1. Jelaskan kompetensi apa yang diharapkan Pendidikan Kewarganegaraan bagi mahasiswa? Jawaban: a) Secara Umum i.

Membentuk warga negara yang baik dan cerdas yang mampu mendukung pembangunan dan juga kelangsungan bangsa dan negara. Konsep good citizen tentunya amat tergantung dari pandangan hidup dan sistem politik negara yang bersangkutan. ii. Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warga negara dengan negara serta Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara. b) Secara Khusus i. Agar mahasiswa dapat memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur, demokratis serta ikhlas sebagai warga negara Indonesia terdidik dan bertanggung jawab. ii. Agar mahasiswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila, Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional. iii. Agar mahasiswa memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilainilai kejuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa.

2. Jelaskan perbedaan pengertian konsep negara dan bangsa? Jawaban : a) Hakikat Bangsa i. Bangsa dalam arti sosiologis antropologis Persekutuan hidup masyarakat yang berdiri sendiri yang masingmasing anggota persekutuan hidup tersebut merasa satu kesatuan ras, bahasa, agama, dan adat istiadat.

Bersatunya mereka dalam political unity. tetapi berdasar pada unsur etik. negara mempunyai dua pengertian. bahasa. Arti Negara Menurut kamus besar Bahasa Indonesia. berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya. negara adalah organisasi di suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati rakyatnya. negara adalah kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif. Bangsa dalam arti politis Suatu masyarakat dalam suatu daerah yang sama dan mereka tunduk pada kedaulatan negaranya sebagai suatu kekuasaan tertinggi ke luar dan ke dalam.ii. b) Hakikat Negara i. Pertama. dan adat istiadat. George Jellinek Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertenu. Jadi mereka diikat oleh kekuasaan politik. Political Unity merupakan anggota yang berdiam di satu daerah yang disebut wilayah yang sama. yang merupakan satu pemerintahan serta tunduk pada kekuasaan tertinggi. Kedua. . yaitu negara. bukan lagi atas dasar unsur-unsur etnik sebagaimana cultural unity. Pengertian negara menurut dari pendapat para ahli: i. ii. Soenarko Negara adalah organisasi kekuasaan masyarakat yang mempunyai daerah tertentu dimana kekuasaan negara berlaku sepenuihnya sebagai sovereign. iii. mempunyai satuu kesatuan politik. religi. Cultural Unity dan Political Unity Cultural Unity adalah bangsa dalam pengertian antropologis/sosiologis yang terjadi karena suatu masyarakat itu merupakan satu persekutuan hidup berdiri sendiri yang merasa satu kesatuan dalam hal ras.

dan Bahasa. 3) Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. kebudayaan. Pendidikan Kewarganegaraan. meliputi kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum (MPK). Jelaskan dasar hukum dalam pendidikan bela negara? Jawaban : 1) Pembukaan UUD 1945 dalam alinea II dan IV. Pendidikan Kewarganegaraan. serta Bahasa Inggris. 6) Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 43/DIKTI/Kep/2006 menetapkan tentang visi dan misi kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Bagaimana pendapat anda tentang globalisasi dan bagaimana anda mengatasinya? Jawaban : . Pendidikan Kewarganegaraan. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK). 4. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). antara lain ditegaskan jenis kurikulum inti Program Diploma dan Sarjana. dan Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.3. 5) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mewajibkan kurikulum tingkat satuan pendidikan tinggi memuat mata kuliah Pendidikan Agama. dan Bahasa Indonesia. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB). dan kurikulum tingkat satuan pendidikan tinggi Proglam Diploma dan Sarjana wajib memuat mata kuliah yang bermuatan kepribadian. yaitu meliputi kompetensi Pendidikan Agama. serta mata kuliah statistika dan atau matematika. tersurat dalam cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia. Jelaskan faktor yang menyebabkan kondisi bela negara saat ini dirasakan mulai luntur? Jawaban : 5. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB). 4) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 37 ayat 2 menjelaskan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat Pendidikan Agama. dan Bahasa Indonesia. 2) Batang Tubuh UUD 1945 pasal 31 ayat 1 – 5 tentang pendidikan.