P. 1
Makalah Teknologi Hardware Dan Software

Makalah Teknologi Hardware Dan Software

|Views: 31|Likes:
Published by almoon2

DOWNLOAD MAKALAH LENGKAP GRATIS | Visit: http://i-makalah.blogspot.com/
Tersedia ratusan makalah gratis dalam format Ms. Word dari berbagai disiplin ilmu mulai ilmu agama, sosial, hingga eksakta.

DOWNLOAD MAKALAH LENGKAP GRATIS | Visit: http://i-makalah.blogspot.com/
Tersedia ratusan makalah gratis dalam format Ms. Word dari berbagai disiplin ilmu mulai ilmu agama, sosial, hingga eksakta.

More info:

Published by: almoon2 on Jan 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

text

original

MAKALAH HARDWARE DAN SOFTWARE

KELAS IX-III KELOMPOK 5:      IKA PUSPITA SARI CHANDRA BUDI HARTO BELLA RAMADHANTY RAHMAN JAYADI AMINATUS SAKINAH

SMPN 123 JAKARTA UTARA TAHUN 2010-2011

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Disini kami menulis tentang hardware dan software untuk memperjelas apa dan kegunaan dari semua itu. Disini kami menjelaskan tentang pengertian hardware dan software, penjelasan macam software , jenis software.

Penulis menulis tentang ini untuk mengetahui lebih jelas lagi. Biasanya, sehari-hari kita hanya menggunakan seperangkat PC (Personal Computer), tapi tak tahu apa pengertiannya. Dan menggunakan aplikasi tentu juga hanya sekedar menggunakan. Penulis pernah menanyakan kepada seseorang ketika dia memekai PC. Ternyata, mereka banyak yang tidak tahu apa arti dari hardware dan software itu sendiri.

Setelah mengetahui tentang harware dan software tentu kita bisa menggunakan PC tersebut. Missal untuk mengetik sebuah naskah lewat Microsoft Office Word atau aplikasi Pengolah Kata, dsb. Personal computer juga dapat digunakan untuk menulis diary atau sebagainya.

B. Tujuan 2 Tujuan` 1. Untuk mengetahui arti pengertian dari Hardware dan Software . 2. Menambah pengetahuan tentang Hardware dan Software. 3. Memperjelas tentang Hardware dan Software. 4. Agar pembaca tidak tabu lagi tentang Hardware dan Software. 5. Menambah wawasan tentang Hardware dan Software.

1

BAB II LANDASAN TEORI

A. Materi Pokok 1. Perangkat Keras (Hardware) Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan lunak sedikit buram, firmware adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari programer komputer dan teknik komputer, dan pengguna tidak perlu memperhatikan bagian ini. Komputer umumnya (komputer pribadi/PC) terdiri dari yang terdiri dari bagian sebagai berikut: • • • • • Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan. Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas. Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol harddisk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display. Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner.

2

a) Beberapa jenis penyimpanan komputer: CD merupakan tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. Jenisnya antara lain :  CD-ROM  CD-RW  CD-R  DVD antara lain jenisnya :  DVD-ROM  DVD-RW  DVD-R  Floppy disk

b) Penyimpanan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.   Hard disk untuk penyimpanan data jangka panjang Disk array controller  Kartu suara digunakan untuk menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.  Jaringan computer digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet dan atau komputer lainnya.  Modem digunakan untuk koneksi tekan-tombol.  Kartu network digunakan untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.  Alat lainnya.

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan. • Input  Keyboard  Alat penunjuk

3

 Mouse  Trackball

c) Macam - macam Hardware c.1) Monitor Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya: a. Monitor Tabung Layar Cembung Tabung sinar kathoda (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, adalah sebuah alat penampilan digunakan dalam tampilan komputer, monitor video, televisi dan osciloskop. CRT dikembangkan dari kerja Philo Farnsworth yang digunakan dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20 dan perkembangan layar plasma, LCD dan teknologi lainnya.

(Gambar 1. monitor layar cembung)

b. Monitor LCD Dalam membangun komputer PC sendiri, salah satu persoalan penting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan berbagai perangkat yang juga sangat krusial dalam membuat komputer PC sendiri adalah pemilihan sebuah monitor untuk menayangkan berbagai informasi digital dan multimedia. Monitor

4

ini ibarat mata komputer PC dan sekarang tersedia dalam berbagai pilihan harga dan bentuk yang umumnya disesuaikan dengan selera penggunanya sendiri.

(Gambar 2. monitor LCD)

1.Monitor Plasma Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini adalah inert dan seluruhnya tidak berbahaya.

(Gambar 3. monitor plasma)

c.2)

Mouse

5

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

(Gambar 4. mouse)

c.3)

Keyboard Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh

6

Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ „ \ | serta tomboltombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahanperubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan

7

sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer. Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

(Gambar 5. Port pada keyboard serial) 1.Keyboard PS/2 Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan

keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

(Gambar 6. Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard)

2.Keyboard Wireless

Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan

8

penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

(Gambar 7. Keyboard dan mouse wireless)

3.Keyboard USB Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor transfer data lebih cepat. USB yang menjamin

(Gambar 8. Konektor USB)

c.4)

Speaker Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan

komponennya yang berbentuk selaput. Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik,

9

dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbedabeda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

(Gambar 9. speaker)

c.5)

Printer Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk

10

menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut. Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer. Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

(Gambar 10. Printer)

2. Perangkat Lunak (Software) Sebelum kita membicarakan tentang pengertian software, jenisjenis software, dan sebagainya tentu didalam computer juga membutuhkan suatu perangkat lunak yang biasa kita kenal dengan sebutan software. Software banyak sekelai macamnya misal seperti lembar kerja Microsoft Office, untuk mengedit gambar photoshine, adobe photoshop, dll.

11

Nah mari kita ulas pengertian software, jenis – jenis software, dan macam – macam software. Software disebut dengan perangkat lunak, merupakan

kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

a) Jenis Software Secara tak sadar, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita telah menggunakan software. Apakah sebenarnya software itu? Software atau perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer atau perangkat lainnya. Secara umum, ada dua jenis software. Pertama adalah software aplikasi. Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software sistem adalah software

12

yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya. Menurut cara memperolehnya (baca : harga beli dan legalitas), software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis pertama adalah freeware. Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Maksudnya, meskipun kita menggunakan freeware tersebut kita tidak boleh melanggar hak cipta atas software tersebut, misalnya penggandaan untuk orang lain atau menggunakan software tersebut untuk kepentingan lain. Biasanya freeware didistribusikan tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan. Lalu jika kita tidak perlu membayar, apa tujuan si pembuat freeware? Tujuan yang jelas adalah untuk promosi. Baik itu promosi diri sendiri (untuk programmer perorangan) ataupun promosi produk (untuk developer kelas kakap). Tujuan lain yang mungkin adalah untuk mendapatkan masukan dari pengguna dan ada pula (walaupun jarang ditemui) yang bertujuan untuk membobol sistem seseorang. Beberapa contoh freeware adalah Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih banyak lagi. Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak

menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum dibeli

13

oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya. Ketiga, propietary software. Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber. Jenis keempat yang mulai populer adalah open source software. Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan

medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah. Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna. Beberapa contoh open source software misalnya Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi. Jenis – jenis Software berdasarkan pendistribusiannya : a. Software "Pencari Alamat Email" 1. Software "Pelacak Asal Alamat Email" 2. Software "Pemeriksa Valid/Tidaknya Alamat Email" 3. Software "Pengirim Email Massal" 4. Software "Pengirim Iklanbaris Massal" 5. Software "IP Ad Web Sender" 6. Software "Search Engine Rangking" 7. Software "Untuk Nge-Buzz, Nge-Boot, Nge-Clone lawan bicara di Yahoo Messenger" 8. Software "Easy Site Submit"

14

9. Software "Banner Maker" 10. Software "File Splitter"

Di bawah adalah produk-produk yang masih diproduksi, sedangkan produk yang tidak diproduksi lagi seperti contohnya Adobe Photodeluxe tidak disertakan •Adobe Acrobat 3D • Adobe Acrobat Capture® 3.0 • Adobe Acrobat Connect Professional • Adobe Acrobat Connect™ • Adobe Acrobat family • Adobe Acrobat® 8.0 • Adobe After Effects® 7.0 • Adobe Audition® 2.0 • Adobe Captivate™ 2 • Adobe Connect • Adobe Creative Suite 2 • Adobe Encore® DVD 2.0 • Adobe Flex™

b) Identifikasi Jenis Software Aplikasi b.1) Sistem Operasi Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar

pengoperasian computer. Terdapat 2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi

15

berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.

b.2)

Program Bantu dan Program Tambahan Program bantu (utility) merupakan program yang

digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini. Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token Ring dan Lantastic merukan contoh-contoh program ini.

b.3)

Bahasa Komputer (Computer Language) Computer Language merupakan bahasa yang digunakan

untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemiliknya. Yang termasuk dalam jenis ini adalah :  Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin assembly language  High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dsb. Ada pula beberapa tipe software, diantaranya : a. Software Games

16

Jenis

software

ini

termasuk

dalam

kategori

entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan. b. Software Driver Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards. c. Software Pendidikan Berbeda dengan jenis program sebelumnya,

software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia. d. Media player dan pengembangan software media Lainnya Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.

e.

Software Produktifitas Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.

f.

Operating sistem Software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah

17

Window Vista, Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di install. g. Software Aplikasi Software yang diinstal pada komputer yang sesuai dengan os yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan User (Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll) h. Software Program Software yang berfungsi untuk membuat aplikasiaplikasi program (Membuat Program baru) seperti program Games, Program data Base, Program Web dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++, Program PHP dll i. Software Aplikasi Tools Program-program mempercepat, yang berfungsi dan untuk

memperbaiki,

mempermudah

pengoperasian computer.

c. Perkembangan Software Jika kita amati sekarang ini gerakan Open Source sudah mulai merambah di Indonesia yang identik dengan Sistem Operasi Linux. Open Source yang akrab terdengar di telinga orang-orang TI dapat dikatakan sebagai source code yang terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari maupun ikut mengembangkan. Source Code ini disertakan dengan distribusi paket software yang sudah jadi (hasil kompilasi) sehingga pembeli ataupun pengguna software dapat membedah software tersebut sesuai dengan keperluanya.

18

Dengan melihat perkembangan Open Source yang melaju dengan pesat beberapa waktu yang lalu pemerintah kita Indonesia telah menerapkan Open Source Software yang dideklarasikan dalam Indonesia Go Open Source (IGOS) yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan negara kita dengan negara maju. Semoga langkah yang baik ini sebagai awal perkembangan software Indonesia dan didukung oleh tenaga TI Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

d. Mengenal dan mengamati software Setelah kita tahu tentang pengertian software dan jenisnya, di bawah ini penulis akan menjelaskan salah satu contoh software yang biasa digunakan pengeditan foto/gambar yaitu Adobe Photoshop. Berikut penjelesannya.

a. Photoshop Photoshop adalah perangkat lunak buatan Adobe yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Pada versi kedelapan disebut dengan nama Photoshop CS, versi sembilan disebut Photoshop CS2 dan demikian seterusnya. Dan yang akan kita bahas adalah mengenai Adobe Photoshop. Terutama Adobe Photoshop Adobe 7.0 . b. Sejarah Singkat Photoshop 1987 – Thomas Knoll mulai membuat subroutine grafik di Mac Plus. 1987 – Thomas bekerja sama dengan saudaranya, John dan mengcombine subroutine-subroutine-nya menjadi sebuah aplikasi, disebut “Display”

19

1988 – Versi Display yang diperbaharui, diberi nama “ImagePro.” 1989 – BarneyScan mengizinkan untuk me-bundle program tersebut dengan slide scanner mereka. Sekitar 200 copy telah terjual. 1989 – Adobe mulai membuat lisensi untuk programnya yang sekarang kita kenal dengan Photoshop. selama Adobe 10 mulai bulan.

mengembangkan

produk

mereka

1990 – Photoshop 1.0 telah dijual pada bulan februari. 1990 – Versi 2.0, code name “Fast Eddy”, mulai dijual pada musim gugur. 1993 – Versi 2.5.2 telah dikeluarkan. Juga peluncuran pertama dari versi Windows (April, 93) 1994 – Versi 3.0 dikeluarkan dengan kemampuan membuat “Layers.” 1996 – Versi 4.0 dikeluarkan. 1998 – Versi 5.0, telah terdapat palet “History.” 1999 – Versi 5.5 dikeluarkan : versi pertama “Web Ready” yang terdapat dalam aplikasi. September 2000 (V 6.0), Maret 2001 (V 6.0.1), Maret 2002 (V 7.0), Agustus 2002 (V 7.0.1), Oktober 2003 (V CS 8.0), April 2005 (V CS2 9.0), Desember 2006 (V CS3 10.0), Oktober 2008 (V CS4 11.0).

20

c. Mengenal Area Kerja Pada Photoshop V. 7.0 Area kerja Photoshop 7.0 terdiri dari Menu bar, Option bar, Toolbox, Layer, Palet, Status bar. a. Toolbox, Terdiri dari seperangkat fasilitas untuk mengedit atau memanipulasi image. b. Option Bar, Tampilan option bar akan berubah secara dinamis sesuai tool yang digunakan.

c. Perintah View Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan sesuai dengan yang kita inginkan

d. Palet Navigator Berfungsi menggeser atau memperbesar gambar melalui sebuah salinan miniatur gambar. Bagian

tengah palet navigator disebut Thumbnail. e. Penggaris untuk menampilkan klik View > Show Rulers (Ctrl + R), ukuran penggaris adalah pixel. e. Macam-macam Software Berdasarkan Kategori 1. Audio and Video 2.CD and DVD Tools

21

3. Browsers and Plugins 4. File Sharing 5.Messaging and Chat 6. File Transfer 7.Office and News 8. Developer Tools 9. Anti-Spyware 10. Firewalls and Security

22

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan Berdasarkan tujuan penulisan mengenai pengenalan hardware dan software. Penggunaan computer pada saat ini sudah berkembang pesat. Apalagi sekarang zaman modern, software telah banyak tersebar di website tertentu secara gratis. Jadi, software-software yang kita inginkan sudah tersedia secara gratis di website.

B. Saran Disini penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini lebih dari sempurna. Maka, penulis berharap untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun. Agar dilain waktu jika penulis membuat makalah lagi, agar terhindar dari kesalahan yang kesekian kalinya.

23

DAFTAR PUSTAKA

http://www.kedaisoftwarecomSumber http://ilmukomputer.com www.PengertianSoftware.com www.softwareinstalasi.blogspot.com http://www.anneahira.com/komputer/software-komputer.htm http://www.cs.ucl.ac.uk/teaching/syllabus/ug/1b12.htm http://www.softpedia.com http://www.brothersoft.com http://websitePPIIndia:+ http://www.ppi-india.uni.cc/BUKA/halaman.php?ArtID=313 http://ID.Wikipedia.org http://Ms.wikipedia.org www.Google.com www.howstuffworks.com www.kompas.com www.detiknet.com www.creativebits.org

24

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->