akan diizinkan Allah untuk senantiasa meraih kemenangan dalam berbagai perang tersebut.Imam Mahdi akan mengibarkan panji-panji Al-Jihad Fi Sabilillah untuk memerdekakan negeri-negeri yang selama ini dikuasai oleh para Mulkan Jabriyyan (Para penguasa yang memaksakan kehendak dan mengabaikan kehendak Allah dan RasulNya). yaitu Dajjal. kemudian kalian akan perangi Ruum dan Allah akan beri kemenangan kalian atasnya.” (HR Muslim) .

" ‫ي س ي ٌض‬ ْ‫: ف ي ق‬ ‫، ب ٌا صل ج عا : ال وِذ أه يشُن ف ي قْ ، هشي ن ب ي‬ ٍ‫. marilah kita bersiap-siap mengantisipasi kedatangan tanda-tanda Akhir Zaman yang sangat fenomenal ini. Amin ya Rabb. Pada saat itulah Nabi Isa ’alihis-salaam akan Allah taqdirkan turun ke muka bumi untuk digabungkan ke dalam pasukan Imam Mahdi dan membunuh Dajjal dengan izin Allah. . namun ditolak olehnya dan malah Nabi Isa ’alihis-salaam menyuruh Imam Mahdi untuk menjadi imam sholat Subuh tersebut sedangkan Nabi Isa ’alihis-salaam makmum di belakangnya." Berkata Isa ’alihis-salaam: "Tidak." (Al Al-Bani dalam ”As-Salsalatu Ash-Shohihah”) Saudaraku. Ya Allah.Lalu kapan Nabiyullah Isa ’alihis-salaam akan turun dari langit diantar oleh dua malaikat di kanan dan kirinya? Menurut hadits-hadits yang ada Nabi Isa putra Maryam ’alihis-salaam akan datang sesudah pasukan Imam Mahdi selesai memerangi pasukan Ruum menjelang menghadapi perang berikutnya melawan pasukan Dajjal. Berkata pemimpin mereka Al-Mahdi: "Mari pimpin sholat kami. Subhanallah. Maka Imam Mahdi langsung mempersilahkan Nabi Isa ’alihis-salaam untuk mengimami sholat Subuh. maka Imam Mahdi mengkonsolidasi pasukannya ke kota Damaskus. masukkanlah kami ke dalam barisan pasukan Imam Mahdi yang akan memperoleh satu dari dua kebaikan: ’Isy Kariman (hidup mulia di bawah naungan Syariat Allah) au mut syahidan (atau Mati Syahid). Sesungguhnya sebagian mereka pemimpin bagi yang lainnya sebagai penghormatan Allah bagi Ummat ini. Lalu pada saat pasukan Imam Mahdi menjelang sholat Subuh di sebuah masjid yang berlokasi di sebelah timur kota Damaskus tiba-tiba turunlah Nabi Isa ’alihis-salaam diantar dua malaikat di menara putih masjid tersebut. Tanda-tanda yang akan merubah wajah dunia dari kondisi penuh kezaliman dewasa ini menuju keadilan di bawah naungan Syariat Allah dan kepemimpinan Imam Mahdi beserta Nabiyullah Isa ’alihis-salaam. Begitu Imam Mahdi dan pasukannya mendengar kabar bahwa Dajjal telah hadir dan mulai merajalela menebar fitnah dan kekacauan di muka bumi. " األهة ل ِز‬ ‫ج كشهة ، ب عض أه يش ب ع ضِن إى‬ "Turunlah Isa putra Maryam ’alihis-salaam.

Hidungnya seperti Paruh burung. Tulisan ini dapatdibaca oleh setiap org Islam. Dan tandanya yg paling ketara sekali ada dua:Pertama: Buta mata kirinya dan kelihatan seperti buah kismis yg kecut. Jadi kedua-dua matanya adalah cacat. Sama juga halnya dgn Iblis yg di tangguhkan kematiannya sehinggakiamat nanti. Sedangkan Ibunya pula seorang perempuan gemuk dan banyak dagingnya. . kedua-dua tanda ini menjelma dalam diriDajjal setelah ia mengaku sebagai Tuhan.manakala mata kanannya tertonjol keluar kehijauhijauan berkelip-keliplaksana bintang. Dia bukan Jin atau apajua makhluk lain selain ia sebagai manusia yg ditangguhkan ajalnya "MinalMunzharin" seperti halnya Nabi Isa as yg di angkat oleh Allah swt ke ataslangit dan ditangguhkan kematiannya sehingga beliau nantinya turun semula keatas muka bumi ini lalu beliau akan mati dan di kuburkan di Madinah AlMunawwarah. Ia hidup di zaman Nabi Sulaiman as dan mempunyai hubungan denganmakhluk halus. Nerakanya itu merupakan Syurga dan Syurganya pula ialah Neraka(Hadis Sahih Muslim) Ada beberapa ciri perawakan Dajjal yg disebutkan dalam Hadis Rasulullahsaw. ayahnya seorang yg tinggi dan gemuk.Rambutnya kerinting dan tebal. lebat (panjang) rambutnya serta dia mempunyai Syurga danNeraka.Berbadan Besar dan agak kemerahmerahan. sama ada ia pandai membaca atau tidak.a katanya: Rasulullah s. telah bersabda: Dajjal ialah orang yang buta matanyasebelah kiri. diantaranya: Seorang yg kelihatannya masih muda. Adapun sebelum itu.Mungkin hal yang akan saya kemukakan di bawah tidak termasuk dalam 3 bahasan di atas. keduadua tandayg terakhir ini belum ada pada dirinya. Lalu oleh Nabi Sulaiman ia akhirnya ditangkap dan dimasukkanke dalam penjara.Mengikut hadis riwayat At-Thabrani.w. MenurutImam Al Barzanji ada pendapat mengatakan bahawa asal keturunan bapanya ialahseorang Dukun Yahudi yg di kenali dgn "syaqq" manakala ibunya adalah daribangsa Jin. Kedua: Tertulis didahinya tulisan "Kafir (Kaf-Fa-Ra)".hal yang akan saya kemukakan di bawah adalah hal yang masih menyangkut tentang kiamat dan semoga membuat kita semakin tahu tentang datanya hari kiamat dan kita menjadi lebih beriman dan bertakwa karenanya Dajjal Dajjal adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi. Kelihatan dari belakang seolah-olah dahankayu yg rimbun.a. Walau bagaimanapun kelahiran dan kehidupan masa keciltidak diketahui dgn jelas. Dajjal. Sifat Badannya: Hadis Huzaifah r.

menjawab: Ia akan tinggal selama empat puluh hari. hari pertamanya adalah sama dgnsetahun dan hari kedua sama dengan sebulan dan ketiga sama dengan satuminggu dan hari-hari baki lagi sama seperti hari-hari biasa.. selamaempat puluh hari sahaja. maka wajib kita sembahyang AsarBegitulah seterusnya waktu Sembahyang Maghrib. Fitnah Dajjal: Dajjal telah diberi peluang oleh Allah swt utk menguji umat ini. Misalnya sudah berlalu tujuh jam selepas sembahyang Subuh pada hariitu maka masuklah waktu sembahyang Zohor. maka hendaklah kita sembahyangZohor." Maksud Sabdaan Rasulullah saw. Bukan mengikut perjalanan matahari seperti biasanya kitalakukan. maka masuklah waktu Asar. Nabi saw menjawab: Tidak cukup. Jadikeseluruhan masa Dajjal membuat fitnah dan kerosakan itu ialah 14 bulan dan 14 hari.Tempat Tinggalnya Sekarang: Menurut riwayat yg sahih yg disebutkan dlm kitab "Shahih Muslim". dan apabila ia telah berlalu selepas sembahyang Zohor itu tiga jamsetengah misalnya. Kemudian hari yg masih tinggal lagi (iaitu 37hari) adalah sama seperti hari kamu yg biasa. Hariyg pertama seperti setahun dan hari berikutnya seperti sebulan dan hariketiga seperti seminggu. Dari pada Hadis ini jelaslah bagi kita bahawa Dajjal itu telah ada dan ia menunggu masa yg diizinkan oleh Allah swt untuk keluar menjelajah permukaan bumi ini dan tempat "transitnya" itu ialah disebelah Timur bukan di Barat. Allah memberikan kepadanya beberapa kemampuan yg luar biasa.Lalu kami bertanya lagi: Wahai Rasulullah saw! Di hari yg panjang sepertisetahun itu. apakah cukup bagi kami hanya sembahyang sehari sahaja (iaitu 5waktu sahaja). Dalam Hadis riwayat Muslim ada disebutkan: Kami bertanya: "Wahai Rasulullah! Berapa lamakah ia akan tinggal di mukabumi ini? Nabi saw. Isyak dan Subuh seterusnyahingga habis hari yg panjang itu sama panjangnya dgn masa satu tahun danbilangan sembahyang pun pada sehari itu sebanyak bilangan sembahyang setahunyg kita lakukan. Kamu mesti mengira hari itu dengan menentukan kadar yg bersesuaian bagi setiap sembahyang. bahawaDajjal itu sudah wujud sejak beberapa lama. ini ialah supaya kita mengira jam yg berlalu pada hari itu. Namun begitu. Berapa lama ia akan hidup setelah kemunculannya: Dajjal akan hidup setelah ia memulakan cabarannya kepada umat ini. Di antarakemampuan Dajjal ialah: . Begitu juga pada hari Kedua dan ketiga. Terdapat hadis mengenainya. Oleh keranaitu. Ia dirantai di sebuah pulau danditunggu oleh seekor binatang yg bernama "Al-Jassasah".

Bagi syaitan.Sebelum kedatangan Dajjal.mereka akan tetap berada dlm kebuluran dan kesusahan. Dalam hal ini. Di saat itu Dajjal akan muncul membawa ujian. perdagangan akan menjadi makmur dan stabil pada orang ygbersekutu dgn Dajjal. 4. Jadi zikir-zikir itu yang akan menggantikan makanan. ia akan berkata pada awan: Hujanlahkamu di daerah ini! Lalu hujan pun turunlah dan bumi menjadi subur. Ada bersamanya seumpamanya Syurga dan Neraka: Di antara ujian Dajjal ialah kelihatan bersama dengannya seumpama syurga danneraka dan juga sungai air dan sungai api. Kepantasan perjalanan dan Negeri-Negeri yang tidak dapat dimasukinya: Kepantasan yg dimaksudkan ini tidak ada pada kenderaan org dahulu.1. Umat akan dilandakebuluran dan kekeringan..s. ." H. bertanya:"Jadi apa yg dimakan oleh org Islam yg beriman pada hari itu wahaiRasulullah?"Nabi menjawab:"Mereka akan merasa kenyang dengan bertahlil.R IbnuMajah 2. inilahmasa yg terbaik utk menyesatkan lebih ramai lagi anak cucu Adam a. Segala kesenangan hidup akan ada bersama dengannya. Kalauhari ini maka bolehlah kita mengatakan kepantasan itu seperti kepantasanjet-jet tempur yg digunakan oleh tentera udara atau lebih pantas lagidaripada kenderaan tersebut sehinggakan beriburibu kilometer dapat ditempuhdalam satu jam"… Kami bertanya: Wahai Rasulullah! Bagaimana kepantasan perjalanannya diatas muka bumi ini?Nabi menjawab:"Kepantasan perjalanannya adalah seperti kepantasan "Al Ghaist" (hujan atauawan) yang dipukul oleh angin yang kencang. dunia Islam akan diuji dahulu oleh Allah dgnkemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut. Pada tahun pertama hujan akankurang sepertiga dari biasa dan pada tahun kedua akan kurang 2/3 dari biasadan tahun ketiga hujan tidak akan turun langsung." H. 3. Dan ada diri wayatkan penyokong Dajjal akan memiliki segunung roti (makanan) sedangkan org yangg tidak percaya dengannya berada dalam kelaparan dan kebuluran. bertasbih danbertaubat. Begitujuga ekonomi. Benda-benda beku akanmematuhinya.R Muslim Namun demikian. Manakala penduduk yg tidak mahu bersukutu dgn Dajjal. Makadaerah mana yg percaya Dajjal itu Tuhan.w. Dajjal akan menggunakankedua-duanya ini untuk menguji iman org Islam kerana hakikat yg benar adalahsebalik dari apa yg kelihatan. Bantuan Syaitan-Syaitan untuk memperkukuhkan kedudukannya:Syaitan juga akan bertungkus-lumus membantu Dajjal. Apa yg dikatakan Syurga itu sebenarnya Nerakadan apa yg dikatakannya Neraka itu adalah Syurga. bertakbir.a. Dajjal tetap tidak dapat memasuki dua Bandar suci umat Islamiaitu Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawwarah. para sahabat Rasullullah s.

bahkan mampu menurunkan hujan dan mengeluarkan tepung dari tangannya.” Adalah tidak mustahil bahawa Sai Baba ini adalah salah satu dari 30 dajal-dajal kecil yang akan membuka jalan bagi munculnya Al-Maseh Al-Dajjal. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi S. Ia juga mampu berjalan melintasi belahan bumi dalam sekejap.. “Dajjal adalah seorang laki-laki yang gemuk.A. merubah besi menjadi emas. bahawasanya Dajjal akan keluar dari bumi ini dari kawasan bahagian timur yang bernama Khurasan (Jamiu At-Tirmidzi).A. berkulit merah dan berambut keriting…” (Hadith riwayat Al-Bukhari dan Muslim) .W. Sai Baba dikatakan memiliki kemampuan menghidupkan orang mati. telah bersabda yang bermaksud: “Hari Kiamat tidak akan datang hingga 30 Dajal (pendusta) muncul. wilayah timur Khurasan. iaitu India Selatan. menciptakan patung emas. dia lahir dan tinggal di Desa Nilayam Puthaparti. Maka sudah saatnya bagi setiap muslim untuk mengetahui masalah ini.W. Saat ini Sai Baba dikatakan sudah pun memiliki puluhan juta pengikut. Telah bersabda Rasulullah S. dan banyak lagi berbagai fitnah yang ditunjukkan oleh Sai Baba kepada ribuan orang.Contoh yang disebut sebut dajjal Salah satu tanda akhir zaman yang akhir-akhir ini cukup menarik perhatian adalah kehadiran seorang bernama Sai Baba. agar dirinya tidak turut sama menjadi korban berikut dari fitnah Sai Baba ini. menyembuhkan orang lumpuh dan buta. bahkan jutaan yang datang dari berbagai suku bangsa dan agama. mereka semua berdusta tentang Allah dan Rasul-Nya.

. Dajjal akan muncul dan sebagai nabi. Persamaan: Sai Baba mengakui bahwa dirinya adalah Tuhan penguasa alam semesta. Aku adalah Rabb kalian. bangsa. Dajjal akan menggunakan nama Al-Masih. . Dajjal memiliki mata yang buta. Al-Qur’an dan keharusan untuk memahaminya. berambut kerinting. sehingga ramai sekali orang yang tertarik untuk mengikutinya. Dajjal mempunyai pengikut yang sangat banyak. Persamaan: Sai Baba memiliki kemampuan mengeluarkan vibhuti (tepung suci) dari udara melalui tangannya. 4. yang bermaksud: “Diawal kemunculannya. Kemudian ia memuji dirinya sambil berkata. 6. padahal tidak ada nabi setelahku. berkaki bengkok (agak pengkor). 8. 2. Aku adalah nabi. Dajjal datang dan bersamanya ada gunung roti dan sungai air. Persamaan: Sai Baba mengaku akan menjelma sebagai Isa Al-Masih setelah tahun 2020. Persamaan: Sai Baba meletakkan dirinya sebagai nabi kepada pengikut2nya. bahkan di akhir zaman nanti banyak manusia yang berangan-angan untuk berjumpa dengan Dajjal. Dajjal seorang laki yang berpostur pendek. Persamaan: Dalam banyak majlis darshanya. Sai Baba banyak berbicara tentang Islam. padahal kalian tidak dapat melihat Rabb kalian sehingga kalian mati. 9. 5. Persamaan: Sai Baba memiliki kemampuan berjalan menjelajahi bumi dalam hitungan kerlipan mata. Dajjal memiliki kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan kecepatannya seperti hujan badai atau secepat awan yang ditiup angin kencang. Persamaan: Sai Baba memiliki pengikut yang jumlahnya puluhan juta manusia dari berbagai macam suku. Dajjal akan mendakwahkan agama Allah. 3. 7.” (Hadith riwayat Ibnu Majah) Persamaan antara DAJJAL dan SAI BABA: 1. Dajjal akan mengaku sebagai Tuhan. Persamaan: Sai Baba mengaku sebagai orang yang bijak yang membawa misi perdamaian.A. Persamaan: Sai Baba seorang yang berpostur pendek dan berambut kerinting. negara dan agama. cinta kasih menghapuskan segala persengketaan dengan bijaksana.W. gempal. Dajjal akan muncul dengan mengaku sebagai orang bijak/baik. Dajjal berkata. Persamaan: Sai Baba pernah mengalami kebutaan semasa muda kemudian sembuh kembali.Sabda Rasulullah S. 10.

19. . Dajjal dapat menurunkan hujan. Persamaan: Sai Baba mampu menciptakan patung emas. Persamaan: Sai Baba memiliki misi menyebarkan teologi zionis. Persamaan: Sai Baba memliki kemampuan berjalan di udara dan membuat kemukjizatan pada sebuah pesawat terbang. Persamaan: Sai Baba mengakui bahwa dia datang dari masa banyak pertikaian dan persengketaan. 16. kalung emas. lalu perbendaharaan itu akan mengikuti ratunya. Dajjal akan membunuh seseorang dan menghidupkannya kembali. Dajjal berupaya mengeluarkan perbendaharaan (perhiasan dan harta) dari bangunan yang roboh.11. Persamaan: Sai Baba mandul. Dajjal bisa memerintahkan bumi untuk mengeluarkan tumbuh2an dan air. Dajjal berupaya membesarkan tubuhnya. 12. 20. Dajjal mampu menghidupkan orang mati dan menyembuhkan orang sakit. injil mini dan berbagai bentuk medalai berlafadz ALLAH dalam tempoh yang singkat. 14. Dajjal berupaya berpindah raga dan tempat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dajjal biasa keluar masuk pasar dan makanan. Dajjal memimpin orang yahudi. Persamaan: Sai Baba juga manusia biasa yang makan dan minum sebagaimana manusia lainnya. Persamaan: Sai Baba mampu menghidupkan orang yang sudah meninggal dunia. ia tidak beranak dan tidak berkeluarga (tidak menikah). Persamaan: Sai Baba memiliki kemampuan menghidupkan orang mati juga menyembuhkan penyakit kanser. 18. 21. Persamaan: Sai Baba bisa berpindah dari satu jasad ke jasad lainnya yang merupakan bentuk reinkarnasi (reincarnation) dirinya. Persamaan: Sai Baba memiliki kemampuan menurunkan hujan dan mendatangkan air untuk irigasi (di NTT sedang di bangun projek Sai Baba untuk pengairan di daerah yang kering). serta kedatangannya untuk menegakkan kebenaran dan membinasakan kejahatan. rumah sakit. 13. 15. Dajjal tidak memliki anak. 17. projek irigasi dan tempat lain yang biasa dikunjungi manusia. Persamaan: Sai baba mampu mengeluarkan air dengan hentakan kakinya. Dajjal muncul di zaman pertikaian. ia juga berupaya berjalan ke pasar.

maka Allah SWT akan mengutus seorang laki-laki yang berasal dari umatku. namanya seperti namaku. sebagaimana ia (bumi) telah dipenuhi sebelum itu oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. (HR. Dan apabila kezhaliman serta kesemena-menaan itu telah penuh. Dan ia sama sekali tidak akan menghitung-hitungnya. Nama Imam Mahdi sama persis dengan Rasulullah SAW yaitu Muhammad bin Abdullah. Nama Imam Mahdi sebenarnya seperti yang disebutkan dalam hadist di atas. "Pada akhir zaman akan muncul seorang khalifah yang berasal dari umatku. Hal ini diterangkan dalam sebuah hadist nabi yang diriwayatkan oleh Thabrani. sedangkan Mahdi berarti "orang yang mendapat petunjuk". atau 9 tahun. "Seseorang yang memandu") adalah seorang muslim berusia muda yang akan dipilih oleh Allah untuk menghancurkan semua kezaliman dan menegakkan keadilan di muka bumi sebelum datangnya hari kiamat. Thabrani) Hadist lain yang menerangkan tentang kedatangan Imam Mahdi adalah sebagai berikut: Telah bersabda Rasulullah SAW. Muslim dan Ahmad) Etimologi Imam Mahdi sebenarnya adalah sebuah nama gelar sebagaimana halnya dengan gelar khalifah.Imam mahdi Imam Mahdī (Arab ‫ . atau 8 tahun. yang akan melimpahkan harta kekayaan selimpah-limpahnya. (HR. bumi ini akan dipenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Mehdi. kata Imam berarti "pemimpin". Dalam bahasa Arab. Ciri-ciri Imam Mahdi Tidak ada seorang pun dimuka bumi ini yang mengetahui tentang Imam Mahdi dan ciricirinya . amirul mukminin dan sebagainya. dan nama bapaknya seperti nama bapakku (Muhammad bin Abdullah). Imam Mahdi dapat diartikan secara bebas bermakna "Pemimpin yang telah diberi petunjuk". dan bumi pun tidak akan menahan sedikit pun dari tanaman-tanamannya. ia bernama Muhammad (seperti nama Nabi Muhammad). Maka ia akan hidup bersama kamu selama 7 tahun. kecuali Rasulullah. Maka ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran. karena Rasululah dibimbing oleh wahyu. nama ayahnya pun sama seperti nama ayah Nabi Muhammad SAW yaitu Abdullah. Di waktu itu langit tidak akan menahan setetes pun dari tetesan airnya. Oleh karena itu bagi kita sebaik-baiknya tempat untuk merujuk tentang perkara ini adalah apa yang baginda .ال وِذ اإلهام‬Muhammad al-Mahdī. Telah bersabda Rasulullah SAW: Sungguh.

Abu Dawud. 'Mengapa engkau melakukan sesuatu yang belum pernah engkau lakukan wahai Rasulullah?' Rasulullah SAW menjawab. Abu Dawud dan al-Hakim) Telah bersabda Rasulullah SAW: Al-Mahdi berasal dari umatku. di antara mereka yang ditelan bumi tersebut ada yang sengaja pergi untuk berperang. (HR. (HR. dan al-Hakim) Kemunculan Imam Mahdi Kemunculan Imam Mahdi bukan karena kemauan Imam Mahdi itu sendiri melainkan karena takdir Allah yang pasti berlaku. (HR. Ia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan dan kemakmuran. dan ia (umur kekhalifahan) berumur tujuh tahun. sebagaimana ia (bumi ini) sebelum itu dipenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. serta ada pula orang yang sedang berada dalam suatu perjalanan. Bahkan Imam Mahdi sendiri tidak menyadari bahwa dirinya adalah Imam Mahdi melainkan setelah Allah SWT mengislahkannya dalam suatu malam. yang akan diislahkan oleh Allah dalam satu malam. yaitu bahwa sekelompok orang dari umatku akan berangkat menuju baitullah (Ka'bah) untuk memburu seorang laki-laki Quraisy yang pergi mengungsi ke Ka'bah. Lalu kami bertanya. berkening lebar. 'Akan terjadi suatu keanehan. Kemudian Allah SWT akan membangkitkan mereka pada hari berbangkit. 'Bukankah di jalan padang pasir itu terdapat bermacammacam orang?' Beliau menjawab. Muslim) . dan ada pula yang dipaksa untuk berperang. Bukhary. Sedangkan mereka berasal dari arah (niat) yang berbeda-beda. Sehingga apabila orang-orang tersebut telah sampai ke padang pasir. Ahmad dan Ibnu Majah) Kemunculan Imam Mahdi akan di dahului oleh beberapa tanda-tanda sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadist berikut: Aisyah Ummul Mukminin RA telah berkata: Pada suatu hari tubuh Rasulullah SAW bergetar dalam tidurnya. maka mereka ditelan bumi.Rasulullah katakan dalam hadist-hadistnya sebagai berikut: Telah bersabda Rasulullah SAW: Al-Mahdi berasal dari umatku. berhidung panjang dan mancung. 'Benar. dari keturunan anak cucuku. akan tetapi mereka binasa dalam satu waktu dan tempat yang sama.' Kemudian kami bertanya. seperti yang dikatakan dalam sebuah hadist berikut: Al-Mahdi berasal dari umatku. Ibnu Majah. menurut niat mereka masing-masing. (HR.

(HR. Muslim) Telah bersabda Rasullah SAW: Sungguh. Baitullah ini akan diserang oleh suatu pasukan. maka mereka ditelan bumi. (HR. Muslim. Maka berteriaklah pasukan bagian depan kepada pasukan bagian belakang. dimana kemudian semua mereka ditenggelamkan bumi dan tidak ada yang tersisa. Dan ketika mereka telah sampai di suatu gurun pasir. (HR. sehingga apabila pasukan tersebut telah sampai pada sebuah padang pasir.Telah bersabda Rasulullah SAW: Seorang laki-laki akan datang ke Baitullah (Ka'bah). dan Ibnu Majah) Telah bersabda Rasulullah SAW: Akan dibaiat seorang laki-laki antara makam Ibrahim dengan sudut Ka'bah. Ahmad. sehingga apabila mereka telah sampai pada suatu padang pasir. Lalu diutuslah (oleh penguasa) sekelompok tentara untuk mengejar mereka. Ahmad . Muslim) Telah bersabda Rasulullah SAW: Suatu kaum yang mempunyai jumlah dan kekuatan yang tidak berarti akan kembali ke Baitullah. (HR. Nasai. maka bagian tengah pasukan itu ditelan bumi. (HR. kecuali seseorang yang selamat. yang akan mengabarkan tentang kejadian yang menimpa mereka. Ahmad. maka diutuslah suatu utusan (oleh penguasa) untuk mengejarnya. Abu Dawud) Telah bersabda Rasulullah SAW: Suatu pasukan dari umatku akan datang dari arah negeri Syam ke Baitullah (Ka'bah) untuk mengejar seorang laki-laki yang akan dijaga Allah dari mereka. maka mereka terbenam ditelan bumi.

Imam Mahdi dan Nabi Isa akan bersama-sama memerangi Dajjal dan pengikutnya.Kepemimpinan Imam Mahdi Dalam hadist yang disebutkan di atas Imam Mahdi akan memimpin selama 7 atau 8 atau 9 tahun. maka Allah SWT akan menurunkan Nabi Isa dari langit yang bertugas membunuh Dajjal. Kemenangan demi kemenangan yang diraih Imam Mahdi dan pasukannya akan membuat murka raja kezaliman (Dajjal) sehingga membuat Dajjal keluar dari persembunyiannya dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya. hingga satu demi satu kedzaliman akan tumbang takluk dibawah kekuasaanya. Semasa kepemimpinannya Imam Mahdi akan membawa kaum muslimin untuk memerangi kezaliman. . Kekuasaan dan kehebatan Dajjal bukanlah lawan tanding Imam Mahdi oleh karena itu sesuai dengan takdir Allah. hingga Dajjal mati ditombak oleh Nabi Isa di "Pintu Lud" dalam kompleks Al-Aqsa.

apakah sekarang ini tanda-tanda tersebut sudah kita rasakan atau belum. Ibnu Hajar berkata. maka tertutuplah pintu taubat. bahwa keluarnya Dajjal adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar. dengan terjadinya perubahan secara menyeluruh di muka bumi.” Ibnu Hajar melanjutkan. “Yang kuat dari sejumlah berita tanda-tanda kiamat.s. Kesimpulan Dari berbagai tanda-tanda hari kiamat seperti yang telah dipaparkan di atas. kita semua bisa menilai. baik tanda-tanda kiamat besar maupun tanda-tanda kiamat kecil. Sedangkan terbitnya matahari dari Barat adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar yang mengakibatkan perubahan kondisi langit. Dan diakhiri dengan wafatnya Isa a.BAB III PENUTUP A. Dan berakhir dengan terjadinya kiamat. ”Hikmah dari kejadian ini bahwa ketika terbit matahari dari barat.” Nah oleh karena itu sebagai muslim yang sudah mengetahui akan kebenaranya marilah kita meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepadaNya sebelum pintu taubat benar-benar tertutup .

dakwatuna.com/journal/item/144?&show_interstitial=1&u=% 2Fjournal%2Fitem      http://m.html http://netlog.eramuslim.com/2007/02/94/tanda-tanda-kiamat/ http://siip.com/2012/03/10/tanda-tanda-kiamat-telah-tiba-wajib-dibaca/ http://www.blogdetik.com/category/siapa-dajjal-itu/ .html http://newyorkermen.multiply.dudung.wordpress.com/tanda-tanda-hari-kiamat-menurut-islam.htm.DAFTAR PUSTAKA   http://www. http://duniabaca.net/artikel-islami/tanda-tanda-kiamat-yangmenakjubkan.com/suara-langit/kehidupan-sejati/tiga-tanda-kiamatyang-harus-diantisipasi-dewasa-ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful