PENAWARAN PARTISIPASI SPONSORSHIP SEMINAR NASIONAL 3 th ADDED VALUE OF ENERGY RESOURCES (AVoeR) 2011

Graha Sriwijaya Kampus UNSRI Palembang, 26-27 Oktober 2011

I. PENDAHULUAN Pada dasarnya kerja sama sponshorship adalah bentuk kerjasama antara kedua belah pihak yang dapat saling menguntungkan. Artinya ada timbal balik antara kedua belah pihak, dimana kedua belah pihak itu adalah pihak pemilik produk (jasa) dan team pelaksana. Adapun bentuk dari sponsorship adalah sebuah promosi dari sebuah produk atau jasa yang dipublikasikan oleh pihak pelaksana pada suatu acara kegiatan, sedangkan timbal balik yang akan diperoleh dari team pelaksana dari pemilik produk/jasa (sponsor) adalah bisa berupa biaya penyelenggaraan dan publikasi selama acara berlangsung. Ada beberapa bentuk kerjasama yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara kepada pemilik jasa (sponsor), sehingga pihak sponsor dapat memilih kerjasama menurut keinginan dan sesuai kemampuan pihak sponsor untuk mendanai kegiatan ini. Adapun fasilitas yang diberikan oleh team pelaksana kegiatan kepada pihak pemilik jasa (sponsor) adalah memberikan wewenang kepada pihak sponsor untuk melakukan promosi pada saat kegiatan tersebut dalam bentuk pencantuman logo dan simbol produk atau nama dari sebuah perusahaan antara lain :  Baliho T-shirt Block note  Stiker  Iklan di media cetak dan elektronik  Spanduk  Buku panduan  Map  Pamflet  Poster

Fasilitas diatas hanya berlaku untuk sponsor Gold, Silver dan Bronze.

dll. sponsor gold (emas) diperkenankan untuk mengisi halaman pada bagian mencantumkan logo perusahaan. promosi produk. pada back drop.  sebesar 10 % dari ukuran spanduk 6 x 1 m2 dan ukuran 4.  UNSRI. block note. Alokasi halaman untuk promosi diberikan 5 halaman penuh ukuran kertas Folio. misal.  Khusus untuk buku prosiding (buku yang berisi kumpulan makalah depan sebelum daftar isi dan setelah kata pengantar untuk seminar).100% dari keseluruhan anggaran biaya dari kegiatan ini. media publikasi lainnya yang akan disebarkan di pusat keramaian dan kampus . atau nama salah satu produk dari perusahaan yang bersangkutan akan menjadi satu-satunya sponsor yang diikutsertakaan dalam kegiatan ini. seminar kit. prosiding. SPONSOR SILVER (PERAK) Sponsor perak adalah pihak yang menanggung 50% dari seluruh anggaran biaya pada kegiatan ini. kegiatan perusahaan.  Diperkenankan untuk mempergunakan kegiatan ini untuk media promosi dalam segala bentuk dalam media/bahan/material yang akan digunakan pada kegiatan ini.  Pencantuman nama/logo perusahaan atau salah satu produk perusahaan yang bersangkutan pada semua media publikasi kegiatan ini.5 x 1 m2. Dan akan dicetak berwarna menggunakan kertas licin. prestasi perusahaan atau hal-hal lainnya untuk mempromosikan perusahaan. spanduk. Fasilitas yang akan diperoleh sponsor gold (emas) adalah sebagai berikut:  Nama dan logo perusahaan. Fasilitas yang akan diperoleh sponsor madya adalah sebagai berikut:  Nama/logo perusahaan akan dicantumkan pada spanduk kegiatan Nama/logo perusahaan akan dicantumkan pada spanduk kegiatan Nama/Logo perusahaan akan dicantumkan pada poster/pamflet atau sebesar 15 % dari ukuran backdrop berukuran sekitar 7 x 2 m2. plakat. BENTUK KERJASAMA SPONSOR GOLD (EMAS) Sponsor Gold adalah pihak yang menanggung 75 % .II.

nama dan dicantumkan dalam bentuk ucapan terima kasih pada prosiding. prestasi perusahaan atau hal-hal lainnya untuk mempromosikan perusahaan.  Nama/logo perusahaan akan dicantumkan Sponsor pendukung adalah pihak-pihak (badan pada Block organisasi. promosi produk. kegiatan perusahaan.5 x 1 m2. Khusus untuk buku prosiding (buku yang berisi kumpulan makalah seminar). Nama perusahaan akan dicantumkan pada kartu panitia sebesar 5 % 2 dari ukuran kartu 18 SPONSOR PENDUKUNG x 10 cm . Dan akan dicetak berwarna menggunakan kertas licin. Prosiding folio. Seminar Kit/Tas Sandang. Plakat. Nama/logo perusahaan akan dicantumkan pada spanduk kegiatan Nama/Logo perusahaan akan dicantumkan pada poster/pamflet atau sebesar 5 % dari ukuran spanduk 6 x 1 m2 dan ukuran 4. Alokasi halaman Plakat. sponsor silver (perak) diperkenankan untuk mengisi halaman pada bagian depan sebelum daftar isi dan setelah kata pengantar untuk mencantumkan logo perusahaan. .  seminar). usaha. dll. Khusus penyumbang BRONZE (PERUNGGU) jabatan individu penyumbang akan SPONSOR perorangan.  UNSRI.  media publikasi lainnya yang akan disebarkan di pusat keramaian dan kampus Nama perusahaan akan dicantumkan pada kartu panitia sebesar 5 % Nama/logo perusahaan akan dicantumkan pada Block Note. Plakat. untuk promosi diberikan 1 halaman penuh ukuran kertasdll. baik dalam uang maupun suatu barang dimana besaran dana sumbangan atau jenis barang yang akan keperusahaan atau dapat melalui negosiasi lebih lanjut dengan panitia. promosi produk.  Seminar Kit/Tas Sandang. prestasi perusahaan atau hal-hal lainnya untuk mempromosikan perusahaan. Map dan dll. kegiatan perusahaan. Alokasi halaman untuk promosi diberikan 1 halaman penuh ukuran kertas folio. disumbangkan diserahkan Fasilitas yang diperoleh.kenang kenangan . perorangan) yang belum termasuk dalam kategori sponsor di atas yang ingin berpartisipasi. Jika sumbangandicetak berwarna menggunakan kertas licin. memasang logo pada barang yang disumbangkan tersebut. sponsor perunggu diperkenankan untuk mengisi halaman pada bagian belakang kulit prosiding  setelah isi makalah untuk mencantumkan logo perusahaan. Note. seluruh Sponsor perunggu adalah pihak yang menanggung 10%-25% dari anggaran biaya pada kegiatan ini. Map.  Seminar Kit/Tas Sandang. Map. Fasilitas-fasilitas yang akan diberikan sebagai berikut : DONATUR Bersedia membantu pendanaan yang sifatnya tidak mengikat dan sukarela  Nama/logo perusahaan akan dicantumkan pada spanduk kegiatan sebesar 10 kegitan ini. Khusus untuk buku prosiding (buku yang berisi kumpulan makalah dari ukuran kartu 18 x 10 cm2. logo perusahaan/organisasi akan dicantumkan pada Spanduk. Untuk para donatur sekitar 7 x 2 m demi kelancaran% dari ukuran backdrop berukuran akan diberikan2. Block Note. perusahaan bebas Dan akan dalam bentuk barang misal tas dll.

GOLD B R O N Z E Dipasang di depan Kampus Universitas Sriwijaya Inderalaya dan Bukit Besar Dipasang di depan Fakultas Teknik UNSRI Dipasang di tempat-tempat strategis lainnya Dipasang sebelum dan selama kegiatan berlangsung BRONZE SILVER . 4. Semua desain untuk peletakan sponsor dan pembuatan atribut dilakukan oleh panitia seminar nasional. 2.KETENTUAN – KETENTUAN PELETAKAN SPONSOR. Desain : 30 % dari ukuran baliho : Panitia LOGO Keterangan : 1. BALIHO Ketentuan : a. 3. Ruang Sponsor b.

SPANDUK Ketentuan : Ruang Sponsor Desain : 30% dari ukuran spanduk : Panitia LOGO GOLD BRONZE SILVER LOGO SILVER 1M BRONZE Keterangan : Penempatan atau pemasangan spanduk dilakukan panitia di tempat-tempat strategis: o Tempat pendaftaran o Tempat-tempat strategis di Palembang o Tempat-tempat strategis di Inderalaya o Pintu gerbang kampus o Tempat-tempat selama kegiatan berlangsung Dipasang sebelum dan selama kegiatan berlangsung. .

Ketentuan : Ruang Sponsor Desain : Bagian Depan : Panitia GOLD TAMPAK DEPAN BRONZE TAMPAK BELAKANG SILVER Keterangan : Selama kegiatan berlangsung. T-Shirt ini akan dipakai oleh panitia pelaksana seminar nasional dan dengan jenis bahan dan desain yang menarik. dimungkinkan akan dipergunakan terus meskipun kegiatan telah berakhir.3) T – SHIRT Selama kegiatan berlangsung. sehingga merupakan kegiatan promosi yang dapat bertahan lama dan tersebar di kalangan mahasiswa serta pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. . T-Shirt ini akan dipakai oleh Panitia Pelaksana Seminar Nasional dan dengan jenis bahan dan desain yang menarik.

Ruang Sponsor Desain Gambar : 20% dari ukuran stiker : Panitia 17 cm 12 cm SPONSOR Keterangan : o Stiker akan dibagikan kepada seluruh peserta dan diharapkan ditempel di tempattempat yang akan dilihat oleh banyak orang dan bertahan lama. o Jenis barang dan bentuk yang menarik.4) STIKER Ketentuan : 1.  . peserta sehingga bisa dibawa dan digunakan setelah acara Seminar Nasional. 5) MAP Ketentuan : Ruang Sponsor Desain Gambar : 10% dari map : Panitia 26 cm 36 cm SPONSOR SPONSOR SPONSOR Keterangan :  Map akan digunakan selama kegiatan berlangsung dan akan diberikan ke Jenis barang dan bentuk yang menarik sehingga menjadi komoditi promosi. sehingga akan menjadi komoditi promosi.

dan akan menjadi buku petunjuk acara  Jenis barang dan bentuk menarik sehingga akan menjadi komoditi promosi. 7) BLOCK NOTE Ketentuan : 2. Ruang Sponsor Desain Gambar : 20% dari ukuran cover buku : Panitia 21 cm 29.5 cm : 10% dari note book : Panitia SPONSOR SPONSOR 21 cm .6) BUKU PANDUAN Ketentuan : 1.7 cm SPONSOR Keterangan :  Buku Panduan akan dibagikan kepada seluruh peserta dan pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Ruang Sponsor Desain Gambar 16.

8) Pamflet Ketentuan : Ruang Sponsor Desain Gambar 30 cm : 20 % dari pamflet : Panitia 50 cm SPONSOR Keterangan :  Poster ini akan dikirim dan di pasang di seluruh Universitas atau Perguruan Tinggi di Indonesia yang diundang.Keterangan : o Block note ini akan dibagikan kepada seluruh peserta Seminar Nasional yang akan digunakan selama acara berlangsung.  Jenis barang dan bentuk yang menarik sehingga akan menjadi komoditi promosi. o Jenis barang dan bentuk yang menarik sehingga akan menjadi komoditi promosi. .

 Jenis barang dan bentuk yang menarik sehingga akan menjadi komoditi promosi. .9) Poster Ketentuan : Desain Ruang Sponsor Gambar 50 cm : Panitia : 10% dari poster 100 cm SPONSOR Keterangan :  Poster ini akan dikirim dan di pasang di seluruh Universitas atau Perguruan Tinggi di Indonesia yang diundang.

dengan memberikan : Barang berupa. Atas Nama : ………………………………….... Rek Tanggal : ………………………………….... (0711)370178.SURAT KESEPAKATAN KERJA SAMA Pada hari ... Transfer ke rekening pihak pertama : No... : …………………………………...... fax. FT UNSRI Kampus Bukit Besar Palembang...…………. (0711)352870........ email:avoer_committee@unsri..id........... .... dan pihak kedua menyatakan kesanggupannya berpartisipasi dalam acara Seminar Nasional.……. Terbilang . : …………………………………......... Rekening : …………………………………..…….......ac.... Menyatakan sepakat untuk melaksanakan kerjasama dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada aturan umum..sebanyak. Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama..... Telp...………………………………………………………… Dalam bentuk : Tunai Cek Tunai Bank No. Pembayaran kerjasama oleh pihak kedua tersebut di atas akan mendapat timbal balik dari pihak pertama berupa fasilitas-fasilitas seperti yang dijelaskan pada penawaran kerjasama..... Nama : ………………………………… Perusahaan/instansi : ………………………………… Jabatan : ………………………………… Alamat perusahaan : ………………………………… Selanjutnya disebut pihak kedua..buah Uang Sebesar.…….......... 2011 Masing-masing pihak di bawah ini : Panitia Seminar Nasional Added Value of Energy Resources (AvoeR) 2011 Fakultas Teknik Unsri yang bersekretariat di Gedung E.... tanggal .

.. Sponsor Perak c.............) Keterangan : 1 lembar untuk panitia 1 lembar untuk sponsor ..............................FORMULIR SPONSORSHIP Dengan hormat... Sponsor Emas b... : .................................... Sponsor Pendamping e........ : ... Donatur (Lingkari point yang dipilih) Sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan panitia...... Sponsor Perunggu d................. Selanjutnya partisipasi yang kami berikan adalah : Sebesar Terbilang Dalam bentuk Untuk : .................... a.....................................) (...................... (....... Bersama surat ini Perusahaan/Instansi kami bersedia menjadi sponsor pada acara Seminar Nasional Added Value of Energy Resources (AvoeR) 2011 Fakultas Teknik Unsri........ atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih ....... 2011 Panitia Hormat Kami.............. Demikian surat ini kami buat......................