BAB 1 PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Perumahan dan Pemukiman merupakan kebutuhan dasar manusia dan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam pembentukan watak dan kepribadian bangsa serta perlu dibina dan dikembangkan demi kelangsungan dan peningkatan kehidupan dan penghidupan masyarakat. Kebahagian dan kesejahteraan merupakan suatu tuntunan yang harus kita penuhi dalam suatu kehidupan.

.

Begitu pula dengan sektor perumahan yang menawarkan kepada konsumen masyarakat Karanganyar dan Sukoharjo dalam rangka pemenuhan kebutuhan tempat hunian / tempat tinggal dengan berbagai type dan ukuran desain yang representative bagi penghuni maupun lingkungan sekitarnya. ataupun dari Jawa Tengah dan Jogjakarta menuju wilayah Jawa Timur yang mendukung aktifitas industri. Klaruan. dan juga terjangkau untuk masyarakat menengah kebawah. terutama di wilayah Industri Palur dimana dapat dilihat dari perkembangan kota maupun pembangunan sangatlah cepat. aman. yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan banyak jenis usaha dan berbagai industri di wilayah Palur. Mencermati kondisi dan iklim pemenuhan kebutuhan tempat tinggal seperti inilah kami sebagai putra daerah yang juga sedang melanjutkan studi di Teknik Sipil UMS ingin ikut perpartisipasi dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan perumahan yang berwawasan lingkungan. koperasi dan swasta berdasarkan azaz kekeluargaan.Penyelenggaraan pembangunan perumahan dan pemukiman dapat mendorong dan memperkokoh demokrasi ekonomi serta memberikan kesempatan yang sama dan saling menunjang antara usaha Negara. dan asri. nyaman. Hal ini seiring dengan terbangunnya infrastruktur – infrastruktur yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar maupun Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. sehat. Ciliwung Utara. Masih banyak masyarakat dikawasan industri di soloraya antara Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar yang memerlukan tempat tinggal khususnya untuk kalangan menengah kebawah. . kami akan merencanakan untuk membangun perumahan PERMATA VILLAGE yang berlokasi di Jl. apalagi Palur masuk didalam daerah segitiga Emas joglosemar yang dilalui transportasi dari Jawa Timur menuju ke Jawa Tengah dan Jogjakarta. Palur yang juga merupakan pengembangan kota solo ke timur ini merupakan wilayah berkembang terbesar setelah kartasura. Desa Palur Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Propinsi Jawa Tengah.

buruh pabrik. Hari : Sabtu. Kabupaten 6. Objek survey a) Masyarakat Masyarakat disekitar lokasi pembangunan perumahan “PERMATA VILLAGE” adalah masyarakat Urban atau masyarakan yang sedang mengalami masa transisi dari masyarakat tradisional menuju ke masyarakat modern. dosen. Palur : 01/ 14 : Jl. 1. Kecamatan 5. guru. kondisi daerah. kondisi Ekonomi sosial dan gaya hidup yang ada di lingkup objek perencanaan Perumahan PERMATA VILLAGE. dan Industri rumah tangga b). Masyarakat disekitar lokasi pembangunan perumahan permata village memiliki pekerjaan atau matapencarian yang beragam. RT/RW 3. Jalan 4. dan banyak juga yang . Sekolah Dasar. dimana sikap saling gotong royong didalam masyarakat masih dijunjung tinggi akan tetapi tidak menutup kemungkinan sudah banyaknya sikap induvidualisme didalam berkehidupan sosial. Desa 2. Tempat : 1. Survey lokasi : a). 6 October 2012 : Klaruan. . ada pegawai negeri sipil. petani. Ciliwung Utara : Mojolaban : Sukoharjo : Pemukiman penduduk. karyawan pabrik.Untuk mendukung Hal tersebut melakukan survey lokasi untuk lebih mengetahui dan mendalami kondisi masyrakat. Data disekitar lokasi 2.

wonosari. Beberapa Pusat perbelanjaan besar juga banyak terdapat di wilayah ini yaitu Palur Plaza. rembang. Palur merupakan kawasan industri terbesar di kawasan soloraya. TNI dan Polri b) Kondisi daerah Palur merupakan kawasan pengembangan dari kota surakarta ke arah timur. Pegawai Negeri. kabupaten sukoharjo dan kecamatan janten. dan sekitarnya. kawasan ini terletak di 2 wilayah kabupaten berbeda yaitu di kecamatan mojolaban.Mall Luwes palur dan Mitra supermarket dan markas TNI AD. dan aneka industri rumah tangga lainya. pembuatan tempe.mendukung perekonomian mereka dengan menjadi wirausaha industri rumah tangga. Palur dan kota surakarta di batasi oleh sungai bengawasan solo yang keduanya berbatasan langsung. gunung kidul dan sekitarnya dan bekerja sebagai karyawan dan karyawati Swasta / BUMN. Masyarakat pendatang ini kebanyakan bertempat tinggal dengan menyewa rumah untuk industri rumah tangga atau sekedar menyewa kamar (indekost). pembuatan tahu. Di daerah ini terdapat kampus Universitas Surakarta (UNSA). Mereka kebanyakan datang dari daerah jalur pantai utara seperti pekalongan.pabrik-pabrik besar banyak terdapat di kawasan . pembuatan rambak. dan juga adapula yang datang dari daerah pantai selatan. pembuatan karak. kabupaten karanganyar. ASMI. pati. Masyrakat disekitar lokasi pembabangunan perumahan juga banyak masyarakat yang bukan penduduk asli Desa Palur. Palur merupakan wilayah pengembangan terbesar ke dua setelah kartasura. wonogiri.

000/bulan dari hasil survei diperkirakan hanya sekitar 10%. Terminal ini cukup penting bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi daerah Palur dan sekitarnya. 1.000. Daerah palur juga terdapat sebuah terminal bus antar kota sebagai titik penghubung antara kota Solo dengan Kabupaten Karanganyar.terlihat dari adanya pembangunan perumahan-perumahan baru di kedua kecamatan tersebut serta munculnya pusat keramaian baru. Pegawai Negeri. 4. Pegawai Negeri.000.500.ini. Masyarakat Urban disekitar lokasi proyek sedang mengalami .500. Kawasan ini sekarang berkembang lagi ke wilayah kecamatan lain disekitarnya yang berbatasan langsung yaitu kecamatan gondangrejo dan kecamatan kebakkramat di kabupaten Karanganyar.000/bulan adalah masyarakat yang memiliki usaha maju dan berkembang seperti pengepul barang-barang bekas. Hanya sebagian kecil yang memiliki penghasilan dibawah Rp.000/bulan dengan pekerjaan karyawan dan karyawati Swasta / BUMN. Dan yang memiliki pendapatan lebih dari Rp.000/bulan sampai Rp. Jumlahnya tidak lebih dari 8% dari masyarakat yang ada disekitar lokasi proyek. TNI dan Polri dan hampir 30% merupakan masyarakat pendatang yang tinggal menyewa rumah didaerah barat lokasi proyek. 4. TNI dan Polri. Kabupaten sukoharjo dan Kabupaten Sragen. Kontraktor perumahan. 1. karena disekitar lokasi proyek merupakan masyarakat urban yang dipengaruhi oleh pekerjaan masing-masing individu seperti karyawan dan karyawati Swasta / BUMN.Kondisi masyarakat c) Kondisi Ekonomi Sosial Kondisi Ekonomi masyarakat disekitar lokasi proyek adalah golongan masyarakat menengah dengan pendapat ratarata setiap bulanya antara Rp. dan Pedagang kain di pasarpasar dikota solo. d) Gaya Hidup Masyarakat Gaya hidup masyarakat di sekitar lokasi proyek beraneka ragam.

maka pertumbuhan pendudukpun juga ikut terdorong untuk meningkat jumlahnya.-an sampai Rp.000. Akan tetapi karakteristik masyarakat modern yang lebih bersikap individualisme sudah mulai masuk. 36/85. 250. dan dengan kisaran harga antara Rp.000.000. Kemudian Graga Estetika 1 & 2 yang menyediakan total 28 Unit dengan type rumah 36/75 dan 45/100 dan dengan harga antara Rp. karakteristik sosialisme masih ada dibenak masyarakat disekitar proyek. Dengan rata-rata unit rumah yang cepat terjual adalah rumah dengan type antara 30 sampai type 40.000.000.000.-.-an sampai Rp. 140. 160.170.000. dan 45/100. . Dan untuk penduduk asli disekitar proyek tersebut kebudayaan hidup sederhana masih kental. diantaranya Graha mandiri karanganyar yang menyediakan 24 Unit dengan type rumah 30/70.-an. e) Kondisi Pasar Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi disekitar kawasan Desa Palur.000.perpindahan gaya hidup tradisional kepada gaya hidup modern.145.-an data terakhir dari survei kami semua unit telah laku terjual. telah banyak juga pengembang yang mencoba memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Sampai Rp.000.000.000. Dan masih banyak lagi data survei kami yang menyebutkan mengenai kondisi pasar perumahan diwilayah palur. Disekitar lokasi proyek perencanaan perumahan permata village. dengan harga mulai Rp. Sebagian masyarakat sekitar juga sudah banyak yang terbiasa dengan kehidupan yang mewah-mewahan terutama dari kalangan pendatang dan wirausahawan. Hal inilah menjadikan kebutuhan akan tempat tinggal untuk masyarakat yang bekerja ataupun beraktifitas dikabupaten Sukoharjo dan sekitarnyapun menjadi meningkat.000. 170. data terakhir dari survei kami untuk type 36/75 yang total jumlahnya ada 15 Unit telah terjual atau sudah dipesan sebanyak 10 Unit.

Sebelah Selatan d. Sumber Dana . 4.f) Tujuan Sebagai putra daerah kabupaten Sukoharjo. Sebelah timur c. dan Jl. Perumahan Grand Village. Lokasi Proyek Proyek pembangunan perumahan permata village berada didesa klaruan Palur dengan kondisi sekitar lokasi sebagai berikut: a. Veteran (Sukoharjo-Palur) : Pemukiman Desa Jatimalang Palur : Pemukiman dan Kawasan Industri rumah tangga. Sebelah utara b. Sebelah Barat : Sekolah Dasar Negeri Palur : Pemukiman. kami ingin ikut serta dalam membangun dan meningkatkan perekonomian daerah serta turut mensukseskan program pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan kebutuhan Perumahan yang sehat dan layak huni di Kabupaten sukoharjo dan sekitarnya. 3.

Sumber dana proyek pengembangan perumahan permata village ini berasal dari investor baik perorangan ataupun badan keuangan atau bank. FOTO-FOTO LOKASI .

Gambar 1. Foto diambil dari sisi barat .

Foto diambil dari sisi .Gambar 2.

Akses Masuk dari Jl. Solo-Karanganyar .Gambar 4.

Hasil Survei Dari hasil survei yang telah kami lakukan selama beberapa hari di sekitar lokasi berdasarkan atas kesimpulan melihat masyarakat. 150. kondisi ekonomi sosial. nyaman. nyaman. Dimana kami termasuk pemain baru dalam hal pemenuhan kebutuhan perumahan di wilayah Palur. kondisi masyarakat. Dan juga salah satu strategi kami untuk memenangkan persaingan pasar yang sama kualitasnya.000.000. kondisi daerah. Maka masyarakat membutuhkan sarana tempat tinggal yang murah. kemudian dengan harga yang sesuai dengan kondisi pasar yaitu rumah tinggal dengan harga antara Rp.sampai Rp.000. 130. Keputusan Survei Dari hasil survei dan analisa kebutuhan dan dilihat jumlah pertumbuhan pembangunan ekonomi dan sosial disekitar lokasi. Pegawai Negeri. maka kami mengambil keputusan untuk membantu memenuhi kebutuhan akan adanya sarana rumah tinggal yang aman. asri dan sederhana yaitu antara type 30 sampai type 40. Kami menawarkan harga yang lebih murah dari hasil survei yang kami lakukan dipasar untuk kebutuh perumahan diwilayah palur karena.-. tanah yang kami miliki harganya lebih murah dengan lokasi yang sama-sama memiliki akses yang mudah untuk menuju atau dari pusat kota solo. B..000/m. asri. TNI dan Polri. 50. gaya hidup masyarakat. karanganyar dan sukoharjo dengan selisih harga Rp.BAB II HASIL SURVEI DAN ANALISA KEPUTUSAN A. dan aman di sekitar kawasan industri palur. .000.000/m sampai Rp 150. dan kondisi Pasar. Diharapkan keputusan kami sangatlah membantu masyarakat ataupun pemerintah untuk meningkatkan taraf kesejahteraan hidup yang lebih baik khususnya untuk masyarakat yang bekerja sebagai karyawan dan karyawati Swasta / BUMN.

Maksud dan Tujuan Dengan adanya pengembangan perumahan didesa palur dimaksudkan untuk: 1. dan umumnya seluruh lapisan masyarakat yang berminat.C. TNI dan Polri. yang berada disekitar Kabupaten Sukoharjo. . 2. 3. Membantu meningkatkan kesejahteraan dengan terpenuhinya salah satu kebutuhan hidup yaitu kebutuhan papan / kebutuhan tempat tinggal yang sehat dan layak huni. Membantu untuk memberikan kemudahan – kemudahan dalam upaya pemilikan rumah sebagaimana yang dimaksud di atas. Pemenuhan kebutuhan akan perumahan / kebutuhan papan khususnya untuk karyawan dan karyawati Swasta / BUMN. Pegawai Negeri.

Veteran . Jalan Masuk dari Jalan.Gambar 2.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.