P. 1
tugas biologi

tugas biologi

|Views: 29|Likes:
Published by bgz_ztiko
tugas biologi penanaman kacang merah
tugas biologi penanaman kacang merah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: bgz_ztiko on Jan 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

BAB I

Pendahuluan
1.1. Latar belakang

Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran dan volume serta jumlah sel secara irreversible, yaitu tidak dapat kembali kebentuk semula, adapun perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan, dan proses ini bersifat kualitatif yang berarti tidak dapat dinyatakan dalam suatu bilangan. Kacang merah berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kacang Merah memiliki dua tipe, yang pertama Phaseolus vulgaris L (kacang merah merambat). Yang ke dua Kidney bean, yaitu kacang merah tegak yang tingginya tidak lebih dari 60 cm. Selain penanaman kacang merah ini mudah, ternyata kandungan gizi yang terdapat di dalamnya juga sangat tinggi. Kacang merah kering merupakan sumber protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, folasin, tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi. Folasin adalah zat gizi esensial yang mampu mengurangi resiko kerusakan pada pembuluh darah. Tanaman kacang merah ini umunya ditanam di ketinggian 1000-1500 m dpl. Tetapi para ilmuan telah meneliti mengenai penanaman kacang merah jenis tegak di dataran rendah dengan ketinggian 200300m dpl dan hasilnya memuaskan. Ketinggian suatu tempat akan berpengaruh pada kelembaban. Penyiraman juga berpengaruh pada pertumbuhan. Apabila tanah terlalukering, maka tanaman akan layu dam kemudian mati. Dan sebaliknya jika tanah terlalu basah maka tanaman akan londot atau membusuk.siramlah tanaman setiap pagi dan petang kecuali jika hari hujan. Selain itu intensitas cahaya juga berpengaruh pada pertumbuhan. Umumnya kacang merah memerlukan cahaya matahari berkisaran antara 400-800 feetcandles. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tanamanlah kacang merah pada media yang terbuka, seperti di kebun, sawah, atau ladang. Jangan menanam kacanh merah pada media yang memiliki naungan, seperti di Green House. a. Ruang Lingkup Sesuai dengan latar belakang , saya sebagai penulis mengambil topic pertumbuhan biji kacang tanah dengan intensitas cahaya yang berbeda beda . b. Tujuan dan Manfaat Tujuan dari peneliatian ini ialah kita dapat menemukan perbedaan antara tumbuhan biji kacang merah yang ditanam dengan intensitas cahaya matahari secara langdung dengan tumbuhan biji acing merah yang ditanam ditempat tanpa cahaya matahari (gelap) . Manfaat dari penelitian ini diantaranya ialah :

Dapat menerapkan penenaman kacang merah yang lebih efisien. b. . Jumlah intensitas cahaya sangat berpengaruh pada pertumbuhan kacang merah.2. Adakah pengaruh banyak sedikitnya cahaya pada pertumbuhan? b. jika pada saat pertumbuhan kacang merah kekurangan intensitas cahaya maka. Hasil penanaman kacang merah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 1. c. Banyak sedikitnya cahaya berpengaruh pada pertumbuhan. Rumusan Masalah a.a. b. Hipotesa penulisan a. Mengetahui pengaruh serta sinar matahari terhadap pertumbuhan tanaman.3. pertumbuhannya tidak teratur. Apakah ada perbedaan yang dapat kita amati dari biji tumbuhan kacang merah yang ditanam di tempat terang dan biji tumbuhan kacang merah yang ditanam di tempat gelap ? 1.

5 .4. Cahaya Pertumbuhan biji kacang merah dipengaruhi oleh factor cahaya . c.Tumbuhan yang kekurangan cahaya akan menyebabkan pertumbuhan batang menjadi lebih panjang .8. Kacang merah akan dapat tumbuh baik di daerah basah atau dingin pada ketinggian 1400-2000 meter dari permukaan laut. Beberapa kultivar tahan terhadap lahan asam dengan pH serendah-rendahnya 4. Kacang merah menyukai lahan beraerasi dan berdrainase baik dengan pH 6. Ciri – ciri Fisik Tanaman (Kacang Merah) Kacang merah atau kacang jogo. Beberapa unsur hara yang dapat menjadi racun bagi tanaman antara lain: aluminium. Sedangkan yang ditanam pada tanah pH < 5. besi dan mangan. juga diperlukan tanah yang baik.5 akan terganggu pertumbuhannya (pada pH rendah terjadi gangguan penyerapan unsur hara). Pengembangbiakan dapat dilakukan dengan bijinya.1. remah.4. c.5-6. Syarat Pertumbuhan c. . cahaya merupakan sumber energy fotosintesis. ada yang berupa tanaman semak yang tegak dan ada yang merambat di para . kacang merah dapat mencapai tinggi sekitar 3. Sifat sifat tanam untuk tanaman kacang merah : gembur.0-6. b. Cahaya adalah factor pengendali pertumbuhan .para. lembek dan kurus . tumbuhnya memerlukan penyangga. Habitat Tanaman Kacang ini tumbuh di dataran rendah tropis dan area subtropis tetapi dapat tumbuh hingga ketinggian 2000-2500 m.dan dipanen 6 bulan setelah penanaman.5 meter.2.BAB II Kajian Teori a. subur dan keasaman (pH) 5.

masing masing diberi tanah yang sama berat . Sarana Buku Dan situs – situs yang berangkutan / Keperpustakaan .beda meliputi : 1. Tempat dan waktu Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di rumah masing maing siswa dalam kurun waktu 2 minggu . Pot 1 ditempat gelap Pot 2 ditempat terang dan langung terkena cahaya matarari B. Objek Penelitian Objek penelitian tentang pertumbuhan biji tanaman kacang merah dengan intensitas cahaya yang berbeda. Metode Percobaan Metode ini ialah membuat percobaan secara langsung menggunakan bahan – bahan dan ketentuan yang telah disediakan . Metode Penelitian Metode ini digunakan untuk meneliti pengaruh pengaruh intensitas cahaya yang berbeda yang diberikan pada masing masing pot berisi biji kacang merah. C. dan masing maing diisi 10 butir biji kaang merah . 4.Variabel beba yaitu intensitas cahaya yang berbeda-beda Objek penelitian ini juga menggunakan media berupa 2 pot kecil . 3. Metode Pengamatan Metode pengamatan merupakan kegiatan mengamati hail kerja secara bertahap terhadap pengaruh intensitas cahaya yang berbeda yang diberikan pada masing masing pot berisi biji kacang merah. 2. Metode Penelitian Metode metode penelitian ini meliputi : 1.Variabel terikat yaitu biji kacang merah 2.BAB III Metode Penelitian A.

.Metode ini dilakukan guna menambah data data dan pengetahuan secara lebih akurat mengenai pertumbuhan biji kacang merah dengan intensitas cahaya yang berbeda – beda .

Penanaman kacang merah umumnya di lahan yang terbuka. apabila kacang 1 diletakkan di dalam Green House dan kacang 2 diletakkan di luar ruangan. Sebagai contoh. Karena jumlah intensitas cahaya yang diterima kacang B lebih banyak daripada kacang 1. 16. Pelaksanaannya dilakukan 2 kali sehari. jika pada saat pertumbuhan kacang merah kekurangan intensitas cahaya maka.multiply.BAB IV Pembahasan 1. maka tanaman akan layu lalu mati. Pada umumnya para petani kurang memperhatikan penyiraman tananan. Air yang diberikan alam sangat bervariasi dan seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman. tetap saja cahaya terhalang oleh atap dari Green House itu sendiri. yang perlu diperhatikan adalah masalah pembuangan airnya. yaitu pada umur 1-15 hari. Hal ini sangat cocok untuk fase pertumbuhan buncis. setiap pagi dan sore. Dari www.leuitkuring.com. sehingga saat menanam yang paling baik yaitu saat peralihan. Volume akar tanaman yang besar akan mempermudah tanaman dalam mencari unsur hara yang terkandung dalam tanah. Dan sebaliknya jika tanah terlalu basah maka tanaman akan londot atau membusuk. dan fase pengisian serta pemasakkan polong. Siram tanaman pagi dan petang setiap hari kecuali hari hujan. pertumbuhannya tidak teratur. Pengaruh Tekstur Tanah pada Pertumbuhan Tanah yang memiliki struktur yang gembur akan mempermudah akar tanaman mencari unsur hara yang terkandung dalam tanah. Sehingga tanaman dapat mendapatkan sinar matahari secukupnya. Pada fase ini di khawatirkan akan terjadi serangan . Walaupun kacang 1 diletakkan di dalam Green House. Untuk itu. Pengaruh Penyiraman Terhadap Tanaman Penyiraman sangat berpengaruh pada objek tanam. Bila penanamannya dilakukan pada musim hujan. Struktur tanah yang gembur juga akan mempengaruhi pertambahan volume akar. Apabila tanah terlalu kering. diperlukan pengaturan pengairan. Biasanya pengairan dilakukan bila penanamannya dilakukan pada musim kemarau. Hal ini dimaksudkan agar penanaman lebih efisien. C.1 Sekilas Tentang Kacang Merah A. Air yang dibutuhkan buncis hanya secukupnya. 07 Mei 2008. Kelebihan air dapat disalurkan melalui parit-parit yang telah dibuat di antara bedengan atau guludan.08 for everyone. maka pertumbuhan kacang merah yang lebih efisien yaitu pertumbuhan kacang 2. B. Pengaruh Jumlah Intensitas Cahaya Jumlah intensitas cahaya sangat berpengaruh pada pertumbuhan kacang merah.

ini kalau penanamannya dilakukan pada musim hujan. pada musim kemarau perlu dilakukan penyiraman sesering mungkin terutama pada saat awal perkecambahan. Untuk mengatasi curah hujan yang terlalu tinggi dapat dibuat saluran-saluran drainase. diperoleh hail sebagai berikut : . 1.penyakit bercak bila curah hujannya terlalu tinggi.masing masing pot berisi 10 butir biji kacang merah Letakan pot 1 di tempat gelap . Penanaman Biji Kacang Merah Dengan Intensitas Cahaya Yang Berbeda Beda a) Alat dan Bahan Alat  2 pot kecil masing masing 6cm  Penyemprot air  Penggaris Bahan  Biji kacang merah sebanyak 20 butir  Tanah bercampur kompos b) Proses Pembuatan       Menyiapkan alat dan bahan sesuai ketentuan Menyiapkan biji kacang merah yang sudah dicuci Meletakan biji di media tanah . c) Hasil Penelitian Setelah melakukan pengamatan selama 1 minggu . dan amati sekitar 1 minggu . Sebaliknya. Letakan pot 2 di tempat terang Lihat hasil perbedaannya .2.

6 cm 2.0 cm 3.2 cm 6.Tabel Ukuran Pertumbuhan Tanaman di Tempat Gelap (Pot 1) Hari Hari ke-1 Hari ke-2 Hari ke-3 Hari ke-4 Hari ke-5 Hari ke-6 Hari ke-7 Ukuran Panjang Tumbuhan (cm) 0 cm 2.6 cm Gambar yang diambil ketika melakukan percobaan .6 cm 4.3 cm 5.0 cm 9.7 cm 3.2 cm 14 cm 16.2 cm 19 cm Tabel Ukuran Pertumbuhan Tanaman di Tempat Terang (Pot 2) Hari Hari ke-1 Hari ke-2 Hari ke-3 Hari ke-4 Hari ke-5 Hari ke-6 Hari ke-7  Ukuran Panjang Tumbuhan (cm) 0 cm 1.

Tanaman menjadi lebih panjang . dapat kita ketahui bahwa pertumbuhan yang baik terjadi pada tanaman di pot 2 .BAB V Penutupan A. normal dan berwarna hijau . Saran Pada saat pertumbuhan. pucat dan tidak hijau . B. . Memang pertumbuhan pada tanaman di pot 1(di tempat gelap) lebih cepat tumbuh . tetapi pertumbuhannya tidak memuaskan . yaitu tanaman yang mendapat cahaya matahari secara langsung . maka tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Daunnya pun akan berwarna hujau pucat dan apabila berbuah. buahnya kecil-kecil. Apabila pada saat pertumbuhan kekurangan cahaya. Sedangkan tanaman di pot 2 (di tempat terang) tumbuh dengan baik . Kesimpulan Dari hasil percobaan diatas . sebaiknya tanaman di impan di tempat yang memberi banyak cahaya matahari .

Tugas Biologi Percobaan Penanaman Biji Tanaman Kacang Merah Dengan Intensitas Cahaya Yang Berbeda Disusun Oleh : Betary Herliana XII IPA 4 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->