KKN

-

RENCANA KERJA KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN-PPM) MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS KENAGARIAN GURUN PANJANG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Disusun Oleh : Ramadhan A.P (0910313167)

FAKULTAS KEDOKTERAN JURUSAN PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2012

Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis. . teknologi serta seni (IPTEKS) untuk melaksanakan pembangunan yang semakin meningkat. saling asah. serta untuk apa KKN PPM itu diselenggarakan. KKN PPM adalah bagian integral dari proses pendidikan yang mempunyai ciri-ciri khusus. dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat. Landasan idiil ini secara filosofis akan memberikan petunjuk serta mengendalikan pola fikir dan pola tindakan dalam setiap proses penyelenggaraan KKN PPM yang pada gilirannya akan membedakan dari bentuk-bentuk kegiatan lain yang bukan KKN PPM. serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara materi kurikulum yang mereka pelajari di kampus dengan realita pembangunan ditengah masyarakat. asih. Oleh karena itu sistem penyelenggaraannya memerlukan landasan idiil yang secara filososfis akan memberikan gambaran serta pengertian yang utuh tentang apa.BAB I PENDAHULUAN a. KKN PPM diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis.1 Latar Belakang Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa. dilaksanakan di luar kampus. bagaimana. KKN PPM dilaksanakan oleh mahasiswa didalam masyarakat di luar kampus dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan. saling menerima dan memberi. dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN PPM merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi.

Secara eksplisit. Menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan kemampuan mahasiswa serta sarjana Universitas Andalas. namun juga memberikan manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa itu sendiri. Mengembangan soft skill mahasiswa 8. etos kerja dan tanggung jawab . 4. Kegiatan ini diharapkan akan membuka wawasan mahasiswa serta dapat dijadikan sebagai wahana dalam proses pematangan berfikir. Memacu pembangunan nagari dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. 3. 2. Meningkatkan wawasan dan proses pendewasaan kepribadiaan mahasiswa. Meningkatkan empathy dan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan- permasalahan yang ada di dalam masyarakat 7. Menanamkan jiwa dan nilai kepribadian nasionalis. Memberi pengalaman belajar tentang kehidupan sosial masyarakat nagari dan pengalaman dalam kerja nyata pembangunan. sehingga akan lebih mendekatkan Universitas Andalas pada masyarakat.1. bertindak dan mengambil keputusan terhadap sesuatu yang akan atau telah direncanakan. 6. tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya program KKN adalah sebagai berikut : 1. Dengan demikian KKN disamping akan memberikan manfaat terhadap masyarakat. kemandirian. Mendorong learning community dan learning society 10.2 Tujuan Tujuan utama dari Program KKN adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam keikutsertaannya dalam proses pembangunan. Mahasiswa diharapkan dapat belajar dan menanggulangi setiap permasalahan secara pragmatis dan interdisipliner. Melaksanakan terapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara team work dan interdisipliner 9. 5. Agar Universitas Andalas menghasilkan sarjana yang lebih memahami dan menghayati permasalahan pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah.

5. Didapatkannya pengalaman dalam mengolah serta menumbuhkan potensi swadaya masyarakat. Diperolehnya bantuan cara-cara pemikiran baru dan tenaga serta IPTEKS dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. . 3. Terbentuknya kader-kader penerus di dalam masyarakat. Diperolehnya manfaat dari bantuan tenaga.3 Manfaat 1. Diperolehnya 2. sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan. 4. fikiran dan gagasan mahasiswa dalam melaksanakan program dan proyek pembangunan yang berada di bawah tanggung jawabnya.1. yang dibutuhkan untuk memecahkan. merumuskan dan melaksanakan pembangunan. sehingga terjamin kelanjutan upaya pembangunan.

1 Nama Program “Pelatihan Dokter Kecil dan Peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah” 2.17 Juli 2012 : Sekolah Dasar (SD) yang berada pada Nagari Gurun Panjang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan .di rumah dan lingkungannya.3 Kelompok Sasaran Siswa Sekolah Dasar (SD) dengan kriteria : a) Telah menduduki minimal kelas 4 SD b) Berprestasi baik di kelas c) Bersih dan berperilaku baik d) Bermoral baik dan suka menolong e) Diizinkan oleh orang tua 2. 2. sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.4 Waktu dan Tempat Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat dilakukan pada: Waktu Tempat : 4 Juni 2012 . Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri.2 Tujuan Program Tujuan umum Meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS Tujuan Khusus • • Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah.BAB II PROGRAM ACARA 2.

keluarga. pekan kesehatan gigi. pekan kesehatan mata.2. pekan penimbangan berat badan dan tinggi badan dan lain-lain Mengetahui tentang : a) Penjagaan kebersihan diri dan lingkungan sekolah b) Kepentingan imunisasi c) Pengenalan kepada nutrisi yang sehat d) Penjagaan kesehatan pada kecelakaan . d) Membantu guru dalam menjalankan program kesehatan di sekolah seperti pekan kebersihan.5 Bentuk Kegiatan MATERI MODUL 1 MODUL 2 MODUL 3 : Pengenalan Dokter Kecil dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) : Kesehatan Diri dan Lingkungan Sekolah : Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) MODUL 1 : Pengenalan Dokter Kecil dan Usaha Kesehatan Sekolah Dokter kecil adalah siswa dan siswi yang dipilih guru dalam usaha pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri. Kriteria Dokter Kecil a) Telah menduduki minimal kelas 4 SD b) Berprestasi baik di kelas c) Bersih dan berperilaku baik d) Bermoral baik dan suka menolong e) Diizinkan oleh orang tua Tugas dan Kewajiban Dokter Kecil a) Selalu berprilaku sehat b) Mengajak dan mendorong siswa lain untuk turut berperilaku sehat c) Mengusahakan untuk wujudkan lingkungan yang bersih dan sehat baik di sekolah dan di rumah. teman murid dan lingkungan sekolah.

telinga dan mulut • Membaca di tempat yang memiliki pencahayaan yang baik dan dengan jarak minimal 30 cm • Tidak menggosok-gosok mata secara berlebihan jika gatal • Rutin membersihkan telinga dan tidak mengorek telinga dengan alat tajam yang akan menyebabkan luka • Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur b) Kebersihan kaki dan tangan • Mencuci tangan dan kaki secara benar setelah dari luar rumah • Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah buang air besar • Memastikan kuku selalu pendek dan bersih c) Kebersihan kulit dan kepala • Mandi minimal 2 kali sehari dengan air bersih dan menggunakan sabun • Mencuci rambut sekurang-kurangnya 3 kali seminggu • Mengeringkan badan dengan menggunakan handuk yang bersih dan tidak lembab d) Kebersihan pakaian • Memakai pakaian yang bersih dan rapi . Program UKS mempunyai TRIAS yaitu : a) Pendidikan dan penyuluhan kesehatan b) Lingkungan yang sehat dan bersih c) Pelayanan kesehatan di sekolah MODUL 2 : Kesehatan Diri dan Lingkungan Sekolah Kesehatan diri meliputi hal-hal seperti : a) Kesehatan mata.Usaha Kesehatan Sekolah UKS adalah segala bentuk usaha dan tindakan yang dilakukan oleh siswa atau guru yang berhubungan dengan kesehatan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah.

f) Kebersihan lingkungan sekolah • • • • • MODUL 3 : Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) 2.kantin sekolah bersih Memastikan selokan di sekitar sekolah bebas dari sumbatan air karena bisa menyebabkan penularan nyamuk Kantin sekolah mempunyai tempat untuk siswa dan siswi mencuci tangan.• Tidak terlalu lama memakai pakaian yang sudah basah e) Nutrisi yang sehat • • • • • Pengertian gizi yang seimbang Pengenalan fungsi dari nutrisi dan zat gizi pada makanan Memastikan ruangan kelas selalu bersih Selalu mengikuti piket kelas yang telah ditetapkan Memastikan sampah di ruang kelas dibuang di tempat sampah Memastikan ruangan kelas mendapatkan ventilasi yang mencukupi Memastikan ruangan kelas mendapatkan penerangan yang secukupnya Memastikan lingkungan di sekitar sekolah seperti taman sekolah.6 Time Schedule NO 1 Kegiatan I Dokter Kecil (DokCil) Minggu II III IV V .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful