Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan

i

Hak Cipta pada Kementerian Pendidikan Nasional dilindungi oleh Undang-Undang

Pendidikan Agama Islam 5
untuk Sekolah Dasar Kelas V

Penulis Ismail Ahmad Muhamad Saleh Muhamad Sofyan Anwar Mufid

Ismail Ahmad Pendidikan Agama Islam / penulis, Ismail Ahmad, Muhammad Saleh Muhammad, Sofyan Anwar Mufid.-- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011. 2 jil. : ilus.; 25 cm. Untuk Sekolah Dasar Kelas V Bibliografi : hlm.117 Indeks ISBN 978-979-095-558-5 (no.jil.lengkap) ISBN 978-979-095-593-6 (jil.5.4) 1. Pendidikan Islam--Studi dan Pengajaran II. Muhammad Saleh Muhammad I. Judul 297.071 Hak Cipta Buku ini dialihkan Kepada Kementerian Pendidikan Nasional dari Penulis Ismail Ahmad & Muhammad Saleh Muhamad Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2011 Bebas digandakan sejak November 2010 s.d. November 2025 Diperbanyak oleh. . . .

III. Sofyan Anwar Mufid

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Kementerian Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh Indonesia.Kata Sambutan Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. sejak tahun 2007. Pemerintah. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. tanggal 12 November 2010. Namun. digandakan. Kementerian Pendidikan Nasional. saran dan kritik sangat kami harapkan. berkat rahmat dan karunia-Nya. untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Kepada para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Oleh karena itu. dicetak. semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Juni 2011 Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan iii . dialihmediakan. Jakarta. Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2010. Kami berharap. telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional. Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Kementerian Pendidikan Nasional ini. dapat diunduh (download). Diharapkan bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diakses sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini. dalam hal ini. atau difotokopi oleh masyarakat.

.

latihan. yaitu manusia Indonesia yang beriman. senantiasa melimpahkan rahmat dan inayah-Nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan buku ini. penulis dapat menyelesaikan penyusunan buku Pendidikan Agama Islam Kelas V SD.Kata Pengantar Bismillahirrahmanirrahim Salam sejahtera dalam nikmat Islam. dan penggunaan pengalaman. dan keseimbangan hubungan antara manusia dan khaliknya serta antara manusia dan lingkungannya. kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan. Semoga buku ini bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam sesuai Al-Qur'an dan hadis melalui kegiatan bimbingan. Syukur alhamdulillah. Buku yang terdiri dari sepuluh bab ini disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku. keselarasan. berilmu. semoga Allah Swt. dan beramal saleh dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu. pengajaran. Wb Penulis Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan v . Pembelajaran pendidikan agama Islam di SD memerlukan sarana pendukung berupa buku paket yang dapat membimbing siswa belajar secara sungguh-sungguh. Kepada Allah pula segalanya kita serahkan. bertakwa. menghayati hingga mengimani. Materi pembelajaran dalam buku ini secara keseluruhan merupakan perwujudan keserasian. memahami. Hal ini sejalan dengan sifat dasar pendidikan agama Islam sebagai upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik sejak dini untuk mengenal. Semoga Allah Swt melipatgandakan pahala atas amalnya. WassalamuÊalaikum Wr. Kami menyadari bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan.

3 Gambar 1.2 37 Gambar 4. Sahabat Nabi Isa yang berkhianat akhirnya di salib Mengumandangkan a©an di masjid Membaca iqamah ketika salat akan segera dimulai Pasukan gajah ingin menghancurkan Ka'bah Halaman dalam Buku 1 3 4 6 9 13 14 21 24 25 35 Gambar 4.1 Keterangan Gambar Anak-anak belajar membaca Al-Qur'an di Masjid Siswa bergiliran membaca surah Al-Lahab di depan kelas Siswa bergiliran membaca surah Al-K fir n di depan kelas Abu Lahab memusuhi Nabi Muhammad Saw.1 40 45 50 57 vi Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . hendaknya kita selalu bersabar seperti dicontohkan oleh Nabi Ayub a.1 Gambar 1.3 40 Gambar 4.1 Gambar 2.4 Gambar 1. manusia harus senantiasa sabar tabah seperti halnya para Nabi dan Rasul.2 Gambar 3.s.3 Gambar 4. Istri Fir'aun menemukan bayi dan mengangkatnya menjadi anak Ketika kita atau keluarga sakit.2 Gambar 3.2 Gambar 1. Membaca kitab suci Al-Qur'an Ketika terkena musibah.2 Gambar 6. Firaun segera mengejar Nabi Musa dan pengikutnya sampai ke tepi Laut Merah Dalam kehidupan sehari-hari hendaknya kita selalu menolong fakir miskin seperti halnya Mani Isa yang suka menolong makhluk Allah Swt.Daftar Gambar Judul Bab Gambar 1. Pengikut Rasulullah dianiaya kaum kafir Quraisy Al-Qur'an adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw.4 Gambar 5.5 Gambar 2. Dengan pasukan berkuda.1 Gambar 3. Yukabad menghanyutkan bayinya sesuai petunjuk Allah Swt.1 Gambar 5.

2 Gambar 7.2 Gambar 7.4 Gambar 9.Gambar 6.1 Gambar 8.1 Gambar 10.2 Gambar 8.3 gambar 8.1 Gambar 9.3 Gambar 9. Umar bin Khattab terkenal sebagai orang yang kuat dan keras Senang membantu orang yang kesusahan termasuk perilaku terpuji Bersikap ramah terhadap orang lain Taat dan hormat kepada orang tua perilaku Umar bin Khattab yang harus diteladani Seorang pemimpin harus mencintai rakyatnya Makan sahur sebelum berpuasa Suasana bulan Rama«an 59 67 69 71 77 80 82 83 89 91 92 93 97 99 Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan vii .1 Gambar 7.3 Gambar 8.2 Siswa membaca surah Al-M ‘ n secara bergiliran Membaca tentang kisah para Rasul Allah untuk dijadikan teladan Umat Nabi Nuh yang tidak mau beriman kepada Allah mendapat azab Yahuda (Yudas Iskariot) yang berkhianat disalib karena dikira Nabi Isa Para sahabat Nabi berjuang membela dan mengagungkan Islam Abu Bakar wafat pada hari Senin 21 Jumadil Akhir 13 H Umar bin Khattab memahari adiknya karena menjadi pengikut Rasulullah Saw.2 Gambar 9.4 Gambar 10.

Daftar Lampiran Lampiran Lampiran 1 Pedoman Transliterasi Lampiran 2 Sejarah A©an dan Iqamah Lampiran 3 Pensyariatan Puasa Rama«an Halaman 112 113 115 viii Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V .

.............................. vi Daftar Lampiran ................................s.................. B.......... Rangkuman......................................... A.............. Mengartikan Q.......................................................................................................... Rangkuman.................................................................. Meneladani Perilaku Nabi Ayub a............................................ viii Daftar Isi ..................... B................................................................................................................................................... iii Kata Pengantar ..................... Uji Kemampuan...................................................................................Daftar Isi Kata Sambutan ..............................s............. .............................. ..........................................................s...........S............................................. ix Pendahuluan .......... Bab 3 Kisah Nabi ....... Nama-Nama Kitab Allah ......................... C... A... Al-Qur'an sebagai Kitab Suci Terakhir ...................... Kisah Nabi Musa a........ Uji Kemampuan..................... B.......................................................................................................................................................................................... Meneladani Perilaku Nabi Musa a...............s....................................... Bab 2 Mengenal Kitab-Kitab Allah ........ Al-Lahab dan Al-K fir n ............................................................................ Kisah Nabi Isa a......... Rangkuman.............................................................................. A. Meneladani Perilaku Nabi Isa a........................ v Daftar Gambar ............................................................................ B.................................. .................. Rangkuman................................................................................................................. C...................................................s.............................. Kisah Nabi Ayub a................. Rasul yang Menerima Kitab-Kitab Allah ....... Membaca Surah Al-Lahab dan Al-K fir n ........................................................................................................... A........................................................................................s..................................................... 1 2 5 9 10 13 13 15 17 19 19 21 22 23 27 32 32 35 36 36 39 42 42 Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan ix ........................................................... xi Bab 1 Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan .. .................................................................................................. Bab 4 Perilaku Terpuji. Uji Kemampuan....................... C..... Uji Kemampuan............

................................................ Hikmah Puasa .......... 104 Glosarium..................................................................... Latihan Ulangan Semester 1 .. Uji Kemampuan....................... Kisah Khalifah Abu Bakar r..... Al-F l ...... Ketentuan-Ketentuan Puasa Rama«an ................... A................ Mengartikan Q.................................................................................................. A... A..........................................................a......................................... Kisah Umar bin Khattab....a ........ Uji Kemampuan................................ 108 110 112 117 x Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V ....................... Membaca Surah Al-M ‘ n dan Q............................................ 101 Rangkuman................................... Bab 9 Perilaku Terpuji.... B.....................a.......................Bab 5 A©an dan Iqamah .................................................................................. B......... 97 A......... Uji Kemampuan................................................................................... ....................................................................................................................................... Bab 8 Kisah Sahabat Nabi .. Lampiran ................ Al-F l .............................................................. Rangkuman...................... 102 Uji Kemampuan................................. B.............................. Daftar Pustaka ........................................................................... A............................................................................................................................S......................................................................... ...................... Rangkuman.................................................................. Meneladani Perilaku Khalifah Abu Bakar Sidiq r..... 102 Latihan Ulangan Semester 2 ...............................S.................................. 99 B.................................................... Rangkuman................. Indeks ......................... B.......................... Al-M ‘ n dan Q........ Nama-Nama Rasul Ulul Azmi dari Para Rasul ......................................... Bab 7 Rasul-Rasul Allah ............................. Perbedaan Nabi dan Rasul ............................................................... Meneladani Perilaku Khalifah Umar bin Khattab r.................................. C............... A............ 45 46 49 51 51 53 57 58 61 63 64 67 67 69 72 74 75 77 78 80 85 86 89 90 92 94 95 Bab 10 Puasa Wajib ............................................................... Rangkuman............................................................... Uji Kemampuan............................................................................................................. Rangkuman................................................. Uji Kemampuan.............................................. Bab 6 Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan ......................................................................................................................... .......................................................................... B.................................................S............................................................................. Nama-Nama Rasul Allah Swt.............................. Mengumandangkan A©an dan Iqamah ............................................................................................................................................. Melafalkan A©an dan Iqamah .....................

dengan sesama manusia. Al-Lahab dan Al-K fir n. Amin. Pada bab-bab berikutnya berturut-turut dibahas mengenai kitab-kitab Allah. di antaranya Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Dengan suguhan materi-materi dalam buku ini diharapkan dapat menguatkan keimanan peserta didik kepada Allah Swt. yaitu surah Al-M ' n dan Al-F l. dan keseimbangan hubungan manusia dengan sang pencipta (Allah Swt.Pendahuluan Segala puji bagi Allah Swt. dan fiqih. Kemudian pada bab-bab berikutnya dibahas mengenai rasul-rasul Allah. perilaku nabi yang harus diteladani. Pada semester kedua kembali dibahas tentang cara membaca dan mengartikan surah lainnya. sahabat.S. penting sekali untuk menanamkan dan mengembangkan kehidupan beragama sejak dini sehingga peserta didik akan tumbuh dan berkembang menjadi muslim yang berakhlakul karimah. maupun warga Negara. ataupun dengan makhluk lain dan lingkungannya. keselarasan. keluarga. Selanjutnya di akhir buku penulis cantumkan juga glosarium dan indeks untuk memudahkan peserta didik mempelajari buku ini. dan pengikutnya. tarikh. Dalam rangka merealisasikan tujuan pendidikan nasional. Pendekatan dan penyajian buku ini pada prinsipnya membahas unsur-unsur pokok dalam pembelajaran agama. dan bertanggung jawab baik sebagai pribadi. Dengan adanya hal tersebut diharapkan peserta didik dapat lebih mudah lagi untuk memahami isi buku ini dan dapat mengevaluasi sejauh mana materi buku ini dapat dikuasai. kisah-kisah nabi. kisah-kisah sahabat nabi. anggota masyarakat. perilaku para sahabat nabi yang patut diteladani. aqidah. mandiri. akhlak. Unsur-unsur pokok tersebut dituangkan pada bab demi bab dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku. Tuhan semesta alam sehingga salawat dan salam senantiasa terlimpah kepada Rasulullah Saw. yaitu Al-Qur'an. Di samping itu juga menjadi muslim yang handal. Materi-materi dalam buku ini telah mencakup keserasian. juga tentang a©an dan iqamah. dan lampiran untuk menambah wawasan peserta didik. Di samping itu dalam buku ini disertakan juga gambar-gambar yang menunjang materi dan penuturannya pun menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Pada bab pertama buku ini dibahas tentang cara membaca dan mengartikan Q. dan dibahas juga tentang puasa wajib. Pada setiap akhir bab terdapat rangkuman dan uji kompetensi.. Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan xi .). Juga dapat memperbaiki hidup dalam menggapai kebahagian dunia dan akhirat.

.

sedangkan untuk mengamalkan dengan benar hendaknya kamu mengetahui artinya. Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam. agar selamat di dunia dan akhirat. kamu harus belajar dengan tekun. Akan lebih baik jika kamu menguasai ilmu tajwid. dan terus-menerus. Untuk dapat membacanya dengan baik. rajin.Bab 1 Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 1. Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 1 . Membaca dan mempelajari Al-Qur'an merupakan ibadah kepada Allah Swt. Al-Qur'an juga merupakan pedoman hidup bagi manusia.1 Anak-anak belajar membaca Al-Qur'an di Masjid A l-Qur'an adalah firman Allah yang harus dibaca dan diamalkan oleh setiap muslim.

Saya¡l± n±ran ©±ta lahab(in) 4. Setiap murid maju ke depan secara bergiliran. Kata „AlLahab‰ dijadikan nama surah ini yang artinya „gejolak api‰.S. Membaca Surah Al-Lahab dan Al-K r n Pada bab ini. kemudian hafalkan. diturunkan di Kota Mekah.A. Al-Lahab [111] : 1-5) Kalian telah membaca surah Al-Lahab secara bersama-sama. kemudian ikuti bersama-sama! Bismill±hir-ra¥m±nir-ra¥³m(i) 1. F³ j³dih± ¥ablum mim masad(in) (Q. M± agn± ‘anhu m±luh wa m± kasab(a) 3. sehingga tergolong surah-surah Makiyah. Wamra'atuh( ). ¥amm±latal-¥a¯ab(i) 5. Tabbat yad± ab³ lahabiw wa tabb(a) 2. 1. Surah pendek yang akan dipelajari adalah Q. AlKafirun.S. Dengarkan gurumu membaca.S. Bacalah dengan baik atau fasih dan tartil surah Al-Lahab ini. dan turunnya surah ini setelah Surah Al-Fath. Al-Lahab dan Q. Selanjutnya kalian harus membaca secara bergiliran. Surah Al-Lahab Surah Al-Lahab terdiri dari 5 ayat. 2 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . kamu akan belajar membaca beberapa surah pendek pilihan dalam Al-Qur'an.

Bacalah dengan baik dan benar Surah Al-K fir n ini.Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 1. kalian telah membaca surah Al-Lahab secara bersama-sama dan secara perseorangan. termasuk ke dalam golongan surah-surah Makiyah. Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 3 . Surah Al-K r n Surah Al-K fir n terdiri dari 6 ayat.2 Siswa bergiliran membaca surah Al-Lahab di depan kelas Nah. kemudian hafalkan. Al-K fir n artinya „orang-orang kafir‰. karena diturunkan di kota Mekah dan turunnya setelah surah Al-M Ê n. Surah Al-K fir n merupakan surah yang ke-109 dalam Al-Qur'an. Kalian sudah bisa bukan? Ulangi lagi di rumah masing-masing agar lancar benar! 2.

2. 5. Murid yang lain mengikuti dengan cermat. (Al-K±fir n [109) : 1-6) Perhatikan contoh dari gurumu. 3.3 Siswa bergiliran membaca surah Al-K fir n di depan kelas 4 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . 4. Wa l± antum ‘±bid na m± a‘bud(u). Qul y± ayyuhal-k±fir n(a). 1. Guru membaca ayat demi ayat. 6. Setiap murid maju ke depan kelas untuk membaca secara bergiliran. Lakukan secara berulang-ulang sehingga kalian dapat membacanya dengan benar dan lancar! Selanjutnya dibaca secara bergiliran.Bismill±hir-ra¥m±nir-ra¥³m(i). L± a‘budu m± ta‘bud n(a). Ikuti secara bersama-sama ayat demi ayat pula. Wa l± ana ‘±bidum m± ‘abattum. Lakum d³nukum wa liya d³n(i). Simak cara temanmu membaca! Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 1. Wa l± antum ‘±bid na m± a‘bud(u).

benar dan lancar. B. Arti Q.S. ayo terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila belum bisa membaca mintalah bimbingan dari gurumu! Kalian tidak boleh malu dalam belajar karena akan merugikan diri sendiri. Penyesalan kemudian tidak ada gunanya. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang wa tabb dan benar-benar binasa dia lahabiw Lahab ab³ Abu yad± kedua tangan tabbat binasalah kasab telah dia usahakan (di dunia) wa m± dan apa yang m±luh hartanya ‘anhu baginya agn± berguna m± tidak Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 5 . Kelak akan menimbulkan penyesalan. kemampuanmu ditingkatkan lagi dengan cara memahami makna dari surah Al-Lahab dan surah Al-Kafirun tersebut. pada hari kiamat. Pada bagian ini akan kamu pelajari makna dari kata demi kata Surah Al-Lahab. Al-Lahab Perhatikan kata demi kata surah Al-Lahab. Mengartikan Q.Bacalah ayat demi ayat dengan baik. Setelah itu. Setelah memahami maknanya dan dihayati. Rajin membaca Al-Qur'an akan menyebabkan seseorang mendapat pertolongan dari Allah Swt. Al-Lahab dan Al-K r n Kamu telah belajar dan dapat membaca surah Al-Lahab dan surah Al-Kafirun.S. 1. Tentu saja dapat membaca dengan baik dan benar. Untuk dapat membaca dengan baik dan benar diperlukan ketekunan dan dilakukan secara terus-menerus.

lahab bergolak ©±ta yang n±ran (kedalam) api neraka saya¡l± kelak dia akan masuk al-¥a¯ab kayu bakar amm±lata pembawa wamra'atuh dan istrinya masad sabut (yang dipintal) mim dari ¥ablum (terdapat) tali j³dih± lehernya fi pada 1. bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abu Lahab yang ketika Rasulullah Saw. (H. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).a. Dan (begitu pula) istrinya. Gambar 1. 6 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . 4. berdakwah kepada kaum beliau di atas Bukit Safa.S. Abu Lahab sangat murka dan berkata.4 Abu Lahab memusuhi Nabi Muhammad Saw. 5. 3. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang diusahakan. pembawa kayu bakar (penyebar fitnah) Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal. Bukhari dan Muslim) menuturkan.R. Al-Lahab adalah sebagai berikut: Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia. 2.Dokumentasi Sumber: penulis Ibnu Abbas r. Adapun terjemahan Q.

Arti Q. yaitu saudara Abu Sofyan. Mereka akan dimasukkan ke dalam api neraka yang menyala. Al-K r n Perhatikanlah arti dari kata demi kata dari surah Al-Kafirun! Kemudian kamu akan mempelajari makna dari ayat demi ayat. akhirnya menurunkan surah AlLahab yang isinya memberikan ancaman kepada Abu Lahab dan istrinya. Nama kecil Abu Lahab adalah Abdul Uzza. sehingga kamu mengetahui kandungan makna secara keseluruhan dari surah Al-K fir n itu.S. Abu Lahab adalah seorang yang tampan. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang al-k±fir n orang-orang kafir y± ayyuh± wahai qul katakan (Muhammad) ta'bud n kalian sembah m± apa yang a'budu aku akan menyembah l± tidak a'bud aku sembah m± apa yang '±bid na para penyembah antum kalian wa l± dan bukanlah 'abattum m± '±bidun ana wa l± 7 Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan . 2. Istri Abu Lahab bernama Arwa. Abu Lahab dan istrinya selalu menghalangi dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw.„Celakalah kamu Muhammad! Apakah kamu mengumpulkan kami hanya untuk ini?!‰ Sebenarnya Abu Lahab itu adalah paman Nabi Muhammad Saw. Allah Swt. dan memusuhinya.

Allah Swt. 3. Ancaman pembunuhan pun sering dihadapi oleh Nabi Muhammad Saw. 6. Dari hari ke hari pengikut Nabi Muhammad Saw. Nabi Muhammad Saw. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang 1. Banyaknya tantangan dan ancaman tidak menjadikan pengikut Nabi Muhammad Saw.kalian sembah apa yang penyembah aku dan bukanlah a'bud aku sembah m± apa yang 'abid na para penyembah antum kalian wa l± dan tidak (pula) d³n agamaku (Islam) wa liya dan bagiku d³nukum agama kalian lakum bagi kalian Adapun terjemahan Q. dalam menyiarkan agama Islam banyak mendapat rintangan dan tantangan. Nabi Muhammad Saw. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. berkurang. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. 5. bahkan sebaliknya. Namun sedikitpun. 4. akan meridai dan melindungi setiap perjuangan menegakkan agama Islam. Al-K fir n adalah sebagai berikut. Katakanlah: Hai orang-orang yang kafir! 2. dan para pengikutnya. 8 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. semakin bertambah banyak. dan para pengikutnya tidak pernah merasa takut.S. Rintangan dan tantangan itu datang dari kaum kafir Quraisy.

5 Pengikut Rasulullah dianiaya kaum kafir Quraisy Surah Al-K fir n mengandung makna bahwa umat Islam harus bersikap tegas terhadap orang-orang kafir. 3. Hal tersebut harus kita terapkan dalam kehidupan seharihari terutama yang berkaitan dengan ibadah. Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 9 . 2. Surah Al-K±fir n terdiri dari 6 ayat. 2. 2. Salinlah surah Al-Lahab dan Al-K fir n! Tulis pula maknanya dengan benar! Tugas Kelompok 1. Al-Lahab artinya gejolak api. diturunkan di kota Mekah. Surah Al-Lahab terdiri dari 5 ayat.Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 1. diturunkan di kota Mekah. Tugas Perorangan 1. Diskusikanlah isi surah Al-Lahab dan Al-K fir n! Bacakan hasilnya di muka kelas! Rangkuman 1.

. a. d. 5 ayat c. . b. a. . b. . 5. hadis d. a. . c. la budu la udu artinya . b. l tabudu l aÊbudu 10 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. 7 ayat 8 ayat 2. 3. Kitab suci umat Islam adalah . b. d. Uji Kemampuan A. . 5. .4. 4. kitab-kitab hadis b. . sunah Rasul Surah Al-Lahab terdiri dari . . . Al-Kafirun artinya orang-orang kafir. Al-Qur'an c. . c. c. a. Nabi Muhammad Saw. dalam melakukan dakwah Islam selalu menghadapi ancaman dari kaum kafir Quraisy. a. katakanlah hai orang-orang musyrik katakanlah hai orang-orang kafir hai orang-orang musyrik hai orang-orang kafir dibaca . d. . 6 ayat d.

umat Islam Abu Lahab sangat murka kepada Nabi Muhammad Saw. Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 11 . tegas c.6. c. a. orang tua b. berdakwah adalah . . M 'abattum bacaan dari . . kaku d. b. Tanggapanmu terhadap sikap kaum kafir Quraisy adalah . 2. Bukit Safa d. . Terhadap orang kafir. d. . . para remaja d. 7. . lunak b. menghargai haknya b. . Surah Al-K fir n tergolong surah Makiyah karena . a. Jabal Nur 8. . sikap kita harus . . Isilah titik-titik di bawah ini! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. anak sekolah c. . 3. sangat tidak setuju d. . 4. 10. .. . seadanya Belajar membaca Al-Qur'an merupakan kewajiban setiap . 5. . sangat setuju c. membiarkan saja B. . Tanggapanmu terhadap Abu Lahab yang selalu menghalangi Nabi Muhammad Saw. a. . a. . . Jabal Uhud b. a. ketika berdakwah di . terutama yang berkaitan dengan ibadah. . . 9. Gua Hira c. .

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. 4. 5. 3. 2.C. Di mana surah Al-Lahab diturunkan? Bagaimana perasaanmu setelah dapat membaca Al-Qur'an? Tulislah kesimpulan isi surah Al-Lahab! Tulislah kesimpulan isi surah Al-K fir n! Tulislah manfaat mempelajari Al-Qur'an! 12 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V .

dan Al-Qur'an.1 Al-Qur'an adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. itab-kitab Allah hanya diberikan kepada para Rasul utusan-Nya. Mengenal Kitab-Kitab Allah 13 . mengutus para utusan. Adapun kitab suci yang wajib kita imani ada empat yaitu Zabur. Setiap utusan dibekali dengan kitab suci. Injil. baik di dunia ini maupun di akhirat kelak. Kitab-kitab Allah diturunkan sebagai mukjizat dari Allah Swt. K A.Bab 2 Mengenal Kitab-Kitab Allah Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 2. kita dapat memperoleh kebahagiaan hidup. Isinya berupa wahyu-wahyu Allah (firman Allah) untuk dijadikan pedoman dan peraturan bagi umatnya. Nama-Nama Kitab Allah Allah Swt. Dengan adanya pedoman. Taurat. sebagai petunjuk hidup bagi umat manusia. untuk menyampaikan kabar gembira dan peringatan kepada manusia (kepada umatnya masing-masing).

. [2] : 213). (Q. pujian dan peringatan.2 Membaca kitab suci Al-Qur'an Setiap kitab suci yang diturunkan oleh Allah Swt. K±nan-n±su ummataw w±¥idah(tan). Q. 14 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . wa anzala ma‘ahumul-kit±ba bil-¥aqqi liya¥kuma bainan-n±si f³makhtalaf f³h(i) Artinya : Manusia itu adalah umat yang satu (setelah timbul perselisihan) maka Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan.Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 2. serta pedoman hidup manusia agar selamat di dunia dan di akhirat. Al-Baqarah ayat 213. perintah dan larangan. sejarah umat manusia. Firman Allah Swt. untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan‰. berisi wahyu-wahyu Allah (firman-firman Allah).S. Al-Baqarah. dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab dengan benar.S. fa ba‘a£all±hun-nabiyy³na mubasysyir³na wa mun©ir³n(a). Kitab suci itu berisi ketentuan.

jelaslah bahwa setiap umat itu ada utusannya dan setiap utusan diberi kitab.Dari penjelasan ayat di atas.: Inn± anzalnat-taur±ta f³h± hudaw wa n r(un). Pokok ajaran yang terkandung dalam kitab Zabur adalah tentang kewajiban menyembah Allah Yang Maha Esa. yaitu nabi dan rasul.s Nabi Daud a. Nabi dan rasul yang wajib kita ketahui ada 25. sebagai petunjuk hidup bagi umatnya.: wa ±tain± d±w da zab r±(n). Rasul yang Menerima Kitab-Kitab Allah Allah Swt. yang dengan Kitab itu Mengenal Kitab-Kitab Allah 15 . Nabi Musa a. ya¥kumu bihan-nabiyy nalla©³na aslam lil-la©³na h±d Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi). dan Nabi Muhammad Saw. Adapun kitab-kitab Allah yang wajib kita ketahui adalah sebagai berikut.s menerima kitab Zabur. (Q. Kitab Al-Qur'an B. dan Bani Israil. Para utusan yang menerima kitab suci ada empat orang. menerima kitab Taurat. Kitab Zabur 2. Firman Allah Swt. Nabi Musa a. Nabi Musa a. Firman Allah Swt.S. 2. Nabi Isa a. yaitu Nabi Daud a. 1.s. Al-Isra. untuk menjadi petunjuk bagi Nabi Musa a. Kitab Taurat 3.s. 1. Kitab Injil 4.s.s. [17] : 55). Nabi Daud a. telah mengutus para utusannya. Kitab ini diturunkan oleh Allah Swt. Artinya : Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.s.s.

‰ (Q. . Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.‰ (Q.s. Nabi Muhammad Saw. wa mu¡addiqal lim± baina yadaihi minat-taur±ti wa hudaw wa mau‘i§atal lil-muttaq³n(a). Nabi Muhammad Saw.: wa ±tain±hul-inj³la f³hi hudaw wa n r(un). .diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang berserah diri kepada Allah .: Syahru rama«±nalla©³ unzila f³hil-qur'±nu hudal lin-n±si wa bayyin±tim minal-hud± wa-furq±n Artinya: Bulan Rama«an adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Al-M 'idah [5] : 46). Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada tangal 17 Rama an. [2] : 185). Firman Allah Swt. 4. 16 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . dan membenarkan kitab yang sebelumnya. Firman Allah Swt.s. Al-M 'idah [5] : 44).S. yaitu Kitab Taurat. Nabi Isa a. menerima kitab Injil. Artinya : „Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi).S. Nabi Isa a. Al-Qur'an merupakan kitab yang terakhir diturunkan oleh Allah Swt. Al-Qur'an merupakan penyempurna kitabkitab sebelumnya. Al-Qur'an adalah petunjuk bagi umat manusia. Al-Baqarah. 3. (Q.S. menerima kitab Al-Qur'an. sama dengan kitab-kitab Allah sebelumnya.

Al-Qur'an sebagai Kitab Suci Terakhir Al-Qur'an adalah firman Allah Swt.: Inna h±©al-qur'±na yahd³ lillat³ hiya aqwamu wa yubasysyirul-mu'min³nalla©³na ya‘mal na¡-¡±li¥±ti anna lahum ajran kab³r±(n). Orang yang hidupnya berpedoman pada Al-Qur'an pasti selamat dunia dan akhirat. (Q. Artinya: Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar. ‘Allamal-ins±na m± lam ya‘lam. Bacalah. Al-Qur'an diturunkan dalam waktu 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. melalui Malaikat Jibril. Iqra' wa rabbukal-akram(u). 5 ayat. Al-Isra. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak Mengenal Kitab-Kitab Allah 17 . [17] : 9). Al-Qur'an kadang-kadang diturunkan 1 ayat. ada pula yang diturunkan lengkap satu surah. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. 10 ayat atau lebih.S. Khalaqal-ins±na min ‘alaq(in). Firman Allah Swt. melalui Malaikat Jibril secara berangsurangsur. Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi umat Islam. agar selamat dunia dan akhirat. Al-Qur'an merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Ayat yang mula-mula diturunkan adalah surah Al-Alaq ayat 1 sampai dengan 5 pada malam 17 Rama an tahun ke-41 dari kelahiran Nabi: Iqra' bismi rabbikal-la©³ khalaq(a).C. Al-Qur'an diturunkan oleh Allah Swt. 2 ayat. Alla©³ ‘allama bil-qalam(i). dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw.

suci yang wajib kita ingat adalah Zabur.s.S. Juga kepada kitab Al-Qur'an. 3. Bunyi ayatnya: al-yauma akmaltu lakum d³nakum wa atmamtu ‘alaikum ni‘mat³ wa ra«³tu lakumul-isl±ma d³n±(n) Artinya: „Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu. [5] : 3). Kita selaku umat Islam wajib meyakini kitab-kitab Allah yang telah diturunkan kepada para nabi. Injil diturunkan kepada Nabi Isa a. Al-Alaq. Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.diketahuinya. 18 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V .s. Injil. dan telah Kuridai Islam itu jadi agama bagimu.s. 4. yaitu ketika Nabi sedang melakukan wukuf di Padang Arafah pada waktu Haji Wada. Taurat diturunan kepada Nabi Musa a. 5. Ayat yang terakhir diturunkan adalah surah Al-M±'idah ayat 3. Kitab Kitab Kitab Kitab Kitab Allah hanya diturunkan kepada rasul-rasul-Nya. 2. Tugas Perorangan Buatlah kolom seperti di bawah ini! lalu isi dan tulis dalam buku tulismu! No Nama-Nama Kitab Allah Diturunkan Kepada Nabi Rangkuman 1. kita wajib mengimani dan mempelajarinya supaya mendapat petunjuk dari Allah Swt. dan Al-Qur'an. tanggal 9 Zulhijah. dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku. Al-M 'idah. Taurat.S. [96] : 1-5). (Q. (Q.

s. 5. . Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. 10. . Al-Qur'an Nabi Isa a. Kitab suci yang terakhir diturunkan adalah . .s. . a. a. berisi .s. penjelasan d. d. Zabur Pokok ajaran yang terdapat dalam kitab Injil adalah .s. . . 22 tahun 2 bulan 22 hari c. kabar gembira d. mengutus para nabi sebagai pemberi . . 2 tahun 2 bulan 22 hari d. firman Allah b. . Injil d.s. . . . Isa a. menurunkan kitab suci sebagai . 7. c. . a. 4. Taurat b. . 6. tentang peribadatan d. Mengenal Kitab-Kitab Allah 19 . Nabi Daud a. . nasihat b. Nabi Muhammad Saw. . c. . a. 8. Kitab suci Taurat diturunkan kepada Nabi . Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. a. Allah Swt. Uji Kemampuan A. keterangan c. a..s. a. 3. Taurat d. Nabi Musa a. pedoman hidup manusia b. sabda Rasul Allah Swt. penjelasan hidup manusia c. Al-Qur'an c. . . kekayaan Nabi yang menerima kitab Zabur adalah . . Injil b. . Musa a. menerima kitab . b. . rezeki c. . b. . tentang kemasyarakatan Al-Qur'an diturunkan dalam waktu . Zabur c.6. kepentingan para nabi Kitab suci yang diturunkan oleh Allah Swt. . kepentingan para malaikat d. 22 tahun 22 bulan 22 hari b. Muhammad Saw.s. . . petunjuk dan cahaya c. 9. a. Nabi Ibrahim a. d. . menerima kitab . Daud a. tentang keimanan b. Nabi Isa a. 2 tahun 22 bulan 2 hari 2. . a. .s. .

b. Ayat yang pertama kali diturunkan adalah Q.a. 3. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban di buku tulismu! 1. Penerima kitab Zabur adalah . Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban di buku tulismu! 1. C. Zabur Taurat c. . . . 4. sedang berada di . . Di mana Nabi Muhammad Saw. . . 5. Injil Al-Qur'an B. 2. . menerima wahyu yang terakhir? Perintah apa yang terdapat pada wahyu yang pertama diturunkan? Untuk apa Allah menurunkan kitab suci? Kepada siapa Allah menurunkan kitab suci? Dengan perantaraan siapa Allah menurunkan kitab suci? 20 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . . . Mukjizat yang terbesar Nabi Muhammad Saw. . Ketika menerima wahyu yang pertama Nabi Muhammad Saw. 3.S. 4. . Al-Qur'an diturunkan pertama kali pada tanggal . . . 5. . 2. Al-'Alaq ayat . . d. adalah .

Mereka terkadang dicerca.Bab 3 Kisah Nabi Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 3. cobaan serta ujian yang dihadapinya. Akan tetapi.1 Ketika terkena musibah. Segala perintah-Nya harus ditaati dan larangan-Nya harus dijauhi. Kisah Nabi N 21 . abi atau Rasul adalah manusia pilihan yang diutus oleh Allah Swt. dikatakan orang gila. bahkan keselamatan dirinya terancam oleh orang-orang yang tidak menyenanginya. manusia harus senantiasa sabar tabah seperti halnya para Nabi dan Rasul. hambatan.Nabi dan Rasul bertugas untuk menyampaikan ajaran tauhid. dihina. sebagai Tuhan yang harus disembah. sangat banyak tantangan. Ajaran tauhid. yaitu mengesakan Allah Swt. Setiap Nabi atau Rasul dalam melaksanakan tugas kenabian dan kerasulannya tidak selamanya lancar dan menyenangkan.

istri Nabi Ayub tidak sabar lagi dalam merawat suaminya. Sifat yang sangat menonjol pada diri Nabi Ayub adalah sangat menyayangi orang-orang miskin. dan rasa syukur kepada Allah Swt. dan anak-anak yatim serta sangat menghormati tamu. niscaya timbul mata air yang sejuk untuk mandi dan minum.‰ (Q. ketika ia berseru kepada Tuhannya „Aku ditimpa kepayahan dan penyakit yang disebabkan oleh setan.. Artinya: Ceritakan hamba Kami Ayub a. Rahmah pun pergi meninggalkannya. anak dari Nabi Ibrahim a..s. Kisah Nabi Ayub a. d. Istrinya bernama Rahmah dan banyak memberikan keturunan. 42).A. i© n±d± rabbah ann³ massaniyasy-syai¯±nu binu¡biw wa ‘a©±b(in). tetapi 22 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . air pun memancar keluar. dan rajin berdoa kepada Allah sehingga menjadi orang yang kaya raya. Berkat kesabaran dan ketabahannya. Allah mengabulkannya. Cobaan yang tak henti-hentinya tidak membuat Nabi Ayub putus asa. giat berusaha.‰ Maka Allah berfirman kepadaya „Entakkanlah kakimu di bumi. Nabi Ayub adalah seorang yang rajin.s. Dia mandi dan minum air itu sehingga penyakitnya sembuh.s.s. Urku« birijlik(a).S. janda-janda. Harta dan kekayaan yang begitu banyak musnah terbakar. Nabi Ayub mengentakkan kakinya ke tanah. Nabi Ayub berusaha untuk sembuh dan berdoa kepada Allah agar dibebaskan dari penyakit dan penderitaannya.s. harapan. Wa©kur ‘abdan± ayy b(a). Akibat bujuk rayu setan. h±©± mugtasalum b±riduw wa syar±b(un). Nabi Ayub diusir oleh kaumnya agar tinggal di tempat terasing. serta berdoa kepada Allah. Dia menyerukan kepada kaumnya untuk menyembah Allah Swt. Penyakit korengnya sangat parah sampai muncul belatung-belatung yang sangat menjijikkan. Nabi Ayub pun kembali seperti semula menjadi orang yang kaya raya. Ayahnya bernama Ishak a. mereka taat pada perintah Allah Swt. Nabi Ayub adalah seorang utusan Allah yang membimbing umatnya ke jalan yang benar. sembuh dan berusaha. pujian. [38] : 41. Penderitaan Nabi Ayub bertambah dengan munculnya penyakit korengan di sekujur tubuhnya. Anak-anaknya banyak yang meninggal. Dengan izin Allah Swt. Akhirnya Nabi Ayub a. Kejadian ini diterangkan dalam AlQur'an surah d ayat 41 dan 42. ulet. Semua itu menambah kesabaran. Nabi Ayub pun jatuh miskin. Kehidupan keluarganya baik. bekerja. Di tengah-tengah kenikmatan dan kebahagiaan hidup datanglah cobaan dan ujian yang bertubi-tubi dari Allah Swt.

Tuhan Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Pada masa pemerintahan Firaun. datang kepada Firaun beberapa ahli nujum istananya. rakyatnya hidup sengsara. semua anak laki-laki Bani Israil yang baru lahir harus dibunuh!‰ teriak Firaun.s. „Justru sebaliknya yang hamba lihat.‰ Firaun bukan main terkejutnya mendengar ramalan itu. Keduanya keturunan Bani Israil. Menurut perhitungan ilmu ramal kami. Dia merasa terancam. Mereka jadi kuli yang dipekerjakan secara paksa oleh raja zalim itu.tidak sombong dan angkuh. Masyarakat yang paling menderita adalah Bani Israil. Dalam keadaan menderita dan dicekam rasa takut. Titah raja sombong dan zalim itu segera dilaksanakan oleh para pembantunya. Pemimpin yang mereka tunggu-tunggu itu lahir. Namanya Musa. Seorang di antara mereka berkata. sebagai pelajaran bagi kita: Inna fir‘auna ‘al± fil-ar«i wa ja‘ala ahlah± syiya‘ay yasta«‘ifu ¯±'ifatam minhum yu©abbi¥u abn±'ahum wa yasta¥y³ nis±'ahum. Firaun memperlakukan mereka sebagai budak. akan lahir seorang anak laki-laki Bani Israil yang akan menghancurkan singgasana Paduka. perkenankan kami menyampaikan sesuatu yang amat penting. „Paduka Raja Mesir yang mulia. Kisah Nabi Musa a. Kelak ia akan sangat berpengaruh. rakyat. Ibunya bernama Yukabad. Ia akan menggulingkan kekuasaan Paduka dan tidak akan mengakui Paduka sebagai Tuhan yang harus disembah di bumi Mesir ini. Musa adalah putra Imran bin Qahat bin Lawi bin Yakub. Kekejaman mereka ini diceritakan dalam Al-Qur'an surah Al-Qa a ayat 4. innah k±na minalKisah Nabi 23 . negara Mesir kaya dan jaya. suatu hari. Akibatnya. mereka berharap Tuhan mendatangkan seorang pemimpin dari kalangan mereka. terutama dari golongan Bani Israil. Mudah-mudahan berkenan di hati paduka!‰ „Apakah yang telah engkau lihat dalam ramalanmu? Adakah kabar gembira untukku?‰ tanya Firaun. Paduka. „Kalau begitu. Namun. Sementara itu. semakin terancam. Doa mereka dikabulkan Allah Swt. B. Bani Israil hidup dalam ketakutan. Pemimpin tersebut dapat mengeluarkan mereka dari kesengsaraan. Saat itu juga yang terpikir olehnya adalah membunuh semua anak laki-laki Bani Israil yang baru dilahirkan.

Dia diberi kabar supaya tidak bersedih karena bayinya akan dikembalikan kepadanya. peti berisi bayi itu hanyut ke hilir.S. Di luar dugaan. Tuhan juga mengilhamkan ke dalam kalbu Yukabad bahwa putranya itu akan menjadi pemimpin Bani Israil. menyembelih anak laki-laki mereka. Tuhan Maha Mendengar. [28] : 4). Miryam. Sesungguhnya Firaun termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan. Dia dimasukkan ke dalam peti yang telah dipersiapkan sedemikian rupa. Bayi yang masih bulan itu dihanyutkannya di Sungai Nil. Dalam keadaan bingung dan ketakutan. Artinya: Sesungguhnya Firaun telah berbuat sewenang-wenang di muka bumi dan menjadikan penduduknya berpecah belah dengan menindas segolongan dari mereka. Ibu Musa tidak tenteram. Yukabad lalu melaksanakan perintah Tuhan itu. Gambar 3. Yukabad terus berdoa kepada Tuhan agar bayinya diselamatkan. Diiringi doa dan tetesan air mata. untuk mengawasi peti itu dari kejauhan. Al-Qa a .mufsid³n(a). dan membiarkan hidup anak perempuan mereka. (Q. Allah lalu mengilhamkan kepadanya agar menghanyutkan bayinya itu ke Sungai Nil dalam sebuah peti. Yukabad menyuruh anak perempuannya.2 Yukabad menghanyutkan bayinya sesuai petunjuk Allah Swt. Dia akan diangkat menjadi seorang nabi. kotak berisi bayi itu menyangkut di bawah 24 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V Sumber: Dokumentasi penulis berumur tiga . Dia takut jika suatu hari orang-orang Firaun akan memergokinya mempunyai anak laki-laki.

Dia bahkan sudah tahu bahwa Dia bukan anak Firaun. kebetulan sedang berjemur di tepi sungai sehabis mandi. Karena Yukabad adalah ibunya. orang yang dipukul itu mati. Firaun akhirnya menjatuhkan hukuman mati bagi Musa. Karena prihatin terhadap nasib rakyatnya. Dia ingin mengambil bayi yang manis dan lucu itu menjadi anak angkatnya. Setelah melewati perjalanan panjang. Dia mencoba mencegahnya. Tak jauh dari istana Firaun yang menghadap ke Sungai Nil. Namun. Musa kemudian memutuskan diri untuk lari meninggalkan Mesir. Asiah. Dia bertekad untuk membela kaumnya yang lemah. Tiba-tiba saja istri Firaun itu senang melihat bayi mungil itu. mengemukakan keinginannya menjadi pengasuh Sumber: Dokumentasi penulis bayi calon nabi itu. Tidak begitu lama. akhirnya Musa selamat dari ancaman penyembelihan Firaun. Allah membisikkan sesuatu di hatinya. usahanya itu tidak dihiraukan. Dia tinggal dan dibesarkan di istana Firaun. ada kabar bahwa istri Firaun mencari seorang wanita yang bisa menyusui Musa. Sejak kecil Musa sudah memperlihatkan ketidaksukaannya pada kezaliman para pembesar istana. Akhirnya Musa menghajar orang sombong itu. Asiah menemukan bayi itu. Ibunya kemudian mendatangi istana. Saat itu Dia baru berusia 18 tahun. Dia adalah keturunan Bani Israil yang tertindas. Suatu saat Musa melihat orang lemah yang dianiaya pembesar kerajaan.3 Istri Firaun menemukan bayi dan mengangkatnya menjadi anak Betapa gembira ibunya mendengar bayi Musa selamat.sebuah pohon. Di luar dugaan. Musa akhirnya Kisah Nabi 25 . Gambar 3. Saat itu istri Firaun. tentu bayi itu mau dan senang menyusu darinya. Dengan kasih sayang Allah. Dia bahkan dijadikan anak angkat Firaun.

s. yaitu dari Nabi Ibrahim a. Firaun sangat murka. tetapi Kelas V . Mereka menjadikan Para pendeta itu kaya raya. Mukjizat Nabi Musa yang lainnya adalah tangannya dapat bersinar putih cemerlang. Nabi Musa telah bertekad untuk melawan kekejaman Firaun terhadap rakyatnya. Nabi yang diutus sebelum Isa.sampai di Madyan. 26 Pendidikan Agama Islam 5 SD umatnya tidak dihiraukan. Bersama Nabi Harun. Dalam kesempatan itu Musa juga meminta kepada Allah agar dia ditemani oleh saudaranya dalam menyebarkan ajaran tauhid. Musa mendapat tugas yang amat berat. Pada saat itulah Musa menunjukkan mukjizatnya. untuk berdakwah kepada Bani Israil. Kemarahannya menjadi-jadi. Di sinilah Musa menerima wahyu dari Allah Swt. Di kota itulah Musa bertemu dengan keluarga Nabi Syuaib dan akhirnya menikah dengan salah seorang putrinya. adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah Swt. Nabi Musa menjumpai Firaun. Akhirnya menyatakan beriman kepada Allah Swt. Dia meminta Nabi Musa menunjukkan tanda-tanda kebesaran Allah. termasuk oleh Firaun. Pada masa itu keadaan masyarakat Bani Israil memang sedang rusak. Negeri Madyan ini terletak di sebelah timur Jazirah Sinai dan Teluk Aqabah. hinaan. Isa sendiri keturunan Bani Israil. Kisah Nabi Isa a. Tuhan yang wajib disembah. Begitu juga tekadnya untuk mengeluarkan manusia dari penindasan pemimpin yang zalim. Dalam perjalanan. Keteguhan dan keberanian Musa a.s. sesuai dengan keinginan mereka.. Perjuangannya untuk menyampaikan kalimat tauhid begitu teguh. C. di depan orang banyak. Musa menunjukkan bukti kebenaran bahwa hanya Allah Swt. Para pendeta Yahudi waktu itu telah mengubah ajaran asli Nabi Musa a.s..s. Setelah sepuluh tahun berada di Madyan. Musa berniat kembali ke Mesir dengan membawa istrinya. apalagi setelah Nabi Musa semakin banyak mendapatkan dukungan dari rakyat. Dia berdialog dengan Firaun tentang Tuhan. Musa sampai di Bukit (Thur) Sina. Akhirnya. dan ancaman pun terus ditimpakan kepada Nabi Musa. Pada saat itu pula Allah memberi Musa mukjizat berupa tongkat yang bisa berubah menjadi ular. Musa menunjukkan mukjizatnya sehingga ahli sihir Firaun tidak berdaya. Harun memang amat cakap dalam berbicara dan berdebat. Musa melemparkan tongkatnya yang dapat berubah jadi ular yang menakutkan. di sebelah selatan Palestina sekarang. yaitu menyadarkan Firaun dan pengikutnya dari kesombongan dan kezalimannya. Meskipun demikian. Waktu terus berlalu. Tentu saja cemoohan. Itulah kehendak Allah. akan menjadi teladan bagi umat Islam sepanjang zaman. Firaun tetap saja tidak mengakui kenabian Musa dan ketuhanan Allah Swt. Mereka bahkan tenggelam dalam kemewahan dunia. Nabi Musa menasihati kaumnya untuk terus bersabar dan bertawakal menghadapi kesewenang-wenangan Firaun. Firaun semakin kejam terhadap Bani Israil. Firaun semakin jengkel. Mereka meninggalkan tuntunan kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa.s. Nabi Isa a. Saudaranya itu bernama Harun. Dia diutus oleh Allah untuk memperbaiki akidah dan akhlak kaum Bani Israil yang telah bertentangan dengan ajaran Nabi Musa.s. Tugas dakwah yang diemban Nabi Musa terus dijalaninya. Sejumlah orang ada yang mulai menyadari akan keberadaan dan kekuasaan Allah Swt. Dia masih satu keturunan dengan Nabi Musa a. Mereka telah meninggalkan syariat Nabi Musa yang tercantum dalam kitab yang dikenal dengan sebutan Taurat. Kepada Firaun.

Kemaksiatan dan kejahatan mereka lakukan secara terang-terangan. Dia juga sering dipanggil Isa Al-Masih Putra Maryam. Kisah Nabi 27 . Itulah salah satu mukjizat Nabi Isa a. Allah Swt. Isa dapat berbicara dengan lancar. Dengan kekuasaan-Nya. Dilahirkannya Nabi Isa tanpa ayah merupakan tanda kebesaran Allah Swt. Dalam Al-Qur'an disebutkan jawaban bayi Isa terhadap keraguan dan prasangka buruk mereka. Ibu Nabi Isa namanya memang Maryam. Tugasnya. tentu umatnya akan lebih parah lagi. Maryam bahkan dituding berzina. Mungkin kamu ragu: „Tidak mungkin ada orang yang dilahirkan tanpa ayah?‰ Kamu pasti masih ingat kisah Nabi Adam a. sumber ajaran Nabi Musa. Siapa bapaknya? Nabi Isa tidak memiliki ayah. menegakkan kembali syariat Nabi Musa dan menuntun Bani Israil ke jalan yang diridai Allah Swt. Allah Swt. Mereka hidup dalam kemaksiatan dan kesenangan duniawi. Bahkan hari Sabtu. Mereka benar-benar telah murtad. siapa Isa Al-Masih itu? Isa Al-Masih adalah panggilan Nabi Isa a. Mereka tidak lagi mengamalkan kitab Taurat. Mereka juga ulama yang bakhil. Kalau para pendeta atau ulamanya telah menyeleweng dari ajaran Allah Swt. menjawab tuduhan-tuduhan mereka. Mereka bahkan berani membunuh nabi yang diutus oleh Allah kepada mereka. Mereka juga rakus dan tamak akan harta. Maryam tentu saja bingung dalam memberikan jawaban untuk membuktikan bahwa dia tidak melakukan hal yang dilarang Tuhan. Itulah yang dialami kaum Bani Israil saat itu. Itu terjadi karena Kehendak Allah Swt. Kepada masyarakat seperti itulah. anak-anak telantar. tidak mau bersedekah. yaitu Nabi Yahya dan Nabi Zakaria. dapat menciptakan manusia tanpa perantaraan adanya hubungan suami istri. Akhirnya.s.. Nabi Isa dilahirkan di Bethlehem. Mereka bahkan mengingkari akan datangnya Kiamat. Lalu. mereka ubah menjadi hari untuk liburan atau bersenang-senang.agama hanya untuk memperkaya diri sendiri. dan fakir miskin.s. Mereka tidak mempedulikan lagi nasib yatim-piatu. Mereka menganggap Nabi Isa sebagai anak haram. Walapun masih bayi.s. Tidak ada yang mustahil bagi Allah Yang Mahakuasa. AlMasih artinya „Raja yang Ditunggu-tunggu‰. memberikan jawaban kepada orang-orang yang berprasangka buruk itu melalui Isa yang masih bayi. yang ditetapkan Nabi Musa sebagai hari beribadat. Maryam melahirkan Isa padahal Dia masih perawan. Nabi Adam adalah manusia yang tidak memiliki ayah dan ibu. Masyarakat waktu itu juga mempertanyakan mengapa Maryam yang terkenal sebagai wanita salehah itu melahirkan anak padahal Dia tidak bersuami. Nabi Isa diutus oleh Allah Swt.

(Q. [19] : 30-33). Kepadaku diperintahkan untuk mendirikan salat. Dia tidak menjadikan aku sebagai seorang yang sombong dan celaka. menunaikan zakat sepanjang hayatku.Q±la inn³ ‘abdull±h(i). Maryam. wa au¡±n³ bi¡-¡al±ti waz-zak±ti m± dumtu ¥ayy±(n). qad khalat min qablihir-rusul(u). wa ummuh ¡idd³qah(tun). maka ada orang yang berkeyakinan bahwa Isa adalah anak Tuhan. k±n± ya'kul±ni¯-¯a‘±m(a). Allah memberiku Al-Kitab dan Dia menjadikan aku seorang nabi. „Sesungguhnya aku ini adalah hamba Allah. Sangkaan ini dijawab oleh Nabi Isa seperti yang disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai berikut: Mal-mas³¥ubnu maryama ill± ras l(un). Wa ja‘alan³ mub±rakan aina m± kunt(u). dan berbakti kepada ibuku. Aku diberkahi-Nya di mana pun aku berada. Artinya: Isa berkata. di hari aku meninggal. un§ur kaifa nubayyinu lahumul-±y±ti £umman§ur ann± yu'fak n(a). dan di hari aku dibangkitkan hidup kembali. ±t±niyal-kit±ba wa ja‘alan³ nabiyy±(n). Karena Isa hanya mempunyai ibu tetapi tidak memiliki ayah. Padahal. 28 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Was-sal±mu ‘alayya yauma wulittu wa yauma am tu wa yauma ub‘a£u ¥ayy±(n). tidaklah beranak dan tidak pula diperanakkan. Wa barram biw±lidat³ wa lam yaj‘aln³ jabb±ran syaqiyy±(n).S. Semoga kesejahteraan dan kedamaian dilimpahkan kepadaku di hari lahirku. Allah Swt.

Artinya: Al-Masih Putra Maryam hanyalah seorang rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar. Keduanya biasa memakan makanan. Perhatikanlah bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (Ahlul Kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu. (Q.S. Al-M Êidah, [5] : 75) Seiring perjalanan waktu, Isa anak Maryam bertambah besar. Dia tumbuh menjadi anak yang sehat jiwa dan raganya. Di kalangan teman-temannya dia sangat dikenal dan disukai. Bahkan menjadi pemimpin dan kesayangan mereka. Isa memang mempunyai kelebihan dari teman-teman sebayanya. Apa kelebihan Isa dibandingkan dengan teman-temannya? Kelebihan yang pertama, sejak kecil Isa sudah menampakkan sifat-sifat mulia. Di rumah, dia sangat patuh kepada ibunya. Di tempat belajar, dia sangat hormat dan menaruh sopan kepada guru dan orang yang lebih tua dari dirinya. Dia juga amat sayang kepada mereka yang lemah seperti fakir miskin dan yatim piatu. Dia bahkan selalu siap menolong dan membantu mereka. Budi pekertinya tinggi dan amat mulia. Kelebihan yang kedua, sejak kecil Isa amat senang mencari ilmu. Dia dikenal sebagai murid yang cerdas dan ulet. Hampir semua mata pelajaran dapat dikuasainya dengan baik. Di kelas, dia menyimak dengan tekun semua pelajaran yang disampaikan gurunya. Nasihat dan petuah gurunya didengarnya dengan penuh perhatian. Tidak jarang pertanyaan Isa menyulitkan gurunya. Karena kecerdasannya, sering kali dia lebih dahulu mengetahui apa yang diterangkan oleh gurunya. Tatkala Isa berumur 12 tahun, Maryam membawanya ke Baitul Maqdis untuk menuntut ilmu agama. Baitul Maqdis adalah rumah suci tempat Maryam beribadah selama bertahun-tahun. Di rumah suci itu Maryam dibesarkan dan diasuh oleh Nabi Zakaria. Di rumah itu pula Tuhan memberi tahu Maryam bahwa dia akan melahirkan Isa tanpa seorang ayah. Walaupun kemegahan kota Yerussalem sangat terkenal waktu itu, tetapi Isa tidak merasa tertarik. Isa tidak menyukai kemewahan dan kesenangan. Dia lebih tertarik mengikuti pelajaran agama yang diberikan oleh para pendeta di Baitul Maqdis. Dia menghabiskan hampir semua waktunya di Baitul Maqdis. Dia menghadiri pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh para pendeta dan ulama. Pada setiap pertemuan itu, Isa suka mengajukan pertanyaan. Sering pula dia berdebat, menolak, bahkan membantah pendapat gurunya. Para pendeta sering mengalami kesulitan menghadapinya. Mereka menganggap dirinya selalu benar. Mereka tidak senang ada murid yang membantahnya. Karena itu, mereka tidak menyukai Isa. Bahkan, ada yang menunjukkan sikap bermusuhan secara terang-terangan. Meskipun demikian, Isa tidak mempedulikannya. Dia tak pernah absen pada setiap pertemuan. Demikian bersemangatnya ia menuntut ilmu, terkadang dia lupa makan dan minum. Berharihari pula dia sering tidak pulang ke tempat ibunya. Pada usia 30 tahun, Isa tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan, cerdas, berakhlak mulia dan hidup sederhana. Isa dicintai banyak orang, tetapi juga dimusuhi oleh banyak orang. Dia dicintai oleh masyarakat kecil, seperti fakir miskin dan yatim 29

Kisah Nabi

piatu karena suka menolong mereka. Sebaliknya, Isa dibenci oleh para pembesar, seperti raja-raja yang zalim dan pendeta-pendeta yang khianat. Suatu hari Isa pergi bersama ibunya ke Bukit Zaitun. Di sana Isa berdoa dengan sangat khusyuk. Dia memohon pengampunan, perlindungan, keselamatan, dan petunjuk dari Allah Swt. Selagi berdoa, turunlah cahaya gemerlapan, berkilaukilauan dari langit. Cahaya itu diikuti oleh rombongan malaikat yang tak terhitung jumlahnya. Para malaikat itu mengelilingi Isa. Malaikat Jibril lalu memberikan sebuah kitab kepada Isa. Kitab Suci dari Allah yang diajarkan kepada Isa itu dikenal dengan sebutan Injil (Al-Kitab). Mulai saat itulah Isa resmi diangkat menjadi Nabi dan Rasul Allah Swt. Turun dari Bukit Zaitun, Isa kemudian mendatangi Bani Israil dan menyatakan kenabiannya. Isi kitab suci yang diterimanya meluruskan ajaran Nabi Musa yang diselewengkan oleh Bani Israil. Dia membongkar kesalahan, penyelewengan, dan kesesatan para pendeta Yahudi kepada Bani Israil, Isa menyampaikan ajaran-ajaran yang terdapat dalam kitab suci yang diterimanya itu. Dalam Al-Qur'an disebutkan:

Wa ya‘allimuhul-kit±ba wal-¥ikmata wat-taur±ta wal-inj³l(a) Artinya: Dan Allah mengajarinya Al-Kitab, hikmah (ilmu pengetahuan), Taurat dan Injil. (Q.S. li'Imr n, [3] 48) Di antara ajaran pokok yang terdapat dalam kitab Nabi Isa adalah perintah agar mereka hanya menyembah Allah Swt. Di dalamnya disebutkan juga bahwa suatu saat akan datang nabi terakhir yang bernama Ahmad (muhammad Saw.). Dalam Al-Qur'an disebutkan:

Wa i© q±la ‘³sabnu maryama y± ban³ isr±'³la inn³ ras lull±hi ilaikum mu¡addiqal lim± baina yadayya minat-taur±ti wa mubasysyiram biras liy ya't³ mim ba‘dismuh a¥mad(u), Artinya: Dan (ingatlah) ketika Isa Putra Maryam berkata, „Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang rasul yang akan datang setelahku yang namanya Ahmad (Muhammad). (Q.S. A - aff, [61] : 6) 30
Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V

Nabi Isa berdakwah dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Dia selalu ditemani oleh sahabat setianya yang paling dulu mempercayai kenabiannya. Jumlah sahabatnya itu ada 12 orang. Mereka dikenal sebagai Hawariyyun. Nabi Isa dengan tekun mengajak umatnya untuk hanya beribadah kepada Allah Swt. dan meninggalkan kemaksiatan. Namun, ajakannya selalu dihalang-halangi oleh para pendeta Yahudi. Mereka takut terbongkar kebohongannya dan kehilangan kekayaannya. Oleh karena itu, mereka terus berusaha mencelakakan Nabi Isa. Meskipun demikian, Nabi Isa tetap teguh menjalankan tugas kenabiannya, mengajak Bani Israil untuk hanya menyembah Allah Swt., menjauhi kemaksiatan, dan senantiasa berbuat baik kepada makhluk-Nya.

Tugas Perorangan
1. 2. Tulislah pada buku tulismu para nabi dan kitab yang diterimanya dari Allah Swt. Bacakan hasilnya di muka kelas!

Tugas Kelompok
1. 2. Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang kisah nabi! Laporkan hasilnya dalam diskusi kelas!

Rangkuman
1. Nabi atau rasul adalah manusia pilihan yang diutus oleh Allah Swt. untuk menyampaikan ajaran tauhid, yaitu mengesakan Allah Swt. sebagai Tuhan yang harus disembah dan harus ditaati, serta mereka dijadikan teladan segala perilakunya. Nabi Ayub a.s. adalah seorang yang rajin, ulet, giat berusaha, dan rajin berdoa kepada Allah Swt. sehingga menjadi orang yang kaya raya. Nabi Musa termasuk keturunan Bani Israil. Pada masa Nabi Musa, Bani Israil selalu mendapatkan penindasan dari raja yang bergelar Firaun. Bani Israil diperlakukan seperti budak. Mereka dipaksa untuk membuat Piramida. Dengan keteguhan iman dan keberaniannya, Nabi Musa berjuang melawan Firaun untuk mengeluarkan kaumnya dari penindasan raja yang berlaku sewenang-wenang. Dalam menyebarkan ajaran Tuhan, Nabi Musa dibantu oleh saudaranya yang bernama Harun. Nabi Musa dianugerahi Allah Swt. kitab wahyu yang dikenal dengan sebutan Kitab Taurat. Pertama kali Nabi Musa menerima wahyu dari Allah Swt. di Bukit Sinai.
Kisah Nabi

2. 3.

4.

5. 6.

31

diberi para sahabatnya b. . a. . kusta c. Di antara mukjizat Nabi Isa a. . . sering dipanggil Isa Al-Masih bin Putra Maryam.s. . Bani Quraisy Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V 2. Mukjizat Nabi Isa ini ditunjukkan Allah Swt. yang telah menyelewengkan ajaran Nabi Musa a. 9.s. Nabi Isa c. Alexander Yang Agung d. Nabi Isa a. Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. berdagang Penyakit yang diderita Nabi Ayub a. 5.s. Nabi Ibrahim Umat Nabi Musa dan Nabi Isa dikenal dengan sebutan . 4. .s. 8. kemiskinannya b. terutama kepada fakir miskin. . Bani Hasyim b. untuk membuktikan kenabian Nabi Isa a. a. Uji Kemampuan A. a. 10. . Nabi Ayub a. . . kesusahannya d.s. anak dari Nabi . Nabi Isa as. Pengikut setia Nabi Isa a. Nabi Isa sangat terkenal dengan sifat penolongnya.s. . Firaun c.s. 7. 32 . a. kemewahannya Nabi Musa a. Abu Jahal Saudara Nabi Musa a. banyak harta warisan d. . lepra d. Bani Israil c. Nabi Harun b. gula Nabi Ayub a.7. a. rajin berusaha c. yang juga diangkat menjadi nabi adalah . a.s. yaitu Bani Israil. . korengan b.s. . yatim piatu.s. kesabarannya c. berjuang menegakkan perintah Allah melawan raja sombong di Mesir yang bergelar . 3. Raja Agung c. Jumlahnya 12 orang. a. Nabi Isa a. disebut Al-Hawariyyun. dan orang-orang yang lemah lainnya. . Bani Nadir d. . Ishak b. diutus untuk menyelamatkan kaumnya. . Nabi Hidir d. sangat terkenal karena . yang artinya Isa Raja yang Ditunggu Putra Maryam.s. . Ismail d. . adalah penyakit . adalah dapat berbicara ketika dia masih bayi.a masih keturunan Bani Israil. 6. . dan kekuasaan Allah Swt. Ibrahim c. . Isa Nabi Ayub menjadi kaya raya karena . Di antara mukjizat Nabi Musa adalah tongkatnya yang dapat berubah menjadi ular dan dapat membelah lautan.

s. . 4. 6. Madinah B. . . Markius c. Pengikut Nabi Isa yang murtad adalah . a. Bani Israil c. a. . 12 c. Columbus b. 3. . Nabi Musa diselamatkan Allah Swt.8. . . 2. sementara Firaun dan pengikutnya Kisah Nabi 33 . 5. a. Kitab yang diwahyukan kepada Nabi Isa adalah . fakir miskin d. Bani Nadir d. agar penyakit Nabi Ayub sembuh kakinya dientakkan ke . Bani Hasyim b. 13 d. Para pengikut Nabi Isa yang setia dikenal dengan sebutan . Mesir d. . . Fatimah c. . Hawariyyun. . . Sebagian besar pengikut awal Nabi Isa a. Dalam keadaan sakit dan miskin Nabi Ayub tetap . . Khadijah b. adalah . Bethlehem b. . Lucas 13. 18 b. Al Muqaddimun b. Yudas Iskariot d. Nabi Ayub mandi dan minum air itu sehingga penyakitnya . Mekah c. . . . . . Zabur 14. . . . a. d. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. . . Bani Quraisy 10. adalah . Hawariyyun 11. Jumlahnya ada . Ketabahan Nabi Ayub perlu kita . penguasa 15. a. dengan mukjizatnya berupa tongkat yang dapat membelah lautan menjadi daratan. . Muslihun c. Nabi Ayub mengentakkan kakinya ke tanah. yaitu . 25 12. Taurat b. a. Asabiqunal Awwalun d. . . . . orang kaya b. yaitu pengikut setia Nabi Isa. . . Dengan izin Allah. Tempat kelahiran Nabi Isa a. Ibu Nabi Isa adalah . Nabi Isa adalah seorang nabi di kalangan . . .s. . . Injil d. . a. . . a. Dengan izin . Al-Qur'an c. bangsawan c. . . Maryam Aisyah 9. . . Nabi Musa dan pengikutnya sampai di tepi lautan. maka keluarlah . . Ketika keluar dari Mesir untuk menyelamatkan Bani Israil dari penindasan Firaun.

.s. 9. 2. . Dalam kitab yang diwahyukan kepada Nabi Isa disebutkan akan datang nabi terakhir yang bernama . 5. . Menurut ajaran Islam. yaitu . 4. . Ajaran utama yang disampaikan oleh Nabi Musa a.s. . kepada umatnya adalah kalimat tauhid. atau lebih dikenal dengan sebutan Muhammad. . yaitu keturunan .s. 10. yang artinya „Tidak ada Tuhan selain Allah‰. . yang diberi tugas menyampaikan ajaran tauhid dan menuntun umat pada kebaikan. Nabi Isa itu bukan putra Allah. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. tetapi .s. 3.mati tenggelam di lautan. Nabi Musa a. dan Nabi Isa a. 8. . dan . . . C. dan Nabi Isa a. Siapa nama ayah Nabi Ayub? Sifat apakah yang membuat Nabi Ayub terkenal? Sebutkan cobaan yang menimpa Nabi Ayub! Apakah nama penyakit yang diderita Nabi Ayub? Dari garis keturunan siapakah Nabi Ayub itu? 34 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . . Beliau adalah rahmat bagi segenap alam. masih satu keturunan. 7.

s.. etiap Nabi dan Rasul adalah utusan Allah Swt. Perilaku Terpuji 35 .Bab 4 Perilaku Terpuji Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 4. Nabi Musa a. dan menjadi panutan bagi umatnya. Meneladani Perilaku Nabi Ayub a.s. setiap ucapan dan perilakunya merupakan teladan bagi umatnya.1 Ketika kita atau keluarga sakit.s.s. dan juga Nabi Isa a.. Hal ini termasuk perilaku Nabi Ayub a. hendaknya kita selalu bersabar seperti dicontohkan oleh Nabi Ayub a. S A.s.

B. Sementara itu. kejadian tersebut tidaklah menggoncangkan dan mengurangi keimanan Nabi Ayub a. Melihat itu. Mereka juga memecah belah Bani Israil. Kesabaran Nabi Ayub a. Penyakit merajalela di mana-mana. Apa pun cobaan dari Allah menimpa dirinya diterima dengan penuh kesabaran.s. kekayaan ataupun kemiskinan tidak mengurangi keyakinannya kepada Allah Swt. dan ditinggalkan oleh istri serta anak-anak yang dicintainya. Musa berdoa kepada Allah agar menurunkan azab kepada Firaun dan pengikutnya. tentulah akan durhaka kepada Allah Swt.Nabi Ayub a. setiap hari ribuan orang mati kelaparan.s. tidak pernah tertinggal dan lalai. Bahkan Nabi Musa akan bebas membawa mereka ke negeri Kan'an. Tuhan mengabulkannya. negeri Mesir dilanda kemarau yang amat panjang. terutama dari kalangan Bani Israil. Nabi Musa terus membangkitkan semangat dan harga diri Bani Israil. karena dia hidup dalam kesenangan. Dia yang asalnya kaya-raya lama-kelamaan kekaannya semakin surut dan berkurang. Keimanan Nabi Ayub a. sehingga tidak kekurangan sesuatu pun. Allah memperlihatkan keimanan dan kesabaran Nabi Ayub a. Menurut pendapat setan.s. Nabi Ayub beriman kepada Allah Swt. oleh kita adalah sebagai berikut.s. dengan dikurangkan rezekinya. 1. Mereka tetap saja sombong dan zalim. Kedudukan Nabi Musa sebagai pemimpin Bani Israil semakin kokoh. Ibadahnya kepada Allah Swt.s. Bahkan kemiskinan semakin mendekatkannya kepada Allah Swt. yang memiliki harta yang melimpah. jika menderita sakit dan miskin seperti orang lain. Nabi Musa juga meyakinkan mereka bahwa suatu saat mereka akan bebas dari penindasan Firaun. Akhirnya setan kalah dan tak berdaya. Dari hari ke hari semakin banyak orang yang menjadi pengikutnya. Firaun juga terus-menerus menjalankan segala siasat untuk membinasakan Musa dan pengikutnya. Akibatnya.s. Akhirnya Nabi Ayub menjadi orang miskin. memiliki harta yang banyak.s. Keteladanan lain yang dapat kita contoh dari Nabi Ayub a. negeri asal nenek moyang mereka Nabi Yakub. Sungai Nil menjadi kering tidak dapat mengairi tanah pertanian. Suatu ketika nabi Ayub diuji oleh Allah Swt. adalah tentang kesabarannya.s. 2. Hal ini terjadi karena setan memohon kepada Allah agar Nabi Ayub a. Beliau yakin bahwa kekayaan dan kemiskinan berasal dari Allah Swt.. Menurut pendapat setan. dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Perilaku yang harus diteladani dari Nabi Ayub a. Mereka harus terus memperjuangkan kemerdekaan atau kebebasannya. Bagi Nabi Ayub a. Tuhan juga mengazab 36 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V .s. istri dan anak yang saleh dan salehah. Nabi Musa tak henti-hentinya menyadarkan Firaun dan kaumnya agar menyembah Allah Swt. walaupun diuji dengan kemiskinan dan penyakit yang dideritanya. Akan tetapi. Nabi Ayub tetap sabar ketika sakit. diberi cobaan yang seberat-beratnya. Meneladani Perilaku Nabi Musa a.s.

Allah Swt. Hidung. Kedua sisinya bergulung-gulung setinggi gunung. Musa lalu memimpin kaumnya menyeberangi lautan itu. Di tepi Laut Merah. „Pukulkan tongkatmu ke laut. Gambar 4. Tak terhitung harta dan nyawa yang hilang. mulut. dan telinga orang-orang sombong dan zalim itu berdarah. Sementara itu. Nabi Musa dan pengikutnya pun berangkat ketika Firaun dan pengikutnya sedang tertidur lelap. melindungi hamba-Nya. para pengikut Musa kebingungan untuk menyeberangi lautan. Mengetahui Musa dan pengikutnya telah lari.mereka dengan mendatangkan badai dan topan. Laut Merah terbelah dua. Ditambah lagi dengan serangan kutu-kutu yang membuat orang tidak bisa tidur. suatu mukjizat dari Allah Swt. mereka sampai di tepi Laut Merah. Firaun dan balatentaranya ikut juga masuk lautan menyeberangi jalan yang dilalui Nabi Musa dan kaumnya. Akhirnya Allah Swt. tetapi Firaun tetap sombong dan berlaku aniaya terhadap rakyatnya. Mereka pun selamat. menghentikan siksaan itu. Musa!‰ Maka terjadilah suatu keajaiban. Penyakit itu sangat menakutkan. Nabi Musa akhirnya mendapatkan wahyu untuk keluar dari negeri Firaun. Firaun segera mengejarnya dengan pasukan berkuda. Antara kedua sisi dinding itu terbentang jalan yang kering. Setelah banjir. Ketika fajar menyingsing. Melihat Firaun semakin mendekat. Allah Yang Maha Penolong akhirnya mewahyukan kepada Sumber: Dokumentasi penulis Musa. mulut. Menghadapi semua siksaan itu. Kini mereka terlepas dari kezaliman dan penganiayaan Firaun yang kejam.2 Dengan pasukan berkuda. Firaun tidak bisa berbuat apa-apa. Semalaman mereka berjalan cepat. Firaun bahkan merencanakan untuk membunuh Nabi Musa. tetapi kaum Bani Israil banyak yang menjadi korban pembantaian Firaun dan balatentaranya. Firaun segera mengejar Nabi Musa dan pengikutnya sampai ke tepi Laut Merah. kaum Bani Israil semakin Perilaku Terpuji 37 . didatangkan pula penyakit aneh yang menyerang hidung. Sungai Nil berubah banjir dan menjadi maut yang menakutkan. dan telinga. setengah berlari.

Seketika itu pula dinding air yang bergununggunung itu bertemu kembali. dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri kepada Allah. Berikut ayat Al-Qur'an yang menggambarkan peristiwa tersebut di atas. „Saya percaya bahwa tiada Tuhan selain Tuhan yang dipercaya oleh Bani Israil. ¥att± i©± adrakahul-garaqu q±la ±mantu annah l± il±ha illal-la©³ ±manat bih³ ban isr±'³la wa ana minal-muslim³n(a). Artinya: (Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi lautan. Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang 38 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . wa inna ka£³ram minan-n±si ‘an ±y±tin± lag±fil n(a). Atas kehendak-Nya.gelisah. Mayat Firaun yang mengaku tuhan itu kemudian diawetkan dengan cara dibalsem. ²l'±na wa qad ‘a¡aita qablu wa kunta minal-mufsid³n(a). mengeluarkan mayat Firaun dan balatentaranya dari dalam lautan. Allah mewahyukan lagi kepada Nabi Musa agar memukulkan kembali tongkatnya sesampainya di daratan. Firaun dan balatentaranya mati terbenam ditelan lautan. lalu mereka diikuti oleh Firaun dan balatentaranya. Sampai saat ini. dan kamu termasuk orangorang yang berbuat kerusakan. karena hendak menganiaya dan menindas (mereka). hingga bila Firaun telah hampir tenggelam berkatalah ia.‰ Apakah sekarang baru kamu percaya padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dulu. agar menjadi pelajaran bahwa tidak ada orang yang kuasa menghadapi kekuasaan Allah Swt. Mesir. Wa j±wazn± biban³ isr±'³lal-ba¥ra fa atba‘ahum fir‘aunu wa jun duh bagyaw wa ‘adw±(n). Namun. Allah Swt. Bahkan tubuh Firaun sengaja dikeluarkan dalam bentuk yang utuh. mayat Firaun tersimpan utuh di suatu Museum di Kairo. Fal-yauma nunajj³ka bibadanika litak na liman khalfaka ±yah(tan).

Sikap pantang menyerah Banyak tantangan dan hambatan yang mengadang Nabi Musa a. 1.. Terutama mereka yang hidupnya diliputi kesusahan.s. dalam menyebarkan agama Allah tidak pernah kendur. Sikap sabar Dalam menyiarkan agama Allah. dan kemiskinan. Namun. akan memberikan kemudahan dalam kesulitan. seperti fakir miskin dan yatim piatu. Nabi Isa dengan sabar mengobatinya.datang sesudah kamu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami. Di samping itu. Dalam memperjuangkan kebenaran kamu harus berani. Dia amat memperhatikan dan mencintai mereka. Seruan Nabi Isa a.S. Kesabarannya membuahkan hasil dengan datangnya pertolongan Allah Swt. selalu sabar. C. juga lebih banyak didengar oleh orang-orang yang lemah.s. Apabila ada di antara mereka yang sakit. harus tetap gigih dan tidak mudah menyerah. Niscaya Allah Swt. menyiarkan agama Allah. antara lain sebagai berikut. Nabi Isa lebih sering dan lebih senang bergaul dengan orang-orang yang nasibnya kurang beruntung. Ini termasuk mukjizat yang Allah berikan kepada Isa a. (Q.s. Begitu pula dalam belajar. Kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Firaun yang sombong dan kejam dilaknat Allah Swt. semangat Nabi Musa a. kita wajib meneladani perilaku Nabi Isa yang suka menolong sesama makhluk Allah Swt. Dia bahkan pernah menyembuhkan orang buta hanya dengan mengusap matanya.s. Ancaman pembunuhan dari raja Firaun menjadikan dirinya lebih semangat. Sebagian besar pengikut Nabi Isa juga orangorang yang sering menjadi korban penindasan penguasa yang zalim. Sebagai Muslim.s.s. Y nus [10] : 90-92) Dari uraian di atas banyak hal yang patut kita teladani. kebodohan. Nabi Musa mendorong kaum Bani Israil memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan. penderitaan. Perilaku Terpuji 39 . 2. belajarlah dengan tekun. Meneladani Perilaku Nabi Isa a. Nabi Musa a.

Mereka telah mengubah ajaran Nabi Musa a. Mereka kemudian memfitnah Nabi Isa di depan Kaisar Romawi. Allah Swt. hakim Romawi mengeluarkan perintah untuk menangkap dan membunuh Isa di tiang salib.s. terutama para pendetanya. Sebaliknya. Dia tidak mati. Dialah yang membocorkan tempat persembunyian Nabi Isa kepada tentara Romawi. Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 4. memerintahkan untuk menyelamatkan Isa dan mengangkat kepada-Nya.3 Dalam kehidupan sehari-hari hendaknya kita selalu menolong fakir miskin seperti halnya Nabi Isa yang suka menolong sesama makhluk Allah Swt. Allah telah mengubah wajah dan suara Yudas Iskariot seperti wajah dan suara Isa. Akibatnya. Namun. Yudas inilah yang akhirnya mati disalib. Allah menyelamatkan kekasih-Nya ini. Mereka menghasutnya dan menyebarkan isu bahwa Nabi Isa akan meruntuhkan Kekaisaran Romawi. golongan yang paling gigih menentang dakwah Nabi Isa adalah mereka yang menyebut dirinya Yahudi.4 Sahabat Nabi Isa yang berkhianat akhirnya disalib Di antara sahabat Nabi Isa ada yang murtad dan berkhianat kepadanya. Kepada malaikat-Nya.Gambar 4. Mengenai hal ini. Nabi Isa selamat. Namanya Yudas Iskariot (Yahuza Iskarit). Mereka yang paling khawatir kebohongan mereka terbongkar. Al-Qur'an menyebutkan: Sumber: Dokumentasi penulis 40 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . untuk kepentingan mereka.

m± lahum bih³ min ‘ilmin illattib±‘a§-§anni wa m± qatal hu yaq³n±(n). c. mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.s. Perilaku Nabi Ayub yang perlu diteladani. [4]: 157-158). Tetapi (yang sebenarnya) Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Tulis dalam buku tulismu! a. Kepeduliannya terhadap fakir miskin dan yatim piatu. 41 .S. Kerendahan hatinya Nabi Isa sangat menyayangi dan mencintai orang yang kurang beruntung. Sikap tolong-menolongnya terhadap semua mahkluk. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Q. Perilaku Nabi Musa yang perlu diteladani. kecuali mengikuti persangkaan belaka. wa m± qatal hu wa m± ¡alab hu wa l±kin syubbiha lahum. Bar rafa‘ahull±hu ilaih(i).‰ Padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak pula menyalibnya. benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa. Rasul Allah. b.Wa qaulihim inn± qatalnal-mas³¥a ‘³sabna maryama ras lall±h(i). Artinya: Dan karena ucapan mereka: „Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih Isa Putra Maryam. tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang diserupakan dengan Isa di mata mereka. Perilaku yang harus kita teladani dari Nabi Isa a. An-Nis '. 2. wa innal-la©³nakhtalaf f³hi laf³ syakkim minh(u). Tugas Perorangan 1. adalah: 1. wa k±nall±hu ‘az³zan ¥ak³m±(n). 3. Perilaku Nabi Isa yang perlu diteladani Bacakan hasilnya di muka kelas! Perilaku Terpuji 2. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu.

4. harapan Keteladanan Nabi Ayub a.s. Zabur b. Nabi Isa a. yang perlu kita contoh yaitu. a. anak-anaknya d.Tugas Kelompok 1. Taurat c. sekalipun mendapat ancaman pembunuhan dari Raja Firaun. . 4. sekalipun mendapat cobaan yang bertubitubui. Nabi Ayub c. . Kekayaan dan kemiskinan bagi Nabi Ayub a. .s. a. Lakukan secara bergilir sehingga semua murid mendapat giliran! Rangkuman 1. kepada Allah Swt. kekecewaan b. pantang menyerah dalam menyiarkan agama Allah. Nabi Musa. setan Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Musa adalah . . tetap taat beribadah. Nabi Ayub a. 5. bagaimana. Perilaku Nabi Ayub. . . Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. a. 2. 3. 42 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Kemiskinan dan penyakit yang dideritanya dihadapi Nabi Ayub dengan sabar dan tabah. Injil d. Uji Kemampuan A. . . kenabian d. keimanan c. sedih Nabi Ayub jatuh miskin dan sakit karena permintaan . ketika beliau sakit bersikap . dan Nabi Isa harus diteladani. tidaklah mengurangi . senang c. Nabi Musa a. 3. a. . Lakukan percakapan dengan teman sebangkumu di muka kelas! Kamu bertanya. 3. mengapa.s.s. .s. . 2. 4. sabar b. . sangat peduli terhadap orang-orang lemah terutama fakir miskin dan yatim piatu. syukur d. istrinya b. Al-Qur'an 2. temanmu menjawab atau sebaliknya! Gunakan kata lainnya: apa.

dan pantanng menyerah dicontohkan oleh . Penguasa Bani Israil c. . . . c. yang harus kita teladani! 43 Perilaku Terpuji . 8. . Saudara Nabi Musa yang membantu perjuangannya adalah .s. 9. a. a. Setelah sembuh Nabi Ayub menjadi . . b. .s. c. d. . . a. a.s. Bani Israil dari kekejaman Firaun. d. .s. . Ansar c.s. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. . 7.s. Raja yang Ditunggu-tunggu d. 5. Perlaku berani. a. Yahudi d. b. Nabi Idris a. Nabi Isa dilahirkan tanpa ayah Isa Al Masih adalah anak Tuhan Isa Putra Maryam Gelar Isa adalah Al-Masih 6. . d. Nabi Musa a. 4.s. C. Arti Al-Masih adalah . . Nabi Musa memiliki sifat pemberani terutama ketika ingin . Nabi Isa sering dipanggil Isa Al-Masih Putra Maryam. . kegagahannya Golongan yang paling gigih menentang dakwah Nabi Isa a.s. Nabi Ayub a. Sebutkan tiga macam sifat terpuji Nabi Ayub a. c. . . Keteladanan Nabi Ayub ketika diuji dengan penyakit yaitu . sifat yang harus diteladani dari Nabi Musa adalah . . Nabi Isa suka dipanggil dengan sebutan „Ruhul Kudus‰ yang artinya .s. 10.5. . . . . b. . kembali. kepandaiannya b. yaitu golongan . . Nabi Idris a. Muhajirin b. Nabi Ayub a. Nabi Isa a. kecuali . Dalam melawan kekejaman Firaun. . . B. 2. keberaniannya d. . . Nasrani Di a. Nabi Isa a. Orang suci b. . . Pemimpin Mesir Perilaku rendah hati dan duka menolong fakir miskin dicontohkan oleh . . . Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. 3. bawah ini adalah pernyataan yang benar. kesabarannya c. Nabi Musa a. .s. gigih.

sebutkan tiga macam! 44 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . 4. 3..2. untuk Nabi Ayub! Untuk apakah Allah Swt. 5.s. Sebutkan permohonan setan kepada Allah Swt. mengabadikan jasad Firaun yang sudah mati ribuan tahun yang lalu! Disebut golongan apakah pengikut Nabi Isa yang setia kepadanya! Perilaku apakah yang harus kita teladani dari Nabi Isa a.

Bahkan mungkin pernah melakukannya di sekolah. Mengajak umat Islam untuk segera melaksanakan salat fardu. Suara a an selalu dikumandangkan di masjid-masjid atau musala setiap masuk waktu salat fardu.1 Mengumandangkan a an di masjid K amu tentu pernah mendengar alunan suara a an atau iqamah. Suara a an mengalun merdu dan menggugah hati. Baik secara berjamaah maupun munfarid (sendirian). Bagi umat Islam.Bab 5 Azan dan Iqamah Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 5. A. masjid. Iqamah biasa dikumandangkan ketika akan melaksanakan salat fardu. Melafalkan Azan dan Iqamah Azan dan Iqamah 45 . suara a an bukan merupakan hal yang baru dan asing. atau musala.

Sebagai umat Islam. Allah Mahabesar. Oleh karena itu. Iqamah dikumandangkan apabila akan mulai mendirikan salat fardu. dari Mekah ke Madinah. Asyhadu anna Mu¥ammadar-ras lull±h (2x) 4. 1. perhatikan dan baca berulang-ulang bacaan a an berikut ini. ¦ayya’alal-fal±¥ (2x) 6. All±hu akbar. A an didengar oleh banyak orang dan sebagai syiar Islam. All±hu akbar (2x) 7. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah (2x) 46 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . kesan syiar Islam pun tidak begitu menarik. baca dan perhatikan artinya berikut ini. Allah Mahabesar (2x) 2. Asyahadu all± il±ha illall±h (2x) 3. Adapun mengenai lafalnya adalah sebagai berikut. All±hu akbar (2x) 2. A an merupakan pemberitahuan kepada umat Islam bahwa waktu salat telah tiba. Alunan suara a an enak didengar dan dilafalkan dengan makhraj yang benar.Apabila telah tiba waktu salat. 1. Melafalkan Azan A an biasa dikumandangkan dengan suara yang keras. disunatkan untuk mengumandangkan a an. apabila a an dikumandangkan dengan tidak baik. A an mulai disyariatkan pada tahun pertama dari hijrah Rasulullah Saw. Untuk lebih memudahkan pelafalan a an. L± il±ha illall±h Untuk lebih menghayati kalimat a an. kita harus belajar melafalkan a an dengan baik dan benar. All±hu akbar. 1. Dengan a an tercapailah seruan untuk salat berjamaah dan mengumandangkan syiar Islam. ¦ayya’ala¡-¡al±h (2x) 5. A an adalah pemberitahuan tentang masuknya waktu salat fardu.

Artinya: Benar dan baguslah ucapanmu dan akupun atas yang demikian termasuk orang-orang yang menyaksikkan. Lafalnya sebagai berikut. Adapun waktu salat Subuh ditambah dengan lafal: Assalatu khairum minannaum Artinya salat itu lebih baik daripada tidur. dan salat yang akan didirikan. dan Isya. Asar. Aku bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah (2x) Mari kita kerjakan salat Mari kita menuju kebahagiaan Allah Mahabesar. yaitu lafal „Assalatu khairun minannaum‰ maka lafal jawabannya: Sadaqta wabararta wa ana ala zalika minas sahidin.3. Penambahan lafal di atas setelah lafal Hayya alal falah. a. Ketika muazin mengumandangkan a an subuh. Magrib. Seorang yang mendengar a an disunatkan untuk menjawab/menyahutnya sesuai dengan yang diucapkan muazin. Berilah kepada Muhammad drajat yang tinggi dan pangkat yang mulia yang telah engkau janjikan kepadanya. Allah Mahabesar (2x) Tiada Tuhan selain Allah. Doa Sesudah A an Sesudah a an dikumandangkan disunatkan bagi muazin maupun yang mendengarnya untuk membaca doa.alah" seorang muazin disunatkan menoleh ke kanan. 4. Ketika melafalkan " ayya alal Fal " seorang muazin disunatkan menoleh ke kiri. 5. 7. Lafal a an di atas digunakan untuk waktu Zuhur. Ketika melafalkan " ayya'ala . Azan dan Iqamah 47 . Kecuali pada lafal " ayya'alal-Fal " maka menjawabnya adalah L± haula wa quwata ill± bill±hi Artinya: tidak ada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah. All±huma rabba ¥±©ih³d-da 'watit-t±mmati wa¡-¡al±til-q±'imati ±ti mu¥ammadanil-was³lata wal-fa«³lata wab'a£hu maq±man ma¥m danil-la©³ wa'adtahu Artinya: Ya Allah ya Tuhanku yang memiliki seruan yang amat sempurna ini. 6.

pertanda bahwa salat segera dimulai. Dilafalkan secara tertib (berurutan). 2. Syarat-Syarat A an 1. lafal iqamah dilakukan agak cepat. Ada waktu dan syarat-syarat yang harus diketahui sesuai aturan agama. Lafal-lafal a an dengan bahasa arab. ¦ayya alal fal±h 48 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Asyahdu anna Mu¥ammadar-ras lull±h 4. Antara lafal-lafal a an tidak boleh dipisah-pisahkan dalam jarak waktu yang lama. Adapun lafal iqamah adalah sebagai berikut: 1. ¦ayya’ala¡-¡al±h 5. 3. b. Asyhadu all± il±ha illall±hu 3. Apabila terdengar suara iqamah. 2. Setelah waktu salat tiba. Dapat didengar oleh sebagian atau dapat didengarkan sendiri bila sendirian (munfarid).Semua pekerjaan tidak boleh hanya asal dilakukan. Misalnya dalam mengumandangkan a an. 4. Syarat-syarat a an adalah sebagai berikut. All±hu Akbar All±hu Akbar 2. 5. Lafal Iqamah Beberapa saat setelah selesai a an dilanjutkan dengan iqamah. tidak perlu didengungkan dengan nada yang panjang seperti waktu melafalkan a an.

B. Seorang muazin harus bersih dari hadas besar maupun hadas kecil. Nabi bersabda: seandainya manusia tahu tentang pahala dalam melakukan a an dan salat berjamaah pada ¡af atau baris terdepan. Dari Abu Hurairah r. Mari kita kerjakan salat. 1. Abu Daud. At Tirmidzi. 5.6. lalu mereka tidak mendapatkannya kecuali dengan diundi. 6. Seorang muazin harus seorang laki-laki dan beragama Islam. Allah Mahabesar. Berperilaku baik dan dapat membedakan yang baik dan yang buruk. Mengumandangkan Azan dan Iqamah Setelah mampu melafalkan a an dengan baik dan benar. Sesunguhnya telah berdiri salat. (H. An Nasai. Kemudian kumandangkan lafal a an tersebut di depan bapak atau ibu guru agar dapat dibetulkan bila terdapat kesalahan dalam melafalkan huruf dan panjang pendeknya supaya tidak menyimpang dari ilmu tajwid. Adapun arti dari lafal iqamah adalah sebagai berikut: Allah Mahabesar. 8. Qad qa mati¡-¡al±tu 2x All±hu Akbar All±hu Akbar L±’il±ha illall±hu. Ahmad.R. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. 4. dari Abu Hurairah Nabi bersabda Azan dan Iqamah 49 . 2. 3. niscaya mereka akan melakukan undian untuk mendapatkannya. Banyak keutamaan bagi orang yang mengumandangkan a an maupun iqamah. Aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah. usahakan bacaannya dihafal dengan tidak melihat tulisannya. Mari kita menuju kebahagiaan. Mustafaq alaih) Dalam hadis lain diriwayatkan oleh Al Syafii. Pahala a an itu sangat besar sebagaimana dinyatakan Rasulullah Saw.a berkata. 7.

Tugas Perorangan 1. 50 A an menandakan waktu salat telah tiba. 2. Hafalkan lafal a an dan iqamah. A an merupakan seruan/panggilan bagi orang Islam untuk segera menegakkan salat. Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . sedangkan muazin adalah yang menanggung amanah.2 Membaca iqamah ketika salat akan segera dimulai Seperti halnya a an cobalah kumandangkan lafal iqamah secara bergiliran di depan bapak atau ibu gurumu. tetapi tidak digunakannya. betapa ruginya seseorang apabila ada kesempatan untuk melakukan a an. Praktikkan setiap akan mengerjakan salat fardu baik di sekolah maupun di rumah. 2. Rangkuman 1. Mengingat banyak keutamaan. Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 5. Lakukan secara bergilir di depan kelas.Artimya: Imam salat adalah penanggung jawab.

4. a. menghafalnya Salah satu syarat a an adalah . 5. mengikutinya d. . . Allah Tuhan yang Maha Esa Azan dan Iqamah 51 . dilafalkan secara bersama-sama c. waktu makan sudah tiba c. Mualaf Bagi yang mendengarkan alunan suara a an di sunatkan untuk . dilafalkan secara tertib Iqamah dikumandangkan sebagai pertanda bahwa . a. . a. a. . Iqamah sebagai tanda segera dilakukan salat. Lafal di atas ini bermakna . menjawabnya b. . kita kumandangkan dalam a an salat . waktu subuh sudah tiba Seorang yang mengumandangkan a an disebut . a. . . 7. . salat akan segera dilaksanakan c. Subuh 2.3. . Marbot c. . Dikumandangkan a an sebagai pertanda bahwa . 3. mendengar c. . Muazin d. waktu mulai buka puasa d. a. waktu salat sudah tiba b. imam salat sudah siap b. jumlah peserta salat sudah cukup Lafal "As Salatu Khairumminan naum". tiada Tuhan yang patut disembah b. dilafalkan di dalam hati b. . . . Uji Kemampuan A. . 6. a. . 4. . . A an dilakukan oleh laki-laki. dilafalkan terjemahannya d. waktu untuk salat sudah masuk d. Zuhur d. Mubalig b. . Magrib c. Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. tiada Tuhan selain Allah c. . Asar b. .

. A an diawali dengan lafal . 5. diucapkan seperti melafalkan a an c. Beberapa syarat dikumandangkan a an adalah . . Tindakan yang kamu lakukan adalah .al h asyahadu all il ha illall h B. 8. Ketika mendengar suara a an sikapmu yang terbaik adalah . terdengar suara a an. diucapkan agak cepat b. sedangkan iqamah . . . Tulislah arti lafal a an! Tulislah tujuan diperdengarkannya suara a an sebelum salat! Kapan iqamah dilafalkan? Apa arti kalimat „ ayya'ala . . Kamu mendapat tugas kelompok dari guru. . sembah Allah sebagai tuhanmu A an dikumandangkan dengan suara yang nyaring dan merdu. . b. a. All hu akbar c. ‰ Tulisan arabnya ditunjukkan dengan . . 9. 4.alah‰? Salinlah kalimat-kalimat iqamah! 52 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . . Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! Tulis jawaban di buku tulismu! 1. . 10. . diucapkan dengan suara lantang d. . C. . ayya'ala . . 4. . c. d. . 2. Seseorang yang melakukan a an disebut .d. a. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban di buku tulismu! 1. . b. diucapkan pelan dan terputus „ ayya'alal-fal a. 3. Pada saat kami asyik mengerjakan tugas tersebut. . . . . Salah satu syarat menjadi muazin adalah . . 3. . 5. 2. L il ha illall h d. .

. . Latihan Ulangan Semester 1 6. . . a.s. b. rezeki c. . . 4. a. c. 3. . d. Daud a. . . b. . 7 ayat 8 ayat 2. a. 5 ayat c. . . .s.s. . kekayaan Nabi yang menerima kitab Zabur adalah .s. Nabi musa a. 5. . .Latihan Ulangan Semester 1 A. . 6 ayat d. Musa a. nasihat b. Pilih jawaban yang paling benar! 1. a. b. Nabi Ibrahim a. . 53 . pedoman hidup manusia c. b. l tabudu L aÊbudu c. bacaan dari . a. . kepentingan para malaikat b. d. . Lanjutan dari ayat tersebut adalah . c. . . dibaca . . b. penjelasan hidup d. L budu L udu c. M aÊbat tum. mengutus para Nabi sebagai pemberi . Allah Swt. kepentingan para nabi Allah Swt. a. 7. d. d. Surah Al-Lahab terdiri dari . . menurunkan kitab suci untuk . a. kabar gembira d.

a. . lepra d. d. Bani Hasyim b. Injil b. a. kesabarannya c. 2 tahun 22 bulan 2 hari 11. Para pengikut Nabi Isa yang setia dikenal dengan sebutan . a. . korengan b. adalah penyakit . a. . Penyakit yang diderita Nabi Ayub a. Maryam Aisyah 18. . . . banyak harta warisan d.s.8. . Al-Qur'an c. Al-Qur'an 12. . Bani Quraisy 17. . Umat Nabi Musa dan Nabi Isa dikenal dengan sebutan . Hawarriyun 54 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Ibu Nabi Isa adalah .s. . kemewahannya 15. . a. . kesusahannya d. . Khadijah b. . Injil d. berjuang menegakkan perintah Allah melawan raja sombong di Mesir yang bergelar . Al-Qur'an Nabi Isa menerima kitab . . gula 14. . . kusta c. diberi para sahabatnya b. . Al-Qur'an diturunkan dalam waktu . a. Zabur c. . Bani Israil c. a. Assabiqul Awwalun d. . 22 tahun 22 bulan 22 hari b. Nabi Ayub menjadi kaya raya karena . Bani Nadir d. kemiskinannya b. . 22 tahun 2 bulan 22 hari c. . . b. 9. Zabur c. Nabi Muhammad Saw. . . Alexander yang agung d. Taurat d. Firaun b. Taurat d. . . a. Al-Muqaddimun b. 2 tahun 2 bulan 22 hari d. a. Raja Agung c. Injil b. Nabi Musa a. a. . Nabi Ayub sangat terkenal karena . . rajin berusaha c. . Kitab suci yang terakhir diturunkan adalah . . Fatimah c. . . a. berdagang 13. Abu Jahal 16. menerima kitab . Muslihun c. Taurat Zabur 10.

. . . d. Latihan Ulangan Semester 1 55 . Lucas 20. . Yudas Iskariot d. penguasa Bani Israil d. . c. a. a. . . Nabi Ayub jatuh miskin dan sakit karena permintaan . istrinya b. . . kepada Allah Swt. . ketika tiba waktu shalat 30. . b. puasa 28. Golongan yang paling gigih menentang dakwah Nabi Isa a. . Zabur b. Bagi muazin dosanya akan diampuni sepanjang . Arti Isa Al Masih adalah . . . Ansar c. wudu b. harapan 21. . setan 22. . . yaitu dari golongan . . puasa 29. Azan adalah pemberitahuan pada umat Islam bahwa telah datang . a. Al-QurÊan 23. waktu makan sahur c. sudah salat d. Taurat c. Markius c. . Yahudi d. Muhajirin b. orang suci c. Injil d. . . kekecewaan b. azan d. waktu salat telah hadir b. a. salat c. . Muazin adalah orang yang melakukan . a. tidaklah mengurangi . Bagi muazin akan mendapat pahala sebanyak . . Di a. Nasrani 24. salat c. . . azan d. . . pemimpin Mesir 26.19. . a. Keimanan c. a. Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Musa adalah .s. raja yang ditunggu-tunggu b. Azan dilakukan (dilafalkan) ketika . wudu b. . . kepada Allah Swt. bawah ini adalah pernyataan yang benar. waktu buka puasa d. Kekayaan dan kemiskinan Nabi Ayub a. . waktu salat c. Nabi Ayub c. kenabian d. anak-anaknya d. a. .s. . Nabi Isa dilahirkan tanpa ayah Isa Al Masih adalah anak tuhan Isa putra Maryam Gelar Isa adalah Al Masih 25. . . a. waktu imsak 27. a. Columbus b. sedang salat c. kecuali . Pengikut Nabi Isa yang murtad adalah . Nabi Isa sering dipanggil Isa Al Masih putra Maryam.

. Surah Al-K fir n terdiri dari . . . Surah Al-K fir n menceritakan tentang orang . . . . 5. 2. . 3. Ajaran utama yang disampaikan oleh Nabi Musa a. . Salinlah kalimat-kalimat iqamah! 10. . . 4. Dalam kitab yang diwahyukan kepada Nabi Isa disebutkan akan datang Nabi terakhir yang bernama .a. 5. . .! Bagaimana sikap Firaun ketika para pengikutnya mengikuti kenabian Nabi Musa dan beriman kepada Allah? 8. 4. dan Nabi Isa a. Di mana surah Al-Lahab diturunkan? Salinlah surah Al-K fir n ayat 1-6? Apa hukumnya membaca Al-Qur'an bagi umat Islam? Perintah apa yang terdapat pada wahyu yang pertama diturunkan? Kepada siapa Allah menurunkan kitab suci? Sebutkan dua mukjizat Nabi Musa dan Nabi Isa a. 3. . . Al-Qur'an diturunkan pertama kali pada tanggal . b. . L ilaha illallah artinya . 2.‰ 9. Apa artinya kalimat „ ayya'alal-falah‰? 56 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Mukjizat yang terbesar Nabi Muhammad Saw. c. 10. ayat. Dalam keadaan sakit dan miskin Nabi Ayub tetap . . adalah . Nabi Isa sering dipanggil dengan sebutan „ruhul Kudus‰ yang artinya . orang orang orang orang yang yang yang yang mendengarnya ikut salat bersamanya melihatnya mendoakannya B. . yaitu . 7. yang artinya „Tidak ada Tuhan selain Allah. . . .s. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban di buku tulismu! 1. 6. . C. atau lebih dikenal dengan sebutan Nabi Muhammad. Beliau adalah rahmat bagi setiap segenap alam 8. d. . 6. Untuk apakah Allah mengabadikan jasad Firaun yang sudah mati ribuan tahun yang lalu? 9. .s. .s. dibaca . . Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! Tulis jawaban di buku tulismu! 1. 7. . kepada umatnya adalah kalimat tauhid. .

Bab 6 Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 6.1 Pasukan gajah ingin menghancurkan Ka'bah B agi setiap muslim membaca dan mempelajari Al-Qur'an hukumnya wajib ain.S. Al-F l. Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam dan isi kandungannya merupakan pedoman hidup bagi kita. Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 57 . Adapun yang akan kita pelajari pada bab ini adalah Q. Al-M 'un dan Q.S.

artinya: barang-barang yang berguna. 1.S. Fawailul lil-mu¡all³n(a). 1.A. kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Alla©³na hum ‘an ¡al±tihim s±h n(a). Nama Al-M ‘ n ini diambil dari kata „AlM ‘ n‰ yang terdapat pada ayat ke-7. Ara'aital-la©³ yuka©©ibu bid-d³n(i). Alla©³na hum yur±' n(a). makhraj dan panjang-pendeknya yang benar dan lafalkan berulang-ulang sampai fasih. Isi kandungannya menerangkan tentang beberapa sifat manusia yang dipandang sebagai mendustakan agama. Bacalah tiap ayat dari surah Al-M ‘ n di bawah ini dengan harakat. 3. Membaca Surah Al-M ‘ n dan Q. tergolong surah-surah Makiyah (diturunkannya di kota Mekah). dan ancaman terhadap orang-orang yang melakukan salat dengan lalai serta riya. 58 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Wa l± ya¥u««u ‘al± ¯a‘±mil-misk³n(i). Surah Al-M ‘ n Surah Al-M ‘ n terdiri dari 7 ayat. Akan lebih baik lagi apabila kamu memahami artinya. Bacalah dengan lafal yang baik dan benar. 4. Fa ©±likal-la©³ yadu‘‘ul-yat³m(a). Misalnya Sural Al-M ’un dan surah Al-F l. 2. Bismill±hir-ra¥m±nir-ra¥³m(i). 5. Dimulai dari membaca surahsurah pendek. Al-F l Kamu harus rajin belajar membaca Al-Qur'an. 6.

Bacalah secara bersama-sama ayat demi ayat.7. Setiap murid harus mengikuti dengan disiplin dan penuh rasa tanggung jawab. mintalah bimbingan gurumu agar dapat membaca dengan baik dan benar. Tidak ada yang sulit untuk mempelajari sesuatu bagi seseorang yang tekun dan disiplin dalam belajar. Gambar 6. Setiap murid mendapat giliran yang sama. kalian membaca sendiri di muka kelas. Belajar dengan disiplin dan kemauan yang kuat akan membuat seseorang lebih cepat memahami setiap pelajaran. murid yang lain menyimak dengan cermat. Apabila belum bisa. Termasuk belajar membaca Al-Qur'an.2 Siswa membaca surah Al-M ‘ n secara bergiliran Sumber: Dokumentasi penulis Ketika temanmu membaca di muka kelas. Wa yamna‘ nal-m±‘ n(a). 2. Tentu saja kalian harus memperhatikan dahulu contoh dari gurumu. Oleh karena itu belajarlah dengan tekun dan disiplin untuk meraih hari esok yang lebih baik. kalian maju ke depan kelas secara bergiliran. Setelah membaca secara bersama-sama. Surah Al-F l Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 59 .

Peristiwa ini terjadi pada tahun kelahiran Nabi Muhammad Saw. Fa ja‘alahum ka‘a¡fim ma'k l(in). Perhatikan contoh dari guru ayat demi ayat. artinya „gajah‰. Al-F l Kalian telah dapat membaca surah Al-M ‘ n dan surah Al-F l dengan baik. Al-M ‘ n dan Q. 5. makhraj dan panjang pendeknya yang benar.Surah Al-F l terdiri atas 5 ayat. Bacalah tiap ayat dari surah Al-F l di bawah ini dengan harakat. 1. dan lafalkan berulang-ulang sampai fasih bacaannya. Tarm³him bi¥ij±ratim min sijj³l(in). 3. Bacalah pula secara bersama-sama ayat demi ayat. diturunkan sesudah surah Al-Kafirun.S. termasuk golongan surah-surah Makiyah. benar. Bismill±hir-ra¥m±nir-ra¥³m(i).S. Selanjutnya mari kita pelajari arti dari surah Al-M ‘ n dan Al-F l itu. Adapun nama „Al-F l‰ diambil dari kata Al-F l yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Surah Al-F l ini menerangkan tentang pasukan gajah dari Yaman yang dipimpin Abrahah bertujuan ingin menghancurkan KaÊbah di kota Mekah. B. Ulangi terus-menerus sehingga dapat membaca dengan baik dan benar! Selanjutnya kalian membaca secara bergiliran di muka kelas. 60 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Siswa lain yang belum mendapat giliran menyimak bacaan temannya dengan cermat. Alam tara kaifa fa‘ala rabbuka bi'a¡¥±bil-f³l(i). 4. Wa arsala ‘alaihim ¯airan ab±b³l(a). Mengartikan Q. 2. Alam yaj‘al kaidahum f³ ta«l³l(in). dan lancar.

Mengartikan Q. Oleh karena itu. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat. Wa l± ya¥u««u ‘al± ¯a‘±mil-misk³n(i). Al-M ‘ n Untuk mengetahui isi kandungan Al-Qur'an tidaklah cukup kita mempelajari bacaannya saja.S. tetapi kita harus tahu artinya dengan benar. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Ara'aital-la©³ yuka©©ibu bid-d³n(i). 4. Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 61 . perhatikanlah dengan baik arti dari tiap ayat surah Al-M ‘ n di bawah ini: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang: 1.1. dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Itulah orang yang menghardik anak yatim. 3. Hal ini agar dalam melaksanakan aturan yang terdapat dalam Al-Qur'an itu sendiri tidak salah dan tidak menyimpang dari seharusnya. 2. Fa ©±likal-la©³ yadu‘‘ul-yat³m(a). Fawailul lil-mu¡all³n(a).

2.S. 7. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Alam tara kaifa fa‘ala rabbuka bi'a¡¥±bil-f³l(i). dan enggan (menolong dengan) barang berguna Wa yamna‘ nal-m±‘ n(a). 2.5. orang-orang yang berbuat riya Alla©³na hum yur±' n(a). kemudian setelah hafal tunjukkanlah di depan kelas seorang demi seorang. 6. 62 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Mengartikan Q. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan KaÊbah) itu sia-sia? Alam yaj‘al kaidahum f³ ta«l³l(in). Bacalah surah Al-M ' n di atas berulang-ulang berikut artinya. (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya. Al-F l Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang 1. Alla©³na hum ‘an ¡al±tihim s±h n(a).

2. Tarm³him bi¥ij±ratim min sijj³l(in). Wa arsala ‘alaihim ¯airan ab±b³l(a). kemudian setelah hafal tunjukkanlah di depan kelas seorang demi seorang. Bacalah surah Al-F l di atas berulang-ulang dengan lafal yang benar serta hafalkan berikut artinya. 4. Yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar.3. 2. Fa ja‘alahum ka‘a¡fim ma'k l(in). Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong. 3. Lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). Tulislah surah Al-M ‘ n atau surah Al-F l dengan rapi. Tugas Perorangan 1. bersih! Tulislah pula artinya kemudian serahkan kepada guru untuk dinilai! Tugas Kelompok 1. Buatlah arti dari kata demi kata surat Al-M ‘ n dan Al-Fil! Kerjakan seperti contoh pada bab 1! Diskusikan dengan anggota kelompokmu lalu laporkan hasilnya dalam acara Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 63 . 5.

menceritakan tentang pasukan tentara gajah dari Yaman yang akan menghancurkan KaÊbah (Baitullah) di kota Mekah. bangunan „Ara'aita‰ bacaan dari . . 2. diturunkan di kota Mekah. . dan bertepatan dengan tahun lahirnya Nabi Muhammad Saw. fardu ain c. 4.diskusi kelas! Rangkuman 1. isi kandungannya tentang beberapa sifat manusia yang dipandang mendustakan agama. d.S. . fardu kifayah d. c. . Tahun itu disebut tahun Gajah.S. sunat rawatib Al-M ‘ n artinya . . sunat muakad b. . Membaca dan mempelajari Al-Qur'an bagi setiap muslim hukumnya adalah . Uji Kemampuan A. a. . lalai mendustakan agama 2. 3. „Yuka©©ibu bid-d³n‰ bacaan dari . a. barang berguna b. d. c. . Al-F l terdiri dari 5 ayat. Q. karena Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam dan isi kandungannya merupakan pedoman hidup bagi kita. Hukum membaca dan mempelajari Al-Qur'an bagi setiap muslim adalah fardu ain. Al-M ‘ n terdiri dari 7 ayat. . a. Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. b. b. a. arti dari Al-F l adalah „Gajah‰. dan ancaman terhadap orang-orang yang melakukan salat dengan lalai serta riya. . Q. . 64 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . diturunkan di kota Mekah. . 3.

sapi „Bi'a a. . . Surah Al-F l diturunkan di kota . . a. d. 7 ayat Surah Al-F l terdiri dari . „Ka'a fim ma'k l‰ bacaan dari . . 9. Arafah Al-F l artinya . 10. .c. c. 6 ayat 7 ayat 6. . . . . sapi betina unta 8. Madinah d. 6 ayat b. 5. d. Surah Al-M ‘ n terdiri dari . . bil-f l‰ bacaan dari . . . c. . 5 ayat d. a. 4 ayat c. a. 4 ayat c. b. gajah b. c. a. Mekah b. Madaniyah c. Al-Qur'an Surah Pendek Pilihan 65 . . . . 7. . d. d. 5 ayat d. b. a. b. .

disebut Tahun Gajah? 66 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. Surah Al-F l tergolong surah . . Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. . 4. . . 2. . . . . Surah Al-M ‘ n diturunkan di kota . C. 4.B. Siapa yang mendustakan agama menurut surah Al-M ‘ n? Siapa yang dimaksud anak yatim itu? Apa arti surah Al-F l ayat satu? Apa arti „ airan ab b l(a)? Mengapa waktu kelahiran Nabi Muhammad Saw. 3. 3. . . . Surah Al-F l diturunkan di kota . 5. 2. Jumlah ayat surah Al-M ‘ n adalah . . . 5. . . Al-M ‘ n artinya .

Setiap Rasul dan Nabi adalah contoh bagi umatnya. Namun. Tugasnya menyampaikan wahyu dari Allah Swt. setiap Rasul wajib memiliki sikap keteladanan untuk dicontoh dan ditiru oleh umatnya. Rasul itu sendiri dijadikan sebagai contoh teladan dari ajaran wahyu tersebut. Firman Allah Swt. adalah manusia pilihan.Bab 7 Rasul-Rasul Allah Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 7. Oleh karena itu.: Rasul-Rasul Allah 67 . yang wajib kita ketahui dan yakini jumlahnya 25.1 Membaca tentang kisah para Rasul Allah untuk dijadikan teladan etiap Rasul yang diutus oleh Allah Swt. Nama-Nama Rasul Allah Swt. Utusan Allah (Nabi dan Rasul) itu jumlahnya sangat banyak. S A. sebagai pedoman hidup umatnya.

Nabi Adam a. kepada kitab-kitab-Nya. pintar dan cakap. 3. Nabi Sueb a. adalah rukun iman yang keempat sebagaimana hadis Nabi: Artinya: Dari Abu Hurairah r. Amanah artinya dapat dipercaya dalam segala hal. Mustahil seorang rasul Kitman artinya menyembunyikan firman Allah. Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. Adapun sifat-sifat yang wajib dimiliki para utusan Allah adalah: Siddiq artinya benar atau jujur. Muslim). Nama-nama Rasul itu adalah sebagai berikut. 4. berkata: Rasulullah Saw. Mustahil seorang rasul itu Baladah artinya bodoh.R. kepada rasul-rasul-Nya kepada hari akhir dan percaya kepada takdir baik dan buruk dari Allah Swt. 14. Al-Ahz b [33] : 21).‰ (H.s. 1.S.a. Iman kepada Rasul Allah Swt. kepada malaikat-malaikat-Nya. 68 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V .Laqad k±na lakum f³ ras lill±hi uswatun ¥asanatul liman k±na yarjull±ha wal-yaumal ±khira wa ©akarall±ha ka£³r±(n). Mustahil rasul Khianat artinya tidak dapat dipercaya. bersabda. „Iman itu adalah percaya kepada Allah. 2. 1. Tablig artinya menyampaikan kebenaran dari Allah kepada umat manusia. Mustahil seorang rasul Kizib artinya berdusta. Fatanah artinya cerdas. Rasul yang wajib kita ketahui ada 25.s. (Q.

Daud a.s. 19. Yahya a. Yakub a. Nuh a.s.s. 10. 3. Gambar 7. Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Musa a. 11.s. dan bahaya. Nabi Musa a.s. yang sangat luar biasa dalam menghadapi segala rintangan. Ilyas a. 22. 1. 8..s.s. 24. Ayyub a. Luth a. Nabi Ibrahim a. Zulkifli a.s. Bahkan anak dan istrinya pun tidak mau beriman Rasul-Rasul Allah Sumber: Dokumentasi penulis 69 .s.s. 13. dan sabar dalam menghadapi umatnya. 12.s. Yunus a. 16.2 Umat Nabi Nuh yang tidak mau beriman kepada Allah mendapat azab Nabi Nuh a.s.s.s.s.s.s.s.s.s.s..s. Nabi dan Rasul yang mendapat gelar ulul azmi adalah Nabi Nuh a. 21. B. 23. Isa a. Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Nabi Idris a. tetapi yang taat hanya sekitar 40 orang. 17.s.s. tantangan. Ibrahim a. 5. Nama-Nama Rasul Ulul Azmi dari Para Rasul Dari 25 nabi dan rasul yang wajib kita ketahui. Sulaiman a. 25.. 18. 6.s. Nabi Nuh menyeru umatnya 900 tahun lamanya. dan Nabi Muhammad Saw. beberapa di antaranya mendapat gelar ulul azmi.s. Ishaq a. 15. keuletan. sangat taat dan patuh kepada Allah Swt. Shaleh a. 9. 20. Hud a. Harun a. Ismail a. Nabi Nuh a. Nabi Isa a. 4. Zakariya a. Ilyasa a.2. Mereka diberi gelar ulul azmi karena memiliki ketabahan.s.. dan keberanian. Muhammad Saw. 7. Yusuf a.s.

diutus kepada Raja FirÊaun yang mengaku dirinya sebagai Tuhan di muka bumi. Nabi Ibrahim a.s.s. Nabi Ibrahim sebagai peletak batu pertama pembangunan KaÊbah bersama dengan Nabi Ismail. Namun. (Q.‰ (Q. Nabi Musa a. y± bunayyarkam ma‘an± wa l± takum ma‘al-k±fir³n(a). mengajak manusia untuk menyembah hanya kepada Allah 70 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . menghancurkan berhala-berhala yang biasa disembah oleh Raja Nambrud dan kaumnya.Mereka adalah kaum yang penuh dengan kemusyrikan dan kezaliman. Mukjizat Nabi Ibrahim adalah dibakar tidak hangus. Firman Allah Swt. Nabi Ibrahim selamat. Nabi Musa a.S. Nabi Ibrahim a. dibesarkan di lingkungan keluarga kerajaan Firaun. diutus kepada kaum yang suka menyembah berhala. yang sekarang jadi ibadah kurban bagi kita yang mampu.kepada Allah Swt. Nabi Ibrahim ditangkap dan dihukum dengan cara dibakar. Artinya: „Hai anakku! Naiklah ke atas kapal bersama kami dan janganlah engkau bersama-sama dengan orang kafir. Setelah diangkat menjadi Rasul. Nabi Musa a. mendapat perintah untuk menyembelih putranya.s.. dan sembelihannya diganti oleh Allah Swt. Nabi Musa a. yaitu Nabi Ismail.s. Habislah umat Nabi Nuh a. Kemudian perintah itu dilaksanakan dengan ikhlas. dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim‰. akhirnya mereka mendapat azab dari Allah berupa banjir yang besar yang menenggelamkan mereka. H d [11] : 42).s. Nabi Musa mengingatkan ayah angkatnya itu agar mau menyembah Allah Swt.s.s.s. Akibat dari perbuatan tersebut. Nabi Ibrahim a. Karena umat Nabi Nuh tidak mau beriman kepada Allah. dengan gibas yang besar. atas kekuasaan Allah Swt.s. 3. Artinya: Kami berfirman: „Hai api menjadi dinginlah. kecuali dirinya dan orang-orang yang beriman. Nabi Ibrahim a. Al-Anbiy ' [21] : 69).: Quln± y± n±ru k n³ bardaw wa sal±man ‘al± ibr±h³m(a).S. Dengan keberaniannya yang luar biasa. 2. Mukjizat Nabi Nuh adalah membuat kapal.

Nabi Isa a. dan akhirnya Yahuda mati di tiang salib. Itu adalah prasangka yang sangat buruk terhadap Tuhan. dianggap sebagai anak Tuhan. sehingga Nabi Isa a.s. Nabi Isa a. Allah Rasul-Rasul 71 . 4. adalah tongkatnya dapat berubah menjadi ular. Nabi Isa adalah putra Maryam. Menyembuhkan penyakit corob dengan izin Allah Swt. mendapat murid 12 orang dari kaum „Hawariyyun‰.s. mengajak umatnya untuk menyembah Allah. akhirnya Firaun tenggelam bersama bala tentaranya yang tidak beriman.s. Dengan kekuasaan Allah. Nabi Isa a. Gambar 7. Membuat burung dari tanah dengan izin Allah Swt. a. Dengan kesabaran.s.s. dilahirkan dengan perantaraan ibu saja. d.s. Mukjizat Nabi Musa a. Menyembuhkan orang buta dengan izin Allah Swt. Nabi Musa mendapat tugas untuk memerangi Firaun dan bala tentaranya. di antaranya sebagai berikut..s. Mukjizat Nabi Isa a... Akan tetapi. Itulah balasan kepada pengkhianat. Mendatangkan hidangan dari langit dengan izin Allah Swt. Kemudian muridnya bertambah satu orang yang bernama Yahuda (Yudas Iskariot). Oleh orang-orang kafir.s.Swt.s. e. Setelah diangkat menjadi nabi dan rasul.3 Yahuda (Yudas Iskariot) yang berkhianat disalib karena dikira Nabi Isa Nabi Isa a. sedangkan Yahuda oleh Allah Swt. Sumber: Dokumentasi penulis b. diubah wajahnya mirip Nabi Isa a. c. Yahuda berkhianat sehingga dengan pengkhianatan Yahuda Nabi Isa dikejar-kejar oleh orang-orang Yahudi untuk disalib. Menghidupkan orang mati dengan izin Allah Swt. Nabi Isa a. diselamatkan oleh Allah Swt.

wa k±nall±hu bikulli syai'in ‘al³m±(n). Artinya: „Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu.: M± k±na mu¥ammadun ab± a¥adim mir rij±likum wa l±kir ras lall±hi wa kh±taman-nabiyy³n(a). Setiap Rasul adalah Nabi. Firman Allah Swt. Nabi Iys 4. Nabi Syits 3. mendapat tantangan yang luar biasa dari kaum Kafir Quraisy dan juga dari keluarga yang tidak mau beriman. Nabi Samuil 7. tetapi tidak setiap Nabi adalah Rasul. nabi Uzays 6. Nabi Muhammad Saw. Perbedaan Nabi dan Rasul Secara bahasa Nabi berarti pembawa berita. Nabi Muhammad Saw. terutama dari sisi tugasnya. Malaikat Jibril turun dan meminta izin kepada beliau untuk menghukum kaum Kafir Quraisy. Namun tidak wajib menyampaikan kepada umatnya. Nabi Muhammad Saw. kaumku tidak bersalah. Pokok ajaran 72 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Dalam perjuangannya menyebarkan agama Islam. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Mereka melakukan ini karena belum mengerti. Al-A zab [33] : 40). yang artinya „Ya Allah. (Q. Nabi Muhammad adalah nabi yang terakhir atau nabi akhir zaman.S. artinya tidak akan ada lagi nabi setelah Nabi Muhammad Saw.5. Beberapa nabi yang bukan rasul antara lain sebagai berikut: 1. Rasul adalah manusia yang dipilih Allah dan diberi wahyu untuk dirinya dan wajib menyampaikan kepada umatnya. Nabi Zulkarnain 2. maka bukakanlah pintu hati mereka. mengalami dilempari batu sehingga beliau terluka bercucuran darah. Nabi Yusya bin Nun Nabi adalah manusia yang dipilih Allah dan diberi wahyu untuk dirinya. Oleh karena itu antara Nabi dan Rasul itu ada perbedaan. Nabi Haidir 5.‰ C. sedangkan Rasul adalah utusan. tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. tetapi beliau menolak malah berdoa. Dalam menyebarkan Islam.

Setiap tugas yang diberikan kepadanya pasti terlaksana dengan sempurna. e.S. Dan tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan. Mengajak manusia untuk menyembah hanya kepada Allah Swt. Memberi contoh cara memelihara hubungan antarmanusia.yang mereka sampaikan sama. d. Artinya: Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. c. Menjelaskan cara-cara pengabdian kepada Allah Swt. (Q. 2. Tugas Perorangan 1. Firman Allah Swt. F tir [35] : 24). Buatlah kolom seperti contoh di bawah ini pada buku tulismu! Lengkapi kolom tersebut dan laporkan hasilnya pada gurumu untuk dinilai! No Nama Rasul Sifat Rasul Perilaku yang diteladani Rasul-Rasul Allah 73 . Setiap Rasul yang diutus ke muka bumi ini mendapat tugas dari Allah Swt. baik dari Al-Qur'an maupun Al-Hadis adalah sebagai berikut. Memberi peringatan bagi orang yang ingkar. a. yaitu ajaran Tauhid. Menyampaikan kabar gembira bagi orang yang beriman. yang mengajarkan bahwa hanya Allah yang wajib disembah. 2. wa im min ummatin ill± khal± f³h± na©³r(un). Tulislah para nabi serta mukjizatnya! Bacakan hasilnya di muka kelas! Tugas Kelompok 1. Menyempurnakan akhlak manusia. b. Rasul-rasul itu melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. f. Adapun tugas-tugas Rasul.: Inn± arsaln±ka bil-¥aqqi basy³raw wa na©³r±(n).

c. Nabi Isa a. tidak wajib menyampaikan kepada orang lain. mustahil Ki ib. b. Memberi contoh yang baik. 2. Menjelaskan cara-cara pengabdian kepada Allah Swt. Perbedaan nabi dan rasul a. Memberi peringatan. yaitu: a. dan diberi wahyu untuk dirinya.s. b. Amanah artinya terpercaya.Rangkuman 1. e. Menyampaikan kabar gembira. Menurut bahasa Nabi pembawa berita.s. Mengajak manusia untuk menyembah hanya kepada Allah Swt. mustahil Khianat. Sifat-sifat wajib dan mustahil bagi rasul adalah sebagai berikut. Nabi Musa a. b. Rasul adalah orang yang dipilih Allah dan diberi wahyu serta wajib menyampaikan kepada umatnya. Nama-nama Nabi Ulul Azmi. a. c. Nabi Nuh a. Fa anah artinya cerdas. Rasul adalah utusan. mustahil Baladah. Tablig artinya menyampaikan.s. Nabi Muhammad Saw. Siddiq artinya benar. 4. mustahil Kitman. Uji Kemampuan 74 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Menyempurnakan akhlak yang mulia. Menurut istilah Nabi adalah orang yang dipilih Allah Swt. b. d. Tugas Nabi dan Rasul adalah sebagai berikut. c. d. f. a. d. Nabi Ibrahim a. e.s. 3.

Ibrahim a. utusan c. „Tidak hangus dibakar‰ adalah mukjizat Nabi . .s. b. . . dapat dipercaya d. Siddiq c. Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. . Rasul-Rasul Allah 75 . sifat mustahil bagi Rasul b. . 9. a. tugas para Rasul c. d. .s. . sabar dan tabah c. . Muhammad Saw. 3. . sesuai keinginan 6. a. masa bodoh b.A. a. . pintar Yang tidak termasuk sifat wajib bagi rasul adalah . Setiap Nabi dan Rasul wajib memiliki sifat Tablig yang artinya . 7. Amanah b. Tablig Setiap Nabi harus memiliki sifat Fa anah artinya . 8. . teladan Tugas Rasul secara umum adalah untuk . a. menyampaikan b. sifat wajib bagi Rasul d. .s. 4. berdakwah Jumlah Rasul yang wajib diketahui oleh umat Islam adalah . . Setiap permasalahan hendaklah dihadapi dengan sikap . . pilihan d. dapat dipercaya c. adalah . pembawa berita b. d. 25 d. Al-Qur'an tongkat menjadi ular menghidupkan orang mati membuat burung dari tanah 2.s. Ki ib d. 50 Di a. antara mukjizat Nabi Musa a. a. . mudah menyerah d. 5. menyelamatkan umat manusia d. . . . . . a. benar d. menyampaikan c. 10. . 20 c. . benar b. a. memimpin umat b. ciri-ciri Rasul Dalam pergaulan sehari-hari banyak masalah yang kita hadapi. 40 c. Isa a. pintar/cerdas „Menyampaikan kabar gembira‰ merupakan . . . c. menyampaikan wahyu c. a. . . a. . c. . . b. . Musa a. Menurut bahasa kata Nabi artinya adalah .

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. . 2. 3. C. . . . 4. . . Sebutkan pengertian Nabi dan Rasul! Sebutkan minimal 4 macam tugas Rasul! Sebutkan rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi! Sebutkan 4 macam sifat yang wajib dan mustahil bagi Rasul! Tulis 25 nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui! 76 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . 2. Nabi-nabi yang memiliki ketabahan dan keuletan yang luar biasa dalam menjalankan tugasnya disebut . . . . Tongkat menjadi ular adalah mukjizat Nabi . 3. . . . Al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar bagi Nabi . . Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. . . 4. Arti Rasul menurut bahasa adalah . Nabi menurut bahasa artinya . 5.B. 5.

Bahkan berjuang membela dan mengagungkan syiar Islam. seperti Khalifah Abu Bakar r. sebagai tanda mereka memeluk agama Islam.Terutama dalam cara mereka mulai mengucapkan dua kalimat syahadat.a yang kisahnya akan dibahas berikut ini. Kisah Khalifah Abu Bakar r. S A.Bab 8 Kisah Sahabat Nabi Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 8. Akan tetapi. Mereka secara langsung dapat melihat dan menyaksikan sikap dan perilaku Rasulullah Saw.a. Terutama sahabat yang menjadi khulafaurrasyiddin. Kisah Sahabat Nabi 77 .1 Para sahabat Nabi berjuang membela dan mengagungkan Islam ahabat Nabi adalah orang muslim yang semasa hidupnya pernah bertemu atau bersama dengan Nabi. dan Khalifah Umar bin Kha ab r. semua sahabat Nabi memiliki keteladanan yang baik bagi kita. Tiap sahabat memiliki kisah yang berbeda.a.

sakitnya luar biasa. Fatimah binti Kha ab beserta suaminya yang bernama Said bin Zaid AlÊAdawi dan beberapa orang penduduk Mekah dari kabilah Quraisy. Dengan modal kedudukan dan pengaruhnya yang sangat kuat pada masyarakat Mekah. 1. Mereka itulah yang kemudian disebut golongan „As Saabiquunal Awwaluun‰ (orang-orang yang pertama memeluk agama Islam). Di antara mereka yang masuk Islam melalui perantaraannya adalah Usman bin Affan. demikian pula Rasulullah Saw. Kemudian air matanya itu mengenai dahi Rasulullah Saw. mengobatinya dengan air liurnya.a termasuk orang keempat yang masuk Islam. dan memilih tinggal di Mekah untuk melindungi Rasulullah. Abu Bakar menolaknya. sehingga Rasulullah pun terbangun. dalam upaya menyelamatkan diri dari kejaran kaum kafir Quraisy. Abu Bakar Sidiq berhasil meyakinkan dan mengajak beberapa orang untuk memeluk agama Islam. Karena tak tahan menahan sakit akhirnya Abu Bakar meneteskan air mata. Hal ini bukan berarti membangkang kepada pimpinan. kemudian kedua Ali Bin Abi alib putra pamannya (Abu alib) dan ketiga Zaid bin Haritsah sebagai pembantu Rasulullah. Kaum Muslimin mendapatkan perlakuan yang tidak baik dan gangguan dari kaum kafir Quraisy. Abi Ubaidillah bin Jarrah. sebagian kaum Muslimin berhijrah ke Etiopia. Di dalam gua Rasulullah sempat tertidur di pangkuan Abu Bakar Sidiq. Beliau secara sembunyi-sembunyi ikut membantu menyiarkan agama Islam. Kesetiaan Abu Bakar Sidiq terhadap Rasulullah tidak diragukan lagi. Zubair bin Awam. Setelah masuk Islam. Abdullah bin Kuhafah diganti namanya oleh Rasulullah menjadi Abu Bakar Sidiq. Dia adalah anak dari pasangan suami istri Abu Kuhafah dan Ummul Khair.Abu Bakar r. 78 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Thalhah bin Ubaidillah. Kesetiaan Abu Bakar Sidiq kepada Rasulullah Saw. Abu Bakar dilahirkan pada tahun 573 M. Hampir setiap hari Abu Bakar bersama beliau. Arqam bin Abil Arqam. Abu Bakar pun sembuh seketika. SaÊad bin Abi Waqqash. Ketika itu Abu Bakar Sidiq disengat kalajengking. melainkan disebabkan oleh alasan ingin turut menyebarkan agama Islam dan menegakkannya bersama Rasulullah Saw. Dia ia ingin melindungi Rasulullah. Oleh karena itu. Hal ini dibuktikan ketika beliau bersamanya di Gua Sur waktu perjalanan hijrah dari kota Mekah ke kota Yastrib (Madinah). Nama aslinya dari sejak lahir adalah Abdullah bin Kuhafah. setelah yang pertama Siti Khadijah (istri Rasulullah). terhadap Abu Bakar Sidiq. Abdurrahman bin Auf. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh kedekatan pribadi. Abu Bakar sangat mencintai Rasulullah Saw. Beliau melihat Abu Bakar yang sedang kesakitan. Rasulullah pun menganjurkan agar Abu Bakar ikut berhijrah untuk menyelamatkan diri. Demikian cintanya Abu Bakar kepada Rasulullah. tetapi sekuat tenaga ditahan karena tak mau mengganggu Rasulullah Saw. Lalu Rasulullah Saw. Mereka sempat bersembunyi di gua tersebut. yang sedang tidur nyenyak.

Pada waktu itu terjadi perdebatan yang cukup sengit dari masing-masing golongan. Khalifah Abu Bakar Sidiq wafat. c. Abu Bakar As Sidiq diangkat Menjadi Khalifah (11 H-13 H) Rasulullah Saw. wafat pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 H. f. Abu Bakar selalu menjalankan apa yang ditugaskan Rasulullah Saw. menderita sakit panas. kepadanya. dan akhirnya semua umat Islam menyetujuinya. memberikan kepercayaan kepada Abu Bakar untuk memimpin rombongan kaum Muslimin menunaikan ibadah haji.s.2. b. Demikian besarnya kepercayaan Rasulullah Saw. Memerangi kaum murtad. Memulai mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur'an. Kepercayaan Rasulullah Saw. d. a. sangat mempercayai Abu Bakar. pada usia 63 tahun. Pada hari Senin 21 Jumadil Akhir 13 H. maka dipilihlah Abu Bakar As Sidiq sebagai khalifah pengganti Rasulullah Saw. karena masing-masing punya hak untuk mengangkat khalifah dari kaumnya. Ketika sakitnya makin parah. 3. Adapun jasa-jasa Abu Bakar As Sidiq selama menjadi khalifah sebagai berikut. e. Atas usul sahabat yang bernama Zaid bin Sabit Al Askoly. Pada tahun 11 H (632 M) Rasulullah Saw. beliau sempat berwasiat kepada umat Islam agar mereka sudi memilih Umar bin Kha ab untuk menggantikannya sebagai khalifah. Ketika sakaratul maut semakin dekat. Memerangi kerajaan Persia. Khalifah Abu Bakar As Sidiq Wafat Masa kepemimpinan Abu Bakar sangatlah singkat yakni selama dua tahun tiga bulan sepuluh hari. menunjuk Abu Bakar untuk menjadi imam salat menggantikannya dan Abu Bakar pun melaksanakannya dengan baik. 4. Oleh karena itu. g. terhadap Abu Bakar Sidiq Rasulullah Saw. Menumpas kaum kafir di Ubna. Memerangi orang-orang yang tidak mau membayar zakat. Sebagai bukti bahwa beliau mempercayai Abu Bakar a. Pada waktu itu terjadi kekosongan kepemimpinan. Sidiq di antaranya: a. Memerangi nabi palsu yaitu Musailamah Al Ka§ab dan Tulaihah bin Khuwailid. Abu Bakar pun tidak pernah menyia-nyiakan kepercayaan itu. Pada tahun 9 H (630 M) Rasulullah Saw. b. Kisah Sahabat Nabi 79 . ke kota Mekah. Abu Bakar Sidiq melaksanakan kepercayaan itu dengan penuh tanggung jawab. Beliau berjasa bagi Agama Islam dan umatnya. Memerangi kerajaan Romawi. kaum Muslimin dari kaum Muhajirin dan kaum Ansar mengadakan musyawarah untuk memilih pemimpin umat Islam. kepada Abu Bakar As Sidiq. Rasulullah Saw.

Kisah Umar bin Kha ab Khalifah Umar adalah putra Kha ab. Umar langsung menyiksanya. menunggang kuda. Sebagai anak orang terpandang.Gambar 8. beliau juga banyak belajar di luar rumah sehingga Umar menjadi pintar dan dewasa. 1. Umar Memusuhi Pengikut Nabi Muhammad Saw. Apalagi ketika diketahui bahwa seorang budak yang ada di rumahnya telah masuk Islam. Adapun kisah perjalanan Khalifah Umar dapat kamu pelajari dari uraian berikut ini. Budak itu bernama Labinah. Umar menjadi geram terhadap pengikut Nabi Muhammad Saw. 80 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Ketika Umar masih menjadi pejabat tinggi Quraisy. Di samping dididik orang tuanya. Oleh karena itu. Umar terus mengikuti berbagai kelompok belajar sehingga beliau menjadi pandai membaca. panggilannya menjadi Umar bin Kha ab. Umar mempunyai banyak kesempatan untuk belajar.2 Abu Bakar wafat pada hari Senin 21 Jumadil Akhir 13 H B. terdengar kabar bahwa banyak orang yang telah meninggalkan kebiasan menyembah berhala. Umar mulai belajar setelah menginjak usia 13 tahun. Mereka mengikuti ajaran Nabi Muhammad Saw. dan bergulat. Umar bin Kha ab berasal dari keluarga yang terpandang dari Sumber: Dokumentasi penulis suku Quraisy.

pengikut Nabi Muhammad makin banyak. . dianggap memecah belah sukunya. sambil melompat ke atas pelana kuda. „Wahai Umar jangan kau teruskan niatmu itu. Umar langsung menuju rumah adiknya dengan wajah yang merah menahan marah. karena merasakan suatu keanehan. 2. . „Tahukah kau.‰ jawab Said agak ketakutan.Umar semakin gencar memusuhi Islam. Umar bin Kha ab Masuk Islam Berkat Mukjizat Al-Qur'an Niatnya telah bulat akan membunuh penyebar Islam itu.‰ berulang kali Umar memanggil adiknya. „Akan kuhabisi nyawa Muhammad‰. lihat adik kandungmu Fatimah dan suaminya telah masuk Islam. Kemudian Umar mengetuk pintu. banyaknya orang yang masuk Islam. „Coba kulihat!‰ kata Umar. Fatimah pun membuka pintu. . Dia langsung terdiam. „Fatimah! Apa yang kalian tadi baca?‰ „Bukan . Umar bin Kha ab mengambil cambuk dan mencambuki orang-orang Islam yang dijumpainya. . Namun. bukan apa-apa. Umar bin Kha ab akhirnya berniat untuk menghilangkan pemimpin Islam itu sendiri. di mana sekarang Muhammad berada?‰ „Akan kau apakan Muhammad dengan pedangmu itu? „Akan kuputuskan leher Muhammad dengan pedangku ini. „Fatimah . Pada suatu senja dia siap berangkat untuk mencari Nabi Muhammad Saw.. ! Bukakan pintu. tetapi mereka tetap memilih Islam. Di perjalanan Umar bertemu dengan Nuaim bin Abdullah. Mereka rela mati demi Islam. dengan pedang di tangan kanannya.‰ kata Nuaim. Umar. Sesampai dekat rumah adiknya. „Wahai. Umar mendengar suara adiknya sedang membaca Al-Qur'an.. Umar berniat akan membunuh Nabi Muhammad Saw. Wajahnya merah padam. Sebagai pimpinan Quraisy. Kisah Sahabat Nabi 81 . Dia telah memecah belah suku Quraisy‰. ! Fatimah . hendak ke mana kau?‰ sapa Nuaim.

M± anzaln± ‘alaikal-qur'±na litasyq±. Said pun dipukulnya. Ar. Lah m± fis-sam±w±ti wa m± fil-ar«i wa m± bainahum± wa m± ta¥ta£-£ar±. 5. „Jangan.Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 8. 4. Kemudian Fatimah juga dipukul sampai berdarah. 2. Kami tidak menurunkan Al-Qur'an ini kepadamu 82 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Akhirnya Fatimah pun membacakan ayat tersebut. 6. 3.3 Umar bin Kha ab memarahi adiknya karena menjadi pengikut Rasulullah Saw. Ill± ta©kiratal limay yakhsy±. „kata Said.ra¥m±nu ‘alal-‘arsyistaw±. Artinya: T h . °±h±. Tanz³lam mimman khalaqal-ar«a was-sam±w±til-‘ul±. Umar marah. Bismill±hir-ra¥m±nir-ra¥³m(i) 1.

Umar langsung menyatakan diri akan masuk Islam dan minta diantar untuk bertemu dengan Nabi Muhammad Saw.‰ Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 8. Umar bin Kha ab Menjadi Sahabat Rasulullah Umar bin Kha ab usianya dua tahun lebih muda dari Rasulullah. melainkan sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah). berwibawa. Dia mendapat julukan Amirul Mukminin. Umar bin Kha ab banyak sekali jasanya dalam memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umatnya. terutama pada fakir miskin. Dia terkenal sebagai orang yang kuat dan keras.644 M). Bahkan dia mendapat julukan „Singa Padang Pasir.(Muhammad) agar engkau menjadi susah. Kisah Sahabat Nabi 83 . Syam. Berhasil memperluas daerah kekuasaan Islam yang meliputi Mesir. diturunkan dari (Allah) yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi. Beliau sering mengadakan kunjungan sampai ke pelosok-pelosok untuk mengetahui keadaan rakyatnya. Adapun di antara jasa Umar bin Kha ab adalah sebagai berikut. a. Masa pemerintahannya berlangsung selama sepuluh tahun (13 H-23 H) atau (634 M .S. Khalifah Umar sangat dekat dengan rakyat. Sebelum memeluk Islam dia sangat memusuhi Islam dan umatnya. (yaitu) Yang Maha Pengasih yang bersemayam di atas 'Arsy'.4 Umar bin Kha ab terkenal sebagai orang yang kuat dan keras Umar bin Kha ab diangkat menjadi khalifah melalui musyawarah secara demokratis. apa yang ada di antara keduanya dan apa yang ada di bawah tanah. Milik-Nyalah apa yang ada di langit. apa yang ada di bumi. Selama menjadi khalifah. Ketika selesai dibacakan ayat tersebut. (Q. 3. T h [20] : 1-6). dan sangat disegani oleh penduduk Mekah.

Seperti biasa. dan kaum Muhajirin dari Mekah ke Madinah. Menentukan perhitungan tahun Hijriyah. Membuat dasar-dasar dan sistem pelaksanaan peradilan. Meletakkan dasar dan sistem administrasi pemerintahan. Khalifah Umar wafat pada usia 63 tahun. Tanpa disangka. Khalifah Umar bin Kha ab Wafat Pada suatu subuh yang dingin. Berkali-kali belati itu dihunjamkan sampai Umar tersungkur berlumuran darah. khalifah Umar bin Kha ab berangkat ke masjid Nabawi untuk menjalankan kewajibannya salat Subuh berjamaah. Tugas Kelompok 1. Dengan khusyuk beliau melakukan takbiratul ihram sambil mengangkat kedua tangannya. Mendirikan Baitul Mal (rumah harta) yang disediakan untuk kepentingan umat Islam terutama fakir miskin. tetapi kaum munafik sangat membencinya. e. Firuz orang Yahudi yang sangat membenci Islam. Abdul Rahman cepat-cepat menggantikan Umar sebagai imam dan pembunuh pun dapat ditangkap. dan Persia. 4. 2. Khalifah Umar bin Kha ab wafat setelah ditusuk belati oleh seorang yang bernama Firuz. Mereka menyusun komplotan dan perencanaan untuk membunuh Khalifah. 4. c.b. Dia salah seorang anggota kelompok yang tidak senang kepada keberhasilan Khalifah. Hasil kepemimpinan Umar bin Kha ab sangat gemilang. Salin dan lengkapilah tabel di bawah ini! Tulislah dalam buku latihanmu! Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu! Laporkan hasilnya dalam diskusi kelas! No Sahabat Nabi Ringkasan Kisahnya 84 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . d. Tahun pertama hijriyah dihitung dari hijrahnya Rasulullah Saw. tiba-tiba seseorang menerobos barisan yang telah rapi itu sambil membawa sebilah belati. 3. dan langsung menghunjamkannya ke punggung Khalifah Umar. dia ditunjuk sebagai imam dalam melaksanakan salat Subuh.

1.6 yang dibacakan oleh adiknya Fatimah. Umar bin Kha ab masuk Islam berkat mukjizat Al-Qur'an. Memerangi orang yang tidak mau membayar zakat. 10. Khalifah yang pertama menjadi pemimpin umat Islam adalah sahabat Abu Bakar Sidiq. 13. b. Abu Bakar Sidiq dilahirkan pada tahun 572 M. wafat kepemimpinan umat Islam dilanjutkan oleh para sahabat yang disebut Khulafaurrasyidin. 4. Abu Bakar Sidiq wafat pada tahun 13 H. 3.23 H atau 634 M . Memerangi kaum murtadin dan nabi palsu c. 5. Al-Qur'an yang menaklukkan hati Umar adalah surah T h ayat 1 . Menumpas kaum kafir di Ubna. b. dan sebagainya. Memperluas wilayah Islam. Pada tahun 9 H Abu Bakar menjadi pemimpin rombongan kaum Muslimin untuk menunaikan ibadah haji ke Mekah. 9. Kisah Sahabat Nabi 85 .644 M). Nama asli Abu Bakar Sidiq adalah Abdullah bin Kuhafah. Abu Bakar Sidiq selama menjadi khalifah banyak sekali jasanya di antaranya: a. Abu Bakar Sidiq merupakan orang kepercayaan Rasulullah Saw. Setelah Rasulullah Saw. Umar bin Kha ab adalah khalifah yang kedua setelah Abu Bakar Sidiq. 2. 15. Sebelum masuk Islam. Menentukan tahun hijriyah. Umar sangat membenci Islam. Umar bin Kha ab Rangkuman 1. 14. Umar bin Kha ab menjadi khalifah dari tahun 13 H . 8. 6. 12. dan sangat cinta pada Islam serta sangat gigih dalam memperjuangkan Islam. Jasa Umar bin Kha ab selama menjadi khalifah: a. Umar bin Kha ab menjadi sahabat Rasulullah Saw. 7. 11. Abu Bakar As-Sidiq 2.

. a. Siti Khadijah c. Abdul Mu alib b. 4. Umar bin Kha ab 2 3. . Rasulullah Saw.c. 5. . Khulafaurasyidin yang pertama adalah . . Gua Mina d. . Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. Abu Bakar Sidiq b. Siti Aminah b. Abu Bakar Sidiq Nama kecil Abu Bakar Sidiq adalah . a. Ali bin Abi alib c. Umar bin Kha ab wafat pada usia 63 tahun setelah dibunuh oleh Firuz ketika sedang mengimami salat Subuh. Gua Tsur b. . Mendirikan baitul mal dan sebagainya. Umar bin Kha ab c. Abdullah bin Kuhafah d. . ketika hijrah ke Yastrib adalah . sempat bersembunyi di . Uji Kemampuan A. . . Usman bin Affan c. Abu alib c. Umar bin Kha ab d. a. . Abu Bakar Sidiq Ketika akan hijrah ke Yastrib. a. a. . Ali bin Abi alib d. . Gua Uhud Yang memimpin kaum muslimin menunaikan ibadah haji ke Mekah adalah . 16. . . . Ali bin Abi alib Orang yang pertama kali masuk Islam adalah . . Ummul Khair Yang mendampingi Rasulullah Saw. 86 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Usman bin Affan d. . 6. Gua Hira c. . a.

3. Umar bin Kha ab masuk Islam setelah mendengar bacaan . . Mukminin d. . c. . . . Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. . d. c. Jawablah pertanyaan berikut! Tulis jawaban pada buku tulimur! Kisah Sahabat Nabi 87 . Muslimin b. Amirul Mukminin B. d. a. . Muslimin c. . . . 4. 5. Musailamah Usamah Lamamah Ubaidah 8. . Murtadin c. . Adik kandung Khalifah Umar yang pertama masuk Islam adalah . . 10. Ansar Di a. Muhajirin d. Muslimin c. Abu Bakar Sidiq memerangi kaum . Mukminin Orang mukminin yang menyambut kedatangan orang mukmin dari Mekah disebut . . Sebelum masuk Islam. . C. Umar sempat berniat akan membunuh . . . Muhajirin d. . Khalifah yang menggantikan Abu Bakar Sidiq adalah . Mukminin b. 2. antara orang yang mengaku sebagai nabi adalah . . Abu Bakar Sidiq Zaid bin Sabit Ali bin Abi alib Orang-orang yang hijrah ke Madinah disebut . . b. . a. . 9. 7.b. . . . . . Khalifah Umar bin Kha ab dibunuh oleh . Ansar b. a.

5. 4. 2.1. 3. Berapa tahun Umar bin Kha ab menjabat sebagai khalifah? Ke wilayah mana saja Khalifah Umar memperluas wilayah Islam? Kapan dimulai perhitungan tahun Hijriyah? Apa yang dimaksud dengan „Baitul mal‰? Siapa yang membunuh Khalifah Umar bin Kha ab? 88 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V .

yang paling dekat dengan beliau dan termasuk kepada Khulafaurrasyidin. Mereka berdua adalah sahabat kepercayaan Nabi Muhammad Saw.a. Baik untuk memimpin umat maupun untuk melaksanakan tugas lain.Bab 9 Perilaku Terpuji Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 9.1 Senang membantu orang yang kesusahan termasuk perilaku terpuji halifah Abu Bakar Sidiq r.a dan khalifah Umar bin Kha ab r. K Perilaku Terpuji 89 . adalah sahabat Rasulullah Saw.

A. Meneladani Perilaku Khalifah Abu Bakar Sidiq r.a.
Khalifah Abu Bakar Sidiq dilahirkan pada tahun 573 M dan diberi nama Abdullah atau lengkapnya Abdullah bin Abu Kuhafah. Sejak kecil kedua orang tuanya sangat menyayanginya. Mereka sangat memperhatikan pertumbuhan Abdullah, sehingga Abdullah tumbuh dengan baik menjadi seorang anak yang sehat dan periang. Keluarga Abu Kuhafah mendidik Abdullah dengan baik. Walaupun sangat menyayangi Abdullah, kedua orang tua Abdullah tak pernah memanjakannya secara berlebihan. Keluarga Abu Kuhafah termasuk orang kaya, tetapi kepada anaknya ditanamkan sifat-sifat kesederhanaan, sifat tolong-menolong, dan tanggung jawab. Berkat pendidikan yang baik dari kedua orang tua, akhirnya Abdullah menjadi orang yang ramah, tidak sombong, dan dermawan. Sifat kepemimpinannya pun menonjol pula. Abu Bakar sering diminta untuk menegakkan dan menyelesaikan suatu pertengkaran atau permusuhan. Berkat sifatnya yang adil, berani dan cerdas, ia selalu berhasil menyelesaikan masalah dengan baik dan menyenangkan kedua belah pihak yang bermusuhan. Sifat-sifat yang dimiliki oleh Abdullah (Abu Bakar Sidiq) itu harus kita teladani dengan baik dan sungguh-sungguh, agar kita menjadi orang yang saleh dan salehah. Adapun sifat-sifat yang harus kita teladani dari Khalifah Abu Bakar Sidiq r.a di antaranya sebagai berikut:

1. Ketakwaannya kepada Allah dan Rasulnya
Khalifah Abu Bakar Sidiq r.a. selalu taat kepada perintah Allah dan Rasulnya. Beliau juga cerdas dan pemberani. Setiap perbuatannya selalu didasari Al-Qur'an dan sunah Rasul-Nya. Orang yang takwa dan senantiasa taat kepada Allah dan Rasul-Nya akan mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat. Oleh karena itu sedapat mungkin kita harus meneladaninya untuk kebahagiaan hidup kita.

2. Sifat Ramah
Khalifah Abu Bakar Sidiq r.a adalah orang yang memiliki sifat ramah. Sekalipun orang kaya, beliau selalu ramah kepada orang lain. Baik kepada orang kaya, orang miskin, pejabat maupun rakyat. Abu Bakar r.a tidak angkuh dan sombong. Orang yang ramah selalu menghormati orang lain. Baik dengan ucapan maupun dengan tindakan (sikap). Orang ramah akan dicintai banyak orang, dan akan memiliki banyak teman. Jadilah kalian orang yang memiliki sifat ramah, agar banyak teman dan dicintai Allah Swt.

90

Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V

Sumber: Dokumentasi penulis

Gambar 9.2 Bersikap ramah terhadap orang lain

3. Sifat Dermawan/Pemurah
Sifat lain yang dimiliki Khalifah Abu Bakar r.a yang harus kita teladani adalah sifat dermawan/pemurah. Khalifah Abu Bakar sangat terkenal sebagai orang yang dermawan. Kedermawanan beliau sangat jelas ketika beliau memerdekakan hamba sahaya yang masuk Islam. Terutama mereka yang mendapat penganiayaan/ penyiksaan dari majikannya. Di antara hamba sahaya yang dia merdekakan adalah Amir bin Fatimah dan Bilal bin Rabah. Bilal bin Rabah dimerdekakan/ditebus dengan tebusan yang besar oleh Khalifah Abu Bakar Sidiq r.a dari majikannya yang bernama Ummaiyah bin Khalaf. Bilal disiksa oleh majikannya dengan cara ditelentangkan di atas padang pasir. Kedua tangan dan kakinya diikat pada empat patok kayu. Di atas dada Bilal diimpitkan sebuah balok yang cukup berat di bawah terik matahari yang memancarkan sinarnya. Kabar penyiksaan Bilal yang di luar perikemanusiaan sampai ke Abu Bakar. Kemudian Abu Bakar langsung minta kepada Ummaiyah agar Bilal dibebaskan, berapa pun tebusan yang diminta. Akhirnya Bilal dibebaskan dan menjadi orang yang merdeka, berkat kedermawanan Abu Bakar. Jadilah kalian orang yang dermawan atau pemurah karena orang pemurah dicintai Allah. Nabi Muhammad Saw. bersabda yang artinya: Orang yang bermurah hati adalah dekat dengan Allah, dekat dengan sekalian manusia, dan jauh dari api neraka (H.R. At Tirmidzi).

B. Meneladani Perilaku Khalifah Umar bin Kha ab r.a

Perilaku Terpuji

91

Umar bin Kha ab adalah khalifah yang kedua setelah Abu Bakar Sidiq. Keluarga Umar tergolong orang yang terpandang, yaitu dari suku Quraisy. Keluarganya banyak yang menjadi pejabat di kota Mekah. Umar tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Umar mulai belajar sejak berusia 13 tahun. Sejak kecil Umar termasuk anak yang patuh kepada orang tua. Umar bin Kha ab gemar kepada seni, seperti sastra. Juga seni berpidato dan atletik. Umar sering mengikuti lomba gulat. Umar termasuk pemuda pemberani: Adapun sifat-sifat yang harus kita teladani dari Khalifah Umar di antaranya sebagai berikut.

1. Ketakwaan kepada Allah dan Rasul-Nya
Setelah masuk Islam, ketakwaan dan ketaatan Umar bin Kha ab kepada Allah Swt dan Rasul-Nya tidak diragukan lagi. Beliau sangat berani membela kebenaran. Beliau juga selalu menjalankan perintah Allah Swt dan Rasul-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Jika ingin dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya, hendaklah kalian selalu meneladani perilaku Umar bin Kha ab.

2. Ketaatan Umar bin Kha ab kepada Orang Tuanya
Umar bin Kha ab adalah anak yang selalu taat dan hormat kepada orang tuanya. Dari sejak kecil telah terlihat sifat-sifat kepemimpinannya. Dia sangat disenangi oleh teman-temannya karena memiliki sifat jujur, tegas, dan selalu membela yang benar.

Gambar 9.3 Taat dan hormat kepada orang tua Sumber: perilaku Umar bin Kha ab yang harus diteladani Dokumentasi

penulis

Setelah masuk Islam, Umar bin Kha ab sangat ditakuti oleh orang-orang kafir Quraisy. Beliau terkenal sebagai orang yang pemberani dalam membela Rasulullah Saw. dan agama Islam. Oleh karena itu, kita selaku umat Islam harus berani dalam 92 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V

Kemudian khalifah pulang ke rumahnya dan memanggul sekarung gandum yang langsung diberikan kepada keluarga tersebut. terutama kaum duafa (fakir miskin). Sebagai amirul mukminin beliau sangat mencintai rakyatnya. Kemudian tamu bertanya kepada khalifah. Beliau mengubur hidup-hidup anak perempuannya. Beliau merasa telah berbuat dosa besar. dan Ali bin Abi alib. Maka khalifah pun langsung mematikan lampu. sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Umar bin Kha ab. Usman bin Affan. datang seorang tamu. Beliau belum bisa tidur pada malam hari sebelum berkeliling melihat keadaan rakyatnya. Adapun perilaku terpuji dari khalifah Umar bin Kha ab di antaranya sebagai berikut: a.4 Seorang pemimpin harus mencintai rakyatnya b. Perilaku Terpuji ketika Umar bin Kha ab menjadi Khalifah Umar bin Kha ab adalah khalifah setelah Abu Bakar Sidiq dari khulafaurrasyidin. Bahkan apabila melihat anak perempuan seusia anaknya yang dikubur hidup-hidup. Jadilah kalian pembela kebenaran. beliau selalu menangis dan menyesali perbuatannya itu. Beliau bertanya kepada tamu tersebut Sumber: Dokumentasi penulis mengenai keperluannya. Yang menjadi khulafaurrasyidin itu ada empat orang yaitu: Abu Bakar As Sidiq. Pada suatu ketika beliau berkeliling. Khulafaurrasyidin artinya khalifah yang mendapat petunjuk dari Allah Swt. 3. kenapa lampu dimatikan? Jawab khalifah lampu ini milik negara dan hanya digunakan Perilaku Terpuji 93 . Kita pun harus menyesali perbuatan yang salah dan dosa yang telah dilakukan dan bertobat kepada Allah Swt. Setelah masuk Islam Umar bin Kha ab sering menangisi perbuatannya sebelum masuk Islam. Umar bin Kha ab. Khalifah menghampiri rumah itu dan ternyata ibu anak-anak itu tidak memiliki makanan sedikit pun. Apakah keperluan negara atau keperluan pribadi? Tamu tersebut menjawab untuk keperluan pribadi. Pada suatu malam ketika Umar bin Kha ab sedang mengurusi urusan pemerintahan. Gambar 9. sebagaimana adat kebiasaan orang-orang jahiliyah.menegakkan kebenaran. Dia mendengar seorang anak yang menangis meminta makan kepada ibunya.

Umar bin Kha ab adalah Khulafaurrasyidin yang kedua. Nama sebenarnya Khalifah Abu Bakar adalah Abdullah bin Abu Kuhafah. beliau lahir tahun 573 M. 7. 2. pemaaf.untuk urusan negara. Umar bin Kha ab adalah pemimpin yang menyayangi rakyatnya. pemimpin Islam yang pertama adalah Abu Bakar As Sidiq yang dipilih secara demokrasi oleh umat Islam pada waktu itu. Tugas Kelompok Lengkapi tabel berikut ini! Tulislah dalam buku tulismu! Perilaku yang Perlu Diteladani No Khalifah Abu Bakar Sidiq No Khalifah Umar bin Kha ab Rangkuman Setelah Rasulullah Saw. Umar bin Kha ab pemimpin Islam yang penuh disiplin. 1. 10. 5. 94 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . 8. 3. 4. wafat. 9. Sifat-sifat yang dimiliki Abu Bakar Sidiq adalah sifat pemurah. suka menolong dan ramah. Umar bin Kha ab sangat hati-hati dalam menggunakan kekayaan negara. Umar bin Kha ab merupakan peletak demokrasi. Umar bin Kha ab ketika kecil termasuk anak yang taat kepada orang tua.

. dihina teman d. . . banyak teman b. a. orang kaya Abu Bakar Sidiq termasuk orang yang ramah. orang susah c. . sehingga beliau . 571 c. Umar bin Kha ab c. . . Perilaku Terpuji 95 . . Abdullah bin Abi Talib Keluarga Abu Bakar Sidiq itu termasuk . . . a. Abdulah bin Umar c. Abdullah bin Abu Kuhafah d. Di waktu kecil Umar adalah anak yang taat kepada . . a. . . 4. 4. a. . . . 573 d. . Abu Bakar Sidiq b. Khalifah yang menjadi peletak demokrasi adalah . 575 b. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban di buku tulismu! 1. . Abdullah bin Abdul Mutalib b. Ali bin Abi alib Khalifah Abu Bakar Sidiq dilahirkan pada tahun . . a. orang miskin b. Abu Usman d. 5. 2. 577 Nama kecil Abu Bakar Sidiq adalah . 3. Khulafaurrasyidin yang pertama adalah . dicaci teman 2. 3. .Uji Kemampuan A. . Umar bin Kha ab memilki sifat . . . B. . Khulafaurrasyidin yang kedua adalah . Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. . . dibenci teman c. orang bingung d. . .

3. . 4. . . C. Dalam menggunakan kekayaan negara Umar bin Kha ab sangat . Sebutkan tiga sifat terpuji yang dimiliki Umar bin Kha ab! 1. 96 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . 2.5. Jawablah pertanyaan di bawah ini! Tulis jawaban di buku tulismu! Mengapa Umar bin Kha ab sering menangis! Sebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Abu Bakar Sidiq! Berapa tahun Umar bin Kha ab menjadi khalifah? Bagaimana sikap Umar bin Kha ab ketika mendengar anak yang menangis kelaparan? 5.

97 Puasa Wajib . juga mengendalikan hawa nafsu. Sabar menghadapi berbagai godaan dan tantangan yang akan menimbulkan nafsu.1 Makan sahur sebelum berpuasa P uasa atau saum adalah manahan diri dari makan.Bab 10 Puasa Wajib Sumber: Dokumentasi penulis Gambar 10. Ibadah puasa selain menahan lapar dan dahaga. disertai syarat dan rukun tertentu. dan menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membatalkannya. Sabar melaksanakan dan menaati perintah Allah Swt. Puasa merupakan ibadah yang mengandung segala macam kesabaran. mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Sabar menahan lapar dan dahaga. minum. Sabar menanti datangnya waktu berbuka.

yaitu puasa wajib dan puasa sunat. Puasa tanggal 13.S. Puasa bulan Rama an. Berpuasa itu berarti menahan. Puasa wajib. Kita selaku orang Islam wajib melaksanakan/mempraktikkan saum atau berpuasa pada bulan suci Rama an satu bulan penuh. orang yang melaksanakan puasa dituntut untuk tidak sombong. Puasa Rama an merupakan puasa wajib. jujur. Puasa 6 hari pada bulan Syawal. Puasa ada 2 macam. Orang yang berpuasa berarti dia sedang menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Melaksanakan puasa Rama an berarti melaksanakan rukun Islam yang keempat. Puasa pada setiap hari Senin dan Kamis b. Puasa Nazar c. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang yang sebelum kamu.: Y± ayyuhal-la©³na ±man kutiba ‘alaikumu¡-¡iy±mu kam± kutiba ‘alalla©³na min qablikum la‘allakum tattaq n(a). Selain itu. terdiri atas: a. agar kalian menjadi orang yang bertakwa. dan tidak dengki terhadap orang lain sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit rohani (penyakit hati). kalian jangan sekali-kali meninggalkan puasa di bulan suci Rama an. Kerjakan puasa Rama an itu satu bulan penuh dengan dasar iman kepada Allah Swt. Puasa tanggal 9 bulan Zulhijah. baik lahir maupun batin sehingga akan betul-betul meningkatkan iman dan takwanya kepada Allah Swt. dan taat kepada perintah dan aturan.Orang yang berpuasa sekaligus dididik untuk disiplin. Puasa tanggal 10 Muharam. dan 15 pada setiap bulan Qamariyah. tidak kikir. c. Meninggalkan puasa Rama an berarti melanggar perintah Allah Swt. tidak pemarah.‰ (Q. tidak dendam. 14. patuh. Jika melanggar perintah. pasti akan mendapat sanksi dari Allah Swt. Puasa kifarat (denda karena melakukan pelanggaran) Puasa sunat. Ketentuan-Ketentuan Puasa Rama an 98 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . serta dididik bersih. A. Artinya: „Hai orang-orang yang beriman. b. Wajibnya mempraktikkan puasa Rama an berdasarkan firman Allah Swt. semoga kamu bertakwa. yaitu wajib bagi setiap muslim yang sudah akil balig dan berakal sehat. terdiri atas: a. e. d. Oleh karena itu. Al-Baqarah [2] : 183).

2. Gambar 10. Melalui ilmu hisab (ilmu hitung) yang ditentukan oleh para ahli untuk menentukan bulan. Syarat sah puasa. a. 3) Suci dari haid dan nifas. yaitu: 1) Islam. 2) Muwajiz (dapat membedakan yang baik dan yang buruk). Melihat bulan (rukyat). 3) Berakal sehat. Adapun syarat-syarat puasa adalah sebagai berikut. seorang muslim juga dituntut untuk memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. untuk orang yang melaksanakan ibadah puasa sebulan lamanya. 1. 3. dan ampunan dari Allah Swt.Bulan Rama an merupakan bulan suci bagi umat Islam. baik secara langsung dengan mata maupun dengan menggunakan alat. Di dalamnya mengandung rahmat. 2) Sudah balig (cukup umur). yaitu: 1) Islam. Syarat wajib puasa. 1.2 Suasana bulan Rama«an Sumber: Dokumentasi penulis Untuk mengetahui datangnya bulan Rama an (tanggal 1 Rama an) dapat dilakukan melalui cara sebagai berikut. Syarat Puasa Untuk melaksanakan puasa. Puasa Wajib 99 . 4) Kuat melaksanakan puasa. Menyempurnakan atau mencukupkan bilangan bulan Syakban yaitu 30 hari. b. berkah.

Berbuka dengan sesuatu yang manis. (Diriwayatkan oleh Thabrani) d. b. Hal-hal yang Membatalkan Puasa Berikut ini adalah hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Menyegerakan berbuka apabila telah nyata dan yakin bahwa matahari telah terbenam. Muntah yang disengaja. buah-buahan selain kurma. sampai kira-kira 15 menit sebelum fajar. dan mengkaji Al-Qur'an) atau mengajarkan Al-Qur'an. semoga ditetapkan pahala. Artinya: Dari Anas berkata: Rasulullah Saw.4) Dalam waktu yang dibolehkan. seperti kurma. mulai dari terbit fajar sampai dengan terbenam matahari. 4. Dengan rezeki-Mu aku berbuka. untukMu aku berpuasa. Imanku hanya kepada-Mu juga. 100 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . Basuhlah semua urat. a. Rukun Puasa a. Insya Allah. Menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa. Makan dan minum dengan sengaja. mempelajari. Mengakhirkan makan sahur. atau dengan air. b. Memperbanyak tadarus Al-Qur'an (membaca. f. b. Ada berapakah rukun puasa? Rukun puasa ada 2 yaitu: Berniat pada malam hari sebelumnya. a. di antaranya sebagai berikut. Sunat Puasa Apakah yang dimaksud dengan sunat puasa? sunat-sunat puasa adalah halhal yang sunat dikerjakan ketika sedang melaksanakan ibadah puasa. Berdoa pada waktu berbuka puasa. 3. 2. g. Makan sahur sesudah tengah malam. dengan maksud supaya menambah kekuatan ketika puasa. c. bersabda: Ya Allah. e. Memberi makan kepada orang lain untuk berbuka puasa.

Orang yang boleh berbuka puasa (tidak berpuasa) Orang-orang yang diperbolehkan berbuka atau tidak berpuasa di antaranya sebagai berikut: a. pingsan. f. Contoh: Menahan diri dari perbuaan keji. 3. c. juga mengandung hikmah atau manfaat bagi yang melaksanakannya. kita dapat merasakan langsung rasanya perut lapar. Orang yang sudah sangat tua (pikun) boleh tidak berpuasa dan harus membayar 3/4 liter beras (makanan pokok lain) kepada fakir miskin. mabuk. dan termasuk rukun Islam yang keempat. seperti yang dirasakan oleh fakir dan miskin. Gila. 4. harus mengganti (meng-qada) (mengganti) puasanya pada hari dan bulan yang lain. e. Murtad (keluar dari agama Islam). Di antara hikmah yang dapat diambil dari ibadah puasa tersebut adalah sebagai berikut. Berhubungan suami istri. boleh tidak berpuasa dan harus menggantinya pada hari lain. teratur dan disiplin. Orang haid dan nifas. d. Mendidik keimanan dan ketaatan kepada perintah dan aturan Allah Swt.c. Contoh: salat selalu tepat waktu. 1. Orang sakit apabila tidak kuasa berpuasa. Melatih kesabaran dan berjiwa besar. Puasa Wajib 101 . Mendidik untuk mengendalikan hawa nafsu. f. boleh tidak berpuasa dan harus meng-qada pada hari lain. atau ayan. 6. Dengan berpuasa. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani. tidak boleh berpuasa dan harus mengganti pada hari lain. e. Contoh: berpuasa dapat menyehatkan badan. Ibu yang sedang menyusui anak. Contoh: peduli fakir miskin. selain merupakan ibadah wajib kepada Allah Swt. Contoh: sabar dalam melaksanakan perintah dan sabar dalam menghadapi masalah. 5. B. Ibu yang sedang hamil. Haid dan nifas. 5. boleh tidak berpuasa dan harus menggantinya pada hari lain. Membiasakan hidup tertib. memelihara lidah dari hal-hal yang tidak bermanfaat. b. d. Menumbuhkan rasa belas kasihan kepada fakir miskin. Contoh: rajin membaca Al-Qur'an dan ketekunan beribadah meningkat. Orang yang bepergian jauh (musafir). 2. Hikmah Puasa Puasa Rama an.

2. melatih Puasa disebut juga . . 4. yang membatalkan puasa. a. Dalam bahasa Arab puasa disebut „saum‰ yang artinya . 6. orang yang boleh berbuka puasa. b. minum. f. dan menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membatalkannya. . Untuk mengetahui tanggal 1 Rama an dapat ditentukan dengan: a. Tulis surah Al-Baqarah 183 dengan baik dan benar pada buku tulismu! Tulis pula maknanya dengan benar! Rangkuman 1. antara lain: a. c. bukan untuk umat Nabi Muhammad saja. Ibadah puasa juga pernah diwajibkan kepada umat sebelum Nabi Muhammad. a. menggenapkan/menyempurnakan bilangan bulan Syakban 30 hari. rukun puasa. . .Tugas Perorangan 1. e. Ibadah puasa menurut Al-Qur'an. syarat wajib puasa. Uji Kemampuan A. melihat bulan b. Tujuan puasa adalah untuk membentuk orang yang beriman agar bertakwa kepada Allah Swt. c. rama an c. menahan b. saham 2. menerima d. sunat-sunat dalam puasa. 3. Puasa atau saum adalah menahan diri dari makan. Puasa dilaksanakan dari terbit fajar sampai terbenam matahari. d. disertai syarat dan rukun tertentu. 102 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . menggunakan ilmu hisab. memberi c. 5. . . 2. Ketentuan-ketentuan puasa. Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. Macam-macam hukum puasa adalah ada puasa wajib dan puasa sunat. syarat sah puasa.

a. c. . Tujuan melaksanakan puasa Rama an adalah agar . . 3. . 4.b. puasa . . . salat Tarawih Orang yang diperbolehkan tidak malaksanakan puasa adalah . 3. dan salat . . . Apakah yang disebut puasa itu? Kapan waktu mulai melaksanakan ibadah puasa? Apa saja yang termasuk rukun puasa? Apa yang dimaksud dengan sedekah dan infak? Apa yang dimaksud dengan tadarus Al-Qur'an? Puasa Wajib 103 . . Nazar Termasuk salah satu rukun puasa adalah . . . b. Berbuka puasa itu sebaiknya dengan . 5. 5. kepada Allah Swt. 10 Muharam c. . . . . Berniat melaksanakan puasa Rama an pada malam hari hukumnya . . niat b. sarun Selain puasa Rama an yang wajib dilaksanakan adalah puasa . . Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1. 4. . muzaki d. 3. Puasa yang diwajibkan adalah: a. mualaf 4. . saum d. . C. musafir b. . Senin dan Kamis d. . . tadarus Al-Qur'an d. 5. Setiap malam bulan Rama an disunatkan mengerjakan salat . . . a. . . 2. . . 9 Zulhijah b. 2. . . . a. makan sahur c. mustahik c. puasa . . B. puasa . Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! 1.

. Arafah Al-F l artinya . . lalai mendustakan agama 2. 6. 5 ayat d.Latihan Ulangan Semester 2 A. Gajah c. a. Barang berguna b. c. „Ka'a fim ma'k l‰ bacaan dari . Pilih jawaban yang paling benar! 1. Surah Al-M Ê n terdiri dari . . a. . b. . . . . . sapi c. d. . d. a. d. 3. 6 ayat b. 4 ayat c. a. Bangunan c. c. d. . Al-M ‘ n artinya . . sapi betina unta 5. a. 104 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . . b. . . „Ara'aita‰ terdapat pada bacaan .

Selain puasa Rama an yang wajib dilaksanakan adalah puasa . pembawa berita b. . . Yang mendampingi Rasulullah Saw. a. . Orang yang diperbolehkan tidak melaksanakan puasa adalah . nazar 14. . . . Ibrahim a. . Siti Khadijah d. Abu Bakar S³diq 18. niat b. para alim ulama c. . . ketika hijrah ke Yastrib adalah . Abu Bakar Sidiq Latihan Ulangan Semeter 2 105 .s. . . 9 Zulhijah b. b. a. .7. Ali bin Abi alib c. 13. mualaf 17. Muhammad Saw. a. . a. para pengusaha d. muzaki d. shalat tarawih 16. Musa a. . „Tidak hangus dibakar‰ adalah mukjizat Nabi . memberi c. menyampaikan c. teladan Tugas rasul secara umum adalah . dapat dipercaya c. menyampaikan wahyu c. . . mustahik c musafir b. . . kepada keluarga 12. menyelamatkan umat manusia d. Ali bin Abi alib b. a. . 10. 9. Menurut bahasa kata nabi artinya adalah . a. . Usman bin Affan d. menahan b. . c. benar d. . Utusan c. semua manusia b. d. 10 Muharam c. Umar bin Kha ab b. . . a. pintar/cerdas 11. Isa a. a. . berdakwah Setiap Nabi dan Rasul wajib memiliki sifat Tablig yang artinya . menyampaikan b. . benar b. Membantu fakir miskin merupakan kewajiban . Nazar 15. Setiap Nabi harus memiliki sifat fathonah artinya . . . tadarus Al-Qur'an d. a. a. Termasuk salah satu rukun puasa adalah . . dapat dipercaya d. menerima d. Senin dan Kamis d. a. Siti Aminah c. pilihan d. .s. a.s. . . Dalam bahasa arab puasa disebut „saum‰ yang artinya . Orang yang pertama kali masuk Islam adalah . memimpin umat b. . . . . pintar 8. makan sahur c.

Gua Mina b. Gua Hiro d. . . Adik kandung khalifah Umar yang pertama masuk Islam . Orang yang hijrah ke Mekah disebut kaum . muhajirin b. . . . Gua Sur c. C. a. Orang yang memimpin kaum muslimin menunaikan ibadah haji ke Mekah adalah . . a. . 4. 9. . a. Abu Bakar Sidiq d. . . Thulailah c. Ubaidah 22. . . Berbuka puasa itu sebaiknya dengan . . . Lamamah c. Ansar 24. Gua Uhud B. Gua Hiro d. Said bin Sabit b. Gua Uhud 20. . . Di antara orang yang mengaku sebagai Nabi adalah . . . Umar bin Kha ab masuk Islam setelah mendengar bacaan . Ali bin alib 25. Muhajirin b. Khalifah Umar bin Kha ab dipukuli . mukminin b. Ansar c. Rasulullah Saw. . .19. . Gua Mina b. Nabi-nabi yang memiliki ketabahan dan keuletan yang luar biasa dalam menjalankan tugasnya disebut . . sempat bersembunyi di . Usarah d. . . Gua Sur c. . Abu Bakar Sidiq memerangi kaum . . . . a. Orang mukminin yang menyambut kedatangan orang muslimin dari Mekah disebut . sempat bersembunyi di . Al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar bagi Nabi . muslimin d. Umar bin Kha ab c. dan salat . 10. . . . . . 7. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar! Tulis jawaban pada buku tulismu! Surah Al-F l tergolong surah . murtadin d. . . kepada Allah Swt. 6. . . Rasulullah Saw. . Arti Rasul menurut bahasa adalah . Ketika akan hijrah ke Yastrib. . . 3. 5. 2. . . Setiap bulan Rama an disunatkan mengerjakan salat . muslimin c. Mukminin 21. 8. a. a. . Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! Tulis 106 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . . . mukminin c. . . Muslimin d. . a. Ketika akan hijrah ke Yastib. 1. Tujuan puasa Rama an adalah agar . . . . Amirul mukminin 23. .

2. 4. Siapa yang mendustakan agama menurut surah Al-M ‘ n? Mengapa waktu kelahiran Nabi Muhammad Saw. disebut tahun gajah? Sebutkan pengertian Nabi dan Rasul! Sebutkan Rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi! Sebutkan 4 macam sifat yang wajib dan mustahil bagi rasul! Latihan Ulangan Semeter 2 107 . 3. 5.jawaban pada buku tulismu! 1.

Glosarium Akil balig : cukup umur. setelah nabi wafat. : Lubang. benci karena ini yang amat sangat kepada keberuntungan orang lain. : kebodohan. baik lafalnya. : cerdas. mengamalkan ajaran agama. bersih. cakap. liang pada kaki gunung. orang tua. budak belian. 108 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . : abdi. : Ingkar kepada perintah tuhan. tidak halal. : lancar. pinter. datang bulan. : ujung kerongkongan yang tampak menonjol pada leher orang laki-laki dewasa : luka menanah yang membusuk. : menaruh perasaan marah. mempelajari. : wakil (pengganti) Nabi Muhammad Saw. tahu membedakan baik dan buruk (laki-laki berumut 15 tahun keatas) Amanah Azan Durhaka Dakwah Dengki Fasih Fatonah Gua Haid Hamba Haram Istana Jahiliah Jakun Koreng Khalifah : dapat dipercaya. : terlarang oleh agama islam. : rumah kediaman resmi raja (kepala negara presiden) dan keluarganya. : seruan untuk mengajak orang melakukan shalat. : Seruan untuk memeluk. : menstruasi.

: darah yang keluar dari rahim wanita sesudah melahirkan. kayu bersilang tempat Yesus dihukum oleh orang yahudi. : menyampaikan kebenaran dari Allah Swt. yang diberi wahyu untuk dirinya dan wajib disampaikan kepada umatnya.penguasa. : ramal. ilmu gaib. yang diturunkan hanya kepada Nabi dan Rasul melalui mimpi. : benar. : perbuatan ajaib dilakukan dengan kekuatan gaib (guna-guna. mantra). Mukjizat Nabi Nifas Nujum Pahala Rasul Siddiq Setan Salib Sahur Sihir Tajwid Tablig Tartil Takwa Tadarus Wahyu Wajib Zalim : kejadian ajaib yang sukar dijangkau oleh akal manusia. : cara membaca Al-Qur'an dengan benar. kejam. kepala (gelar) agama dan raja di negara Islam. : manusia pilihan Allah Swt. Glosarium 109 . : tanda silang. : terpelihara diri dan tetap taat melaksanakan perintah Allah Swt dan menjauhi larangan-Nya. : manusia pilihan Allah Swt yang diberi wahyu untuk dirinya dan tidak wajib disampaikan kepada umatnya. : Pembacaan Al-Qur'an secara bersama-sama (di bulan puasa) : petunjuk dari Allah Swt. : roh jahat yang selalu mengganggu manusia berbuat jahat. tidak adil. : bengis. jujur. perbintangan untuk meramal nasib orang. : harus dilakukan. : membaca Al-Qur'an dengan pelan. : ganjaran tuhan atas pebuatan baik manusia. : makan pada dini hari bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa. sudah semestinya dilakukan.

15. 70 Kafir Quraisy 8. 100. 84. 101. 14. 54. 84. 106 Abu Kuhafah 78. 90. 34. 70. 5. 48. 85. 37. 60 Al-Lahab 2. 25. 20. 85. 18. 33. 10. 90. 33. 9. 76. 105. 88. 109 Amanah 68. 58. 15. 13. 93. 87 E Etiopia 78 110 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . 9 5. 71 H Haji Wada 18 Hawariyyun 31. 31. 12. 43. 93. 51. 5 3. 33. 87. 93. 43 Al-M±‘ n 58. 11. 12. 103. 3. 41. 75. 42. 5. 96. 89. 49. 102. 79. 61 Al-Qur'an 1. 32. 32. 19. 14. 78. 5. 2. 56. 5 3. 25. 94. 20. 38. 78. 17 Al-Hadis 73 Al-Kafirun 2. 24. 71 Hikmah Puasa 101 I Ibadah 1. 33. 9. 95. 78.Indeks A Abu Bakar 77. 95 Akhirat 1. 56 Al-Masih 27. 10. 89. 94. 39. 86. 83. 96 Kitab Allah 13. 89. 80. 30. 91. 64. 85. 26. 1 03. 36. 33. 106. 6. 9 9. 97. 52. 57. 56. 75. 105. 79. 7. 87. 13. 13. 96. 63. 26. 65. 106. 7. 79. 22. 61. 30. 46. 52. 17. 90. 30. 9. 23. 41. 14. 59. 63 B Baitul Mal 84 Baitul Maqdis 29 Bani Israil 15. 43. 44. 38. 23. 100. 106. 11. 50. 54. 43. 8 7. 19. 30. 29. 27. 94. 92. 15. 18 Kitab suci 1. 24. 20. 79. 10. 56. 46. 80. 57. 15. 43. 92. 16. 9. 78. 10. 48. 81. 16. 3. 39. 16. 93 Kaum Ansar 79 Khalifah 77. 108 Amirul mukminin 93 A©an 45. 32. 54. 12. 38. 36. 32. 47. 91. 55 Bukit Zaitun 30 D Doa sesudah a©an 47 M Madaniyah 65 Madinah 34. 50. 19. 94. 34. 55 F Fatanah 68 Firaun 23. 109 Khulafaurrasyidin 85. 95. 11. 28. 49. 64. 62. 56 K Ka’bah 60. 109 Injil 13. 73. 55 Iqamah 45. 54. 37. 85.

Makiyah 2, 3, 11, 58, 60 Maryam 27, 28, 29, 31, 32, 33, 41, 43, 54, 55, 71 Mekah 2, 3, 9, 34, 46, 58, 60, 64, 6 5, 78, 79, 83, 84, 85, 87, 92, 106 Mesir 23, 26, 33, 34, 37, 38, 43, 54, 55, 84 Mukjizat 13, 26, 28, 32, 38, 39, 56, 7 5, 76, 85, 105, 106 Mukjizat Al-Qur'an 85

Romawi 40, 41, 79 Rukun Puasa 100

S
Sahabat Nabi 40, 77, 85 Salat fardu 45, 46, 50 Siddiq 68, 75, 109 Sifat dermawan 91 Sifat ramah 90 Sunat Puasa 100 Sungai Nil 24, 25, 37 Syarat Puasa 99 Syarat-syarat azan 48

N
Nabi Ayub a.s. 22, 23, 32, 33, 35, 36, 42, 43, 44, 54, 55 Nabi Daud a.s. 19, 69 Nabi Harun 26, 33, 69 Nabi Ibrahim a.s. 19, 22, 27, 53, 69, 70, 74 Nabi Isa a.s. 16, 19, 27, 28, 32, 34, 35, 39, 41, 42, 43, 44, 55, 56, 69, 71, 72, 74 Nabi Muhammad Saw 6, 7, 8, 10, 11, 13, 15, 16, 17, 19, 20, 54, 56, 60, 64, 66, 69, 72, 74, 81, 83, 89, 91, 107 Nabi Musa a.s. 15, 19, 23, 27, 32, 33, 34, 35, 36, 39, 40, 42, 43, 54, 56, 69, 71, 74, 75 Nabi Nuh a.s. 69, 70, 74 Negeri Madyan 26

T
Tablig 68, 75, 105, 109 Taurat 13, 15, 16, 19, 20, 27, 30, 31, 32, 33, 43, 54, 55 Teluk Aqabah 26

U
Ulul Azmi 69, 74, 76, 107 Umar bin Khattab 77, 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 92, 93, 94, 95, 96, 105, 106

W
Wukuf 18

P
Padang Arafah 18 Perbedaan nabi dan rasul 74 Puasa kifarat 98 Puasa Nazar 98 Puasa Rama«an 98, 99, 101 Puasa wajib 98, 102

Y
Yahuda 71, 72 Yahudi 16, 27, 30, 31, 40, 43, 55, 7 1, 84 Yang membatalkan puasa 98, 102 Yastrib 78, 86, 105, 106 Yudas Iskariot 33, 41, 55, 71

R
Rama«an 16, 17, 98, 99, 101, 102, 10 3, 105, 106, 115, 116 Rasul 15, 19, 29, 31, 32, 68, 69, 71, 73, 74, 75, 76, 105, 107

Z
Zabur 13, 15, 19, 20, 33, 43, 54, 55

Indeks

111

Lampiran
Lampiran 1
PEDOMAN TRANSLITERASI Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri P dan K No. 158 Th. 1987

112

Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V

Lampiran 2
Sejarah a an dan iqamah
A an mulai disyariatkan pada tahun kedua Hijriah. Mulanya, pada suatu hari Nabi Muhammad Saw. mengumpulkan para sahabat untuk memusyawarahkan bagaimana cara memberitahu masuknya waktu salat dam mengajak orang ramai agar berkumpul ke masjid untuk melakukan salat berjamaah. Di dalam musyawarah itu ada beberapa usulan. Ada yang mengusulkan supaya dikibarkan bendera sebagai tanda waktu salat telah masuk. Apabila benderanya telah berkibar, hendaklah orang yang melihatnya memberitahu kepada umum. Ada juga yang mengusulkan supaya ditiup terompet seperti yang biasa dilakukan oleh pemeluk agama Yahudi. Ada lagi yang mengusulkan supaya dibunyikan lonceng seperti yang biasa dilakukan oleh orang Nasrani. ada seorang sahabat yang menyarankan bahwa manakala waktu sholat tiba, maka segera dinyalakan api pada tempat yang tinggi dimana orang-orang bisa dengan mudah melihat ketempat itu, atau setidak-tidaknya asapnya bisa dilihat orang walaupun ia berada ditempat yang jauh. Yang melihat api itu dinyalakan hendaklah datang menghadiri salat berjamaah. Semua usulan yang diajukan itu ditolak oleh Nabi, tetapi beliau menukar lafal itu dengan assalatu jamiÊah (marilah salat berjamaah). (KYP3095) Lantas, ada usul dari Umar bin Kha ab jikalau ditunjuk seseorang yang bertindak sebagai pemanggil kaum Muslim untuk sholat pada setiap masuknya waktu salat. Kemudian saran ini agaknya bisa diterima oleh semua orang dan Nabi Muhammad Saw. juga menyetujuinya. Asal muasal a an berdasar hadis Lafal a an tersebut diperoleh dari hadis tentang asal muasal adzan dan iqamah: Abu Dawud mengisahkan bahwa Abdullah bin Zaid berkata sebagai berikut: „Ketika cara memanggil kaum muslimin untuk sholat dimusyawarahkan, suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya apakah ia ada maksud hendak menjual lonceng itu. Jika memang begitu aku memintanya untuk menjual kepadaku saja. Orang tersebut malah bertanya,‰ Untuk apa? Aku menjawabnya, „Bahwa dengan membunyikan lonceng itu, kami dapat memanggil kaum muslim
Lampiran

113

‰ Kemudian Rasulullah Saw. dan menceritakan perihal mimpi itu kepadanya.alah (2x) ayyaÊalal-falah (2x) Allahu Akbar Allahu Akbar La ilaha illallah Ketika esoknya aku bangun. At-Tirmidzi (189) secara ringkas tanpa cerita Abdullah 114 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V . „Itu mimpi yang sebetulnya nyata. dia diam sejenak. kemudian kuberitahu beliau apa yang kumimpikan. lalu berkata: „Kau katakan jika salat akan didirikan: Allahu Akbar. lalu aku ajarkan kepadanya dan dia yang berazan. karena sesungguhnya suaranya lebih lantang darimu. Dia berkata: „Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar..‰ Orang itu berkata lagi. bersabda: „Maka bagi Allah-lah segala puji. aku mendatangi Rasulullah Saw. Allahu Akbar Asyhadu alla ilaha illallah Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah ayyaÊala .. berkata. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang. Ia berkata: Hal tersebut terdengar oleh Umar bin Kha ab ketika dia berada di rumahnya. Beliaupun bersabda: „Sesungguhnya itu adalah mimpi yang benar. aku menemui Nabi Muhammad Saw. Allahu Akbar La ilaha illallah Begitu subuh.‰ Rupanya. „Maukah kau kuajari cara yang lebih baik?‰ Dan aku menjawab „Ya!‰ Lalu dia berkata lagi dan kali ini dengan suara yang amat lantang: Allahu Akbar Allahu Akbar Asyhadu alla ilaha illallah Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah ayyaÊala .untuk menunaikan salat.‰ Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal. Saw. artinya „Shalat akan didirikan‰ Allahu Akbar.‰ HR Abu Dawud (499). insya Allah. mimpi serupa dialami pula oleh Umar ia juga menceritakannya kepada Nabi Muhammad.‰ Ia berkata: Maka aku bangkit bersama Bilal. Bangkitlah bersama Bilal dan ajarkanlah kepadanya apa yang kau mimpikan agar diadzankannya (diserukannya). kemudian Nabi Muhammad. Saw. Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Kemudian dia keluar dengan selendangnya yang menjuntai.alah ayyaÊalal-falah Qod qomatish sholah (2 kali). sungguh aku telah memimpikan apa yang dimimpikannya. Asal muasal iqamah Setelah lelaki yang membawa lonceng itu melafalkan azan.

Ibnu Majah (706). maka menahan diri tersebut tidaklah dianggap sebagai puasa. Pensyariatan puasa pada bulan Rama an hukumnya adalah wajib. maka hendaklah dia berpuasa akan puasa tersebut‰ Deskripsi Singkat : 1. bersetubuh disiang hari bulan Rama an 5. Yang dimaksud terbitnya fajar yaitu terbitnya fajar yang dengannya kaum muslimin halal untuk melakukan sholat shubuh (atau disebut juga fajar AshShadiq). beliau berkata. Ash-Shiyam secara bahasa adalah Al-Imsak (menahan diri) secara definisi syarÊi adalah menahan diri dalam bentuk tertentu dari sesuatu yang tertentu dalam waktu yang tertentu dengan syarat-syarat yang tertentu pula (definisi yang disebutkan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar) 2.alhabaib. kecuali seseorang dahulu dia berpuasa akan suatu puasa. an-Nawawi. ad-Darimi (1187). Disebutkan oleh Imam Al-Qurtubi bahwa puasa adalah menahan diri dari perkara-perkara yang membatalkannya bersamaan iringan niat dengannya dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari 3. Shahih Abu Dawud (512). Pada waktu tertentu.bin Zaid tentang mimpinya. misalnya menahan diri untuk menjaga kesehatan 4. bersabda Rasulullah „Janganlah kalian mendahului Rama an dengan berpuasa satu hari atau dua hari. ad-Daruquthni. At-Tirmidzi berkata: „Ini hadits hasan shahih‰. maupun IjmaÊ. Sumber: www.blogspot. Yang dimaksud terbenamnya matahari yaitu hilangnya lingkaran matahari dari langit dan bukan dengan terbitnya bintang (seperti perbuatan SyiÊah) 6. adz-Dzahabi. al-Bukhari dalam Khalq AfÊal al-Ibad. Maka orang yang menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa tanpa disertai niat untuk puasa. baik dengan dalil dari Al-Qur'an. Demikian diutarakan al-Albani dalam al-Irwa (246). dan yang lainnya.com Lampiran 3 Pensyariatan Puasa Rama an Dari Abu Hurairah. Juga dishahihkan oleh jamaah imam ahli hadits. Menahan diri dalam bentuk tertentu. dan Ahmad (16043-redaksi di atas). al-Baihaqi. misalnya makan. dan Takhrij al-Misykah (I: 650). yakni yang dimaksud menahan diri yang diniatkan untuk ibadah. seperti al-Bukhari. yakni dari perkara-perkara yang membatalkan puasa. Ibnu Jarud. yakni dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. As-Sunnah. minum. bahkan salah satu rukun dari rukun-rukun Islam Lampiran 115 . Menahan diri dalam sesuatu tertentu.

minum maupun bersetubuh setelah masuknya waktu berbuka apabila dia telah tertidur atau setelah melaksanakan sholat isyaÊ.formulahaji. berkata Imam Nawawi : Rasulullah telah berpuasa Rama an selama sembilan tahun karena puasa Rama an diwajibkan pada bulan SyaÊban pada tahun ke-2 H. yaitu puasa yang fardhu dalam syariat ini (puasa dalam bulan Rama an. Di awal Islam seseorang yang berpuasa tidak boleh untuk makan. kemudian Allah menurunkan kewajiban puasa sebulan penuh pada bulan Rama an. kemudian hukum ini dihapuskan. Jenis-jenis amalan berpuasa : Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menyebutkan bahwa puasa itu ada lima jenisnya. kemudian puasa wajib berkenaan karena nazar dan puasa yang sunnah. namun Allah menyebutkan bahwa puasa itu lebih baik. Mulai diwajibkan puasa Rama an. sehingga apabila telah masuk waktu berbuka maka boleh seseorang makan. Sumber: www. manusia diberi pilihan antara puasa dan membayar fidyah (setiap satu hari memberi makan seorang miskin). maka jadilah puasa Rama an wajib dan puasa Asy-SyuraÊ mustahab. Di awal kewajiban puasa Rama an. Kemudian hukum pilihan ini dihapuskan. minum.7. maka jadilah puasa Rama an diwajibkan bagi setiap yang mampu untuk berpuasa 9. Urutan kondisi perintah untuk berpuasa : tahap pertama kaum muslim diperintahkan secara wajib puasa pada hari Asy-SyuraÊ. baik penunaian maupun qadhaÊ). bersetubuh sampai datangnya fajar Ash-Shadiq berikutnya 10. kemudian puasa yang wajib dalam pembayaran-pembayaran kaffarah (misalnya membayar kaffarah sumpah). dan Nabi wafat pada bulan RabiÊul Awwal pada tahun ke-11 H 8. yakni pada tanggal 10 Muharram.com 116 Pendidikan Agama Islam 5 SD Kelas V .

Al-Qur'an Terjemahan dan Transliterasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Muhyidin. Nafa. 2005. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mustofa. KH. Daud. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Ruya Abi. A. Ismail. Daftar Pustaka 117 . Pendidikan Budi Pekerti. 2007. Departemen Agama RI. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Seri Riwayat Nabi. Bandung: Fajar Utama Madani. Surabaya: Bintang Pelajar. Terjemah Hadits Shahih Muslim. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Intimedia. Jakarta: Balai Pustaka. Cahaya dari Bukit Shafa. 2004. Wahbah. Kisah Teladan Dua Puluh Lima Nabi dan Rasul. Sejarah Peradaban Islam. Kudus: Pondok Tahfiz YanbuÊul Quran. 2006. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Ulil Albab Arwani KH. Maksum. Tim Penulis. Tariqah Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur'an. Manhaj Pendidikan Anak Muslim. Rusyan. Yogyakarta: Penerbit Lesfi.Daftar Pustaka Al-Zuhayly. 2005. 2008. Tabrani. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Puasa dan Itikaf. 2005. Mengajar Anak Berakhlak Al-Qur'an. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2006. Jakarta: Mustaqim. MaÊmun. 2004. Pamungkas. Muhammad. Asy Syaikh Fuhaim. Tanpa Tahun. YanbuÊan. 2009. 2005. Jakarta: Widjaya.