P. 1
Kantin Sehat

Kantin Sehat

|Views: 45|Likes:
Published by Ivonne Veronika

More info:

Published by: Ivonne Veronika on Jan 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

Kantin adalah ruang tempat menjual minuman dan makanan (di sekolah, di kantor, di asrama, dsb): mereka makan siang

di -- sekolah Jakarta, Kantin sehat di sekolah sangat diperlukan agar anak-anak tidak jajan sembarangan jika tak membawa bekal dari rumah. Sayangnya, tak banyak kantin yang memenuhi syarat untuk disebut sebagai kantin sehat. Apa saja syaratnya? "Baru ada 20 kantin yang mendapatkan piagam bintang dari BPOM (kantin sehat) di seluruh Indonesia," jelas Drs Halim Nababan, MM, Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan BPOM, dalam acara Media Gathering di Kantor BPOM, Jakarta, Selasa (20/11/2012). Halim tidak menjelaskan secara rinci kantin mana saja yang mendapatkan gelar resmi 'kantin sehat', namun ia menyebutkan ke-20 kantin dengan piagam bintang tersebut ada di 7 provinsi, yaitu: 1. Jawa Tengah 3 kantin 2. DI Yogyakarta 2 kantin 3. Jambi 3 kantin 4. Nusa Tenggara Barat (NTB) 3 kantin 5. Kalimantan Selatan 2 kantin 6. Kalimantan Barat 4 kantin 7. Bengkulu 3 kantin Berikut beberapa syarat yang dituntut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum memberikan piagam bintang atau gelar kantin sehat, antara lain: 1. Tidak menjual jajan yang tidak memenuhi kualifikasi sehat, seperti yang mengandung zat berbahaya atau mikroba. 2. Higienis dan sanitasi Kantin harus bersih, bisa dilihat secara kasat mata. Bila si pemilik sudah batuk-batuk sebaiknya hati-hati. Peralatanan juga diperhatikan. Makanan yang matang dan mentah harus dipisahkan. Pisau harus bersih, setelah digunakan untuk makanan mentah dicuci terlebih dahalu. Lihat kondisi tempat sampah yang cukup bersih. 3. Tidak memberi keleluasaan pada anak untuk mengambil jajanan sendiri "Kalau anak boleh ambil sendiri, itu tangannya ada bermacam-macam yang pegang. Kalau es pun yang ada bungkusnya, kan yang pegang ada banyak tangan, terus bungkusnya akhirnya digigit juga. Ada banyak kumannya itu," lanjut Halim.

" tegas Halim. kan jadi banyak lalat. ." papar Halim. baik kualitas dagangan dan cara pengolahannya. kebanyakan kantin bahkan hanya menggunakan 1 ember air untuk mencuci piring seharian. 5. Ya tidak bisa dapat piagam.4. Botol saus atau kecap yang ditutup rapat "Kalau botol kecapnya tidak ditutup. "Ini jelas tidak sehat. Penjaga kantin harus tahu benar jajan dan produsen yang menitipkan barang dagangan di kantinnya. 6. Sangat sederhana tapi sangat berisiko untuk anak-anak. Ada wastafel atau tempat cuci tangan Jangankan tempat khusus untuk cuci tangan si pembeli.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->