P. 1
Konsep dasar Sosiologi

Konsep dasar Sosiologi

|Views: 147|Likes:
Published by Yahya Ramadoni
Konsep dasar sosiologi kelas X semester 1
Konsep dasar sosiologi kelas X semester 1

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Yahya Ramadoni on Jan 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/28/2015

pdf

text

original

“KONSEP DASAR SOSIOLOGI”

X

Kelompok 2
Alfiera Ismia Fannony Binuri Ayu Dwiarni Devi ‘Ainaul Mardliyah Dito Hafizh I Fauzan Adji Nugroho Ian Visensa Attamawi Maghfirah Bungas Yahya Ramadoni (04) (09) (10) (12) (15) (17) (22) (32)

13. 4. 3. 9. 2. 8. 6. 7. 11. 10. X 5.Konsep dasar sosiologi 1. Masyarakat Kebudayaan Interaksi sosial Sosialisasi Kebutuhan hidup Nilai dan norma Kepribadian Perilaku menyimpang Pengendalian sosial Struktur sosial Mobilitas sosial Pranata sosial Perubahan sosial . 12.

Masyarakat X Masyarakat merupakan kumpulan orang yang hidup di suatu wilayah tertentu dan membina kehidupan bersama dalam berbagai aspek kehidupan atas dasar norma sosial tertentu. .

. sosial budaya. latar belakang pendidikan. Adanya hubungan timbal balik yang secara otomatis terjadi dalam setiap masyarakat tanpa henti-hentinya dan meliputi berbagai aspek kehidupan seperti dalam bidang ideologi. politik. dan latar belakang sosial ekonomi. pertahanan dan keamanan. jenis kelamin.a) X b) Unsur-unsur pokok masyarakat yaitu: Adanya individu-individu yang cenderung bersifat heterogen dalam berbagai hal seperti usia. ekonomi.

.c) X d) Adanya daerah dengan batas-batas tertentu yang merupakan wadah tempat berlangsungnya suatu tata kehidupan bersama. Adanya sistem norma tertentu yang berfungsi sebagai pedoman dalam sistem tata kelakuan dan hubungan warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

Sifat hakikat itu sebagai berikut: .Kebudayaan X Kebudayaan merupakan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal. Setiap kebudayaan memiliki sifat hakikat yang berlaku umum bagi seluruh kebudayaan yang ada di muka bumi.

1) 2) X 3) 4) Kebudayaan terwujud dan tersalurkan melalui perilaku manusia Kebudayaan telah ada sebelum lahirnya suatu generasi tertentu dan tidak akan mati dengan habisnya generasi yang bersangkutan Kebudayaan diperlukan oleh manusia dan di wujudkan dalam tingkah lakunya Kebudayaan meliputi aturan-aturan yang berisikan kewajiban-kewajiban dan tindakan-tindakan. . serta tindakantindakan yang dilarang maupun yang diizinkan. baik yang diterima maupun ditolak.

Dalam satu interaksi sosial terdapat 4 sub komponen yang dapat terwujudnya suatu interaksi sosial yaitu: . antara kelompok individu dan kelompok individu yang lain.Interaksi Sosial X Interaksi sosial merupakan hubungan dan pengaruh timbal balik antara individu dan individu. antara individu dan kelompok individu.

Aktivitas aksi yaitu aktivitas permulaan yang menjadi penyebab munculnya interaksi sosial. Tanggapan (respon) yaitu aktivitas tanggapan yang muncul karena adanya stimulan.a) X b) c) d) Rangsangan (stimulan) yaitu suatu rangsangan yang mendorong pada seseorang untuk memberikan respon atau tanggapan. Aktivitas reaksi yaitu suatu aktivitas tanggapan yang muncul adanya aksi dari pihak pertama. baik stimulan yang pasif maupun yang aktif. .

dan norma-norma yang akan membekali individu tersebut dalam proses pergaulan. Melalui proses sosialisasi.seorang individu akan memperoleh pengetahuan-pengetahuan. nilai-nilai. .Sosialisasi X Sosialisasi merupakan suatu proses pergaulan seorang terhadap banyak orang di dalam masyarakat. Proses sosialisasi seorang individu berlangsung sejak lahir hingga akhir hayatnya.

.X Dengan demikian. seorang individu dapat berhasil dalam setiap usahanya di tengah-tengahmasyarakat sekaligus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial dan lingkungan budaya pada masyarakat tersebut.

Kebutuhan Hidup X  Kebutuhan hidup merupakan suatu perwujudan dari manusia sebagai makhluk hidup. dan makhluk yang memiliki akal budi. . makhluk sosial.

c) Kebutuhan integratif yaitu kebutuhan kejiwaan manusia.X Kebutuhan terdiri atas tiga macam yaitu: a) Kebutuhan mendasar yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi dan apabila tidak dipenuhi maka kelangsungan hidupnyua akan terganggu. b) Kebutuhan sosial yaitu kebutuhan manusia untuk bersama-sama dengan manusia yang lain. .

Nilai dan Norma X Nilai merupakan sesuatu yang dianggap baik dan benar suatu kelompok masyarakat yang merupakan sesuatu yang diidam-idamkan. Norma merupakan perwujudan konkrit dari nilai-nilai sosial. .

Kepribadian X Kepribadian merupakan gambaran umum dari perilaku individu yang sangat khas dan dapat terlihat dari perilakuperilaku sehari-hari. .

X Adapun wujud dari kepribadian antara lain: a) Perangai b) Sikap atau perilaku c) Tutur kata d) Persepsi e) Kegemaran f) Keimanan dan ketakwaan g) Tanggung jawab h) Prakarsa .

Perilaku Menyimpang X Perilaku menyimpang merupakan bentuk-bentuk perilaku warga masyarakat yang tidak sesuai dengan norma dan nilai yang ada dalam masyarakat tersebut. .

d) Tidak berhasilnya proses pewarisan budaya dari generasi tua kepada generasi muda. b) Lemahnya penegak hukum dalam melakukan tindakan penegakan hukum. c) Adanya peperangan atau pun situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang memburuk.X Adapun sumber dari perilaku mnyimpang yaitu: a) Memburuknya situasi sosial budaya masyarakat. seperti adanya resesi dan depresi ekonomi. .

.Pengendalian Sosial X  Pengendalian sosial adalah semua usaha yang dilakukan oleh warga masyarakat agar warga dapat berperilaku sesuai norma dan nilai yang ada dalam masyarakat.

.Struktur Sosial X  Struktur sosial merupakan cara suatu masyarakat mengorganisasikan diri dalam hubungan-hubungan yang dapat diprediksikan melalui pola prilaku secara berulang ulang yang dilakukan antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat.

.Mobilitas Sosial X  Mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan seseorang atupun sekelompok orang dari status sosial menuju status sosial yang lain.

X Secara umum terdapat tiga jenis mobilitas sosial yaitu :  Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan status sosial yang dialami oleh seseorang/sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama  Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan status sosial seseorang/sekelompok orang dalam lapisan yang berbeda  Mobilitas antargenerasi adalah perbedaan status sosial antara anak dengan orang tua.ditandai dengan adanya perkembangan taraf hidup dalam satu garis keturunan .

Pranata Sosial X  Pranata sosial merupakan sistem norma yang mengatur segala tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dalam hidup bermasyarakat .

Perubahan Sosial X Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosial baik dalam hal nilai. sikap sikap. maupun pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat .

X .

X .

X .

X Terima kasih atas perhatiannya .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->