P. 1
Makalah TI

Makalah TI

|Views: 11|Likes:
Published by Yanuar Setyoningsih
Makalah tentang teknik informatika
Makalah tentang teknik informatika

More info:

Published by: Yanuar Setyoningsih on Jan 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2013

pdf

text

original

BAB I – PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Bagi kebanyakan orang tua zaman sekarang, bersekolah merupakan rutinitas yang harus dijalani oleh anak-anak mereka masing-masing. Selama orang tua tersebut masih sanggup membiayai anaknya untuk bersekolah tentu saja apapun dilakukan dengan harapan sang anak nantinya dapat menjadi seseorang yang berguna bagi kehidupan manusia nantinya kelak. Sebagai contoh, ABG yang umurnya kurang dari 18 tahun atau bahkan lainnya, tentu pernah merasakan suatu titik jenuh dimana mereka enggan lagi untuk bersekolah. Mereka akan merasakan kepenatan tersendiri untuk mempelajari bahanbahan yang diberikan oleh gurunya. Terlebih lagi adanya ujian nasional yang harus dihadapi seluruh pelajar di Indonesia pada umumnya. Belajar merupakan hal yang mau tidak mau, suka tidak suka harus dilakukan secara terus menerus bagi mereka, tapi juga merupakan sebagai musuh terbesar mereka. Seiring dengan berkembangnya teknologi modern seperti internet, ponsel, televisi atau fasilitas game, bisa berakibat dua macam bagi kehidupan peserta didik, yaitu positif dan negatif. teknologi Sayangnya, kerap gadget dibandingkan saat ini di dampak anggap positifnya, Dan bisa kurang menimbulkan pengaruh negatif.

perkembangan

dimaksimalkan manfaat dan kegunaannya oleh peserta didik kecuali untuk meningkatkan citraan dirinya di lingkungan si peserta didik. Kesulitan untuk melakukan monitoring pihak sekolah terhadap peserta didik sangat dirasakan para pendidik.

17

tetapi dalam penerapan system online dan mobile di lengkapi juga fitur untuk pelaporan wali murid ke pendidik dan sebaliknya. Landasan Teori Berdasarkan latar belakang tersebut. Java dan Android. Mengingat saat ini mudah sekali untuk menjangkau gadget ini dan banyaknya user yang menggunakannya. Teknologi yang dapat digunakan dalam implementasi ini antara lain internet sebagai media system online. Sistem kerjanya tidak jauh beda dengan jurnal sekolah kebanyakan. Hal ini terbukti sangat efektif untuk melakukan monitoring dan efesiensi waktu dan pekerjaan bebagai pihak. 17 . dan system operasi mobile seperti Blackberry. B. tentunya pihak sekolah mengirimkan selebaran untuk pemberitahuan kepada wali dari peserta didik. Hal ini akan sangat menyulitkan para pendidik untuk bekomunikasi dengan para wali murid. saya terinspirasi untuk memanfaatkan teknologi kedalam saat dunia ini dengan mengimplementasikannya pendidikan. dan juga pemberitahuan pihak sekolah untuk para wali murid. akan semakin mudah untuk melakukan monitoring peserta didik. lain lagi bila wali murid sangat sibuk yang mungkin sangat jarang berada dirumah.Misalnya saja pihak sekolah akan melakukan ujian sekolah. Tapi tentunya pihak sekolah tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah selebaran pemberitahuan sampai ke wali murid apa belum. Gagasan untuk membuat Jurnal Berbasis Web dan Mobile ini berdasarkan pada implementasi System Jurnal Prakerin Online yang merupakan pengembangan dari Buku Siswa Jurnal Prakerin yang dimiliki oleh SMK PGRI 3 Malang.

Selain itu. Jadi dengan adanya aplikasi ini yang diterapkan dalam system online maupun mobile. Dan juga saat guru dari para murid sedang tidak bisa hadir mengajar. diharapkan pihak wali dari peserta didik. Hal ini tentu sangat membantu bagi para wali yang ingin selalu dapat memonitoring anaknya tanpa harus meninggalkan pekerjaan mereka mengingat jam sekolah lebih cepat disbanding dengan jam kantor. Pihak wali juga bisa berkonsultasi pada pendidik melalui aplikasi ini bila wali tersebut terlalu sibuk untuk menyempatkan waktunya berkunjung ke sekolah.Dalam penerapannya nanti. maka pendidik tersebut dapat langsung mem-forward nya ke wali murid masing-masing peserta didik. dapat menambah nilai guna gadget dalam pemanfaatannya sehari-sehari bagi para peserta didik yang 17 . dan peserta didiknya dapat tetap saling berkomunikasi dengan lebih mudah dan efesiensi waktu. pihak sekolah tidak perlu repot-repot untuk membuat selebaran yang di berikan ke siswa untuk disampaikan ke wali mereka. tetapi cukup dengan posting dalam website yang akan langsung masuk ke email para orang tua wali atau melalui SMS ataupun notifikasi dalam aplikasi mobile. aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak pendidik dan para wali murid. maka guru tersebut dapat melakukan posting dan mengirim notifikasi pada para muridnya tentang tugas apa yang akan diberikan untuk para murid. pendidik. Saat pihak sekolah hendak melakukan kegiatan ujian sekolah atau pertemuan wali murid. Dan misalnya tugas tersebut berhubungan dan memerlukan pihak wali murid dalam pengerjaanya.

Tujuan Dengan dibuatnya aplikasi ini dalam pengaplikasian di sistem online maupun mobile. tentunya bertujuan untuk memudahkan lain : Bagi pihak sekolah : 1. Membantu pihak sekolah yang karena tugas-tugasnya tidak dapat langsung memberikan informasi kepada peserta didik atau dalam hal ini anak mereka. Meningkatkan daya guna dari gadged di kalangan peserta didik. Menambah keterdekatan komunikasi antar murid dengan pendidik. Bagi orang tua murid : 1.sebelumnya masih dianggap kurang dalam memanfaatkan gadget terbaru secara maksimal. 2. Membantu pihak sekolah mempersiapkan bahan- bahan tentang permasalahan dan informasi yang akan disampaikan atau yang menarik perhatian. 3. 2. Meringakan komunikasi dan monitoring antar pendidik dengan wali dari peserta didik. Bagi peserta didik : 17 . 3. Lebih dimudahkan berkomunikasi orang tua wali dari peserta didik bila terdapat media penyampaian yang mudah di akses oleh siapa saja. Tujuan-tujuan tersebut antara wali dalam dengan tugas dari untuk pihak sekolah berhubungan dengan wali murid. C.

Manfaat Bagi pihak sekolah : 1. Mengembangkan pengertian masyarakat (orang tua murid) tentang tujuan dan kegiatan pendidikan di sekolah. Orang tua dapat memantau perkembangan anak 3. 2. Disiplin sejak dini bagi peserta didik D. 3. 2. Dijadikan sumber motivasi belajar bagi peserta didik 2. 2. Memperlihatkan bahwa rumah dan sekolah bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan pendidikan anak disekolah. Bagi orang tua murid : 1. Membantu pihak sekolah yang karena tugas-tugasnya tidak dapat langsung memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukannya. Efesiensi waktu peserta didik dalam mengorganisir kegiatannya sehari-hari. Mendapat dukungan dari pihak masyarakat. agar masyarkat mengetahui dan memahami masalah-masalah yang dihadapi sekolah.1. Mendapat fasilitas pertukaran informasi antara orang tua dan guru yang kemudian mempunyai dampak terhadap peserta didik tersebut. Bagi peserta didik : 1. 17 . Memberi informasi kepada dan masyarakat tentang yang program-prgoram problem-problem dihadapi.

17 .

diperlukannya alat atau aplikasi yang dapat memudahkan 17 . ektrakurikuler. banyaknya dapat dipastikan yang bahwa dialami semakin berkembangnya IPTEK dikalangan masyarakat akan semakin aktifitas pengguna IPTEK tersebut. Disamping itu. kita kita tidak dapat memungkiri aktifitas betapa dengan dimudahkannya melakukan perkembangan teknologi saat ini. Diharapkan dengan adanya aplikasi jurnal yang berbasis onlinemaupun mobil ini dapat meningkatkan pemanfaatan IPTEK secara maksimal. Bila saja pelajar tersebut pandai mengatur waktu.BAB II – GAGASAN A. tak sedikit pula peserta didik yang kurang bisa mengatur waktu bila belum di ingatkan oleh orang lain. membuat para peserta didik melupakan waktu untuk belajar. Kondisi Saat Ini Banyaknya aktivitas para peserta didik diluar kegiatan sekolah. Dengan berkembangnya IPTEK dikalangan masyarakat saat ini. tidak dapat dipungkiri jika masih sebagian kalangan saja yang mampu memanfaatkan IPTEK tersebut dengan maksimal. maka tidak perlu di permasalahkan banyaknya kegiatan tersebut. Hal ini akan membawa dampak bagi para wali murid untuk melakukan monitoring terhadap apa yang anak mereka lakukan di lingkungan sekolah. dan bermain. Akan tetapi. Oleh karena itu. Untuk itu. orang tua peserta didik juga seharusnya memonitoring tentang kegiatan apa saja yang diterima anak mereka disekolah. sebagian lainnya hanya digunakan sebagai penunjang status social di lingkungannya. misalnya saja mengikuti organisasi. Berdasarkan menjadikan hal-hal diatas.

B. dan kegiatan belajar. Pamphlet ini selain di bagikan ke wali murid juga bias di sebarkan ke masyarakat umum. hari-hari efektif. Teknik Tertulis 1) Buku kecil pada permulaan tahun ajaran Buku kecil pada permulaan tahun ajaran baru ini isinya dijelaskan tentang tata tertib. dan teknik peragaan. Kemudian buku kecil ini dibagikan kepada orang tua murid. staf pengajar. fasilitas yang tersedia. hari-hari libur. teknik lisan. yaitu teknik tertulis. 3) Berita kegiatan murid Berita ini dapat dibuat sederhana mungkin pada selebaran kertas yang berisi informasi singkat Cara tertulis yang dapat digunakan meliputi: 17 . 2) Pamflet Pamflet merupakan selebaran yang biasanya berisi tentang sejarah lembaga pendidikan tersebut. teknik-teknik tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga. syarat-syarat masuk.pihak orang tua untuk memonitoring anak mereka dengan pihak sekolah dan para pendidik. 1. teknik elektronik. selain untuk menumbuhkan pengertian masyarakat juga sekaligus untuk promosi lembaga (Indrafachrud: 1994). Solusi yang pernah ada Ada sejumlah solusi yang kiranya sudah dapat diterapkan disebagian lembaga pendidikan. hal ini biasanya dilaksanakan di taman kanak-kanak (TK).

Dengan membacanya orang tua murid mengetahui apa yang terjadi di lembaga pendidikan tersebut. kunjungan ke rumah wali murid. akan lebih Apabila mudah setiap anak diketahui problemnya secara totalitas. warga atupun tokoh masyarakat. Hanya saja catatan berita gembira ini berisi tentang keberhasilan seoran murid. 1994: 69). khususnya kegiatan yang dilakukan murid. 4) Catatan berita gembira Tehnik ini sebenarnya mirip dengan berita kegiatan murid. program pendidikan direncanakan untuk disesuaikan dengan minatnya.tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah atu pesantren. Hal ini akan memperlancar mancapai tujuan program pendidikan sekolah tersebut (Indrafachrud. Melalui kunjungan rumah ini guru akan mengetahui maka masalah anak dirumahnya. keduanya sama-sama ditulis dan disebarkan ke orang tua. Berita tersebut ditulis di selebaran kertas dan disampaikan kepada wali murid atau bahkan disebarkan ke masyarakat. 2. yaitu: 1) Kunjungan rumah Dalam rangka mengadakan sekolah hubungan dapat dengan masyarakat. 17 . pihak mengadakan Teknik Lisan Hubungan sekolah dengan masyarakat dapat juga lisan.

Pertemuan ini sebaiknya diadakan pada waktu tertentu yang dapat dihadiri oleh semua pihak yang diundang. Selain pembuatan buku jurnal oleh sekolah. Tujuan home visit ini untuk mengetahui letak rumah murid sebenarnya. pihak sekolah sesekali juga memanggil orang tua murid datang ke sekolah. tentang perkembangan pendidikan di tersebut. mengetahui 17 . Mereka juga perlu diberi penjelasan khusus tentang perkembangan pendidikan 3) Pertemuan Dengan tehnik ini berarti sekolah mengundang yang masyarakat dalam acara pertemuan khusus untuk membicarakan masalah atau hambatan dihadapi sekolah. sebagian sekolah juga menerapkan sistem kunjungan guru wali kerumah peserta didiknya. Sebelum pertemuan dimulai acaranya disusun terlebih dahulu.2) Panggilan orang tua Selain mengadakan kunjungan ke rumah. Oleh karena itu. dalam setiap akan mengadakan pertemuan sebaiknya dibentuk panitia penyelenggara. mereka diberi penjelasan lembaga anaknya. Setelah dating. Alasan utamanya adalah kurang efisiennya menggunakan jurnal tersebut. Tapi sayangnya penerapan jurnal belajar masih kurang mendapat respon posisitf sepenuhnya dari peserta didik.

Selain itu dapat memanfaatkan kegunaan IPTEK dengan tepat sasaran dan efisien. Dengan berkurangnya masalah miss communication diharapkan kerjasama pihak sekolah dengan orang tua wali peserta didik dapat berjalan semakin lancar demi majunya sistem pendidikan di negara ini. Peserta didik dituntut untuk melakukan segala sesuatunya dengan perencanaan-perencanaan dahulu sedari dini. Sehingga tidak ada lagi kesenjangan akibat kurangnya pemanfaatan IPTEK dengan tepat terutama oleh para peserta didik yang masih terlalu dini dalam 17 . Dan juga dapat menjadikan para peserta didik menjadi lebih rajin. Diharapkan semakin berkurangnya penyakit malas yang dialami peserta didik kedepannya. menyampaikan perkembangan murid kepada orang tua. menjawab keraguan orang tua murid tentang perkembangan kelas dan tujuan pengajaran masing-masing tingkat kelas dan mengecek keselamatan rute perjalanan ke sekolah. mengetahui (membaca) apakah ada permasalahan dalam keluarga si murid. Tetapi metode ini dirasa kurang efisien. C. Sehingga peserta didik menjadi lebih disiplin untuk kedepannya. Harapan gagasan Dengan adanya aplikasi ini. karena terlalu menghabiskan waktu pengajar yang menjadi guru wali. diharapkan tidak adanya lagi masalah miss communication yang dialami para wali murid dengan pihak sekolah.(membaca) kondisi rumah tangga si murid.

mementukan progamer masing-masing 17 .pemahaman IPTEK. untuk perlu dapat dari melakukan khawatir mengurangi kurangnya pemberitahuan-pemberitahuan seperti yang sudah dibahas pemberitahuan tersebut tidak sampai ke para wali murid. Disamping itu. dengan dilatih menggunakan jurnal agar kegiatan kesehariannya tidak bebenturan dengan kegiatan di sekolah. tentunya membutuhkan bantuan dari berbagai pihak terkait yang dirasa sangat dibutuhkan dalam kelancaran jalannya aplikasi ini. D. harapan dari adanya aplikasi ini dapat menjadikan para peserta didik mendapatkan motivasi belajar. Pihak-pihak yang dapat membantu Dalam penerapan dan pembuatan aplikasi ini. Dan kesalahan miss communication akibat perhatian antar orang tua wali dengan peserta didik. Para peserta didik menjadi terpacu untuk disiplin sejak dini. Pihak-pihak tersebut antara lain : • Progamer dan designer Progamer disini sangat dibutuhkan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi jurnal berbasis website dan mobile ini. Pihak sekolah juga lebih mudah tanpa diatas. Progamer juga menentukan jalannya program agar tidak membuat Serta privilege user kesulitan juga user dalam yang yang implementasinya. Sehingga peserta didik diharapkan akan semakin terinspirasi dengan inovasi-inovasi yang semakin baru dengan dimulai dari pemanfaatan IPTEK secara benar dan terarah.

melalui notifikasi ataupun email. Kepala sekolah diharapkan dapat mengatur pihak-pihak siapa saja yang sangat perlu berhubungan dengan wali murid secara langsung. Designer berperan dalam hal membuat interface yang menarik dan menjual untuk para user. jadi tidak semua karyawan sekolah dapat melakukan hubungan ke wali murid. Dan tentunya tanpa Orang tua juga memegang peranan penting dalam penggunaan berhubungan dengan orang tua. serta user friendly tentunya. Lain halnya dengan guru setiap mata pelajaran yang dapat berhubungan dengan para murid secara langsung.mempunyai hak akses agar tidak di samaratakan dengan user lainnya yang berbeda hak akses. Designer juga berperan untuk menjadikan tampilan aplikasi menjadi hal yang enak dipandang dan tidak membosankan. • Orang tua aplikasi ini. yang tidak lain adalah pihak sekolah dan wali murid. misalnya guru wali saja atau pihak kesiswaan di sekolah tersebut. pendidik atau guru dapat membagikan tugas dengan efisien dan mudah. • Pihak Sekolah (Guru – Kepala sekolah) sekolah juga sangat erat kaitannya dengan penerapan aplikasi ini. maka pemberitahuanpemberitahuan yang dilakukan oleh pihak sekolah akan 17 . Designer juga memegang peran penting dalam pembuatan aplkasi ini.

baru kemudian dilakukan percobaan di sekolahsekolah. Pembuatan program ini juga bertujuan agar aplikasi dapat dengan mudah di pahami oleh user atau bisa dikatakan user friendly. juga harus matang dalam pembuatan relasi antar hubungan user (dalam hal ini pihak sekolah. Percobaan tersebut akan terus berkembang sampai aplikasi siap untuk dipublikasikan. maka aplikasi tersebut akan melakukan beberapa percobaan dalam implementasinya. Disamping pembuatan program. Pembuatan program yang dikerjakan oleh progamer. Designer bertugas membuat interface semenarik mungkin agar para user tidak merasa kesulitan dengan tampilan interface dan pengaturan bahasa dalam aplikasi tersebut. kemudian di coba di beberapa masyarakat.tidak efektif. maka dilakukan kerjasama dengan pihak penggembang OS mobile yang terkait. Setelah aplikasi dianggap selesai dibuat. orang tua. Langkah-langkah Pembuatan aplikasi ini juga diperlukan langkah-langkah yang jitu agar dapat diterima oleh pihak masyarakat. Percobaan pertama dilakukan oleh pihak progamer. agar mendapat lisensi dan tidak di anggap 17 . designer juga memegang peranan penting dalam pembuatan aplikasi ini. E. Oleh karena itu. Seiring dengan percobaan-percobaan tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pembuatan program dan design program. dan peserta didik) agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan hak aksesnya. pihak orang tua selaku yang memberi fasilitas ke para peserta didik hendaknya dapat bekerja sama demi kelancaran pelasanaan ini.

Setelah mendapat kerjasama dengan pihak penggembang OS mobile dan mendapat domain. Dan juga pendaftaran domain aplikasi agar aplikasi yang bebasis online ini dapat di akses oleh berbagai pihak. maka aplikasi ini akan melalui tahap pemasaran ke sekolah-sekolah. Setelah aplikasi ini digunakan di berbagai sekolah. Dan ini merupakan taktik pemasaran aplikasi yang bagus untuk mendapat kepercayaan banyak pihak. BAB III – KESIMPULAN A. maka diharapkan frekuensi pengangguran untuk kedepannya bisa berkurang karena penerapan aplikasi ini pada dasarnya mengajrkna peserta didik untuk bersikap disiplin dan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. tidak lepas dari bantuan-bantuan berbagai pihak.aplikasi yang illegal serta dapat menambah daya jual aplikasi. Dengan diawali pada satu sekolah yang mempercayakan sistem jurnalnya pada aplikasi ini. maka akan tersebar secara otomatis melalui media-media lainnya. Gagasan yang diajukan 17 . Jadi aplikasi ini juga bermanfaat untuk masa depannya.

Sistem kerjanya tidak jauh beda dengan jurnal sekolah kebanyakan. dan antara guru pendidik dengan orang tua wali maupun peserta didik tersebut. Java dan Android. dan system operasi mobile seperti Blackberry. Hal ini terbukti sangat efektif untuk melakukan monitoring dan efesiensi waktu dan pekerjaan bebagai pihak. dapat dijadikan masukan dan inovasi terbaru untuk mengurangi kekurangankekurangan dalam berkomunikasi antara orang tua wali murid dengan pihak sekolah. Gagasan untuk membuat Jurnal Berbasis Web dan Mobile ini berdasarkan pada implementasi System Jurnal Prakerin Online yang merupakan pengembangan dari Buku Siswa Jurnal Prakerin yang dimiliki oleh SMK PGRI 3 Malang. Selain itu. Mengingat saat ini mudah sekali untuk menjangkau gadget ini dan banyaknya user yang menggunakannya. saya terinspirasi untuk memanfaatkan teknologi saat ini dengan mengimplementasikannya kedalam dunia pendidikan. akan semakin mudah untuk melakukan monitoring peserta didik. Pembuatan jurnal system web dan mobile. Teknologi yang dapat digunakan dalam implementasi ini antara lain internet sebagai media system online. tetapi dalam penerapan system online dan 17 .Berdasarkan latar belakang masalah-masalah yang dialami oleh pihak sekolah maupun peserta didik dengan orang tuanya. orang tua dan peserta didik juga dapat terpacu untuk menjadi yang lebih baik dalam mengatur jadwal mereka kedepannya. Sekolah menjadi lebih dimudahkan untuk berkomunikasi dengan orang tua wali dari peserta didik bila terdapat media penyampaian yang mudah di akses oleh siapa saja.

Percobaan tersebut akan terus berkembang sampai aplikasi siap untuk dipublikasikan. maka aplikasi tersebut akan melakukan beberapa percobaan dalam implementasinya. dan juga pemberitahuan pihak sekolah untuk para wali murid. Setelah aplikasi dianggap selesai dibuat. aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak pendidik dan para wali murid. tetapi cukup dengan posting dalam website yang akan langsung masuk ke email para orang tua wali atau melalui SMS ataupun notifikasi dalam aplikasi mobile. Saat pihak sekolah hendak melakukan kegiatan ujian sekolah atau pertemuan wali murid. Teknik implementasi Pembuatan aplikasi ini juga diperlukan langkah-langkah yang jitu agar dapat diterima oleh pihak masyarakat. pihak sekolah tidak perlu repot-repot untuk membuat selebaran yang di berikan ke siswa untuk disampaikan ke wali mereka. maka diharapkan frekuensi pengangguran untuk kedepannya bisa berkurang karena penerapan aplikasi ini pada dasarnya 17 . Dengan diawali pada satu sekolah yang mempercayakan sistem jurnalnya pada aplikasi ini. Setelah aplikasi ini digunakan di berbagai sekolah.mobile di lengkapi juga fitur untuk pelaporan wali murid ke pendidik dan sebaliknya. B. Dalam penerapannya nanti. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pembuatan program dan design program. maka akan tersebar secara otomatis melalui media-media lainnya. Dan ini merupakan taktik pemasaran aplikasi yang bagus untuk mendapat kepercayaan banyak pihak.

Sehingga melakukan khawatir mengurangi kurangnya peserta didik menjadi lebih disiplin untuk kedepannya. Disamping itu. dapat diprediksikan jika dapat menjadikan para peserta didik menjadi lebih rajin. prekdisi dari adanya aplikasi ini dapat menjadikan para peserta didik mendapatkan motivasi belajar. untuk perlu dapat dari pemberitahuan-pemberitahuan seperti yang sudah dibahas pemberitahuan tersebut tidak sampai ke para wali murid. 17 . Dan kesalahan miss communication akibat perhatian antar orang tua wali dengan peserta didik. Para peserta didik menjadi terpacu untuk disiplin sejak dini. Peserta didik dituntut untuk melakukan segala sesuatunya dengan perencanaan-perencanaan Pihak sekolah juga dahulu lebih sedari dini.mengajrkna peserta didik untuk bersikap disiplin dan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. mudah tanpa diatas. dengan dilatih menggunakan jurnal agar kegiatan kesehariannya tidak bebenturan dengan kegiatan di sekolah. C. Prediksi hasil akhir Dengan adanya aplikasi ini.

Diakses tanggal 9 Desember 2011. _____.com/jurnal-prestasibelajar. Diakses tanggal 9 Desember 2011. Malang: IKIP. Indrafachrudi. _____.com/kehidupanremaja-13363.com/artikelpendidikan/pendidikan-sekolah. Mochamad Fariz. http://www.DAFTAR PUSTAKA Saputra. 2010. Jurnal Prestasi Belajar Siswa. Bagaimana Mengakrabkan Sekolah dengan Orang tua Murid dan Masyarakat.htm. Soekarto. Sistem Informasi Jurnal Prakerin Sijupe Web Applicationmenggunakan Java Dan Mysql. 1994.htm. _____.htm.http://www. Aris. Diakses tanggal 9 Desember 2011. 17 .anneahira. Pengaruh penerapan jurnal belajar terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri I Udanawu Blitar.anneahira. http://www. Pengaruh Kemajuan Teknologi pada Kehidupan Remaja. SMK PGRI 3 Malang. Lucky Agus. 2010.anneahira. Pentingnya Pendidikan Sekolah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->