P. 1
Struktur Tower

Struktur Tower

|Views: 34|Likes:
Published by Robert Hendrix Jr.

More info:

Published by: Robert Hendrix Jr. on Jan 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

Struktur Tower

Pada pondasi footing untuk struktur tower selain bekerja gaya aksial tekan, lateral dan momen, pondasi juga menerima gaya aksial tarik. Sehingga pondasi footing tower akan membutuhkan berat tanah dan pondasi yang cukup besar untuk menahan gaya keatas (uplift).

Gambar 1. Struktur Truss Tower. Pada prinsipnya pekerjaan pondasi plat setempat (individual spread footing) untuk struktur tower sebenarnya sama prosesnya dengan pekerjaan pondasi untuk rumah berlantai 2 seperti gambar berikut ini,

Gambar 2. Pekerjaan dimulai dengan proses peninjauan lapangan guna mendapatkan informasi tentang daerah yang akan dibangun tower dan sekitarnya yang mungkin terpengaruh.

Gambar 3. Penyelidikan tanah di lapangan yang dilakukan adalah sondir

grain size analysis. Untuk tower dengan ketinggian 70 m. Gambar 4. Gambar 5.145 m dengan lebar footing 1. . Setelah proses desain pondasi maka pekerjaan dilakukan dengan proses penggalian pondasi sedalam lebih kurang 3 m sesuai dengan hasil perhitungan desain. liquid and plastic limit test dan uji geser langsung (direct shear) di lab.5 m. Tebal plat footing antara 0. Sample tanah digunakan untuk pengujian soil test. Lantai kerja terbuat dari campuran pc:pasir=1:3 setebal 5 cm.0 m.3-0.(CPT) dan boring.9-3. jarak antar footing 7.

Sebelum proses pengecoran.2 cm dengan panjang penyaluran angkur 1.5-0. Ukuran kolom bujursangkar adalah 0. Persiapan pengecoran plat pondasi. Sedangkan pekerjaan pembesian dan pengecoran membutuhkan waktu 6 hari. .5 m.Total waktu pekerjaan penyelidikan tanah.65 m dengan angkur menggunakan baja dia. desain pondasi dan penggalian adalah 10 hari. tie beam dan kolom dengan mutu beton k-225. struktur truss dari tower telah dipasang pada bagian base-nya (baja profil L warna hijau).Gambar 6. 2. Gambar 7.5-3. Tie beam berukuran 25/40.

Gambar 9. Untuk daerah yang sulit digunakan alat bantu concrete pump. Pengawasan pelaksanaan pengecoran. Gambar 10.Gambar 8. . Pengecoran menggunakan beton ready mix.

biasanya juga digunakan pondasi mat footing (raft) untuk jenis tanah yang terlalu keras maupun lunak. Gambar 13. Gambar 12.Gambar 11. Pembuatan sample kubus beton untuk uji kuat tekan dan slump test. Ukuran mat bujursangkar yang digunakan dapat mencapai lebar 8.- . Setelah pekerjaan struktur bawah selesai maka dilanjutkan dengan pekerjaan pemasangan struktur truss selama lebih kurang 2 minggu dan penyelesaian akhir hingga total waktu pelaksanaan proyek tower adalah 45 hari.Selain bentuk plat setempat.9 meter. Pekerjaan pemasangan struktur truss tower. Penyelesaian akhir dari proyek tower.

< Prev Next > [ Back ] .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->