P. 1
Proposal PTK

Proposal PTK

|Views: 82|Likes:
Published by dicky.amboro
tugas kuliah
tugas kuliah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: dicky.amboro on Jan 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

10/11/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

TUGAS PTK UPAYA MENINGKATKAN KETAQWAAN MELALUI KEGIATAN TPQ SISWA SDN WIDODAREN 01 TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Dosen Pengampu : Drs. Edy Siswanto, M. Pd

OLEH : ESTININGSIH 09.141.077 / 7B

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN IKIP PGRI MADIUN 2013

Semua ini dikarenakan kemampuan dan pengalaman yang ada pada penulis. baik dari segi isi maupun teknik penulisannya. Madiun. Semoga PTS ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan kepada pembaca umumnya. sehingga penulis dapat menyelesaikan PTS (Penelitian Tindakan Sekolas) di SD Negeri Widodaren 01 dengan judul “UPAYA MENINGKATKAN KETAQWAAN MELALUI KEGIATAN TPQ SISWA SDN WIDODAREN 01 TAHUN PELAJARAN 2012/2013’’ Penulis menyadari Penelitian Tindakan Sekolah ini jauh dari kesempurnaan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Januari 2013 Penulis . Amin. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangatlah penulis harapkan demi kesempurnaan dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Sekolah yang berikutnya.KATA PENGANTAR Puji Syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karuniaNya.

Amin (1995: 204) menyatakan bahwa orang yang berakhlak mulia sesungguhnya adalah orang utama. 2001: 9). informal. bahkan keduanya pada hakikatnya adalah proses yang satu. Sekolah dasar merupakan salah satu sauna pendidikan formal yang memberikan pendidikan dasar kepada seorang anak. Pendidikan dapat diberikan secara formal. pengontrol. dan non formal. Apabila dikaitkan dengan Islam. Proses pendidikan berada dan berkembang bersama proses perkembangan hidup dan kehidupan manusia. Pendidikan secara umum dapat dimaknai pula sebagai bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. dan motivator siswa agar proses pendidikan dapat berjalan baik dan terciptanya mutu pendidikan yang tinggi. Apabila dikaitkan dengan akhlak. yaitu memiliki akhlak yang baik. maka proses pendidikan akhlak dapat dimaknai sebagai proses usaha bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik terhadap peserta didik sehingga terbentuk kepribadian dan karakter yang mulia. .BAB I PENDAHULUAN A. Hal ini karena seseorang yang membiasakan memilih perbuatan yang sesuai dengan apa yang diperintahkan akhlak maka ia akan mendapat keutamaan. Sekolah dasar menuntut profesionalisme guru kelas sebagai pendidik. maka bimbingan yang diberikan berdasar hukum Islam dan terbentuknya kepribadian yang utama adalah kepribadian menurut ajaran Islam (Nata. pembimbing. Latar Belakang Pendidikan merupakan suatu hal yang penting diberikan dan ditanamkan sejak dini dalam kehidupan manusia agar mampu menghadapi perkembangan zaman yang pesat seperti saat ini.

tetapi di lingkungan luar sekolah akhlak yang baik itu sangat kurang. masalah dibatasi pada upaya peningkatan ketaqwaan melalui kegiatan TPQ. Siswa berperilaku baik hanya di lingkungan sekolah saja.Pendidikan akhlak menurut al-Qur’an adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar guna memberikan pendidikan jasmani dan rohani berdasarkan ajaran Islam yang berupa penanaman akhlak mulia yang merupakan cermin kepribadian seseorang. Akhlak yang mulia akan mampu mengantarkan seseorang kepada martabat yang tinggi. Di lingkungan widodaren sendiri masih jarang TPQ yang di lakukan di luar sekolah. cara berfikir yang baik dan bersikap baik yang dapat menjadikan manusia sempurna. sehingga menghasilkan perubahan yang direalisasikan dalam kenyataan kehidupan sehari-hari. penulis menjadi termotivasi untuk membuat laporan penelitian tindakan sekolah melalui observasi yang berjudul TPQ “UPAYA SDN MENINGKATKAN KETAQWAAN MELALUI KEGIATAN SISWA WIDODAREN 01 TAHUN PELAJARAN 2012/2013”. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis di SDN Widodaren 01 Tahun ajaran 2012-2013 Pendidikan akhlak sangat kurang di ajarkan kepada siswa. Oleh sebab itu. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: . Rumusan Masalah Sesuai dengan masalah-masalah yang telah diuraikan pada latar belakang di atas. Kenyataan hidup yang meliputi : tingkah laku yang baik. B. Sehingga akhlak yang baik belum sepenuhnya tertanam pada siswa SDN Widodaren 01.

2. Mendeskripsikan ketaqwaan melalui kegiatan TPQ. Siswa dapat meningkatkan ketaqwaan. Apakah kegiatan TPQ dapat meningkatkan ketaqwaan siswa SDN Widodaren 01 Tahun Pelajaran 2012-2013? 2.1. Mendeskripsikan akhlak yang baik melalui kegiatan TPQ. Bagi Guru Manfaat bagi guru adalah: Penelitian ini dimungkinkan dapat terus diterapkan kepada para siswa supaya menjadi kebiasaan dalam diri siswa dan menumbuhkan ketaqwaan mereka. Sedangkan tujuan khususnya adalah: 1. 2. Tujuan Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas. D. 3. . Manfaat 1. Meningkatkan ketaqwaan melalui kegiatan TPQ sehingga dapat diterapkan siswa dalam kehidupan sehari – hari. c. b. Sejauh mana peningkatan ketaqwaan melalui kegiatan TPQ siswa SDN Widodaren 01 Tahun Pelajaran 2012-2013 ? C. Siswa dapat menanamkan akhlak yang baik. Bagi Siswa Manfaat bagi siswa adalah : a. Siswa dapat lebih berminat dan termotivasi. maka tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketaqwaan melalui kegiatan TPQ siswa SDN Widodaren 01 Tahun Pelajaran 2012-2013.

Bagi Peneliti Lain Manfaat bagi peneliti lain adalah: Bagi peneliti lain.3. penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan untuk melakukan penelitian sejenis .

syubhat dan makruh. ujub. roja’ (harap). g.dll. Meninggalkan segala yang haram. Menghiasi diri dengan segala sifat pujian ikhlas. hasad.BAB II KAJIAN TEORI A. Mengurangi pada segala yang diharuskan atau dihalalkan atau tidak berlebihan padanya melainkan mengambil sekadar keperluan hidup. syukur. d. Jika seseorang dapat . khauf (takut). Dalam kamus besar bahasa Indonesia dijelaskan bahwa takwa adalah terpeliharanya sifat diri untuk tetap taat melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangannya. redha dll. e. Meninggalkan segala sesuatu yang menjauhkan ingatan pada Allah. f. Pengertian Ketaqwaan Takwa adalah sifat seorang manusia yang selalu patuh pada perintah Allah dan menjauhkan segala larangannya. bakhil. Kadar seseorang dapat melakukan semua perkara diatas adalah ukuran bagi ketaqwaan dan kehampiranya disisi Allah ta’ala. hubbun dunnya (kasih kepada dunia). takabur. Membersihkan hati dari segala macam syirik b. Ciri-ciri orang yang bertaqwa: -Menjalankantugas dengan penuh baik -Berhati-hati dalam bertindak -Mendekatkan diri kepada Allah SWT -Menjadi tauladan di lingkungannya Taqwa adalah himpunan segala kebaikan yang dituntut oleh Allah yaitu: a. Membersihkan hati dari segala macam sifat mazmumah : ria. c. Mengerjakan segala perintah Allah yang wajib dan perbanyak amalan sunnat. tawakal. sabar.

perasaan. B. perasaan. Segala macam perilaku atau perbuatan baik yang tampak dalam kehidupan . pikiran. maka mereka itulah yang paling bertaqwa dan paling mulia di sisi Allah. mana yang cantik dan mana yang buruk. membentuk suatu kesatuan tindakan akhlak yang dihayati dalam kenyataan hidup keseharian. Dengan demikian memahami akhlak adalah masalah fundamental dalam Islam. Pengertian Akhlak akhlak adalah kebiasaan kehendak itu bila membiasakan sesuatu maka kebiasaannya itu disebut akhlak .melakukan semua perkara tersebut tanpa sedikitpun kecualian. Namun sebaliknya tegaknya aktifitas keislaman dalam hidup dan kehidupan seseorang itulah yang dapat menerangkan bahwa orang itu memiliki akhlak. mana yang bermanfaat dan mana yang tidak berguna. pikiran. bawaan dan kebiasaan dan yang menyatu. membentuk suatu kesatuan tindakan akhlak yang dihayati dalam kenyataan hidup keseharian. Jika seseorang sudah memahami akhlak dan menghasilkan kebiasaan hidup dengan baik.Jadi pemahaman akhlak adalah seseorang yang mengeri benar akan kebiasaan perilaku yang diamalkan dalam pergaulan semata – mata taat kepada Allah dan tunduk kepada-Nya. Oleh karena itu seseorang yang sudah memahami akhlak maka dalam bertingkah laku akan timbul dari hasil perpaduan antara hati nurani. Semua yang telah dilakukan itu akan melahirkan perasaan moral yang terdapat di dalam diri manusia itu sendiri sebagai fitrah. yakni pembuatan itu selalu diulang – ulang dengan kecenderungan hati (sadar)2 . sehingga ia mampu membedakan mana yang baik dan mana yang jahat. bawaan dan kebiasaan dan yang menyatu.Akhlak merupakan kelakuan yang timbul dari hasil perpaduan antara hati nurani.

4. Akhlakul karimah(sifat-sifat terpuji) ini banyak macamnya.Al-‘adl adalah keadilan yang ukurannya didasarkan kalbu atau rasio.Lawan dari kata ini adalah su’uzzan yang artinya berprasangka buruk ataup negative thinking. gigih. bijaksana. 2. rela berkorban. Gigih atau kerja keras serta optimis termasuk diantara akhlak mulia yakni percaya akan hasil positif dalam segala usaha. Tata karma terhadap sesama makhluk Allah SWT ini sangat dianjurkan kepada makhluk Allah karena ini adalah salah satu anjuran Allah kepada kaumnya. qona’ah.sedangkan al-‘idl adalah keadilan yang dapat diukur secara fisik dan dapat dirasakan oleh pancaindera seperti hitungan atau timbangan. 1. Berinisiatif adalah perilaku yang terpuji karena sifat tersebut berarti mampu berprakarsa melakukan kegiatan yang positif serta menhindarkan sikap terburu-buru bertindak kedalam situasi sulit. sabar. tawakal.sehari-hari disebut akhlakul kharimah atau akhlakul mahmudah. . percaya diri. Husnuzzan adalah berprasangka baik atau disebut juga positive thinking. adil. 6. 5. 3. dan masih banyak lagi. diantaranya adalah husnuzzan. ridho. berinisiatif. tata karma terhadap makhluk Allah.bertindak dengan kesadaran sendiri tanpa menunggu perintah. amal shaleh. Adil dalam bahasa arab dikelompokkan menjadi dua yaitu kata al-‘adl dan al‘idl. Rela berkorban artinya rela mengorbankan apa yang kita miliki demi sesuatu atau demi seseorang.Semua ini apabila dengan maksud atau dilandasi niat dan tujuan yang baik.dan selalu menggunakan nalar ketika bertindak di dalam berbagai situasi guna kepentingan masyarakat.

dan senang. nusa dan bangsa. Tawakal adalah berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil dari suatu pekerjaan. adalah lembaga pendidikan Qur’an tingkat dasar untuk anak-anak usia SD (7-12 th). Sabar adalah tahan terdapat setiap penderitaan atau yang tidak disenangi dengan sikap ridho dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.7. 8. 9.pekerjaan ataupun pendidikan. Percaya diri adalah keadaan yang memastikan akan kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan karena ia merasa memiliki kelebihan baik itu kelebihan postur tubuh.rela. 13. 10. Pada era globalisasi ini manusia dituntut untuk meningkatkan ketaqwaan dan kaimanan terhadap Tuhan ..Konsep ridho kepada Allah mengajarkan manusia untuk menerima secara suka rela terhadap sesuatu yang terjadi pada diri kita. Ridho adalah suka. C. Bijaksana adalah suatu sikap dan perbuatan seseorang yang dilakukan dengan cara hati-hati dan penuh kearifan terhadap suatu permasalahan yang terjadi.baik itu terjadi pada dirinya sendiri ataupun pada orang lain. Di TPQ para murid diberi pendidikan. 11. Amal Shaleh adalah perbuatan lahir maupun batin yang berakibat pada hal positif atau bermanfaat. terutama pendidikan dalam bidang agama.keturunan. Di tempat ini pula diajarkan bagaimana agar menjadi manusia yang berguna bagi agama. Kegiatan TPQ TPQ.status social. Qona’ah adalah merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan menjauhkan diri dari sifat ketidakpuasan atau kekurangan. 12.

terciptanya akhlak mulia bagi anak – anak. terutama akhlak kepada orang tua. Untuk menciptakan manusia yang mempunyai akhlak dan budi pekerti yang baik. dan akhlak kepada sesama teman. 2. Manfaat kegiatan TPQ adalah : 1. akhlak kepada guru.Yang Maha Esa. Oleh karena itu TPQ juga berperan penting dalam memberikan pendidikan keagamaan dan kegiatan – kegiatan yang bersifat positif dan kegiatan yang berguna bagi murid – murid. .

atau memecahkan masalah pembelajaran di kelas atau di latar penelitian yang dilakukan secara bersiklus. . Perencanaan Adapun kegiatan yang dilakukan dalam tahap perencanaan ini adalah : a Membuat skenario. Pelaksanaan tindakan Kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap ini adalah melaksanakan skenario pembelajaran yang telah direncanakan ( kegiatan TPQ yang menyenangkan). PTK adalah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas. Rancangan Penelitian Penelitian ini menggunakan rancangan peneliti tindakan kelas (PTK). d Mendesain dua alat evaluasi untuk melihat :   Bagaimana perhatian atau antusias siswa dalam mengikuti kegiatan TPQ Bagamana peningkatan ketaqwaan siswa 2. Tindakan penelitian menggunakan siklus yang terdiri dari tahap : 1. b Membuat lembar observasi. c Melaksanakan kegiatan TPQ di sekolah dalam rangka meningkatkan ketaqwaan siswa.BAB III METODE PENELITIAN A.

Refleksi Hasil yang didapatkan dalam tahap obsevasi dikumpulkan serta dianalisa dalam tahap ini. Adapun skema prosedur Penelitian tindakan Kelas ( PTK ) adalah sebagai berikut : . apakah kegiatan yang dilakukan telah dapat meningkatkan ketaqwaan siswa melalui kegiatan TPQ. Observasi Pada tahap ini dilaksanakan proses observasi terhadap pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi yang telah dibuat. 4.3. Dari hasil observasi guru dapat merefleksi diri dengan melihat data observasi.

Pengamatan langsung terhadap proses kegiatan ketaqwaan dengan kegiatan TPQ. Observasi Observasi dilakukan terhadap berbagai hal atau faktor yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. . Tes yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini adalah tes tertulis dan tes lisan dengan jawaban singkat. dengan cara dan aturan – aturan yang telah ditetapkan. Observasi berpedoman pada aktivitas siswa dan guru dalam perbaikan pembelajaran di kelas dan hasil dukumen prestasi belajar siswa dalam kegiatan ketaqwaan atau data yang dibutuhkan. Hal ini disebut observasi pasip atau atau pengalaman tanpa berperan serta.B. Tes Tes adalah merupakan alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana. C. dengan subjek seluruh siswa kelas 1-6. 2. Teknik Pengumpulan Data 1. Latar dan Subjek Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di SDN WIDODAREN 01 Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi. Dukumentasi Dukumentasi dalam pengumpulan data ini bersumber dari buku daftar nama siswa dan buku induk SD Negeri Widodaren 01 Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi . 3.

terutama data-data yang berupa angka ( berupa nilai / score yang dicapai siswa. Teknik Analisis Data Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Lembar pengamatan E.D. Soal (evaluasi) 2. motivasi) . Dengan cara menghitung presentasi dan nilai rata-rata. Instrumen Penelitian 1.

VIII. Etika (Ilmu Akhlak). 2011. C. Madiun.T Citra Aditya : Bandung. Hamdan Mansoer. Jakarta: P. Direktorat Pendidikan Agama Islam DepartemenAgama RI : Jakarta. Nana Sudjana. Pendidikan Agama Islam. Departemen Pendidikan Nasional. Penerjemah: Farid Ma’ruf. Bulan Bintang Bambang Budi Wiyono.2000. Oemar Hamalik.1999. Cet. Penelitian Pendidikan. 2012.T. Ibadullah Malawi.Media Pengajaran.V Sinar Baru : Bandung. P. Jakarta . 1995. Penelitian tindakan kelas. Edy Siswanto. Madiun. 2004. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas. 2008. Ibadullah Malawi. 2004.Daftar Pustaka AhmadAmin. Malang: UM Press. Ahmad Rivai. Media Pendidikan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->