P. 1
Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Rw

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Rw

|Views: 4,523|Likes:
Published by Leo Putra Gantar

More info:

Published by: Leo Putra Gantar on Jan 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2015

pdf

text

original

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS RW.014 PERUM.

MUSTIKA KARANG SATRIA TAMBUN UTARA MASA BAKTI TAHUN 2010 - 2013

Kata Pengantar Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, pengurus RW.O14 Perum Mustika Karang Satria masa bakti tahun 2010 – 2013 telah dapat menyusun laporan pertanggungjawaban. Laporan pertanggungjawaban pengurus RW.014 masa bakti tahun 2010 – 2013 ini berisi catatan – catatan dan informasi yang sangat ringkas, sesuai dengan motto kepungurusan RW.014, yaitu “ RW.014 bersatu “. Kami telah mencoba merangkul seluruh pengurus RT yang ada di lingkungan RW.014 agar bekerja atau memberi kebijakan kepada warganya berdasarkan keputusan bersama, baik yang diputuskan bersama pengurus RW.014, ataupun keputusan yang diambil dari RT masing – masing. Disamping itu, kami pun telah menghimbau agar seluruh warga di RW.014 bersatu padu dalam membangun daerahnya. Dengan berakhirnya masa bakti kepengurusan RW.014 masa bakti tahun 2010 – 2013, kami menyadari bahwa banyak sekali kekurangan di sana sini , banyak program – program kerja yang tidak terlaksana, itu semua karena keterbatasan kami. Untuk itu, kepada pengurus RW.014 terpilih, kami berharap agar dapat melakukan perbaikan – perbaikan di sana sini mudah – mudahan RW.014 lebih baik dari sekarang. Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu kami di dalam kepengurusan RW.014 masa bakti tahun 2010 – 2013, dan mohon maaf kepada warga RW.014 atas segala kekurangan kami. Semoga Allah SWT membalas segala usaha baik kita, Amin Ya Robbal Alamin. Bekasi, 23 Januari 2013 Ketua RW.014 Perumahan Mustika Karang Satria Masa Bakti Tahun 2010 – 2013

Tri Karyono

I. PENDAHULUAN. Setelah terpilihnya Ketua RW.014 Masa Bakti 2010 – 2013 pada tanggal 13 Januari 2010, kemudian Ketua RW.014 terpilih membentuk susunan pengurus RW.014 selengkapnya, dan mengajukan kepada Kepala Desa Karang Satria untuk disahkan. Susunan RW.014 Periode 2010 – 2013 berdasarkan SK Kepala Desa Karang Satria Tgl. ……………………………, No…………………………………………………… II. TUGAS DAN KEWAJIBAN Berdasarkan Peraturan Bupati No. 16 Thn. 2010 Bab IV Pasal 5, Tugas dan Kewajiban RT dan RW ditetapkan oleh forum masyarakat RT dan RW dengan berpedoman kepada upaya – upaya dalam rangka : 1. Memberikan pelayanan kepada penduduk setempat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 2. Menggerakkan swadaya dan kegotong royongan masyarakat. 3. Berpartisipasi dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat. 4. Berpartisipasi dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. 5. Berpartisipasi dalam meningkatkan kondisi ketentraman, ketertiban , kerukunan warga masyarakat. 6. Membantu menciptakan hubungan yang harmonis antar anggota masyarakat dan antara masyarakat dengan pemerintah daerah. 7. Menjaga hal – hal yang berkaitan dengan lingkungan. 8. Berpartisipasi dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik, ekonomi dan sosial yang biayainya bersumber dari swadaya masyarakat dan atau pemerintah daerah serta merpertanggungjawabkannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. III. KEGIATAN – KEGIATAN YANG TELAH DILAKUKAN. A. Seksi Pelayanan Masyarakat 1. Mendokumentasikan surat masuk dan surat keluar. 2. Melayani Permohonan surat – surat dari masyarakat. 3. Melayani perekaman E-KTP bekerja sama dengan Seksi Kependudukan Kecamatan.

B. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Seksi Pembangunan Lingkungan. Pengecatan dinding bagian dalam kantor sekretariat RW. Pembuatan plafon kantor sekretariat RW. Perbaikan saluran – saluran pembuangan air bekerja sama dengan seluruh anggota Polsek Tambun. Perbaikan jalan utama dengan menggunakan pasir besi. Pembelian keramik lantai untuk kantor sekretariat RW Pemlesteran dinding kantor sekretariat atas sumbangan dari Bp. H. Purnomo ( Warga RT.001/014 ) Pengecatan dinding bagian luar kantor secretariat atas sumbangan dari Bp. H. Sugeng ( Warga RT.001/004 ).

C. Seksi Olah Raga dan Kepemudaan 1. Mengadakan pertandingan – pertandingan olah raga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI dan memperebutkan Piala RW.014. 2. Mengadakan pertandingan catur dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. 3. Membuat posko dan menyalurkan bantuan untuk musibah banjir di Karawang bekerja sama dengan Gugus Ranting Pramuka Kota Bekasi. D. 1. 2. 3. 4. 5. Seksi Kesejahteraan Sosial Menyelenggarakan kegiatan ibu –ibu PKK. Menyelenggarakan kegiatan posyandu. Menyelenggarakan kegiatan PAUD. Menyelenggarakan kegiatan arisan ibu – ibu PKK. Menyelenggarakan Rukun Kematian ( Rukem ).

E. Seksi Kebersihan, Ketertiban dan Keamanan 1. Membubarkan petugas keamanan dan menyerahkan langsung pengamanan wilayahnya kepada masing – masing RT karena tenaga yang ada tidak optimal dan tidak mencukupi untuk mengcover seluruh wilayah RW.014 yang berjumlah 21 RT. 2. Menyerahkan sepenuhnya kepada masing – masing RT untuk mengurusi pengangkutan sampahnya dikarenakan adanya keberagamanan petugas kebersihan/pengangkutan sampah yang ada di wilayah RW.014. 3. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan HUT POKDAR Polsek Metro Tambun. 4. Menyelenggarakan kerja bakti bersama anggota se Polsek Metro Tambun dan memfasilitasi kegiatan apel bersama anggota Bimaspol se Polsek Metro Tambun. F. Bantuan – bantuan Program Pemerintah Desa Mengkoordinir, mengumpulkan dan menyalurkan bingkisan dari Kepala Desa untuk anak – anak yatim piatu yang ada di wilayah RW.014. G. Barang Inventaris RW.014 Selama kepengurusan kami sudah mengupayakan pengadaan kursi dan alat pecah belah sebagai mana terlampir laporan kegiatan ibu – ibu PKK RW.014, selain itu ada bendera merah putih kecil dan besar serta umbul – umbul. H. Keuangan Guna menunjang program dan aktivitas kepengurusan RW.014, keuangan pengurus RW selama ini diperoleh dari : 1. Sumbangan swadaya masyarakat. 2. Bekerjasama dengan pihak pasar malam. I. Permasalah Selama saya menjabat sebagai ketua RW.014 pada kurun waktu 2010 – 2013 merupakan problem yang sangat berat yang saya emban di mana banyak terjadi konflik – konflik yang terjadi di lingkungan, di institusi keagamaan, di rumah tangga dan lain – lain yang notabene juga merupakan problem pengurus RT. Serta saya menghaturkan permohonan maaf karena sampai saat sekarang ini masih terjadi beberapa kali kehilangan – kehilangan baik yang terjadi di siang hari maupun malam hari.Oleh karena itu pada kesempatan ini untuk kedepannya siapapun yang menjabat sebagai pengurus RW.014 masalah keamanan dapat kita atasi bersama.

IV. PENUTUP Demikian laporan pertanggungjawaban pengurus RW.014 masa bakti Tahun 2010 – 2013 yang dapat kami sampaikan, walaupun belum sepenuhnya program - program kerja dapat dilaksanakan dan masih banyak kekurangan – kekurangan yang perlu mendapat perhatian. Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sedalam – dalamnya kepada : 1. Yth. Bapak Camat Tambun Utara. 2. Yth.Bapak Kapolsek Metro Tambun beserta jajarannya. 3. Yth. Bapak Kepala Desa Karang Satria. 4. Yth.Bapak BPD desa karang Satria. 5. Yth. Pengurus RT/RW. 6. Yth. Pengurus PKK, Posyandu, PAUD. 7. Yth. Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Warga RW.014.Yang telah mambantu kami, sehingga terlaksananya program kegiatan di kepengurusan RW.014 masa bakti Tahun 2010 – 2013. Tentunya sebagai manusia biasa tidak luput dari segala kekurangan dan kesalahan dalam mengemban tugas dan tanggung jawab, untuk itu kami memohon maaf yang sebesar – besarnya.

Bekasi, 23 Januari 2013 Ketua RW.014 Perumahan Mustika Karang Satria Masa Bakti Tahun 2010 – 2013

Tri Karyono

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->