JOB SHEET

Topik Keterampilan Mata Kuliah Waktu Pertemuan Dosen : Melakukan perawatan jenazah : Keterampilan Dasar Kebidanan I : 30 Menit : Nur Toyyibah, Amd.Keb

I. REFERENSI 1. Kusmiyati, Yuni. 2009. Penuntun Belajar Keterampilan Dasar Praktik Klinik. Yogyakarta : Fitramaya 2. Hidayat, Alimul Aziz. 2008. Keterampilan Praktik Klinik Untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika 3. Prawirohardjo, Sarwono. 2002. Ilmu Kebidanan. Jakarta YBPSP

II. OBJEKTIF PERILAKU SISWA Setelah membaca dan berlatih setiap langkah yang terdapat dalam acara praktikum dan dengan menggunakan alat, bahan dan perlengkapan yang terdapat di laboratorium, mahasiswa mampu : 1. Menyiapkan alat, bahan dan perlengkapan secara lengkap praktikum 2. Melakukan teknik merawat jenazah secara berurutan sesuai dengan langkah-langkah atau prosedur daftar tilik dan acara praktikum. sesuai dengan acara

III. DESKRIPSI SINGKAT Melakukan perawatan jenazah adalah perawatan yang dilakukan untuk merawat klien yang sudah dalam keadaan meninggal dunia. IV. PETUNJUK 1. Siapkan alat dan bahan praktik perawatan jenazah secara lengkap sebelum tindakan dimulai 2. Baca dan pelajari lembar kerja yang tersedia

Perban / kassa gulung b. Kartu identitas pasien j. Celemek c. Ember tertutup q. Baskom g. PERALATAN DAN PERLENGKAPAN  Peralatan : a. Tanyakan pada instruktur bila terdapat hal-hal yang kurang di mengerti V. Kantong plastik kecil (tempat perhiasan k. Ikuti petunjuk instruktur 4. Kapas berminyak (baby oil) dalam kom n. Pastikan tempat yang digunakan aman VI. Kain i. KESELAMATAN KERJA 1. Bengkok p. Gunting perban e. 4. Sisir . Waslap h. letakkan peralatan pada tempat yang terjangkau/ergonomis 3. Lakukan praktik perawatan jenazah secara berurutan dan tepat. Baskom larutan klorin o. Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya. Sarung tangan d. Terapkan prinsip pencegahan infeksi yaitu diantaranya melepaskan semua perhiasan 2. Kapas lembab dalam kom l. Bengkok f. Kassa lipat kering dalam kom m.3.

VII. PELAKSANAAN NO. 4 Lepaskan perhiasan dan bendabenda berharga yang lain masukkan ke kentong plastik kecil dan berikan kepada keluarga pasien Key Point : Lakukan secara perlahan .Gunakan sabun dan air mengalir hingga kesela-sela jari. 1 KETERAMPILAN Beritahukan kepada keluarga pasien ILUSTRASI Key Point : Lakukan secara sopan dan santun 2 Persiapkan alat dan dekatkan ke jenazah Key Point : Lakukan mulai dari bagian kepala 3 Cuci tangan Key Point : Lepaskan semua perhiasan termasuk jam tangan.kemudian keringkan dengan handuk kering.

kateter.5 Lepaskan peralatan invasif (selang. kemudian tutup dengan kassa lembab Key Point : Lakukan secara perlahan 7 Bersihkan bagian hidung dengan kassa. dll) Key Point : Lakukan secara perlahan 6 Bersihkan mata pasien dengan kassa. dan ditutup dengan kapas berminyak Key Point: Lakukan secara perlahan 8 Bersihkan bagian telinga dengan kassa. NGT tube. dan ditutup dengan kapas berminyak Key point: Lakukan secara perlahan .

9 Bersihkan bagian mulut dengan kassa Key Point: Lakukan secara perlahan 10 Rapikan rambut jenazah dengan disisir Key point: Sisir dengan rapi 11 Ikat kepala dari bawah dagu sampai atas kepala dengan perban gulung Key point: Pastikan mulut tidak terbuka 12 Turunkan selimut sampai bawah kaki. buka pakian bagian atas jenazah dan taruh dalam ember Key point: Lakukan sesuai prosedur 13 Lipat tangan dan ikat pada pergelangan tangan dengan perban gulung Key point : Satukan pergelangan .

lipat stik laken dan taruh dalam ember Key point: Dimulai dari bagian kepala . taruh dalam ember Key point: Taruh didalam ember dengan benar 15 Bersihkan genitalia dengan kassa kering dan waslap Key point: Lakukan sesuai prosedur 16 Bersihkan bagian anus dengan cara miringkan jenazah ke kiri dengan meminta bantuan keluarga Key point : Meminta kepada keluarga dengan penuh sopan 17 Masukkan kassa berminyak ke dalam anus jenazah Key point: Dengan perlahan 18 Lepas stik dan perlak bersamaan dengan membentangkan kain.14 Buka pakian bawah.

19 Kembalikan pasien ke posisi semula Key point: Lakukan secara perlahan 20 Ikat kaki ke bagian lutut. pergelangan kaki dan jari-jari jempol dengan menggunakan perban gulung Key point: Ikat secara perlahan dan terurut 21 Ikatkan identitas jenazah pada jempol kaki Key point: Identitas ditulis sesuai keterangan di rekam medik .

22 Buka boven laken bersamaan dengan pemasangan kain Key point: Membentangkan kain secara menyeluruh 23 Jenazah dirapikan dan dipindahkan ke brangkart Key point: Pindahkan jenazah dengan bantuan keluarga 24 Alat-alat tenun dilepas dan dimasukkan ke dalam ember serta melipat kasur Key point: semua alat dalam keadaan rapi 25 Rapikan alat Key point: Kembalikan sesuai tempatnya 26 Lepas sarung tangan dan buka celemek Key point : Rendam sarung tangan dalam larutan klorin 0.5% selama 10 menit untuk dekontaminasi .

27 Cuci tangan Key point: Gunakan sabun dan air mengalir hingga kesela-sela jari. EVALUASI 1.kemudian keringkan dengan handuk kering VIII. Aturan keselamatan kerja diikuti pada saat melakukan praktik perawatan jenazah 3. APLIKASI Perwakilan mahasiswa (2-5 orang) mempraktikan cara melakukan perawatan jenazah sesuai dengan prosedur pada acara praktikum IX. Persiapan alat dilakukan dengan benar tanpa ada alat yang tertinggal . Seluruh langkah kerja dilakukan dengan urutan yang benar 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful