Kamis, 11/10/2012 15:26 WIB

Ada Perubahan di UN 2013
Rina Atriana - detikNews

Jakarta - Ujian Nasional (UN) 2013 akan menjadi tantangan tersendiri bagi siswa SMA dan SMP. Sebab Kemendikbud akan melakukan sejumlah perubahan. "Yang penting yang ingin kami sampaikan UN tetap dilaksanakan tahun 2013 tapi dengan beberapa perubahan," ujar Mendikbud M Nuh dalam jumpa pers tentang UN 2013 di Kemendikbud, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (11/10/2012). Menurut Mendikbud, UN secara legal sesuai dengan UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Peraturan Pemerintah Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dalam UN 2013, akan ada variasi soal. Setiap 20 anak dalam satu kelas tipe soalnya akan berbeda-beda. Tujuan dilakukan variasi soal, lanjut Mendikbud, agar siswa dapat berkonsentrasi. "Pengawasan juga tetap kita lakukan. UN ini penting untuk menumbuhkan semangat belajar," kata mantan Menkominfo ini. Sementara usulan kenaikan standar UN dari 5,5 menjadi 6, Mendikbud masih akan mendiskusikan hal itu dengan beberapa pihak terkait. "Usulan ini belum final masih mau didiskusikan," tutur Mendikbud. Ada usulan juga tingkat kesukaran naik menjadi 10% dinaikkan menjadi 20%. (nik/nrl) http://news.detik.com/read/2012/10/11/152612/2060295/10/ada-perubahan-di-un2013?nd771108bcj

Selasa, 16/10/2012 13:50 WIB

Wapres Minta Mendikbud Tinjau Ulang Kurikulum Pendidikan
Muhammad Taufiqqurahman - detikNews Semarang - Wakil Presiden Boediono meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meninjau ulang sistem kurikulum pendidikan nasional. Alasannya porsi pengajaran untuk pendidikan soft skills bagi generasi muda tidak cukup banyak. "Saya mendapatkan kesan bahwa pendidikan yang ada sekarang di tanah air belum memberikan tempat dan bobot yang semestinya bagi pengajarannya soft skills ini," ujar Boediono saat berbicara diperingatan Dies Natalis ke 55 Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (16/10/2012). Menurut Boediono, keterampilan dan kompetensi lunak sangat esensial bagi terbentuknya pribadi-pribadi yang baik, bagi tumbuhnya warganegara yang baik. Dan akhirnya berkembang untuk institusi-institusi yang baik. "Dan kesemuanya ini akhirnya akan menentukan laju kemajuan dan tingkat peradaban yang dapat dicapai oleh bangsa kita," terangnya. Boediono memberikan pertanyaan mendasar seperti mengapa masih begitu sering terjadi kekerasan, pengrusakan, tawuran yang dilakukan bahkan oleh kalangan terpelajar. Padahal mereka telah melewati sistem pendidikan nasional. "Kita bertanya pula mengapa masih juga terjadi korupsi, suap dan mark up di negeri kita," kata Boediono. Boediono mengajak komunitas pendidikan untuk melakukan introspeksi yang sungguh-sungguh mengenai kebijakan pendidikan dan pelaksanaannya secara menyeluruh. Selain keterampilan soft skills, ada juga keterampilan hard skills. Pendidikan hard skills membekali keterampilan teknis dan penguasaan IPTEK agar anak didik menjadi manusia yang produktif. "Appeal saya adalah untuk memberikan bobot yang seimbang antara pengajaran soft skills dan hard skills untuk semua jenjang pendidikan," jelasnya. (fiq/mok)
http://news.detik.com/read/2012/10/16/135015/2063852/10/wapres-minta-mendikbud-tinjau-ulangkurikulum-pendidikan

Minggu. Lembaga ini nantinya akan bekerja sama dengan Kemendikbud dan Pemprov di beberapa provinsi di Indonesia. "Pendidikan merupakan sesuatu yang mulia. Tapi seluruh partisipasi masyarakat untuk mengembangkan pendidikan.detikNews Jakarta . Karena derajat kompleksitas yang begitu rumit maka sejak awal pemerintah menyatakan kalau pendidikan bukan urusan pemerintah saja." ujar M Nuh dalam sambutannya ketika meresmikan 'Gerakan Indonesia Berkibar' di Museum Arsip Nasional Jl Gadjah Mada. Karena pendidikan itu wajib dan menyangkut harkat manusia. . sektor pendidikan merupakan urusan pemerintah bersama masyarakat luas.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menyatakan pendidikan merupakan sektor yang penting sekaligus rumit. 'Gerakan Indonesia Berkibar' merupakan suatu gerakan di bidang pendidikan untuk membantu anak Indonesia yang tidak memiliki kesempatan untuk berada di bangku sekolah. 28/10/2012 17:40 WIB Mendikbud: Pendidikan Bukan Urusan Pemerintah Saja Rini Friastuti . pendidikan merupakan sesuatu yang mulai. Oleh karena itu menurutnya. Jakpus. Mengenai 'Gerakan Indonesia Berkibar' ini. M Nuh menyatakan dirinya sangat mengapresiasi ada gerakan semacam ini. Minggu (28/10/2012)." papar Nuh. "Kami juga mendukung gerakan ini karena meskipun kompleks. Karena pendidikan itu adalah wajib dan merupakan harkat manusia.

Selasa (13/11/2012).com/read/2012/10/28/174027/2074374/10/mendikbud-pendidikan-bukanurusan-pemerintah-saja?nd771108bcj Selasa.Di tempat yang sama. Pemuda Indonesia harus mampu membawa anaknya ke pendidikan yang lebih baik.Kurikulum 2013 Akan Mengedepankan Pendidikan Berbasis Science Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan merubah kurikulum pendidikan pada 2013. "Harus maju bareng-bareng. 13/11/2012 18:46 WIB Kurikulum 2013 akan Mengedepankan Pendidikan Berbasis Science Mega Putra Ratya . Perubahan yang paling berdasar adalah nantinya pendidikan akan berbasis science dan tidak berbasis hafalan lagi. Shafiqq Pontoh mengatakan pihaknya terinspirasi gerakan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. mulai melihat memperhatikan bertanya. . Jakarta. Untuk mengembangkan pendidikan. observasi. Ketua Gerakan Indonesia Berkibar." papar Shaffiq. (fjp/van) http://news. sehingga tidak lagi diorientasikan kepada hafalan-hafalan. "Yang paling esensial dari 2013 yang kita rancang. Itu oleh anak dikenalkan.detik." jelas Mendikbud M Nuh di kantor wapres Jl Veteran. untuk SD itu pendekatan yang kita gunakan semua berbasis science. pemuda Indonesia harus bergerak maju secara bersama-sama.detikNews Jakarta .

com/read/2012/11/13/184625/2090813/10/kurikulum-2013-akan-mengedepankanpendidikan-berbasis-science Jumat.detik.detikNews Jakarta Anggota Komisi X DPR Ahmad Zainuddin mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam upaya melaksanakan pendidikan bagi warga negaranya. Sekolah Menengah Atas. Agama. "Misalnya ambil tema tentang sungai. jumlah waktunya akan ditambah. (mpr/fjr) http://news. Namun. Mudah mempelajari sesuatu yang kecil-kecil jika sudah dewasa. Nuh menjelaskan pendekatan pembelajaran tematik integratif contohnya Guru Bahasa Indonesia bisa juga menjelaskan tentang fenomena alam dalam pelajaran IPA. bisa mengalir kenapa karena ada perbedaan tekanan. kurikulum 2013 tidak dapat menyelesaikan akar persoalan pendidikan nasional dan bertentangan dengan UUD 1945 bila tidak merealisasikan tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Enam mata pelajaran itu adalah Bahasa Indonesia. dan seterusnya. Dengan demikian anak-anak memiliki kemampuan utuh. Juga memiliki derajat kejernihan. Dalam pendekatan ini mata pelajaran IPA dan IPS sebagai materi pembahasan pada semua pelajaran. rumusnya H 20. Anak-anak SD tidak mendapat pendekatan yang terpisah-pisah. sedikitnya menjadi 4 jam dalam seminggu. bisa wudhu. yaitu dua mata pelajaran itu akan diintegrasikan kedalam semua mata pelajaran. Matematika. Sekolah Menengah Pertama. khususnya untuk SD. kotoran sungai tercemar. Menurutnya. dan Sekolah Menengah Kejuruan. . Mendikbud juga menjelaskan. Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani. sudah ada bahan IPAnya di situ. adalah bersifat tematik integratif. PPKN." paparnya. satu mata pelajaran bisa dikaitkan kemana-mana. Zainuddin menanggapi penjelasan Mendikbud M Nuh dalam raker dengan Komisi X bahwa ciri kurikulum 2013.Nuh mengatakan untuk pendekatan pembelajaran tematik integratif. Sungai itu ada airnya. Kurikulum ini untuk Sekolah Dasar.com . tapi utuh. jumlah pelajaran bisa di kurangi dari 10 menjadi 6 mata pelajaran. 23/11/2012 14:23 WIB Kurikulum Pendidikan 2013 Dinilai Abaikan Amanah UUD 1945 jurnalparlemen.

"Itu bukan integrasi dan holistic namanya kalau hanya pelajaran IPA dan IPS saja yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain. politisi PKS ini mendesak pemerintah untuk mengintegrasikan pendidikan agama ke dalam semua mata pelajaran. Namun pada kenyataannya.com/read/2012/11/23/140924/2099398/10/kurikulum-pendidikan-2013-dinilaiabaikan-amanah-uud-1945 Selasa. pengintegrasian IPA dan IPS ke dalam semua mata pelajaran hanya akan menghasilkan kompetensi siswa yang mencakup nilai kognitif dan keterampilan. Kamis (22/11).com . yang intinya adalah mengenai kemungkinan integrasi IPA dan IPS ke semua mata pelajaran atau memasukkan mata pelajaran IPA dan IPS yang dimulai pada kelas IV atau di kelas V. Selain itu. keterampilan yang relevan.detik. Sedang implementasi pelajaran agama yang hanya dua jam seminggu dan juga pelaksanaan pendidikan karakter kepada siswa untuk nilai afektifnya bisa dibilang gagal disebabkan pendidikan akhlak mulia ini terabaikan dalam struktur kurikulum. 27/11/2012 16:46 WIB Perubahan Kurikulum Tak Berpengaruh Selama UN Berlaku jurnalparlemen. Menurut Zainuddin.detikNews Jakarta � Perubahan kurikulum yang sedang dilakukan oleh pemerintah tidak akan memberikan efek perbaikan terhadap dunia pendidikan nasional. Untuk itu. Sebab. dan pengetahuan-pengetahuan yang memadai. pemerintah masih memberlakukan Ujian . diharapkan pendidikan karakter dan akhlak mulia dapat menjadi ruh yang diajarkan pada semua mata pelajaran." ujar Zainuddin dalam rilisnya." pungkasnya. Zainuddin sangat menyayangkan dalam rancangan kurikulum 2013 ini tidak terintegrasinya pendidikan agama ke dalam semua mata pelajaran. "Karena dengan demikian . Zainuddin menjelaskan. "Bagaimana bisa kompetensi lulusan yang diharapkan dapat memiliki aspek karakter mulia jika pendidikan agama tidak terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran. (nwk/nwk) http://news. kurikulum yang ada selama ini lebih cenderung pada pencapaian nilai kognitif dan psikomotorik siswa saja. Seperti diketahui." tambahnya. dalam kurikulum 2013 kompetensi lulusan yang diharapkan harus lengkap mencakup aspek-aspek karakter mulia. UUD 45 Pasal 31 telah menggariskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.bahwa sampai saat ini masih ada tiga alternatif struktur kurikulum pada tingkat SD.

kalau tujuan sekolah hanya ini. Anggota DPR Dapil Jawa Tengah IX ini mengingatkan pemerintah agar lebih lebih filosofis dalam membuat kebijakan pendidikan nasional." jelas Rohmani dalam rilisnya. Kalau memperbaiki harus menyeluruh. Menurut anggota Komisi X DPR Rohmani. Anggota Panitia Kerja Kurikulum DPR itu menjelaskan.com/read/2012/11/27/160959/2102905/10/perubahan-kurikulum-tak-berpengaruhselama-un-berlaku Selasa. Lanjut Rohmani. Sekolah dan anak didik akan selalu berorientasi pada nilai ujian. Selasa (27/11). (nwk/nwk) http://news. mendidik anak didik lebih terampil dan tangguh dalam menyikapi tantangan bangsa ke depan. Mulai dari akarnya. "Pendidikan kita nggak akan berubah selama diperbaiki secara parsial. buat apa pemerintah mengeluarkan biaya triliunan rupiah." tegas Rohmani. Pendidikan harus diarahkan pada penguatan karakter." kata Rohmani. sebagus apa pun kurikulum tidak akan mengubah cara pembelajaran di sekolah selama UN ada.Nasional (UN) sebagai penentu utama kelulusan. Wajib Belajar 12 Tahun & Kurikulum Baru Diterapkan Danu Damarjati . Guru-guru pun mengajar untuk menjadikan anak sekadar bisa menjawab tes. Rohmani memberikan contoh kurikulum 2006 atau yang biasa disebut KTSP tidak mengubah pola pembelajaran di sekolah karena orientasi guru dan anak didik hanya untuk bisa menyelesaikan UN. nilai ujian bukan tujuan utama dalam pendidikan nasional. "Kalau begitu tujuannya. bukan ranting persoalannya. Padahal. 04/12/2012 15:06 WIB Mendikbud: 2013.detik. cukup dirikan saja bimbingan belajar. Lebih murah dan lebih cepat menyelesaikan tes. "Pada akhirnya. anak-anak belajar untuk sekadar menyelesaikan tes. jika ingin memperbaiki kurikulum maka perbaiki juga faktor lainnya seperti UN.detikNews .

Kemendikbud menargetkan semua warga Indonesia berpendidikan minimal SMA. bersih. pertama yaitu kurikulum. imbuhnya. Kurikulum ini sekarang sedang diuji publik. kecintaan terhadap lingkungan." kata Mendikbud M Nuh. Hal itu disampaikan M Nuh dalam sambutannya di acara 'Peringatan Hari Guru Nasional 2012 dan HUT ke-67 PGRI' di Sentul International Convention Center (SICC). Jawa Barat. Kurikulum Baru Selain mencanangkan Wajib Belajar 12 Tahun pada 2013. tahun 2020 itu APK (Angka Partisipasi Kasar) sekolah menengah 97 persen. Bogor. Pada tahun 2020. sekarang baru 78 persen. "Kami sedang persiapkan kurikulum 2013 yang sekarang masuk uji publik. obyek pengamatannya adalah fenomena alam dan fenomena sosial. Urusan kualitas. Acara ini dihadiri Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono serta Ketua Umum PGRI Sulistyo. mengutamakan kemampuan bertanya dan nalar menjadi proses penting." kata M Nuh. Arah kurikulum 2013 adalah memperkuat kompetensi sisi sikap dan sisi pengetahuan. Rencananya. Melalui program 'Wajib Belajar 9 Tahun'. Kemendikbud juga mengaplikasikan kurikulum baru. . dan bantuan untuk siswa kurang mampu. BOS.Jakarta . semua pemangku kepentingan harus bekerja keras. "Ada dua yang perlu diperhatikan. "Agenda kita memperluas akses semua anak bangsa dalam dunia pndidikan.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mencanangkan 'Wajib Belajar 12 Tahun' serta kurikulum baru pada tahun 2013. disiplin. dan kedua adalah guru. berisi standar-standar pendidikan. Tahun 2020 itu minimal anakanak kita lulusan SMA atau SMK. dan nilai keindonesiaan. Tahun 2013 akan kita mulai program 'Wajib Belajar 12 Tahun'." imbuhnya. Nilai yang ditanamkan dalam kurikulum ini adalah nilai jujur. Kurikulum ini menggunakan scientific approach.

detikNews Bogor . . harus ada link and match.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan kurikulum baru pada Juni 2013. Kemendikbud akan melatih 350 ribu master teacher selama 6 bulan. Kompetensi yang kita berikan adalah kompetensi yang sesuai dengan zamannya. Persiapannya. pola pembelajaran untuk SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah pola tematik interaktif. Ini akan kita lakukan bertahap.Dalam Kurikulum 2013. Kita membuat master teacher. 04/12/2012 17:47 WIB Kemendikbud Latih 350 Ribu Master Teacher untuk Kurikulum Baru 2013 Danu Damarjati ." kata M Nuh. sehingga tidak perlu membayar mahal dengan harga masa datang. "Mulai dipakai kan Juni 2013. papar M Nuh. Anak-anak didik harus membeli masa depan dengan harga sekarang. Juga.com/read/2012/12/04/150638/2109092/10/mendikbud-2013-wajib-belajar-12tahun-kurikulum-baru-diterapkan Selasa. "Ini modal yang sangat penting dalam membangun bangsa kita. (nwk/nrl) http://news. kita pilih beberapa orang berkualifikasi memadai untuk dijadikan masternya itu. memberikan ruang tumbuhnya kepenasaran intelektual atau intellectual curiousity. kami harapkan guru bisa sejahtera juga memiliki profesionalitas tinggi.detik. ada 6 bulan ini dipakai untuk pelatihan-pelatihan.

disiplin. "Ini modal yang sangat penting dalam membangun bangsa kita. harus disiapkan. kelas 1 dan kelas 4. harus ada link and match. kami harapkan guru bisa sejahtera juga memiliki profesionalitas tinggi." imbuhnya. kecintaan terhadap lingkungan. "Yang penting substansinya setuju nggak ini. papar M Nuh. Dahulukan dulu guru-guru yang mengajar kelas 1 dan kelas 4. guru sekolah menengah kelas 7 dan kelas 10. masih uji publik sampai Desember 2012. 7. Ini akan dilakukan secara bertahap. Anak-anak didik harus membeli masa depan dengan harga sekarang. Juni harus jalan. akan didahulukan guru-guru SD. Bogor. (nwk/van) http://news. Sebelumnya M Nuh mengatakan kurikulum baru ini menggunakan scientific approach. bersih. sehingga tidak perlu membayar mahal dengan harga masa datang. Ini akan kita lakukan bertahap. Dalam Kurikulum 2013. Jawa Barat. Kalau sudah oke. Maka platihannnya paling banter sekitar 350. Skenario awal (kelas) 1. Man jadda wajada. Kalau urusan kesiapan guru. Kompetensi yang kita berikan adalah kompetensi yang sesuai dengan zamannya. dan nilai keindonesiaan.Kalau kitaa memang niat.detikNews ." kata M Nuh.000-an. Juga. tinggal urusan implementasi. maka seluruh sumber daya harus kita kerahkan. Hal itu disampaikan M Nuh di sela-sela 'Peringatan Hari Guru Nasional 2012 dan HUT ke-67 PGRI' di Sentul International Convention Center (SICC). 4. pola pembelajaran untuk SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah pola tematik interaktif." kata Mendikbud M Nuh. 10 untuk seluruh skolah. 06/12/2012 13:47 WIB Mendikbud Siapkan Buku Meski Kurikulum 2013 Belum Selesai Dibahas Danu Damarjati .detik. mengutamakan kemampuan bertanya dan nalar menjadi proses penting. Nilai yang ditanamkan dalam kurikulum ini adalah nilai jujur. obyek pengamatannya adalah fenomena alam dan fenomena sosial. memberikan ruang tumbuhnya kepenasaran intelektual atau intellectual curiousity. Acara ini dihadiri Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono serta Ketua Umum PGRI Sulistyo. imbuhnya. Kurikulum baru ini. Tahap pertama.com/read/2012/12/04/174718/2109358/10/kemendikbud-latih-350-ribu-masterteacher-untuk-kurikulum-baru-2013 Kamis.

Senayan. Kita lakukan secara bertahap. "Persiapan kedua. Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh dalam laporan progress persiapan kurikulum 2013. di Kantor Kemendikbud." ujar M Nuh retoris. Pembahasan metodologi dan SKL telah melibatkan guruguru dan para ahli." tutur M Nuh. "Lho kok bisa. Kita punya pendekatan Manajemen Pareto. Selain masalah buku. M Nuh menjelaskan bahwa kurikulum 2013 akan menggunakan pendekatan tematik integratif.Mendikbud M Nuh Jakarta . Kelas 1 dan 4 SD/MI. dan kelas 10 SMA/SMK/MAN. Jakarta Pusat. kelas 7 SMP/MTs. Pelajaran-pelajaran IPA dan IPS akan dilebur dalam pelajaran lain. M Nuh menjelaskan sampai saat ini pembahasan kurikulum saat ini juga membahas pelatihan guru dan tata kelola dalam kurikulum 2013. Unsur guru kita ajak. kita ajak guru-guru yang sudah memiliki track record di bidangnya. M Nuh menjelaskan yang diperkirakan berubah dari kurikulum 2013 adalah metodologi dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). sehingga tidak akan ada lagi mata pelajaran IPA dan IPS. pelatihan guru. Kita pilih mana yang harus kita dahulukan untuk kita kerjakan. "Jadi nggak benar kalau penyusunan kurikulum tidak melibatkan guru. kurikulum belum selesai tapi bukunya sudah dibahas? Tentu kita sudah bisa perkirakan apa yang berubah dari kurikulum tersebut. .Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyiapkan 'buku babon' alias buku pegangan untuk kurikulum 2013 mendatang meskipun pembahasan kurikulum 2013 masih belum final. Jalan Jendral Sudirman." kata M Nuh.

Dilanjutkan dengan evaluasi dari implementasi tersebut pada tahun 2005. Harus ada penanggung jawab yang utama. Rencananya. Kita pastikan dulu ini beres. tapi oleh tim yang kita bentuk sendiri. tanggung jawab buku tersebut akan terpusat pada tim penyusun yang dibentuk Kemendikbud.com/read/2012/12/06/134756/2111122/10/mendikbud-siapkan-buku-meskikurikulum-2013-belum-selesai-dibahas Kamis.Rencananya.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun buku pegangan untuk kurikulum 2013. Kamis (6/12/2012). Penerbit-penerbit lain hanya akan memiliki hak untuk menggandakan." kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta Pusat. "Buku tidak kita serahkan ke siapapun. Mohammad Nuh. Juni 2013 akan dilakukan implementasi terbatas dari kurikulum 2013 tersebut.detikNews Jakarta .detik. (rmd/rmd) http://news. Yang lain cuma tinggal mencetak saja. di Kantor Kemendikbud. bukan menulis buku baru. 06/12/2012 16:19 WIB Buku Kurikulum 2013. Penerbit Hanya Boleh Menggandakan Danu Damarjati . . urusan siapa yang mencetak itu urusan belakangan. Jalan Jend Sudirman.

Selanjutnya. Misalnya. dilanjutkan dengan evaluasi dari implementasi pada tahun 2015. "Buku-buku baru sebagai pengembangan kurikulum tidak boleh menjadi beban bagi masyarakat. atau 'Kisah Bang Maman Kali Pasir' maka akan jelas siapa yg bertanggung jawab. Nanti tidak ada lagi LKS." ujarnya. Yang lain tinggal mencetak saja. maka akan meringankan siswa-siswi sendiri dalam membeli buku.detik. Isi buku 100 persen menjadi tanggung jawab pusat." tutur Nuh. 06/12/2012 15:14 WIB Kurikulum Ganti Terus. "Jadi kalau ada penanggung jawab utama maka kalau muncul Maria Ozawa di buku pelajaran. karena dalam buku sudah ada soal-soalnya. Mendikbud: Tak Boleh Berhenti Melakukan Perubahan Danu Damarjati . nyaman. Kurikulum 2013 hingga saat ini sedang memasuki tahap uji publik. kesalahan konten seperti yang terjadi di waktu yang lalu. Kebijakan pertanggungjawaban terpusat atas buku pegangan guru dan siswa ini diimplementasikan untuk menanggulangi kesalahan penerbit-penerbit buku pelajaran. Juni 2013 akan dilakukan implementasi terbatas dari kurikulum 2013 tersebut. ada buku pelajaran yang memuat konten pornografi dan konten-konten lain yang tidak seharusnya dikonsumsi peserta didik.detikNews . Sehingga anak-anak juga bawa bukunya enak. Nuh juga menjelaskan bahwa dengan ditetapkannya satu buku acuan bagi peserta didik.Tim penyusun buku untuk kurikulum 2013 yang dibentuk Kemendikbud beranggotakan guruguru dan para ahli pendidikan.com/read/2012/12/06/161942/2111335/10/buku-kurikulum-2013-penerbithanya-boleh-menggandakan?nd771108bcj Kamis. Selama ini siswa-siswi masih dibebani dengan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang harus dibeli terpisah. (rmd/rmd) http://news. Rencananya.

"Kalau masalah berubah lagi. Ini agar tercipta link and match antara dunia akademis dan dunia kerja. Ada yang bilang pendidikan kita tidak boleh mengikuti pasar. Kamis depan (13/12/2012). Kamis (6/12/2012). Jakarta Pusat. kurikulum baru akan diterapkan. Jalan Jend Sudirman. Nuh mengungkapkan bahwa pro-konta dalam perubahan kurikulum merupakan sesuatu yang wajar. saya jamin besok 10-15 tahun ke depan berubah lagi. "Prinsip kami seperti air sungai mengalir ke utara. Sebentar lagi. Itu bagian dari kelengkapan kesempurnaan hidup. Misalnya. dulu ada CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). pastilah di pinggir sungai ada aliran ke selatan melawan arus. Nuh menyatakan siap menerima suara tidak . "Kita tidak boleh berhenti melakukan perubahan." jelas Nuh sambil beranalogi. Nuh menyampaikan bahwa perubahan kurikulum akan terus terjadi demi menyesuaikan dunia pasar. Ketidaksetujuan yang ada dia anggap sebagai pelengkap proses pembahasan yang harus terus berjalan. Tapi pandangan kami. Senayan. Bahasa politiknya fenomena paradoksal. tapi nanti kalau banyak lulusan nganggur.Kurikulum pendidikan di Indonesia sudah sering berganti dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengungkapkan bahwa perubahan tersebut adalah suatu keniscayaan. rencananya Kemendikbud akan mengadakan rapat dengan Panitia Kerja (Panja) DPR membahas kurikulum 2013.Jakarta . nanti kita dimarahin. air tetap harus mengalir." ujar Nuh." kata Nuh ketika menyampaikan kemajuan pembahasan kurikulum 2013 di Kantor Kemendikbud. apa yang menyebabkan itu harus berubah? Kita tidak boleh terjebak pada kesalahan zaman dulu.

Laporan terbaru menyebutkan.332 orang.com/read/2012/12/06/151436/2111246/10/kurikulum-ganti-terus-mendikbud-takboleh-berhenti-melakukan-perubahan Minggu. kita akan sampaikan pandangan yang ada.go.332 orang yang memberikan komentar mengenai kurikulum 2013 yang sedang dibahas. Mendikbud juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat yang telah memberikan saran lewat website resmi Kemendikbud. tapi ya silakan berikan pendapat. 09/12/2012 13:08 WIB Kurikulum 2013 Diuji Publik. Kamis depan kita akan rapat dengan Panja. saya ucapkan terima kasih. ya nggak apa-apa.118. "Di DPR ada yang tidak setuju. (rmd/rmd) http://news.detikNews . sampai sekarang sudah 1.id sudah 15." ujar M Nuh. Mendikbud Berharap Lahirkan Generasi Emas Zainal Effendi . Dan yang sudah memberi komentar. yang mengakses kurikulum 2013 kemendikbud.detik. Apapun sarannya.setuju. Kurikulum itu kan wilayahnya pemerintah (bukan wilayah DPR-red). "Sampai tanggal 5 kemarin (5/12/2012). tercatat sudah 1." pungkasnya.

ketrampilan dan pengetahuan. mencoba." kata Mendikbud. Diharapkan. lanjut Nuh. inovatif dan afektif. kurikulum 2013 ini mampu menghasilkan generasi emas yang mempunyai sifat yang produktif. Mantan rektor Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) ini menjelaskan. kami mengedepankan agar para siswa mampu mengamati. Mantan Menteri Komunikasi dan Informasi ini juga mengungkapkan. mendengar. "Kita membuka diri menerima masukan terhadap kurikulum baru ini dan itulah tujuan uji publik baik melalui sosialisasi seperti ini. menalar. dalam kurikulum baru ini adalah basis kompetensi dengan pemikiran kompetensi berbasis sikap. Tak hanya itu. menyimak. menanya. kurikulum baru ini didasarkan atas perkembangan globalisasi dunia yang didalamnya terdapat kemajuan teknologi informasi. Minggu (9/12/2012). "Dalam kurikulum 2013. membaca. Saran juga kita tampung di website kami.Rancangan kurikulum baru 2013 terus disosialisasikan dan diuji publik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diharapkan tiga tahun kemudian atau 2016 dapat diimplementasikan secara keseluruhan. M Nuh dalam Sosialisasi dan Uji Publik Kurikulum 2013 dihadapan puluhan Kepala Dinas Pendidikan se-Jawa Timur dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan di Hotel Garden Palace Hotel. kreatif. kemampuan berkomunikasi serta memiliki kemampuan berpikir kritis. melihat. mengkomunikasikan. para siswa juga akan didorong untuk memiliki tanggung jawab lingkungan.Foto: Zaenal Effendi/detikcom Surabaya . masalah lingkungan hidup serta kebangkitan industri kreatif dan budaya. "Yang tak . Sehingga guru dituntut harus banyak mencari tahu agar para siswa bisa dengan mudah mencari informasi dengan bebas melalui perkembangan teknologi." ungkapnya.

kualitas guru rendah karena regulasi tidak berpihak pada penguatan pendidikan guru." ucapnya. inovatif dan afektif. (bdh/try) http://news." pungkas Nuh. FSGI mendatangi ICW untuk melaporkan transparansi kebijakan publik terkait kebijakan pemerintah bidang pendidikan. Sementara peningkatan kualitas guru tidak diperhatikan pemerintah. Jalan Kalibata Timur 4D No 6. daripada mengganti kurikulum. Sementara nilai ujian nasional murid terakhir rata-rata 70-80. Dia mencontohkan dihapuskannya Sekolah Pendidikan Guru (SPG) dan Institut Keguruan Ilmu Pengetahuan (IKIP). kualitas guru di Indonesia sangat rendah.detikNews Jakarta . Kamis (27/12/2012). karena kualitas guru sendiri masih rendah." imbuh Retno. Kualitas guru Indonesia berdasarkan hasil Uji Kompetensi Guru 2012 hanya mencapai nilai 4. lebih baik mengganti menteri.detik. Padahal menurutnya. "Sekarang lulusan fakultas keguruan diadang oleh Program Pendidikan Guru (PPG) di mana semua lulusan universitas bisa menjadi guru hanya dengan mengambil mata kuliah PPG selama 2 semester.com/read/2012/12/09/130837/2113331/10/kurikulum-2013-diuji-publik-mendikbudberharap-lahirkan-generasi-emas Kamis. 27/12/2012 18:27 WIB Serikat Guru: Kurikulum 2013 Bentuk Kekerasan Pendidikan Danu Damarjati . Penelitian World Bank 2011 menyatakan kualitas guru Indonesia rendah.lain agar terbentuk generasi yang produktif. "Banyak pihak mensinyalir ujian nasional penuh kecurangan. ." Koordinator FSGI Retno Listyarti dalam jumpa pers di kantor Indonesian Corruption Watch (ICW).Kurikulum pendidikan baru yang akan diterapkan tahun depan ternyata tidak sepi dari pro dan kontra. Retno mengatakan akibat kebijakan pemerintah yang keliru. Untuk itu. Jakarta Selatan. kreatif.20 dalam skala 0-10. Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai kurikulum tersebut sebagai bentuk kekerasan dalam pendidikan. Karena menurutnya. "Kurikulum 2013 adalah bentuk pemaksaan dan kekerasan dalam pendidikan. Retno mengatakan FSGI mendorong Presiden SBY untuk mengganti mendikbud. Tapi pemerintah hanya mengkambinghitamkan guru sebagai penyebab kualitas pendidikan yang rendah.

Retno juga menyinggung kesejahteraan guru honorer masih rendah. (rmd/try) http://news. Indonesia nggak ada." tambahnya. perubahan kurikulum bukan jawaban atas rendahnya kualitas guru.com/read/2012/12/27/182722/2128248/10/serikat-guru-kurikulum-2013-bentukkekerasan-pendidikan Jumat. Berdasarkan data FSGI." cetusnya. baik di negeri maupun swasta.5 dan 6. Mata pelajaran IPA dan IPS baru akan didapat siswa dikelas 4. "Rekomendasi kami."Ini mengakibatkan kualitas guru secara pedagogik dan akademik menurun. pada kurikulum 2013 mendatang siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1. lanjut Retno. bikin program dalam 5 tahun bikin guru sains 150 ribu Orang. "Guru-guru juga perlu pelatihan-pelatihan menulis supaya bisa menghasilkan karya tulis yang baik. pedagogik.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh memberikan opsi. Cara peningkatan kualitas guru melalui pelatihan yang berkualitas." pungkas Retno. Yang ikut pelatihan malah diseleksi guru-guru yang pintar. Malah IPA-IPS mau dihapus di SD. tetapi . target pendidikanya nggak jelas.detik.detikNews Jakarta . latihan metode pembelajaran secara praktis karena pelatihan selama ini cenderung teoritis. 62 % guru SD tidak pernah ikut pelatihan. Sedangkan guru di kota besar. Ini 5 tahun Muhammad Nuh (Mendikbud. rata-rata hanya ikut pelatihan satu kali dalam 5 tahun. Sementara guru-guru yang bodoh malah tidak diikutkan pelatihan. seperti pelatihan teknologi. "Untuk anak-anak SD kelas 1. 2 dan 3 tidak akan dibekali lagi dengan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemendikbud Beri Opsi SD Kelas 1-3 Tak akan Belajar IPA & IPS Rini Friastuti . Menurut dia.red). 28/12/2012 17:47 WIB Kurikulum 2013. Kemendikbud harus punya grand design yang jelas untuk mewujudkan pendidikan berkualitas." ujarnya. Harusnya misalnya kayak Obama. "Pemerintah harus menghentikan segala kebijakan pendidikan yang berorietasi proyek.2 dan 3 itu tidak akan diberi pelajaran IPA dan IPS lagi.

sementara siswa SD kelas 1. meringankan beban guru.5 dan 6. "Jadi nanti di kurikulum 2013 yang akan diterapkan bulan Juni nanti.detikNews ." ucap Nuh. dalam silabus kelas 1. penyempurnaan materi yang harus diajarkan.com/read/2012/12/28/174720/2129143/10/kurikulum-2013-kemendikbud-beri-opsisd-kelas-1-3-tak-akan-belajar-ipa-ips Jumat. untuk kurikulum pendidikan 2013 nanti. "Sehingga anak-anak yang masih kelas 1. di Singapura." tuturnya. Jakarta Selatan. Kelima. proses belajar dengan pendekatan ilmiah dan ketujuh. penataan penyempurnaan alur pikir dalam pengembangan kurikulum. Kedua. mata pelajaran IPA dan IPS akan diterapkan pada kelas 4.2 dan 3 cara pembelajarannya lebih bersifat universal. Sementara itu. lanjut Nuh. "Di sini guru tidak akan membuat silabus lagi. (jor/nwk) http://news. Keempat. 2 dan 3 tidak perlu dijejali dengan mata pelajaran sains IPA dan IPS. Ketiga. Kemendibud menitikkan 7 hal pokok.nanti dalam silabus kurikulum 2013." terang Nuh. Jumat (28/12/2012).detik. Bahkan. Minta Saja ke Kemendikbud Rini Friastuti . pelajaran IPA dan IPS baru bisa didapat siswa SD saat kelas 5 dan 6. Keenam. harus mengacu pada base practice (pelatihan dasar). 2 dan 3 tidak akan ada pelajaran IPA dan IPS. sehingga guru lebih fokus pada pembelajaran. penataan kewenangan di dalam satuan pendidikan. 28/12/2012 18:48 WIB Tahun 2013 SD Butuh Gamelan. Hal ini dikarenakan pendidikan IPA dan IPS merupakan mata pelajaran sains." ujar M Nuh saat jumpa pers Akhir Tahun Mendikbud 2012 'Membeli Masa Depan dengan Harga Sekarang' di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jl Jenderal Sudirman. lebih lanjut. Pertama adalah antisipasi kebudayaan kompetensi masa depan.

Jumat (28/12/2012). pemerintah pusat akan mengakomodasi kebutuhan fasilitas pendidikan kebudayaan tersebut.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan akan memberi porsi lebih bagi pendidikan kebudayaan di tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD). (nwk/nwk) http://news.Jakarta . sanggar tari. budaya. Misalnya. Rencananya. kita mulai mendirikan sanggar-sanggar di sekolah. konten-konten sosial. sekarang kita berikan dari pusat ke sekolah-sekolah yang ada di daerah-daerah.detik. dan sains akan dimasukkan dalam pelajaran kebudayaan tersebut.com/read/2012/12/28/184846/2129194/10/tahun-2013-sd-butuh-gamelan-mintasaja-ke-kemendikbud ." ujar Nuh. "Misalnya kamu butuh gamelan. Pada Kurikulum 2013 mendatang." kata Nuh dalam acara Konferensi Pers Akhir Tahun Kemendikbud 2013 di Kantor Kemendikbud Jalan Jend Sudirman. tahun depan. biar kita menyediakan. Jakarta Selatan. 4 jam pelajaran. Maka. "Tahun 2013. Untuk menunjang proses pembelajaran. mata pelajaran kebudayaan di SD diberi porsi besar. Nuh menyatakan Kurikulum 2013 mendatang akan lebih mengintegrasikan pendidikan dan kebudayaan. dulu kan dari pihak sekolah (pendiriannya-red). Kemendikbud juga akan memfasilitasi pendirian sanggarsanggar kesenian di sekolah-sekolah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful