IRIGASI SEDERHANA

TUJUAN IRIGASI 1. 2. 3. 4. Meningkatkan Produksi Pangan terutama beras Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pemanfaatan air irigasi Meningkatkan intensitas tanam Meningkatkan dan memberdayakan masyarakat desa dalam pembangunan jaringan irigasi perdesaan

KRITERIA UMUM 1. 2. 3. 4. 5. Irigasi yang tidak tercatat dalam buku inventarisasi DPU Pengairan. Luas areal daerah irigai maks. 150 ha. Pengelolaan, Operasi dan Pemeliharaan dilaksanakan oleh kelompok Tani. Merupakan usulan masyarakat petani. Dapat merupakan rehabilitasi jaringan Tersier dalam daerah irigasi teknis, semi teknis. 6. Tidak sedang dibiayai oleh sumber dana lain. 7. Usulan Bendung baru dari pasangan batu atau beton terbatas pada :

Debit banjir rencana : 30,00 m3/dt 8. Pembangunan irigasi baru harus memenuhi ketentuan :

  

Panjang bendung maksimum Tinggi bendung maksimum

: 5,00 m. : 3,00 m.

Ada Pemasaran hasil produksi. 9. Daerah irigasi perdesaan bukan merupakan daerah banjir rutin. 10. Beda tinggi yang cukup untuk mengalirkan air. 11. Adanya pemasaran hasil produksi. 12. Tidak ada masalah ganti rugi tanah, bangunan dan tanaman. LINGKUP PEKERJAAN 1. Perbaikan atau Rehabilitasi jaringan irigasi yang telah ada, karena tidak memerlukan kajian teknis yang berat. 2. Pekerjaan peningkatan jaringan irigasi yang telah ada yang benar-benar diperlukan. 3. Pembangunan baru Irigasi Perdesaan. Selengkapnya silahkan Download di :
http://www.ziddu.com/downloadlink/3476765/Irigasisederhana.pdf

     

Ada sumber air cukup. Ada sawah (tadah hujan). Ada Petani. Kwalitas air memenuhi. Tanah/sawah baik untuk pertanian (padi).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful