pendidikan gratis

PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN GRATIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN. NO.

7 TALA KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR

DRAFT SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi Sebagai Persyaratan Guna mencapai gelar Sarjana Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam STAI YAPIS Takalar

HASNIAH 051.01.01.2007

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) YAPIS TAKALAR 2011

Garis Besar Isi Skripsi ………………………………………. DAFTAR ISI ………………………………………………………………….DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL ………………………………………………………… KATA PENGANTAR …………………………………………………….Konsep Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis ……… 2. 3. Instrumen Penelitian ……………………………………… C.....…… B.…….. Latar Belakang Masalah …………………………………………… 1 B. Pengertian Judul dan Batasan Operasional …………. Populasi dan Sampel…………………………………. Tekhnik Pengumpulan Data ……………………………… DAFTAR PUSTAKA 20 23 24 9 15 18 5 7 8 . Hipotesis …………………………………………………………… 4 D. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar ……………… BAB III METODE PENELITIAN A. Tujuan dan Kegunaan Penelitian ……………………………… F.. Rumusan Masalah ………………………………………………. BAB IITINJAUAN PUSTAKA 1.. i ii iv A. Minat Belajar Siswa …………………………………………... E.… 4 C..

A. Drs. . kehadiran Allah swt.yang telah mengantarkan umat manusia dari alam gelap gulita ke alam yang terang benderang. Terwujudnya karya tulis ini berkat adanya sumbangsi dari berbagai pihak dan berupa materi maupun moril. 2.Ag selaku Kepala Sekolah SDN No. Begitu pula salawat dan taslim penulis persembahkan kepada junjungan Nabiyullah Muhammad saw. dalam lingkup STAI YAPIS Takalar yang telah membimbing penulis sejak awal kuliah hingga saat ini. M. selaku Ketua STAI YAPIS Takalar. Oleh karena itu penulis merasa perlu menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggitingginya kepada: 1. atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Para Dosen dan Asisten Dosen.H Muh.Ma. 3.7 Tala Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.KATA PENGANTAR ‫ﺍﻟﺣﻣﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻯ ﺃﻧﺯﻞ ﺍﻟﺴﻛﻳﻧﺔ ﻓﻰ ﻗﻟﻭﺏ ﺍﻟﻣﺆﻣﻧﻳﻦ ﻭ ﺍﻟﺻﻼﺓ ﻭ ﺍﻟﺴﻼﻢ ﻋﻟﻰ ﺍﺷﺮﻑ ﺍﻷﻧﺑﻳﺎﺀ ﻭ ﺍﻟﻣﺮﺴﻟﻳﻦ ﺴﻳﺪﻧﺎ ﻣﺣﻣﺪ‬ ‫ﺍﺑﻦ ﻋﺑﺪ ﷲ ﻭ ﻋﻟﻰ ﺁﻟﻪ ﻭ ﺃﺻﺣﺎﺑﻪ ﺍﺠﻣﻌﻳﻦ‬ Segala puja dan puji syukur penulis sampaikan. Halijah A. sehingga draft skripsi ini dapat terselesaikan dalam rangka memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YAPIS Takalar. Dahlan Zainuddin.

Amin Ya Rabbal Alamin. 5.01. Kedua orang tua. dan segenap keluarga lainnya yang tak hentihentinya mendo’akan dan memberikan motivasi serta spirit sehingga studi ini dapat tercapai.01.Wb. Takalar. Wassalam Alaikum Wr. Kepada semua pihak yang telah membantu penulis yang tidak sempat disebutkan namanya satu persatu. Akhirnya kepada Allah swt jualah penulis mohon do’a semoga sumbangsi dari berbagai pihak mendapat pahala yang berlipat ganda dan hanya kepada Allah swt.4. Januari 2011 Penulis segala amal HASNIAH NIM.051. kita bertawakkal atas perbuatan kita.2007 .

cakap. hal ini dapat dilihat pada berbagai media cetak dan elektronik yang beredar khususnya di Makassar dan sekitarnya.BAB I PENDAHULUAN A. berilmu. Sistem Pendidikan Nasional.1 Untuk mencapai tujuan tersebut. pembangunan di bidang pendidikan haruslah didasarkan pada peningkatan mutu pendidikan itu sendiri guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan itu. headline-nya tidak Undang-Undang Republik Indonesia No. h. Latar Belakang Masalah Pendidikan Nasional pada dasarnya bertujuan untuk membebaskan manusia dari kemiskinan dan kebodohan. 20 Tahun 2003. 2003). (Bandung: Citra Umbara. pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional telah dan akan selalu mengadakan penyempurnaan sistem dan sarana pendidikan. Semakin hari pemberitaan sekolah dan fenomena program pendidikan gratis semakin menarik untuk disimak. berakhlak mulia. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 yang berbunyi sebagai berikut: Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 5 1 . kreatif. mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. sehat.

itu tetap hanya sekedar wacana belaka. Makna pendidikan di Indonesia sampai sekarang masih tumpang tindih. 3. 2003). sehingga biaya pendidikan yang Hasbullah. Eksklusifnya dalam pelayanan dan perolehan pendidikan masih menjadi pemandangan yang tidak langka di negeri kita. alat bantu mengajar. peserta didiknya adalah semua warga negara. artinya semua satuan pendidikan yang ada harus memberikan kesempatan menjadi peserta didiknya kepada semua warga negara yang memenuhi persyaratan tertentu sesuai dengan kekhususannya. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.2 Output pendidikan yang berkualitas dilahirkan dari sebuah sistem pendidikan yang berkualitas pula. tanpa membedakan status sosial. Namun pada kenyataannya. Pendidikan. dalam konteks hak-hak warga negara yang seharusnya dimaknai sebagai public goods. (cet. Sebuah sistem pendidikan terdiri dari infrastruktur (gedunggedung sekolah. Ungkapan tersebut sering kita dengar bahkan terwacanakan dari pemerintah sendiri sebagai institusi yang paling bertanggung jawab terhadap pelayanan dan peningkatan pendidikan. ekonomi. agama. dll). SMP dan SMA/SMK. suka bangsa dan sebagainya. Raja Grafindo Persada. pada faktanya menjadi private goods.pernah sepi mengungkapkan hal-hal ganjil yang terjadi hampir di seluruh sekolah tingkat SD. dan pendidik (guru) belum dibenahi secara maksimal. h. Jakarta: PT. supra struktur (kurikulum pendidikan). Diskriminasi terhadap perolehan dan pemanfaatan fasilitas pendidikan masih dijumpai di berbagai daerah. Sangat jelas dalam sistem pendidikan nasional. Susahnya memperoleh pendidikan yang layak masih menghantui mereka yang kurang mampu. 125 2 .

Berangkat dari persoalan ini. tetapi sekarang menjadi industrialisasi. Ini adalah dilema yang sulit dipecahkan. rendahnya kemampuan sosialisasi anggaran adalah beberapa masalah yang masih sering menjadi hambatan. Sejatinya. Pendidikan gratis tentu saja harus dicanangkan dengan kesiapan yang matang namun bukan berarti sangat mudah untuk diterapkan. sehingga pengertian gratis masih liar. Konsep pendidikan gratis secara umum tidak pernah dirumuskan secara jelas. Hal ini adalah indikasi bahwa pemerintah belum mampu mewujudkan pendidikan gratis. pendidikan adalah proses humanisasi.harus ditanggung masyarakat semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tidak terus menerus melakukan praktik jual beli kursi untuk industrialisasi. pemerintah sudah sepatutnya segera membuat konsep gratis beserta komponen-komponen apa yang digratiskan. Komponen-komponen yang digratiskan pun belum didaftar secara visibel. Banyaknya dilema pendidikan yang sulit dipecahkan. sehingga masyarakat tidak terus-menerus menjadi korban slogan pendidikan gratis. Maka untuk mengembalikan substansi pendidikan sebagai proses humanisasi. Komitmen dari seluruh pihak untuk mengawal pelaksanaan pendidikan gratis sangat diperlukan. utamanya untuk menekan pelanggaran-pelanggaran yang mungkin saja terjadi. ini dapat dilihat berupa perundang-undangan yang diundangkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berupa Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi . pemerintah semestinya segera menghentikan industrialisasi pendidikan. Sebagai landasan untuk menjalankan program pendidikan gratis masih sungguh terbatas.

mengingat bahwa program pendidikan gratis Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan hanya sebatas SD/MI dan SMP/MTs. Untuk peraturan yang diberlakukan di kabupaten Takalar telah terbit lebih awal dengan diundangkannya Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2008 yang ditetapkan di Sungguminasa pada tanggal 28 Maret 2009 serta Peraturan Bupati Gowa Nomor 8 tahun 2008 yang ditetapkan di Sungguminasa pada tanggal 29 Maret 2009. sebab beban orang tua berupa macam- . maka perlu dilaksanakan Pendidikan Gratis tingkat SD. Program ini juga dijaga dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 4 Tahun 2008 beserta Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2008 yang membahas tentang Pendidikan Gratis. diharapkan kepada para siswasiswi untuk lebih berkonsentrasi untuk belajar. Dengan adanya dukungan dari Pemerintah ini. MA dan SMK negeri/swasta dalam lingkup pemerintah daerah Kabupaten Gowa. SMP. MTs. Terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa dengan memberikan subsidi penuh pendidikan pada tingkat SMA/SMK merupakan nilai plus tersendiri.Selatan Nomor 4 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Gratis di Provinsi Sulawesi Selatan yang diundangkan di Makassar pada tanggal 29 April 2009. Berdasarkan pada bahan pertimbangan dikeluarkannya Peraturan daerah Kabupaten Gowa Nomor 4 tahun 2008 bahwa dalam rangka meringankan beban masyarakat/orang tua dalam pembiayaan pendidikan. MI. SMA.

7 Tala Kab. Oleh karenanya. dalam penelitian ini. sebagai berikut: 1. 7 Tala. Bagaimana Gambaran Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis di SD Negeri No. Berbagai pertanyaan tersebut masih menjadi tanda tanya besar bagi kita semua. maka penulis akan mengemukakan beberapa rumusan masalah yang akan menjadi pembahasan dalam draft skripsi ini. penulis mencoba meneliti pelaksanaan program pendidikan gratis tersebut dengan melibatkan beberapa guru dan siswa yang merupakan obyek langsung.macam pembayaran maupun iuran yang lazim diadakan di sekolah-sekolah telah ditanggung seluruhnya oleh Pemerintah Daerah. Rumusan Masalah Bertitik tolak dari latar belakang permasalahan di atas. B. dan dengan mengobservasi gambaran pelaksanaan pendidikan gratis dalam upayanya meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri No. serta meneliti adanya perbedaan peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkannya program pendidikan gratis dengan berdasarkan kualitas antara kelompok siswa kelas 1 dan kelas 2. Apa upaya program pendidikan gratis dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri No. 7 Tala? . Takalar? 2.

Hipotesis Adapun hipotesis yang dapat diajukan berdasarkan latar belakang serta rumusan masalah di atas adalah: “Ada perbedaan peningkatan minat belajar siswa SD Negeri No. 7 Tala setelah diterapkannya program pendidikan gratis antara kelompok siswa kelas 1 dan kelas 2? C. Apakah ada perbedaan peningkatan minat belajar siswa SD Negeri No. 7 Tala setelah diterapkannya program pendidikan gratis antara kelompok siswa kelas 1 dan kelas 2 ” Berdasarkan uraian tersebut. maka hipotesis statistik yang akan diuji dalam penelitian ini adalah: D. Pengertian Judul Dan Batasan Operasional Untuk lebih memahami maksud yang terkandung dalam judul skripsi ini dan demi menghindari kesalahpahaman dalam lingkup pengertiannya maka penulis menganggap perlu mengemukakan arti dari berbagai kata yang terdapat dalam judul skripsi ini sebagai berikut: Pendidikan dalam arti sederhana. pendidikan sering diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan. pendidikan berarti . Sementara dalam perkembangannya.3.

Al-Ma’arif. kepribadian. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. akhlak mulia. Peraturan Bupati Gowa Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 4 Tahun 2008 Tentang Pendidikan Gratis. 19. masyarakat. serta keterampilan yang diperlukan dirinya.bimbingan atau pertolongan yang diberikan yang sengaja oleh orang dewasa agar ia menjadi lebih dewasa3. Dengan demikian. kecerdasan. PT. 5 4 . 2008) H. pengendalian diri. 1 Ahmad D. (Bandung. Marimba. 3 Ibid. (Gowa. Bupati Gowa. 1987) H. Bagian Hukum Sekretariat Daerah. bangsa dan negara. Pendidikan gratis adalah membebaskan segala biaya pendidikan bagi peserta didik/orang tua peserta didik yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dan kegiatan pembangunan sekolah 5 . Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan. 3. h. dengan kata lain pendidikan gratis merupakan skema pembiayaan program pendidikan yang bersubsidi penuh yang ditanggulangi oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang dalam hal ini dari sekolah dasar hingga jenjang menengah ke atas/kejuruan guna membebaskan atau meringankan biaya pendidikan peserta didik. Pendidikan merupakan bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama 4 .

170. 1978). dapat dibahasakan sebagai dorongan motivasi seorang untuk lebih giat untuk belajar. Tujuan dan Kegunaan Penelitian 1. Dalam hal minat belajar. E. minat timbul akibat dari partisipasi. Elizabeth B. b. minat merupakan kecenderungan jiwa yang tetap kepada sesuatu yang berharga bagi seseorang. Untuk mengetahui upaya program pendidikan gratis dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri No. Hurlock. pengalaman dan kebiasaan pada waktu belajar atau bekerja Adapun batasan operasional dari penelitian ini adalah penelitian pelaksanaan pendidikan gratis dalam upayanya meningkatkan minat belajar siswa beserta adanya perbedaan peningkatan minat belajar siswa kelas 1 dan kelas 2 sejak diberlakukannya pendidikan gratis dilaksanakan di Lingkungan sekolah SD Negeri No. sesuatu yang berharga bagi seseorang adalah sesuatu yang sesuai dengan kebutuhannya.Minat dapat diartikan sebagai sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih6. 7 Tala kabupaten Takalar. baik di sekolah maupun di luar sekolah. XII: Jakarta: PT. 6 . Perkembangan Anak Jilid 2. Untuk mengetahui berbagai gambaran pelaksanaan program pendidikan gratis khususnya bagi siswa SD Negeri No. 7 Tala Kabupaten Takalar. 7 Tala Kab. H. (Alih bahasa cet. Takalar. Tujuan Penelitian a. Erlangga.

7 Tala.c. rumusan masalah yang terdiri 3 hal. Diharapkan dapat memberikan masukan bagi guru dan siswa di kabupaten Gowa khususnya bagi guru dan siswa SD Negeri No. Dengan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan bacaan. rujukan dan pelajaran bagi guru dan siswa-siswi SD Negeri No. 2. hipotesis dengan mengemukakan bahwa ada perbedaan peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkannya program . kabupaten Takalar. Garis Besar Isi Skripsi Untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai garis besar isi skripsi ini. F. Kegunaan Penelitian a. 7 Tala dalam upaya meningkatkan kualitas belajar-mengajar yang didukung pendidikan gratis oleh Pemerintah Daerah. 7 Tala. b. 7 Tala Kabupaten Takalar. Agar hasil penelitian dapat menjadi arsip dokumentasi di perpustakaan YAPIS Takalar serta di perpustakaan SD Negeri No. Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan peningkatan minat belajar setelah diberlakukannya program pendidikan gratis untuk SD Negeri No. c. maka penulis terlebih dahulu mengemukakan tentang sistematika umum yang termuat dalam tiap-tiap bab beserta substansi yang terkandung dari draft skripsi ini sebagai berikut: Bab pertama yang merupakan bab pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah.

memuat tentang tinjauan pustaka yang meliputi konsep pelaksanaan pendidikan gratis yang khususnya bersangkut paut dengan pelaksanaannya di wilayah kabupaten Takalar. Bab kelima merupakan bab penutup yang memuat beberapa kesimpulan dan saran-saran penulis serta implikasi penelitian dari draft skripsi. Dan Tahap Pengolahan dan Teknik Analisis Data dengan menggunakan tekhnik analisis deskriptif serta tekhnik analisis inferensial. 7 Tala. Bab kedua. pengertian judul dan batasan operasional dari penelitian. . 7 Tala serta hasil penelitian bahwa adanya perbedaan peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkannya program Pendidikan Gratis di SD Negeri No. Bab ketiga. 7 Tala berdasarkan penelitian terhadap kelompok siswa kelas 1 dan kelas 2. Untuk menguji hipotesis digunakan uji statistik “t”. tujuan dan kegunaan penelitian serta garis besar isi skripsi. untuk sampling menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. 7 Tala yang berasal dari hasil observasi. Bab keempat merupakan bab pembahasan yang memuat tentang gambaran umum SD Negeri No.pendidikan gratis. merupakan bab yang membahas metode penelitian yang meliputi Populasi dan Sampel. Teknik Pengumpulan Data yang terdiri dari dua tahap yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. deskripsi upaya program Pendidikan Gratis dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri No. Metode dan Instrumen Penelitian dengan menggunakan pedoman observasi. kemudian makna minat belajar serta faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa. gambaran pelaksanaan program Pendidikan Gratis di SD Negeri No. pedoman wawancara serta angket.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful