Perbedaan antara lemak minyak Hewani dan Lemak minyak nabati antara lain: 1.

Lemak hewan mengandung Cholesterol sedangkan Lemak Nabati mengandung Fitosterol 2. Kadar asam lemak tidak jenuh dalam lemak Hewani lebih kecil dari lemak nabati 3. Lemak hewani mempunyai bilangan Reichert-Meissl yang lebih besar dan bilangan Polenske lebih kecil dibanding dengan minyal nabati. 4. Lemak Hewani cenderung berbentuk padat pada suhu kamar sedangkan lemak nabati cenderung berbentuk cair.

Minyak galian atau Minyak mineral secara kasarnya merujuk kepada minyak yang sifatnya tanpa warna, tanpa bau dan berstruktur ringan dan halus dalam sebatian alkana C15 hingga C40. Merupakan minyak bukan dari sumber tumbuhan, secara asasnya diperolehi dari aktiviti penyulingan petroleum. Minyak galian atau cecair petrolatum adalah hasil sampingan dalam proses penyulingan petroleum untuk menghasilkan gasolin. Ia adalah satu cecair nadir lutsinar jernih yang mengandungi kebanyakannya adalah alkana dan siklik parafin, merujuk kepada petrolatum putih. Galian minyak adalah satu bahan yang mempunyai nilai relatif yang rendah, dan ia juga dihasilkan dalam kuantiti yang sangat banyak. Minyak galian boleh didapati dalam gred yang rendah dan tinggi, biasanya terdapat dalam kedai farmasi atau kedai ubat.
2. berdasarkan kejenuhan (ikatan rangkap) a. asam lemak jenuh : asam lemak yang mengandung ikatan tunggal pada rantai hidrokarbonnya. Asam lemak jenuh mempunyai rantai zig-zag yg cocok satu sama lain. Sehingga gaya tarik vanderwals tinggi, sehingga berwujud padat. b. asam lemak tak jenuh : asam lemak yang mengandung 1 ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya. Asam lemak dengan lebih dari 1 ikatan 2 tidak lazim, terutama terdapat pada lemak nabati. Minyak ini disebut poliunsaturat. - berdasarkan sumbernya a. minyak hewan : berasal dari hewan b.minyak nabati : berasal dari tumbuhan - berdasarka sifat mongering a. minyak tidak mengering (no drying oil) b. minyak setengah mongering (semi drying oil) c. minyak mongering (drying oil).

Margarine . 6. 4. D. karena kadar asam lemak tidak jenuh dalam minyak/lemak hewani sangat besar sehingga bila disimpan lama dan dalam keadaan lembab dapat mengandung asam-asam lemak bebas. Mentega biasanya mengandung vitamin A. larutan baku sekunder dalam hal ini NaOH harus distandarisasi terlebih dahulu menggunakan asam oksalat sebagai baku primer.3. Mentega Berasal dari lemak hewan. Karena NaOH bersifat higroskopis sehingga adanya kemungkina kesalahan dalam penimbangan sehingga tidak bisa menjadi baku primer . Lemak jenuh ini biasanya berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Mentega yang terbuat dari lemak hewan biasanya mengandung lebih banyak lemak jenuh / saturated fats(66%) dibanding lemak tak jenuh / unsaturated fats-nya (34%). Ya dapat tapi hanya sebagai larutan baku sekunder yang bersifat basa. protein dan karbohidrat.

Margarin berasal lemak tumbuh-tumbuhan. Para peneliti biasanya memberikan tips agar memilih produk margarin yang lebih lembut dan konsistensinya mirip sekali dengan liquid. Merknya antara lain Pusaka. Dalam proses tersebut biasanya juga akan terjadi perubahan struktur beberapa polyunsaturated fatty acids (asam lemak tak jenuh) menjadi "trans fatty acids". Margarine dibuat dari minyak tumbuh-tumbuhan yang di hydrogenasi (atom hidrogen ditambahkan ke minyak). Menurut para peneliti. Margarin biasanya diperkaya dengan vitamin A dan beberapa vegetables oil adalah sumber vitamin E. Croma. Karenanya dikatakan mungkin trans fetty acids ini memiliki kemungkinkan terhadap kontribusi di kejadian tekanan darah tinggi dan heart disease. . berwarna putih. sehingga berbentuk padat. Mentega putih jauh lebih padat/keras dibanding mentega biasa. dalam kemasan sytrofoam terbungkus plastic wrap. dan merupakan bahan dasar pembuatan buttercream. Rasanya tawar. pastry. tersedia di TBK atau supermarket besar di kulkas dekat aneka mentega. Mentega putih atau vegetable shortening adalah lemak tumbuhan yang sudah melalui proses hidrogenisasi. Dengan memilih produk margarin seperti ini diharapkan kandungan trans fetty acids-nya dapat diminimalisir. Umumnya digunakan untuk membuat biskuit. karena kadar airnya jauh lebih sedikit dibanding mentega. rasanya pun tidak gurih seperti mentega yang terbuat dari susu. dll. "trans fetty acids" ini aksinya mirip sekali dengan lemak jenuh/saturated fats.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful