P. 1
Artikel Edmodo Intan

Artikel Edmodo Intan

|Views: 2,098|Likes:
Published by Intan Buhati Asfyra

More info:

Published by: Intan Buhati Asfyra on Jan 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2015

pdf

text

original

SOCIAL NETWORK SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN Intan Buhati Asfyra1, Nila Kesumawati2 1 Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Universitas

Sriwijaya 2 Dosen Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang 1 intan_buhati@yahoo.co.id 2 nilakesumawati@yahoo.com Abstrak Penggunaan internet dewasa ini sudah semakin pesat. Kini, selain untuk media berkomunikasi, internet juga digunakan sebagai media untuk mencari berbagai informasi di segala bidang. Saat ini, salah satu social network yang memiliki banyak fitur untuk media pembelajaran adalah Edmodo. Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school based environment). Edmodo merupakan, social network yang dapat diakses oleh guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Dengan menggunakan edmodo, para pendidik dapat memasukkan bahan ajar, membuat penugasan, membuat catatan, membuat pengumuman, melakukan quiz dan membuat penilaian, serta bagi para orang tua peserta didik juga dapat memantau nilai anaknya dengan mengakses edmodo. Kata kunci: social network, edmodo.

PENDAHULUAN Penggunaan internet dewasa ini sudah semakin pesat. Kini, selain untuk media berkomunikasi, internet juga digunakan sebagai media untuk mencari berbagai informasi di segala bidang. Menurut Williams (Munir, 2010: 195) internet dapat dirumuskan sebagai “a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources.” Salah satu contoh, situs facebook menurut Checkfacebook.com, per Desember 2012 pengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbanyak keempat setelah India yakni mencapai 50 juta lebih. Dari sekian banyak pengguna facebook di Indonesia, tentu saja sebagian besar penggunannya berasal dari kalangan pelajar dan guru. Tren pemanfaatan social networking ini dapat menjadi peluang sebagai dalam pembelajaran. Saat ini, salah satu social network yang memiliki banyak fitur untuk media pembelajaran adalah Edmodo. Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school based environment). Dikembangkan oleh Nicolas Borg and Jeff O'Hara, Edmodo ditujukan untuk penggunaan bagi guru, siswa dan orang tua siswa. Seperti hal nya social network yang lain, edmodo dapat diakses secara free di situs www.edmodo.com.

peserta didik dan orang tua peserta didik. membuat catatan. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. 3. Manfaat Manfaat dari penulisan ini adalah. membuat penugasan. membuat pengumuman. dimana proses mengirim dan pengirimannya memerlukan waktu yang cukup 2 . berbagi. dapat dibuat rumusan masalah: “Bagaimanakah menggunakan edmodo dalam pembelajaran?. PEMBAHASAN 1. dan menciptakan sesuatu dengan mudah dan cepat. 1.Di Indonesia. 2011: 270). Pengertian Social Network Social Network. Dengan social network. melakukan quiz dan membuat penilaian. Edmodo merupakan. guru dapat mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan social network edmodo. Tujuan Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan penggunaan social network edmodo dalam pembelajaran. atau sering disebut sebagai jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi (Tammimudin & Ekawati. serta bagi para orang tua peserta didik juga dapat memantau nilai anaknya dengan mengakses edmodo. orang saling mengirimkan kabar melalui sepucuk surat. akan tetapi tren ini dapat menjadi peluang positif bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran. Munculnya istilah social network tentunya tidak lepas dari dampak globalisasi. belum ada penelitian mengenai efektifitas penggunaan social network khususnya edmodo dalam pembelajaran. para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi. Dengan menggunakan edmodo.” 2. para pendidik dapat memasukkan bahan ajar. social network yang dapat dikases oleh guru. Dulu.

h. Beragam fasilitas telah ditawarkan oleh Social Network seperti Blog. Twitter. dll yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran. b. Powerpoint. d. Siswa dapat terhubung ke berbagai perpustakaan maya di seluruh dunia dan menjadikannya sebagai media penelitian dalam meningkatkan pemahaman bahan ajar. evaluasi. Namun kini seolah tidak ada jarak pembatas antara pengirim dan penerima dimanapun kita berada.com.edmodo. Edmodo ditujukan untuk penggunaan bagi guru. Materi dapat dirancang secara multimedia dan dinamis. Dapat diakses dari lokasi mana sajaa dan bersifat global. kini sudah banyak yang beralih belajar via internet. 3 . Melalui internet lembaga pendidikan akan dapat lebih fokus pada program penyelenggaraan pendidikan/latihan. mulai dari registrasi. Program web based learning dapat dilaksanakan dan di update secara tepat. semuanya dapat dibangun dalam aplikasi internet. f. Kelas tidak membutuhkan bentuk fisik. Beranekaragam mata pelajaran dapat kita jumpai di social network. Menurut Simamora (Wena. dan juga transaksi. edmodo dapat diakses secara free di situs www.lama. e. g. Banyak social network yang menyediakan fasilitas untuk mengupload file berupa Flash. bulletin board. Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school based environment). penyampaian materi. Disini para pelajar tidak hanya membaca tulisan yang monoton. Dikembangkan oleh Nicolas Borg and Jeff O'Hara. Para pelajar yang dulunya hanya mengandalkan buku sebagai bahan acuan belajar. Dapat diciptakan interaksi yang bersifat real time (chatting/video conference) maupun non real time (e-mail. Seperti hal nya social network yang lain. Yahoo Messenger dan masih banyak lagi yang bisa membuat kita menjelajahi dunia melalui social network. mailing list). 2009: 215) terdapat beberapa kelebihan pemanfaatan internet antara lain sebagai berikut: a. Dapat mengakomodasi keseluruhan proses belajar. diskusi. siswa dan orang tua siswa. c. Facebook.

tren industri dan proyeksi teknologi ke depan melalui berbagai sumber untuk menambah wawasan peserta terhadap bahan ajar 2. silahkan cek email untuk melakukan konfirmasi. Untuk setiap siswa yang bergabung di kelas. Layaknya pembelajaran di sekolah. Setelah Anda memiliki akun sebagai guru. Sebelum menggunakan edmodo. pengguna terlebih dahulu membuat akun seperti terlihat pada gambar dibawah ini Gambar diatas merupakan pembuatan akun sebagai guru. Edmodo Seperti halnya social network yang lain. Guru dapat secara cepat menambah referensi bahan ajar yang bersifat studi kasus. seperti terlihat pada gambar dibawah ini. edmodo dapat di akses secara free.i. Setelah melakukan registrasi. Setiap kelas yang anda buat akan memiliki password. Edmodo juga memberikan kode untuk orang tua siswa sehingga dapat memantau perkembangan putranya secara langsung. guru juga dapat membuat kelas di Edmodo. Guru juga dapat mengedit profil pada akun yang telah dibuat tadi. 4 . sehingga hanya siswa pada kelas anda yang dapat memasuki kelas tersebut. Anda dapat membuat lebih dari satu kelas.

Mengakses kode untuk orang tua siswa 3. yaitu: a) Mengunggah dan mengatur sumber ajar di library 5 . berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam mengembangkan sumber belajar dan bahan ajar. Membuat quiz 6. Membuat catatan 3. Membuat pengumuman 4. Mengunggah dan mengatur sumber ajar di librabry 2. baik dalam tuntutan kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional. Beberapa fitur edmodo yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Dengan menggunakan edmodo diharapkan para pendidik mampu mengembangkan bahan ajar sehingga dapat menambah minat peserta didik dalam pembelajaran matematika. Membuat penilaian 7.Beberapa fitur yang dapat dilakukan di edmodo: 1. Penggunaan Edmodo dalam Pembelajaran Pada lampiran Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Bagi guru pada satuan pendidikan jenjang sekolah menengah. juga diatur tentang berbagai kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik. baik yang bersifat kompetensi inti maupun kompetensi mata pelajaran. Membuat penugasan 5.

lks dan lainlain ke dalam kelas edmodo tersebut. modul. Misalnya.Setelah membuat akun edmodo dan membuat kelas edmodo. sehingga dapat menambah motivasi siswa dalam belajar. Dapat pula mengunggah video yang menarik tentang pembelajaran. Gambar 1: Menunggah file ke library b) Membuat catatan Gambar 2: Membuat catatan Dengan edmodo. Gambar 3 : Mengunggah video 6 . guru ingin mengunggah buku elektronik ke dalam library yang ke dalam edmodo. seorang guru dapat membuat catatan tentang pembelajaran. guru dapat mengunggah sumber ajar yang dapat berupa buku.

Melalui fitur ini guru dapat memberikan tugas pada siswa dengan batasan waktu pengumpulan tugas. d) Membuat penugasan Penugasan merupakan salah satu fitur yang membedakan Edmodo dengan jejaring sosial lain. seperti pengumuman jadwal ujian. Gambar 4: Gambar Penugasan e) Membuat quiz Multiple choice quiz Munurut Munthe (2009:115).c) Membuat pengumuman Pada fitur ini. bahkan memberi penilaian pada tugas tersebut. telah disediakan kolom untuk soal dan pilihan jawaban yang memungkinkan. Jumlah pilihan jawaban dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. tes multiple choice adalah butir soal atau tugas yang jawabannya dipilih dari alternatif yang lebih dari dua. dalam pembelajaran dapat digunakan sebagai alat penyampaian pengumuman. 7 . Dengan fitur multiple choice quiz ini. pengumuman pengumpulan tugas dan sebagainya.

Menurut Arifin (2009: 135).Gambar 5 : Bagan membuat multiple choice quiz Contoh soal multiple choice quiz: Gambar 6: Contoh soal multiple choice quiz Gambar 7: Contoh jawaban multiple choice quiz True-false quiz Sama hal nya dengan multiple choice quiz. Kemudian. kita hanya perlu mengubah tipe quiz yang akan diberikan. kita dapat membuat soal benar-salah. bentuk soal 8 .

nama tokoh. 9 . soal pada short answer quiz berupa suatu kalimat bertanya yang dapat dijawab dengan singkat.benar salah adalah pernyataan yang mengandung dua kemungkinan jawaban. soal bentuk melengkapi (fill in the blank) dikemukakan dalan kalimat yang tidak lengkap. berupa kata. dan lain-lain. seperti yang dapat dilihat pada gambar dibawah: Gambar 8: True-false quiz Short answer quiz Menurut Arifin (2009: 145). Gambar 9: Short answer quiz Fill in the blank quiz Menurut Arifin (2009: 146). Pada edmodo. lambang. Gambar 10: Fill in the blank quiz f) Membuat penilaian Pada fitur penilaian. guru dapat secara langsung memberi nilai pada tugas yang telah diposting sebelumnya. yaitu benar atau salah. nama. prase. tempat. telah disediakan pilihan jawaban untuk yang benar dan yang salah.

Hal ini sebabkan oleh fitur-fitur yang ada dalam edmodo mendukung untuk proses pembelajaran. KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat ditarik dari penulisan ini adalah selain dengan cara mengajar konvensional. guru juga dapat menggunakan edmodo sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan edmodo sebagai pendukung pembelajaran. Edmodo adalah salah satu cara untuk membangun semangat siswa untuk belajar. dan ketika siswa merasa senang keinginan mereka untuk mengatasi materi baru dan sulit akan meningkat. dapat membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. 10 . SARAN Disarankan kepada pihak terkait. siswa lebih mandiri tanpa melupakan standar pengukuran keberhasilan siswa. siswa akan meyukai belajar dengan social network ini.Gambar 11: Membuat Penilaian Edmodo menyediakan suasana belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan. khususnya guru dan pemerhati pendidikan untuk memaksimalkan pemanfatan social network untuk pembelajaran siswa. Tidak dapat dipungkiri.

Made. Jakarta: Depdiknas. Munthe. Bermawi. 2009. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.checkfacebook. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2009. Wena. Munir. Ekawati. 2011. 2010. M. 11 . Jurnal Edukasi matematika.DAFTAR PUSTAKA ------. (2006). Evaluasi Pembelajaran.com/. Largest Countries on Facebook. Zainal. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. diakses tanggal 6 Desember 2012). Bandung: Alfabeta. 2009. (http://www. 270-277. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Arifin. Ekspektasi Pemanfaatan Online Social Network Dalam Pembelajaran. Vol 2. Depdiknas. Desain Pembelajaran. Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Estina & Tamimuddin . Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->