P. 1
sejarah mikrobiologi

sejarah mikrobiologi

|Views: 94|Likes:
Published by Nay Finanda
asal mula mikroba
asal mula mikroba

More info:

Published by: Nay Finanda on Jan 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2013

pdf

text

original

BAB I SEJARAH MIKROBIOLOGI

Agnescia Clarissa Sera, S.Gz
Mikrobiologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu micros (kecil), bios (hidup) dan logos (ilmu) sehingga dapat dikatakan bahwa mikrobiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari makhluk hidup yang sangat kecil (diameter kurang dari 0,1 mm). Makhluk hidup ini tidak dapat dilihat dengan mata biasa melainkan harus menggunakan suatu peralatan khusus, dalam hal ini mikroskop. Mikrobiologi meliputi berbagai disiplin ilmu, yaitu bakteriologi, virology, imunologi, mikologi, dan parasitologi. Ilmu ini terus berkembang tanpa henti karena mikroorganisme sebagai makhluk hidup mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru.

A. Teori Abiogenesis
Adalah seorang filsuf Yunani bernama Aristoteles (384-322 SM) yang mencetuskan teori abiogenesis. Ia berpendapat bahwa makhluk hidup tercipta dari benda tak hidup yang berlangsung secara spontan (generatio

spontanea). Sebagai contoh, cacing tercipta dari tanah dan
ikan dari lumpur. Teori ini dianut oleh banyak orang selama beberapa abad hingga pertengahan abad ke-17.

Figure 1 Aristoteles

B. Teori Biogenesis
Teori ini bertentangan dengan teori abiogenesis, karena menganggap bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup yang sudah ada sebelumnya. Tokoh terkenal pendukung teori ini adalah Francesco Redi (1626-1697), Lazzaro Spallanzani (1729-1799) dan Fransis Louis Pasteur (1822-1895). Francesco Redi adalah orang pertama yang membantah teori abiogenesis dengan melakukan percobaan percobaan dengan menggunakan bahan daging segar yang ditempatkan dalam tiga labu dan diberi perlakuan yang berbeda. Labu pertama dibiarkan terbuka, labu kedua ditutup dengan kain kasa dan labu ketiga ditutup rapat.

1|Page
Materi Ajar Mikrobiologi – Agnescia Clarissa Sera, S.Gz

Gz . Labu ketiga tidak terdapat belatung karena tertutup rapat sehingga lalat tidak bisa masuk. Setelah dingin. Perlakuan pertama kaldu dimasukkan ke dalam labu. Menurut Redi belatung yang terdapat pada daging berasal dari telur lalat. daging pada labu kedua busuk dan terdapat sedikit belatung. S. Sayangnya. Hal ini disebabkan karena Redi tidak melakukan sterilisasi daging pada desain percobaannya. sedangkan daging pada labu kedua tidak busuk dan tidak terdapat belatung. kaldu dimasukkan ke dalam labu. kemudian labu dipanaskan dan dibiarkan terbuka. lalu labu ditutup dengan gabus yang disegel lilin. Beberapa hari kemudian hasilnya yaitu pada labu Figure 4 Lazzaro Spallanzani 2|Page Materi Ajar Mikrobiologi – Agnescia Clarissa Sera. meskipun tertutup rapat.Ketiga labu ini kemudian didiamkan beberapa hari dan setelah diamati. ternyata pada labu tersebut bisa muncul belatung. Figure 2 Francesco Redi Figure 3 Eksperimen Redi Lazzaro Spallanzani juga melakukan percobaan untuk membantah teori abiogenesis. kemudian dipanaskan. Perlakuan kedua. kedua labu diletakkan di tempat yang sama. tetapi ia menggunakan bahan kaldu dan menggunakan dua jenis perlakuan. daging pada labu pertama busuk dan terdapat banyak belatung.

pertama. Figure 6 Anthony van Leeuwenhoek 3|Page Materi Ajar Mikrobiologi – Agnescia Clarissa Sera. Belanda. sehingga tidak memungkinkan munculnya makhluk hidup (mikroba). labu yang tertutup menyebabkan gaya hidup (elan vital) dari udara tidak dapat masuk. mikroba yang tumbuh dan menyebabkan busuknya kaldu berasal dari mikroba yang berada di udara. namun ia adalah seorang wine terster di kota Delf. Air hujan. Anthony van Leeuwenhoek (1632-1723) Anthony van Leeuwenhoek sebenarnya bukanlah seorang ilmuwan. air sungai hingga feses biasa ia amati untuk melihat benda-benda kecil bergerak di dalamnya. yang memiliki hobby mengamati bendabenda di sekitarnya dengan sebuah mikroskop sederhana. Beberapa Ilmuwan yang Berperan dalam Perkembangan Mikrobiologi 1. air ludah. Ia menyebut benda-benda kecil tersebut animalcule. Figure 5 Eksperimen Spallanzani C.Gz . Pendukung paham abiogenesis keberatan dengan desain percobaan Spallanzani karena menurut anggapan mereka. kaldu berubah busuk dan keruh karena banyak mengandung mikroba sedangkan labu kedua tetap jernih dan tidak mengandung mikroba. S. Menurut Spallanzani.

salah satunya mengenai bakteri yang berbentuk batang. Setelah itu. yang saat ini telah dikenal sebagai protozoa. ia pun menulis beberapa surat dan melaporkan Figure 7 Mikroskop Anthony van Leeuwenhoek di lempengan perak sehingga mikroskop tersebut dapat memperbesar objek 200- hasil pengamatannya. Mikrobiologi tidak berkembang hingga perdebatan tersebut diselesaikan 100 tahun kemudian melalui berbagai penelitian sederhana yang dilakukan oleh ilmuwan lain yang akhirnya mematahkan teori abiogenesis dan mendukung teori biogenesis. Hal ini terjadi karena mikroba dalam udara mengendap pada bagian tabung yang berbentuk U sehingga tidak mencapai kaldu. Berdasarkan temuan Anthony. Udara dapat dengan bebas melewati leher angsa tersebut. dan spiral. Dalam suratnya. suatu lembaga ilmiah terkemuka di zaman itu. kokus. Ia menyimpulkan semakin bersih udara. S. ia menggambarkan adanya hewan yang sangat kecil.Ia melakukan berbagai eksperimen dengan pencatatan yang cukup akurat sehingga karena keingintahuannya ia pun mendesain mikroskopnya sendiri dengan menumpuk lebih banyak lensa dan memasangnya 300 kali. Kemudian ia melakukan percobaan kedua yang sama dengan percobaan sebelumnya hanya saja kali ini ia menggunakan labu dengan pipa leher angsa berbentuk U.Gz . Hasil penemuannya tentang animalcules ini kemudian menjadi perdebatan mengenai asal animalcules tersebut. namun pihak lain bersikeras menyatakan bahwa animalcules tersebut berasal dari proses benda mati (teori abiogenesis /generatio spontanea). kaldu tersebut menjadi keruh. Ternyata setelah beberapa lama didiamkan. Fransis Louis Pasteur (1822-1895) Pasteur adalah seorang ahli kimia yang tertarik di bidang mikrobiologi. 4|Page Materi Ajar Mikrobiologi – Agnescia Clarissa Sera. sekelompok pihak menyetujui bahwa animalcules berasal dari animalcules sebelumnya seperti organism tingkat tinggi (teori biogenesis). 2. Hasil pengamatannya kemudian dikirimkan ke British Royal Society. semakin sedikit kontaminasi yang terjadi akibat mikroorganisme yang terkandung dalam udara tersebut. namun kaldu tetap jernih. Ia melakukan percobaan dengan memanaskan kaldu dalam suatu labu dengan tujuan mematikan jasadjasad renik yang terdapat di dalamnya.

Setelah dingin. Hasilnya menunjukkan bahwa anggur hasil inokulasi tersebut memiliki kualitas yang baik dan tidak mengalami perubahan aroma selama disimpan jika sebelumnya dipanaskan terlebih dahulu selama beberapa menit pada suhu 50–60° C. Salah satu alasan Pasteur menentang teori generatio spontanea adalah karena keyakinannya bahwa produk fermentasi anggur berasal dari mikroorganisme tertentu. 5|Page Materi Ajar Mikrobiologi – Agnescia Clarissa Sera.Figure 9 Fransis Louis Pasteur Figure 8 Pasteur dan labunya Pasteur berpendapat bahwa mikroba-mikroba dalam udara inilah yang menyebabkan pembusukan sampah.Gz . Ia memanaskan sari buah anggur untuk mematikan mikroba di dalamnya. Ia menemukan bahwa terdapat perbedaan mikroorganisme dalam kedua jenis anggur tersebut. Lister menggunakan desinfektan yang dapat mematikan mikroba di udara. sehingga angka kematian karena infeksi sesudah operasi pun menurun. ke dalam sari buah tersebut diinokulasi dengan anggur yang berkualitas baik yang mengandung mikroorganisme yang diinginkan. S. Proses pemanasan ini dikenal dengan pasteurisasi yang kemudian digunakan secara luas di bidang industri makanan. Selanjutnya Pasteur memfokuskan penelitiannya terhadap fermentasi anggur. Kebenaran teori Pasteur ini dibuktikan oleh seorang ahli bedah berdama Lister yang melakukan tindakan aseptic saat pembedahan. makanan dan minuman. Ia mengatakan bahwa mikroba tersebut mungkin membahayakan manusia. Dia menyimpulkan bahwa pemilihan mikroorganisme yang sesuai akan menghasilkan anggur dengan kualitas bagus. Ia pun memulai penelitiannya dengan membedakan antara anggur yang baik dan anggur yang kurang baik.

Pasteur juga menunjukkan kepada petani ulat sutera bagaimana cara menghilangkan penyakit dengan cara memilih ulat sutera yang bebas penyakit untuk diternakkan. Kriteria ini dikenal dengan postulat Koch yaitu: 1. 3. Setelah mengetahui bahwa spora yang dihasilkan bakteri dapat bertahan hidup selama berbulanbulan di daerah peternakan. Dia menghabiskan waktu 6 tahun untuk membuktikan bahwa mikroorganisme yang disebut dengan protozoa dapat menyebabkan penyakit. Pada tahun 1880. Mikroorganisme tertentu selalu ditemukan berasosiasi dengan penyakit yang ditimbulkan 2. Koch menemukan bakteri anthrax dalam darah ternak yang mati. Mikroorganisme tersebut dapat diisolasi kembali dari hewan yang telah terinfeksi tersebut 6|Page Materi Ajar Mikrobiologi – Agnescia Clarissa Sera.Setelah sukses dengan fermentasinya. Robert Koch (1843-1910) Sezaman dengan Pasteur. setelah meneliti selama 6 tahun Koch mengumumkan bahwa dia telah menemukan bakteri penyebab anthrax. Mikroorganisme dapat diisolasi dan ditumbuhkan sebagai biakan murni di laboratorium 3.Gz . Biakan murni tersebut bila diinjeksikan pada hewan yang sesuai dapat menimbulkan penyakit 4. Dalam penelitiannya. Koch memanfaatkan kemajuan metoda laboratorium dan menentukan kriteria yang diperlukan untuk membuktikan bahwa mikroba spesifik merupakan penyebab penyakit tertentu. dibakar atau dikubur dalam-dalam. Robert Koch melakukan penelitian terhadap kuman anthrax yang menyerang ternak sapi dan domba di Eropa. Pada 1876. ia berhasil tersebut membuktikan bahwa bakteri tersebut dalam bentuk biakan murni kemudian penyebab anthrax dengan cara memisahkan bakteri menginjeksikannya ke dalam tikus yang sehat. Selanjutnya tikus menunjukkan perkembangan menuju anthrax dan bakteri yang diisolasi dari tikus Figure 10 Robert Koch menunjukkan kesamaan bakteri yang berasal dari domba yang sakit sebelumnya. S. Pasteur diminta untuk meneliti penyakit ulat sutra yang merugikan industri di Perancis. ia menyarankan agar ternak sakit segera dibunuh. seorang dokter Jerman.

Adanya kriteria tersebut menjadi jalan ditemukannya berbagai bakteri penyebab berbagai penyakit dalam waktu yang cukup singkat (kurang dari 30 tahun). Pengembangan insulin dari hasil rekayasa bakteri. Penemuan virus. ___. Pembuatan produk makanan fermentasi yang memanfaatkan mikroorganisme. Ekstrak tersebut disaring dengan filter yang ditemukan oleh kawan-kawan Pasteur dimana filter tersebut diketahui dapat menyaring bakteri. Daftar Pustaka Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.Gz . seperti vaksin anthrax. antibiotic kemoterapi. Sebagai contoh. pada tahun 1892. seorang ahli bedah bernama Walter Reed (1851-1902) menggunakan manusia sebagai volunteer untuk membuktikan bahwa virus tersebut dibawa oleh nyamuk tertentu lainnya membawa protozoa penyebab malaria.google. diakses tanggal 26 September 2012 pukul 19. Mikrobiologi Umum.ac. tempe.pdf&ei=TRJjUO1G4_trQeA94GwAw&usg=AFQjCNHQF59BdsOvV_xxmYZgryZXOjDuvA. Kegunaan Mikrobiologi dalam Berbagai Aspek Kehidupan Perkembangan mikrobiologi saat ini tentu saja memberi dampak yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Pembersihan cemaran minyak alam di laut dengan menggunakan mikroorganisme tertentu. 4. Salah satu cara penting untuk mencegah penyakit tersebut adalah menguras air tergenang yang digunakan nyamuk untuk tempat berkembang biak. S. Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa agen tersebut mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dari bakteri. http://www. antara lain 1. Dimitri Ivanovski menunjukkan bahwa agen yang menyebabkan penyakit mosaik pada tembakau dapat ditularkan melalui ekstrak tanaman yang sakit.usu. Pada tahun 1900. Universitas Sumatera Utara.co. 2012. Buku Ajar Mikrobiologi Kedokteran Edisi Revisi. 2.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&ved=0CC0QFjA C&url=http%3A%2F%2Fusupress. Beberapa contoh yang dapat kita lihat. Jakarta: Binarupa Aksara Publisher. yoghurt. D. tape. Pengembangan obat-obatan antibiotic dan vaksin untuk mencegah berbagai macam penyakit. nata. adanya bakteri yang dapat menimbulkan berbagai penyakit serta adanya penyakit tertentu yang ditimbulkan oleh lebih dari satu mikroorganisme merupakan dampak dari postulat Koch. Contoh lain. 3. vaksin rabies. yaitu ditemukannya Yellow fever yang merupakan penyakit pertama pada manusia yang diketahui disebabkan oleh virus.05 WIB. Minasari dan Lista Unita Rasyid.id%2Ffiles%2FMikrobiologi%2520Umum_Final_Minasar i%2520%26%2520Lista%2520Unita%2520Rasyid_bab%25201. contoh anggur. 7|Page Materi Ajar Mikrobiologi – Agnescia Clarissa Sera.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->